Ads

Tuesday, August 18, 2015

Game Di Indonesia

Game Di Indonesia


Buletin Berita Game Indonesia – 18 Agustus 2015

Posted: 18 Aug 2015 07:54 AM PDT

Banyak game dan kabar menarik yang hadir di industri game Indonesia pada edisi kali ini. Ada enam game baru yang rilis pada minggu lalu dengan kualitas bagus. Kebanyakan dari game ini rilis untuk memperingati HUT RI ke-70 atau baru saja mengikuti kompetisi CompFest7.

Berita dari industri membawa angin segar dengan suksesnya Boma Naraka Sura di Kickstarter. Lalu ada berbagai teaser dan trailer game baru developer Indonesia, serta liputan IN.GAME yang baru saja digelar akhir pekan lalu.

Game Rilis Minggu Lalu

Karung Merdeka

Karung Merdeka | Screenshot

Game yang dibuat oleh NED Studio ini dihadirkan untuk menyambut dirgahayu Republik Indonesia yang ke-70. Di sini kamu akan melakukan lomba balap karung. Caranya simpel saja, kamu cukup melakukan tap pada layar secepat mungkin agar pemainmu semakin cepat. Semakin tinggi stage, maka semakin cepat lawan kamu dan semakin panjang lintasannya.

App Info
Karung Merdeka
NED Studio -  Aug 15, 2015
Genre:  Racing
Size:   19M
Installs:   50 - 100
Gratis

Download

Kitchen Mania: Mini Games

Regulus Studio baru saja merilis game perdana mereka berjudul Kitchen Mania: Mini Games. Game bertema masak-memasak ini menyediakan setidaknya dua belas mini game dalam satu aplikasi, mirip seperti Hardest Game Ever 2. Mini game yang ada meliputi membuka botol anggur, mengeluarkan saus dari botolnya, dan lain sebagainya.

App Info
Kitchen Mania: Mini Games
Regulus Studio -  Aug 15, 2015
Genre:  Casual
Size:   30M
Installs:   10,000 - 50,000
Gratis

Download

17an

Satu lagi game yang hadir untuk memperingati 17 Agustus, yaitu 17an. Sesuai dengan namanya, game karya NERD Project ini mengajak kamu ke dalam berbagai lomba yang sering diadakan di acara 17-an. Dari segi grafis dan gameplay, game ini mengingatkan saya dengan Dumb Ways To Die.

App Info
17an
NERD Project -  Aug 16, 2015
Genre:  Casual
Size:   36M
Installs:   1 - 5
Gratis

Download

Pixel Pinang

Pixel Pinang | Screenshot

Dapatkah kamu menebak game ini tentang apa? Ya, tentu saja panjat pinang. Masih mewarnai dirgahayu Indonesia yang ke-70, AMPlified merilis game dengan konsep panjat pinang. Gameplay yang disajikan sebenarnya bisa dibilang tidak baru, sama seperti Timberman atau game lokal lainnya Save Orangutan. Akan tetapi, dengan semangat 17-an Pixel Pinang bisa menemanimu mengisi waktu.

App Info
Pixel Pinang
AMPlified -  Aug 14, 2015
Genre:  Casual
Size:   22M
Installs:  N/A
Gratis

Download

Fantasy Book

Fantasy Book adalah game swap puzzle yang menghadirkan karya-karya dari beberapa ilustrator. Gameplay yang ditawarkan adalah menyusun gambar agar terbentuk sesuai dengan gambar aslinya. Berisi karya-karya ilustrator lokal, game ini memiliki koleksi gambar yang indah-indah.

App Info
Fantasy Book
Lite Bite -  Aug 06, 2015
Genre:  Puzzle
Size:   Varies with device
Installs:   10 - 50
Gratis

Download

Rects

Rects | Screenshot

Karya developer asal Semarang, Crafters Cove ini mengambil inspirasi dari Tetris. Kamu diajak untuk menyusun tetrominos yang turun agar membuat garis horizontal. Bedanya dengan Tetris, di sini terdapat berbagai mode permainan dan power-up.

App Info
Rects
Crafters Cove -  Aug 17, 2015
Genre:  Arcade
Size:   22M
Installs:   10 - 50
Gratis

Download

Berita dari Industri

Boma Naraka Sura Berhasil Didanai Melalui Kickstarter

Boma Naraka Sura | Screenshot 1

Sebuah kabar gembira dari industri game kita, Boma Naraka Sura dari Anantarupa Studios berhasil mendapatkan dana sebesar $28.383 (sekitar Rp390 juta), sedikit melebihi target mereka yaitu $25.000.

Boma Naraka Sura adalah game metroidvania dengan elemen RPG di mana kamu bisa merakit dan memodifikasi senjata yang digunakan karaktermu. Di sini kamu akan bermain sebagai Sveta, seorang gadis yang berupaya mengembalikan semua ingatannya dan meloloskan diri dari neraka.

Jika tidak ada halangan, Boma Naraka Sura rencananya akan dirilis untuk PC melalui Steam pada Februari 2016.

[Update] Penggalangan Dana Boma Naraka Sura di Kickstarter Akan Berakhir Besok Siang

Kickstarter Link: Boma Naraka Sura


Tebak Gambar dan Matching Images Dapatkan Update Khusus Kemerdekaan Indonesia

Matching Images | Screenshot

Tebak Gambar dan Matching Images, dua game yang dibuat oleh tim yang kini bernama Kardus Imajinasi ini akan mendapatkan update yang bertema hari kemerdekaan Indonesia. Update ini telah berlaku pada 17 Agustus 2015 kemarin, bertepatan dengan hari besar nasional kita.

Untuk Tebak Gambar, game ini akan mendapatkan level-level tambahan yang bertemakan seputar sejarah Indonesia. Tebak Gambar juga mengajak kamu untuk menunjukkan nasionalisme dengan berbagi foto bersama stiker khusus Tebak Gambar versi kemerdekaan.

Demikian juga dengan Matching Images yang akan mendapatkan tema baru serba merah putih. Soal-soal yang ditambahkan juga akan berkisar tentang Indonesia serta sejarah kemerdekaannya. Ada juga hadiah-hadiah menarik yang akan dibagikan untuk para pemain melalui berbagai media sosial seperti Twitter, Facebook, dan Instagram milik Matching Images.

Tebak Gambar dan Matching Images Adakan Update Khusus Hari Kemerdekaan Indonesia

App Info
Tebak Gambar
Tebak Gambar -  Jul 31, 2015
Genre:  Puzzle
Size:   9.9M
Installs:   5,000,000 - 10,000,000
Gratis

Download
App Info
Matching Images
Tebak Gambar -  Jul 02, 2015
Genre:  Puzzle
Size:   8.0M
Installs:   1,000 - 5,000
Gratis

Download

Inmotion Studio dan Oray Oray Studio Akan Hadirkan Angkot The Game di Mobile

Angkot the Game | Screenshot 3

Iqbal Kurniawan – Inmotion Studio, developer game asal Kota Kembang, berkolaborasi dengan sebuah studio ilustrasi dan desain bernama Oray Studio untuk membuat game tentang angkutan kota (angkot). Game yang kemudian mereka beri judul Angkot the Game: Gemetz merupakan kelanjutan dari seri game tentang angkot yang tersedia di web.

Angkot the Game: Gemetz akan menempatkanmu sebagai pengemudi angkot yang harus berjuang mengejar setoran selagi mobilnya masih bisa melaju. Kamu akan menaikkan dan menurunkan penumpang di sepanjang jalan sambil menghindari berbagai rintangan dan menyalip pengguna jalan lain.

Angkot the Game: Gemetz saat ini tengah memasuki tahap beta tertutup di Google Play Store. Kamu yang tertarik untuk mencicipi petualangan si supir angkot dapat mendaftar untuk ikut serta dalam tahap uji coba tersebut di sini.

Dua Studio Kreatif Asal Bandung Berkolaborasi Membuat Angkot the Game: Gemetz


Ozysoft Luncurkan Trailer Terbaru dari Pulang 2: Insanity

Indonesia kembali akan mendapatkan game horor baru. Setelah baru-baru ini Anxiety hadir sebagai salah satu peserta di IN.GAME yang liputannya ada di bawah ini, kini Ozysoft mendapat giliran menakut-nakuti kamu. Pulang 2: Insanity mengisahkan tentang seseorang yang melakukan pesugihan untuk menjadi kaya raya, namun kesenangan itu tidak berlangsung lama, karena konsekuensi hadir menghantuinya.

Saat ini belum diketahui target tanggal rilis dari game ini. Yang saya ketahui, Pulang 2: Insanity sudah cukup lama dikembangkan dan sebuah kabar gembira tentunya mendengar progres dari Ozysoft ini.


Sinergi Studio Luncurkan Trailer Game Mereka yang Akan Datang, Pitch Monsta

Setelah baru saja merilis Shaman Showdown pada bulan lalu, Sinergi Studio tidak tinggal diam dan terus berkarya dengan menghadirkan Pitch Monsta. Di sini kamu akan menemukan enam monster yang ingin membentuk sebuah grup musik. Bagaimana aksi keenam monster lucu tersebut? Bisa kamu lihat pada video di atas.


Liputan dan Daftar Game di Acara IN.GAME

Indonesian Indie Game Festival | Featured

Editor In Chief kami, Fahmi, menyambangi IN.GAME yang baru pertama kali diadakan ini. Berlokasi di Jogja Digital Valley, Yogyakarta, IN.GAME berlangsung selama tiga hari dengan berbagai agenda acara, mulai dari ekshibisi, seminar, tur, dan game jam.

Ingin tahu bagaimana acara tersebut berlangsung dan game apa saja yang dipamerkan di sana? Simak beberapa liputan dari Fahmi di bawah ini.

