Ads

Sunday, November 22, 2015

Game Di Indonesia

Game Di Indonesia


Kumpulan Aplikasi Android untuk Belajar Bahasa Jawa

Posted: 22 Nov 2015 06:43 PM PST

Ada banyak aplikasi belajar bahasa yang bisa ditemukan di Google Playstore. Mudah menemukan berbagai aplikasi yang menawarkan pembelajaran berbagai bahasa asing, seperti bahasa Inggris, bahasa Jerman, bahasa Cina, dan lain sebagainya.

Bagaimana dengan kamu yang ingin berlajar bahasa daerah seperti bahasa Jawa? Untungnya kini sudah ada beberapa aplikasi belajar bahasa Jawa yang bisa diunduh dan digunakan di smartphone. Bagi kamu yang tertarik belajar bahasa daerah yang satu ini, berikut adalah sejumlah aplikasi belajar bahasa Jawa yang bisa kamu coba:

Pepak Belajar Basa Jawa

pepak basa jawa

Bahasa Jawa dikenal dengan tingkatannya yang terdiri atas Ngoko, Krama, dan Krama Inggil. Setiap tingkatan memiliki kadar kehalusan bahasa yang berbeda, seperti Ngoko yang hanya digunakan ketika berbicara kepada teman sebaya atau Krama Inggil yang digunakan ketika berbicara dengan orang yang lebih tua.

Bagi yang telah terbiasa menggunakan bahasa Indonesia, tingkatan dalam bahasa Jawa terdengar menyulitkan. Kamu harus mengetahui 3 buah kata yang berbeda namun bermakna sama, misalnya kata baju dalam Ngoko disebut kelambi, sedangkan pada Krama disebut rasukan dan Krama Inggil disebut dengan ageman.

Pengguna dapat menemukan berbagai kosakata dalam berbagai tingkatannya di Pepak Belajar Basa Jawa. Fitur ini menyerupai kamus, berguna untuk mencari kosakata dalam bahasa Jawa ataupun bahasa Indonesia. Bedanya, di bagian bawah sudah tersedia daftar kosakata yang diurutkan berdasarkan alfabet sehingga memudahkan pengguna dalam belajar bahasa Jawa.

Tak hanya itu, aplikasi belajar bahasa Jawa ini juga menyediakan fitur-fitur pendukung pembelajaran seperti nama binatang, nama tumbuhan, peribahasa, pantun hingga aksara jawa. Tampilan aplikasi Pepak Belajar Basa Jawa minimalis dan enak dilihat, sayangnya aplikasi ini kurang interaktif karena konsepnya yang sangat lekat dengan kesan kamus.

App Info
Pepak Belajar Basa Jawa
MoccaLabs Creative -  Jan 08, 2015
Genre:  Education
Size:   5.0M
Installs:   10,000 - 50,000
Gratis

Download

Hanacaraka

hanacara

Seperti namanya, aplikasi ini memiliki fitur utama untuk mempelajari aksara Jawa. Aksara Jawa yang dikenal juga dengan nama Hanacaraka mudah ditemukan di kota Yogyakarta dan Bali. Aplikasi Hanacaraka menawarkan proses pembelajaran yang dikemas melalui berbagai permainan yang seru.

Begitu aplikasi terbuka, pengguna dapat memilih 2 menu utama yang terdiri atas Belajar dan Bermain. Menu Belajar terdiri atas aksara Jawa dengan berbagai aksara pendukungnya. Tap jenis aksara yang ingin dipelajari dan pengguna akan dibawa ke halaman khusus dimana kamu bisa mencoba menulis aksara Jawa menggunakan jari.

Menu Bermain terdiri atas 4 macam permainan yaitu Juragan Bumbon, Rajahan Wong, Milang-Miling, dan Krapyakan. Tampilan permainan pada aplikasi ini masih sederhana, namun menghibur. Misalnya permaianan Juragan Bumbon dimana pemain diharuskan membeli bumbu yang tertulis dalam bahasa Indonesia ke berbagai toko yang namanya ditulis dalam aksara Jawa.

