Ads

Wednesday, July 8, 2015

Game Di Indonesia

Game Di Indonesia


Startup Pembanding Produk Keuangan Cermati Raih Pendanaan Tahap Awal dari East Ventures

Posted: 08 Jul 2015 07:05 PM PDT

Startup penyedia layanan pembanding informasi produk finansial online Cermati, hari ini (9/7) mengumumkan perolehan pendanaan tahap awal (seed funding) yang dipimpin oleh East Ventures1 dan diikuti oleh BEENOS Plaza dengan jumlah yang tidak disebutkan. Seperti dikutip dari press release yang diterima Tech in Asia, pendanaan ini akan digunakan untuk mengembangkan tim dan memperluas cakupan produk.

Dua orang yang berada di belakang Cermati adalah Andhy Koesnandar dan Oby Sumampouw yang mendirikan layanan ini pada Desember 2014 lalu. Meski begitu, situsnya sendiri baru dirilis pada April 2015 dan ingin menjadi penyedia informasi keuangan paling komprehensif. Salah satu layanan utama yang ditawarkan adalah membandingkan beragam produk finansial, sehingga konsumen bisa menentukan pilihan produk mana yang paling cocok dengan kebutuhan mereka.

Baik Andhy maupun Oby sebelumnya telah lama berkiprah di ranah teknologi. Sejumlah perusahaan seperti Microsoft, Google, dan Cortona sudah pernah mereka jajaki.

Tantangan dari rendahnya kepemilikan produk perbankan di Indonesia

Selain terkenal dengan negara dengan penetrasi kartu kredit yang rendah, Indonesia ternyata juga menempati posisi yang lebih rendah pada kepemilikan produk finansial lainnya. Hasil penelitian McKinsey Personal Financial menunjukkan bila kepemilikan produk finansial di Indonesia lebih rendah bila dibandingkan dengan sejumlah negara lainnya di Asia Tenggara, yakni di angka 2,3 produk per kapita.

Angka tersebut tentu jauh bila dibandingkan dengan Singapura yang berada di level 7,7 produk per kapita, Malaysia di tingkat 5,4 produk per kapita, dan bahkan masih di bawah Thailand dengan 2,5 produk per kapita.

Fakta lain yang tidak kalah mengejutkan adalah sekitar 60 persen penduduk usia dewasa di tanah air masih belum memiliki rekening bank. Bila melihat kondisi ini, jelas menjadi tantangan tersendiri bagi penyedia layanan finansial di tanah air.

Kembali karena alasan klise

Co-Founder Oby Sumampouw sendiri mengaku dirinya kembali ke Indonesia karena alasan klise. "Saya ingin membantu mengembangkan negara ini," ujarnya. Ia melihat banyak ranah yang masih bisa dimaksimalkan dengan bantuan teknologi. Salah satunya adalah finansial.

Kami ingin memberikan edukasi kepada masyarakat untuk mengambil keputusan yang cerdas [dalam hal finansial].

Tidak hanya meningkatkan kepedulian masyarakat Indonesia akan pentingnya produk finansial, Cermati juga ingin memberikan kemudahan informasi terkait berbagai istilah finansial yang membingungkan bagi masyarakat awam. "Kami ingin menjadi sumber informasi terlengkap mengenai finansial di Indonesia," ujar Co-Founder Andhy Koesnandar.

Cermati_Screenshot_2

Saat ini Cermati mengklaim telah memiliki 270 informasi kartu kredit di tanah air. "Kami telah menyiapkan serangkaian produk yang mudah-mudahan bisa dihadirkan lebih cepat dengan perolehan pendanaan ini," tutup Andi.

Baca Juga: Ingin Lebih Hemat? Bandingkan Harga di 7 Website Pembanding Produk Keuangan di Indonesia Berikut

Sejumlah startup lain yang juga bergerak di ranah financial technology (fintech) adalah CekAja dan HaloMoney.

(Diedit oleh Lina Noviandari)


  1. Keterangan: East Ventures juga berinvestasi di Tech in Asia. Baca halaman etika kami untuk informasi lebih lanjut.

The post Startup Pembanding Produk Keuangan Cermati Raih Pendanaan Tahap Awal dari East Ventures appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Bekerja Sama dengan MediaCorp, BrideStory Meluncur di Singapura

Posted: 08 Jul 2015 06:05 PM PDT

Pada bulan Maret lalu, platform direktori vendor pernikahan asal Indonesia BrideStory menerima putaran pendanaan seri A yang dipimpin oleh Rocket Internet dan diikuti oleh sejumlah investor. Dalam kesempatan tersebut, BrideStory mengungkap sejumlah rencananya termasuk berekspansi ke pasar internasional. Dan tampaknya, BrideStory telah mencapai targetnya tersebut.

Hari ini (9/7), startup yang didirikan pada April 2014 itu mengumumkan kerja samanya dengan raksasa media asal Singapura MediaCorp untuk meluncurkan platform BrideStory di negara tersebut. Kerja sama dalam bentuk joint venture — dengan kesepakatan kedua belah pihak akan sama-sama mendanai operasional platform BrideStory di Singapura — ini memungkinkan konten majalah pernikahan cetak milik MediaCorp Style:Weddings terpampang di situs BrideStory.

Ketersediaan tersebut tentunya memberi nilai lebih bagi pengguna yang ingin mencari inspirasi untuk pernikahan mereka. Selanjutnya, sebagai sebuah raksasa media, MediaCorp juga akan membantu BrideStory dalam hal pemasaran di Singapura seperti melalui TV, radio, media cetak, dan lain sebagainya. Founder dan CEO BrideStory, Kevin Mintaraga, mengatakan:

Kami sangat senang bisa berkolaborasi dengan MediaCorp dan memanfaatkan platform MediaCorp yang luas untuk membawa kami ke level berikutnya, di pasar pernikahan Singapura dan nantinya di pasar regional. Saat ini, tidak ada platform pernikahan di wilayah ini yang menjadi one stop shop untuk semua hal yang berhubungan dengan hari besar ini [pernikahan]. Dengan kerjasama ini kami berharap bisa membuat terobosan dengan menjadi portal pernikahan yang menawarkan bantuan dan saran kepada pengguna, dan menarik vendor baru dan vendor internasional ke portal kami.

Dari segi vendor, kerja sama ini tentunya juga akan memperluas jangkauan bisnis mereka. Para vendor yang berasal dari Indonesia misalnya, akan bisa menjangkau pasar Singapura, begitu pula sebaliknya.

Pihak MediaCorp sendiri mengatakan bahwa kerja sama ini memungkinkan pengguna mendapatkan layanan terbaik dari segi konten inspirasi maupun menemukan vendor pernikahan yang tepat. Jessie Sng, Head of Men, Women, and Parents Segments MediaCorp, menambahkan, "Pasar pernikahan di Singapura bertumbuh, meski masih relatif kecil. Dengan populasi kelas menengah yang bertumbuh pesat, potensi pasar pernikahan Asia Tenggara bisa dibilang besar."

bridestory singapura

Sebagai platform direktori vendor pernikahan, BrideStory memungkinkan pengunjung mencari vendor yang menyediakan berbagai kebutuhan pernikahan mereka seperti katering, fotografi, venue, dekorasi, dan kebutuhan pernikahan lainnya. Hingga saat ini, BrideStory menyediakan 20 kategori yang bisa dipilih pengguna. Selain berdasarkan kategori, pengguna juga bisa melakukan pencarian berdasarkan lokasi dan _budget. BrideStory juga mengklaim telah menjaring 10.000 vendor pernikahan dan memiliki 250.000 pengunjung bulanan.

Dengan dukungan dan jaringan MediaCorp yang kuat, BrideStory menargetkan untuk bisa menguasai pasar direktori pernikahan di Singapura dalam tiga hingga enam bulan ke depan. MediaCorp sendiri nampaknya tengah gencar melirik startup Indonesia. Belum lama ini, raksasa media tersebut juga telah mengakuisisi saham mayoritas KapanLagi Network.

Baca juga: Inilah 4 website populer di Indonesia penyedia layanan pernikahan

Ekspansi ini semakin mengukuhkan posisi BrideStory di ranah platform direktori vendor pernikahan. Di tanah air sendiri, BrideStory harus bersaing dengan Weddingku dan Merityuk yang menyediakan layanan serupa.

(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto)

The post Bekerja Sama dengan MediaCorp, BrideStory Meluncur di Singapura appeared first on Tech in Asia Indonesia.

30 Days of SaMer (Sahur Gamer) Episode 22: Puasa Dota

Posted: 08 Jul 2015 10:14 AM PDT

Dalam episode ke-22, tim Tech in Asia kedatangan tamu spesial yang sudah berkontribusi kepada situs ini semenjak masih bernama Gamesaku. Tamu yang saya maksud adalah Bung Billion Satya Saputra Gunawan.

Di sini Billion menyajikan kisah dia berpuasa, tapi bukan puasa menahan lapar, haus, dan nafsu lainnya, melainkan puasa menahan nafsu untuk bermain Dota 2. Kira-kira bagaimana kisah Billion dalam episode kami yang paling tidak jelas sejauh ini? Tonton saja di atas.