IN.GAME Indonesia Indie Game Festival – Bukti Nyata Industri Game yang Tengah Berkembang

Kumpulan Game Indonesia yang Dipamerkan di Indonesia Indie Game Festival


Acara yang Akan Datang

China-Indonesia Mobile Game Conference

China-Indonesia Mobile Game Conference | Featured

Mohammad Fahmi – Akhir Agustus ini, pemerintah Cina melalui organisasi CAMIA (Chinese-ASEAN Mobile Internet Industry Alliance), bekerja sama dengan Duniaku.net akan mengadakan sebuah konferensi bertajuk China-Indonesia Mobile Game Conference. Sesuai namanya, konferensi ini akan mengusung tema tentang game mobile dan jelas wajib dikunjungi oleh para developer, penerbit, media, atau siapapun yang bersinggungan dengan industri game mobile.

Nantinya acara ini akan turut mengundang para pelaku industri game mobile di Cina dan mempertemukannya dengan para pelaku industri di Indonesia. Acara akan berlangsung pada 26 Agustus 2015 bertempat di Kridangga Ballroom, Century Park Hotel, Jakarta. Untuk lebih lengkapnya dapat dilihat melalui tautan di bawah ini.

China-Indonesia Mobile Game Conference Akan Hadir di Jakarta Akhir Agustus 2015


ASEAN Youth Creative Industry Fair

AYCIF | Poster

Bagi kamu yang tertarik tentang crativepreneurship, Asean Youth Creative Industry Fair merupakan sebuah acara yang sayang untuk dilewatkan. Terdapat berbagai kompetisi dan seminar dari cabang-cabang industri kreatif seperti busana, kerajinan, film, hingga game.

Betul sekali, game merupakan salah satu tema yang diusung acara ini. Sayangnya pendaftaran untuk kompetisi game sudah ditutup. Akan tetapi, ada seminar membahas industri game yang bisa kamu ikuti dengan dua tema:

  1. How to Penetrate the Global Market for Games Developer.
  2. How to Create a Sustainable Selling Game or Application.

Tertarik? Datang saja ke Kota Tua Jakarta pada 29-30 Agustus 2015 nanti. Informasi lebih lanjut bisa kamu lihat pada tautan di bawah ini.

Situs Resmi: Asean Youth Creative Industry Fair

The post Buletin Berita Game Indonesia – 18 Agustus 2015 appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Windows 10 Bisa Melacak dan Memblokir Game Bajakan yang Kamu Gunakan?

Posted: 18 Aug 2015 07:24 AM PDT

Belakangan ini beberapa media melaporkan bahwa Windows 10 memiliki kemampuan untuk melacak penggunaan game bajakan dan berhak untuk memblokir akses game ilegal tersebut. Dari mana sebenarnya berita ini mulai tersebar? Rupanya berita ini muncul akibat adanya update dalam Microsoft Services Agreement Windows 10 (yang tentunya dibaca semua orang, ya kan?).

Aturan yang dituliskan di Seksi 7B ini berbunyi:

Sometimes you'll need software updates to keep using the Services. We may automatically check your version of the software and download software updates or configuration changes, including those that prevent you from accessing the Services, playing counterfeit games, or using unauthorized hardware peripheral devices. You may also be required to update the software to continue using the Services. Such updates are subject to these terms unless other terms accompany the updates, in which case, those other terms apply. Microsoft isn't obligated to make any updates available and we don't guarantee that we will support the version of the system for which you licensed the software.

Sebelum kamu berpikir kenapa hanya video game saja yang disebut, jangan berpikir macam-macam terlebih dahulu. Software lain tentunya akan terkena aturan ini juga. Bedanya, Microsoft menyebutnya dengan nama “Services“.

Inti dari aturan tersebut adalah, pengguna wajib melakukan update terhadap software yang mereka miliki dengan alasan penyesuaian konfigurasi software dan langkah preventif penggunaan software ilegal, sesuatu yang sebenarnya tidak baru sama sekali.

Saya pribadi tidak tahu kenapa hal ini ramai dibincangkan beberapa media luar, namun ini bukanlah hal yang perlu dipikirkan. Selama ini mungkin saja tidak ada aturan tertulis, namun Windows pun melakukan hal yang sama seperti yang tertulis di atas.

Ingin tahu lebih banyak soal Windows 10? Cek panduan ini

Lagi pula, peraturan di atas tidak mengindikasikan bahwa Microsoft memiliki senjata luar biasa ampuh untuk memberantas pembajakan. Saya cukup yakin kalau para hacker mampu membobol sistem pertahanan apa pun yang disiapkan Microsoft dengan cukup mudah.

Jadi kalau kamu masih berniat untuk menggunakan game bajakan di Windows 10, silakan saja lanjutkan aktivitas yang benar-benar salah tersebut. Namun kalau tiba-tiba ada apa-apa dengan komputer atau OS kamu, mungkin saja itu peringatan dari Yang Maha Kuasa dan Microsoft agar kamu berhenti menggunakan software bajakan.

Sumber: Microsoft Services Agreement

The post Windows 10 Bisa Melacak dan Memblokir Game Bajakan yang Kamu Gunakan? appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Temukan Teman Baru Sambil Bermain Game Lewat Aplikasi Yogrt [REVIEW]

Posted: 18 Aug 2015 05:28 AM PDT

Biasanya, aplikasi chatting yang sudah berada di pasaran menawarkan cara untuk mendapat teman baru hanya berdasarkan lokasi terdekat. Berbeda dengan cara yang ditawarkan oleh aplikasi Yogrt buatan developer lokal Kongko Digital yang dipimpin mantan petinggi Acer, Jason Lim.

Berdasarkan AppAnnie, aplikasi Yogrt pertama kali hadir untuk Android sejak September 2014, sedangkan untuk perangkat iOS tersedia sejak Januari 2015. Secara keseluruhan, aplikasi ini telah berhasil mendapat lebih dari 500.000 unduhan.

Ajak main game untuk dapat kenalan baru

screenshot aplikasi yogrt 1

Aplikasi Yogrt memiliki mayoritas pengguna berusia 17 hingga 20-an awal. Tak mengherankan karena konten yang ditawarkan pun menyasar kategori tersebut. Tersedia beberapa mini game yang dapat dipilih pengguna untuk mengenal karakter orang baru yang diinginkan.

Untuk menjalankan aplikasi, pengguna dapat melakukan registrasi dengan menggunakan e-mail atau akun Facebook yang telah dimiliki. Selanjutnya tinggal mengisi data pribadi di laman profil dan memasang foto. Lalu pengguna akan dapat melihat berbagai profil pengguna berdasarkan lokasi terdekat.

Namun kamu juga dapat mengubah preferensi pengguna lainnya di laman Setting di fitur Random Yogrteers, sehingga tampilan pengguna lainnya akan secara acak tidak berdasarkan lokasi.

Pada tahap ini, layanan yang ditawarkan mirip dengan fitur dari aplikasi Tinder, untuk memilih kenalan baru, profil pengguna lainnya ditampilkan dengan foto profil dengan ukuran cukup besar dan data singkatnya, yakni umur, nama, dan lokasi. Setelah men-tap satu profil, kamu akan mendapatkan tombol Challenge yang bisa digunakan untuk menantang bermain mini game atau chatting secara langsung.

Mini game yang ditawarkan kebanyakan merupakan permainan trivia sederhana dengan beragam pertanyaan untuk mengetahui presentasi karakter pengguna yang dipilih. Ada tiga kategori mini game, yakni Recommended yang berisi mini game populer di antara pengguna, Boredom Boosters untuk mengajak pengguna ke game dengan tantangan lebih tinggi, dan Brain Power yang berisi game untuk mengasah kemampuan otak dengan total sekitar 20 game trivia.

Setelah memberi tantangan ini, kamu akan mengetahui besarnya kecocokan dengan teman baru yang dipilih. Tingkat kecocokan ini nantinya akan dapat membuat kamu dalam mengumpulkan poin untuk memulai percakapan dengan teman baru.

screenshot aplikasi yogrt 2

Bila tidak ingin memberi tantangan melalui mini games tersebut, maka kamu bisa langsung chatting dengan pengguna lainnya. Sayangnya fitur chatting ini tidak memiliki banyak fitur interaktif bagi pengguna. Pilihan stiker yang ditawarkan pun hanya tiga kategori, yakni emoticon standar dan tematik. Saat chatting, kamu juga dapat mengirim file gambar dan suara pada pengguna lainnya.

Sedangkan pada sidebar yang berada di sebelah kiri, terdapat fitur Profile, My Filter untuk mengatur profil pengguna lainnya yang ditampilkan, Settings yang berisi pilihan notifikasi pada smartphone, Event untuk melihat kompetisi yang tengah diadakan, dan Contact Yogurt.

Kelebihan

  • Ukuran file kecil, hanya 8,5 MB
  • Lokasi pengguna akan terdeteksi secara otomatis

Kekurangan

  • Tampilan UI dan UX terlihat tidak mulus
  • Proses loading lama
  • Kategori umur pengguna terbatas
  • Pilihan stiker tidak variatif dan interaktif seperti aplikasi lainnya

Secara keseluruhan, aplikasi ini memang menawarkan cara baru untuk mendapat kenalan baru. Sayangnya, target usia pengguna yang memang dikhususkan pada usia belasan hingga 20-an awal, membuat aplikasi ini tidak terlalu banyak diminati kalangan usia lainnya.

Baca juga:
[Update] Kumpulan Aplikasi Chatting untuk Mendapatkan Teman Baru dengan Mudah
Meski minim fitur, aplikasi Yogrt telah mendapat pendanaan beberapa waktu lalu. Di Indonesia sendiri, aplikasi kencan dengan fitur chatting untuk mendapat kenalan baru sudah mulai bermunculan, antara lain BeeTalk dan Paktor.