App Info
Hanacaraka
Balai Tekkomdik Dinas Dikpora DIY -  Feb 02, 2015
Genre:  Education
Size:   14M
Installs:   10,000 - 50,000
Gratis

Download

Sinau Aksara Jawa

aksara jawa

Meski sama-sama berfokus pada pembelajaran aksara Jawa, Sinau Aksara Jawa menawarkan fitur yang berbeda dengan Hancaraka. Aplikasi ini mengemas proses pembelajarannya menggunakan sistem learning by doing, yang mengharuskan pengguna mencoba praktik menulis, dan berbagai kuis mengenai aksara Jawa.

Begitu aplikasi terbuka, pengguna akan disodorkan 2 menu yaitu Mulai Baru dan Lanjut. Mulai Baru diperuntukkan bagi yang pertama kali menggunakan Sinau Akasara Jawa dan lanjut bagi yang pernah menggunakan aplikasi ini.

Ada 4 menu yang bisa dimanfaatkan dalam proses belajar aksara Jawa yaitu Pengenalan Aksara, Menulis Aksara, Konversi Aksara dan Kuis. Setelah pengguna mengenal aksara Jawa, pilihlah menu Menulis Aksara untuk mencoba menulis huruf Jawa. Kamu juga bisa menggunakan Konversi Aksara untuk mengubah tulisanmu ke dalam aksara Jawa.

Sedangkan menu kuis merupakan ujian untuk mengukur sudah seberapa banyak aksara Jawa yang telah dikuasai. Nilai kuis dan jawaban yang benar akan diumumkan setelah pengguna menjawab 5 pertanyaan.

App Info
Sinau Aksara Jawa
Labs Mobile IS -  Aug 25, 2013
Genre:  Education
Size:   3.2M
Installs:   50,000 - 100,000
Gratis

Download

Mini Pepak

mini pepak

Mini Pepak memiliki fitur pembelajaran bahasa Jawa yang sama dengan Pepak Belajar Bahasa Jawa. Bedanya aplikasi ini memiliki menu dengan ilustrasi kartun dan tidak ada daftar kosakata bahasa Jawa. Ya, Mini Pepak lebih menyerupai kamus yang mengandalkan fitur pencarian kata dengan tambahan aksara Jawa, Parikan (pantun), Paribasan (peribahasa), nama hewan dan tanaman dalam bahasa Jawa.

App Info
Mini Pepak
Santra Developer - SMK Telkom Sandhy Putra Malang -  Jul 22, 2013
Genre:  Education
Size:   16M
Installs:   10,000 - 50,000
Gratis

Download

Baca juga: 4 Aplikasi Gratis untuk Belajar Bahasa Baru

Nah, itulah daftar aplikasi belajar bahasa Jawa yang bisa kamu coba. Dari sekian apikasi, manakah yang paling cocok untuk kamu?

(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto Sumber gambar Selka)

The post Kumpulan Aplikasi Android untuk Belajar Bahasa Jawa appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Bosan dengan Clash of Clans? Nantikan Kehadiran Heroes of Paragon Desember Nanti!

Posted: 22 Nov 2015 01:17 AM PST

Penggemar genre strategi di platform mobile yang mulai bosan terhadap Clash of Clans sebentar lagi akan mendapatkan alternatif dengan pengalaman baru. Game tersebut adalah Heroes of Paragon dari developer EVERYDAYiPLAY yang rencananya akan dirilis secara global pada tanggal 3 Desember nanti. Heroes of Paragon menghadirkan pertempuran antarmarkas yang tidak terdapat pada Clash of Clans.

Pertempuran Antarmarkas yang Bersinergi dengan Pasukan

Sebagai mekanisme pertempuran yang dikedepankan oleh EVERYDAYiPLAY, sistem pertempuran antarmarkas digadang-gadang menjadi fitur pamungkas yang akan memberi penggemar Clash of Clans pengalaman baru saat bermain game strategi. Mekanisme ini mengizinkanmu mengontrol markas yang kamu bangun untuk langsung berhadapan dengan markas musuh ketika melakukan serangan.

Heroes of Paragon | Screenshot 1

Kehadiran markas di medan laga memberikan sinergi khusus dengan pasukan penyerang yang kamu kendalikan. Markas melakukan serangan support ke markas musuh dengan melontarkan berbagai jenis magic. Dengan melepaskan jenis magic yang tepat pada timing yang sesuai, niscaya seranganmu ke markas musuh menjadi jauh lebih efektif.