Tentunya jangan lupa untuk klik tombol subscribe supaya kamu tidak ketinggalan video-video terbaru lainnya dari kami. Episode terbaru SaMer akan tersedia setiap pukul 12 malam selama bulan Ramadan. Sampai jumpa di episode berikutnya.

The post 30 Days of SaMer (Sahur Gamer) Episode 22: Puasa Dota appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Rangkuman Berita Game Hari Ini – 8 Juli 2015

Posted: 08 Jul 2015 05:00 AM PDT

Update Terbaru Geometry Wars 3: Dimensions Menghadirkan Segudang Konten Anyar

Iqbal Kurniawan – Sierra merilis update untuk game Geometry Wars 3: Dimensions yang menghadirkan segudang hal baru. Konten anyar yang terdapat pada versi 2.0.0 tersebut meliputi 4 jenis drone baru, 40 level tambahan, mode “Hardcore”, dan lainnya. Update tersebut sudah bisa dinikmati oleh pengguna iOS, sedangkan versi Android akan menyusul kemudian.

Review Geometry Wars 3: Dimensions – Dual Stick Shooter Paling Seru yang Pernah Saya Mainkan!

App Info
Geometry Wars 3: Dimensions
Activision Publishing, Inc. -  Jun 24, 2015
Genre:  Arcade
Size:   91M
Installs:   5,000 - 10,000
IDR66,382

Download

Anggota Kelompok Peretas yang Pernah Melumpuhkan PlayStation Network Tidak Dijebloskan ke Penjara

Julius Kivimaki | Photo

Iqbal Kurniawan – Julius “zeekill” Kivimaki, salah seorang anggota kelompok peretas Lizard Squad yang mengklaim telah melumpuhkan PlayStation Network tahun lalu, telah menjalani persidangan di Finlandia. Namun, hakim di pengadilan tempat ia didakwa tidak menjebloskan dirinya ke penjara. Hakim memutuskan untuk “menunda pemberian keputusan” serta memerintahkan pemuda berusia 17 tahun tersebut untuk bekerja memerangi cybercrime.

Sumber: Kaleva via The Daily Dot


Journey Versi PS4 Mendapatkan Tanggal Rilis!

Mohammad Fahmi – Salah satu game favorit saya di PS3, Journey, akan segera dirilis di PS4. Hari ini thatgamecompany mengumumkan bahwa mereka akan merilis Journey pada tanggal 21 Juli 2015, sebuah kado Idul Fitri untuk kamu yang ingin silaturahmi dengan orang-orang tidak dikenal. Saya sempat menyinggung apa hal yang membuat Journey begitu spesial di sini, namun kalau kamu masih penasaran dengan game ini, nantikan review dari kami dua minggu lagi ya.


Saksikan Trailer Steins;Gate di Sini

Mohammad Fahmi – Hari ini PlayStation mengunggah video trailer untuk visual novel bertemakan perjalanan lintas waktu Steins;Gate. Game ini akan dirilis untuk PS3 dan PS Vita pada bulan Agustus 2015. Jika kamu belum menonton versi anime namun penasaran dengan ceritanya, sebaiknya tunggu saja versi game yang menyampaikan cerita dengan lebih detail.


Smartphone Sony Kini Bisa Menyiarkan Aktivitas Gaming Melalui Twitch

Sony Xperia Z3 | Photo

Bagi kamu yang memiliki Sony Xperia Z3+ atau Xperia Z4, sekarang kamu bisa memamerkan kegiatanmu dalam memainkan game mobile melalui Twitch. Hal ini juga akan berlaku pada Xperia Z4v yang akan dirilis nanti. Fitur ini baru ada di smartphone milik Sony karena sebenarnya ini bukan fitur yang dibuat oleh Twitch, namun oleh Sony sendiri. Akan tetapi tentunya masih bekerja sama dengan platform penyiaran game secara online terbesar itu.

Sumber: VentureBeat


Berhati-Hatilah, Game Emulator NES Ini Adalah Malware yang Menyamar

Mario Bros | Screenshot

Arya W. Wibowo – Bagi kamu yang sering mengunduh dari toko aplikasi Android yang mencurigakan, berhati-hatilah (atau gunakanlah toko yang aman). Baru-baru ini telah ditemukan sebuah malware yang bersembunyi di balik emulator game NES bernama Gunpoder. Jika kamu menyetujui syarat-syarat yang ada di aplikasi tersebut, maka data-data pribadimu akan diambil dan digunakan secara tidak bertanggung jawab. Maka dari itu, lebih baik mengunduh game resmi dan dari toko aplikasi Android resmi juga.

Sumber: Palo Alto Networks


Arrowhead Membawa Game Gauntlet ke PS4 dalam Bentuk Slayer Edition

Risky Maulana – Remake dari game klasik yang 2014 lalu hadir di PC ini rupanya dijadwalkan juga untuk dirilis pada console PS4, dengan konten yang jauh lebih berisi dibandingkan versi sebelumnyaLewat kemunculan Gauntlet: Slayer Edition pada 11 Agustus nanti, kamu akan mendapatkan bermacam kostum tambahan serta beberapa dungeon unik yang tidak akan kamu temukan di PC. Saat berita ini ditulis, developer Arrowhead Games telah membuka pendaftaran pre-order Gauntlet Slayer Edition di PlayStation Store, dengan harga sekitar Rp267.000

PlayStation Store Link: Gauntlet Slayer Edition, Rp267.000


Overwatch Kedatangan Hero Baru Bernama Soldier: 76

Risky Maulana – Game FPS dari Blizzard Entertainment yang akan memasuki tahap closed beta dalam waktu dekat ini mendapatkan tambahan karakter hero bernama Soldier: 76 alias Jack Morrison. Jack sendiri dulunya merupakan pemimpin grup anti teroris Overwatch yang telah bubar saat cerita dalam game ini bermula. Dengan senjata pelontar granat, senapan mesin, dan kacamata visor miliknya, Soldier: 76 siap meramaikan closed beta Overwatch pada musim gugur 2015 (antara 23 September hingga 21 Desember) nanti.


Helldivers Hari ini Mendapatkan Update Gratis Berjudul Masters of the Galaxy

Risky MaulanaApakah kamu masih melanjutkan perang hidup dan mati dalam neraka Helldivers hingga detik ini? Bila jawabanmu iya, maka bersiaplah untuk kehadiran tantangan yang lebih seru lagi dengan dihadirkannya update Masters of the Galaxy untuk Helldivers.

Lewat update yang tersedia secara gratis ini, pemain akan melawan tiga tipe musuh baru yang sepertinya akan menjadi bos dalam aksimu mengamankan galaksi Helldivers. Ketiga musuh tersebut antara lain, Hive Lord: kutu raksasa yang bisa menyembunyikan dirinya dalam tanah, robot raksasa Siege Mech dari faksi cyborg, dan terakhir sebuah satelit Great Eye milik alien iluminate yang mirip tampilan robot Protoss dari Starcraft.

The post Rangkuman Berita Game Hari Ini – 8 Juli 2015 appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Studio Pencipta Just Cause Rilis Game Mobile Pertama Mereka yang Berjudul Rumble City

Posted: 08 Jul 2015 01:39 AM PDT

Developer Avalanche Studios yang dikenal dengan game open-world eksplosif, Just Cause, baru saja merilis game mobile pertama mereka yang berjudul Rumble City. Berbeda dengan Just Cause yang memiliki aksi edan, Rumble City adalah sebuah game turn-based yang mengambil tema geng motor di Amerika Serikat pada tahun 60-an.

Di dalam Rumble City kamu akan diminta untuk bertarung dengan musuh di berbagai level seperti bar, gudang penyimpanan, dan belakang gang. Tujuanmu adalah untuk menguasai kembali wilayah yang dipegang oleh geng saingan. Rumble City menampilkan enam karakter yang memiliki serangan berbeda-beda seperti tinju, pisau, dan botol minuman kosong yang bisa dilempar.

Rumble City | Screenshot 1

Melawan petugas?! Jangan ditiru yah teman-teman.

Rumble City | Screenshot 2

Dalam pertarungan dihalalkan menggunakan berbagai senjata, termasuk setruman listrik.

Sebelum pertarungan dimulai kamu dapat menyesuaikan perlengkapan yang dapat membantumu dan menyembuhkan anggota geng yang terluka akibat pertempuran sebelumnya. Kamu bahkan dapat membawa berbagai senjata dan item untuk membuat pertarungan semakin seru.

Rumble City sudah bisa diunduh secara gratis untuk Android. Versi iOS sendiri akan dirilis pada tanggal 9 Juli besok. Saksikan juga aksi para anggota geng motor tersebut dalam menghajar lawan-lawan mereka melalui trailer di bawah.