App Info
Yogrt - Chat, Games, Meet
KongKo Digital -  Jul 15, 2015
Genre:  Social
Size:   8.5M
Installs:   100,000 - 500,000
Gratis

Download

(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto)

The post Temukan Teman Baru Sambil Bermain Game Lewat Aplikasi Yogrt [REVIEW] appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Rangkuman Berita Game Hari ini – 18 Agustus 2015

Posted: 18 Aug 2015 05:00 AM PDT

EA Sports FIFA untuk Smartphone dan Tablet Tidak Akan Menghadirkan Atlet Sepak Bola Wanita

EA Sports FIFA | Screenshot 1

Iqbal Kurniawan – Berbeda dengan FIFA 16 di console, juru bicara EA mengonfirmasi tidak akan menghadirkan atlet sepak bola wanita pada game EA Sports FIFA di platform mobile. Alasan di balik ketiadaan tersebut adalah karena EA Sports FIFA dibuat berdasarkan FIFA 15 Ultimate Team di mana pemain dapat bertindak sebagai manajer sekaligus atlet tim yang dapat melakukan transfer pemain.

“Di kompetisi sepak bola saat ini, pria dan wanita tidak dapat berhadapan langsung dalam turnamen sepak bola. Oleh karena itu, para atlet sepak bola wanita tidak akan hadir di game ini,” ujar juru bicara EA. Alasan yang aneh…

Sumber: Pocket Gamer


Remaster Resident Evil 2 Buatan Fan Dihentikan Pengembangannya

Resident Evil 2 Clare and Leon | Featured

Iqbal Kurniawan – Menyusul resminya proyek remake Resident Evil 2 oleh Capcom, sekelompok developer game yang menamakan diri mereka Invader Games mengumumkan penghentian proyek remaster Resident Evil 2 menggunakan engine Unreal 4. Keputusan tersebut diambil setelah menerima notifikasi dari Capcom yang mengajak mereka untuk berdiskusi mengenai kelanjutan proyek remake game tersebut.

Facebook: Invader Games.


Beginilah Tampilan Pembuatan Karakter dalam Order & Chaos 2: Redemption

Risky Maulana – Melanjutkan kabar seputar pengumuman Order & Chaos 2 Redemption beberapa waktu lalu, hari ini Gameloft memperlihatkan teaser berupa video character creation lewat situs media online Gamedroid. Seperti video yang kamu saksikan di atas, Order & Chaos 2 memiliki grafis yang lebih detail, plus di sini kamu juga diberikan pilihan untuk bermain sebagai manusia setengah naga bernama Kratan.


Lihat Bagaimana Mortal Kombat Mengubah Acara Masak yang Biasa Menjadi Luar Biasa “Sadis”!

Risky Maulana – Buat kamu yang tidak tahan melihat adegan berdarah-darah, saya sarankan kamu untuk tidak menyimak video di atas. Lebih baik kamu bermain Mortal Kombat X kawan.

Review Mortal Kombat X – Belajar Anatomi dengan Cara Anarkis


Telltale Hadirkan Trailer dari Episode Terbaru Tales from The Borderlands

Arya W. Wibowo – Episode keempat yang diberi nama Escape Plan Bravo ini akan rilis di berbagai platform sebentar lagi (20 Agustus 2015). Untuk menyambutnya, Telltale mengunggah sebuah video teaser yang memberi gambaran apa yang akan temukan di episode ini nantinya.

[Update] Review Tales from the Borderlands – Membuat Saya Makin Cinta dengan Borderlands


Memperkenalkan Hob, Game Baru dari Runic Games, Pembuat dari Seri Torchlight

Arya W. Wibowo – Runic Games baru-baru ini merilis sebuah video teaser dari game terbaru mereka, Hob. Hob adalah sebuah game adventure yang membawamu ke dalam dunia penuh kehijauan di atas permukaannya, namun penuh mesin di bawahnya. Game ini akan bebas dari teks dan juga dialog (seperti Journey?).

Hob akan hadir dan bisa dimainkan di PAX Prime di Seattle pada 28 – 31 Agustus 2015. Runic Games sendiri belum memberikan waktu rilis yang pasti untuk game ini.

Sumber: Hob


Bethesda Mempromosikan Fallout Shelter Lewat Aplikasi Kencan

Mohammad Fahmi – Fallout Shelter bisa dibilang merupakan anak emas Bethesda saat ini. Untuk semakin mengenalkan game ini ke banyak orang, Bethesda bahkan menggunakan aplikasi kencan seperti Tinder sebagai salah satu media promosi. Hal ini juga didukung dengan tagar #DateADweller yang sepertinya mempromosikan hubungan sesama jenis, sesuatu yang tidak bisa kamu lakukan di Fallout Shelter.

Review Fallout Shelter – Sisi Lain Dunia Post-Apocalypse di Jagat Fallout


Saksikan Teaser Kumpulan Musik Final Fantasy Melalui Laman YouTube Square Enix Jepang

Mohammad Fahmi – Tanggal 19 Agustus 2015 besok, Square Enix akan merilis album Distant Worlds Journey of 100. Album ini berisi rekaman konser Journey of 100 yang merupakan konser ke-100 dari Distant Worlds, acara musik Final Fantasy yang dimulai pada tahun 2007. Konser Journey of 100 sendiri berlangsung pada 24 Januari 2015 lalu.

Sumber: YouTube スクウェア・エニックス


The post Rangkuman Berita Game Hari ini – 18 Agustus 2015 appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Game Under Radar 18 Agustus 2015: Experiment Z, The Path to Luma, dan Lainnya!

Posted: 18 Aug 2015 04:24 AM PDT

Halo pembaca Tech in Asia, sudah cukup lama semenjak kami menyajikan seri artikel Game Under Radar, dan sekarang seri artikel ini hadir kembali dengan wajah baru. Jika biasanya Yesi Livera membawakan artikel ini dan menyajikan jajaran game mobile yang mungkin tidak pernah kamu dengar, maka kali ini cakupan yang kita bahas melebihi dari sekedar mobile.

Setiap minggunya, tepatnya pada hari Selasa, masing-masing penulis Tech in Asia akan merekomendasikan sebuah game berkualitas tapi mungkin kurang begitu populer. Game tersebut bisa saja tersedia di Android, iOS, PC, atau bahkan console sekalipun. Tanpa panjang lebar lagi, mari cek rekomendasi Game Under Radar dari kami untuk minggu ketiga bulan Agustus ini.


Arya W. WibowoUniverso: Gaia

Universo Gaia | Screenshot

Platform: PC

Universo: Gaia adalah episode pertama dari tetralogi Universo yang dibuat oleh Pabrik Amatir, developer game solo asal Bandung. Di game ini kamu akan menemukan filosofi dari arti diri seorang individu di dalam sebuah hubungan sosial.

Gameplay dari Universo cukup sederhana, kamu hanya tinggal menghubung-hubungkan titik-titik yang ada ke titik lain. Akan tetapi, ada syarat yang mesti dituruti. Setiap titik memiliki kebutuhan masing-masing, ada yang hanya bisa terhubung dengan satu titik, ada pula yang bisa menghubungkan diri ke banyak titik.

Titik-titik ini merepresentasikan setiap individu yang ada di masyarakat, seperti ada yang egois, ada yang ingin membantu, dan sebagainya. Selain gameplay yang penuh filosofi, musik yang dihadirkan juga sangat mendukung. Kamu akan semakin dalam merefleksikan arti diri ditemani alunan lagu yang melankolis.

Gamejolt Link: Unverso: Gaia, Gratis


Risky MaulanaExperiment Z – Zombie Survival

Experiment Z Zombie Survival  |screenshot

Platform: Android

Experiment Z- Zombie Survival bisa dibilang merupakan proyek game open-world mobile ambisius yang berupaya keras menghadirkan pengalaman bermain Day-Z ke dalam perangkat mobile. Meski game ini masih dalam tahap Early Access dan memiliki banyak kendala bug di dalamnya, namun saya akui Experiment Z- Zombie Survival menyimpan pesona tersendiri yang membuatnya unik dan jarang saya temui dalam game survival di mobile lainnya.

Sama seperti Day-Z, pada bagian awal game ini kamu akan diasingkan dalam sebuah wilayah terpencil yang dihuni kawanan zombi. Sebagai salah satu dari manusia yang belum terinfeksi virus zombi, tujuanmu di sini adalah mengumpulkan bahan makanan, senjata, dan peralatan medis guna bertahan hidup dari serbuan zombi atau gangguan pemain lain yang mengincar barang bawaan kamu.

Uniknya lagi, dalam Experiment Z- Zombie Survival, kita juga diberikan opsi  mengemudikan sebuah  kendaraan untuk bisa menjangkau lokasi lain yang belum pernah kamu jelajahi sebelumnya. Meski saya akui physic dalam game ini terkadang kurang begitu akurat, namun justru karena hal semacam inilah aksi Experiment Z- Zombie Survival terkesan kocak dan lucu, apalagi jika kamu memainkannya bersama teman.

Catatan: Experiment Z- Zombie Survival memerlukan perangkat Android dengan performa kerja yang lumayan tinggi. Minimal Nexus 4 atau Samsung Galaxy S3 untuk bisa menjalankannya.

 


Iqbal KurniawanThe Path to Luma

Platform: iOS

Video game bisa menjadi salah satu media menarik untuk menyampaikan sebuah pesan moral. Hal ini yang coba dilakukan oleh perusahaan penyedia energi NRG lewat game The Path to Luma.

Perusahaan tersebut menggandeng Phospor Game Studio untuk mengembangkan sebuah game tentang energi bersih. The Path to Luma merupakan game puzzle yang sarat dengan pesan tentang manfaat penggunaan energi terbarukan yang ramah lingkungan.

