Ads

Wednesday, August 19, 2015

Game Di Indonesia

Game Di Indonesia


Review The Path to Luma – Puzzle Singkat dengan Pesan Mulia

Posted: 19 Aug 2015 06:12 PM PDT

Kondisi bumi tempat kita tinggal perlahan-lahan sekarat. Persediaan bahan bakar fosil yang menjadi sumber energi utama dunia kian menipis. Efek rumah kaca serta polusi yang dihasilkannya membuat planet ini mengalami pemanasan global. Semua itu akan memburuk bila kita tidak segera melakukan perubahan.

Kira-kira hal itulah yang ingin disampaikan oleh Phospor Games melalui The Path to Luma. Game hasil kerja sama dengan perusahaan energi NRG ini menyajikan puzzle tentang penyelamatan planet yang telah binasa akibat kehabisan energi. Tujuan ini terasa sangat mulia di tengah-tengah kondisi dunia yang semakin rusak akibat ulah manusia sendiri.

Walau memiliki tujuan yang sangat mulia, apakah kedua perusahaan tersebut mampu menyajikan game yang sama bagus dengan makna yang dikandungnya? Mari menyimak pengalaman saya memainkan The Path to Luma.

Energi Bersih Penyelamat Planet

The Path to Luma | Artwork

Sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan developer, energi bersih memainkan peranan penting dalam gameplay The Path to Luma. Mekanisme puzzle di game sangat berkaitan erat dengan berbagai bentuk energi yang ramah terhadap lingkungan.

Saya diajak untuk mengendalikan sebuah robot bernama SAM. Ia berkelana dari planet satu ke planet lain untuk menghadirkan kembali energi di setiap tempat yang didatanginya serta membangkitkan kehidupan yang pernah ada.

Setiap planet yang ia datangi telah mati. Semua bangunan, tanaman, maupun infrastruktur yang ada tidak berfungsi dengan semestinya. Saya diminta untuk membimbing SAM memanfaatkan keahliannya menggunakan berbagai energi bersih dan  menghidupkan kembali planet-planet tersebut.

Puzzle Cerdas yang Variatif

The Path to Luma | Screenshot 1

SAM bersinggungan dengan berbagai jenis energi ramah lingkungan sepanjang perjalanannya. Saya diperkenalkan dengan tenaga surya, kincir angin, turbin air, dan lain sebagainya. Saya pikir game ini akan membuka pengetahuan baru serta menggelitik rasa penasaran bagi pemain yang merasa asing dengan jenis-jenis energi bersih yang ada di sini.

Setiap energi memiliki mekanisme yang unik, seperti tombak reflektor tenaga surya yang hanya bisa berfungsi ketika tersinar oleh cahaya, atau kincir yang hanya berputar bila dihadapkan dengan angin. Saya ditantang untuk membaca desain level dengan cermat untuk dapat memecahkan puzzle di setiap planet.

Mekanisme puzzle unik tersebut ditampilkan dengan cerdas dan menantang tanpa harus membuat saya frustasi. Memecahkan teka-teki di setiap planet semakin terasa menyenangkan karena Phospor Games hampir selalu menyajikan mekanisme baru di setiap level yang ada.

Kontrol Simpel dan Intuitif

The Path to Luma | Screenshot 2

Saya sama sekali tidak membutuhkan waktu lama untuk bernavigasi di The Path to Luma. Game menggunakan kontrol tap dan swipe yang intuitif, seakan-akan jari saya sudah tahu ke mana harus menyentuh layar agar SAM bergerak sesuai kehendak.

SAM dapat berpindah tempat ke arah mana jari saya melakukan tap. Walau jalan di planet sering kali berliku-liku, saya tidak pernah melihatnya kebingungan saat bergerak ke tempat yang diminta.

Untuk merotasi planet yang sedang dijelajahi, saya dapat melakukan swipe pada layar dengan mudah. Planet berputar pada porosnya sesuai dengan bayangan di kepala saya tanpa masalah.

Selain kedua skema kontrol tadi, Phospor Games juga menyediakan beberapa tombol virtual yang dapat memposisikan sudut planet ke beberapa titik penting. Saya sangat terbantu dengan sistem ini karena mampu mencegah kebingungan saat tersesat memutar-mutar planet yang membuat penasaran.

Presentasi Visual yang Menawan

The Path to Luma | Screenshot 3

Seperti yang telah pernah saya sebutkan di kumpulan Game Under Radar edisi 18 Agustus lalu, gaya visual The Path to Luma mengingatkan saya pada Monument Valley. Walau tidak persis sama, namun kedua game menggunakan grafis vektor dengan warna-warna kontras yang entah mengapa sangat menarik di mata saya.

Semua objek pada The Path to Luma digambarkan dengan gaya low-poly dengan bentuk geometri dasar. Saya dapat melihat kepala SAM yang berbentuk bola low-poly, kubus yang menggambarkan bebatuan, sampai garis-garis tegas yang membentuk tepian sungai.

Sajian musik yang mengalun merdu selama petualangan SAM juga terdengar pas untuk sebuah game puzzle. Seperti musik klasik yang diperdengarkan kepada bayi, alunan nada di The Path to Luma seolah ikut memberikan stimulus kepada otak saya agar berkembang dan berfungsi dengan maksimal selama memainkan game.

Perjalanan Singkat yang Minim Replay Value

The Path to Luma | Screenshot 4

Sayangnya pengalaman saya bermain The Path to Luma tidak berlangsung lama. Phospor Games hanya menyediakan 20 level permainan yang dapat diselesaikan dalam waktu kurang dari dua jam bila dimainkan dengan intens. Setelah selesai pun, developer tidak memberikan insentif agar saya mengulang kembali permainan.

Walaupun begitu, bukan berarti The Path to Luma adalah game yang membosankan. Waktu yang saya habiskan selama memainkannya terasa menantang serta menyenangkan. Saya pun mendapatkan wawasan yang lebih baik tentang energi ramah lingkungan berkat game ini.

Walau memiliki segala kelebihan yang diutarakan di atas, Phospor Games dan NRG sama sekali tidak menarik biaya atas The Path to Luma. Kamu dapat mengunduh dan memainkan semua hal di dalamnya dengan gratis. Dengan demikian, semakin tidak ada alasan bagimu untuk tidak mencobanya bukan?

App Info
The Path To Luma
NRG Energy, Inc. -  Aug 13, 2015
Genre:  Games, Puzzle, Adventure
Size:  223.76 MB
Installs:  N/A
Gratis

Download

The post Review The Path to Luma – Puzzle Singkat dengan Pesan Mulia appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Kumpulan Fitur Baru MIUI 7 yang Perlu Kamu Ketahui

Posted: 19 Aug 2015 08:08 AM PDT

Setelah sebelumnya mengadakan konferensi untuk mengumumkan produk baru dan menampilkan pertunjukan singkat tentang MIUI 7 di Cina . Hari ini (19/8), bertempat di New Delhi, India, Xiaomi secara resmi meluncurkan MIUI 7. Berikut adalah fitur-fitur baru dan peningkatan kinerja dari MIUI 7 dibandingkan versi sebelumnya.

Baca juga: Xiaomi Luncurkan MIUI 7, Redmi Note 2, dan WiFiNano

Show Time

Bisa dibilang ini merupakan fitur yang paling menyenangkan. Apabila pada umumnya kamu akan melihat nomor atau foto dari orang yang menghubungi kamu, dengan fitur ini kamu bisa mengganti tampilan tersebut dengan sebuah video singkat. Efeknya akan membuat panggilan terasa lebih nyata.

Auto DND

Auto DND

Auto DND merupakan fitur sederhana bagi pengguna Xiaomi Mi Band. Fitur ini membuat smartphone Xiaomi kamu akan secara otomatis berganti menjadi mode Do Not Disturb saat kamu tertidur.

Child Mode

Child ModeFitur ini didesain untuk membantu orang tua untuk mencegah anak-anak mengakses hal-hal penting dari smartphone Xiaomi mereka. Beberapa data penting seperti e-mail, informasi kontak, konfigurasi smartphone, dan lainnya bisa dipastikan aman dari ulah sang buah hati. Pengguna juga bisa mengelola aplikasi apa saja yang bisa digunakan oleh anak-anak.

Baby Album

baby album

Baby Album merupakan fitur pada aplikasi foto bawaan Xiaomi yang secara otomatis mendeteksi wajah dalam sebuah foto atau gambar dan membuat album khusus yang terpisah berdasarkan wajah yang dideteksi.

XXL Text

xxl text

Bagi kamu yang merasa ukuran teks dalam smartphone Xiaomi terlalu kecil. Fitur ini memungkinkan kamu untuk mengatur besar kecilnya ukuran teks. Xiaomi menyediakan hingga lima pilihan ukuran teks layaknya ukuran pakaian, yaitu S, M, L, XL, dan XXL.

MUSE

 

MUSE

MUSE merupakan fitur bagi para pembuat tema MIUI. Sekarang mereka bisa membuat tema yang kaya akan animasi dan beragam konten yang dinamis dengan mudah.

Daya tahan baterai

Aplikasi yang terpasang dalam smartphone setidaknya akan mengkonsumsi hingga 48 persen kapasitas baterai saat berada dalam posisi standby untuk mengakses GPS, data, dan Wi-Fi.

Pada MIUI 7, Xiaomi mengklaim berhasil meningkatkan daya tahan baterai smartphone hingga 25 persen dengan mengoptimalisasi setiap aplikasi populer. Kamu bahkan bisa mendapatkan daya tahan baterai tambahan hingga 3 jam.

Performa

Tidak hanya dari segi daya tahan baterai, Xiaomi juga meningkatkan performa dari MIUI. Xiaomi mengoptimalisasi waktu respon dari sistem dengan cara memuat data dan animasi aplikasi secara paralel. Metode ini diklaim mampu meningkatkan 30 persen performa dari MIUI.

Kapan MIUI 7 mulai bisa digunakan?

MIUI 7 Support

Daftar smartphone Xiaomi yang mendukung MIUI 7 adalah Redmi 2, Redmi 1s, Mi 4i, Mi 4, Mi 3, Redmi Note 3G, dan Redmi Note 4G. Lalu kapan MIUI 7 bisa dinikmati.