App Info
Rumble City
Avalanche Studios -  May 26, 2015
Genre:  Strategy
Size:   48M
Installs:   50 - 100
Gratis

Download

Sumber: Rumble City

The post Studio Pencipta Just Cause Rilis Game Mobile Pertama Mereka yang Berjudul Rumble City appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Panduan Mudah Membeli Buku Digital

Posted: 08 Jul 2015 01:38 AM PDT

Beberapa hari lalu, saya membuat artikel kumpulan buku tentang startup dan entrepreneur. Dalam daftar buku yang saya buat tersebut, sebagian besar merupakan buku berbahasa Inggris, sehingga banyak yang bertanya bagaimana saya mendapatkan buku tersebut. Sebagian besar buku yang saya baca tersebut merupakan buku digital. Maka dari itu, dalam artikel ini saya akan memberikan panduan bagaimana cara membeli buku digital.

Sebelum membahas lebih dalam, ada baiknya Anda mengetahui toko buku digital apa saja yang tersedia di Indonesia dan berikut adalah daftarnya:

  • Google Play Books
  • Apple iBooks Store
  • Amazon Kindle
  • Livi

Toko buku digital tersebut bisa Anda temukan dengan mudah pada smartphone atau tablet Anda. Meski begitu, beberapa aplikasi seperti iBooks Store hanya tersedia bagi perangkat-perangkat dari Apple, dan Livi baru tersedia untuk platform Android.

Lalu bagaimana cara membayarnya?

Sistem Pembayaran Online 700x400

Sekarang Anda telah mengetahui apa saja toko buku digital yang telah tersedia di Indonesia. Kemudian langkah selanjutnya adalah membeli buku tersebut dan membayarnya.

Metode pembayaran pertama dan yang paling mudah tentu saja menggunakan kartu kredit. Metode ini bisa digunakan untuk membeli buku dari keempat toko buku digital tersebut. Lalu bagaimana apabila Anda tidak memiliki kartu kredit?

Cara lain yang bisa Anda tempuh adalah dengan sistem potong pulsa melalui Google Play Store. Jadi Anda cukup membeli pulsa, mengaktifkan fitur potong pulsa, dan membeli buku yang Anda sukai. Tiga operator terbesar di Indonesia, yaitu Telkomsel, Indosat, dan XL Axiata telah mendukung metode ini, tapi yang membedakan adalah besar potongan yang diambil dari setiap transaksi.

Mengingat Amazon Kindle, Google Play Books, dan Apple iBooks Store mendukung pembayaran melalui deposit yang dimiliki akun pengguna, Anda bisa membeli voucer atau GiftCard yang bisa disimpan dalam akun Anda untuk nantinya digunakan untuk membeli buku digital.

Toko buku digital apa yang sebaiknya digunakan?

Setiap toko buku yang saya sebutkan di atas memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Saya sendiri memilih menggunakan Google Play Books karena beberapa alasan. Pertama, karena Play Books tersedia pada sistem operasi Android dan iOS serta bisa dinikmati pada desktop melalui browser. Kedua, karena telah mendukung pembayaran dengan sistem potong pulsa, sehingga saya hanya perlu membeli pulsa untuk kemudian digunakan membeli buku. Ketiga adalah koleksi buku yang lebih lengkap.

Baca juga: 8 aplikasi dan platform e-book di Indonesia

Toko buku digital lain yang saya rekomendasikan adalah Amazon Kindle, karena tersedia di segala platform dan memiliki koleksi buku yang sangat lengkap. Kemudian bagi Anda yang menggunakan perangkat-perangkat dari Apple, iBooks Store tentunya menjadi toko buku digital utama yang bisa Anda gunakan.

Selain toko buku digital yang disebutkan pada daftar di atas, masih ada toko buku digital lainnya seperti Qbaca. Sayangnya koleksi buku yang tersedia masih kurang lengkap.

(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto)

The post Panduan Mudah Membeli Buku Digital appeared first on Tech in Asia Indonesia.

4G LTE Tahap Dua Disahkan, Bagaimana Perbandingan Kecepatan dari 5 Operator Telekomunikasi di Indonesia?

Posted: 08 Jul 2015 01:09 AM PDT

Sejak pengesahan tahap kedua jaringan 4G dengan frekuensi 1.800 MHz oleh Kemenkominfo Selasa (6/7) lalu, penyedia layanan telekomunikasi mulai melakukan uji jaringan. Peresmian ini dilakukan secara serentak bersama lima operator seluler, yakni Telkomsel, Indosat, XL Axiata, Tri, dan Smartfren di lima kota di Indonesia, yakni Makassar, Balikpapan, Lombok, Banjarmasin, dan Batam. Lantas, berapa kecepatan maksimal internet yang bisa dicapai kelima operator tersebut?

Layanan internet di Indonesia memang masih jauh dari kata memuaskan. Jangankan bicara kecepatan, untuk bisa mendapatkan jaringan internet yang lumayan stabil saja masih susah.

Jaringan 4G LTE (Long Term Evolution) merupakan teknologi jaringan telekomunikasi terbaru yang dikategorikan sebagai teknologi generasi keempat. LTE digadang-gadang memiliki keunggulan pada kecepatan dan efisiensi jaringan, sehingga pelanggan dapat menikmati layanan data dengan lebih nyaman, cepat, dan efisien.

Tak pelak kehadiran layanan 4G LTE di Indonesia disambut gembira oleh para pengguna internet di Tanah Air. Secercah harapan kini membuncah dibenak para pengguna yang memimpikan layanan internet yang cepat dan stabil.

Saat ini ada lima operator di Indonesia yang telah menyediakan layanan 4G LTE, yakni Telkomsel, Indosat, XL, Smartfren, dan Tri yang masih baru dalam tahap uji coba. Sebelumnya Tech in Asia juga sudah pernah menjabarkan uji coba perbandingan kecepatan operator yang telah menyiapkan layanan 4G, yakni Bolt Super 4G, XL, dan Telkomsel di 2014. Kini kelima vendor besar di Indonesia tersebut nampaknya sudah lebih siap dan matang hingga menyajikan uji jaringan.

Setelah diresmikan, banyak yang penasaran berapa kecepatan maksimal yang bisa dicapai layanan 4G dari masing-masing operator telekomunikasi tersebut?

Telkomsel

telkomsel 4g indonesia

Telkomsel menjadi satu-satunya operator yang telah siap menggelar layanan 4G LTE di frekuensi 1.800 MHz secara komersial. Tak ayal, operator dengan 140 juta pelanggan ini langsung tancap gas meninggalkan para pesaingnya begitu mendapatkan "restu" menggelar jaringan 4G di 1.800 MHz.

Telkomsel terbilang cepat dalam melakukan pembangunan infrastruktur, tak kurang 150 eNode B – BTS yang umum digunakan sebagai penanda jaringan 3,5G hingga 4G – untuk BTS 4G langsung siap beroperasi di hari pertama (6/7) peluncuran yang dilakukan di Makassar.

Telkomsel mengklaim jaringan 4G di kota Makassar saat resmi diluncurkan memiliki kecepatan rata-rata 72 Mbps. Seperti dilansir dari DroidLime, Telkomsel juga memilih Makassar karena meningkatnya konsumsi penggunaan layanan data hingga 166 persen pada Q1 2015 jika dibandingkan dengan Q1 2014.

Agar jaringan 4G LTE Telkomsel dapat merata di wilayah Makassar, Telkomsel sudah membangun 150 eNode B tersebut mencakup lokasi-lokasi strategis seperti bandara, universitas, mal, Pantai Losari, dan pusat keramaian lainnya. Sementara secara nasional, Telkomsel sudah memiliki lebih dari 1.000 BTS yang tersebar di Jakarta, Bali, Bandung, Surabaya, Medan, dan Makassar dengan sekitar 700.000 pelanggan 4G.

Indosat

indosat 4g indonesia

Sedangkan untuk operator yang satu ini, CNN Indonesia melansir bahwa Indosat memilih daerah Balikpapan untuk dijadikan daerah uji jaringan 4G yang pertama.

Selain refarming atau tata ulang di 1.800 MHz yang telah selesai di beberapa kota di Kalimantan, alasan Indosat memilih kota Balikpapan adalah karena Indosat ingin kembali meraih kejayaan yang dulu pernah diraih di Kalimantan.

Dengan sumber daya di pita lebar sebesar 20 MHz di frekuensi 1.800 MHz, Indosat mengklaim mampu menggelar jaringan 4G LTE rata-rata 90 Mbps sampai 100 Mbps. Bahkan, Indosat mengklaim bisa mencapai kecepatan hingga 185 Mbps.

Dengan program layanan Super 4G-LTE, Balikpapan menjadi kota kelima yang sudah menggelar 4G LTE oleh Indosat, setelah Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Bali. Pihak Indosat mengatakan selain Balikpapan, kota lain akan segera dijangkau jaringan 4G LTE Indosat.

XL Axiata

xl 4g indonesia

Untuk perusahaan yang telah mengakuisisi Axis ini, mereka memilih Lombok untuk uji jaringan 4G pertama di Indonesia. Alasannya, seperti dilansir dari Bisnis, terdapat lebih dari 85 persen pelanggan XL di daerah tersebut.

XL memiliki jatah kanal 22,5 MHz di spektrum 1.800 MHz setelah akuisisi Axis selesai tahun lalu. Dari jumlah tersebut, GM Corporate Communications Management XL Tri Wahyuningsih menjelaskan bahwa sebanyak 10 hingga 15 MHz dialokasikan untuk melayani pelanggan 4G LTE XL Axiata.