Kamu akan mengendalikan robot bernama SAM. Ia menjelajahi 20 level berbentuk planet untuk menghidupkan kembali para penghuninya yang mengalami kendala energi. Puzzle di sini terlihat sangat indah dalam kemasan grafis yang mengingatkan saya pada Monument Valley dan Super Mario Galaxy.

App Info
The Path To Luma
NRG Energy, Inc. -  Aug 13, 2015
Genre:  Games, Puzzle, Adventure
Size:  223.76 MB
Installs:  N/A
Gratis

Download

Mohammad FahmiDear Esther

Dear Esther | Screenshot

Platform: Windows PC, Mac, Linux

Baru minggu lalu The Chinese Room merilis game terbaru mereka yang dirilis eksklusif untuk PS4, Everybody’s Gone to the Rapture. Tapi, beberapa tahun yang lalu, developer ini sempat mengerjakan sebuah mod dari Half-Life 2 yang kemudian dikembangkan menjadi game sendiri berjudul Dear Esther.

Sama seperti Everybody’s Gone to the Rapture, Dear Esther menyajikan petualangan yang surealis, sedikit abstrak, namun sangat menenangkan. Desain lingkungan, musik yang amat sangat berkualitas, dan minimnya interaksi membuat Dear Esther menjadi sebuah wisata virtual yang sangat menarik untuk diikuti.

Meskipun kurang bisa dibilang sebagai game under radar alias game tidak populer, saya rasa di Indonesia sendiri game ini kurang mendapatkan perhatian, baik dari gamer maupun dari media. Oleh karena itu, begitu ada diskon (karena game ini cukup sering diskon), jangan ragu-ragu untuk langsung membeli Dear Esther.


Kevin SutantoDrakengard 3

Drakengard 3 | Screenshot1

Platform: PS3

Yoko Taro adalah seorang pengarah game yang saya rasa terlalu eksentrik. Bukan karena ia seringkali menggunakan topeng (asli) di depan publik, tapi dikarenakan game buatannya seringkali memiliki cerita yang terlalu kelam dan kadang mengganggu perasaan begitu dimainkan. Hal mengganggu tersebut itu juga tetap diusung oleh Drakengard 3.

Drakengard 3 (Drag-On Dragoon 3 di Jepang) adalah sebuah game action RPG dari Square Enix yang merupakan iterasi ketiga dari seri Drakengard dan masih membawa atmosfir kelam yang ada dalam Nier, spin-off dari seri Drakengard. Kamu akan berperan sebagai Zero, seorang wanita yang memiliki kemampuan memanipulasi sihir lewat lagu yang ditemani Mikhail, seekor naga sangar dengan suara super imut.

Sebagai judul keluaran Square Enix, seri Drakengard tidak terasa sama sekali seperti sebuah game keluaran Square Enix. Darah dan kekerasan diperlihatkan dengan sangat eksplisit serta cerita yang bisa membuat depresi akan mewarnai perjalananmu memainkan game ini. Tidak hanya itu saja, dark humor akan kamu temui dalam Drakengard 3 dan kadang-kadang membuatmu sedikit terganggu (atau tertawa).

Sebenarnya game ini bukannya tidak terkenal, namun saya jamin orang-orang akan sangat jarang memainkan game ini karena game ini terasa terlalu niche untuk seluruh kalangan gamer.

PlayStation Store Asia: Drakengard 3, Rp513.000

The post Game Under Radar 18 Agustus 2015: Experiment Z, The Path to Luma, dan Lainnya! appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Line Luncurkan Versi Lite Secara Global

Posted: 18 Aug 2015 03:40 AM PDT

Setelah sebelumnya Facebook meluncurkan versi Lite, kali ini giliran aplikasi chatting Line yang meluncurkan versi ringannya. Aplikasi Line versi ringan yang bernama Line Lite ini ditargetkan untuk pengguna smartphone Android yang memiliki spesifikasi rendah dan berada di wilayah dengan kecepatan internet lambat.

Saking ringannya, aplikasi tersebut hanya memiliki ukuran kurang dari 1 MB. Sehingga kemungkinan besar aplikasi ini bisa diunduh pada jaringan internet yang kurang cepat. Line versi ringan ini tentunya juga bisa berjalan pada spesifikasi Android rendah misalnya RAM 1 GB dengan prosesor 1,2 GHz.

LINE Lite

Setelah sebelumnya baru diluncurkan untuk beberapa negara, kini Line Lite sudah tersedia secara global, sehingga kamu sudah bisa mengunduh aplikasi tersebut mulai sekarang. Bagaimanapun, perlu diingat apabila kamu sudah memiliki aplikasi Line biasa dan ingin mencoba aplikasi ini, semua data-data pada aplikasi sebelumnya akan hilang. Selain itu, mengingat ini versi ringan, ada beberapa fitur yang harus dikorbankan, misalnya fitur Audio dan Video Call. Akan tetapi, Line berjanji akan menambahkan fitur tersebut di masa mendatang.

Hingga saat ini, Line mengklaim memiliki sekitar 216 juta pengguna aktif bulanan (MAU) di seluruh dunia. Indonesia sendiri menjadi basis pengguna Line terbesar keempat di dunia setelah Jepang, Thailand, dan Taiwan.

Baca juga: Facebook Luncurkan Aplikasi Versi Ringan Facebook Lite

Bagaimanapun Line masih harus bersaing dengan banyak aplikasi chatting yang telah beredar. Mulai dari WhatsApp, WeChat, Facebook Messenger, BBM, Telegram, KakaoTalk, Catfiz Messenger, dan lainnya.

App Info
LINE Lite: Free Messages
LINE Corporation -  Jul 29, 2015
Genre:  Communication
Size:   914k
Installs:   10,000 - 50,000
Gratis

Download

(Diedit oleh Lina Noviandari)

The post Line Luncurkan Versi Lite Secara Global appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Produser Game dari Gameloft Indonesia Akan Hadir untuk Sesi AMA Besok! Tanya Apa Saja Kepadanya

Posted: 18 Aug 2015 02:25 AM PDT

Setelah minggu lalu kita kedatangan Nixia dan Rachmad Imron, besok (19 Agustus 2015) dari pukul 12 siang hingga 8 malam sesi Ask Me Anything akan kembali hadir dengan sosok dibalik berbagai game mobile keren. Kali ini kami akan mendatangkan Tyas Djatmiko, produser game di Gameloft Indonesia.

Tyas sendiri sudah menjabat sebagai seorang produser game di Gameloft sejak tahun 2011. Sampai saat ini, dia sudah memproduksi beberapa game mobile. Assassin’s Creed III dan Dark Knight Rises versi Java adalah contoh game mobile yang lahir dari keterlibatannya.

Kalau kamu memiliki pertanyaan seputar pembuatan video game, jangan segan untuk bertanya ya! Sebagai gambaran, berikut adalah beberapa pertanyaan yang dapat kamu lontarkan:

  • Sebesar apa tim yang dibutuhkan untuk membuat sebuah game mobile seperti Dark Knight Rises?
  • Apa sih tugas seorang produser game di dalam tim developer?
  • Boleh tahu rahasia pembuatan game biar bisa menjadi sekeren Gameloft?

Kamu juga bisa menanyakan pertanyaan kasual seperti:

  • Lebih suka Batman atau Superman?
  • Punya hobi atau koleksi tertentu?
  • Kenapa tidak mencoba kerja sebagai produser film saja?

Untuk mengikuti AMA ini, pastikan kamu telah mendaftarkan diri kamu di sini. Jangan sampai kelewatan kesempatan bertanya ya!

The post Produser Game dari Gameloft Indonesia Akan Hadir untuk Sesi AMA Besok! Tanya Apa Saja Kepadanya appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Game Android Terbaik Bulan Juli 2015 Pilihan Tech in Asia

Posted: 18 Aug 2015 02:00 AM PDT

Untuk edisi bulan ini terus terang demam Vainglory yang dimulai sejak akhir Juni sebelumnya telah memberikan dampak yang luar biasa besar terhadap keasyikan saya bermain game Android sepanjang musim libur Lebaran kemarin.

Namun hal tadi bukan berarti bulan Juli kemarin tidak ada game Android  yang menarik untuk dimainkan kawan. Kurang lebih ada segelintir game menarik yang saya rasa pantas untuk mengisi daftar game Android terbaik bulanan dan inilah beberapa game yang pantas mengisi deretan terbaik di bulan Juli 2015.


Line Dragonica Online

Dragonica Mobile | screenshot 2 Meski pada awalnya game ini terkesan seperti hanya membawa nama Dragonica Online saja, Line Dragonica Mobile buatan Funigloo ternyata memiliki pesona tersendiri yang membuatnya layak disejajarkan dengan game Dragonica Online.

Dengan mengantongi lisensi dari Gravity, developer Funigloo merombak beberapa bagian permainan Dragonica Online agar terasa nyaman dimainkan di perangkat touchscreen. Hasilnya, kamu yang pernah bermain Dragonica  versi PC mungkin tak akan keberatan bernostalgia kembali memainkan game ini di smartphone.

Review LINE Dragonica MobileSpin-off Dragonica Online yang Cukup Solid

App Info
LINE Dragonica Mobile
PLAYPARK -  Jul 21, 2015
Genre:  Action
Size:   39M
Installs:  N/A
Gratis

Download

Angry Birds 2

Angry Birds 2 | screenshot

Segala hal yang kamu harapkan dalam sebuah sekuel, secara jelas bisa kamu temui dalam Angry Birds 2 buatan Rovio. Tanpa melenceng jauh dari kesan game yang sudah-sudah, Rovio kali ini kembali menghadirkan gameplay ciri khas mereka, lengkap dengan beberapa penambahan fitur seperti Spell Card, pemilihan level berbentuk overworld, dan lain sebagainya.