Para pengguna MIUI khususnya smartphone Xiaomi harus sedikit bersabar. Karena Xiaomi baru akan menggulirkan MIUI 7 versi beta secara global mulai hari Senin, 24 Agustus 2015 mendatang. Bila tertarik, bisa mencoba versi tersebut dengan cara melakukan flashing ROM smartphone kamu.

(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto)

The post Kumpulan Fitur Baru MIUI 7 yang Perlu Kamu Ketahui appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Review Onechanbara Z2 Chaos – Game Kelas B

Posted: 19 Aug 2015 06:27 AM PDT

…layaknya B-movie, game ini terasa seperti game dengan nilai produksi rendah.

Saat pertama kali melihat game Onechanbara, orang-orang mungkin akan berpikir bahwa ini adalah sebuah game untuk orang-orang yang hanya membutuhkan fan service berat di dalam game yang mereka mainkan. Bikini, pedang samurai, dan zombi jelas bukan kombinasi yang serasi untuk sebagian orang, tapi D3 Publisher dan Tamsoft terbukti berhasil merilis beragam iterasi dari seri ini meskipun tidak semuanya sukses di pasaran.

Dalam iterasi terbarunya Onechanbara Z2 Chaos untuk PS4, D3 Publisher dan Tamsoft masih membawa tema yang sama dalam seri game tersebut ditambah dengan aksi yang super lebay yang bisa saya bilang sedikit lebih baik dari pendahulunya. Tetapi, sepertinya Onechanbara Z2 Chaos juga masih tidak bisa lepas dengan masalah di bidang kualitas karena, layaknya B-movie, game ini terasa seperti game dengan nilai produksi rendah.

Review Onechanbara Z2 Chaos | Screenshot 1

Jangan Dibuat Serius

Dalam Onechanbara Z2 Chaos kamu akan bertemu dengan empat orang gadis berkekuatan super dan berpakaian aneh yang masing-masing bisa kamu kendalikan. Mereka adalah Kagura dan Saaya yang merupakan keturunan vampir, serta Aya dan Saki yang berasal dari klan Baneful. Masing-masing memiliki latar belakangnya sendiri yang saya jamin tidak akan terlalu kamu pedulikan.

Mengapa? Sederhananya, cerita dalam game ini benar-benar tidak dijelaskan dengan baik. Jika kamu ingin mengerti tentang cerita game ini, saya yakinkan untuk tidak melakukannya. Selain kamu harus memainkan seri-seri Onechanbara sebelumnya yang cukup sulit untuk dicari (dan beberapa berbahasa Jepang), cerita yang disajikan sebenarnya tidak terlalu menarik.

Cerita yang disajikan dalam iterasi terbaru ini juga terasa ditampilkan dengan tidak menarik. Bagian event rata-rata diperlihatkan dengan tampilan gambar statis ala komik yang saya rasa agak membosankan dan sering kali membuatmu ingin segera melewatkannya saja. Adegan cutscene sebenarnya ada dalam Onechanbara Z2 Chaos, namun jumlahnya sedikit dan presentasinya bisa membuatmu mengernyitkan dahi, terutama di bagian arahan ekspresi animasi yang berusaha terlalu keras untuk terasa seperti anime.

Tapi, harus diingat bahwa kamu sebaiknya tidak menganggap segala sesuatu yang ada dalam game ini serius. Seri Onechanbara sebenarnya ingin memberikan pengalaman layaknya sebuah B-movie yang bisa dinikmati tanpa berpikir, dan saya rasa game ini berhasil mewujudkannya dengan cukup baik.

Review Onechanbara Z2 Chaos | Screenshot 2

Review Onechanbara Z2 Chaos | Screenshot 3

Review Onechanbara Z2 Chaos | Screenshot 4

Chaotic

Untungnya, gameplay yang dihadirkan dalam Onechanbara Z2 Chaos bisa membuatmu mengalihkan perhatian dari hal-hal tadi. Onechanbara Z2 Chaos mengusung permaian hack ‘n’ slash ala Devil May Cry dengan fokus di bagian kekacauan.

Serangan kombinasi yang kamu lancarkan memiliki cara tertentu untuk diluncurkan, seperti melakukan delay atau kombinasi tombol tertentu, dan hasilnya cukup keren untuk disaksikan. Kecepatan yang digunakan juga bisa dibilang tidak secepat dan selancar game sejenisnya seperti Devil May Cry atau Bayonetta, namun saya rasa cukup memadai.

Seperti yang saya tulis sebelumnya, ada empat orang yang bisa kamu kendalikan secara bebas dalam Onechanbara Z2 Chaos. Selain mengendalikan salah satunya, kamu bisa memanggil keempat gadis yang ada secara sekaligus dan mewarnai level yang kamu mainkan dengan merah darah (atau putih, tergantung seleramu). Aksi membabat segerombolan zombi dengan empat orang jelas akan dipenuhi efek visual keren yang penuh kekacauan dan mungkin untuk sebagian orang akan terlihat membingungkan.

Review Onechanbara Z2 Chaos | Screenshot 6

Variasi Serangan yang Beragam

Masing-masing gadis memiliki dua hingga tiga tipe senjata yang akan mempengaruhi variasi serangan mereka. Selain itu, kamu juga bisa membeli jurus baru sebelum misi dimulai sehingga jumlah variasi serangan akan meningkat. Namun, setiap jurus yang bisa kamu beli tidak dijelaskan dengan baik sehingga kamu rasanya seperti meraba-raba mengenai deskripsi dari jurus yang kamu beli.

Selain serangan kombinasi biasa, setiap gadis memiliki serangan spesial sendiri yang bisa kamu lancarkan begitu meteran yang ada di atas terpenuhi. Serangan spesial ini meskipun tampak tidak terlalu bergaya, umumnya sangat berguna untuk menghancurkan beberapa musuh yang memiliki daya serap serangan yang tinggi.

Ada juga mekanisme layaknya Devil Trigger dalam Devil May Cry yang dipinjam oleh Onechanbara Z2 Chaos. Setiap gadis yang ada bisa berubah menjadi bentuk yang lebih perkasa dan menghasilkan serangan yang sangat kuat.

Review Onechanbara Z2 Chaos | Screenshot 7

Review Onechanbara Z2 Chaos | Screenshot 5

Kagok

Alur aksi dalam game ini bisa saya bilang agak aneh karena mekanisme “refresh” yang ada. Setiap kali kamu melakukan serangan, kamu akan membuat bar senjata milikmu dipenuhi bar merah dan jika semakin penuh, maka kekuatan seranganmu akan semakin berkurang. Untuk menguranginya, kamu harus melakukan “refresh“atau membersihkan senjatamu dari darah. Hal ini sebenarnya membuat aksi membabat musuh menjadi kagok.

Bicara membabat musuh, saya rasa kamu akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menghabisi musuh yang ada dalam game ini. Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, daya serap serangan untuk setiap musuh yang ada terasa sangat tinggi. Tingginya HP yang mereka miliki membuat permainan kadang terasa sangat lama di bagian inti gameplay. Berkat hal tersebut, Onechanbara Z2 Chaos terasa seperti game button-mashing yang melelahkan jempol.

Review Onechanbara Z2 Chaos | Screenshot 8
Review Onechanbara Z2 Chaos | Screenshot 9

Ini juga semakin diperparah dengan progres dari satu tempat ke tempat lainnya yang seringkali tidak mulus. Tidak mulus di sini bukan berarti terjadi lag atau sesuatu yang berasal dari mekanisme gameplay, tapi disebabkan oleh sisa musuh yang tidak menargetmu.

Akibatnya, alur permainan kembali terusik. Sebagai contoh, setelah kamu berhasil menghancurkan sekitar puluhan zombi dalam sebuah area yang dikurung, kamu berpikir bahwa kamu akan bisa segera pindah ke area selanjutnya. Namun, “pagar” yang menghalangi masih belum terangkat sehingga kamu harus mencari satu zombi terakhir di sudut area yang tengah diam dan hampir tidak terlihat. Cukup menyebalkan.

Visual Generasi Kemarin

Untuk masalah visual, saya jelas hanya bisa merasakan kualitas visual PS3 saja dalam game untuk PS4 ini. Meskipun game memang berjalan dalam frame rate yang terhitung cepat dan stabil, kualitas model 3D yang disajikan tidak bisa disandingkan dengan game generasi sekarang.

Hal yang sama juga bisa ditemukan pada kualitas lingkungan yang ada dalam Onechanbara Z2 Chaos. Lingkungan yang diperlihatkan kadang tampak terlalu datar dan tekstur, pencahayaan, serta elemen lainnya terlihat berkualitas rendah.

Meski demikian, setidaknya efek visual yang ditunjukkan terlihat cukup memuaskan dengan gerakan serangan kombinasi yang sangat keren. Musik yang menemani aksimu juga bisa dibilang menambah keseruan permainan dengan kombinasi genre rok dan elektro yang unik.

Review Onechanbara Z2 Chaos | Screenshot 10

Review Onechanbara Z2 Chaos | Screenshot 11

Kesimpulan

Jika kamu berminat untuk memainkan Onechanbara Z2 Chaos, pastikan kamu tidak berpikir bahwa kamu akan bermain sebuah game action sekelas Devil May Cry atau Bayonetta. Onechanbara Z2 Chaos adalah pengalaman bermain game kelas B yang bisa kamu mainkan tanpa berpikir.

Kalau kamu menginginkan sebuah game action yang seru, rasanya masih ada lebih banyak game di luar sana yang memiliki kualitas lebih baik dibanding Onechanbara Z2 Chaos.

PlayStation Store US: Onechanbara Z2 Chaos, $39,99 (Rp551.000)

The post Review Onechanbara Z2 Chaos – Game Kelas B appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Seperti Inilah Timeline dari Seri Metal Gear Solid

Posted: 19 Aug 2015 06:27 AM PDT

Menyambut perilisan Metal Gear Solid V: The Phantom Pain bulan depan, Sony Computer Entertainment mengunggah sebuah video yang diberi judul A History of Metal Gear and PlayStation. Sesuai dengan judulnya, video ini memberikan gambaran seperti apa sejarah seri Metal Gear Solid mulai dari Metal Gear Solid pertama hingga Metal Gear Solid V: The Phantom Pain dalam bentuk kilas balik.

