Game Di Indonesia |
- 30 Game Akan Meramaikan Oculus Rift Saat Dirilis Tanggal 28 Maret Nanti
- [Update Video] 9 Tip dan Trik untuk Membuatmu Menjadi Ahli Strategi Andal dalam Clash Royale
- Sony Umumkan Jadwal Rilis, Harga, dan Spesifikasi PlayStation VR
- Rangkuman Berita Game Hari Ini – 16 Mei 2016
- Xiaomi Berencana Luncurkan Sepeda Pintar, Berapa Harganya?
- Kostoom Mungkinkan Para Wanita Memesan Jasa Jahit Baju Tanpa Keluar Rumah
- [REVIEW] MSQRD, Aplikasi Selfie dengan Live Filter yang Unik
- Review Stardew Valley – Bukan Sekadar Tiruan Harvest Moon
- Buntuti Facebook dan Twitter, Kini Algoritma Instagram Pelajari Kebiasaan Pengguna
- FIFA Online 3 Indonesia Mendapatkan Upgrade Grafis, Update Pemain, dan Kompetisi Berhadiah Total Rp80 Juta
- Microsoft Memanfaatkan Game Minecraft untuk Mengembangkan Kecerdasan Buatan
- [Update] Kumpulan Toko Online Populer di Indonesia
- Kreator Fruit Ninja Pamerkan Karya Terbaru Mereka yang Bergenre Platformer
30 Game Akan Meramaikan Oculus Rift Saat Dirilis Tanggal 28 Maret Nanti Posted: 16 Mar 2016 07:00 PM PDT Seakan tidak ingin tenggelam oleh Sony yang baru saja mengumumkan tanggal perilisan serta harga dari PlayStation VR, Oculus yang dikenal lewat perangkat VR miliknya, Oculus Rift, mengumumkan jajaran game yang bisa dimainkan saat perangkat tersebut dirilis tanggal 28 Maret nanti. Tidak tanggung-tanggung, mereka mengumumkan tiga puluh game akan tersedia di hari perilisan. Berbagai judul game, baik yang sudah pernah dirilis sebelumnya di platform lain maupun belum, akan langsung tersedia di Oculus. Genre yang ditawarkan pun cukup beraneka ragam, mulai dari platformer, racing, simulasi, hingga shooter. Kebanyakan game yang diumumkan menggunakan sudut pandang orang pertama. Dengan demikian, para pengguna Oculus Rift akan seolah-olah berada di dunia maya secara langsung dalam setiap game yang dimainkan. Dari tiga puluh game yang diumumkan, terdapat judul-judul familier seperti Project CARS maupun Keep Talking and Nobody Explodes. Kedua game tersebut saat ini telah tersedia di PC maupun console, namun saya dapat membayangkan pengalaman bermain yang semakin seru dengan menggunakan perangkat VR. Selain mengumumkan jajaran game yang akan hadir, Oculus juga memamerkan tampilan antarmuka dari Oculus Home yang mengingatkan saya pada Steam. Oculus Home adalah tampilan menu dalam Oculus Rift yang mengizinkan para pengguna untuk mengelola konten di dalam perangkat serta mengakses beragam fitur yang ada. Pengelolaan konten juga dapat dilakukan dengan aplikasi Oculus yang dipasang di PC. Oculus berjanji untuk terus menambah jumlah konten yang bisa dinikmati melalui Oculus Rift. Mereka menargetkan untuk melengkapi koleksi game hingga mencapai lebih dari seratus judul pada akhir tahun 2016 nanti. Tampaknya mereka harus bekerja keras untuk membuat Oculus Rift semakin menarik bagi konsumen, mengingat harganya yang tidak bisa dibilang murah serta kebutuhan untuk dipasangkan dengan PC high-end demi mendapatkan pengalaman maksimal.
Sumber: Oculus The post 30 Game Akan Meramaikan Oculus Rift Saat Dirilis Tanggal 28 Maret Nanti appeared first on Tech in Asia Indonesia. |
[Update Video] 9 Tip dan Trik untuk Membuatmu Menjadi Ahli Strategi Andal dalam Clash Royale Posted: 16 Mar 2016 07:25 AM PDT Clash Royale, sebuah spin-off dari Clash of Clans buatan Supercell baru saja dirilis secara global. Tak perlu waktu lama, game ini pun langsung populer di kalangan gamer mobile dan masuk ke dalam jajaran aplikasi dengan pendapatan maupun angka unduhan terbanyak di berbagai negara, termasuk Indonesia. Jika kamu ingin terjun ke Clash Royale, maka kamu berada di tempat yang tepat. Artikel ini akan menjelaskan berbagai tip dasar yang akan membuat kamu tidak memulai dari benar-benar nol. Langsung saja, inilah sembilan tip dalam bermain Clash Royale. Penyerangan Terbaik Adalah BertahanPrinsip di atas adalah salah satu hal pertama yang harus kamu ketahui tentang bertempur di Clash Royale. Jika di olahraga seperti sepak bola ada pepatah mengatakan bahwa “pertahanan terbaik adalah menyerang”, maka di Clash Royale hal tersebut berlaku kebalikannya, “penyerangan terbaik adalah bertahan”. Kunci dari keberhasilan bermain Clash Royale adalah bertahan menggunakan unit dengan harga eliksir yang lebih kecil dibandingkan dengan apa yang lawanmu pakai. Hal ini supaya kamu bisa menyerang balik dengan pasukan kelas beratmu, sedangkan lawan belum memiliki jumlah eliksir yang cukup untuk bertahan. Jangan Buang-Buang EliksirManajemen eliksir merupakan faktor yang sangat penting di Clash Royale. Maka dari itu, setiap butir eliksir yang terbuang sia-sia merupakan satu langkah menuju kekalahan. Setiap pemain hanya bisa menampung maksimal sepuluh eliksir. Jika sudah mencapai jumlah maksimal, sebisa mungkin kamu menggunakannya pada sebuah unit, jangan sampai tidak terpakai. Salah satu trik yang saya perhatikan sering digunakan oleh pemain Clash Royale adalah menurunkan unit di bagian belakang area mereka. Dengan begitu, saat unit tersebut sudah berada di depan, mereka dapat menambahkan unit pendukung dengan jumlah eliksir yang telah terisi kembali. Musuh Menyerang? Lakukan PengalihanPengalihan adalah sebuah strategi yang sangat penting untuk bisa bertahan di Clash Royale. Seperti yang telah dijelaskan di atas, kunci keberhasilan di game ini adalah dengan menggunakan eliksir sehemat mungkin di saat bertahan, dan melakukan pengalihan adalah salah satu strategi agar bisa bertahan dengan efisien. Contohnya adalah ketika satu unit Giant Skeleton, Prince, P.E.K.K.A., atau Mini P.E.K.K.A. yang merupakan unit ofensif paling mengerikan di Clash Royale menyerang. Kamu bisa menaruh beberapa unit “hemat” seperti Goblin, Spear Goblin, Skeleton, dan lain sebagainya untuk menarik perhatian mereka. Ketepatan waktu dan tempat dalam menaruh unit sangatlah krusial. Sebisa mungkin kamu menarik mereka ke tengah lapangan dan membiarkan Crown Tower memanahi mereka sampai mati. Dengan begitu, kamu akan menghemat beberapa eliksir dibandingkan dengan lawanmu dan siap untuk melakukan serangan balik. Oh ya, khusus untuk Giant yang hanya fokus kepada bangunan seperti Crown dan King Tower, kamu bisa mengalihkan perhatiannya dengan membuat bangunan lain. Kombinasikan Unit-Unit dengan BaikSetiap unit memiliki kelemahan dan kekuatannya masing-masing. Unit-unit dengan daya hancur besar seperti Prince, Giant, Giant Skeleton, P.E.K.K.A., Mini P.E.K.K.A., dan lain sebagainya lemah terhadap musuh yang bergerombol seperti berbagai jenis Goblin dan Skeleton. Maka dari itu, ada baiknya jika kamu menyiapkan Arrow atau unit lain yang mampu menyerang