Meski penerapan stamina agak sedikit mengurangi keasyikan kita dalam bermain, namun tetap saja saya tak memungkiri betapa serunya permainan Angry Birds 2, terlebih lagi saat kamu menghadapi sebuah susunan level yang benar-benar menantang.

Review Angry Birds 2 – Akar Kesuksesan Rovio yang Semakin Berkilau

App Info
Angry Birds 2
Rovio Entertainment Ltd. -  Jul 29, 2015
Genre:  Casual
Size:   68M
Installs:   10 - 50
Gratis

Download

Five Nights at Freddy’s 4

Five Nights at Freddys 4 | screenshot 1

Bermain game ini seperti menengok bagian bawah kasurmu dan berharap tidak ada apa-apa di bawahnya

Five Nights at Freddy's 4 bisa jadi merupakan salah satu seri game Five Nights at Freddy’s tersulit dibanding game lainnya di seri ini. Perubahan mekanisme permainan survival horror yang kali ini lebih mengandalkan suara memaksa saya untuk bermain dengan earphone, sehingga efek teror Five Nights at Freddy’s 4 jauh lebih mencekam dibandingkan pendahulunya.

Tak hanya mengandalkan gangguan suara yang mengusik kenyamanan bermain saja, Five Nights at Freddy’s 4 juga menghilangkan fitur kamera CCTV dan memaksa pemain untuk melongok ke ujung lorong guna mendeteksi keberadaan Freddy dan kawan-kawan. Pertanyaannya sekarang, apakah kamu yakin makhluk yang kamu takutkan tadi sedang tidak berada di balik pintu?

Review Five Nights at Freddy's 4 – Sensasi Teror dari Bawah Kasur

App Info
Five Nights at Freddy's 4
Scott Cawthon -  Jul 25, 2015
Genre:  Action
Size:   45M
Installs:  N/A
Rp. 40.201

Download

Grand Chase M

Grandchase M | screenshot

Sebagai salah satu dari sekian banyak game mobile yang dibuat berdasarkan franchise MMORPG asal Korea Selatan, Grand Chase M bisa dibilang jauh lebih unggul dibandingkan konsep Grand Chase versi aslinya yang mengusung aksi platformer hack-and-slash ala Mapple Story.

Kamu yang sering berkutat dengan permainan RPG mobile mungkin bisa memperhatikan kesamaan pola permainan Grand Chase M dengan game sejenisnya di luar sana. Untungnya dari segi penampilan, Grand Chase M memanfaatkan keunggulan grafis 3D yang terlihat menarik, sehingga membuatnya layak bersanding bersama LINE Dragonica Mobile dalam daftar ini.

App Info
GrandChase M
Eyedentity Mobile -  Jul 28, 2015
Genre:  Action
Size:   45M
Installs:   50,000 - 100,000
Gratis

Download

Super Awesome Quest

Super Awesome Quest | Screenshot 1

Arya W.WibowoGame karya Boomzap Entertainment ini berhasil menemani saya di sebagian besar bulan Juli lalu. Dengan gameplay yang singkat, Super Awesome Quest mampu mengisi sela-sela waktu luang saya. Di lain pihak, game ini memiliki tingkat adiksi yang tinggi pula, membuat saya kadang justru "meluangkan waktu" untuk memainkannya.

Boomzap Entertainment berhasil menggabungkan unsur strategi, RPG, dan keberuntungan di Super Awesome Quest. Cerita yang disampaikan juga lucu dan membuat saya penasaran bagaimana kelanjutan petualangan tiga hero sembrono yang menjadi tokoh protagonisnya.

Grafis yang dihadirkan juga terpoles dengan baik, begitu juga dengan musiknya yang sangat mendukung suasana bermain. Dengan gameplay simpel namun juga memerlukan strategi, Super Awesome Quest menjadi pilihan game terbaik bulan Juli.

Review Super Awesome Quest – Grinding Repetitif tetapi Tetap Saja Adiktif

App Info
Super Awesome Quest
Boomzap Inc -  Jul 09, 2015
Genre:  Role Playing
Size:   76M
Installs:   1,000 - 5,000
Gratis

Download

Gabriel Knight: Sins of the Fathers 20th Anniversary Edition

Gabriel Knight Sins of Fathers Review | Screenshot 01

Iqbal KurniawanGabriel Knight: Sins of the Fathers 20th Anniversary Edition adalah contoh suatu remake yang dilakukan dengan baik. Sebagai pemain lama seri Gabriel Knight, saya bisa kembali bernostalgia pada game klasik dengan tampilan dan kenyamanan perangkat masa kini.

Grafis pada versi remake Gabriel Knight orisinal tersebut menampilkan tampilan yang halus serta tajam. Berbagai efek pada game seperti gerakan karakter, ambience perkotaan, hingga sulih suara yang hampir ada di setiap hal membuat game ini terasa sangat hidup. Rasanya saya tidak perlu berpikir dua kali untuk menobatkannya sebagai favorit di bulan Juli kemarin.

Review Gabriel Knight: Sins of the Fathers 20th Anniversary Edition – Adventure Point and Click Klasik dalam Kemasan Modern

App Info
Gabriel Knight: Sins of the Fathers 20th Anniversary Edition
Phoenix Online Studios -  Jul 22, 2015
Genre:  Games, Puzzle, Entertainment, Adventure
Size:  1.64 GB
Installs:  N/A
Gratis

Download

The post Game Android Terbaik Bulan Juli 2015 Pilihan Tech in Asia appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Bermain Pong dengan Gameplay Endless Runner? Upong Jawabannya

Posted: 18 Aug 2015 01:20 AM PDT

Pernahkah terpikir olehmu jika Pong, sebuah game jenis brick breaker, berubah menjadi platformer atau endless runner? Bukannya mengalahkan musuh atau menghancurkan balok-balok, kamu harus memandu bola melewati berbagai rintangan. Itulah yang ditawarkan oleh Upong.

Seperti versi aslinya, Upong memiliki grafis hitam dan putih yang sangat simpel. Tugasmu di sini adalah memantul-mantulkan bola dengan papan yang kamu kendalikan dengan sentuhan jarimu. Layaknya Pong, posisi bola saat memantul di atas papan mempengaruhi sudut pantulnya, sehingga kamu bisa mengatur ke mana arah bola tersebut.

Rintangan yang ada memiliki bentuk bermacam-macam, mulai dari segitiga, lingkaran, balok, dan lain sebagainya. Di sini kamu harus berkonsentrasi karena bola bisa kapan saja memantul kembali ke arahmu. Jika luput dari papan (atau mengenai sisinya) maka bola akan keluar dari layar dan permainan pun berakhir.

Upong | Screenshot

Bila sudah mencapai jarak tertentu, kamu akan mendapatkan sejumlah koin. Koin ini bisa digunakan untuk melakukan upgrade, seperti memperlebar papan atau mengubah desainnya. Kamu juga bisa mengubah-ubah warna papan dan bola.

Walaupun simpel, Upong memberikan tantangan yang cukup seru dan menarik untuk ditaklukkan, terutama dengan upgrade yang memungkinkan kamu meningkatkan level permainan. Bagi kamu yang ingin mengisi waktu senggang dengan game menantang, langsung saja unduh Upong melalui tautan di bawah ini.

App Info
Upong
B?etislav Hájek -  Jul 25, 2015
Genre:  Casual
Size:   20M
Installs:   10 - 50
Gratis

Download

The post Bermain Pong dengan Gameplay Endless Runner? Upong Jawabannya appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Masuki Pasar Indonesia, Huawei P8 Hanya Tersedia 1.000 Unit

Posted: 18 Aug 2015 01:18 AM PDT

Meski telah dikenalkan di London sejak April 2015, Huawei baru saja membawa seri P8 untuk Indonesia pada Senin (17/8). Alasannya, menurut Marketing Director Indonesia Device Business Department, Ellen Angerani di press release yang Tech in Asia terima menyatakan bahwa Huawei awalnya tidak percaya diri untuk merilisnya di tanah air, namun karena respon yang baik di beberapa negara, akhirnya seri P8 turut dihadirkan di Indonesia.

Setelah London, Huawei P8 sebelumnya telah dijual di Singapura, Malaysia, Filipina, Australia dan New Zealand. Ellen juga menambahkan bahwa untuk Indonesia Huawei hanya menyediakan 1.000 unit yang akan mulai tersedia akhir Agustus nanti di 50 ritel offline di beberapa kota.

Sayangnya pihak Huawei enggan menyebutkan alasan minimnya unit yang dibawa ke dalam negeri. Meski demikian, CEO Huawei Consumer Business Group, Richard Yu menambahkan bahwa Indonesia selalu menjadi negara dengan pasar yang harus dimenangkan bagi Huawei.

Kelas premium, namun minim baterai

Untuk P8, Huawei mengandalkan desain tipis dengan ketebalan hanya 6,4 mm. Selain itu, mereka membenamkan prosesor octa-core 64-bit Kirin 930 Hisilicon buatan Huawei sendiri, dengan kecepatan 2.0 GHz.

 HUAWEI P8
Dimensi 144.9 x 72.1 x 6.4 mm (144 gram)
Layar5,2 inci 1080 x 1920 piksel
OSAndroid 5.0 Lollipop
ProsesorOcta-core 64-bit Kirin 930 Hisilicon
RAM3 GB
Kapasitas memori16 GB dengan slot microSD hingga 128 GB
Kapasitas baterai2.680 mAh
Kamera depan8 MP
Kamera belakang13 MP
HargaRp6,5 juta

Layarnya berukuran 5,2 inci dengan resolusi 1920 x 1080 piksel yang dilengkapi dengan RAM sebesar 3 GB dan memori internal 16 GB serta tampilan UI besutan Huawei, Emotion UI (EMUI) 3.1. Kamera belakangnya memiliki kemampuan 13 MP dan kamera depan 8 MP, keduanya dilengkapi dengan fitur Optical Image Stabilization (OIS). Smartphone ini dilepas ke pasaran dengan harga Rp6,5 juta yang berarti menargetkan pasar premium.