Selain itu, video ini juga memberi janji bahwa penantian kita selama 28 tahun akan dijawab. Kita sebagai gamer akan menyaksikan alasan mengapa Big Boss berpindah haluan.

Apa maksudnya dengan hal itu? Tampaknya tidak ada cara lain selain memainkan Metal Gear Solid V: The Phantom Pain. Saya berharap ada jawaban juga atas misteri keluarnya Hideo Kojima (bukan Kojami) dari Konami.

Metal Gear Solid Timeline | Screenshot

Sony Computer Entertainment Japan juga memberikan sebuah gambar yang menunjukkan timeline dari seri Metal Gear Solid (dan juga Metal Gear di MSX). Gambar di atas memperjelas kapan kejadian dalam Metal Gear Solid V: The Phantom Pain berlangsung.

Kamu bisa juga melihat penjelasan lebih lengkap dari setiap seri Metal Gear Solid untuk console PlayStation di situs resmi Sony Computer Entertainment Japan. Sayangnya, halaman tersebut hanya ditulis dalam bahasa Jepang.

Metal Gear Solid V: The Phantom Pain akan dirilis pada 1 September 2015 untuk PS4, PS3, Xbox One, Xbox 360, dan PC. Sementara itu, Metal Gear Online akan dirilis untuk console pada Oktober 2015 dan PC pada Januari 2016.

The post Seperti Inilah Timeline dari Seri Metal Gear Solid appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Review Card Crawl – Serunya Berstrategi Menghabiskan Satu Dek Kartu

Posted: 19 Aug 2015 05:39 AM PDT

Kartu merupakan medium permainan universal yang selalu dimanfaatkan  para kreator game untuk membuat sebuah permainan yang sangat adiktif untuk dimainkan di segala platform. Mulai dari game kartu yang menyajikan aksi pertarungan serba otomatis, permainan semacam Solitaire, bahkan hingga duel strategi antar pemegang kartu seperti Hearthstone, Solforge, dan lainnya. Semua ini memberikan hiburan menarik yang memberi kita alasan untuk terus menatap layar hingga beberapa sesi permainan.

Card Crawl sendiri merupakan salah satu dari sekian game kartu yang mencuri perhatian saya minggu ini. Game buatan TinyTouch Tales ini menyajikan permainan kartu yang begitu sederhana, namun sangat efektif untuk membuatmu bersenang-senang selama lebih dari satu sesi.

Berpacu dan Berstrategi Menghabiskan Kartu Dalam Satu Dek

Card Crawl | screenshot 1

Ada lima tipe kartu dalam permainan Card Crawl: yakni potion, senjata, tameng, skill, dan monster

Aturan permainan Card Crawl bisa dibilang sangatlah sederhana. Di sini tujuanmu adalah bertahan menghabiskan susunan kartu yang dipegang oleh sang dealer dengan cara berkelit dan berstrategi dari setiap kartu yang ada di arena permainan. Sebagai sang hero, tugasmu adalah berjuang hingga deretan kartu terakhir tanpa harus kehabisan nyawa yang tertera di kartu avatar kamu.

Sama halnya dengan aturan permainan kartu di luar sana, Card Crawl
mengajak pemain berstrategi dalam penggunaan sumber daya kartu yang amat sangat terbatas. Untuk itulah dalam Card Crawl kamu diberikan dua slot kartu penggunaan item (senjata/potion) dan satu slot backpack untuk menyimpan kartu yang kamu butuhkan ke depannya nanti.

Card Crawl | screenshot 2

Bila stategi kamu dalam berkelit berhasil, sang minotaur lawanmu akan menampilkan ekspresi kemarahan

Selain kartu item berwujud potion, senjata, dan tameng, di sini kamu akan menjumpai kartu jenis monster yang secara tak langsung menjadi lawan kamu sepanjang permainan. Untuk menghadapi kartu monster kamu bisa menggunakan kartu senjata untuk langsung membunuh mereka, atau memblokir/mengurangi damage yang mereka hasilkan dengan kartu tameng.

Seandainya kamu tak memiliki dua kartu yang saya sebutkan di atas, kamu bisa saja menerima damage kartu monster selama nyawa yang dimiliki kartu avatarmu tidak mencapai titik nol. Tentunya tak semua kartu monster bisa kamu atasi dengan strategi semacam ini, kecuali bila ada banyak sekali kartu potion di meja.

Selain kartu monster dan item, dalam Card Crawl kamu juga akan menjumpai kartu spesial yang akan mengubah alur strategi bermain. Mulai dari Shield Bash untuk membuatmu menyerang dengan kartu tameng, Potionize untuk mengubah kartu item menjadi potion, dan lain-lain. Semua kartu spesial tersebut bisa kamu kumpulkan semuanya cukup dengan bermain dan mengumpulkan tiap kartu koin yang terdapat di arena permainan.

Buka Semua Fitur dalam Satu Kali Pembelian

Card Crawl | screenshot 3

Dalam versi Android, semua kartu yang kamu dapatkan tidak bisa kamu gunakan seandainya IAP unlock yang ada belum kamu beli

Satu hal yang perlu diperhatikan dalam game ini adalah Card Crawl sebenarnya merupakan game berbayar di mana hampir 60% bagian permainannya bisa kamu nikmati secara gratis. Seandainya setelah bermain selama beberapa sesi kamu kemudian tertarik untuk membuka semua fitur yang tersimpan di dalamnya, maka saya sarankan kamu untuk membeli fitur unlock dalam Card Crawl.

Dengan membeli fitur ini, kamu akan membuka fitur Construct Card yang sangat krusial untuk mengatur penggunaan kartu spesial yang telah kamu kamu kumpulkan sebelumnya. Jadi dengan kata lain, serunya permainan yang kamu rasakan di awal permainan sebenarnya adalah demo, dan kamu perlu membayar Rp44.000 untuk menikmati game ini secara sepenuhnya.

Selain Construct Card, membeli game ini juga membuka fitur Daily Quest di mana kamu akan diberikan objektif khusus yang penyelesaiannya akan memberimu avatar karakter, dealer, dan kartu monster baru untuk dilawan. Fitur ini jelas-jelas semakin menambah semarak permainan Card Crawl, karena kamu akan menjumpai tantangan yang lebih kompleks dibandingkan sebelumnya.

Kesimpulan: Game Kartu Paling Unik yang Harus Kamu Coba Bulan ini

Card Crawl  |screenshot 4

Hal lainnya yang menjadi nilai tambah Card Crawl adalah penyajian visual bergaya lukisan pastelnya yang sedap untuk diperhatikan. Tak hanya itu saja, penyusunan desain antarmukanya yang simpel dan juga efektif memberikan kesan permainan yang mudah dipahami, tanpa harus membebani pemain dengan pemaparan aturan yang bertele-tele.

Di luar kelebihannya sebagai game kartu, harus saya akui pilihan mode dalam permainan Card Crawl masih sangat terbatas. Namun bagi saya pribadi ini bukan sesuatu yang layak dipermasalahkan, karena ke depannya bisa saja akan ada mode tambahan yang diperkenalkan Tiny TouchTales lewat update terbarunya.

Secara keseluruhan, Card Crawl merupakan sebuah pengalaman bermain game kartu yang seru untuk dicoba bulan ini. Seandainya kamu bosan dengan permainan Hearthstone yang makin lama semakin kompleks, maka Card Crawl akan menjadi rujukan sederhana yang membuatmu jatuh cinta dengan permainan kartu kembali.

Catatan: Review Card Crawl ini diulas menggunakan versi Android yang memerlukan pembelian IAP unlock untuk membuka seluruh fiturnya.

App Info
Card Crawl
Arnold Rauers -  Aug 12, 2015
Genre:  Card
Size:   67M
Installs:   50 - 100
Gratis

Download

The post Review Card Crawl – Serunya Berstrategi Menghabiskan Satu Dek Kartu appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Smartfren Resmikan Jaringan 4G LTE Advanced untuk 22 Kota di Indonesia

Posted: 19 Aug 2015 05:05 AM PDT

Kemenkominfo nampaknya benar-benar menggencarkan pemerataan jaringan 4G LTE. Setelah awal Juli lalu, empat operator GSM dalam negeri meresmikan jaringan 4G secara serentak, kini giliran operator jaringan CDMA Smartfren yang melakukan peresmian jaringan ini.

Rudiantara sendiri tidak menampik bila pemerataan jaringan 4G sudah menjadi agenda besar mereka. Pada acara peluncuran Smartfren 4G LTE Advanced hari ini (19/8), ia mengatakan bahwa hingga 2015 Indonesia masih menduduki peringkat keempat dalam hal kecepatan internet di Asia Tenggara setelah Singapura, Malaysia, dan Thailand. Lebih lanjut ia menambahkan:

Targetnya di akhir masa jabatan di 2019 akan membawa Indonesia ke peringkat teratas untuk pemerataan kecepatan jaringan 4G LTE.

Bila aktivasi 4G yang dilakukan operator GSM lainnya hanya sebatas jaringan LTE, lain halnya dengan Smartfren yang memilih jaringan 4G LTE Advanced. Perbedaan 4G LTE dan LTE Advanced (4G LTE-A) – yang digunakan oleh Smartfren – terletak pada kecepatan.

Jika 4G LTE diklaim mampu menyodorkan kecepatan sampai 150 Mbps, maka LTE-A disebut bisa menawarkan kecepatan hingga 300 Mbps. Untuk mencapai kecepatan tersebut, Smartfren menggunakan teknologi carrier aggregation.

Teknologi ini memanfaatkan teknologi seluler yang memungkinkan penggunaan dua frekuensi untuk mencapai kecepatan lebih tinggi. Smartfren sendiri memanfaatkan frekuensi di 2.300 MHz dengan teknologi TDD (Time Division Duplex) dan 850 MHz yang mengandalkan teknologi FDD (Frequency Division Duplex).