area seperti Bomber, Valkyrie, dan lain sebagainya di dekat mereka. Menggabungkan unit yang memiliki HP besar dengan unit bersenjata jarak jauh juga merupakan ide yang bagus. Sementara musuh menyerang sang tanker, unit jarak jauh seperti Archer, Spear Goblin, dan Musketeer bisa melakukan serangan dengan damage cukup besar dari jarak aman. Masih banyak kombinasi-kombinasi unit yang bisa kamu coba sendiri. Atau mungkin saja kami akan memberikan pembahasan yang lebih mendetail tentang kombinasi unit di lain kesempatan. Buatlah Deck yang SeimbangMaksud dari deck seimbang adalah memiliki unit yang mampu menanggulangi hampir semua situasi yang ada. Susunlah deck milikmu sedemikian rupa sehingga bisa melawan musuh yang datang dari udara, memiliki HP banyak, bergerombol, dan lain sebagainya. Tak lupa juga pertimbangkan bagaimana cara kamu menyerang lawan. Deck yang bagus bukan berarti berisi kartu Epic sebanyak mungkin, tetapi campuran antara Common, Rare, dan Epic yang seimbang. Jika kamu memilih terlalu banyak kartu Epic, otomatis deck milikmu akan memiliki kebutuhan eliksir tinggi yang akan merugikan. Jika kamu tidak terburu-buru, coba susunlah kartumu pada mode Training atau melawan teman satu klan terlebih dahulu. Membangun deck yang seimbang memang memerlukan waktu dan eksperimen. Pelajari Kartu Common dengan BaikKartu berjenis Common seperti Goblin, Spear Goblin, Archer, Bomber, Minions, dan lain sebagainya adalah kartu-kartu standar yang sangat mudah didapatkan dan murah dari segi eliksir. Mereka juga merupakan kartu bertahan yang sangat ampuh jika digunakan sesuai dengan keahlian mereka. Maka dari itu, pelajarilah kekurangan dan kelebihan mereka agar kamu bisa semakin efisien dalam bertarung. Apakah kami akan menggali lebih dalam tentang kartu Common di lain kesempatan? Semoga saja. Segera Bergabung dalam KlanBergabung ke dalam suatu klan memberikan berbagai manfaat. Di sini kamu bisa melakukan request atau meminta kartu dari rekan satu klanmu dan sebaliknya bisa memberikan donasi kartu kepada mereka. Kamu juga bisa melakukan Friendly Battle untuk menguji kemampuanmu, atau sekadar melakukan percobaan tanpa harus mempertaruhkan poin. Klan juga bisa menjadi tempat berdiskusi tentang strategi dan penyusunan kartu. Lakukan Donasi dan Request Kartu Sesering MungkinKedua hal inilah yang menjadi alasan utama kenapa kamu harus masuk ke dalam klan sedini mungkin. Logika dalam melakukan request mungkin mudah untuk dimengerti karena jelas-jelas menguntungkan bagimu, maka dari itu lakukanlah sesering mungkin. Alasan untuk melakukan donasi sendiri adalah untuk mendapatkan uang dan experience lebih cepat. Jumlah donasi maksimum yang bisa dilakukan dalam sehari adalah enam puluh kali, sedangkan setiap kali donasi kartu Common akan memberikan 5 Gold. Jika hal ini kamu lakukan setiap hari, maka dalam seminggu kamu bisa membeli sebuah kartu Rare seharga 2.000 Gold dan mendapatkan experience yang banyak. Experience ini berguna untuk meningkatkan level Crown dan King Tower milikmu. Tonton TV RoyaleKadang pelajaran paling bagus adalah dengan melihat para pemain terbaik bertanding. Di TV Royale, kamu bisa melihat pemain-pemain dengan peringkat teratas bertarung dan beradu strategi. Perhatikanlah bagaimana mereka memilih unit dan menaruhnya di lapangan. Selain itu, kamu juga bisa belajar dari kekalahan dengan melihat rekaman pertandinganmu di saat kalah. Dengan ini, kamu dapat mencari berbagai kesalahan yang kamu perbuat dan mencoba untuk memperbaikinya di pertandingan lain. Berat memang, tapi kadang kamu harus menelan pil pahit dulu sebelum sembuh. Itulah kesembilan tip bermain untuk membantu kamu menjadi ahli strategi dan petarung andal di Clash Royale. Kamu juga bisa melihat preview Clash Royale dari kami untuk mengetahui gameplay secara umum. Apakah kamu punya tip lainnya? Ayo bagikan pengalaman dan tip bermain kamu pada kolom komentar di bawah! The post [Update Video] 9 Tip dan Trik untuk Membuatmu Menjadi Ahli Strategi Andal dalam Clash Royale appeared first on Tech in Asia Indonesia. |
Sony Umumkan Jadwal Rilis, Harga, dan Spesifikasi PlayStation VR Posted: 16 Mar 2016 07:16 AM PDT PlayStation VR, perangkat virtual reality produksi Sony Computer Entertainment yang awalnya bernama Project Morpheus, telah ditunggu kehadirannya sejak muncul di Game Developers Conference (GDC) dua tahun lalu. Kini siapkanlah console PS4 milikmu, karena Sony baru saja memastikan PlayStation VR akan tersedia di pasar global pada Oktober 2016 dengan harga US$399 (sekitar Rp5,3 juta). Sony telah bekerja sama dengan lebih dari 230 developer dan penerbit software dari Asia, Amerika, dan Eropa. Mereka juga menggandeng beberapa nama besar seperti 2K Games, Ubisoft, dan Bandai Namco dalam mengembangkan software untuk PlayStation VR. Saat ini terdapat lebih dari 130 konten untuk PlayStation VR yang tengah dikembangkan, seperti Star Wars Battlefront (buatan Electronic Arts), Eagle Flight (Ubisoft), dan Wayward Sky (Uber Entertainment). Selain itu, Sony juga membuat kompilasi enam game dalam The Playroom VR yang nantinya dapat diunduh secara gratis di PlayStation Store. Spesifikasi PlayStation VR masih mirip dengan Project Morpheus yang diumumkan tahun lalu, yaitu layar dengan lebar 5,7 inci (14,5 cm), OLED beresolusi 1.920 × 1.080 piksel, memiliki sensor akselerometer dan giroskop, audio 3D, juga sudut pandang lebar. Namun, spesifikasi ini masih dapat berubah sewaktu-waktu. Mode Cinematic pada PlayStation VR memungkinkan penggunanya menikmati berbagai game dan konten video di PS4 lewat layar virtual luas, dengan lebar sekitar 5 meter yang dilihat dari jarak 2,5 meter. Para pengguna nantinya juga dapat menikmati foto maupun video dengan sudut pandang 360 derajat yang diambil menggunakan kamera omnidirectional, sehingga mereka merasa seolah-olah berada di dalam gambar tersebut. Paket PlayStation VR yang akan dijual terdiri dari perangkat VR, unit prosesor, kabel koneksi VR, HDMI, USB, headphone stereo, dan AC adaptor. Sayangnya, paket ini belum dilengkapi dengan PlayStation Camera yang dibutuhkan untuk menggunakan PlayStation VR. Sony berencana menjual sebuah paket lengkap dengan kamera yang hingga kini belum disebutkan kisaran harganya. Dengan banderol sekitar Rp 5,3 juta, harga PlayStation VR lebih murah dibanding perangkat virtual reality lain seperti Oculus Rift yang harganya mencapai Rp8,3 juta, atau HTC Vive yang rencananya akan dijual di kisaran Rp10 juta. Melihat perkembangan teknologi VR yang begitu cepat sekarang ini, apakah Sony PlayStation VR akan mampu bersaing dengan perangkat sejenis lainnya? Hanya waktu yang akan membuktikan.