Baca juga: [Update] Daftar Smartphone Gaming Android Terbaik dengan Harga 1,3 Hingga 2,5 Jutaan

Sayangnya kapasitas baterai P8 hanya 2.680 mAh. Angka ini termasuk kecil dibandingkan smartphone premium lainnya yang rata-rata menggunakan kapasitas di atas 3.000 mAh. Menurut Darren, Manager Penjualan Device Huawei Indonesia mengatakan bahwa hal ini dilakukan untuk membuat bodi P8 tipis.

Meski begitu, beberapa smartphone premium lainnya yang juga mengandalkan bodi tipis dan tetap memiliki kapasitas baterai lebih besar. Sebut saja LG G4 yang memiliki kapasitas baterai 3.000 mAh dan OnePlus Two dengan kapasitas baterai 3.300 mAh.

(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto)

The post Masuki Pasar Indonesia, Huawei P8 Hanya Tersedia 1.000 Unit appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Android Marshmallow, Semua yang Perlu Kamu Tahu

Posted: 18 Aug 2015 12:55 AM PDT

Masih teringat di ingatan ketika hampir setahun lalu Google seolah memberi "kado" istimewa di hari ulang tahun saya dengan meluncurkan Android Lollipop di Nexus 5. Ini artinya sudah hampir sepuluh kali saya menikmati pembaruan OS Android, sejak kemunculan Android Donut di penghujung 2009 lalu.

Di tahun 2015 ini, beragam spekulasi mengenai nama Android M bermunculan, mulai dari milk shake, moon pie, sampai nama lokal martabak yang kerap dijadikan bahan guyonan. Akhirnya, melalui akun Twitter @Android, Google mengumumkan secara resmi nama versi Android terbarunya: Marshmallow.

Lalu apa saja yang menarik dari sistem operasi Android terbaru ini? Berikut adalah beberapa fakta yang berhasil saya temukan, dan tentunya beberapa hal yang perlu diketahui sebelum kamu memutuskan upgrade nantinya.

Kapan tersedia?

Android Marshmallow_1

Seperti halnya kemunculan gadget atau sistem operasi pada platform lainnya, pertanyaan yang paling sering dilontarkan adalah kapan bisa dinikmati oleh pengguna Android. Sayangnya, sampai saat tulisan ini dibuat, Google masih belum memberikan kepastian kapan Marshmallow akan tersedia bagi pengguna umum. Beberapa sumber menyebutkan bahwa sistem operasi ini akan mulai bisa digunakan pada Q3 2015, artinya hanya menunggu hitungan minggu.

Kabar baiknya, bagi kamu para developer, sudah bisa menggunakan versi final beta Developer Preview dari Android 6.0 ini. Bila tertarik menjajalnya, kamu bisa mengunduhnya di sini.

Perangkat apa saja yang akan kebagian?

Kalau kamu mengikuti perkembangan perangkat Android, pasti sudah tahu bahwa Nexus akan mendapat update OTA (over the air) secara bergilir terlebih dahulu sebelum perangkat lainnya. Namun itu pun ternyata tidak semua perangkat Nexus. Versi paling bawah yang akan mendapat update adalah Nexus 5, rasanya hampir bisa dipastikan bila tidak akan ada lagi pembaruan OS untuk perangkat ini, terlebih tidak lama lagi akan hadir Nexus 5 (2015).

Perangkat Nexus yang lebih baru seperti Nexus 6, tablet Nexus 9, dan Nexus Player dipastikan akan mendapat update Android 6.0. Lalu bagaimana nasib tablet Nexus 7? Ternyata baik versi orisinal maupun pembaruannya (2013), tidak akan mendapat update lagi. Selain itu, seharusnya Marshmallow juga hadir di perangkat Android One yang selalu menjanjikan update OS terbaru.

Lalu bagaimana dengan perangkat dari vendor lain seperti Samsung, Sony, dan HTC? Untuk Samsung, belum ada konfirmasi resmi dari vendor ini. Meski begitu, sejumlah pemberitaan mengatakan bahwa perangkat baru mereka seperti Galaxy S6, S6 Edge, Galaxy S6 Duos, dan juga produk premium Galaxy Note 4 akan mendapat update.
HTC Screenshot Confirm Android One Twitter
Pihak lain yang sudah memberikan kepastian update adalah HTC untuk HTC M9 dan M9+. Oh ya, Sony juga sudah mengumumkan beberapa perangkatnya yang akan mendapat pembaruan yakni Xperia Z3, Xperia Z3 Compact, Xperia Z3 Tablet Compact, Xperia Z2 Tablet, Xperia Z1, Xperia Z1 Compact, Xperia Z Ultra, Xperia E3, Xperia M2, Xperia T2 Ultra, dan Xperia T3.

Perintah suara

Saya sendiri kerap merasa bahwa penggunaan perintah suara pada smartphone atau tablet adalah hal yang masih kurang maksimal sampai saat ini. Namun dengan application program interface (API) yang baru, Marshmallow mengembangkan perintah suara (voice command) yang lebih fungsional.

Google memungkinkan perangkat bisa berinteraksi dengan aplikasi yang ada di dalamnya. Bukan tidak mungkin lagi jika nantinya kamu ingin memutar musik, kamu cukup memberikan pesan suara "Dengar musik", dan akan muncul jawaban "genre apa?". Untuk lebih jelasnya mengenai fitur ini, kamu bisa melihat video di bawah ini.

Daya tahan baterai

Seperti halnya memilih perangkat mobile, daya tahan baterai adalah pertimbangan saat akan berganti sistem operasi. Pada Marshmallow, Google menjanjikan peningkatan daya tahan baterai sampai dua kali lipat. Bila melihat pada fitur Doze yang diperkenalkan sebelum nama Marshmallow muncul, apa yang ditawarkan sepertinya adalah sesuatu yang mungkin.

Sederhananya, ketika kamu sedang tidak menggunakan smartphone, entah sedang tidur atau menaruhnya di meja kerja, maka Doze akan memastikan aplikasi tidak akan menguras baterai smartphone kamu.

Sistem charging yang lebih cepat

USB_C_OnePlus 2

Sistem charging dengan USB-C pada OnePlus Two disebut-sebut sebagai masa depan teknologi pengisian daya baterai pada smartphone. Ketika OnePlus memutuskan hal tersebut, tentu terlintas di pikiran bagaimana bila ketinggalan charger atau kabel data?

Untungnya Android Marshmallow telah menyatakan dukungan penggunaaan sistem charging dengan USB-C. Hal ini berarti kebanyakan perangkat yang hadir di pasaran dengan OS ini akan menggunakan USB-C.

Google sendiri mengklaim proses charging dengan USB-C akan lebih cepat tiga sampai 5 kali dibandingkan dengan USB biasa.

Android Pay yang lebih maksimal

Android Pay-Illustration

Salah satu layanan baru besutan Google ini memang tidak hanya hadir untuk Marshmallow saja. Namun juga bisa dipakai untuk kamu yang masih menggunakan minimal Android KitKat. Syarat utamanya, perangkat yang digunakan sudah harus menggunakan NFC. Google sendiri belum menjelaskan secara detail pembaruan Android Pay pada sistem operasi terbaru mereka, selain pembayaran yang lebih praktis.

Lebih ramah memori

Selama ini kendala dari OS adalah konsumsi memori. Beberapa smartphone dengan RAM di atas 2 GB baru bisa menjalankan berbagai aplikasi dengan nyaman. Namun di versi Android terbaru ini, Google telah memberikan sejumlah pembaruan dengan Memory Manager yang tentunya bisa membuat perangkat kamu "berlari" lebih kencang.

Seperti apa tampilannya?

Belum bisa dipastikan memang, seperti apa tampilan akhir Android Marshmallow nantinya. Namun dari Developer Preview yang ada saat ini, tampaknya Marshmallow masih akan mempertahankan Material Design seperti yang digunakan pada Android 5.0.

Namun satu hal yang menjadi pembeda utama adalah bila aplikasi pada Apps Drawer biasanya menggunakan desain horizontal, maka pada Marshmallow, desain baru scroll vertikal mulai diperkenalkan.

Permission pada Marshmallow juga mendapat perbaikan. Saat ini kamu akan mendapat perintah accept permission saat mengunduh sebuah aplikasi. Hal ini cukup mengesalkan karena semestinya tidak semua permission akan dipakai.

Sebagai contoh, bisa saja kamu tidak memberikan akses kamera pada aplikasi chatting seperti Line. Pada Android sebelumnya, kamu tidak akan bisa menggunakan aplikasinya bila tidak memberikan accept permission. Namun pada Marshmallow, Google telah mengubah kebijakan ini menjadi lebih ramah bagi pengguna.


Baca Juga: Android One, Semua yang Perlu Kamu Ketahui

Selain fitur-fitur yang disebutkan di atas, beberapa fitur lain yang mungkin akan diaplikasikan adalah pengaturan volume yang lebih sederhana dari mulai nada dering, alarm, memutar musik, dan panggilan suara. Hal lain yang cukup menarik adalah bagaimana proses copy paste, serta menandai teks yang juga diklaim akan lebih mudah. Kalau menurut kamu, fitur apa yang paling ditunggu dari Marshmallow? Sampaikan di kolom komentar ya!