Bicara mengenai hal teknis, TDD memiliki karakter yang sangat cepat ketika memberi akses unduhan, tetapi untuk kecepatan akses unggah cenderung lebih lemah. Sementara FDD cenderung hadir dengan karakter akses unduh dan unggah yang seimbang. Karena standar FDD dipakai Smartfren pada spektrum rendah, maka ini diklaim cocok untuk memberi akses pada jangkauan yang lebih luas.

Sedangkan untuk layanan suara, Smartfren masih mengandalkan jaringan CDMA. Hal ini dikarenakan teknologi 4G LTE yang ada saat ini masih belum bisa dipakai untuk memberikan layanan suara.

Meski sudah memberlakukan layanan 4G LTE, perusahaan yang berada dalam naungan Sinar Mas Group ini mengaku tidak akan mematikan CDMA. Hingga saat ini tercatat ada 12 juta pelanggan mereka, artinya 12 juta orang menggunakan jaringan CDMA tersebut. Selama masih banyak pelanggan yang menggunakan, layanan tersebut tidak akan dimatikan.

Jaringan baru dengan paket Smartplan Limitless 4G LTE Advanced

Bersamaan dengan peresmian jaringan 4G LTE Advanced ini, Smartfren memperkenalkan paket data internet untuk mendukung pengguna, yakni Smartplan Limitless. Berdasarkan harga, Smartplan Limitless terbagi menjadi 4 jenis, yakni paket dengan harga Rp50.000, Rp60.000, Rp100.000 dan Rp150.000.

smartfren andromax 4g

Baca juga: Qualcomm Serius Garap Perangkat 4G di Bawah Rp1 Juta untuk Pasar Indonesia

Paket tersebut terdiri dari kuota data internet, SMS, dan telepon yang semakin besar di nominal yang makin tinggi. Ini merupakan langkah Smartfren untuk melengkapi lima seri smartphone Andromax 4G, yakni Andromax R, Q, Qi, Es, dan Ec. Selain smartphone, Smartfren juga menyediakan dua modem MiFi, Andromax M2P dan Andromax M2Y.

Smartfren telah menunjuk Nokia dan ZTE sebagai produsen perangkat Base Transceiver Station (BTS) untuk infrastruktur 4G LTE-A. Nokia menggarap daerah operasional Smartfren di Sumatera, Jabodetabek, dan Jawa Barat. Sementara ZTE di Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan dan Sulawesi.

(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto)

The post Smartfren Resmikan Jaringan 4G LTE Advanced untuk 22 Kota di Indonesia appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Rangkuman Berita Game Hari ini – 19 Agustus 2015

Posted: 19 Aug 2015 04:52 AM PDT

The Room 3 Akan Rilis Sebentar Lagi?

The Room 3 Glasshouse | Screenshot

Iqbal Kurniawan – Setelah diberitakan sejak tahun 2014 dan semakin tidak jelas keberadaannya pada bulan lalu, Fireproof Games akhirnya memberikan petunjuk peluncuran The Room 3 yang tinggal menghitung bulan. Developer tersebut mengaku telah mencapai tahap finalisasi game untuk merilis sekuel dari salah satu game puzzle terbaik di platform mobile tersebut.

Sumber: Fireproof Games


Lunar Silver Star Story Touch Ditarik dari Apple App Store

Lunar Silver Star Story Touch | Featured

Iqbal Kurniawan – RPG klasik yang dirilis oleh penerbit SoMoGa di Apple App Store, Lunar Silver Star Story Touch, mendadak ditarik dari peredaran. Saat ini hanya orang-orang yang telah membeli game tersebut bisa mengunduh ulang dari toko digital Apple.

Tidak dijelaskan mengapa SoMoGa menarik game ini. Bahkan, semua game yang diterbitkan olehnya sudah tidak tersedia lagi untuk dibeli. Apakah mungkin mereka telah jatuh bangkrut?


Demo dari Hatsune Miku: Project Mirai DX Sudah Bisa Diunduh Sekarang!

Hatsune Miku Project Mirai DX | Demo Released Image

Kevin Sutanto – Setelah cukup lama diundur, Sega mengumumkan bahwa mereka telah merilis demo dari Hatsune Miku: Project Mirai DX versi bahasa Inggris untuk Nintendo 3DS via eShop. Demo dari Hatsune Miku: Project Mirai DX menghadirkan dua lagu berdurasi penuh yaitu “Senbonzakura” dan "LOL -lots of laugh-" lengkap dengan Miku dan kawan-kawan yang bergaya Nendroid. Hatsune Miku: Project Mirai DX sendiri akan dirilis di Nintendo 3DS pada 8 September 2015 mendatang.

Situs resmi: Hatsune Miku: Project Mirai DX


Dua Karakter Dalam The Legend of Legacy Diperkenalkan di Trailer Ini

Kevin Sutanto – Atlus telah merilis trailer pertama dari seri trailer karakter di dalam RPG The Legend of Legacy. Untuk trailer pertama ini, dua karakter yang diperkenalkan adalah Meurs dan Bianca. Dalam The Legend of Legacy, kamu akan memilih salah satu karakter yang ada sebagai karakter utama yang kamu mainkan dan cerita akan berpusat pada karakter yang kamu pilih tersebut. The Legend of Legacy versi bahasa Inggris akan dirilis untuk Nintendo 3DS pada 13 Oktober 2015 mendatang.


Activision Umumkan Game Mobile Baru Skylanders

Risky MaulanaGame berjudul Skylanders Battlecast ini mengusung permainan duel kartu yang kurang lebih sama seperti Hearthstone, tapi dilengkapi fitur AR (augmented reality) untuk menghidupkan kartu monstermu di atas meja.

Meskipun konsep game yang diumumkan terbilang menarik, namun terus terang saya pesimis dengan peredaran kartu fisik Battlecast yang kemungkinan besar akan jarang kamu temui di Indonesia. Skylanders Battlecast rencananya akan dirilis pada 2016 untuk perangkat iOS dan Android.


Emulator ePSXe kini Mendukung Fitur VR Cardboard!

epsxe | screenshot

Risky MaulanaEits, tapi jangan keburu senang dulu, update VR untuk emulator game PlayStation One ini bukan berarti membuatmu bisa mengarungi serunya naik roller coaster di Golden Saucer Final Fantasy VII. Sekedar untuk memperjelas, lewat update 1.9.34 ini kamu sekarang bisa menggunakan Google Cardboard untuk membuatmu seolah-olah bermain di sebuah layar bioskop.

Jadi seandainya kamu bosan bermain emulator di layar Android yang kecil, maka update ini akan memberimu pengalaman bermain yang bisa jadi lebih oke.

App Info
ePSXe for Android
epsxe software s.l. -  Aug 13, 2015
Genre:  Arcade
Size:   3.8M
Installs:   100,000 - 500,000
49,404

Download

Super Awesome Quest Akan Mendapatkan Map dan Hero Baru di Update Selanjutnya

Super Awesome Quest | Screenshot 1

Arya W. Wibowo Super Awesome Quest akan mendapatkan update yang cukup besar dalam beberapa minggu ke depan. Akan ada map baru yang bernama Furry Forest diiringi seorang hero baru pula bernama Ruby The Rogue. Selain itu terdapat beberapa fitur baru seperti combo-hint system, Daily Quest yang lebih menantang, dan item serta pet baru.

Review Super Awesome QuestGrinding Repetitif tetapi Tetap Saja Adiktif

App Info
Super Awesome Quest
Boomzap Inc -  Jul 09, 2015
Genre:  Role Playing
Size:   76M
Installs:   1,000 - 5,000
Gratis

Download

Hampir 8% Pasar Game Mobile Dunia Adalah Milik Anak-Anak

Kids Mobile Game Market Share Superdata | Graph

Arya W. Wibowo – Pasar game untuk anak-anak ternyata cukup besar. Nilai dari pasar game mobile anak-anak dunia mencapai sekitar $1,9 miliar (sekitar Rp26 triliun). Angka tersebut dikeluarkan oleh para orang tua dalam game seperti Minecraft: Pocket Edition, Crossy Road, dan sejenisnya.

Menariknya lagi, pemasukan game premium memiliki tingkat yang lebih tinggi di pasar ini dibandingkan rentang umur lain, walaupun tentunya pemasukan dari IAP masih lebih banyak. Hal ini mungkin disebabkan oleh orang tua yang tidak ingin repot-repot melakukan pembelian IAP berkali-kali dari anaknya.

Sumber: VentrueBeat


Atlus Akan Merilis Edisi Khusus Legend of Legacy

Legend of Legacy | Collector Edition

Mohammad Fahmi – Melanjutkan berita Kevin di atas, Atlus akan merilis Legend of Legacy edisi terbatas. Edisi ini akan memiliki kotak khusus, CD soundtrack, dan art book setebal empat puluh halaman. Kira-kira kita bisa kebagian edisi khusus ini tidak ya?


Trailer Perilisan Zombi untuk PS4, Xbox One, dan PC

Mohammad Fahmi – ZombiU yang tadinya merupakan game eksklusif untuk Wii U akhirnya dirilis untuk PC, PS4, dan Xbox One. Tentunya game ini kehilangan huruf ‘U’ di judulnya. Saksikan trailer game ini di atas.


The post Rangkuman Berita Game Hari ini – 19 Agustus 2015 appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Peroleh Pendanaan $350 Juta, GrabTaxi Akan Tingkatkan Layanan GrabCar dan GrabBike

Posted: 19 Aug 2015 04:00 AM PDT

Ranah startup transportasi tampaknya kian memanas. Setelah sebelumnya diberitakan memperoleh pendanaan, hari ini (19/8) startup transportasi GrabTaxi resmi mengumumkan telah memperoleh pendanaan senilai $350 juta (sekitar Rp4,84 triliun) dari beberapa investor, yang dipimpin oleh badan pendanaan milik pemerintah China China Investment Corporation (CIC) dan perusahaan VC asal Amerika Coatue Management. Menariknya, rival Uber di Cina, Didi Kuadi ikut terlibat dalam investasi ini.