The post Sony Umumkan Jadwal Rilis, Harga, dan Spesifikasi PlayStation VR appeared first on Tech in Asia Indonesia. |
Rangkuman Berita Game Hari Ini – 16 Mei 2016 Posted: 16 Mar 2016 05:00 AM PDT Desainer Puzzle dalam Seri Game Professor Layton Tutup UsiaIqbal Kurniawan – Psikolog termasyhur di Jepang yang juga merupakan desainer beragam puzzle dalam game Professor Layton, Profesor Akira Tago, telah meninggal dunia. Kematiannya di usia 90 tahun disebabkan oleh penyakit paru-paru yang dideritanya. Selain mendesain puzzle dalam Professor Layton, pria yang terlahir di Pulau Sumatra tersebut telah membuat beragam teka-teki lewat seri buku kuis Atama no Taiso (latihan untuk otak) sejak tahun 1966 silam. Selamat jalan, Profesor, terima kasih telah membuat kami para gamer lebih cerdas lewat puzzle menantang. Sumber: The Japan Times, Eurogamer Simak Bagaimana Tim di Square Enix Merancang Dunia Final Fantasy XIV
Iqbal Kurniawan – Kalau kamu penasaran bagaimana Square Enix bisa merancang grafis di Final Fantasy XIV yang mengesankan, maka kamu bisa mengetahui sedikit cara kerja, pendekatan, serta beragam pertimbangan yang dilakukan oleh tim desain visual Final Fantasy XIV lewat video di atas. Kamu akan mengetahui betapa repotnya membuat sebuah prototipe untuk satu ekor naga, merancang dunia yang luas namun nyaman dijelajahi, hingga banyaknya pertimbangan yang perlu diperhatikan untuk menghadirkan satu buah fitur di dalam game. Episode Kedua The Walking Dead: Michonne Akan Dirilis
Chandry Tasofa – Telltale Games mengumumkan episode kedua dari game mini seri The Walking Dead: Michonne akan rilis pada 29 Maret. Episode kedua yang berjudul Give No Shelter ini akan melanjutkan konsekuensi dari pilihan pemain di episode pertama. Rencananya mini seri The Walking Dead: Michonne akan berisi tiga episode, dengan episode terakhir berjudul What We Deserve dikabarkan akan rilis April nanti. Dalam video yang bisa kamu lihat di atas, Telltale Games merekap berbagai pilihan dari episode pertamanya. Jadi, jika kamu belum bermain episode pertamanya hati-hati ada banyak spoiler di video itu. Crytek Kini Menggratiskan Engine Game CryEngine V
Risky Maulana – Crytek yang dikenal sebagai kreator game FPS populer semacam Crysis dan Far Cry (hanya game pertamanya saja) baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka telah menggratiskan engine game buatan mereka, CryEngine V. Selain gratis, engine yang digunakan juga untuk membuat Evolve, Homefront: The Revolution, dan Sonic Boom ini juga mengadopsi monetisasi bebas bayar sesuka kamu bagi developer yang berminat menggunakan CryEngine untuk kebutuhan komersial. Tertarik? Silakan unduh engine game CryEngine V di bawah ini. Web: CryEngine V Kreator Game Online Runescape Dibeli Sebuah Perusahaan Tambang Seharga US$300 JutaRisky Maulana – Entah apakah tujuannya untuk diversifikasi usaha atau bukan, yang jelas hari ini sebuah perusahaan tambang bernama Shandong Hongda Mining Co Ltd asal RRC dikabarkan telah membeli developer Jagex, kreator game MMO Runescape, dengan harga US$300 juta (sekitar Rp4 triliun). Walaupun berpindah ke tangan sebuah korporasi besar yang sama sekali tidak ada kaitannya dengan industri media dan hiburan, namun Jagex sendiri telah meyakinkan pemain Runescape bahwa hal tersebut tak akan mempengaruhi game MMO yang telah berjalan lebih dari satu dekade ini. Sumber: Deal Street Asia Tambah Koleksi Lowrider Klasikmu di Update GTA V Online Terbaru
Chandry Tasofa – GTA V Online mendapatkan update baru dari Rockstar Games hari ini untuk PC, Xbox One, dan PS4. Update ini akan menambahkan fitur modifikasi mobil lowrider dan muscle dari Benny's Original Motor Works, di mana kamu akan dapat memodifikasi Vapid Slamvan, Dundreary Virgo Classic, dan Willard Faction. Selain itu, ada juga tambahan dua senjata, pakaian, tiga gaya rambut, dan enam belas tato baru yang bisa kamu dapatkan di Los Santos. Tidak lupa, ada mode Sumo baru yang menantang kamu dan timmu untuk bergulat dengan mobil. Review Grand Theft Auto V – Tiga Lebih Baik daripada Satu, Empat Lebih Baik daripada Tiga Microsoft Akan Rilis Gears of War 4 Versi Beta Bulan DepanArya W. Wibowo – Pemain Xbox One dan PC bersiaplah, karena tes beta dari Gears of War 4 akan mulai diadakan pada tanggal 18 April sampai dengan 1 Mei 2016 nanti. Sesi ini berlaku untuk pemain-pemain yang memenuhi syarat-syarat tertentu, yaitu mereka yang memainkan Gears of War: Ultimate Edition sebelum 11 April atau yang berlangganan Xbox Live Gold. Gears of War 4 sendiri akan dirilis untuk Xbox One dan Windows 10. Sumber: Blog Gears of War 4 The Division Memecahkan Rekor Penjualan Tersukses dalam Minggu Pertama untuk Sebuah Seri BaruArya W. Wibowo – Tak hanya menjadi game yang memecahkan rekor penjualan hari pertama Ubisoft, Tom Clancy’s The Division baru-baru ini juga berhasil melampaui rekor penjualan terbesar di minggu pertama untuk sebuah francis baru. Dalam lima hari pertamanya, game ini mampu meraup US$330 juta (sekitar Rp4,3 triliun) dari berbagai platform. Sebuah awal yang cerah untuk The Division. Preview Tom Clancy's The Division – Bersama Teman Bertualang Sumber: Ubisoft The post Rangkuman Berita Game Hari Ini – 16 Mei 2016 appeared first on Tech in Asia Indonesia. |
Xiaomi Berencana Luncurkan Sepeda Pintar, Berapa Harganya? Posted: 16 Mar 2016 03:54 AM PDT Baru-baru ini produsen smartphone asal Cina Xiaomi dilaporkan akan meluncurkan sepeda pintar. Sepeda tersebut akan diluncurkan melalui iRiding, startup produsen sepeda pintar yang didukung oleh Xiaomi. Meski rencananya akan hadir dalam minggu ini, belum ada informasi detail mengenai bagaimana wujud dari sepeda pintar tersebut. Namun, sebuah situs panduan desain dunia bernama If World Design Guide telah menampilkan sebuah desain sepeda bernama QiCycle R1. Xiaomi dan iRiding berkolaborasi menggarap desain sepeda yang dilengkapi dengan sebuah sensor untuk mengirimkan semua data kebugaran ke aplikasi pengguna. Harga sepeda yang akan dibuat di Taiwan itu dikabarkan mencapai US$3.000 (sekitar Rp39 juta). Berdasarkan laporan awal, sepeda pintar tersebut tidak akan dilengkapi dengan logo Xiaomi. Seperti apa yang telah dilakukan di Xiaomi Hoverboard yang dibuat oleh startup lain yang menjadi mitra Xiaomi. Hoverboard tersebut dibanderol dengan harga US$315 (sekitar Rp4 juta). Selain Xiaomi, sebenarnya sudah ada sejumlah perusahaan asal Cina lainnya yang telah mencoba mengembangkan sepeda pintar. Beberapa di antaranya adalah perusahaan streaming video LeTv yang sempat mengumumkan sepeda pintar dengan harga mulai dari US$625 (sekitar Rp8,2 juta). Selain itu, raksasa internet Baidu juga tengah mengembangkan sepeda pintar bernama DuBike, meski baru sekadar konsep. Kemudian ada startup asal Cina Basic Conception, yang telah memasarkan sepeda pintarnya seharga US$613 (sekitar Rp8 juta). Bagaimanapun apabila berita ini benar adanya, dengan harga yang hampir mendekati Rp40 juta Xiaomi tampaknya menargetkan produk tersebut untuk para pembalap sepeda dan orang-orang yang menggemari sepeda dengan sentuhan teknologi di dalamnya. (Diedit oleh Pradipta Nugrahanto; Sumber gambar If World Design Guide) The post Xiaomi Berencana Luncurkan Sepeda Pintar, Berapa Harganya? appeared first on Tech in Asia Indonesia. |
