Ads

Monday, November 23, 2015

Game Di Indonesia

Game Di Indonesia


Konami Minta Maaf, Pemain Pro Evolution Soccer 2016 Akan Dapatkan DLC EURO 2016 Gratis

Posted: 23 Nov 2015 06:56 PM PST

Konami beberapa waktu lalu mengumumkan bahwa mereka akan merilis DLC dari PES 2016 secara gratis. DLC ini berupa paket EURO 2016 yang akan diadakan pada pertengahan tahun 2016 nanti di Perancis.

DLC gratis ini diumumkan Konami sebagai permohonan maaf kepada para gamer yang kecewa dengan Data Pack pemain yang tidak mutakhir. Masih banyak transfer pemain yang belum update, sehingga gamer harus melakukan perubahan daftar pemain sendiri melalui mode Editor.

Untuk memperbaiki hal tersebut, Konami juga akan merilis Data Pack terbaru pada awal Desember nanti. Data Pack ini akan meliputi update pemain mutakhir setelah bursa transfer musim panas kemarin, stadion Maracana untuk para fan di Brazil, scan wajah baru, serta seragam tim nasional terbaru.

PES 2016 | Screenshot

Konami mengatakan akan mengumumkan informasi selanjutnya tentang DLC Euro 2016 setidaknya pada awal tahun depan. Kemungkinan informasi lanjutan ini diperkirakan akan berisi tentang tanggal rilis DLC tersebut dan juga konten apa saja yang akan disediakan.

PES 2016 Vs. FIFA 16, cari tahu mana yang terbaik di sini!

Sebuah langkah yang baik dari Konami, terutama di tengah pamornya yang kian negatif di mata gamer. Apakah pengumuman DLC Euro 2016 ini juga akan dibarengi berita tentang PES 2016 versi gratis? Kita tunggu saja.

Sumber: Konami

Bagaimana menurut kamu tentang langkah Konami ini? Apakah ini akan mengobati kekecewaan kamu terhadap buruknya Data Pack pemain yang kurang update? Utarakan pendapatmu di bawah ini!

The post Konami Minta Maaf, Pemain Pro Evolution Soccer 2016 Akan Dapatkan DLC EURO 2016 Gratis appeared first on Tech in Asia Indonesia.

[REVIEW] Textgram, Mengemas Tulisan Menjadi Bukan Sekadar Bacaan

Posted: 23 Nov 2015 06:00 PM PST

Tulisan dikenal bisa mewakili perasaan seseorang. Tidak salah jika pesan tertulis kadang terlihat kurang menarik. Tapi itu dulu, ketika sebuah tulisan hanya rangkaian huruf di atas kertas. Kini sebuah tulisan dapat mengandung berbagai pesan berkat pengemasannya.

Adalah Textgram, layanan berbasis web yang juga tersedia dalam versi mobile yang bisa membantu menyebarkan apa yang kamu pikirkan melalui sebuah tulisan. Tidak seperti status Facebook, tulisan yang diolah Textgram memiliki tampilan yang menarik, bahkan pengguna bisa melakukan modifikasi sesuai selera.

Nah, tanpa perlu berlama-lama lagi, berikut review aplikasi Textgram berdasarkan pengalaman saya menggunakannya.

Buat teks sesukanya

textgram

Begitu dibuka, pengguna akan dibawa ke halaman utama dengan kolom untuk menulis apa yang kamu pikirkan. Serunya, kamu dapat mengetik berbagai hal di kolom ini tanpa adanya batasan jumlah karakter. Bahkan, kamu juga bisa mengosongkan kolom ini bila mau.

Textgram juga menyediakan fitur untuk memasukan emoticon dengan memilih menu Emoticon di sisi kiri bawah. Tersedia banyak emoticon yang dapat digunakan seperti ekspresi wajah, binatang, tumbuhan, bangunan, dan lain sebagainya.

Setelah menuliskan pesan yang diinginkan, tap menu Next yang berada di sisi kanan atas. Aplikasi ini akan membawa kamu ke halaman desain. Di halaman inilah kamu bisa menuangkan imajinasi untuk membuat tulisanmu menjadi kian menarik sebelum menyimpannya dalam bentuk PNG atau membagikannya melalui media sosial.

Seperti membuat meme

Kesan seperti membuat meme sangat terasa begitu pengguna dibawa ke proses berikutnya dalam pembuatan teks pada Textgram. Sama seperti membuat meme, pengguna dibebaskan membongkar pasang berbagai aksesori melalui menu-menu yang tersedia.

Textgram memiliki 9 menu yang dapat digunakan untuk mendesai teks yaitu Hi!, Templates, Stickers, Fonts, Text Effects, Highlight, Backgrounds, Filters, dan Frames. Menu Hi! Terdiri atas berbagai pengaturan terkait teks, seperti Align Text Left, Center Text, Bold, sampai Underline.

Jika kata-kata yang tertulis dirasa masih kurang greget, pengguna juga bisa menambahkannya sebanyak apapun. Bagi yang malas mendesain, kamu bisa menggunakan menu Randomize. Teks yang ditulis akan didesain random oleh Textgram, dan tap Reset jika ingin kembali ke pengaturan awal.
textgram toko

Menu Templates dan Background memiliki fungsi yang serupa yaitu mengatur gambar latar. Pilihan ­background yang disediakan juga sama persis meski jumlahnya cukup banyak. Jika masih kurang, kamu bisa mengunduhnya lagi di Textgram Store.

Oh ya, layanan ini juga menyediakan background tambahan yang bisa diunduh secara gratis. Jika semua itu belum cukup, kamu bisa mengunggah foto latar sesuai apa yang kamu inginkan dari galeri smartphone.

Menu Stickers memberikan keleluasaan bagi pengguna untuk menambahkan berbagai stiker atau mengunggahnya dari ponsel. Ukuran stiker bisa diubah sesuka hati, baik panjang, lebar, ataupun memutarnya (rotate).

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah stiker yang diunggah paling baru akan berada di atas stiker yang lama. Artinya pengguna dapat menutup bagian stiker yang lama dengan yang baru.

Jenis huruf yang digunakan bisa diatur menggunakan menu Fonts. Tersedia belasan jenis font yang dapat dipilih. Pengguna tidak bisa mengunggah jenis font namun bisa mengunduhnya dari Textgram Store secara gratis.

Untuk membuat teks yang ditulis kian berkesan, kamu bisa menggunakan fitur Text Effects. Aplikasi ini juga menyediakan banyak pilihan efek yang bisa diatur sesukanya.

Jika ingin menambahkan warna pada background teks, kamu bisa menggunakan menu Hightlight. Selain warna, menu ini juga bisa mengatur tingkat gelap terang warna latar teks.

Pada pengaturan warna teks tersedia menu Filters ataupun Frames. Menu Filters berguna untuk menampilkan filter tipis pada teks yang dibuat pengguna, sedangkan Frames berfungsi untuk memberikan bingkai. Kamu bisa mengindahkan fitur ini jika dirasa tidak pas.

Jadi, sudah siap berkreasi dengan tulisanmu?