Dengan tambahan dana ini, GrabTaxi secara total telah mengantongi pendanaan $700 juta (sekitar Rp9,69 triliun) sejak peluncurannya. Sebelumnya, pada Desember lalu, startup asal Malaysia ini memperoleh pendanaan seri D sebesar $250 juta (sekitar Rp3,46 triliun). Ini sekaligus menjadikan GrabTaxi sebagai salah satu startup dengan pendanaan terbesar di Asia Tenggara. Pendanaan baru ini juga menaikkan valuasi startup ini dengan perkiraan sebesar $1,6 miliar (sekitar Rp22,15 triliun) hingga $1,8 miliar (sekitar Rp24,92 triliun).

Rencananya, dana segar ini akan digunakan GrabTaxi untuk meningkatkan layanan GrabCar dan GrabBike. Dua layanan tersebut sendiri telah diluncurkan di beberapa negara ekspansinya, termasuk Indonesia. Beberapa waktu lalu, GrabBike sendiri merekrut ribuan pengendara ojek di Jakarta. CEO GrabTaxi, Anthony Tan, mengatakan melalui press release:

Kami hadir untuk mengatasi tantangan transportasi di wilayah Asia Tenggara. Diversifikasi ke dalam layanan mobil pribadi dan ojek telah memungkinkan kami untuk menyentuh masyarakat dari berbagai tingkat pendapatan dan kebutuhan berkomuter. Kami adalah satu-satunya aplikasi di wilayah ini yang mempunyai jaringan luas dan berbagai pilihan transportasi.

Sejak diluncurkan pada 2012, GrabTaxi kini telah beroperasi di 26 kota di 6 negara, termasuk Malaysia, Singapura, Indonesia, Filipina, Thailand, dan Vietnam. GrabTaxi yang awalnya hanya menyediakan layanan booking taksi, kini merambah berbagai layanan seperti layanan booking ojek GrabBike, layanan booking mobil GrabCar, dan juga mencoba menyediakan layanan kurir di Thailand.

Baca juga: Perjalanan GrabTaxi hingga Menjadi Startup Bernilai Miliaran Dolar (INFOGRAFIS)

Karena ekspansi layanan tersebut, GrabTaxi kini memiliki lebih banyak pesaing, misalnya Go-Jek untuk layanan booking ojek dan Uber untuk layanan booking mobil.

(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto)

The post Peroleh Pendanaan $350 Juta, GrabTaxi Akan Tingkatkan Layanan GrabCar dan GrabBike appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Super Meat Boy Forever Akan Dilanjutkan Kembali Setelah Lama Hilang dari Peredaran

Posted: 19 Aug 2015 03:36 AM PDT

Tidak terasa sudah hampir setahun sejak Fahmi menulis tentang Super Meat Boy Forever, alias Super Meat Boy versi spin-off untuk mobile. Akhirnya baru-baru ini Edmund McMillan mengatakan bahwa game ini kembali akan dilanjutkan.

Super Meat Boy Forever sendiri bukanlah porting dari Super Meat Boy, namun game yang berbeda. Di sini kamu tetap akan memainkan si bocah berkulit daging untuk melewati stage demi stage yang kejam.

Super Meat Boy Forever | screenshot

Kontrol yang diberikan akan dicocokkan untuk mobile, tanpa adanya joystick virtual. Terdapat pula mode endless bagi yang ingin menguji seberapa jauh dirinya bisa bertahan di game yang menantang ini.

Penyebab tidak ada kabar dari Super Meat Boy Forever ini adalah karena McMillen ingin beristirahat beberapa waktu dulu setelah mengerjakan game terakhir miliknya, Fingered. Waktu rilis yang ditentukan belum jelas, McMillen mengatakan ia akan merilisnya ketika “game tersebut selesai”.

Sumber: Destructoid via Droidgamers

The post Super Meat Boy Forever Akan Dilanjutkan Kembali Setelah Lama Hilang dari Peredaran appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Inilah Pemenang HackJak 2015 dan Misi Ahok Merevolusi Teknologi Pemerintah

Posted: 19 Aug 2015 02:51 AM PDT

Rangkaian kompetisi HackJak 2015 yang dimulai dari roadshow, pembuatan aplikasi selama seminggu, kemudian pemilihan finalis dari setiap kategori, akhirnya ditutup dengan Malam Penganugerahan bagi para pemenang Scrapthon, Visualthon, dan Hackathon di Balaikota DKI Jakarta yang juga dihadiri oleh Gubernur DKI Jakarta, Basuki T. Purnama atau yang akrab disapa Ahok. Berikut adalah pemenang dari HackJak 2015.

Scrapthon

Scrapthon merupakan kompetisi scrapping yang menantang peserta untuk mengubah data menjadi lebih baik menggunakan aplikasi yang sudah disediakan seperti Optical Character Recognition dan Tabula.

  • Juara 3: Laras Aristiani yang berhasil mengumpulkan 36 data dan 691 baris data
  • Juara 2: Eri Wiradana yang berhasil mengumpulkan 95 data dan 2701 baris data
  • Juara 1: Firman Maulana Aditya yang berhasil mengumpulkan 67 data dan 1604 baris data

Visualthon

Visualthon merupakan kompetisi untuk membuat infografis yang ramah dan mudah dibaca oleh masyarakat. Peserta dituntut untuk membuat infografis untuk menjelaskan apa dan bagaimana cara kerja dari layanan-layanan publik yang telah disediakan pemerintah.

  • Juara 3: Hakuna Matata dengan karya "Kartu Jakarta Pintar" yang menampilkan masalah-masalah pendidikan di DKI Jakarta.
  • Juara 2: HIASA dengan karya "Stop kekerasan terhadap wanita dan anak" yang menampilkan beragam kekerasan yang terjadi di DKI Jakarta.
  • Juara 1: GxE dengan karya "Mpok Siti City Tour Jakarta" yaitu gambar visualisasi dari rute dan jadwal operasional bis city tour Jakarta.

Karya 3 pemenangan tersebut dan finalis lain akan dimanfaatkan oleh Pemprov DKI Jakarta dalam penyampaian informasi layanan secara kreatif dan ramah dibaca.

Hackathon

Hackathon merupakan kompetisi pembuatan aplikasi, game, atau API menggunakan portal data DKI Jakarta dan sumber resmi lainnya.

  • Juara 3: Online UKM dengan aplikasi Parkirmu.com, penyedia informasi kapasitas parkitar dan alternatif tempat parkir.
  • Juara 2: TRIGLAV dengan aplikasi J-Explore, sebuah game bertema location-based-quiz dengan misi untuk mensosialisasikan tujuan wisata di Jakarta.
  • Juara 1: ANGIN MAMIRI dengan aplikasi JakCare yang memudahkan seseorang untuk mencari, membantu, dan melaporkan orang yang membutuhkan di sekitarnya.

Seperti yang sempat kami laporkan sebelumnya, para pemenang Hackathon akan mendapatkan dua pilihan, yaitu mengikuti inkubasi bersama dengan East Ventures atau memilih inkubasi bersama Pemprov DKI Jakarta.

Misi Ahok merevolusi teknologi Pemerintah DKI Jakarta

Setelah sesi pengumuman pemenang kompetisi HackJak. Ahok menyempatkan diri untuk menyampaikan beberapa pemikirannya untuk menggunakan lebih banyak teknologi dan beragam aplikasi lainnya untuk mempermudah kinerja DKI Jakarta.

Ahok mengungkapkan bahwa pihaknya sedang berusaha untuk mempercepat dan mempermudah permintaan pembuatan izin. Selama ini pembuatan izin yang harusnya bisa diselesaikan dalam satu hari, kadang terbengkalai menjadi beberapa hari.

Untuk mengumpulkan anak-anak muda berbakat, Ahok sedang mengusahakan untuk membuat sebuah tempat berkumpul bagi anak-anak muda yang gemar membuat aplikasi untuk berkumpul dan melakukan brainstorming di sebuah mal UMKM di belakang Thamrin City. Tempat itu rencananya akan dilengkapi dengan sarana transportasi berupa bis gratis yang akan lewat setiap 10 menit sehingga semua orang bisa mengakses tempat tersebut dengan mudah.

Tidak hanya itu, Ahok juga mengungkapkan bahwa Pemerintah DKI Jakarta sedang menyelesaikan sebuah "showroom" yang akan menampilkan beragam aplikasi yang dibuat dan digunakan pemerintah di Balaikota. Tempat itu nantinya akan dibuka untuk umum dan masyarakat bisa melihat dan mengetahui aplikasi-aplikasi tersebut. Rencananya, tempat tersebut direncanakan akan selesai akhir tahun ini.

Salah satu misi besar yang akan dilakukan Ahok untuk menindaklanjuti kompetisi ini adalah membuka lebih banyak data dari pemerintah. Sehingga masyarakat juga bisa memantau kinerja pemerintah melalui berbagai aplikasi yang dibuat oleh anak-anak muda berbakat dari Indonesia.

Baca juga: #HackJak Kembali Diselenggarakan dengan Tema Layanan Publik dan Pariwisata

(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto)

The post Inilah Pemenang HackJak 2015 dan Misi Ahok Merevolusi Teknologi Pemerintah appeared first on Tech in Asia Indonesia.

[Update] Kumpulan Aplikasi Chatting untuk Mendapatkan Teman Baru dengan Mudah

Posted: 19 Aug 2015 02:30 AM PDT

(Update 19 Agustus 2015: Kami menambahkan Yogrt ke dalam daftar dan memperbarui informasi aplikasi lainnya.)

Dewasa ini, sudah banyak aplikasi chatting yang menawarkan kemudahan berkomunikasi bagi penggunanya. Namun bagi yang masih belum memiliki pasangan, aplikasi chatting) yang memudahkan pengguna untuk menemukan teman atau bahkan pasangan hidup, mungkin akan lebih dipilih.

Tech in Asia merangkum beberapa aplikasi chatting terbaik untuk menemukan teman dengan mudah melalui fitur yang terdapat di dalamnya. Berikut kumpulan aplikasi untuk mendapatkan teman baru:

WeChat

aplikasi chatting wechat

Sejak diluncurkan pada 2012, aplikasi asal China ini mengklaim memiliki kurang lebih 549 juta pengguna di seluruh dunia. Saya menduga aplikasi WeChat inilah yang memprakarsai fitur pencarian teman Friend Radar dan kemudian ditiru oleh aplikasi chatting lainnya.