(Diedit oleh Lina Noviandari)

The post Android Marshmallow, Semua yang Perlu Kamu Tahu appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Armor Blitz – Pendatang Baru Program Square Enix Collective yang Terinspirasi Konsep Kantai Collection

Posted: 17 Aug 2015 11:51 PM PDT

Apakah kamu masih ingat dengan program Square Enix Collective yang diluncurkan pada 2013 silam? Program yang fungsinya mirip Steam Greenlight agar para developer bisa menggalang dana lewat Indiegogo ini bisa dibilang cukup berhasil dengan jumlah showcase lebih dari puluhan game indie menarik setiap tahunnya.

Nah, untuk bulan Agustus ini, Square Enix Collective Program kedatangan satu lagi game indie menarik berjudul Armor Blitz buatan studio Gaudium. Proyek game mobile bergenre line defense-combat ini menjanjikan pengalaman berbeda dengan grafis 3D dan karakter imut yang membuat saya teringat anime Sakura Wars atau penampilan game Kantai Collection.

Armor Blitz | screenshot 1

Armor Blitz menghadirkan pertempuran antara tank/robot, dengan penggabungan unsur game kartu, karakter anime, dan line defense di dalamnya. Dari apa yang saya lihat, sepertinya developer Armor Blitz terinspirasi penggambaran karakter anthropomorphic ala Kantai Collection, di mana kendaraan tempur kamu dihidupkan dalam bentuk gadis anime lengkap dengan beberapa atribut senjata yang menempel di bagian tubuhnya.

Dalam Armor Blitz, dikisahkan semua bekas kendaraan perang yang tak lagi kita gunakan di dunia nyata jiwanya akan terbawa ke alam Fictoria, di mana mereka hidup sebagai karakter wanita berpenampilan militer. Sebagai sang komandan, tugasmu dalam Armor Blitz adalah menghalau kekuatan jahat “The Corruption” yang mengincar ketentraman Fictoria.

Armor Blitz | screenshot 2

Armor Blitz | screenshot 3

Sama seperti halnya game line defense lainnya, objektif utama di setiap level adalah meratakan markas utama musuh yang terdapat di bagian ujung arena. Dalam deskripsi permainannya, studio Gaudium juga menjanjikan animasi real-time yang dikemas secara atraktif supaya kamu tidak jenuh saat memainkannya.

Saat ini, Armor Blitz masih berada dalam tahap pengembangan Alpha dan membutuhkan bantuan kamu untuk diwujudkan lewat program Square Enix Collective. Seandainya kamu tertarik dengan tampilan screenshot dan gambar karakter anime yang saya cantumkan di atas, kamu bisa memberi Armor Blitz dukungan lewat tautan di bawah ini.

Situs web: Armor Blitz – Square Enix Collective Program

The post Armor Blitz – Pendatang Baru Program Square Enix Collective yang Terinspirasi Konsep Kantai Collection appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Talenta Raih Putaran Pendanaan Baru, Fokus Sasar Perusahaan Besar

Posted: 17 Aug 2015 11:00 PM PDT

Platform pengelola human resource berbasis cloud, Talenta hari ini (18/8) mengumumkan perolehan putaran pendanaan baru yang tidak disebutkan jumlahnya dari Fenox Venture Capital dan East Ventures. Seperti dikutip dari press release yang diterima Tech in Asia, pendanaan tersebut akan digunakan untuk merekrut tim baru, khususnya pada bagian penjualan dan pemasaran.

Di saat yang bersamaan Talenta juga secara resmi merilis software mereka dengan tampilan baru dan beberapa fitur penting untuk pengelolaan pegawai seperti pengaturan waktu cuti dan lembur, pengembalian atau penggantian uang (reimburse), dan masalah pembayaran lainnya.

Bagi kamu yang masih bingung, Talenta merupakan sebuah perusahaan software as a service (SaaS) yang menggunakan sistem berlangganan untuk distribusi software mereka. Model ini biasanya digunakan oleh perusahaan penyedia komputasi awan (cloud computing) yang mulai banyak bermunculan di tanah air.

talenta

Model bisnis dan teknologi komputasi awan bukanlah hal yang baru. Ada banyak perusahaan besar di luar negeri seperti SAP, SalesForce, dan masih banyak lagi. Akan tetapi, tidak banyak dari mereka yang menyediakan layanan khusus untuk mengelola pegawai di tanah air.Hal ini tentunya menjadi peluang bagi startup untuk menyediakan platform SaaS yang sesuai dengan demografi Indonesia.

Hingga saat ini Talenta telah digunakan oleh sejumlah perusahaan dan sejumlah startup di tanah air seperti Go-Jek, GrabTaxi, TopasTV, FlowerAdvisor, Qraved, MicroAd, Kudo, ShopDeca, dan lainnya.

Ke depannya Talenta berencana akan melakukan ekspansi dari bisnis berlangganan menjadi bisnis transaksional. Selain itu, Talenta juga akan mengungkapkan rencana mulai fokus menyasar perusahaan-perusahaan besar dibandingkan hanya fokus menyasar perusahaan kecil menengah.

Baca juga: Masuk Fase Beta, Platform SaaS HR Talenta Gandeng Sejumlah Startup Lokal

(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto)

The post Talenta Raih Putaran Pendanaan Baru, Fokus Sasar Perusahaan Besar appeared first on Tech in Asia Indonesia.

MOBA Lima Menit, Call of Champions, Sedang Soft Launch di Selandia Baru dan Singapura

Posted: 17 Aug 2015 10:52 PM PDT

Apakah kamu masih ingat dengan game MOBA Call of Champions yang pernah saya kabarkan pada Februari lalu? Setelah menjalani masa tes beta selama beberapa bulan, developer Spacetime Studios baru-baru ini memutuskan untuk melakukan soft launch game tersebut di Selandia Baru dan Singapura.

Saya sebenarnya telah menunggu-nunggu kehadiran game ini sejak memperbaharui daftar kumpulan game MOBA di perangkat portabel beberapa saat lalu. Namun, ketidakpastian developer mengenai tanggal rilisnya membuat saya harus melewatkan dulu game ini. Kini saat Call of Champions sudah tersedia, saya pun tidak membuang-buang waktu dan langsung mengunduhnya lewat akun Apple Selandia Baru.

Belum punya akun Apple ID di negara lain? Simak mengapa sebaiknya kamu memilikinya di sini

Secara umum, gameplay Call of Champions cukup berbeda dengan kebanyakan MOBA yang pernah saya mainkan. Saya masih mengendalikan seorang hero dalam tim untuk menghancurkan markas lawan. Namun, restriksi waktu lima menit serta beberapa mekanisme gameplay unik membuatnya terasa sangat berbeda dengan game sejenis lainnya.

Call of Champions | Screenshot 1

Setiap pertarungan dalam Call of Champions dibatasi dengan waktu selama lima menit. Ini artinya walaupun salah satu markas belum hancur, pertarungan tetap akan selesai bila waktu telah habis. Penentuan pemenang dari pertarungan tersebut akan ditentukan berdasarkan jumlah tower yang hancur, dilanjutkan dengan jumlah kill terbanyak bila kuantitas tower yang hancur di masing-masing tim imbang.

Hal berbeda kedua adalah ketiadaan creep ally yang berfungsi sebagai tameng di dekat tower. Sistem creep digantikan dengan bola yang dapat didorong oleh kedua tim ke dekat tower musuh. Bola ini berfungsi untuk mengurangi damage dari tembakan tower secara signifikan, sehingga hero yang terkena tembakan tidak akan langsung mati walapun tertembak beberapa kali.

Call of Champions | Screenshot 3 Call of Champions | Screenshot 2

Perbedaan ketiga adalah ketiadaan sistem level maupun item. Hero yang kamu kendalikan tidak akan meningkat levelnya di tengah pertarungan. Saya juga tidak bisa membeli item apa pun, sehingga kekuatan hero akan selalu sama bila tidak mengambil power-up di medan laga.

Semua perbedaan tersebut membuat saya merasakan sensasi berbeda ketika menyelesaikan permainan di Call of Champions. Apakah MOBA singkat dengan sistem yang cukup tidak lazim ini dapat menjaring peminat seperti Vainglory atau Dota 2? Hanya waktu yang akan menjawabnya.

Apple App Store Link (Selandia Baru): Call of Champions, Gratis

Apple App Store Link (Singapura): Call of Champions, Gratis

The post MOBA Lima Menit, Call of Champions, Sedang Soft Launch di Selandia Baru dan Singapura appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Program Akselerator Ideabox Batch III Telah Dibuka!

Posted: 17 Aug 2015 10:49 PM PDT

Program akselerator startup besutan Indosat dan Mountain Kejora Ventures, Ideabox, kembali diselenggarakan untuk tahun 2015. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, program yang kini memasuki batch ketiga ini ingin menjaring startup tahap awal yang berkecimpung di sektor telekomunikasi, media, dan teknologi.

Pendaftaran untuk program Ideabox batch III ini sendiri telah dibuka dan akan berakhir pada tanggal 25 September mendatang. Nantinya, dari semua startup yang mendaftar, Ideabox akan memilih 12 startup potensial untuk mengikuti bootcamp yang akan diselenggarakan pada 17 hingga 18 Oktober di Jakarta.

Setelah proses tersebut, Ideabox kemudian akan menyaring kembali 12 startup tersebut dan hanya akan memilih 6 startup terbaik yang nantinya akan mengikuti program akseleratornya.

Seiring dengan semakin menggeliatnya ekosistem startup di Indonesia, Chief of Digital Services Indosat Prashant Gokarn percaya bahwa akan makin banyak startup yang tertarik mengikuti program ini. Ia berharap, tahun ini Ideabox bisa menjaring pendaftar dengan jumlah dua kali lipat dibanding tahun lalu. Melalui press release yang diterima Tech in Asia (18/7), Prashant mengatakan:

Akses infrastruktur broadband telah digulirkan; startup menjadi lebih kreatif dan menarik lebih banyak bakat. Kami melihat banyak pihak kini mulai berminat memasuki sektor ini, baik orang Indonesia yang tinggal di luar negeri dan memutuskan untuk pulang, atau mereka yang telah memiliki pengalaman bekerja di korporasi besar. Ada juga program inkubator, akselerator, dan VC baru yang mulai bermunculan, serta didukung dengan semakin matangnya pasar konsumen untuk aplikasi mobile. Kami berharap menerima lebih dari dua kali lipat pendaftar dibanding tahun lalu, dengan kualitas yang jauh lebih tinggi.