Baca juga: Inilah 4 Alternatif Aplikasi Keyboard untuk Android

Kelebihan

  • Tampilan sederhana.
  • Tidak membutuhkan banyak resource
  • Resolusi gambar yang dihasilkan tinggi (1024 x 1021 pixel)

Kekurangan

  • Item yang tersedia di Textgram Store masih sedikit.
App Info
Textgram - write on photos
Codeadore -  Jul 13, 2015
Genre:  Productivity
Size:   13M
Installs:   10,000,000 - 50,000,000
Gratis

Download

(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto)

The post [REVIEW] Textgram, Mengemas Tulisan Menjadi Bukan Sekadar Bacaan appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Belum Juga Dapat Kerja Usai Kuliah, Apa yang Salah?

Posted: 23 Nov 2015 08:16 AM PST

Tingginya jumlah mahasiswa yang lulus dari bangku perkuliahan setiap tahun membuat persaingan untuk mencari kerja semakin sulit dan ketat. Tak jarang, mahasiswa memutuskan untuk melanjutkan studi S2 karena lama tak mendapat panggilan kerja.

IPK tinggi dan prestasi lainnya seolah tidak menjadi jaminan akan karier mereka di dunia kerja. Lantas, hal apa yang penting untuk bersaing di dunia kerja?

Mengasah hardskill

Dunia perkuliahan mengasah kemampuan akademik mahasiswa. Mereka terlatih untuk menguasai ilmu pengetahuan, teknologi, dan hal teknis lain yang berhubungan dengan jurusan yang sedang ditempuhnya. Hardskill berperan penting dalam dunia kerja, terutama jika mengambil pekerjaan yang sesuai dengan bidang perkuliahan.

Hardskill inilah yang menjadi dasar dalam melaksanakan pekerjaan. Akan tetapi, bukan berarti mahasiswa yang memilih pekerjaan di luar bidang kuliahnya tidak membutuhkan hardskill. Setiap mata kuliah dan jurusan memiliki hardskill yang beragam, namun penerapannya bisa di bidang yang sama maupun di luar bidang yang bersangkutan.

Sebagai contoh, seorang mahasiswa dari jurusan bahasa memiliki hardskill bahasa asing, namun bukan berarti ia harus menjadi guru atau penerjemah saja. Hardskill tersebut juga dapat dipakai jika ia memutuskan untuk bekerja di luar bidangnya, misalnya dengan menjadi manajer di sebuah perusahaan. Selalu ada kesempatan untuk memanfaatkan hardskill kita di dunia kerja, apapun tipe hardskill itu.

Jangan lupakan skill yang lain

Namun, dunia kerja menuntut lebih dari sekadar hardskill saja. Hardskill yang diimbangi dengan softskill akan menjadi sangat baik. Berbeda dengan hardskill, softskill adalah kemampuan non-akademik. Contohnya, manajemen waktu, kontrol emosi, pengaturan stres, rasa percaya diri, pengembangan karakter, menumbuhkan sikap kepemimpinan, dan kemampuan berkomunikasi dengan orang lain.

Softskill dapat dibagi menjadi dua kategori, yaitu interpersonal dan intrapersonal. Softskill interpersonal menyangkut hubungan kita dengan orang lain, dan intrapersonal softskill lebih mengarah ke diri kita sendiri. Dengan mengasah softskill, kita akan meningkatkan kemampuan adaptasi dengan rekan kerja sekaligus meningkatkan kemampuan diri sendiri.

Adaptasi ini sangat penting saat kita memasuki lingkungan kerja baru yang masih cenderung asing. Selain itu, dengan kemampuan komunikasi yang baik, pastinya pekerjaan kita juga akan lancar, baik dengan rekan di kantor atau jika harus bertemu dengan klien.

Tidak bisa dibandingkan mana yang lebih penting, hardskill atau softskill. Akan tetapi, kedua skill tersebut sangat penting dalam dunia kerja. Memiliki keduanya akan menjadi nilai plus tersendiri untuk memasuki dunia kerja. Buat kamu yang belum memulai mengembangkan softskill dan hardskill, yuk mulai dari sekarang.

Caranya mudah, coba analisa diri kamu sendiri, lihat skill apa yang masih kurang dan kembangkanlah. Tidak ada salahnya untuk mencoba, kan. Karena kita lah yang paling mengerti kemampuan serta perkembangan diri sendiri.

Baca Juga: Startup atau Korporat, Manakah yang Sebaiknya Dipilih Sebagai Pekerjaan Pertama?


Bagi kamu mahasiswa yang tertarik dengan Campus Visit dan ingin menjadi bagian dari komunitas ini, kami mempersilakan kamu untuk bergabung ke dalam grup Facebook Tech in Asia – Campus Visit. Dalam grup ini, kamu akan bertemu dengan mahasiswa lainnya yang berjiwa entrepreneur dan dapat saling berbagi informasi yang menarik dan berguna.

(Diedit oleh Fadly Yanuar Iriansyah dan Pradipta Nugrahanto. Sumber gambar: Hobvias Sudoneighm)

The post Belum Juga Dapat Kerja Usai Kuliah, Apa yang Salah? appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Buletin Berita Game Indonesia – 23 November 2015

Posted: 23 Nov 2015 05:40 AM PST

Pada edisi kali ini terdapat delapan game yang rilis dari developer lokal. Selain itu ada kabar baik dari Gameloft Game Jam yang bisa kamu lihat di bawah. Dari acara yang akan datang, ada teaser dari Global Game Jam 2016 Bali dan juga edisi terkini dari Bengkel GameLan.

Game Rilis Minggu Lalu

Fishing Town

Risky Maulana – Fishing Town bisa dibilang merupakan game memancing yang unik karena menggabungkan model narasi karakter bergaya RPG di dalamnya. Sama seperti game memancing di luar sana, tujuanmu di sini adalah menjadi pemancing ikan terbaik dengan menangkap ikan berkualitas untuk mendapatkan skor tertinggi.

Berbeda dengan game memancing yang pernah saya mainkan sebelumnya, aksi memancing dalam game ini jauh lebih simpel hingga terkesan seperti game arcade. Di sini kamu hanya perlu menahan tombol di layar sambil memastikan meteran tangkapanmu tetap seimbang. Bila indikator kamu melewati bagian target meter ikan, maka tangkapanmu akan lepas dan kamu pun kehilangan umpan pancingmu yang sangat terbatas.

Fishing Town dari Touchten Mengajakmu Jadi Juragan Ikan Paling Sukses

App Info
Fishing Town
Touchten -  Nov 19, 2015
Genre:  Role Playing
Size:   73M
Installs:   1 - 5
Gratis

Download

Super Little Jogger

Super Little Jogger | Screenshot 1

Super Little Jogger adalah sebuah game yang akan menguji kesabaranmu. Gameplay dari game terbitan Gimku ini simpel saja, kamu cukup menahan jarimu di layar supaya karaktermu berhenti. Tujuannya adalah untuk menunggu rintangan atau jebakan yang ada agar bisa dilewati.

Super Little JoggerGame Endless Runner Asal Medan yang Akan Mengajarkan Kamu Arti Kesabaran

App Info
Super Little Jogger
Gimku -  Nov 18, 2015
Genre:  Arcade
Size:   33M
Installs:   1 - 5
Gratis

Download

Tawur The Game

Tawur | screenshot 1

Risky Maulana Tawur The Game diangkat dari sebuah komik tentang pelajar SMU bernama Budi yang memperebutkan dana Subsidi Operasional Sekolah (S.O.S) untuk sekolahnya melalui tawuran dengan pelajar sekolah lain. Serial komik yang diterbitkan majalah re:ON Comics ini diadaptasi ke dalam game trivia yang cukup bersahabat untuk dimainkan gamer dari berbagai kalangan usia.