App Info
WeChat
WeChat Tencent -  Aug 06, 2015
Genre:  Communication
Size:   Varies with device
Installs:   100,000,000 - 500,000,000
Gratis

Download

Tinder

aplikasi chatting tinder

Aplikasi ini diluncurkan pada September 2012 oleh Sean Rad. Seperti yang dilansir dari CNN, tingkat pengguna aplikasi ini merangkak naik 15 persen setiap minggu di awal peluncurannya.

Tujuan Tinder adalah memudahkan para remaja untuk memilih teman berkencan sesuai selera. kamu hanya perlu melakukan swipe ke kanan di layar jika menemukan seseorang yang kamu sukai atau swipe ke kiri jika tidak menyukai. Jika kebetulan orang yang kamu sukai juga menyukai kamu, Tinder akan mempertemukan kamu berdua melalui aplikasi.

Pengguna Tinder didominasi usia 18 hingga 30 tahun dan seperti yang dikutip dari Antara. Aplikasi ini juga diklaim telah berhasil menjodohkan lebih dari 10 juta pasangan. Saat ini aplikasi Tinder bisa di-download untuk perangkat iOS dan Android.

App Info
Tinder
Tinder -  Jul 22, 2015
Genre:  Lifestyle
Size:   Varies with device
Installs:   10,000,000 - 50,000,000
Gratis

Download

BeeTalk

aplikasi beetalk

Bisa dibilang, aplikasi ini mirip sekali dengan fitur yang ditawarkan Tinder. Bedanya, pertemanan bisa langsung terjadi tanpa menunggu konfirmasi dari kedua belah pihak. Uniknya, perangkat kamu harus digoyangkan terlebih dahulu untuk mendapatkan teman baru di dalam BeeTalk.

Di Indonesia sendiri aplikasi ini telah banyak membuat para anak muda penasaran karena iklan mereka menampilkan selebriti yang sedang naik daun, seperti Al Ghazali dan Aliando.

App Info
BeeTalk
BeeTalk Private Ltd -  Aug 18, 2015
Genre:  Social
Size:  N/A
Installs:   10,000,000 - 50,000,000
Gratis

Download

Meow Chat

aplikasi meowchat

Aplikasi ini merupakan sebuah platform yang diciptakan untuk mencari teman baru dan – bila berjodoh – pasangan. Aplikasi garapan MINUS ini sanggup mempertemukan kamu dengan teman-teman baru dari belahan dunia. kamu juga dapat berbincang secara pribadi dengan orang yang sudah kamu kenal atau orang yang betul-betul asing.

Pertama membuka, kamu diwajibkan untuk masuk terlebih dahulu dengan akun Facebook. Selanjutnya, kamu harus menambah teman berdasarkan kontak di smartphone dan Facebook.

Chatting merupakan fitur utama aplikasi ini. Yang menarik, ada dua macam chat di sini. Pertama, kamu dapat melakukan Private Chat dengan teman yang sudah kamu tambahkan. Jadi, kamu dapat saling berbincang layaknya menggunakan WhatsApp, Line, dan semacamnya. Kedua, kamu juga dapat chat dengan orang lain yang belum kamu tambahkan. kamu hanya perlu membuka opsi Random Chat dan Meow Chat akan secara acak mencarikan seorang teman chatting untuk kamu.

App Info
MeowChat
MINUS -  Aug 11, 2015
Genre:  Social
Size:   16M
Installs:   10,000,000 - 50,000,000
Gratis

Download

Badoo

aplikasi chatting badoo

Untuk mempermudah kamu mencari teman baru atau pasangan kencan, Badoo menyediakan fasilitas filter untuk menentukan kriteria yang kamu inginkan. Dimulai dengan menentukan tujuan kamu bergabung di Badoo, misal untuk sekadar chatting, sampai mencari teman kencan. Lalu kamu bisa memasukkan data jenis kelamin, rentang usia, dan lokasi dari calon pasangan yang ingin dicari. Tapi sebelum itu, pastikan kamu melengkapi profil dengan foto dan data pendukung.

Menariknya, Badoo melengkapi aplikasinya dengan fitur pencarian berdasarkan lokasi. Ada juga fasilitas chat, pengelompokan berdasarkan kesamaan data, dan fitur untuk bisa mengetahui siapa orang yang melihat profil kamu.

App Info
Badoo - Meet New People
Badoo -  Aug 17, 2015
Genre:  Social
Size:   Varies with device
Installs:   50,000,000 - 100,000,000
Gratis

Download

OkCupid

aplikasi chatting okcupid

OkCupid mirip dengan Badoo, keduanya sama-sama memberikan kebebasan bagi anggotanya untuk berinteraksi secara langsung, tanpa harus sama-sama tertarik seperti halnya Tinder. Tapi jika dibandingkan dengan Badoo, OkCupid lebih detail, karena mengharuskan anggotanya untuk menjawab puluhan pertanyaan yang selanjutnya digunakan sebagai filter untuk mencari pasangan yang punya kecocokan paling tinggi.

Fasilitas tersebut mempermudah pengguna OkCupid untuk mencari pasangan yang sesuai dengan kriterianya. Tapi sayang, OkCupid membatasi akses menu Likes You yang hanya diperuntukkan bagi pengguna yang berlangganan layanan berbayar. Selebihnya, OkCupid menawarkan fasilitas yang mirip dengan Badoo.

App Info
OkCupid Dating
okcupid.com -  Aug 18, 2015
Genre:  Social
Size:  N/A
Installs:   5,000,000 - 10,000,000
Gratis

Download

Skout

aplikasi chatting skout

Aplikasi satu ini pernah booming karena kasus pemalsuan identitas yang dilakukan penggunanya di tahun 2012. Setelah kejadian tersebut, pihak Skout memperbarui sistem keamanannya guna menghindari kasus serupa terulang. Aplikasi Skout menawarkan beberapa fitur, seperti filter untuk menampilkan orang yang dicari, asal, atau bahkan umur dari orang-orang yang nantinya dapat diajak untuk chatting atau berbagi hadiah. Skout juga memungkinkan pengguna untuk mengetahui siapa saja yang telah melihat profil mereka.

App Info
Skout - Chat, Meet, Dating
Skout Inc. -  Jul 31, 2015
Genre:  Social
Size:   Varies with device
Installs:   10,000,000 - 50,000,000
Gratis

Download

Wavoo

aplikasi wavoo

Aplikasi lokal buatan Yudhi "Domex" Mandey dan Gema Megantara ini diluncurkan pada 31 Oktober 2014. Wavoo sekilas mirip dengan Tinder. Salah satu yang paling membuatnya mirip adalah cara kamu memutuskan suka atau tidak dengan swipe ke kiri bila tidak tidak suka dan swipe ke kanan bila suka.

Ketika kecocokan ditemukan, maka kamu dapat melanjutkan obrolan dengan fitur chatting di dalamnya. Namun ada dua fitur tambahan yang cukup membedakannya dengan Tinder, yaitu Wink dan Nearby.

Bila kamu memilih atau menolak seseorang secara anonim dengan swipe, fitur Wink memungkinkan untuk menunjukkan siapa kamu sebenarnya dengan berkirim Wink. Ada juga fitur Nearby yang memanfaatkan augmented reality untuk melihat pengguna Wavoo lainnya hingga radius 100 km dari tempat kamu sekarang.

App Info
Wavoo - Find a new friends
Wavoo -  Jul 27, 2015
Genre:  Lifestyle
Size:   7.5M
Installs:   50,000 - 100,000
Gratis

Download

Paktor

aplikasi paktor

Paktor adalah aplikasi pencarian teman kencan yang diluncurkan di Indonesia pada Februari 2015 lalu. Fitur yang ditawarkan hampir serupa dengan aplikasi seperti Tinder maupun BeeTalk. Namun bedanya, Paktor menawarkan lebih banyak filter pencarian. Mulai dari data jenis kelamin pasangan yang akan dicari, rentang umur, sampai tinggi badan. Selain itu, kamu juga bisa melakukan filter siapa saja yang bisa diajak berkenalan berdasarkan jenis pekerjaan maupun latar belakang pendidikan.

Paktor juga menyediakan menu Translate pada saat kamu melakukan chat. Keamanannya juga relatif lebih baik karena meski pengguna melakukan registrasi menggunakan Facebook, mereka harus memiliki minimal 50 orang teman di media sosial tersebut. kamu juga bisa menggunakan fitur Block untuk memblokir teman baru yang tidak kamu sukai.

App Info
Paktor: Make New Friends
Paktor Pte. Ltd. -  Aug 13, 2015
Genre:  Lifestyle
Size:   Varies with device
Installs:   1,000,000 - 5,000,000
Gratis

Download

Yogrt

Aplikasi Yogrt

Bila aplikasi chatting lainnya dapat langsung berkomunikasi dengan pengguna lainnya tanpa tantangan, berbeda dengan aplikasi Yogrt. Para pengguna diharuskan men-tap Challenge kepada profil pengguna yang ingin dikenal dengan tiga kategori mini games yang ada di dalamnya, yakni Recommended, Boredom Boosters, dan Brain Power.

Kamu bisa menemukan teman baru berdasarkan lokasi terdekat atau menggunakan opsi Random Yogrteers untuk melihat profil di lokasi acak. Rata-rata pengguna aplikasi ini didominasi oleh usia 17 tahun hingga akhir 20-an.

Bila pengguna tersebut telah mengambil tantangan yang kamu berikan, akan terdapat skor kecocokkan di antara keduanya. Selanjutnya kamu bisa chatting dengan profil tersebut. Dalam fitur ini, kamu bisa mengirim file gambar atau audio layaknya aplikasi lain. Sayangnya, ragam stiker yang tersedia di Yogrt sangat terbatas.

App Info
Yogrt - Chat, Games, Meet
KongKo Digital -  Jul 15, 2015
Genre:  Social
Size:   8.5M
Installs:   100,000 - 500,000
Gratis

Download

Baca juga: Lima aplikasi yang bisa membantu Anda makin eksis di Instagram

Aplikasi chatting nampaknya masih menjadi favorit bagi sebagian orang untuk berkenalan dengan orang-orang baru. Adakah aplikasi dari daftar di atas yang menjadi favorit kamu? Sampaikan opinimu melalui kolom komentar!