Alokasi frekuensi yang besarnya bervariasi antar daerah inilah yang menjadi penentu bandwidth maksimum untuk 4G LTE. "Kalau lebarnya 10 MHz, speed-nya bisa sampai 70 Mbps. Sedangkan untuk 15 MHz, kecepatannya bisa tembus hingga 100 Mbps," ungkap Tri masih dari sumber yang sama.

Saat ini, XL sendiri sudah memiliki 14 BTS 4G LTE untuk menjangkau sejumlah area di ibu kota NTB tersebut seperti pusat pemerintahan, bisnis dan aktivitas warga, serta pusat-pusat keramaian, termasuk Mall Mataram.

Setelah Lombok, XL rencananya akan mengoperasikan layanan 4G LTE 1.800 MHz di Bandung, Surabaya, Denpasar, dan Jakarta. XL juga akan menjalankan layanan 4G LTE 1.800 MHz pada beberapa kota yang sudah menggunakan frekuensi 900 MHz seperti Medan, Bogor, dan Yogyakarta. Saat ini, total BTS 4G LTE yang dimiliki XL pada seluruh area tersebut sudah mencapai lebih dari 200 unit dengan jumlah lebih dari 200.000 pelanggan.

Tri Indonesia

kecepatan 4g tri indonesia

Hutchison 3 Indonesia (Tri) berencana mengomersialkan layanan 4G LTE pada akhir tahun ini, dengan janji harga yang masih terjangkau.

Seperti yang dilansir dari Kompas, anak usaha Hutchison Whampoa itu memegang kanal seluas 10 MHz di frekuensi 1.800 MHz. Dari total kanal tersebut, setengahnya atau 5 MHz akan dialokasikan untuk implementasi 4G LTE.

Secara teori, dengan lebar 5 MHz itu, pengguna bisa merasakan kecepatan download 36 Mbps dan upload 8 Mbps. Namun kecepatan asli yang diterima pengguna bisa saja bervariasi tergantung dari perangkat dan situs jaringan 4G LTE itu.

4G LTE yang dideklarasikan Tri di Banjarmasin saat ini masih berupa trial untuk uji kelayakan operasi (ULO) saja. Rencananya pengguna akan bisa mencobanya setelah peluncuran komersial pasca penataan frekuensi 1.800 MHz selesai, pada 23 November 2015.

Lokasi ketersediaan internet mobile super cepat itu akan disesuaikan dengan besar kecilnya potensi pengguna layanan tersebut. Implementasi pun akan bertahap, namun Tri enggan menyebutkan daerah mana yang akan didahulukan. Tri menyatakan bahwa masih memformulasikan harga yang terjangkau untuk jaringan 4G ini.

Smartfren

smartfren andromax 4g

Sementara untuk operator CDMA, Smartfren masih berbenah untuk menyiapkan jaringan 4G pada kuartal kedua 2015 mendatang. Hal ini seperti dilansir dari Tempo yang menyebut bahwa perusahaan menargetkan layanan tersebut hadir di 22 kota.

Smartfren memilih kota Batam sebagai daerah pertama pengujian jaringan 4G miliknya. Kota tersebut dipilih karena sebelumnya Smartfren telah mempersiapkan perangkat smartphone 4G untuk pasar Sumatera terlebih dahulu. Selain perangkat smartphone, mereka juga mengenalkan dua modem Wi-Fi Andromax M2P dan Andromax M2Y.


Pengalihan jaringan menuju 4G ini menjadi pertanda baik bagi infrastruktur internet di Indonesia. Namun sayangnya para pengguna yang mendambakan kecepatan lebih efisien saat mengakses data kadang masih terhambat pada lokasi tertentu.

Baca juga: "Perang" Layanan Antar Operator GSM di Indonesia Selama Ramadan 2015

Para operator telekomunikasi juga nampaknya serius dalam memperbaiki jaringan ini secara serentak. Ditambah dengan momen Idul Fitri beberapa hari mendatang, tentunya ini akan menjadi nilai lebih bagi pemudik yang membutuhkan akses informasi lebih memadai ketika berada di kampung halaman.

(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto)

The post 4G LTE Tahap Dua Disahkan, Bagaimana Perbandingan Kecepatan dari 5 Operator Telekomunikasi di Indonesia? appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Griddition – Puzzle Angka dengan Kesulitan Menantang hingga Ekstrem

Posted: 08 Jul 2015 12:50 AM PDT

Bagi kamu penggemar puzzle matematika seperti Sudoku, ada sebuah game mobile baru yang menarik untukmu. Griddition adalah game puzzle buatan Swifty the Sloth yang akan menantang  kesabaran dan kemampuanmu dalam berhitung.

Tugasmu adalah mengisi blok-blok di grid yang sudah disediakan. Grid ini bisa berukuran 2×2 hingga yang paling besar adalah 10×10. Dalam mengisi blok ini ada syaratnya, yaitu kamu harus membuat penjumlahan yang sesuai dengan angka yang ada di kolom dan barisnya. Angka yang disediakan juga ditentukan terlebih dahulu oleh game.

Selain tingkat kesulitan yang ditentukan dari besarnya grid, terdapat pula dua mode yang tersedia. Mode easier memungkinkan kamu untuk mengutak-atik jawaban sesukanya, tanpa ada batasan menukar-nukar angka pada grid, sedangkan mode harder hanya memperbolehkan kamu untuk sekali saja menaruh angka pada grid tanpa bisa memperbaikinya.

Griddition | Screenshot

Dari tingkat kesulitan yang disediakan, jelas bahwa Griddition bisa dimainkan oleh gamer kasual hingga penggila puzzle hardcore. Saya sendiri jujur saja tidak berani untuk memulai permainan di level 10×10, yang mungkin akan membuat saya tidak bisa menulis artikel ini hingga besok … atau selamanya.

Bagi kamu penggemar puzzle angka, Griddition bisa menjadi tambahan koleksi yang berharga. Dengan sistem high score dan level yang banyak, game ini memberikan replay value yang tinggi. Sebagai game gratis, Griddition tentunya memiliki IAP, namun ini hanya untuk hal yang bersifat estetika saja seperti tema latar baru. Dengan besar file tak sampai 3 MB, kamu bisa mengunduh game ini di mana saja dan langsung memainkannya.

App Info
Griddition®: Number Puzzle
Swifty the Sloth -  Jul 05, 2015
Genre:  Puzzle
Size:   2.4M
Installs:   100 - 500
Gratis

Download

The post GridditionPuzzle Angka dengan Kesulitan Menantang hingga Ekstrem appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Board Game Dicetiny dari Fakedice Diundur Hingga 2016

Posted: 08 Jul 2015 12:08 AM PDT

Kabar kurang begitu menyenangkan hari ini hadir dari diundurnya peluncuran game Dicetiny yang sebelumnya diberitakan akan rampung dan dirilis developer Fakedice pada tahun 2015 ini. Lewat pemberitahuan di halaman media sosial Facebook resminya, developer asal Korea Selatan ini memutuskan akan mengulur waktu peluncuran Dicetiny hingga awal 2016 dengan alasan yang tidak dijelaskan secara rinci.

Bila kamu melewatkan pemberitaan kami sebelumnya, Dicetiny merupakan game unik yang memadukan unsur board game Monopoly, permainan kartu, RPG, dan tema dunia fantasi ala The Lord of the Rings. Di sini kamu bisa bermain dengan memilih empat kelas karakter mulai dari Cleric, Mage, Rogue, dan Warrior yang wajahnya mengingatkan saya akan Arnold Schwarzenegger dalam film klasik Conan The Barbarian.

Dicetiny | screenshot 1

Dicetiny | screenshot 1

Dalam game ini, setiap petualangan yang kamu jalani akan ditentukan melalui putaran dadu layaknya sebuah permainan Monopoly. Bila kamu adalah gamer yang menyukai game seperti LINE Get Rich, kamu mungkin akan semakin tertantang dengan pengalaman bermain PvP yang diusung Dicetiny. Setiap petak yang kamu lewati akan membawamu ke dalam aksi persaingan board game brutal, di mana pemain lain akan memakai segenap kartu mereka untuk menghentikanmu.

Dengan kartu di tangan, kamu bisa menghadirkan monster dengan fitur taunt untuk memaksa lawan berhenti dan menyerang, summon monster dengan serangan range yang bisa melukaimu dari dua hingga tiga petak terpisah, mengeluarkan skill khusus dari kelas karakter yang kamu pilih, dan lain sebagainya.

Tentu kabar diundurnya game tersebut agak sedikit mengecewakan, karena kita harus menunggu lebih lama lagi untuk bisa mencicipi uniknya penggabungan permainan Monopoly dengan card game dalam Dicetiny. Sisi positifnya, Fakedice kini memiliki waktu lebih banyak lagi untuk memoles mekanisme game freemium tersebut agar jauh lebih baik lagi dari apa yang ditunjukkan sebelumnya.