Jika selama ini game trivia memperlihatkan desain antarmuka yang simpel dan terkesan “datar”, maka kamu akan menjumpai hal baru yang menarik saat menjajal permainan Tawur The Game. Kamu dibawa ke dalam permainan side scrolling action berbalut aksi berhitung dan ujian wawasan umum yang akan menguji seberapa cepat kamu bisa menjawab.

App Info
Tawur The Game
PT. Wahana Inspirasi Nusantara -  Nov 16, 2015
Genre:  Casual
Size:   37M
Installs:   100 - 500
Gratis

Download

Ninja Dive

Risky Maulana – Hari ini kamu sudah bisa menikmati serunya petualangan Ninja Drop! yang dirilis oleh Dragon Games Studio dengan nama baru, Ninja Dive. Seperti dugaan saya sebelumnya, game arcade ini menempatkan kamu sebagai seorang ninja yang ditugaskan terjun menuruni jurang tak berujung. Sanggupkah kamu menerima tantangan ini? Cari tahu jawabannya dengan mengunduh game Ninja Dive lewat tautan di bawah.

App Info
Ninja Dive
Dragon Game Studio, PT -  Nov 19, 2015
Genre:  Action
Size:   45M
Installs:   5 - 10
Gratis

Download

Anxiety: Lost Night

Game yang merupakan hasil karya untuk mengikuti Ludum Dare 33 ini bergenre horor dengan elemen puzzle di dalamnya. Di sini kamu akan berusaha untuk meloloskan diri dari situasi mencekam, yaitu terjebak di dalam mobil di tengah-tengah hutan pada malam hari. Apakah kamu berani mencobanya?

Gamejolt Link: Anxiety: Lost Night


Tebak Buah

Tebak Buah | Screenshot

Di game yang simpel ini kamu diajak untuk menebak buah apa yang ada di balik kotak-kotak di layar. Terdapat pula sebuah petunjuk ringkas tentang buah tersebut yang kadang sudah cukup untuk kamu bisa menebaknya. Game yang ditujukan untuk anak-anak ini berisi enam belas level.

App Info
Tebak Buah
Zainal Abidin -  Nov 20, 2015
Genre:  Word
Size:   14M
Installs:   1 - 5
Gratis

Download


TapTap Color Wars

TapTap Color Wars | Screenshot

TapTap Color Wars adalah sebuah game arcade yang akan menguji kecepatan dan ketepatan jarimu dalam melakukan tap. Di sini kamu harus mencocokkan warna benda misterius yang jatuh secara perlahan dengan warna garis yang ada di bawah.

App Info
TapTap Color Wars
Ginko Games -  Nov 19, 2015
Genre:  Puzzle
Size:   2.4M
Installs:  N/A
Gratis

Download


Hi Games Jogja

Hi Games Jogja | Screenshot

Hi Games Jogja adalah hasil karya NED Studio, sebuah developer game asal Deli, Sumatera Utara. Game ini berisi koleksi mini game dan juga kuis yang berkisar tentang Yogyakarta. Terdapat pula sejarah yang berkaitan dengan daerah istimewa ini.

App Info
Hi Games Jogja
NED Studio -  Nov 13, 2015
Genre:  Casual
Size:   26M
Installs:   100 - 500
Gratis

Download


Berita Terkini dari Industri Game Tanah Air

Satu Tim dari Indonesia Berhasil Tembus Lima Besar GameLoft Game Jam

Gameloft Game Jam | Poster

Mereka adalah Freaks, yang berhasil bertengger pada peringkat kedua di jajaran lima besar Gameloft Game Jam. Kelima peserta ini nantinya akan membuat sebuah video presentasi tentang game mereka dan beradu merebutkan posisi pertama.

Sumber: Gameloft Game Jam


Acara yang Akan Datang

Bengkel GameLan 26 November 2015

Bengkel Gamelan November | Banner

Bengkel GameLan, acara rutin mingguan dari komunitas developer game Yogyakarta ini kembali akan diadakan pada 26 November 2015 mendatang di Jogja Digital Valley. Pada kesempatan kali ini hadir Faris Muzakki menjelaskan tentang Perencanaan Stratejik dan Pemasaran untuk Studio Game. Jangan sampai terlambat, karena acara ini akan mulai jam 19.00 WIB berapapun peserta yang datang.

Eventbrite Link: Bengkel GameLan


Teaser Global Game Jam 2016 Bali

Global Game Jam 2016 Bali | Poster

Komunitas Game Developer Bali sudah mulai “memanaskan” kehadiran Global Game Jam (GGJ) 2016 dengan membagikan poster GGJ 2016 Bali. Acara ini akan diselenggarakan di STMIK Primakara, 29-31 Januari 2016. Mari kita tunggu kabar dari kota-kota lainnya!

The post Buletin Berita Game Indonesia – 23 November 2015 appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Rangkuman Berita Game Hari Ini – 23 November 2015

Posted: 23 Nov 2015 04:12 AM PST

Berapa Banyak Botol Nuka Cola yang Bisa Kamu Minum di Kehidupan Nyata Sebelum Membahayakan Jiwa?

Iqbal Kurniawan – Channel YouTube Nerdist mengunggah video teori tentang ambang batas aman konsumsi botol Nuka Cola pada game Fallout bila diminum di kehidupan nyata. Menurut mereka, kamu akan dipastikan meninggal bila meminum sebanyak 160 botol Nuka Cola dalam selang waktu berdekatan. Batas aman yang dianjurkan pun ternyata hanya mengonsumsi satu botol setiap tahunnya.

Seperempat JAM Fallout 4 – Lima Belas Menit Tidak Cukup


Teror dalam Five Nights at Freddy’s Tetap Saja Menyeramkan Bila Dilakoni Langsung

Iqbal Kurniawan – Apakah kamu merasa teror pada Five Nights at Freddy’s tidak akan menyeramkan bila dilakoni langsung? Saya pribadi awalnya berpikir tidak akan ketakutan, toh saya sudah mengerti trik-trik di dalam game tersebut. Tapi dua orang pada video di atas mengalami pengalaman berbeda.

Channel YouTube Rooster Teeth membuat eksperimen di mana dua orang pemain Five Nights at Freddy’s diposisikan menjadi penjaga sebuah tempat mirip dengan Freddy Fazbear’s Pizza. Ternyata mereka berdua tetap saja ketakutan dengan suasana mencekam khas game horor buatan Scott Cawthon di sana.

Review Five Nights at Freddy's 4 – Sensasi Teror dari Bawah Kasur


Simak Bagaimana Cara Mengubah Mainan NERF Gun Menjadi Pistol “Last Word” Dari game Destiny

Risky Maulana – Apakah kamu suka game Destiny dan mainan Nerf Gun di saat yang bersamaan? Jika jawabanmu iya, maka video di atas merupakan trik untuk menggabungkan dua kesenanganmu ini ke dalam dunia nyata. Siapa tahu video ini bermanfaat untuk keperluan kamu bermain cosplay di acara game bergengsi Indonesia.