Sumber gambar: Flickr

(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto)

The post [Update] Kumpulan Aplikasi Chatting untuk Mendapatkan Teman Baru dengan Mudah appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Relic Hunters Zero, Game Open-Source Shooter Seru Buatan Mantan Kreator Knights of Pen & Paper

Posted: 19 Aug 2015 02:12 AM PDT

Rogue Snail, developer asal Brazil yang diisi oleh mantan kreator Knights of Pen & Paper dan Chroma Squad dari Behold Studio, dini hari tadi merilis game shooter berjudul Relic Hunters Zero. Game bergenre shooter ini bisa kamu unduh melalui Steam secara gratis dengan ukuran file yang tidak begitu besar, sehingga cocok dimainkan lewat laptop kelas menengah.

Melalui situs resminya, Rogue Snail menyebut Relic Hunters Zero sebagai game open-source shooter di mana semua orang bisa berkontribusi menambahkan konten game terbaru lewat souce code yang dibagikan di situs resminya.

Secara konsep, apa yang diunggulkan Relic Hunters Zero tadi kurang lebih sama seperti game open-source roguelike berjudul Pixel Dungeon. Seperti yang kamu lihat di Google Play Store, ada banyak sekali varian Pixel Dungeon yang bisa kamu unduh dan mainkan secara gratis, tanpa perlu mengeluarkan uang sepeserpun.

Relic Hunters | screenshot 1

Permainan shooter dalam Relic Hunters Zero sendiri kurang lebih sama seperti Nuclear Throne. Di sini kamu akan menguji kehebatanmu membidik senjata melewati rangkaian level yang semakin sulit. Selain itu Rogue Snail juga menyediakan fitur co-op multiplayer, sehingga perjuanganmu melewati sebuah level akan semakin seru berkat kehadiran teman.

Meski sama-sama mengusung konsep shooter, Relic Hunters Zero membedakan dirinya dengan menyertakan opsi untuk berlari serta tipe serangan yang berbeda-beda untuk setiap karakter. Di sini kamu bisa saja bermain sebagai Jimmy yang bisa memakai berbagai macam jenis senjata, Pinky yang jago melakukan serangan jarak dekat, kemudian ada juga seekor keledai astronot bernama Ass, dan tiga macam variasi karakter lainnya.

Relic Hunters | screenshot 2

Ke depannya Rogue Snail akan menyerahkan perkembangan konten game ini sepenuhnya kepada komunitas modder. Untuk proses monetisasinya sendiri, Rogue Snail hanya akan bergantung kepada IP dan aset Relic Hunters, sedangkan bagi kalangan modder hanya diperbolehkan menggunakan aset dan kode gaming tersebut selama tidak untuk dikomersilkan.

Uniknya lagi, Rogue Snail juga tidak menutup kemungkinan adanya versi mobile Relic Hunters Zero yang akan dirilis untuk Android dalam waktu dekat. Melalui pemberitahuan forum resmi mereka, versi Android Relic Hunters Zero hampir sepenuhnya rampung hanya tinggal membutuhkan sedikit polesan di bagian kontrol.

Seandainya kamu penasaran dengan serunya permainan shooter yang ditawarkan game open-source ini, kamu bisa langsung mengunduh Relic Hunters Zero secara gratis lewat tautan Steam berikut.

The post Relic Hunters Zero, Game Open-Source Shooter Seru Buatan Mantan Kreator Knights of Pen & Paper appeared first on Tech in Asia Indonesia.

CEO Indosat Buka-bukaan Soal Telco, Startup, sampai Passion dan Kehidupan

Posted: 19 Aug 2015 12:55 AM PDT

Hari ini (19/8), Tech in Asia mengundang CEO Indosat Alexander Rusli dalam sesi Ask Me Anything (AMA). Pria yang akrab Alex ini menjawab berbagai pertanyaan dari para pembaca, mulai tentang ranah startup, bisnis telco, hingga kehidupan kerjanya. Berikut adalah beberapa pertanyaan terbaik yang kami rangkum dari sesi AMA ini.

Apa pendapat Pak Alex tentang kondisi startup di Asia?

Saya rasa kita tengah berada pada masa yang sangat menarik. Meskipun ketika menyebut “Asia”, negara-negara di kawasan ini berada dalam tahap yang berbeda-beda, yang jelas pada dasarnya Asia berada dalam masa pertumbuhan atau baru akan memasuki tahap itu.

Ekosistem yang memungkinkan startup untuk berhasil akhirnya datang juga: investor dan entrepreneur kini lebih matang dan memiliki harapan yang realistis, makin banyak VC, makin banyak kisah sukses, dan lainnya – segala sesuatunya diperlukan untuk terus menggerakkan siklus pertumbuhan ini. Kita bisa mencapainya.

Bagaimana keterlibatan Indosat di ekosistem teknologi/startup di Indonesia? Apakah ada rencana untuk lebih terlibat di wilayah Asia?

Kami sangat aktif di sini. Bahkan kami memiliki sebuah program yang disebut IWIC (Indosat Wireless Innovation Contest) yang mendorong pertumbuhan startup pada tahap awal. Kami telah melakukan ini selama 8 tahun. Kami memiliki inkubator yang "menetaskan" sekitar 6-8 startup per semester – untuk memastikan tingkat keberhasilan yang lebih tinggi.

Satu hal lagi, kami juga memiliki program pendanaan bersama dengan Softbank yang tidak hanya ditujukan untuk Indonesia, tapi juga di seluruh wilayah Asia. Kami secara oportunis aktif di wilayah tersebut dan sekitar 30 persennya adalah non-Indonesia. Pada akhirnya, peluang menjadi semakin, dan semakin tanpa batas!

Selama bekerja untuk Indosat, bagaimana pandangan Pak Alex terhadap perkembangan pasar mobile Indonesia? Banyak yang mengatakan bahwa Indonesia berada di titik puncak ledakan mobile, tapi tampaknya belum ada yang melakukan gebrakan. Apa yang bisa telco dan startup lakukan untuk memanfaatkan peluang di pasar ini?

Selama tiga tahun [di Indosat], apa yang saya bisa lihat dengan jelas adalah pergeseran dari dominasi SMS dan panggilan ke data. Selama waktu saya di sana, ada pergeseran dari yang awalnya penjualan feature phone lebih tinggi dibanding smartphone, kini penjualan smartphone lebih tinggi dibanding feature phone.

Masanya akan datang, bahkan akan lebih cepat dari yang banyak orang pikirkan. Ini seperti efek bola salju. Ketika gelombang datang, kamu tentunya ingin sudah siap dengan papan selancarmu untuk mengarungi gelombang tersebut.

Apa rencana Pak Alex untuk Indosat dalam 5 tahun ke depan? Apakah ingin berekspansi?

Pada bisnis infrastruktur tradisional, kami tidak berencana untuk memperluas geografi pasar. Kami perlu beroperasi dengan baik di pasar ini dan memastikan bahwa pelanggan tahu bahwa ini akan terus dan tetap berlanjut.

Kami tengah memperluas lini pelayanan kami, memaksimalkan distribusi kami, dan memanfaatkan pengetahuan kami tentang pelanggan. Banyak dari hal tersebut dilakukan melalui kemitraan, investasi minoritas. Dalam waktu 5 tahun, Indosat tidak akan dikenal hanya sebagai telco.

Menurut Pak Alex, apa jenis pekerjaan dan inovasi yang harus dilakukan generasi muda Indonesia? Lalu bagaimana pendapanya tentang pertumbuhan startup di Indonesia?

Di era internet dan startup ini, peluang yang ada adalah menjadi entrepreneur. Indonesia membutuhkan lebih banyak generasi muda untuk mau menerapkan ide-ide mereka dan mengambil risiko, demi kesuksesan finansial yang lebih besar dan cepat [..].

Kini ketika “ekosistem” sudah mulai matang, “tech dream” bisa dicapai di Indonesia. Dengan semakin banyaknya kisah sukses, maka akan lebih banyak yang tertarik untuk datang dan bergabung. Inilah yang membuat saya yakin bahwa pertumbuhan startup di Indonesia, yang telah menjadi lebih cepat dalam beberapa tahun terakhir, akan tumbuh lebih cepat lagi.

Net neutrality menjadi topik hangat belakangan ini, dan berada di salah satu negara yang konservatif (secara politik), berapa persen dari waktu kerja yang Pak Alex habiskan untuk berurusan dengan pihak berwenang yang berkaitan dengan operasi bisnis Anda?

Di ranah telco tradisional, ada 3 hal yang diperlukan untuk sukses: modal, teknologi, dan regulasi. Jadi bisa dibayangkan, saya menghabiskan banyak waktu saya untuk urusan regulasi yang mencakup berhubungan dengan pihak berwenang. Karena bisnis kami kini mencakup banyak sektor lain, misalnya mobile money (lisensi kami dikeluarkan oleh bank sentral), regulator kami tidak hanya sebatas di ranah telekomunikasi saja.

Waktu yang saya luangkan untuk urusan regulasi: mungkin 30 persen.

Pak Alex sempat bilang bahwa ini adalah saat yang menarik. Apakah Pak Alex juga ingin mendirikan startup sendiri? Ranah apa yang ingin dijajal?

Sebelum menjadi CEO Indosat, saya bekerja unuk Private Equity. Jadi "membangun sesuatu" selalu menjadi rencana saya. Tapi pertama-tama saya harus sukses menjalankan peran ini. Pada titik ini, jika saya ingin membangun sesuatu, maka saya akan mengatasi dua masalah terbesar di ranah e-commerce Indonesia: startup di sektor pembayaran atau logistik. Ini adalah kesempatan "terang-terangan" di Indonesia.

Ada banyak peluang lapis kedua di Indonesia: pada dasarnya pasar ini terbuka. Dengan peningkatan penetrasi smartphone (tahun lalu adalah tahun pertama penjualan smartphone lebih banyak dibanding feature phone), jaringan yang lebih cepat – kesempatannya tak terbatas. Ini hanya soal ukuran pasar yang ditargetkan. Kuncinya adalah membangun sesuatu untuk pasar dengan target yang realistik.