Facebook Page: Dicetiny

The post Board Game Dicetiny dari Fakedice Diundur Hingga 2016 appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Goers, Aplikasi Direktori Acara dan Aktivitas di Kota Anda (REVIEW)

Posted: 07 Jul 2015 10:49 PM PDT

Kurang meratanya penyebaran informasi terkadang membuat masyarakat tidak mengetahui acara-acara yang berlangsung di kotanya. Masalah inilah yang coba dipecahkan oleh Goers melalui aplikasi direktori yang diluncurkan untuk perangkat Android dan iOS.

Goers berada di bawah naungan PT Sanraya Adi Natayya yang berlokasi di Jakarta dan telah beroperasi sejak Januari 2015. Sedangkan untuk aplikasinya, tim pertama kali meluncurkan untuk versi iOS. Berdasarkan data dari AppAnnie, pertama kali aplikasi Goers untuk iOS dirilis pada Februari 2015. Sedangkan untuk Android, baru tersedia sejak Juni 2015.

Masih berpusat untuk acara di Jakarta

screenshot aplikasi goers android

Pertama kali mengakses aplikasi ini, pengguna diharuskan melakukan login atau mendaftar melalui akun e-mail dan Facebook. Setelah itu, tersedia laman Interest yang memuat berbagai kategori acara yang diinginkan. Goers menyediakan 15 pilihan kategori Interest, beberapa di antaranya adalah Fashion, Food & Drink, Sport, dan Movie.

Kemudian setelah mengisi kolom informasi profil, pengguna diarahkan pada rangkaian acara sesuai dengan kategori Interest yang dipilih. Terdapat tiga kategori utama, yakni Today, Tomorrow, dan Upcoming dari setiap acara. Di pojok kanan halaman aplikasi terdapat ikon peta yang memberikan pilihan untuk melihat acara berdasarkan lokasi.

Aplikasi ini menyediakan informasi untuk setiap acara seperti deskripsi acara, harga tiket masuk, dan direktori langsung ke lokasi. Bila pengguna ingin mengajak teman lainnya ke acara tertentu, terdapat opsi Share yang bisa langsung disebarkan ke berbagai media sosial dan aplikasi chatting.

Ada perbedaan mencolok pada aplikasi ini untuk perangkat iOS dan Android, yakni pilihan untuk booking tiket acara. Untuk iOS, aplikasi ini telah mengaktifkan semua fitur, termasuk untuk membeli tiket acara secara langsung. Sedangkan bagi Android, beberapa fitur, seperti I'm in untuk Booking Ticket masih dalam tahap pengerjaan dengan tanda 'Coming Soon'. Selain itu, pengguna di Android belum dapat mengaktifkan Notifications dan Tickets di aplikasi ini.

Melalui aplikasi ini, pengguna juga dapat membeli dan mengisi ulang saldo untuk membeli berbagai tiket. Namun sekali lagi, fitur ini baru bisa dinikmati pengguna iOS. Pengguna Android masih harus bersabar untuk dapat menikmati keseluruhan fitur. Alasan utamanya mungkin karena aplikasi untuk perangkat Android belum lama diluncurkan, sehingga masih banyak pengembangan yang dilakukan. Di luar dari hal tersebut, aplikasi ini tidak mengalami lag dan load lama.

screenshot aplikasi goers ios

Fitur pada aplikasi Goers di iOS yang belum dapat dinikmati pengguna Android

Sejauh ini, sebagian besar acara yang ada di Goers merupakan acara yang berlangsung di sekitar kota Jakarta. COO Goers Niki Tsuraya Yaumi mengatakan bahwa nantinya aplikasi ini akan mencakup berbagai acara di kota lainnya di Indonesia. Berdasarkan situs mereka, sejauh ini Goers telah bermitra dengan Taman Ismail Marzuki, Java Jazz Festival, dan Java Musikindo.

Baca juga: Direktori online KitaKemana ajak Anda jelajahi kota di Indonesia

Fungsi pada aplikasi ini langsung mengingatkan saya pada aplikasi Sosialita yang juga mencakup film-film bioskop. Kedua aplikasi ini memiliki fungsi yang sangat mirip, namun Sosialita memungkinkan pengguna untuk memberi komentar langsung pada film dan acara yang berlangsung, dan tidak membutuhkan login terlebih dahulu seperti Goers.

Kelebihan

  • UI dan UX mudah dipahami pengguna
  • Tidak ada lag saat mengakses aplikasi

Kekurangan

  • Keseluruhan fitur belum tersedia di Android, padahal menurut hemat saya, pengguna Android masih mendominasi pengguna smartphone di dalam negeri
  • Feature image untuk setiap acara terlihat tidak bagus dan terlalu stretch

Coba aplikasi ini melalui:

App Info
Goers - a daily going out app!
PT Sanraya Adi Nattaya -  Jun 19, 2015
Genre:  Lifestyle
Size:   7.1M
Installs:   50 - 100
Gratis

Download

(Diedit oleh Lina Noviandari)

The post Goers, Aplikasi Direktori Acara dan Aktivitas di Kota Anda (REVIEW) appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Rayman Akan Kembali Hadir di Platform Mobile Lewat Rayman Adventures

Posted: 07 Jul 2015 10:27 PM PDT

Game platformer klasik yang pertama kali muncul di console Atari Jaguar, Rayman, akan kembali hadir pada platform mobile. Ubisoft mengumumkan bahwa mereka sedang mengerjakan iterasi terbaru dari Rayman yang berjudul Rayman Adventures. Ini adalah kemunculannya kembali di smartphone maupun tablet masa kini setelah Rayman Jungle Run dan Rayman Fiesta Run.

Rayman Adventures mengisahkan petualangan Rayman dan temannya Barbara berkelana di dunia Olympus untuk menyelamatkan para makhluk mungil yang disebut Incrediball. Makhluk tersebut merupakan hewan yang memberikan energi khusus kepada pohon keramat sehingga hutan di dunia Rayman bisa hidup. Telur-telur Incrediball dicuri oleh pihak jahat, sehingga kini nasib Olympus berada di tangan Rayman dan Barbara.

Rayman Adventures | Screenshot 1

Sebagai sebuah game platformer, Rayman Adventures memiliki segala fitur yang dicintai penggemar game klasiknya dulu. Kamu akan mengendalikan Rayman atau Barbara mengarungi Olympus yang ditampilkan dalam format side-scrolling adventure. Berbagai jebakan maupun rintangan akan kamu hadapi. Namun, untungnya kali ini para jagoan kita dibantu oleh Incrediball.

Masing-masing Incrediball memiliki fungsi berbeda. Pada trailer yang diunggah oleh Ubisoft, tampak kegunaan mereka yang unik, seperti menunjukkan lokasi tersembunyi hingga memberikan perlindungan. Mekanisme petualangan seperti ini adalah hal baru di dunia Rayman yang belum ada di seri-seri sebelumnya.

Rayman Adventures | Screenshot 2

Tampilan Rayman Adventures dibuat menggunakan engine UbiArt Framework yang digunakan juga pada Rayman Legends, Child of Light, dan Valiant Hearts: The Great War. Engine ini telah terbukti menghasilkan tampilan 2D yang keren dan mempesona. Ubisoft sendiri menyebut UbiArts Framework mampu menghadirkan kualitas grafis console pada perangkat mobile.

Ubisoft berencana untuk merilis Rayman Adventures di iOS pada musim gugur (sekitar September – November) tahun ini. Belum ada kabar lebih lanjut mengenai skema monetisasi maupun ketersediaan versi Android dari game ini. Namun, kehadirannya jelas akan saya nantikan.

The post Rayman Akan Kembali Hadir di Platform Mobile Lewat Rayman Adventures appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Vainglory 101: Panduan Bermain Vainglory untuk Pemula

Posted: 07 Jul 2015 10:17 PM PDT

Vainglory akhirnya telah dirilis di Google Play Store. Sebagai game yang kehadirannya cukup dinantikan para penggemar genre MOBA, Vainglory memiliki beberapa keunikan yang sedikit berbeda dengan game serupa di PC. Pemain yang baru saja terjun ke arena pertarungan Halcyon Fold mungkin akan sedikit mengalami kendala menyesuaikan mekanisme yang ada.

Developer Super Evil Megacorp telah berusaha menjembatani perbedaan pengetahuan antara pemain baru dan veteran dengan menyediakan tutorial lengkap pada Vainglory Academy. Namun, penyajian materi yang disampaikan dalam bahasa Inggris mungkin dapat membuat seluruh isi pesannya tidak tersampaikan dengan baik pada pemain yang sehari-harinya tidak berbicara bahasa tersebut.

Oleh karena itu, saya mencoba membuat panduah sederhana bagi para pemain pemula untuk dapat memahami Vainglory dengan lebih baik. Saya akan mencoba menyampaikan hal-hal mendasar, mulai dari pemilihan hero hingga mekanisme turret dengan sesimpel mungkin. Saya pikir pengetahuan dasar ini bisa menjadi modal awal bagi pemain baru maupun lama untuk berlaga di Halcyon Fold.

Vainglory Heroes | Artwork

Tanpa panjang lebar lagi, berikut adalah hal-hal yang patut diketahui oleh semua pemain Vainglory. Semoga bermanfaat!