Kostoom Mungkinkan Para Wanita Memesan Jasa Jahit Baju Tanpa Keluar Rumah Posted: 16 Mar 2016 02:47 AM PDT Untuk hadir di berbagai acara penting seperti resepsi pernikahan dan acara wisuda, para wanita hampir selalu menjahit pakaian baru agar bisa tampil berbeda dari biasanya. Namun hal ini terkadang bisa menjadi sangat merepotkan karena mereka harus meluangkan waktu untuk mencari penjahit yang berkualitas dan bertemu dengan mereka. Putry Yuli, seorang lulusan Universitas Indonesia yang sudah berkecimpung di dunia menjahit selama 20 tahun, mempunyai ide untuk mengatasi masalah tersebut. Ia berpikir kalau masyarakat butuh layanan yang bisa menghubungkan mereka dengan para penjahit berkualitas secara online. Ide tersebut pun ia bawa ke kompetisi WomenWin yang diadakan oleh Girls in Tech Indonesia, dan berhasil keluar sebagai juara di kompetisi tersebut. Seolah tak ingin menyia-nyiakan ide tersebut, Putry pun melanjutkan ide tersebut menjadi sebuah startup bernama Kostoom. Berawal dari keluhan pelanggan ibunda“Ide awal untuk membuat Kostoom sebenarnya berawal dari ibu saya sendiri, yang merupakan seorang penjahit rumahan,” ujar Putry kepada Tech in Asia. Semenjak kecil ia melihat banyak pelanggan yang datang dari lokasi yang jauh hanya untuk menjahitkan baju kepada ibunya. Suatu hari, ada seorang pelanggan yang menyarankan untuk memasarkan jasa jahit itu secara online. Putry pun melihat hal itu sebagai sebuah peluang. Hal lain yang menginspirasi Putry untuk membangun Kostoom adalah fakta kalau sebenarnya banyak penjahit rumahan yang berkualitas, namun mereka tidak mendapat banyak pesanan karena lokasi rumah mereka yang tidak strategis. “Mereka tidak bisa memasarkan jasa mereka secara luas karena keterbatasan pengetahuan dan biaya,” jelas Putry. Pengukuran badan di rumah kamuUntuk menggunakan layanan Kostoom, kamu harus masuk ke fitur Jahit, dan memilih jenis pakaian yang ingin dibuat. Kamu bisa memilih untuk membuat gaun pendek, gaun panjang, kebaya, atau rok di situs mereka. Bagaimana dengan jenis pakaian lainnya? Kamu bisa melakukan pemesanan dengan cara mengirimkan gambar sketsa atau foto dari pakaian yang digunakan. Kostoom mematok harga mulai dari Rp150.000 hingga Rp350.000 untuk setiap pakaian yang dipesan lewat situs mereka. Setelah memilih jenis pakaian, kamu juga bisa memilih bentuk kerah dan bentuk lengan dari baju yang kamu inginkan. Kemudian, kamu harus memasukkan ukuran badan kamu. Untuk pengguna di wilayah Depok, Kostoom juga menyediakan jasa pengukuran yang bisa langsung datang ke rumah kamu secara gratis. Pengguna di wilayah Jabotabek juga bisa menikmati layanan tersebut, namun dengan biaya Rp10.000. Sampai saat ini, Kostoom belum bisa menyediakan jasa pengukuran untuk pengguna di luar Jabodetabek. Namun pengguna bisa mengirimkan contoh pakaian yang mereka punya agar Kostoom bisa mengetahui ukuran badan mereka. “Semoga dalam waktu dekat kami bisa memperluas jangkauan layanan pengukuran kami ke luar Jabodetabek,” ujar Putry. Bila nantinya pelanggan melakukan pemesanan kedua, ketiga dan seterusnya, pengguna bisa memilih untuk menggunakan ukuran lama mereka, atau melakukan pengukuran ulang. Sayangnya, layanan Kostoom saat ini baru bisa diakses lewat browser. Putry mengatakan kalau saat ini Kostoom sedang dalam pengembangan aplikasi mobile. Penjahit terbaik pilihanUntuk memesan pakaian di Kostoom, pengguna harus menyiapkan bahan pakaian sendiri, karena Kostoom hanya menyediakan jasa untuk menjahit pakaian. Bahan atau kain tersebut bisa dikirimkan langsung kepada Kostoom, atau diberikan kepada tim Kostoom yang melakukan pengukuran ke rumah pengguna. Setelah pengguna melakukan pembayaran, Kostoom akan menentukan penjahit terbaik yang siap menerima pesanan dari pengguna tersebut. Menurut Putry, saat ini Kostoom masih mengembangkan sebuah sistem di mana nantinya penjahit bisa langsung memilih mana pesanan yang mereka inginkan, persis seperti ketika seorang pengemudi GO-JEK menerima pesanan penumpang. Pengguna akan menerima pakaian pesanan mereka maksimal 10 hari sejak Kostoom mendapatkan bahan pakaian dari pengguna. Apabila pengguna merasa tidak puas dengan pakaian tersebut, Kostoom menjanjikan layanan permak secara gratis, serta jaminan penggantian ongkos jahit dan biaya bahan. Siapkan layanan Ready to WearBaru diluncurkan secara resmi pada bulan Februari 2016 kemarin, Kostoom mengklaim kalau mereka telah menjalin kerja sama dengan 170 orang penjahit. “Kami belum bisa mempublikasikan jumlah pesanan yang masuk ke Kostoom, namun di tahun 2016 ini kami menargetkan untuk mendapat 3.000 pemesan dan 2.000 penjahit,” ujar Putry. Lebih lanjut, Putry mengatakan kalau mereka kini tengah menyiapkan sebuah fitur Ready to Wear, yang memungkinkan pengguna membeli pakaian yang secara eksklusif hanya dibuat satu buah oleh para penjahit Kostoom. Apabila kamu melihat situs Kostoom saat ini, kamu akan melihat kalau mereka telah menyiapkan tombol untuk fitur tersebut, walaupun belum bisa diakses, dan rencananya akan bisa kamu gunakan dalam waktu dekat. Terkait dengan bahan pakaian yang masih harus disiapkan oleh pengguna, Putry mengatakan kalau ada kekhawatiran kalau pengguna akan tidak puas dengan kualitas bahan yang disiapkan Kostoom. “Namun tidak menutup kemungkinan kalau kami juga akan menjual bahan pakaian di kemudian hari,” ujar Putry. Mendapat mentoring dari tokoh startupUntuk mengembangkan Kostoom, Putry ditemani oleh dua orang tim utama, yaitu Herry (CTO) yang merupakan Master Graduate dari Universitas Bina Nusantara, dan Saki (CMO), lulusan Universitas Indonesia yang memiliki pengalaman lima tahun di bidang pemasaran offline dan online. Ketika disinggung terkait pendanaan, Putry mengatakan kalau sejauh ini ia masih mengembangkan Kostoom dengan dana pribadinya sendiri. Baca juga: Bespoka, E-commerce Fashion yang Melayani Pemesanan Kemeja Custom Menurut Putry, Kostoom beruntung karena mereka mendapatkan kesempatan mentoring dengan sejumlah tokoh penting setelah menjadi pemenang di kompetisi WomanWin tahun lalu. “Kami mendapat masukan mulai dari pengembangan ide dan sistem, hingga ditemani saat launching oleh Mbak Aulia Halimatussadiah (Ollie), Co-founder Nulisbuku & Storial, serta Mbak Anantya Van Bronckhorst, Co-Founder Think.web,” ujar Putry. Walau begitu, Putry mengakui kalau masih banyak tantangan yang harus dihadapi oleh Kostoom. “Sangat sulit untuk meyakinkan para penjahit rumahan agar mau menggunakan sistem kami, serta mengubah kebiasaan selama ini kalau untuk menjahit pakaian harus bertemu dengan penjahit secara langsung,” jelas Putry. Untuk mengatasi hal tersebut, Putry berencana untuk memanfaatkan media sosial, dan berusaha lebih dekat dengan komunitas penjahit. Layanan Kostoom ini seperti versi wanita dari Bespoka, yang merupakan layanan menjahit pakaian khusus untuk pria. Kostoom jelas akan mendapat tantangan yang lebih besar dibanding Bespoka, karena model pakaian wanita yang punya banyak sekali model. (Diedit oleh Pradipta Nugrahanto; Sumber gambar steffenz) The post Kostoom Mungkinkan Para Wanita Memesan Jasa Jahit Baju Tanpa Keluar Rumah appeared first on Tech in Asia Indonesia. |
[REVIEW] MSQRD, Aplikasi Selfie dengan Live Filter yang Unik Posted: 16 Mar 2016 02:22 AM PDT Konten yang mengalir dalam linimasa media sosial memang selalu berubah trennya. Seperti sebelumnya, jika ada aplikasi yang menarik dan menawarkan konten yang menggemaskan, pengguna akan mencoba dan membagikannya ke akun media sosial yang dimiliki. Untuk beberapa waktu belakangan, aplikasi yang mencuri perhatian di media sosial adalah MSQRD. MSQRD merupakan singkatan dari Masquerade dan aplikasi ini menawarkan fitur live filter untuk kegiatan selfie yang masih digemari hingga kini. Perlu diketahui bahwa aplikasi MSQRD ini kian populer setelah diakuisisi raksasa media sosial Facebook sejak awal Maret 2016 ini. Santer terdengar kabar bahwa Facebook berusaha menyaingi popularitas Snapchat yang menawarkan beragam live filter untuk selfie. Berdasarkan data dari AppAnnie, aplikasi MSQRD tersedia terlebih dahulu untuk platform iOS sejak Desember 2015 dan menyusul untuk platform Android pada Maret 2016. Hingga kini, aplikasi MSQRD telah menyedot lebih dari lima juta unduhan di kedua platform tersebut. Baca juga: [REVIEW] Bosan dengan Selfie yang Biasa Saja? Coba Dubsmash! Lebih interaktif di platform iOSCara penggunaan aplikasi ini cukup sederhana, pengguna tinggal membuka aplikasi dan langsung memilih opsi wajah yang diinginkan. Untuk platform Android, baru tersedia 11 opsi wajah. Sedangkan di platform iOS sudah tersedia lebih banyak pilihan, yakni 13 opsi wajah. Memang aplikasi MSQRD masih lebih interaktif di platform iOS dengan adanya tambahan face swapping untuk foto berdua, sedangkan di Android opsi tersebut—dan lampu disko yang dapat menyesuaikan cahaya kamera—belum ada. Setelah memilih opsi yang dikehendaki, pengguna dapat memilih untuk memotret atau melakukan rekaman video. Kemudian pengguna dapat memilih membagikannya langsung di media sosial Instagram, Facebook, dan lainnya. Kelebihan