Apakah Pak Alex memiliki seorang mentor? Apa upaya untuk mencapai keseimbangan hidup dan kerja?

Beberapa bos terakhir saya adalah mentor saya. Mereka telah membentuk saya menjadi sekarang ini, baik maupun buruk. Kini saat saya menjadi CEO perusahaan, saya memiliki pelatih, yang berinteraksi dengan saya setiap bulan. "Pelatih" saya memaksa saya untuk menghadapi ketakutan yang mungkin tidak saya sadari atau tidak saya akui.

Terkait keseimbangan antara kehidupan dan kerja, saya pikir berbeda untuk tiap-tiap orang. Karena tampaknya saya tidak bisa menghilangkan masalah pekerjaan dari pikiran saya (bisnis kami berlangsung 24×7, 365 hari), kegiatan non-pekerjaan saya bercampur dengan kehidupan kerja saya. Saya mencoba beristirahat di mana pun saya bisa.

Mendengarkan tubuh dan pikiran saya (pastikan tidak mencapai batas tanpa menyadari tanda-tanda peringatan). Meditasi, olahraga, menghabiskan waktu dengan keluarga – seimbang atau digabungkan dalam satu manajemen waktu.

Sebagai CEO, apa passion Pak ALex?

Passion.. hmmm. Sulit. Bagi saya, saya akan melakukan segala hal untuk menuntaskan tugas saya. Saya suka melihat eksekusi yang sukses. Saat ini, passion saya adalah eksekusi. Saya melihat banyak rencana bagus yang tidak diimplementasikan sebaik yang seharusnya, ini membuat saya kesal.

Nasihat untuk komunitas Tech in Asia?

Nasihat: Mulai dan eksplorasi berbagai hal selagi masih muda. Ambil risiko selagi kamu masih bisa. Semangat mengambil risiko akan semakin berkurang jika kamu semakin tua. Tidak ada yang namanya kegagalan, yang ada hanyalah belajar untuk mencapai level lebih tinggi.


Baca juga: Inilah Cara Bagaimana Indosat Membangun Ekosistem Startup di Indonesia

Sesi AMA dengan Alexander Rusli memang sudah ditutup, namun kamu masih bisa menanyakan pertanyaan di sini, yang bisa saja akan dijawab oleh beliau di waktu luang.

(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto)

The post CEO Indosat Buka-bukaan Soal Telco, Startup, sampai Passion dan Kehidupan appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Menyelamatkan Diri dari Kejaran Bencana Alam di Ski Safari 2

Posted: 18 Aug 2015 11:31 PM PDT

Setelah mencapai lebih dari 140 juta unduhan dengan game Ski Safari, kini developer Sleepy Z akan kembali hadir dengan sekuel yang diberi judul Ski Safari 2. Walau memiliki gameplay yang mirip dengan pendahulunya, kamu akan menemukan banyak hal baru di sekuel ini.

Ski Safari 2 masih mengusung genre endless runner seperti pada game orisinalnya. Pemain akan ditantang untuk melaju sejauh mungkin sambil dikejar bermacam bencana di belakangnya. Seakan hal tersebut tidak cukup menantang, karakter yang dikendalikan juga dapat melakukan berbagai trik lompatan saat bernavigasi di antara objek-objek pada lintasan.

Ski Safari 2 | Screenshot 1

Apabila pada Ski Safari pertama pemain hanya bisa berusaha menyelamatkan diri dari salju longsor, maka Ski Safari 2 menghadirkan jenis bencana alam lain pada dua level tambahan. Karakter Sven dan kawan-kawan dapat berlari dikejar angin topan di Twister Canyon, atau menghindari terjangan lahar di Jurassic Lark.

Karakter di Ski Safari 2 juga dapat menunggangi berbagai hewan dan kendaraan untuk mempercepat lajunya. Pemain akan menemukan makhluk-makhluk seperti penguin, yeti, dan elang. Ada juga berjenis-jenis benda absurd yang dipakai sebagai kendaraan di game ini, antara lain bak mandi, piano, hingga kereta dorong.

Developer Sleepy Z membuat gameplay di Ski Safari 2 menjadi lebih menantang dengan menambahkan kontrol swipe di dalam game. Pemain nantinya dapat melakukan swipe pada layar untuk melakukan berbagai trik di udara setelah melompat dengan sentuhan tap.

Ski Safari 2 | Screenshot 2 Ski Safari 2 | Screenshot 3

Tampaknya fitur yang satu ini akan menjadi andalah developer untuk menyebarluaskan eksistensi Ski Safari 2. Sleepy Z menambahkan fitur kamera di dalam game yang mengizinkan para pemainnya untuk menjepret trik keren yang mereka lakukan, mengeditnya, dan kemudian membagikannya melalui akun media sosial masing-masing.

Pemain yang senang berkompetisi juga akan diakomodasi oleh Sleepy Z. Ski Safari 2 memiliki mode multiplayer di mana pemain dapat berkompetisi dengan maksimal tiga teman lainnya melalui jaringan nirkabel lokal Bluetooth atau WiFi.

Ski Safari 2 rencananya akan dirilis untuk iOS dan Android pada akhir Agustus nanti. Game akan dijual seharga $2 (sekitar Rp23.000) dengan opsi IAP untuk membeli berbagai konten di dalamnya. Kalau kamu masih penasaran dengan keseruan di Ski Safari 2, maka kamu dapat menonton trailer yang diunggah oleh Sleepy Z di bawah ini.

The post Menyelamatkan Diri dari Kejaran Bencana Alam di Ski Safari 2 appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Dead or Alive Xtreme 3 Akan Dirilis untuk PS4 dan PS Vita

Posted: 18 Aug 2015 10:53 PM PDT

Simpang siur kabar mengenai Dead or Alive Xtreme 3 telah beredar dengan cukup intens selama beberapa minggu terakhir. Tapi, baru kemarin kita akhirnya mendapatkan banyak kejelasan mengenai spin-off yang super penuh dengan fan service ini.

Menariknya, jika sebelumnya seri Dead or Alive Xtreme dirilis eksklusif untuk Xbox dan Xbox 360, maka kali ini game ketiganya justru dirilis untuk PlayStation. Berikut fakta-fakta yang sudah diketahui mengenai Dead or Alive Xtreme 3:

  • Versi PS4 dan PS Vita adalah game yang berbeda. Versi PS4 berjudul Dead or Alive Xtreme 3: Fortune sedangkan versi PS Vita berjudul Dead or Alive Xtreme 3: Venus.
  • Game hanya akan dirilis di Jepang dan region Asia, namun jika banyak permintaan tidak menutup kemungkinan game ini dirilis di Barat.
  • Versi PS4 dikembangkan dengan versi terbaru dari Soft Engine, sedangkan versi PS Vita dikembangkan dengan Soft Engine Lite yang khusus dibuat untuk game ini.
  • Dead or Alive Xtreme 3: Venus akan memanfaatkan touch screen dan gyro sensor yang dimiliki PS Vita.
  • Tidak semua karakter wanita seri Dead or Alive akan hadir.
  • Dead or Alive Xtreme 3 akan memiliki Camera Mode.
  • Efek kulit terbakar sinar matahari akan dibuat lebih realistis.
  • Tidak akan ada DLC karakter.

Demikianlah fakta-fakta yang telah diketahui mengenai Dead or Alive Xtreme 3. Jadi, apakah kamu siap untuk liburan di pulau tropis bersama wanita-wanita kuat namun seksi dari Dead or Alive? Sayangnya kamu harus menunggu lebih lama karena Koei Tecmo tidak mengonfirmasi tanggal rilis game ini sama sekali.

Sumber: Famitsu via Siliconera dan Niche Gamer

The post Dead or Alive Xtreme 3 Akan Dirilis untuk PS4 dan PS Vita appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Sekali Tepuk Dua Platform Terbeli, Hanya di Humble PC & Android Bundle 13!

Posted: 18 Aug 2015 10:40 PM PDT

Humble Bundle pada edisi kali ini memiliki format yang sangat menarik. Kali ini kamu bisa membeli game yang rilis pada platform Android, PC, bahkan Mac dan Linux dengan harga yang super murah. Untungnya lagi, kamu akan mendapatkan satu kopi untuk masing-masing platform dalam sekali pembelian.

Terdapat empat game yang bisa kamu dapatkan dengan membayar berapapun kamu mau. Tiga dari empat game ini baru saja rilis di Android. Keempat game tersebut adalah:

  • Crimsonland (perdana di Android)
  • Neverending Nightmares (perdana di Android) – Preview
  • Beatbuddy: Tale of The Guardians (perdana di Android)
  • FOTONICA – Review

Neverending Nightmares | Screenshot Beatbuddy | Screenshot

Jika kamu membayar melebihi rata-rata yang saat ini sebesar $2,81 (sekitar Rp27.000), maka kamu akan mendapatkan game tambahan sebagai berikut:

  • Tiny Keep
  • Crowntaker
  • Monster Loves You!
  • Soundtrack FOTONICA
  • Soundtrack Tiny Keep

Selain berbagai game di atas, para pembayar di atas rata-rata juga akan mendapatkan game bonus lainnya yang saat ini masih belum diketahui. Jika digabungkan, maka nilai dari bundel kali ini adalah $113 (sekitar Rp1,5 juta). Jadi kamu bisa menghemat sekitar Rp1,4 jutaan melalui Humble Bundle kali ini.

Seperti biasa, dana yang didapat dari Humble Bundle akan disalurkan ke yayasan-yayasan amal. Kali ini Electronic Frontier Foundation dan American Red Cross yang akan menjadi penerima dana tersebut. Kamu bisa mengatur jumlah dana yang bisa kamu sumbangkan atau memberikan sebagian juga kepada Humble Bundle.

Situs web: Humble PC & Android Bundle 13

The post Sekali Tepuk Dua Platform Terbeli, Hanya di Humble PC & Android Bundle 13! appeared first on Tech in Asia Indonesia.

No comments:

Post a Comment

Sponsor

Latest Game News

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sponsor

pasang iklan baris gratis