Memilih Hero

Kamu akan diminta untuk memilih satu dari sejumlah koleksi hero yang ada di Vainglory. Tidak ada hero yang sama, karena masing-masnig memiliki karakteristik dan kemampuan yang khas. Secara garis besar, hero pada Vainglory terbagi menjadi lima kelas, yaitu:

Vainglory Protectors | Artwork

Protector

Hero kelas ini memiliki ketangguhan paling kuat. Mereka dapat menerima damage lebih banyak dari hero kelas lain sekaligus memberikan support kepada tim. Walau demikian, biasanya damage dari serangan dasar maupun skill yang mereka hasilkan kalah besar dibandingkan kelas lainnya.

Warrior

Para hero yang termasuk ke dalam kelas Warrior memiliki serangan jarak dekat mematikan serta ketangguhan di atas rata-rata. Mereka berjaya dalam pertarungan satu lawan satu dalam jarak dekat. Namun, gerakan mereka cenderung lambat.

Vainglory Warriors | Artwork

Vainglory Snipers | Artwork

Sniper

Kelas ini merupakan penguasa pertarungan jarak jauh. Mereka dapat menembakkan proyektil dari jauh dan tanpa harus berhadapan langsung dengan hero musuh. Serangan dasar mereka memberikan damage sambil menjaga jarak dengan musuh. Kamu bisa mencicil melukai musuh atau bahkan menghabisinya dari jauh dengan hero kelas ini.

Assassin

Sebagai yang tercepat dan terlincah di antara semua kelas hero, Assassin merupakan hero yang cocok untuk menyergap dan mengejar hero yang sekarat. Serangan mereka cepat dan menyakitkan, sehingga mengalahkan musuh dalam waktu singkat bukan hal yang mustahil. Kelemahan mereka adalah biasanya memiliki HP yang kecil.

Vainglory Assassins | Artwork

Vainglory Mages | Artwork

Mage

Hero Mage merupakan karakter yang mampu memberikan damage pada banyak musuh secara bersamaan. Dengan serangan area yang mematikan, jagoan kelas Mage mampu membunuh lebih dari satu hero musuh sekaligus. Mereka membutuhkan energi yang banyak serta perlindungan yang cukup untuk dapat bertahan hidup.

Tip Pro: Pemilihan hero sebaiknya memperhatikan komposisi hero lain yang dipilih oleh rekan setim. Membentuk hero yang terdiri dari dua Assassin dan satu Mage biasanya bukan merupakan ide baik (kecuali kalau tim kamu benar-benar kompak).

 


Kemampuan dan Karakteristik Seorang Hero

Setiap hero memiliki set skill unik yang tidak diimiliki oleh hero lainnya. Set skill tersebut terdiri dari satu Heroic Perk, dua skill dasar, dan satu skill ultimate.

Vainglory Celeste Heroic Perk Cropped | Screenshot

Heroic Perk

Bisa juga disebut sebagai karakteristik unik atau skill pasif dari hero yang bersangkutan. Skill ini sudah aktif sejak awal dan bisa semakin kuat seiring dengan progres pertarungan. Walau tidak terlalu kentara, namun Heroic Perk kurang lebih dapat membentuk sebuah gaya pertarungan ideal dari hero tersebut.

Vainglory Koshka Basic Skill | Screenshot

Skill Dasar.

Skill yang berjumlah dua ini dapat diperkuat ketika hero mengalami peningkatan level. Masing-masing skill dapat ditingkatkan lima kali, dengan peningkatan terakhir membawa dampak yang signifikan dibandingkan peningkatan sebelumnya.

Vainglory Vox Ultimate Skill | Screenshot

Skill Ultimate

Ini merupakan jurus pamungkas yang dimiliki oleh seorang hero. Skill ultimate mulai bisa ditingkatkan sebanyak tiga kali di level 6, 9, dan 12. Biasanya skill ini memiliki waktu pemulihan yang lebih lama dan membutuhkan energi lebih besar dibandingkan dua skill dasar lainnya.

Tip Pro: Tidak semua skill bisa kamu tingkatkan mencapai level maksimal. Ketika hero mentok di level 12, maka akan ada satu skill yang hanya mencapai satu level di bawah maksimal. Kamu harus mempertimbangkan skill mana yang harus “dikorbankan” agar sesuai dengan gaya bertarung.

 


Sanctuary dan Vain Crystal

Sanctuary adalah tempat di mana kamu memulai pertarungan pertama kali dan kembali hidup setelah mati. Ini merupakan tempat di mana kamu bisa kembali untuk mengisi HP, energi, sekaligus membeli item. Letak Sanctuary berada di ujung kiri dan kanan arena Halcyon Fold.

Vain Crystal merupakan objek berbentuk kristal yang berada di bawah Sanctuary. Benda ini merupakan objektif yang harus kamu hancurkan dan pertahankan mati-matian. Permainan berakhir apabila salah satu Vain Crystal hancur.

Vainglory Vain Crystal | Screenshot

Tip Pro: Hati-hati mendekati Sanctuary milik musuh karena kamu akan mendapatkan damage yang sangat besar dalam waktu beberapa detik saja.

 


Belanja Dulu, Membunuh Belakangan

Hal yang pertama kali harus dilakukan ketika memulai pertarungan di Halcyon Fold adalah berbelanja item. Kamu akan dibekali dengan uang sejumlah 350 Gold untuk memulai pertarungan. Uang ini bebas kamu belikan apa saja sesuai dengan strategi dan kebutuhan tim.

Ada dua toko di mana kamu bisa membeli item. Satu berada di dekat Sanctuary, satu lagi berada di tengah-tengah arena bagian bawah Halcyon Fold di mana toko ini bisa diakses oleh kedua kubu.

Vainglory Shop | Screenshot

Tip Pro: Kalau bingung harus membeli apa, item rekomendasi yang ada pada opsi pertama toko adalah pilihan bagus untuk memulainya.

 


Lima Jenis Item untuk Memperkuat Hero

Kamu bisa membeli beragam jenis item pada toko untuk memperkuat hero yang kamu kendalikan. Secara garis besar, semua jenis item di Vainglory dibedakan ke dalam lima kategori, yaitu Weapon, Crystal, Defense, Utility, dan Consumable.

Vainglory Item Weapon | Screenshot

Weapon

Item jenis ini berfungsi untuk memperkuat damage yang dihasilkan dari serangan dasar masing-masing hero. Fungsi setiap item bisa bermacam-macam, mulai dari mempercepat frekuensi serangan hingga memperbesar damage.

Beberapa item memiliki fungsi lebih dari sekadar meningkatkan damage. Sebagai contoh, Serpent Mask akan mengizinkanmu mencuri sebagian HP musuh ketika kamu memukulnya, atau Bone Saw yang menggerus ketahanan hero dan turret musuh.

Vainglory Item Crystal | Screenshot

Crystal

Item jenis Crystal berfungsi untuk memperkuat damage yang dihasilkan dari skill masing-masing hero. Selain itu, beberapa item juga akan membawa keuntungan lain seperti memperpendek waktu pemulihan skill hingga mencuri sebagian HP musuh yang terkena skill kamu.

Hero yang cocok memakai item Crystal adalah yang sangat bergantung pada skill untuk melukai musuh (seperti kelas Mage). Tapi bukan berarti hero Warrior tidak membutuhkannya sama sekali.

Vainglory Item Defense | Screenshot

Defense

Pada umumnya, kegunaan item ini berfungsi meningkatkan batas HP dari hero serta menangkis serangan musuh. Beberapa item bahkan dapat mengisi kembali HP yang hampir habis atau memperlambat serangan lawan.

Item Defense memiliki dua atribut, yaitu Armor dan Shield. Armor berfungsi untuk mengurangi damage yang diterima dari serangan dasar, sedangkan Shield dapat mengurangi damage dari skill musuh.

Vainglory Item Utility | Screenshot

Utility

Kamu tidak akan mendapatkan tambahan damage dari sebagian besar item jenis ini. Namun, memiliki item Utility jelas dapat membantu kamu menguasai arena pertarungan dengan bergerak lebih cepat atau mencegah disergap tim musuh.

Item Utility juga dapat memberikan kelebihan lain seperti mengajak semua anggota tim berlari secara bersamaan, hingga memberi efek Flare maupun Scout Trap secara cuma-cuma. Saya sarankan kamu membawa setidaknya satu dari item jenis ini.

Vainglory Item Consumable | Screenshot

Consumable

Item jenis Consumable akan habis sekali dipakai. Efek yang diberikan akan bertahan selama beberapa detik. Kamu bisa membawa lebih dari satu jenis item Consumable serupa hanya dalam satu slot item.

Walau pun harganya murah, item jenis ini tidak bisa disepelekan. Kehadirannya terasa sangat penting pada tahap awal pertarungan.

Catatan: item Pot of Gold dan Level Juice hanya terdapat pada mode Training

Tip Pro: Kamu bisa menjual kembali item yang kamu miliki di toko untuk mengosongkan slot barang yang dibawa. Melakukan tap pada tombol scoreboard di kanan bawah layar akan memperlihatkan item apa saja yang dibeli setiap anggota tim kawan dan musuh.