Kekurangan
Secara keseluruhan, aplikasi ini dapat dikatakan sangat cocok bagi penggemar selfie dan menjadi pilihan di kala bosan dengan selfie cantik seperti biasanya. Terlebih, semua fiturnya tidak berbayar alias gratis. Kemudahan membagikan hasil selfie ke akun media sosial lainnya tentu menjadi daya tarik tambahan untuk aplikasi ini. (Diedit oleh Fadly Yanuar Iriansyah; Sumber gambar Jejeblog) The post [REVIEW] MSQRD, Aplikasi Selfie dengan Live Filter yang Unik appeared first on Tech in Asia Indonesia. |
Review Stardew Valley – Bukan Sekadar Tiruan Harvest Moon Posted: 16 Mar 2016 12:08 AM PDT Dalam beberapa minggu terakhir, Stardew Valley tengah menjadi fenomena yang cukup hangat di kalangan para gamer PC. Meskipun dibuat hanya oleh satu orang dan dirilis tanpa iklan bombastis, game ini ternyata diterima dengan sangat baik. Hingga kini Stardew Valley sudah terjual lebih dari 400.000 kopi, sebuah angka fantastis untuk game indie yang usianya belum genap tiga minggu. Stardew Valley jelas terinspirasi dari seri Harvest Moon dan Rune Factory, tapi apa sih yang membuatnya begitu spesial? Jawabannya mungkin karena developer Stardew Valley adalah seorang fan Harvest Moon, jadi ia sangat mengerti keinginan fan lainnya. Hasilnya adalah sebuah pengalaman yang familier tapi baru, rutin tapi variatif, dan menyimpan segudang rahasia untuk digali. Ada Cinta dalam KesederhanaanKesan pertama yang saya dapatkan ketika melihat Stardew Valley adalah game ini dibuat dengan penuh cinta. Lupakan game AAA dengan tampilan 3D super realistis di luar sana. Stardew Valley menyajikan sprite 2D yang walaupun sederhana, ditampilkan dengan sangat detail sehingga membuat dunianya terasa begitu hidup. Coba saja kamu berjalan-jalan di antara sayuran yang kamu tanam. Kamu akan melihat tumbuhan bergoyang ketika tersenggol, lengkap dengan suara gemerisik menyertainya. Saat melewati tepi sungai di pagi hari, burung-burung akan berkicau dan beterbangan menghindarimu. Penduduk kota pun hidup dinamis, dengan berbagai kegiatan yang bisa jadi terjadwal ataupun tidak. Terlalu lama berada di luar rumah? Perhatikan bagaimana lingkungan perlahan menjadi sangat gelap, sampai-sampai mungkin kamu perlu membawa obor untuk penerangan. Musim gugur telah tiba? Cuaca akan menjadi berangin dan kamu akan melihat daun-daun berjatuhan mengotori jalan. Semua ini benar-benar menggambarkan suasana alam di pedesaan dengan sempurna. Dari sisi teknis, Stardew Valley menggunakan tampilan 2D tanpa scaling, artinya semakin tinggi resolusi layarmu maka para karakter akan terlihat semakin kecil. Sistem ini sangat bagus karena kamu bisa mengatur sendiri lebar pemandangan yang ingin kamu lihat. Kalau monitormu mendukung, saya sarankan kamu menggunakan resolusi 1080p yang menurut saya skala resolusi paling pas untuk Stardew Valley. Hanya satu keluhan saya soal tampilan grafis Stardew Valley, yaitu ilustrasi wajah para karakter masih kurang menarik. Untungnya game ini tersedia untuk PC, sehingga saya bisa dengan mudah mencari dan memasang mod untuk mengubah ilustrasi di dalamnya. Sebuah PelarianKalau video game sering disebut sebagai pelarian dari kehidupan nyata, maka Stardew Valley adalah pelarian dalam pelarian. Dalam game ini kamu berperan sebagai seorang pegawai kantoran yang telah jenuh dan muak dengan rutinitasnya. Ia kemudian pergi ke sebuah kota kecil bernama Pelican Town demi mencari hidup baru, sekaligus mewarisi ladang milik kakeknya yang telah lama meninggal dunia. Suasana Pelican Town jelas jauh berbeda dengan perkotaan. Tidak ada teknologi canggih, transportasi bising, dan bos galak yang akan menghakimi pekerjaanmu setiap waktu. Hidupmu akan diisi oleh interaksi dengan alam, antar manusia, bahkan dengan makhluk-makhluk gaib. Meski tak lagi jadi orang kantoran, tentu saja kamu tetap harus mencari nafkah. Kamu akan mulai sebagai seorang petani kecil yang miskin, kemudian pelan-pelan menabung untuk mendaki tangga strata sosial. Kamu bisa bercocok tanam, beternak, memancing, dan menambang, sangat mirip dengan seri Harvest Moon. Seribu Satu VariasiDalam hal bertani dan beternak, Stardew Valley menyajikan tanaman dan hewan piaraan dengan jumlah variasi yang sangat banyak. Ada puluhan jenis sayur, buah, bunga, dan pohon untuk ditanam. Hewan piaraanmu pun beraneka ragam, mulai dari ayam, sapi, bebek, babi, sampai kelinci. Luasnya variasi benda yang bisa kamu produksi di ladang membuat selalu ada hal baru untuk dicoba setiap musimnya. Bibit yang tersedia di toko pada tahun pertama bahkan mungkin berbeda dengan bibit di tahun berikutnya. Ditambah lagi, Stardew Valley menyediakan fitur berupa produk Artisan yang jumlahnya begitu banyak! Produk Artisan yang saya maksud adalah produk bukan bahan mentah, misalnya mayones yang dibuat dari telur, atau keju yang dibuat dari susu. Variasinya tidak main-main! Selain mayones dan keju yang sudah saya sebut, ada kain, selai, madu, minyak, jus, acar, bir, getah pohon, baterai, dan masih banyak lagi yang lainnya. Ini masih belum termasuk fitur item crafting yang menurut saya sangat mengagumkan dan merupakan daya tarik utama Stardew Valley. Kamu bisa membuat bermacam-macam peralatan untuk mendukung produktivitas, misalnya orang-orangan sawah untuk mengusir gagak, sprinkler untuk menyiram ladang secara otomatis, atau pupuk dengan beragam kegunaan. Selain peralatan produktif, kamu juga bisa membuat barang-barang untuk dekorasi. Gunakan berbagai jenis pagar, bebatuan, lampu, serta benda-benda lainnya supaya ladangmu terlihat cantik. Pasang wallpaper, furnitur, atau lukisan agar rumahmu terkesan mewah. Kemudian pamerkan pada teman-temanmu melalui fitur Steam Broadcast atau screenshot. Perlu diketahui bahwa ada pertarungan di Stardew Valley. Bila kamu masuk ke dalam tambang, kamu akan melawan monster-monster dengan sistem pertarungan sederhana yang mengingatkan saya pada Alundra. Masih ada fitur-fitur lain dalam Stardew Valley, tapi saya rasa tidak perlu diceritakan semua. Lebih baik kamu coba sendiri supaya bisa merasakan sense of discovery yang maksimal. Tak Ada Jawaban SalahDengan begitu banyak variasi di dalamnya mungkin kamu akan berpikir bahwa Stardew Valley adalah game yang sangat masif dan overwhelming. Sebetulnya tidak juga. Sama seperti kehidupan, meskipun banyak hal yang bisa kamu lakukan bukan berarti kamu harus melakukan semuanya. Kecuali mungkin kalau kamu seorang perfeksionis akut. Eric Barone sang developer berkata bahwa Stardew Valley dirancang sebagai sebuah game yang santai dan menenangkan. Prinsipnya adalah kamu akan mendapat imbalan dari usaha keras, tapi tidak akan mendapat hukuman kalau melakukan kesalahan. Hidup di dunia nyata sudah cukup melelahkan, jadi dunia maya seharusnya bisa jadi tempat beristirahat. Bukan berarti Stardew Valley tidak punya tantangan lo. Ada banyak quest untuk dikerjakan, dan sebagian butuh perjuangan cukup berat. Tapi seperti yang saya bilang, quest ini sifatnya rewarding, bukan punishing. Kalau kamu malas, kamu bisa saja melewatkan semua quest dan mencoba mendapatkan reward dengan cara lain. Salah satu contoh adalah sebuah quest panjang di bangunan bernama Community Center. Kamu bisa berusaha sendiri untuk memenuhi semua request di dalamnya, atau kamu bisa mendaftar sebagai anggota premium Joja Mart. Dengan mendaftar di Joja Mart, semua quest di Community Center bisa diotomatisasi, tentunya menggunakan kekuatan uang. Bukti kekuatan uang tidak berhenti sampai di situ. Kamu malas mengumpulkan kayu untuk upgrade rumah? Gampang, beli saja dari tukang kayu terdekat. Ingin upgrade cangkul tapi malas