Seorang Modder Temukan Senjata Tombak Harpun yang Tersembunyi di Antara Kode Fallout 4

Risky Maulana – Bethesda hingga saat ini memang belum merilis program editor Fallout 4 secara resmi bagi kalangan modder, namun hal itu tak menyurutkan komunitas tersebut untuk mencari tahu ada hal apa lagi di dalam Fallout 4.

Seorang modder bernama xxdeathknight72xx baru-baru ini telah membuka senjata rahasia yang tak digunakan oleh Bethesda di versi final Fallout 4. Senjata berbentuk senapan harpun ini tersembunyi di antara kode game Fallout 4 dan untuk membukanya diperlukan mod khusus yang bisa kamu unduh lewat tautan berikut ini.

Situs: Nexus Mod


Arnold Schwarzenegger Hadir dalam Sebuah Iklan Komersial dari Sebuah Game Milik Machine Zone

Arya W. Wibowo – Penerbit dari Game of War: Fire Age, Machine Zone, baru saja merilis iklan komersial terbaru dari game mereka yang juga bertema peperangan, Mobile Strike. Di sini Arnold hadir sebagai jenderal yang memimpin pertahanan sebuah markas militer. Seperti apa aksi pemeran Terminator ini? Mari saksikan pada video di atas!


Berikut Adalah Beberapa Fakta Menarik Tentang Pembuatan Splatoon, Salah Satu Game Tersukses di Wii U

Arya W. Wibowo – Did You Know Gaming lagi-lagi akan memberikan kamu asupan informasi menarik yang mungkin tidak pernah kamu ketahui sebelumnya. Di sini kamu akan mengetahui tentang beberapa fakta menarik tentang Splatoon, seperti ide tentang dimasukkannya Mario, desain karakter awal, dan lain sebagainya.


Kini Giliran Vaan Hadir dalam Trailer Dissidia

Mohammad Fahmi – Melanjutkan seri trailer yang dimulai dari Rangkuman Game Jepang minggu lalu, koleksi trailer kehadiran Cecil, Butz, Tina, serta Cloud pada beberapa rangkuman belakangan, serta video lainnya dari Rangkuman Game Jepang Sabtu kemarin, hari ini kita kehadiran video baru yang mengenalkan karakter lain.

Kali ini karakter yang mendapatkan kehormatan adalah Vaan dari Final Fantasy XII, karakter yang sering dilecehkan sebagai salah satu jagoan paling menyebalkan di Final Fantasy. Seharusnya setelah ini mereka akan mengumumkan Lightning. Kira-kira kapan ya giliran Ramza menunjukkan batang hidungnya?

Dissidia Final Fantasy Versi Arcade Akan Dirilis Bulan Depan, Cek Video dan Puluhan Screenshot Terbarunya di Sini!

The post Rangkuman Berita Game Hari Ini – 23 November 2015 appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Cara Menikmati Layanan Streaming Apple Music Tanpa Kartu Kredit

Posted: 23 Nov 2015 02:44 AM PST

Kamu mungkin sudah mengetahui bahwa Apple meluncurkan layanan streaming Apple Music pada bulan Juni lalu. Dengan tarif Rp69.000 per bulan untuk paket individu dan Rp109.000 untuk paket keluarga (maksimal enam orang), kamu sudah bisa menikmati puluhan juta koleksi musik tanpa batas.

Akan tetapi, untuk bisa menikmati layanan tersebut, pengguna harus memiliki kartu kredit sebagai metode pembayaran. Atau bisa juga dengan iTunes Gift Card sebagai alternatif, seperti yang saya lakukan. Kamu bisa membeli iTunes Gift Card di beberapa situs-situs e-commerce seperti Lazada, FJB KASKUS, dan lainnya. Sebelumnya, pastikan kamu membeli iTunes Gift Card sesuai dengan region akun Apple yang kamu miliki.

iTunes Gift Card terdiri dari beberapa nominal. Mulai dari nominal Rp100.000, Rp200.000, Rp250.000, sampai dengan Rp1 juta. Harga belinya sedikit lebih mahal dibandingkan nominal iTunes Gift Card-nya sendiri. Seperti misalnya nominal Rp100.000, harga belinya adalah Rp120.000 atau lebih, tergantung di mana kamu membelinya.

iTunes Gift Card yang tersedia di pasaran ada yang berbentuk fisik maupun berupa kode. Jika kamu membeli dalam bentuk kode, kamu tinggal redeem ke dalam akun Apple kamu. Dengan asumsi kamu telah memiliki iTunes Gift Card, berikut adalah cara singkat bagaimana melakukan redeem kode iTunes Gift Card.

iTunes 5

Pertama, buka aplikasi iTunes pada komputer kamu. Pastikan kamu telah masuk ke dalam akun Apple kamu dan koneksi internet dalam keadaan aktif. Klik nama akun kamu. Pada kumpulan menu yang muncul, pilih opsi Redeem.

iTunes 4

Kedua, masukkan kode iTunes Gift Card dan klik tombol Redeem. Kamu pun sudah siap menggunakan kredit tersebut untuk berlangganan Apple Music. Dengan kredit yang sama, kamu juga bisa menggunakannya untuk membeli lagu atau aplikasi.

Baca juga: Apple Music: Segala Hal yang Perlu Kamu Ketahui

Cara baru menikmati musik dengan Apple Music

Layanan streaming Apple Music bisa dibilang telah mengubah cara saya mendengarkan musik. Sebelumnya saya harus membeli dan mengunduh lagu terlebih dahulu, kemudian mentransfernya ke smartphone atau perangkat pemutar musik lain yang saya miliki. Terbatasnya koleksi musik juga membuat saya mendengar lagu yang sama berulang-ulang.

Sekarang, dengan Apple Music, saya bisa mendengarkan berbagai lagu tanpa perlu mengunduhnya. Media penyimpanan komputer dan smartphone saya pun bisa dialokasikan buat keperluan lain.

iTunes 1

Kali pertama menggunakan Apple Music, kamu akan diminta memilih aliran musik yang kamu sukai. Apple akan merekomendasikan sejumlah musikus yang sesuai dengan preferensi kamu. Setelah melewati tahap itu, barulah kamu bisa menikmati puluhan juta lagu yang tersedia di Apple Music. Oh iya, saat ini kamu masih bisa menikmati layanan uji coba gratis selama tiga bulan, sebelum pihak Apple mulai memotong kredit kamu.

Koleksi dan cara menampilkan musik-musik merupakan salah satu alasan mengapa saya memilih Apple Music dibandingkan layanan streaming musik lain. Selain bisa menikmati album-album yang baru saja rilis, saya juga bisa menikmati video musik.

iTunes 3

Walau Apple Music merupakan layanan streaming, kualitas suara yang dihasilkan sama persis dengan kualitas musik digital yang dibeli melalui iTunes. Hal ini membuat saya berpikir dua kali sebelum kembali membeli musik fisik maupun musik digital.

Dengan biaya berlangganan Rp69.000 per bulan dan pilihan musik yang berlimpah, saya sangat merekomendasikan Apple Music, asalkan kamu memiliki koneksi internet yang stabil. Selain lebih murah dan hemat, media penyimpanan gadget kamu juga tidak akan pernah kepenuhan lagi.

Sayangnya aplikasi Apple Music untuk Android masih dalam tahap beta, dan smartphone Xiaomi Mi 4i yang sedang saya gunakan juga tidak mendukung versi tersebut. Akan tetapi saya yakin ke depannya aplikasi Apple Music akan mendukung lebih banyak perangkat Android.