 


Dua Area Pertarungan

Arena pertempuran Halcyon Fold dibagi menjadi dua area utama, yaitu lane dan jungle. Dua area tersebut memiiki karakteristik dan kecocokan yang berbeda untuk jenis-jenis hero tertentu.

Lane

Area ini terdiri dari jalan lapang dengan enam buah turret berjejer pada bagian atas Halcyon Fold. Selain itu, para Minion dari kedua kubu juga akan melintasi dan berjibaku di lane. Hero yang cocok untuk berlaga di sini adalah yang memiliki serangan dasar jarak jauh.

Vainglory Lane | Screenshot

Vainglory Jungle | Screenshot

Jungle

Area luas yang terdapat di bawah lane. Jungle memiliki beberapa titik semak dan koridor di antara berbagai objek alami. Area ini menjadi rumah bagi monster netral, tambang Minion, tambang emas, hingga toko item. Hero yang cocok berkelana di jungle adalah yang memiliki ketangguhan untuk bertahan hidup ketika disergap.

Tip Pro: Semak di daerah jungle rawan disusupi oleh hero musuh. Sebisa mungkin jangan terpisah terlalu jauh dari kawan atau turret, karena tim musuh bisa datang menyergap dari balik semak.


Turret yang Tricky

Turret adalah struktur yang terdapat di lane. Fungsi utamanya adalah menghadang serbuan Minion maupun hero yang berusaha merangsek ke markas tim kamu. Ia akan menembak pihak lawan yang masuk ke dalam jangkauan tembaknya pertama kali dengan damage yang besar.

Walaupun tidak pandang bulu dalam menghadang serbuan tim musuh, turret memiliki pola dalam menembak musuh. Prioritas turret adalah menembak Minion maupun Kraken yang masuk ke dalam jangkauannya. Hal ini berarti kamu bisa menghajar turret tanpa perlu khawatir akan ditembak balik selama masih ada Minion atau Kraken yang ia tembaki.

Vainglory Turret | Screenshot

Hal ini langsung berubah ketika kamu memukul hero musuh saat berada di jangkauan turret. Secara otomatis turret akan bertindak melindungi hero pihaknya dengan menembak balik kamu. Ia baru akan berhenti ketika kamu melangkah keluar dari jangkauannya atau telah mati duluan. Sekali ditembak turret, proyektilnya akan terus mengikuti hingga kamu terkena.

Tip Pro: Menghancurkan turret akan memberikan uang sebanyak 300 Gold pada setiap anggota tim. Hati-hati bila berdiri di dekat turret saat meledak, karena ledakannya dapat melukai hero kamu.

 


Semak, Tempat Bersembunyi dan Menyergap

Vainglory Bush Ambush | Screenshot

Semak adalah objek strategis yang patut dikuasai dan diwaspadai. Musuh tidak akan melihatmu yang bersembunyi di semak kecuali apabila mereka memasuki semak yang sama. Namun, kamu dapat melihat para musuh yang berkeliaran di area terbuka dekat semak dengan leluasa.

Ada beberapa item yang dapat digunakan untuk melihat musuh ketika mereka bersembunyi di semak. Kamu bisa menggunakan Flare di atas semak untuk mengecek apakah ada musuh yang bersembunyi atau tidak. Menempatkan Scout Trap pada bagian manapun di semak juga akan memperlihatkan semua musuh yang bersembunyi atau melintasi area tersebut.

Tip Pro: Area yang dapat kamu lihat dari semak juga tergantung dari posisi persembunyian kamu. Usahakan bersembunyi tepat di pinggir semak untuk dapat melihat lebih banyak area di luar. Pastikan juga hero kamu sedang merunduk untuk mengindikasikan bahwa mereka sedang bersembunyi.


Para Monster Penghuni Halcyon Fold

Halcyon Fold dihuni monster NPC yang beraneka ragam. Mereka terdiri dari beberapa jenis dengan karakteristik yang berbeda-beda. Beberapa jenis monster yang ada di antaranya:

Vainglory Minion Ally | Screenshot

Minion Kawan

Para Minion ini muncul setiap beberapa detik sekali dari dalam markas masing-masing. Mereka berbaris rapi menuju ke markas lawan untuk menghancurkan Vain Crystal. Dalam perjalanannya, mereka akan menghajar pihak musuh maupun bangunan terdekat yang ditemuinya.

Vainglory Minion Heal | Screenshot

Monster Penyembuh

Monster jenis ini terdapat di dalam jungle. Kamu dapat mengenalinya dengan aura yang berkilauan mengelilinginya. Tiga hal yang akan kamu dapatkan ketika membunuhnya: Gold, EXP, dan juga pemulih HP. Efek pemulihan HP berjalan secara bertahap selama lima belas detik setelah monster dibunuh.

Vainglory Minion Neutral | Screenshot

Monster Netral

Kamu bisa menemukan monster netral berdiri berpasangan di dalam jungle. Apabila kamu memukul salah satunya, maka sepasang monster tersebut akan memukulmu balik bersamaan. EXP maupun Gold yang didapat dari membunuh monster netral di dekat Minion penambang lebih besar dibandingkan yang di dekat toko item.

Vainglory Minion Miner | Screenshot

Minion Penambang

Minion penambang baru akan muncul setelah lama pertarungan mencapai menit keempat. Apabila kamu berhasil membunuhnya, maka Minion penambang selanjutnya akan muncul dan berpihak kepada tim kamu. Selain itu, Minion kawan dari kubu kamu juga akan bertambah kuat.

Vainglory Minion Gold | Screenshot

Minion Emas

Minion emas memiliki karakteristik mirip dengan Minion penambang. Namun, alih-alih memperkuat Minion kawan, ia memberikan sejumlah uang kepada masing-masnig anggota tim dengan jumlah maksimal 300 Gold. Ia juga memiliki ketahanan yang paling kuat di antara berbagai monster lainnya.

Tip Pro: Jumlah uang yang akan kamu dapatkan saat membunuh masing-masing Minion di jungle akan semakin besar semakin lama kamu membiarkan mereka hidup.

 


Jadikan Kraken Temanmu

Vainglory Kraken | Screenshot

Kraken adalah sebuah monster yang muncul di tengah-tengah arena Halcyon Fold. Ia menggantikan posisi Minion emas tepat pada menit ke-15. Pada saat kemunculannya, Minion emas akan otomatis mati dan memberikan sejumlah Gold kepada tim yang menjadi pihaknya.

Kekuatan dan ketangguhan Kraken sangat berguna untuk membantu tim kamu merangsek ke markas lawan. Monster tersebut memiliki HP yang tebal serta damage yang besar untuk menghancurkan turret serta Vain Crystal. Ia akan berjalan tegap menerima semua pukulan dan tembakan turret hingga tumbang. Satu-satunya kekurangan Kraken adalah laju jalannya yang sangat lambat.

Kamu bisa menjadikan Kraken berpihak kepadamu dengan mengalahkannya. Hati-hati menghadapi Kraken, sebab ia sangat kuat dan tangguh. Kerja sama tim sangat diperlukan untuk menumbangkan Kraken dan membuatnya berpihak ke tim kamu. Setelah ia berhasil tumbang, seluruh HP dan energi dari masing-masing anggota tim akan terisi penuh kembali secara bertahap sekaligus mendapatkan tambahan kecepatan sementara.

Tip Pro: Pada saat Kraken baru muncul di Halcyon Fold tepat pada menit ke-15. Ia akan melakukan animasi "pemanasan" selama kurang lebih sepuluh detik sebelum akhirnya mulai menyerang siapa saja yang memukulnya. Kamu bisa memanfaatkan celah waktu tersebut untuk menghajarnya tanpa perlu takut dipukul balik olehnya.

 


Last Hit, Gold, dan EXP

Vainglory Laning 01 | Screenshot

Cara tercepat untuk mendapatkan Gold dan EXP pada Vainglory adalah dengan membunuh Minion atau hero musuh. Sama seperti MOBA lainnya, Gold maupun EXP hanya akan diberikan kepada pihak terakhir yang memberikan damage pembunuh, tanpa mempedulkan damage yang kamu berikan kepada pihak musuh sebelumnya. Mekanisme ini dikenal dengan istilah last hit.

Selain dari last hit, kamu juga akan mendapatkan Gold dan EXP secara otomatis selama pertarungan. Jumlah Gold yang kamu dapat berkisar 3 – 4 Gold setiap detiknya. Meteran EXP yang berada tepat di bawah tampilan skill juga akan bertambah sedikit demi sedikit dengan laju yang sangat lambat.

Tip Pro: Last hit juga berlaku untuk Minion penambang, Minion emas, dan Kraken. Walaupun tim musuh telah bersusah payah memukuli semua monster itu, kamu tetap dapat mencuri keberpihakan mereka dengan melakukan pukulan terakhir pada monster-monster tersebut.

Vainglory Laning 02 | Screenshot


Kira-kira itu adalah segelintir pengetahuan dasar yang perlu kamu ketahui sebagai langkah awal menapaki arena pertarungan Vainglory. Selain hal mendasar di atas, ada banyak tip dan trik yang bisa kamu pakai untuk berjaya di MOBA terbesar pada platform mobile tersebut. Kalau kamu punya tip dan trik sendiri, jangan ragu sampaikan lewat kolom komentar di bawah ya!