mencari bahan-bahannya? Beli saja barang tambang dari pandai besi di kotamu. Semua hal esensial bisa kamu dapat dengan lebih dari satu cara, tapi beda cara tentu akan memberi nuansa yang berbeda pula. Stardew Valley juga memiliki sistem level up sederhana. Setelah mencapai level tertentu, kamu harus memilih spesialisasi skill yang sesuai dengan gaya mainmu. Sebagai contoh, kamu bisa memilih antara skill mempercepat panen atau meningkatkan harga jual produk Artisan. Spesialisasi saya dan kamu mungkin berbeda, tapi apakah saya lebih sukses? Belum tentu. Kesimpulannya, jangan takut mencoba hal baru! Jangan khawatir kalau hasil panenmu amburadul, atau hasil ternakmu berantakan, karena dari kesalahan itu justru kita akan belajar. Ingat kata pak guru Sakuragi di film drama Dragon Zakura, hidup itu berbeda dengan ujian. Ujian hanya punya satu jawaban benar, tapi hidup bisa punya banyak jawaban. Begitu pula dengan Stardew Valley. Era Baru, Legenda BaruStardew Valley saat ini masih seumur jagung, tapi sudah berhasil menggaet ratusan ribu penggemar setia di seluruh dunia. Puluhan guide sudah mulai bermunculan, dan situs-situs wiki perlahan-lahan mulai terisi. Ini semua baru awalnya saja, saya yakin komunitas penggemar Stardew Valley masih akan terus berkembang, dan akan menjadi sebuah game yang melegenda. Mungkin sepuluh tahun lagi para pemain Stardew Valley akan melihat ke belakang, mengingat-ingat kenangan manis sebagaimana kita mengenang Harvest Moon: Back to Nature. Saya sendiri padahal bukan penggemar berat Harvest Moon, tapi Stardew Valley berhasil membuat saya terpikat dan merasa disambut dengan tangan terbuka. Andai saja kualitas pixel art dan ilustrasi ditingkatkan sedikit lagi, game ini pasti akan saya beri nilai sempurna. Stardew Valley sangat cocok bagi penggemar Harvest Moon yang ingin alternatif selain Story of Seasons, dan saya jelas lebih merekomendasikan Stardew Valley daripada Harvest Moon versi mobile. Steam Link: Stardew Valley, Rp. 115.999
The post Review Stardew Valley – Bukan Sekadar Tiruan Harvest Moon appeared first on Tech in Asia Indonesia. |
Buntuti Facebook dan Twitter, Kini Algoritma Instagram Pelajari Kebiasaan Pengguna Posted: 15 Mar 2016 10:29 PM PDT Bagi kamu yang aktif menggunakan Instagram dan sudah melakukan update paling anyar, kamu pasti melihat perubahan keterangan waktu dalam tiap posting foto di linimasa media sosial tersebut. Ya, Instagram memberi tanggal kapan foto tersebut diunggah. Sebelumnya, untuk foto-foto lama di Instagram, keterangan waktunya ditampilkan dalam hitungan sekian minggu. Selain update tersebut, ternyata Instagram juga sedang mengembangkan fitur lainnya. Melalui blog resminya, Instagram mengumumkan bahwa mereka sedang melakukan uji coba untuk menampilkan foto-foto dari orang terdekat dan profil yang sering dikunjungi, mirip seperti yang sudah dilakukan oleh Facebook. Co-Founder and CEO Instagram Kevin Systrom menyampaikan bahwa pengguna seringkali melewatkan 70 persen posting di linimasa mereka. Dengan perubahan algoritma terbaru ini, Instagram memastikan 30 persen konten yang pengguna lihat di linimasa adalah konten-konten yang relevan dengan minat mereka. Ketika nantinya foto di linimasa tidak lagi ditampilkan secara berurutan berdasarkan waktu unggahnya, maka adanya keterangan tanggal dapat menjadi panduan mengenai usia foto yang dilihat pengguna. Masih diuji coba secara acakMelalui pembaruan ini, Instagram mengandalkan teknologi machine-learning untuk memperkirakan konten yang paling diminati pengguna. Ini artinya Instagram mulai mempelajari perilaku setiap pengguna—baik berdasarkan aktivitas mereka dengan orang terdekat, maupun profil-profil mana saja yang sering dikunjungi. Percobaan algoritma feed terbaru ini dilakukan karena melonjaknya popularitas media sosial ini, yang mengakibatkan banjirnya konten dari para pengguna setiap harinya. Saat ini Instagram mengklaim memiliki lebih dari 400 juta pengguna aktif—75 persen dari jumlah tersebut berada di luar Amerika Serikat. Karena masih dalam tahap percobaan, teknologi terbaru dari Instagram ini akan dites pada beberapa pengguna secara acak. Nantinya, hasil dari uji coba menentukan apakah teknologi terbaru tersebut akan digunakan secara permanen oleh Instagram atau tidak. Perubahan algoritma dengan mempelajari kebiasaan pengguna bukan hanya diaplikasikan oleh Instagram, Twitter juga belum lama ini menerapkan perubahan algoritma untuk memilih best tweet atau kicauan terbaik dari orang yang mereka follow. Perbedaannya, pengguna Twitter memiliki opsi untuk menampilkan best tweet itu di linimasa atau tidak, sedangkan Instagram belum berencana menyediakannya. Baca juga: Instagram Tambah Lahan Advertising di Timeline Pengguna
The post Buntuti Facebook dan Twitter, Kini Algoritma Instagram Pelajari Kebiasaan Pengguna appeared first on Tech in Asia Indonesia. |
Posted: 15 Mar 2016 10:00 PM PDT Melalui konferensi pers yang diadakan oleh Garena pada 15 Maret 2016 kemarin, diumumkan bahwa FIFA Online 3 akan mendapatkan peningkatan dari segi grafis dan update pemain. Selain itu, akan ada pula dua kompetisi resmi FIFA Online 3 dalam rangka menyambut ulang tahunnya yang kedua di Indonesia. Garena selaku penerbit FIFA Online 3 untuk wilayah Asia Tenggara mengatakan bahwa mulai hari ini, game tersebut hadir dengan Impact Engine baru yang akan memberi peningkatan kualitas grafis dan pergerakan pemain yang lebih halus daripada sebelumnya. Para atlet sepak bola seperti Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi menjadi tampil lebih hidup dengan render yang lebih tajam. Kamu juga sudah bisa memainkan pemain-pemain baru yang ditransfer ke klub favoritmu. Contohnya adalah Raheem Sterling yang pindah dari Liverpool ke Manchester City, Memphis Depay dari PSV Eindhoven ke Manchester United, Angel Di Maria dari Manchester United ke PSG, dan lain sebagainya. Beberapa pemain juga mendapatkan update rating. Pemain seperti Anthony Martial, Robert Lewandowski, James Rodrigues, dan Alexis Sanchez mendapatkan peningkatan rating sesuai dengan performa baik mereka di klub masing-masing. Kini kamu sebagai manajer juga bisa mendapatkan hadiah yang lebih banyak dan menarik di berbagai mode permainan. Hadiah untuk kenaikan level bertambah dengan penyesuaian untuk manajer baru maupun lama. Hadiah untuk mode Ranking, Liga dan Cup juga disesuaikan untuk mengakomodasi beragam manajer dengan tipe permainan yang berbeda-beda. Agar bisa menikmati fitur-fitur baru di atas, kamu harus memasang versi terbaru dari FIFA Online 3. Versi lama dari game ini pun sudah tidak didukung lagi dan kamu harus memesan DVD atau mengunduhnya melalui situs resmi Garena yang bisa kamu temukan tautannya di bawah. Garena juga mengumumkan bahwa mereka akan mengadakan dua kompetisi FIFA Online 3 dengan nama Anniversary Tournament dan Newbie Tournament. Garena Indonesia menyediakan total hadiah uang tunai sebesar Rp80 juta untuk kedua turnamen tersebut. Selain hadiah uang tunai, para pemenang juga akan mendapatkan tiket untuk mengikuti turnamen lanjutan demi mencari perwakilan Indonesia di ajang turnamen internasional FIFA Online 3 pada pertengahan tahun ini. Pendaftaran Anniversary Tournament telah dibuka dan kamu bisa mendaftarkan diri di sini. Download Link: FIFA Online 3 Formulir Pemesanan DVD: FIFA Online 3
The post FIFA Online 3 Indonesia Mendapatkan Upgrade Grafis, Update Pemain, dan Kompetisi Berhadiah Total Rp80 Juta appeared first on Tech in Asia Indonesia. |