(Diedit oleh Fadly Yanuar Iriansyah)

The post Cara Menikmati Layanan Streaming Apple Music Tanpa Kartu Kredit appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Koneksi Internet Tidak Stabil? Kini Kamu Bisa Mengakses Google Maps Secara Offline

Posted: 23 Nov 2015 02:34 AM PST

Aplikasi Google Maps kini akhirnya bisa diakses tanpa koneksi data alias offline untuk peta Indonesia. Memang, selama ini fungsi offline di Google Maps sudah tersedia sejak gelaran acara Google I/O.

Sayangnya di awal peluncurannya, fitur tersebut masih sangat terbatas hanya untuk beberapa negara di Amerika Serikat. Penggu diizinkan mengunduh wilayah tertentu, dan bisa melakukan navigasi tanpa Internet.

Nikhil Vaishnavi, Product Manager, Google Maps dalam press release yang Tech in Asia terima (23/11) mengatakan, "Koneksi Internet memiliki kebiasaan untuk menghilang justru di saat kamu sangat membutuhkannya—saat kamu harus berbelok di perempatan, atau saat mencari sebuah tempat di kota yang baru. Dengan peluncuran fitur Offline di Google Maps, kami ingin menghilangkan ketidakpastian ini, agar orang Indonesia bisa menemukan tujuan mereka tanpa berbelok di jalan yang salah.”

Baca juga: Kumpulan Tip Memaksimalkan Google Now

Cara mengakses fitur offline ini

Lebih lanjut Google memberikan cara untuk menikmati layanan ini. Kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Pastikan kamu terhubung ke Internet dan masuk ke akun Google.
  • Buka aplikasi Google Maps.
  • Telusuri tempat yang ingin dituju, misalnya Jakarta.
  • Di bagian bawah, tap bagian nama lokasi yang tengah kamu telusuri.
  • Di kanan atas, tap menu bertanda tiga titik.
  • Untuk menyimpan peta, pilih fitur Save Offline Map. Setelahnya cukip ikuti petunjuk di layar.

Perlu dicatat bila ukuran peta yang tersedia secara offline hanya sebesar 50 x 50 meter, bila kamu membutuhkan petunjuk yang lebih luas, pengguna akan diminta untuk mempersempit area pencarian lokasi. Selain itu, fitur ini baru tersedia untuk platform Android. Untuk pengguna iOS masih harus sabar menunggu.

screenshot aplikasi google maps offline

Pembaruan ini memang dilakukan Google secara bertahap untuk beberapa negara. Ide untuk meluncurkan versi offline Google Maps diawali dengan sulitnya akses internet di sejumah negara seperti India, Filipina dan Vietnam. Indonesia juga disebut Google memiliki akses Internet yang lambat sehingga mendapat pembaruan ini.

Penggunaan koneksi stabil untuk peta memang sangat dibutuhkan. Sayangnya tidak semua lokasi memiliki kekuatan sinyal yang stabil bagi pengguna. Selain Maps dari Google, aplikasi yang menawarkan peta secara offline adalah Here Maps bagi pengguna platform Windows Phone.

Bagaimana menurut kamu tentang layanan ini? Saya sendiri termasuk pengguna layanan peta ketika sedang berada di luar kota Jakarta. Dengan layanan ini, Google semakin memenuhi kebutuhan pengguna smartphone khususnya untuk destinasi secara offline.

(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto)

The post Koneksi Internet Tidak Stabil? Kini Kamu Bisa Mengakses Google Maps Secara Offline appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Ingin Tahu “Resep Rahasia” Muhammad Ajie Santika dalam Membangun Tinker Games? Jangan Lewatkan Sesi Ask Me Anything Besok (24/11)!

Posted: 23 Nov 2015 01:49 AM PST

Berawal dari kecanduannya bermain game, Muhammad Ajie Santika memutuskan untuk menjadi seorang entrepreneur di industri ini. Setelah melakukan riset dan menemukan fakta bahwa industri game  memiliki peluang yang sangat besar, ia mendirikan sebuah studio game di Bandung bernama Tinker Games.

Ajie merupakan lulusan sarjana dari School of Business and Management ITB di tahun 2011. Memang, ketertarikannya pada dunia bisnis bermula semenjak ia masih duduk di bangku SMA. Lulus kuliah, Ajie membulatkan niatnya memasuki dunia entrepreneur dengan menekuni bisnis kuliner.

Sambil menekuni bisnis kulinernya, Ajie juga menjalani bisnis industri game bersama Tinker Games. Salah satu proyek yang masih Ajie garap adalah Pale Blue, sebuah game 2D side-scrolling bergenre action adventure yang juga memiliki unsur stealth.

Ajie akan mengadakan sesi Ask Me Anything (AMA) di Tech in Asia Indonesia pada hari Selasa besok, tanggal 24 November 2015. Sesi AMA ini akan berlangsung mulai dari 10.00 WIB sampai dengan 22.00 WIB.

Kamu dapat bertanya apa saja kepada Ajie, misalnya hal-hal menyangkut entrepreneur dan pengembangan game sampai ke topik yang lebih kasual seperti:

  • Kuliner dan game adalah dua hal yang sangat berbeda. Mengapa Ajie menekuni keduanya?
  • Bagaimana cara Ajie membagi waktu atau fokus antara bisnis yang satu dengan bisnis yang lain?
  • Menurut Ajie, mana yang lebih penting bagi sebuah developer game di tahap awal, produk atau monetisasi?
  • Game apa sih yang menjadi favorit Ajie sampai saat ini?
  • Boleh kasih tip supaya bisa lebih fokus dan produktif?
  • Apabila memiliki sumber daya yang tidak terbatas, game seperti apa yang ingin Ajie buat?

Tech in Asia mengajak kamu untuk bertanya apa saja kepada CEO dan Co-Founder Tinker Games, Muhammad Ajie Santika. Untuk mengikuti AMA ini, pastikan kamu telah mendaftarkan diri kamu di sini. Sampai jumpa di AMA besok!

The post Ingin Tahu “Resep Rahasia” Muhammad Ajie Santika dalam Membangun Tinker Games? Jangan Lewatkan Sesi Ask Me Anything Besok (24/11)! appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Kumpulan Rekaman Momen Menarik dari Konferensi Tech in Asia Jakarta 2015 di Media Sosial

Posted: 23 Nov 2015 12:53 AM PST

Konferensi Tech in Asia Jakarta 2015 yang berlangsung pada tanggal 11 hingga 12 November 2015 lalu di Balai Kartini memang telah berakhir. Dalam acara yang dihadiri oleh 4271 pengunjung dari 19 negara ini, banyak hal baru yang kami hadirkan untuk memberikan suasana baru dan pengalaman konferensi yang berbeda bagi para pengunjung.

Baca juga: Hal-hal baru yang menambah keseruan Tech in Asia Jakarta 2015

Selain lebih dari 4000 peserta yang hadir, 70 pembicara, 213 booth startup di Bootstrap Alley, kami juga menemukan ribuan post di berbagia media sosial yang menggunakan hashtag #tiajkt2015.