The post Vainglory 101: Panduan Bermain Vainglory untuk Pemula appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Berulang Tahun, IDNtimes Ungkap Lonjakan Data dan Alasan Pindah Haluan

Posted: 07 Jul 2015 09:45 PM PDT

Hari ini (8/7), startup media online asal Surabaya Indonesian Times (IDNtimes), merayakan ulang tahunnya yang pertama. Melalui e-mail yang dikirimkan kepada redaksi Tech in Asia, Co-Founder IDNtimes William Utomo mengklaim bahwa hingga kini, situsnya telah berhasil mencapai sekitar 15 juta pageview bulanan. Dan menurut Similarweb, IDNtimes sendiri menduduki peringkat 497 di Indonesia.

Angka tersebut bisa dibilang mengesankan bagi situs yang baru berumur satu tahun. Namun, jika dilihat dari "wujud" IDNtimes yang sekarang, pencapaian tersebut terbilang wajar. IDNtimes awalnya diluncurkan sebagai portal berita 100 kata, itu artinya setiap berita yang ditampilkan IDNtimes hanya berisi kurang lebih seratus kata yang ditulis dalam satu paragraf. Bulan Oktober lalu, kami sempat mengulas tentang IDNtimes dan pada saat itu Co-Founder Winston Utomo mengatakan bahwa pihaknya ingin membuat "masyarakat Indonesia dapat membaca esensi-esensi berita dengan efisien"

Kini, IDNtimes bisa dibilang telah melakukan "pivot" dalam hal konten. Startup ini kini mengusung konsep "social news site" dengan menyajikan konten yang memiliki potensi viral tinggi di media sosial. Konsep ini juga sudah diterapkan oleh Hipwee, yang bisa dibilang berkiblat pada situs terkenal BuzzFeed. Hipwee sendiri mengklaim memiliki 3,3 juta pageview hanya dalam waktu tiga bulan setelah peluncurannya.

Alasan "pivot" konten

Ketika ditanya tentang alasannya mengubah konsep konten di situsnya, William mengatakan bahwa pihaknya ingin menyajikan konten yang lebih relevan kepada para pembacanya. Menurut William, pembaca IDNtimes rata-rata merupakan anak kuliahan atau pekerja fresh graduate dengan kisaran umur 18 hingga 34 tahun. "Kami mempelajari dan memahami bagaimana mengemas artikel yang relevan bagi mereka mulai dari penulisan judul, pemilihan gambar, copywriting, hingga kanal distribusi," jelas William.

Lebih lanjut, William menyampaikan pendapatnya tentang ranah media yang menurutnya sangat erat kaitannya dengan anak muda. Ia menjelaskan:

Untuk berhasil di dunia media, kita harus relevan bagi anak muda, kita harus mobile friendly, dan kita harus memiliki konten yang bagus. Sebagian besar pengguna internet adalah anak muda. Ya, TV, radio, majalah, dan surat kabar masih ada; tapi kita tidak bisa mengharapkan bentuk pertumbuhan yang ekstrim [dari media-media konvensional ini].

Dengan adanya Hipwee serta beberapa pesaing lainnya, ranah social news site terbilang sudah cukup ramai di Indonesia. Meskipun demikian, William masih optimis memasuki ranah ini. Menurutnya, masih belum ada pemain yang bisa disebut "juara" di industri ini. Peluangnya masih terbuka luas dan dengan menyajikan konten yang relevan bagi pembaca serta kanal distribusi yang tepat, ia percaya bahwa IDNtimes masih bisa bertaji nantinya.

Hingga saat ini, sumber monetisasi IDNTimes masih berasal dari iklan. "Sejumlah brand smartphone dan makanan mulai masuk," ujar William. Ke depannya, IDNtimes berencana untuk memproduksi konten video orisinal, menyelenggarakan konferensi atau event yang relevan dengan anak muda, dan pada akhirnya ingin menjadi sebuah brand lifestyle bagi kalangan anak muda.

Baca juga: 4 media online Indonesia yang berkiblat kepada BuzzFeed

IDNtimes sendiri sudah memiliki aplikasi Android sendiri bagi pembacanya. Bagaimanapun, tampaknya aplikasi ini belum diperbarui mengikuti konsep konten yang baru.

(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto)

The post Berulang Tahun, IDNtimes Ungkap Lonjakan Data dan Alasan Pindah Haluan appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Light Me Up, Aplikasi Pengganti Glowstick di Konser Musik (REVIEW)

Posted: 07 Jul 2015 09:37 PM PDT

Apakah Anda pernah pergi ke konser? Jawabannya pasti beragam. Yang pasti bagi saya, pergi ke konser adalah suatu kenikmatan tersendiri, terlepas dari layanan streaming yang sudah mulai bisa membuat konser bisa dinikmati dari berbagai tempat. Salah satu hal yang menarik untuk dibawa masuk ke venue konser adalah glowstick.

Mengapa glowstick bisa menjadi begitu menarik? Untuk beberapa konser seperti Coldplay atau show DJ set, glowstick bisa memberi ambience yang berbeda. Warna-warni yang muncul akan menjadi sangat menarik, terlebih ketika diabadikan menjadi foto ataupun video.

Harga sebuah glowstick memang berkisar belasan sampai puluhan ribu saja. Namun yang menjadi masalah adalah ketika glowstick tersebut menjadi sampah saat dibuang usai konser. Bahkan tak jarang bila terlambat sampai ke venue, Anda sudah kehabisan glowstick.

Glowstick dalam smartphone

Aplikasi Light Me Up buatan Razelab dirancang untuk mengganti glowstick yang kerap digunakan di berbagai event. Di layar awal, Anda akan mendapat dua pilihan fitur, Show Sync dan Pick Color. Fungsi dari Show Sync adalah untuk mengetahui event apa saja yang telah tersinkronisasi dengan aplikasi ini.

Light Me Up Screenshot_2-Combine

Hal ini diperlukan karena meski Light Me Up adalah aplikasi yang bisa digunakan secara personal, ada konfigurasi yang harus diatur terlebih dahulu oleh pengisi acara dan event organizer. Beberapa event yang sudah menggunakan aplikasi ini adalah Mocca Secret Show, Tech in Asia Singapore 2015, dan LightChestra 2015. Event berikutnya yang akan tersinkronisasi dengan aplikasi ini adalah BIGBANG #MADETOURINA.

Light Me Up Screenshot_1-Combine

Tiap event yang sudah berlalu akan ditandai dengan layer transparan dan bila di-tap akan terdapat notifikasi "You Missed This Concert". Sementara untuk event yang akan datang ditandai dengan warna kuning. Pada event BIGBANG misalnya, Anda akan mendapat dua pilihan "glowstick", Blue dan Fantastic Baby. Tiap-tiap opsi akan menghadirkan efek berbeda.

Ada lagi fitur Pick Colour, sesuai namanya, Anda bisa melakukan pengaturan warna. Ada lima warna yang bisa dipilih, Cyan (biru muda), Magenta (merah muda), Yellow (kuning), Green Yellow (hijau lemon), Jasmine Purple (ungu).

Anda juga bisa melakukan pengaturan flash dan blink (kedipan) serta swipe kiri atau kanan untuk mengganti warna. Sementara dengan swipe atas bawah, Anda bisa melakukan pengaturan brightness (tingkat kecerahan). Untuk mengatur tempo, tap layar dengan dua jari.


Baca Juga: Menyanyi Tanpa Salah Lirik atau Karaoke di Smartphone? MusicMatch Solusinya (REVIEW)

Meskipun terkesan memudahkan, namun menurut saya, aplikasi semacam ini tetap agak merepotkan. Baterai smartphone akan cenderung lebih boros, belum lagi saat ingin mengabadikan momen dengan kamera smartphone Anda harus berganti-ganti aplikasi. Selain itu, risiko keamanan di Indonesia menjadi perhatian saat akan menggunakan smartphone sebagai pengganti glowstick.

Plus

  • Pengaturan cukup lengkap
  • Pilihan warna variatif

Minus

  • Tidak bisa digunakan di sembarang event
App Info
Light Me Up! by Razelab
Raze Laboratory -  Jul 07, 2015
Genre:  Entertainment
Size:   4.7M
Installs:   500 - 1,000
Gratis

Download

(Diedit oleh Lina Noviandari)

The post Light Me Up, Aplikasi Pengganti Glowstick di Konser Musik (REVIEW) appeared first on Tech in Asia Indonesia.

1 comment:

  1. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Mia.S. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 JUTA) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena aku berjanji padanya bahwa aku akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman dalam bentuk apapun, silahkan hubungi dia melalui emailnya: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya ladymia383@gmail.com dan miss Sety yang saya diperkenalkan dan diberitahu tentang Ibu Cynthia dia juga mendapat pinjaman dari Ibu Cynthia baru Anda juga dapat menghubungi dia melalui email nya: arissetymin@gmail.com Sekarang, semua yang saya lakukan adalah mencoba untuk bertemu dengan pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening bulanan.

    ReplyDelete

Sponsor

Latest Game News

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sponsor

pasang iklan baris gratis