Microsoft Memanfaatkan Game Minecraft untuk Mengembangkan Kecerdasan Buatan Posted: 15 Mar 2016 09:30 PM PDT Setelah Google DeepMind mencuri perhatian kita dengan AlphaGo, kecerdasan buatan yang berhasil mengalahkan pemain Go terbaik dunia, kini Microsoft tidak ingin ketinggalan dalam ranah kecerdasan buatan dengan mengumumkan sebuah proyek penelitian. Uniknya, mereka menggunakan game sandbox Minecraft untuk melakukan penelitian tersebut. Penelitian kecerdasan buatan menggunakan Minecraft ini menjadi nyata berkat platform bernama Project AIX yang dikembangkan oleh Katja Hoffman. Ia mendapatkan ide untuk menjadikan Minecraft sebagai tempat melatih kecerdasan buatan setelah melihat platform lain yang hanya mengetes AI buatannya dengan menggunakan game simpel dan kurang menantang. Diberitakan dalam blog resminya, para ilmuwan komputer di Microsoft menghabiskan hari-harinya membuat karakter dalam Minecraft agar dapat mendaki sebuah bukit di dunia game. Tugas para ilmuwan Microsoft tidak semudah kelihatannya, karena karakter yang mereka buat tidak boleh diprogram secara spesifik untuk naik ke bukit, melainkan mempelajari sendiri cara untuk sampai ke puncak. Minecraft dinilai sebagai game ideal untuk membantu para ilmuwan melatih kecerdasan buatan. Konsep open-world yang sangat luas dengan berbagai kemungkinan yang mendekati dunia nyata di dalamnya dirasa tepat untuk mengasah kemampuan kecerdasan buatan. Terutama dalam mempelajari keadaan sekitar, mengambil keputusan yang cukup kompleks, mengetahui tujuan, dan memahami konsekuensi. Kecerdasan buatan dalam Project AIX akan diprogram untuk mulai mempelajari segalanya dari nol, seperti orang yang baru pertama kali memainkan Minecraft. Kreasi tidak terbatas yang ada dalam Minecraft dapat membuat kecerdasan buatan lebih bebas diprogram seperti apapun, mulai dari sekadar jalan-jalan, mencari harta karun, hingga membangun struktur bangunan bersama tim. Penggunaan Minecraft untuk melatih kecerdasan artifisial ini juga menguntungkan dari segi finansial dan waktu. Jika peneliti membuat robot sungguhan yang memiliki kecerdasan buatan, melatihnya di dunia nyata, lalu terjadi kegagalan, maka akan cukup banyak uang dan waktu yang dikeluarkan untuk memperbaikinya. Sedangkan dalam Minecraft, tidak jadi masalah ketika berkali-kali ia jatuh ke lava atau tercebur ke dalam sungai. Tim peneliti Microsoft berharap dengan mengasah kemampuan bekerja sama, nantinya kecerdasan artifisial akan dapat membantu manusia dalam menyelesaikan tugas-tugas kompleks di dunia nyata. Tujuan utama Project AIX, menurut Hoffman, selain digunakan untuk penelitian Microsoft, juga diharapkan bisa membantu peneliti kecerdasan arifisial lainnya. Project AIX akan dibuka tengah tahun 2016 dengan lisensi open-source agar dapat diakses secara luas oleh para peneliti kecerdasan buatan yang ingin berlatih menggunakan Minecraft. Semoga Project AIX dapat memacu semangat para peneliti untuk menciptakan inovasi kecerdasan artifisial yang berguna bagi manusia nantinya. Sumber: Blog Microsoft The post Microsoft Memanfaatkan Game Minecraft untuk Mengembangkan Kecerdasan Buatan appeared first on Tech in Asia Indonesia. |
[Update] Kumpulan Toko Online Populer di Indonesia Posted: 15 Mar 2016 08:45 PM PDT (Update 16 Maret 2016: Kami menghapus Lamido yang telah bergabung dengan Lazada, Rakuten yang telah menghentikan operasional mereka di Indonesia, serta Tokobagus dan Berniaga yang bergabung menjadi OLX. Kami juga menambahkan Traveloka, MatahariMall, JakartaNotebook, Bilna, Berrybenka, AliExpress, Jualo, Blanja, dan JD yang popularitasnya meningkat akhir-akhir ini. Selain itu, kami juga memperbarui sejumlah informasi lainnya.) Salah satu tren yang paling jelas terlihat dari industri digital di Indonesia adalah kian banyaknya situs e-commerce yang muncul. Kali ini kami akan memberikan daftar toko online populer di Indonesia, yang telah kami bedakan berdasarkan model bisnisnya, yaitu forum online dan iklan baris, situs Business to Consumer (B2C), serta marketplace Consumer to Consumer (C2C). Forum online dan iklan baris1. KaskusKaskus sebenarnya adalah sebuah forum online. Tapi situs ini kemudian berkembang menjadi salah satu platform e-commerce terbesar di Indonesia. Untuk berjualan di situs Kaskus, kamu harus memasang deskripsi dan foto dari barang yang kamu jual di Forum Jual Beli Kaskus. Baca juga: KASKUS Tambahkan Fitur Saldo pada Layanan Rekening Bersama Resminya Baru-baru ini Kaskus meluncurkan layanan Saldo BranKas, penyempurnaan dari layanan rekening bersama (rekber) yang sebenarnya telah lama berjalan di Forum Jual Beli Kaskus. Dengan layanan ini, uang yang dikirimkan seorang pembeli akan disimpan dulu oleh pihak Kaskus. Apabila pembeli telah mendapatkan barang yang dikirimkan penjual, barulah Kaskus akan meneruskan uang tersebut kepada si penjual. Ranking Alexa: ke-9 di Indonesia. 2. OLXOLX merupakan sebuah situs iklan baris yang berasal dari New York, Amerika Serikat. Di Indonesia, mereka telah “mencaplok” TokoBagus dan Berniaga pada tahun 2014 silam. Dipimpin oleh Daniel Tumiwa sebagai CEO, OLX mencatat lebih dari tiga miliar kunjungan ke situs mereka setiap bulannya. Ranking Alexa: ke-31 di Indonesia. Situs B2C1. Lazada IndonesiaLazada merupakan situs e-commerce yang diluncurkan, diinkubasi, dan mendapat pendanaan dari Rocket Internet, sebuah perusahaan e-commerce asal Jerman. Lazada merupakan startup dengan nilai pendanaan yang terbesar di Asia Tenggara. Empat tahun beroperasi di Indonesia, Lazada telah berkembang menjadi pelaku e-commerce B2C terbesar di Indonesia. Basis pengguna Lazada Group di Asia Tenggara tercatat sebanyak 5,3 juta di penghujung kuartal pertama tahun 2015. Ranking Alexa: ke-24 di Indonesia. 2. TravelokaTraveloka merupakan situs penjualan tiket pesawat dan kamar hotel yang didirikan pada tahun 2012. Sejak beroperasi, Traveloka telah mendapat dua kali pendanaan dengan jumlah yang tidak disebutkan. Pada bulan November 2014, Traveloka mengklaim kalau mereka memperoleh sekitar 250.000 kunjungan setiap harinya. Ranking Alexa: ke-95 di Indonesia 3. MatahariMallMatahariMall adalah situs e-commerce yang dikembangkan oleh salah satu keluarga terkaya di Indonesia, yaitu keluarga Riady (Lippo Group). Lippo mengklaim kalau mereka telah mengucurkan pendanaan sebesar US$500 juta untuk MatahariMall, dan menginginkan e-commerce ini menjadi yang terbesar di Indonesia. Pada bulan Desember 2015, MatahariMall mengatakan kalau mereka memiliki total 150 ribu Stock Keeping Unit (SKU). Ranking Alexa: ke-111 di Indonesia 4. BhinnekaBhinneka adalah salah satu pelaku e-commerce pertama yang muncul di Indonesia dengan barang-barang elektronik sebagai produk utamanya. Situs ini sudah bertahan selama lebih dari 23 tahun hingga saat ini. Pada bulan November 2015, mereka mengumumkan pendanaan sebesar US$22 juta (sekitar Rp300 miliar) dari venture capital lokal Ideosource. Ranking Alexa: ke-128 di Indonesia. 5. AgodaAgoda adalah situs penyedia tempat menginap di ratusan kota di dunia. Berasal dari Singapura, Agoda telah beroperasi sejak tahun 1998. Ranking Alexa: ke-134 di Indonesia. 6. Zalora IndonesiaZalora adalah salah satu situs e-commerce fashion buatan Rocket Internet yang cukup terkenal di Asia. Situs ini menawarkan berbagai macam produk untuk pria dan wanita dan memiliki salah satu koleksi terbesar dari merek-merek terkenal di Indonesia. Zalora juga memiliki beberapa desainer dan produsen lokal yang memungkinkan mereka memenuhi kebutuhan berbagai macam konsumen dan tetap menawarkan harga yang kompetitif dibandingkan dengan beberapa gerai ritel di Indonesia. Di tahun 2014, Zalora mengklaim kalau mereka telah memiliki 2.000 penjual dan 100.000 produk. Ranking Alexa: ke-141 di Indonesia. 7. TiketTiket adalah salah satu situs e-commerce perjalanan terbesar di Indonesia. Di situs ini, kamu bisa membeli berbagai produk perjalanan seperti tiket pesawat, hotel, tiket kereta, tiket konser, dan bahkan menyewa mobil. Diluncurkan tahun 2011 silam, rata-rata transaksi yang mereka bukukan per harinya kini mencapai 10.000 transaksi. Layanan paling populer dari Tiket adalah tiket penerbangan, yang mencakup hingga 50 persen volume booking dan pendapatan mereka secara keseluruhan. Ranking Alexa: Ke-207 di Indonesia. 