Dari mulai selfie, foto candid sejumlah nama-nama top, post tentang makanan, suasana, pembicara, sampai tweet yang berkesan, semuanya kami rangkum di artikel ini. Mau tahu apa kata mereka tentang Tech in Asia Jakarta 2015? Simak kumpulan screenshot berikut!

Screen Shot 2015-11-23 at 1.00.29 PM

Bapak Menteri Rudiantara yang hadir tanpa pengawalan dan berbaur dengan ribuan peserta Tech in Asia Jakarta 2015

Screen Shot 2015-11-23 at 12.45.07 PM

Salah satu startup yang berhasil berfoto bersama dengan Menteri Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia

Screen Shot 2015-11-23 at 11.58.57 AM

kapan lagi bisa berfoto bersama Nadiem Makarim, CEO dan Founder Go-Jek?

Screen Shot 2015-11-23 at 12.33.20 PM

Satu lagi pengunjung spesial yang membuat para wanita heboh di Tech in Asia Jakarta 2015: Christian Sugiono aktor, model, dan, CEO MBDC Media

Di Tech in Asia Jakarta 2015, untuk pertama kalinya kami menghadirkan Student Stage yang khusus kami hadirkan untuk para mahasiswa. Seperti apa serunya mahasiswa-mahasiswa ini di Tech in Asia Jakarta 2015?

Screen Shot 2015-11-23 at 1.13.18 PM

Salah satu peserta yang berhasil terpilih mendapatkan Student Pass gratis untuk menghadiri Tech in Asia Jakarta 2015    Screen Shot 2015-11-23 at 1.16.29 PM

Screen Shot 2015-11-23 at 11.49.09 AM

Di Student Stage, kamu bisa belajar sambil bersenang-senang

Screen Shot 2015-11-23 at 11.52.51 AM

Beberapa mahasiswa yang menghadiri Tech in Asia Jakarta 2015. Senang sekali kalian bisa datang!

Sementara itu, banyak juga post yang menunjukkan keseruan lainnya dari sejumlah agenda di Tech in Asia Jakarta 2015.

Screen Shot 2015-11-23 at 12.55.46 PM

Salah satu sesi di Mobile Stage yang dipenuhi peserta. Bahkan ada beberapa peserta yang harus berdiri di belakang barisan

Screen Shot 2015-11-23 at 1.28.23 PM

Konferensi Tech in Asia Jakarta 2015 juga dapat kamu ikuti melalui live streaming yang meliput Main Stage

Screen Shot 2015-11-23 at 1.15.50 PM

Suasana VIP Dinner yang dihadiri eksklusif oleh para sponsor, pembicara, undangan, dan orang-orang terpilih lainnya

Screen Shot 2015-11-23 at 11.56.12 AM

Peserta konferensi yang berpesta seusai Tech in Asia Jakarta 2015 di Nightcrawl

Screen Shot 2015-11-23 at 11.53.44 AM

Ada yang berbaik hati memberikan alternatif transportasi menuju lokasi

Screen Shot 2015-11-23 at 1.11.13 PM

Ya, ada juga yang mengingatkan hashtag resmi yang digunakan

Screen Shot 2015-11-23 at 1.00.43 PM

Dan ya, dunia startup yang sedang naik daun saat ini nampaknya juga sangat kekinian

Screen Shot 2015-11-23 at 12.37.28 PM

Kicauan dari seorang reporter yang turut ambil bagian di Meet the Media

Konferensi Tech in Asia di tahun 2016 akan diawali di Singapura, bertempat di Suntec City Convention Centre. Tech in Asia Singapore akan diadakan pada tanggal 12 hingga 13 April 2016.

Mau merasakan serunya menjadi bagian dari konferensi yang menyatukan ekosistem startup teknologi ini? Langsung saja bersiap menuju Tech in Asia Singapore 2016! Dapatkan tiketnya di sini.

(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto)

The post Kumpulan Rekaman Momen Menarik dari Konferensi Tech in Asia Jakarta 2015 di Media Sosial appeared first on Tech in Asia Indonesia.

[Update] Ninja Dive – Persembahan Baru Dragon Game Studio yang Siap Menjadi Tantangan Game Sulit Kamu Berikutnya

Posted: 22 Nov 2015 11:30 PM PST

Update – 23 November 2015

Hari ini kamu sudah bisa menikmati serunya petualangan Ninja Drop! yang dirilis oleh Dragon Games Studio dengan nama baru, Ninja Dive. Seperti dugaan saya sebelumnya, game arcade ini menempatkan kamu sebagai seorang ninja yang ditugaskan terjun menuruni jurang tak berujung.

Sanggupkah kamu menerima tantangan ini? Cari tahu jawabannya dengan mengunduh game Ninja Dive lewat tautan di bawah.

App Info
Ninja Dive
Dragon Game Studio, PT -  Nov 19, 2015
Genre:  Action
Size:   45M
Installs:   5 - 10
Gratis

Download

Artikel asli – 2 Oktober 2015

Dragon Game Studio yang dikenal lewat beberapa game seperti Snake Hunt, Don’t Steal My Banana, dan Harlem Shake vs Gangnam Style, beberapa minggu lalu telah memperlihatkan sebuah game menarik yang kabarnya akan tersedia dalam waktu dekat.

Developer game asal Denpasar, Bali tersebut memperlihatkan karya terbaru mereka yang berjudul Ninja Drop! sebuah game arcade dengan permainan yang sekilas terlihat merupakan kebalikan dari aksi permainan NinJump.

Seperti dalam video yang kamu lihat di atas, Ninja Drop! menghadirkan aksi menuruni jurang sebagai salah satu dari tiga karakter ninja imut yang disediakan. Dalam aksi permainan sederhana tersebut, kita akan menghindari bermacam lemparan shuriken sambil berkelok melewati labirin jurang yang cukup curam.

Saat tulisan ini dipublikasikan, hanya ada sedikit sekali detail terkait dengan game Ninja Drop! yang telah diperlihatkan developer sejak awal September lalu. Yang jelas, artikel ini akan mendapatkan update begitu saya memperoleh detail lengkap dari Dragon Game Studio.

The post [Update] Ninja Dive – Persembahan Baru Dragon Game Studio yang Siap Menjadi Tantangan Game Sulit Kamu Berikutnya appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Jejakku, Tawarkan “Tantangan” yang Berbeda Bagi Para Penyuka Traveling

Posted: 22 Nov 2015 11:29 PM PST

Apakah kamu seorang yang menyukai traveling? Atau baru ingin menjelajah berbagai tempat untuk menghilangkan kejenuhan beraktivitas? Saat bepergian, tentu bukan hanya tiket pulang pergi dan tempat menginap saja yang kamu perlukan. Akan lebih mudah jika perlengkapan seperti tas sampai paket tur bisa kamu pesan dari satu tempat.

Jejakku adalah salah satu startup yang hadir untuk menjawab kebutuhan itu. Menurut CEO Jejakku, Ahimsa Afrizal, layanan ini menghubungkan pelancong dengan berbagai elemen lain yang juga bergerak di ranah travel, mulai dari trip organizer sampai masyarakat di tiap-tiap lokasi wisata.

Jejakku_App_1-side

Jejakku menyediakan beragam paket tur di Indonesia. Beberapa di antaranya adalah tur Bromo, Dieng, dan Pulau Komodo. Selain itu, kamu juga bisa mencoba mengajukan Custom Trip bila ingin mengunjungi destinasi yang belum tersedia.