Program akselerator Ideabox sendiri nantinya akan berlangsung selama 120 hari, dan akan dimulai pada 2 November 2015 mendatang. Selain memperoleh pendanaan, startup yang terpilih mengikuti program ini bisa menikmati fasilitas dan mendapat bimbingan dari para mentor.

Startup nantinya akan dibantu mengembangkan startup mereka mulai dari tahap penggodokan ide, riset pasar, pengembangan minimum viable product (MVP), hingga upaya pemasaran.

Untuk memperkenalkan program akselerator batch III ini, Ideabox juga akan mengadakan roadshow di delapan kota besar di Indonesia. Selain bisa mendaftar program secara langsung di acara ini, startup juga berkesempatan melakukan pitching selama lima menit di hadapan para investor. Berikut jadwal lengkap roadshow Ideabox:

  • Jakarta, 21 Agustus. Silakan daftar di sini.
  • Medan, 24 Agustus. Silakan daftar di sini.
  • Bandung, 25 Agustus. Silakan daftar di sini.
  • Yogyakarta, 27 Agustus. Silakan daftar di sini.
  • Makassar, 31 Agustus. Silakan daftar di sini.
  • Malang, 1 September. Silakan daftar di sini.
  • Surabaya, 2 September. Silakan daftar di sini.
  • Bali, (belum diumumkan).

Bagi yang tidak sempat menghadiri roadshow, kamu bisa mendaftar program akselerator Ideabox di sini hingga tanggal 25 September 2015.

Baca juga: Inilah 11 Program Inkubator dan Akselerator Startup di Indonesia

(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto)

The post Program Akselerator Ideabox Batch III Telah Dibuka! appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Trailer Interaktif Terbaru Until Dawn Memiliki Tiga Akhir yang Berbeda

Posted: 17 Aug 2015 10:15 PM PDT

Minggu depan, tepatnya pada 25 Agustus 2015, Sony akan merilis satu lagi game eksklusif untuk PS4. Game yang saya maksud adalah Until Dawn, sebuah game horor bergenre slasher (horor dengan seorang psikopat kuat yang membantai satu per satu protagonisnya, contohnya seperti film Scream).

Untuk mempromosikan peluncuran game ini, Sony mengunggah sebuah trailer live action interaktif tentang seorang wanita tengah mandi yang harus melindungi diri dari seorang psikopat bertopeng menyeramkan. Entah kenapa wanita dengan balutan handuk tersebut seakan-akan sudah menjadi maskot dari Until Dawn, bahkan lebih dari penampakan si pembunuh sendiri.

Meskipun simpel, trailer di atas cukup keren untuk mempromosikan game ini. Yang saya harapkan jangan sampai nantinya Until Dawn akan memiliki gameplay yang sama simpelnya seperti trailer di atas. Sony sendiri sudah menjanjikan Until Dawn akan memiliki banyak ending dan percabangan cerita yang berbeda.

Kita lihat saja bagaimana performa game eksklusif terbaru untuk PS4 ini. Apakah akan menjadi alasan kuat untuk membeli PS4 seperti Bloodborne? Atau hanya akan menjadi game yang mengecewakan banyak harapan seperti The Order: 1886?

The post Trailer Interaktif Terbaru Until Dawn Memiliki Tiga Akhir yang Berbeda appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Berusia 6 Tahun, Apa Saja Pencapaian Tokopedia?

Posted: 17 Aug 2015 09:23 PM PDT

Bertepatan dengan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-70 kemarin (17/8), situs marketplace Tokopedia genap berusia 6 tahun. Dan berikut adalah beberapa pencapaian yang telah diperoleh Tokopedia di usianya yang lebih dari setengah dasawarsa ini:

  • Memiliki 300.000 merchant aktif
  • Telah bekerja sama dengan 9 perusahaan logistik termasuk Go-Jek
  • Telah bekerja sama dengan seluruh bank di Indonesia
  • Menerima pembayaran offline melalui Indomaret
  • Melayani 6 juta produk setiap bulan
  • Lebih dari 300 Nakama (sebutan bagi pegawai Tokopedia)

Baca juga: Berusia lima tahun, Tokopedia kirimkan dua juta produk tiap bulannya

Dibandingkan tahun lalu, Tokopedia bisa dibilang telah bertumbuh dengan pesat. Misalnya dari jumlah merchant yang melonjak dari puluhan ribu menjadi ratusan ribu. Begitu juga dengan jumlah transaksi, dimana tahun lalu Tokopedia rata-rata mengirimkan 2 juta produk setiap bulan, kini telah meningkat menjadi 6 juta produk setiap bulan.

Akan tetapi, angka-angka tersebut bisa dibilang masih kecil dibandingkan 150 juta pengguna internet dari total 250 juta lebih penduduk Indonesia. Untuk menggaet lebih banyak masyarakat untuk berbisnis online, dalam acara ulang tahun tersebut Tokopedia juga menggelar sebuah kampanye dengan tema "Ciptakan Peluangmu". Dimana Tokopedia akan mengajak para merchant mereka untuk berbagi pengalaman, ilmu, dan keterampilan melalui kegiatan roadshow ke berbagai kota di Indonesia. Di bawah ini adalah video promo dari kampanye yang sedang dilakukan Tokopedia.

(Diedit oleh Lina Noviandari)

The post Berusia 6 Tahun, Apa Saja Pencapaian Tokopedia? appeared first on Tech in Asia Indonesia.

[Update] Cek Tanggal Rilis dan Screenshot Grandia II Versi HD di Sini!

Posted: 17 Aug 2015 08:00 PM PDT

Update – 18 Agustus 2015

Tidak lama setelah diumumkan kehadirannya, Grandia II akan segera bisa kita mainkan. Game yang akan diberi judul Grandia II Anniversary Edition ini akan dirilis pada 24 Agustus dengan harga $19,99 (sekitar Rp200.000 jika dijual di Indonesia). Untuk menyambut perilisannya, selama beberapa waktu Grandia II akan dijual dengan diskon 25%. Game ini akan dijual melalui Steam dan GOG.com.

Sumber: Gamespot


Artikel Asli – 31 Juli 2015

Gung Ho Online Entertainment dan GameArts berencana untuk merilis Grandia II di Steam dalam waktu dekat. Game yang sebelumnya telah dirilis di Dreamcast, PS2, dan PC lima belas tahun yang lalu ini akan hadir kembali di Steam dengan resolusi HD.

Kemarin akhirnya kita mendapatkan gambaran bagaimana tampilan Grandia II versi HD nanti. Dari kumpulan screenshot yang ada, tampak Grandia II masih menggunakan model 3D yang lama, namun dengan resolusi yang lebih tinggi. Selain itu, rasio layar yang masih 4:3 membuat game memiliki pinggiran hitam di bagian samping layar.

Beberapa orang mungkin dibuat kecewa dengan screenshot perdana ini. Tapi saya pribadi tidak terlalu peduli. Setidaknya kita semua akan bisa menikmati salah satu JRPG terbaik (meskipun agak repetitif dan terlalu linear) yang pernah dirilis di PC melalui platform modern. Hitung-hitung membayar dosa jika dulu kopi yang kita mainkan adalah kopi ilegal.

Klik gambar untuk memperbesar.

Grandia II HD | Screenshot Large 1 Grandia II HD | Screenshot Large 2 Grandia II HD | Screenshot Large 3 Grandia II HD | Screenshot Large 4 Grandia II HD | Screenshot Large 5 Grandia II HD | Screenshot Large 6 Grandia II HD | Screenshot Large 7

Sumber: Siliconera

The post [Update] Cek Tanggal Rilis dan Screenshot Grandia II Versi HD di Sini! appeared first on Tech in Asia Indonesia.

1 comment:

  1. PROMO BESAR BESARAN GUNUNG MAS PONSEL TEMPAT BELANJA ONLINE AMAN DAN TERPERCAYA. 100% BEBAS PENIPUAN
    MINAT PIN BB: 582F8501 HUB/SMS:0851-4515-5828 klik web resmi kami di http://gunungmas-phone.blogspot.com/
    Ready Stock! Apple iPhone 5 32GB Rp.2.500.000
    Ready Stock! Apple iPhone 5S 32GB Rp.3.000.000
    Ready Stock! Samsung Galaxy A3 A300H Rp.1.500.000
    Ready Stock! Samsung Galaxy A5 A500F Rp.2.000.000
    Ready Stock! Samsung Galaxy E5 E500H Rp.1.500.000
    Ready Stock! Samsung Galaxy Grand Prime SM-530H Rp.800.000.
    Ready Stock! Asus Zenfone 2 ZE551ML RAM 4GB Rp.2.000.000
    Ready Stock! Samsung Galaxy S3 I9300 .Rp.1.500.000.
    Ready Stock! Samsung Galaxy S6 32GB Rp.3.300.000
    Ready Stock! Samsung Galaxy Note N7100.Rp.2.000.000.
    Ready Stock! Samsung Galaxy Note 4 SM-N910H Rp.3.500.000
    Ready Stock! Samsung Galaxy Note 3 Rp.2.000.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy S5 Rp.2.000.000,
    Ready Stock ! Samsung Galaxy S4 l9500 Rp.1.500.000

    ReplyDelete

Sponsor

Latest Game News

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sponsor

pasang iklan baris gratis