8. JakartaNotebookJakartaNotebook adalah situs e-commerce yang menjual berbagai macam produk komputer dan aksesorisnya. Tak hanya itu, situs ini juga menjual beragam gawai, seperti alat-alat fotografi, software, dan produk IT lainnya. JakartaNotebook juga memiliki toko fisik di Jakarta, Semarang, dan Surabaya untuk menjual produknya. Ranking Alexa: ke-250 di Indonesia. 9. BilnaBilna merupakan situs e-commerce yang menjual produk-produk untuk ibu dan bayi. Pada awal tahun 2016, mereka bergabung dengan Moxy menjadi Orami. Secara statistik, setelah penggabungan tersebut, Orami menerima lebih dari tiga juta kunjungan setiap bulannya. Transaksi yang masuk bahkan bisa mencapai 12.000 pesanan dalam sehari. Ranking Alexa: ke-292 di Indonesia 10. Groupon IndonesiaGroupon adalah situs penjual diskon yang masuk ke Indonesia dengan mengakuisisi situs Disdus di tahun 2011. Sampai saat ini mereka masih menjadi pemimpin di bisnis ini. Ranking Alexa: ke-382 di Indonesia. 11. BerrybenkaBerrybenka merupakan situs e-commerce yang pada awalnya hanya menyediakan produk fashion untuk wanita. Namun kini mereka juga menyediakan pilihan produk fashion untuk pria. Berbeda dengan situs-situs lain, Berrybenka lebih memilih untuk bermitra dengan produsen lokal dan independen daripada merek yang lebih terkenal. Ranking Alexa: ke-397 di Indonesia. 12. JDJD merupakan situs e-commerce yang menjadi pesaing Alibaba di Cina. Perusahaan ini bahkan telah melakukan penawaran saham ke publik (IPO) sebesar $1,78 miliar (Rp24 triliun) pada bulan Mei 2014 lalu. Pada bulan Oktober 2015 yang lalu, mereka pun resmi beroperasi di Indonesia. Ranking Alexa: ke-523 di Indonesia. Marketplace1. BukalapakBukalapak merupakan situs marketplace yang menjadi pesaing utama Tokopedia. Walau belum pernah secara resmi menyebutkan jumlah uang yang mereka dapat dari empat kali pendanaan, namun dikabarkan kalau mereka nilai pendanaan tersebut cukup besar. Di tahun 2015 yang lalu, mereka mengklaim telah mempunyai 450.000 penjual. Ranking Alexa: ke-12 di Indonesia. 2. TokopediaBersaing ketat dengan BukaLapak, Tokopedia berhasil mendapatkan pendanaan sebesar $100 juta (sekitar Rp1,4 Triliun) pada bulan Oktober 2014, setelah sebelumnya enam kali meraih pendanaan dengan jumlah yang tidak disebutkan. Di tahun 2015 silam, Tokopedia mengatakan kalau mereka telah mempunyai 300.000 penjual aktif dengan enam juta produk terjual setiap bulannya. Ranking Alexa: ke-14 di Indonesia. 3. eleveniaelevenia adalah hasil kerja sama antara XL Axiata dengan perusahaan layanan online dan mobile asal Korea Selatan, SK Planet. Keduanya memasukkan total US$18,3 juta (sekitar Rp238 miliar) sebagai modal awal untuk proyek ini dan optimis akan bisa menguasai pasar Indonesia dalam jangka panjang. Baru-baru ini, elevenia memperkenalkan Raisa Andriana sebagai brand ambassador barunya. Ranking Alexa: ke-26 di Indonesia. 4. AliExpressAliExpress merupakan e-commerce global milik Alibaba yang sudah melakukan lokalisasi layanan untuk Indonesia. Di Indonesia, AliExpress bekerjasama dengan China Smart Logistics dan PT Pos Indonesia untuk menjamin pengiriman barang hingga jangka waktu maksimal dua minggu. Ranking Alexa: ke-142 di Indonesia 5. Qoo10 IndonesiaQoo10 adalah situs e-commerce hasil kerja sama antara eBay dengan marketplace asal Korea Selatan Gmarket. Di Indonesia, Qoo10 memiliki sekitar 850.000 pengguna terdaftar dengan nilai transaksi mencapai US$2,4 juta (sekitar Rp32 miliar) pada tahun 2014 silam. Ranking Alexa: ke-230 di Indonesia. 6. JualoJualo adalah marketplace barang bekas yang didirikan oleh Chaim Fetter pada bulan Januari 2014. Di bulan Januari 2016 kemarin, mereka baru saja mendapat pendanaan dari NSI Ventures. Untuk membuat transaksi lebih aman di situs mereka, Jualo mengandalkan fitur Jualo Escrow, yang serupa dengan fitur rekber di Kaskus. Ranking Alexa: ke-357 di Indonesia 7. BlanjaBlanja adalah perusahaan joint venture antara Telkom Indonesia dengan eBay yang mulai beroperasi pada tahun 2013. Dari "hanya" 600 penjual, Blanja mengklaim kalau mereka telah memiliki lebih dari 1 juta produk di dalam situs mereka pada tahun 2014 silam. Ranking Alexa: ke-367 di Indonesia Lainnya1. BlibliBlibli menamai dirinya sebagai sebuah mal dan hanya menerima perusahaan yang terdaftar secara resmi untuk menggunakan platformnya. Diluncurkan di bulan September tahun 2012, Blibli sekarang punya total 60.000 barang di situsnya. Ranking Alexa: ke-114 di Indonesia 2. IndonetworkIndonetwork adalah sebuah website marketplace C2C dan B2B (business to business). Kamu bisa menemukan banyak barang baik untuk keperluan pribadi atau untuk ekspor. Kamu harus membayar untuk bisa menjadi anggota di situs ini. Ranking Alexa: ke-190 di Indonesia 3. IndoTradingIndoTrading adalah situs marketplace untuk bisnis kecil dan menengah yang hanya membolehkan pebisnis—bukan individu—untuk memasukkan produk di situs mereka. Di tahun 2015 yang lalu, IndoTrading mengklaim memiliki 1,7 juta pengunjung setiap bulan, 12.000 pedagang terdaftar, dan 110.000 produk. Ranking Alexa: ke-242 di Indonesia. Bisnis e-commerce yang begitu populer di tanah air membuat kami harus menambahkan begitu banyak situs ke dalam daftar ini. Namun kami harus menghilangkan beberapa nama seperti Lamido yang bergabung dengan Lazada, dan Rakuten yang memutuskan untuk menghentikan operasional mereka di Indonesia. Selain dari situs-situs di atas, kamu juga harus menaruh perhatian pada situs B2C yang bergerak di pasar yang khusus, seperti HijUp dan Saqina yang menjual produk fashion khusus untuk wanita muslimah. Situs berisi daftar rumah yang akan dijual seperti RumahDijual dan Rumah yang sama-sama dimiliki PropertyGuru, juga patut mendapat perhatian. (Diedit oleh Pradipta Nugrahanto) The post [Update] Kumpulan Toko Online Populer di Indonesia appeared first on Tech in Asia Indonesia. |
Kreator Fruit Ninja Pamerkan Karya Terbaru Mereka yang Bergenre Platformer Posted: 15 Mar 2016 08:35 PM PDT Halfbrick Studios, developer game mobile yang terkenal melalui Fruit Ninja, memamerkan game terbaru mereka pada ajang Game Developers Conference 2016 yang tengah berlangsung saat ini. Game berjudul Dan the Man ini terlihat berbeda dari beragam judul mereka sebelumnya yang kebanyakan mengusung genre arcade. Dan the Man merupakan game yang diangkat dari seri kartun web buatan studioJOHO dengan judul sama. Mereka telah bekerja sama dengan Halfbrick Studios sejak episode perdananya dirilis pada tahun 2010 silam, dan akhirnya kerja sama tersebut lahir dalam bentuk sebuah game. Kamu akan berperan sebagai Dan yang berusaha menyelamatkan kekasihnya yang diculik oleh suatu organisasi jahat. Usahanya menjemput sang tambatan hati tidak mudah, karena perjalanan yang ia tempuh akan menghadapkannya dengan beragam musuh maupun rintangan maha dahsyat. Gameplay pada Dan the Man tampak seperti dua game platformer favorit saya di masa lalu, yaitu Contra dan Metal Slug. Bedanya, senjata utama Dan bukanlah senapan, melainkan anggota badannya. Ia dapat memukul, menendang, hingga melempar para musuh yang datang silih berganti di setiap level. Layaknya Metal Slug, kamu juga akan berhadapan dengan beragam karakter bos dalam wujud robot raksasa maupun kendaraan tempur berukuran besar. Pertempuran ini bertambah gereget karena kamu akan menghadapinya dengan tangan kosong, sehingga sulit untuk menjaga jarak. Saat ini Halfbrick Studios tengah melakukan soft launch versi Android Dan the Man di beberapa negara (tidak termasuk Indonesia). Mereka berencana untuk merilisnya secara global tahun ini sebagai sebuah game free-to-play. Sambil menunggu saat itu tiba, kamu bisa melihat cuplikan gameplay Dan the Man melalui trailer di bawah. Google Play Store Link (Soft Launch): Dan the Man, Gratis
The post Kreator Fruit Ninja Pamerkan Karya Terbaru Mereka yang Bergenre Platformer appeared first on Tech in Asia Indonesia. |
You are subscribed to email updates from Tech in Asia Indonesia. To stop receiving these emails, you may unsubscribe now. | Email delivery powered by Google |
Google Inc., 1600 Amphitheatre Parkway, Mountain View, CA 94043, United States |
No comments:
Post a Comment