Fitur lain yang rasanya cukup membantu pelancong adalah Store. Jejakku menyediakan berbagai item yang menjadi kebutuhan dasar traveling. Mulai dari travel bag, carrier, wind breaker, sampai sandal gunung.

Baca juga: Kumpulan Startup Travel di Indonesia

Traveling dengan "tantangan"

Bagi sebagian orang, traveling dilakukan untuk menaklukkan tantangan. Mulai dari memecahkan rekor mendaki gunung tertinggi sampai mencari aliran sungai terderas untuk berarung jeram. Namun, siapkah kamu dengan "tantangan" yang lain?

Jejakku kerap mengadakan perjalanan dengan tantangan yang unik. Sebagai bagian dari fitur Challenge, berbagai tantangan dengan pendekatan yang berbeda akan diberikan pada destinasi liburan kamu. Seperti misalnya membersihkan pantai, sampai mengajar anak-anak yang sulit mendapatkan pendidikan layak di pelosok-pelosok daerah.

Bila mengambil tantangan tersebut, kamu bisa mendapatkan reward point. Menurut Ahimsa, poin ini nantinya bisa ditukar dengan diskon perjalanan maupun pembelian perlengkapan travel.

Ada alasan tersendiri mengapa Ahimsa dan tim Jejakku menghadirkan fitur Challenge ini.

Kami merasa miris dengan kelakuan beberapa traveler yang justru merusak keindahan tempat wisata, seperti buang sampah sembarangan, vandalisme, dan bersikap tidak peduli terhadap warga lokal.

Ahimsa mengatakan, Jejakku memang berniat membantu memajukan wisata Indonesia sekaligus mengajak para pelancong berkontribusi, sehingga masyarakat bisa merasakan manfaat positif industri wisata secara langsung. Entah karena adanya fitur ini, atau karena kemudahan yang ditawarkan bagi pelancong, Aplikasi Jejakku, yang berhasil meraih predikat terbaik pada ajang The Next Dev 2015, diklaim telah memiliki 2.000 pengguna aktif.

Rencana buka perjalanan wisata di 20 provinsi

Dengan tim yang berjumlah empat orang (CEO, CTO, Lead Designer, Finance, dan HRGA), Jejakku melakukan monetisasi dengan mengambil margin keuntungan dari setiap perjalanan wisata yang dijalankan mitra organizer mereka. Ke depannya, Jejakku berencana bekerja sama dengan setidaknya 50 trip organizer di seluruh Indonesia dan membuka perjalanan wisata di 20 provinsi.

Jejakku Insert_2

Di Indonesia sendiri, layanan lain yang juga menyediakan trip lokal adalah Travacello. Kalau kamu coba telusuri, layanan jenis ini memang tidak banyak. Ahimsa sendiri mengakui bila tantangan terbesar yang mereka hadapi adalah anomali dari pasar travel di tanah air.

"Pasarnya besar, namun banyak startup di ranah ini ini yang mulai berguguran," jelasnya.

Bagaimana para pelancong? Apakah kamu tertarik mencoba kemudahan dan "tantangan" unik yang disediakan layanan ini? Kamu bisa coba Jejakku melalui link di bawah ini.

App Info
Jejakku - Trip Marketplace
Upward Project -  Nov 11, 2015
Genre:  Travel & Local
Size:   3.0M
Installs:   5,000 - 10,000
Gratis

Download

(Diedit oleh Fadly Yanuar Iriansyah. Sumber gambar: Facebook Jejakku)

The post Jejakku, Tawarkan "Tantangan" yang Berbeda Bagi Para Penyuka Traveling appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Tidak Ingin Kalah dengan GO-JEK, GrabTaxi Luncurkan GrabExpress

Posted: 22 Nov 2015 11:21 PM PST

Persaingan layanan pengiriman on-demand di Indonesia semakin memanas dengan hadirnya GrabExpress, layanan pengiriman on-demand menggunakan GrabBike dari GrabTaxi. Secara langsung, GrabExpress akan bersaing dengan Etobee dan layanan GO-SEND dari GO-JEK.

Layanan pengiriman ini masih dalam tahap beta. Untuk bisa menggunakannya, pastikan kamu telah memasang aplikasi GrabTaxi versi terbaru. Setelah itu, barulah kamu bisa melihat ikon GrabExpress di dalam aplikasi GrabTaxi.

GrabExpress bisa kamu gunakan untuk mengirim dokumen, jas hujan, atau barang-barang lain dengan ukuran maksimal 25 cm x 32 cm x 12 cm dengan berat maksimal 5 kg. Apabila terjadi kerusakan selama proses pengiriman oleh GrabExpress, pengguna akan mendapat asuransi hingga Rp2 juta.

GrabExpress HowToUse

Baca juga: Etobee, Layaknya "GO-JEK" Khusus untuk Layanan Logistik dengan Tarif Fleksibel

Untuk saat ini, GrabExpress baru bisa melayani penjemputan dan pengantaran barang di beberapa wilayah di Jakarta, seperti Sudirman, Senayan, SCBD, Thamrin, Kuningan, dan Kemang. Dengan pilihan lokasi yang terbatas dan pengiriman menggunakan roda dua (GrabBike), GrabExpress mencoba mencuri perhatian pasar dengan promo tarif datar Rp5.000 dengan kode GRABEXPRESS selama tanggal 23 November – 7 Desember 2015.

Strategi serupa juga telah diterapkan saat peluncuran GrabBike, layanan transportasi ojek dari GrabTaxi. Pertanyaannya adalah apakah strategi tersebut akan berjalan mulus? Mengingat GO-JEK dan Etobee telah lama hadir, serta tidak hanya menyediakan layanan pengiriman dengan roda dua, tapi juga dengan moda transportasi yang lebih besar seperti van dan truk.

App Info
GrabTaxi: Book a ride
GrabTaxi Holdings -  Nov 14, 2015
Genre:  Transport
Size:  N/A
Installs:   1,000,000 - 5,000,000
Gratis

Download

(Diedit oleh Lina Noviandari)

The post Tidak Ingin Kalah dengan GO-JEK, GrabTaxi Luncurkan GrabExpress appeared first on Tech in Asia Indonesia.

[REVIEW] Woo, Aplikasi Kencan yang Utamakan Privasi dan Keamanan

Posted: 22 Nov 2015 10:53 PM PST

Meski peredaran aplikasi matchmaking alias cari teman baru sudah menjamur, aplikasi Woo masih percaya diri memasuki ranah ini. Awalnya aplikasi Woo dikenalkan di India pada Juli 2014 dan mengklaim telah menjodohkan lebih dari 12.000 pasangan di negara tersebut.

Karena kepopulerannya, akhirnya Woo melebarkan sayap ke Singapura di bawah lisensi startup DoubleYou. Dan kehadirannya di Indonesia, menurut Sumesh Menon, CEO dan Co-Founder Woo, menjadi langkah awal untuk memulai ekspansi regional.

Dalam press release yang Tech in Asia terima, Sumesh menyatakan, "Awalnya kami fokus pada pasar India dengan membidik kaum muda single profesional yang hidup di kota besar, yang sudah mempunyai kehidupan baik dan bertujuan untuk ke langkah lebih serius menemukan pasangan hidup," ujarnya.