Mode Single Player untuk Menempa Diri Sebelum Berlaga di Arena PvP

Selain mode PvP yang akan menghadapkanmu dengan pemain lainnya, Heroes of Paragon juga memiliki mode single player. Di sini kamu akan mengikuti kisah dunia Paragon yang diinvasi oleh pasukan keji Violet. Tentunya mode single player akan membuatmu semakin ahli bermain Heroes of Paragon sebelum memutuskan untuk berlaga menghadapi pemain lain.

Heroes of Paragon | Screenshot 2

Walau memiliki janji mengalahkan Supercell, tampilan Heroes of Paragon pada video trailer yang diunggah di YouTube jelas masih kalah terpoles dari Clash of Clans. Hal ini sebenarnya dapat dimaklumi sebab EVERYDAYiPLAY baru melaksanakan soft launch di Kanada dan Polandia. Tentunya Clash of Clans yang sejak tiga tahun lalu hingga sekarang sering mendapatkan update memiliki keunggulan dibandingkan Heroes of Paragon.

Apakah Heroes of Paragon dapat menarik saya untuk kembali memainkan game strategi pada perangkat portabel? Mari kita lihat sama-sama Desember nanti.

Sudah tertarik pada Heroes of Paragon? Atau kamu masih tetap akan setia pada game strategi lama seperti Clash of Clans, Boom Beach, atau Game of War: Fire Age? Sampaikan pendapatmu di bawah ya.

The post Bosan dengan Clash of Clans? Nantikan Kehadiran Heroes of Paragon Desember Nanti! appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Don’t Starve: Shipwrecked Berlayar Menuju Steam Early Access Tanggal 1 Desember

Posted: 22 Nov 2015 01:16 AM PST

Setelah merayakan ulang tahun kesepuluh beberapa waktu lalu dengan memberikan diskon besar di Steam, Klei Entertainment baru-baru ini membeberkan perilisan DLC terbaru untuk game Don’t Starve berjudul Don’t Starve: Shipwrecked. Konten tambahan bertema perairan ini rencananya akan dirilis lewat Steam Early Access pada tanggal 1 Desember mendatang.

Don’t Starve adalah sebuah game survival yang mengedepankan desain dan grafis yang unik. Memerankan karakter bernama Wilson, kamu harus  bertahan hidup dengan mencari item berguna, serta menghindari bahaya binatang buas pada siang dan malam hari. Don’t Starve memiliki fitur-fitur unik seperti sistem jebakan dan pergantian musim yang pastinya membuat pengalaman survival kamu semakin menantang.

Don't Starve: Shipwrecked | Screenshot 1

Don’t Starve: Shipwrecked adalah konten tambahan kedua yang diluncurkan oleh Klei setelah Don’t Starve: Reigns of Giants. Selain itu, Klei juga telah meluncurkan Don’t Starve Together yang merupakan versi multiplayer dari Don’t Starve.

Sekilas DLC ini mengingatkan saya pada game survival The Flame in The Flood. Mengambil tema perairan yang hampir serupa, saya penasaran fitur unik apa yang akan ditawarkan oleh Don’t Starve: Shipwrecked.

Belum banyak info tentang Don’t Starve: Shipwrecked yang telah diberikan oleh Klei Entertainment dan CAPY selaku developer. Rencananya DLC ini hanya akan dirilis untuk versi PC, sehingga pengguna console, Linux, Mac, maupun perangkat mobile harus bersabar untuk mencicipi konten tambahan ini.

Apakah kamu bersemangat untuk memainkan DLC terbaru Don’t Starve ini pada bulan Desember mendatang? Ataukah game survival semacam ini menurutmu susah dinikmati karena memiliki tingkat kesulitan tinggi? Sampaikan pendapatmu di bawah ya.

The post Don’t Starve: Shipwrecked Berlayar Menuju Steam Early Access Tanggal 1 Desember appeared first on Tech in Asia Indonesia.

No comments:

Post a Comment

Sponsor

Latest Game News

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sponsor

pasang iklan baris gratis