Berdasarkan paparan dari AppAnnie, aplikasi Woo telah mendapat lebih dari 1 juta unduhan di platform Android dan iOS.

Menggunakan akun Facebook dan utamakan keamanan data pengguna

screenshot aplikasi woo 2

Berbeda dengan aplikasi kencan lainnya, Woo mengharuskan penggunanya log in dengan akun Facebook. Setelah sinkronisasi akun, aplikasi akan melacak apakah pengguna benar-benar single atau sedang menjalin sebuah hubungan. Bila ternyata pengguna telah mencantumkan keterangan 'In a Relationship', 'Engaged', atau bahkan 'Married' maka aplikasi ini akan langsung mencantumkan keterangan kamu tidak bisa menggunakan Woo.

Namun bila dalam langkah sinkronisasi akun, pengguna baru benar-benar tidak menjalin hubungan, maka akan langsung diarahkan pada laman pencarian pasangan. Sumesh menambahkan bahwa berdasarkan penelitian yang dilakukan timnya, banyak aplikasi kencan yang dipenuhi oleh mereka yang sudah menikah atau sudah menjalin hubungan. Ini tentunya akan mengecewakan orang-orang yang betul-betul mencari hubungan yang serius.

Pada impresi awal laman utama, saya menyangka daftar pilihan pasangan mirip dengan Tinder dengan swipe kanan dan kiri. Ternyata tidak demikian. Pengguna hanya perlu melihat daftar pilihan pasangan dengan informasi pendidikan, pekerjaan, usia, serta lokasi. Tidak ketinggalan dengan fitur Like dan Chat bila keduanya merasa sama-sama menekan tombol Like.

Bila di Tinder pengguna tidak bisa melihat kembali pilihan sebelumnya, di Woo hal tersebut bisa dilakukan. Sayangnya, karena aplikasi ini baru saja memasuki Indonesia, daftar pilihan yang disajikan masih sangat terbatas.

screenshot aplikasi woo 3

Pada laman sidebar, tersedia menu Notifications, Invite Friends, Purchase History, dan Settings. Di bagian atas laman ini nampak foto profil pengguna. Notifications menampilkan informasi chat terbaru dari profil lainnya, sedangkan Invite Friends ditujukan bagi pengguna yang ingin mengundang temannya yang single untuk menemukan pasangan atau teman baru.

Baca juga: Tidak mau ikutan aplikasi buatan luar negeri, aplikasi Catfiz mengedepankan budaya ramah ala Indonesia

Salah satu keunikan lainnya dari Woo adalah harus memasukkan kode tertentu untuk dapat mengakses aplikasi setelah diunduh. Tanpa kode tersebut, pengguna baru lainnya tidak dapat menggunakan layanan yang disediakan.

Untuk laman Purchase History, belum tersedia fitur lainnya yang mengharuskan pengguna membayar. Di laman Settings, seperti kebanyakan aplikasi kencan lainnya, pengguna bisa menyaring segala informasi yang ingin ditampilkan. Informasi pencarian berdasarkan gender, jarak usia, jarak lokasi, dan notifikasi yang ingin diaktifkan.

screenshot aplikasi kencan woo 1

Fitur lainnya yang terbilang unik dari Woo adalah Voice Intro yang memungkinkan pengguna menambahkan suara perkenalan selama tujuh detik untuk bisa didengarkan pengguna lainnya. Di laman pengguna fitur ini ditampilkan pada tiap profil pilihan teman baru.

Tambahan fitur selanjutnya seperti TagSearch, yang membantu pengguna mencari profil berdasarkan kriteria mereka, dan QuestionCast, yang memungkinkan pengguna mengajukan pertanyaan yang akan dicocokkan sesuai dengan pengguna yang jawabannya mereka anggap menarik.

Kelebihan

  • Pilihan fitur beragam
  • Filter keamanan di awal penggunaan aplikasi dapat diandalkan
  • Informasi yang ditampilkan dapat dipilih pengguna

Kekurangan

  • Opsi teman baru yang ditampilkan masih terbatas
  • Fitur edit profil pengguna harus melalui proses yang berbelit

Secara keseluruhan, aplikasi Woo mengedepankan penyaringan informasi pengguna baru sejak awal penggunaan. Ini merupakan salah satu strategi menarik pengguna baru dengan jaminan keamanan. Namun, tak bisa dipungkiri bahwa filter seperti itu masih bisa 'diakali' oleh pengguna yang tidak bertanggung jawab.

Ranah aplikasi kencan untuk mendapat teman baru memang sudah banyak dihuni nama besar. Beberapa nama baik lokal maupun global separti Tinder, BeeTalk, dan Paktor telah lama berada di pasaran. Namun dengan banyaknya fitur yang dimiliki, Woo ingin mengungguli aplikasi serupa dan tentunya, bagi kamu yang single, semakin banyak pilihan untuk menemukan orang baru.

Penasaran ingin langsung mencoba aplikasinya? Unduh melalui:

App Info
Woo – Matchmaking for singles
DoubleYou Technologies Private Limited -  Nov 06, 2015
Genre:  Lifestyle
Size:   12M
Installs:   1,000,000 - 5,000,000
Gratis

Download

(Diedit oleh Lina Noviandari)

The post [REVIEW] Woo, Aplikasi Kencan yang Utamakan Privasi dan Keamanan appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Bingung Mencari Tempat Indekos? Coba Cek Kumpulan Situs Berikut!

Posted: 22 Nov 2015 08:42 PM PST

Berburu tempat indekos bukan hal yang mudah. Kamu harus keluar masuk gang, banyak bertanya ke penduduk sekitar, dan menghabiskan waktu berjam-jam di bawah terik matahari atau sinar bulan untuk mencari indekos yang pas, baik dari segi fasilitas maupun harga.

Pencarian tempat indekos sebenarnya bisa lebih menyenangkan, asalkan kamu sudah punya daftar tempat-tempat indekos mana saja di daerah yang mau kamu tinggali. Caranya adalah dengan mencarinya terlebih dulu di situs informasi tempat indekos. Beruntung, saat ini sudah ada beberapa situs seperti itu, seperti yang dapat kamu lihat di bawah ini.

Infokost.id

Infokost

Berdiri sejak tahun 2011, Infokost.id menampilkan sekitar 30.000 tempat indekos di sembilan kota di Indonesia. Tujuh kota berada di Jawa dan Bali, sementara sisanya di Medan (Sumatera) dan Balikpapan (Kalimantan). Selain lewat website, Infokost.id juga dapat diakses dari aplikasi Android.

Salah satu keunggulan yang ditawarkan Infokost.id adalah pencarian lokasi yang terintegrasi dengan peta, sehingga memudahkan kamu menemukan tempat indekos di wilayah yang diinginkan. Meski awalnya hanya menyajikan info tempat indekos saja, pada perkembangannya terdapat juga daftar apartemen, vila, serta hotel dan penginapan lainnya.

App Info
infokost
PT. Mediapura Digital Indonesia -  Nov 18, 2014
Genre:  Lifestyle
Size:   4.6M
Installs:   10,000 - 50,000
Gratis

Download

UrbanIndo

UrbanIndo

Awalnya, UrbanIndo hanya menyediakan daftar properti seperti rumah dan apartemen. Belakangan, mereka juga menyediakan kategori tempat indekos. Terdapat sekitar 600 indekos yang tersebar di pulau Jawa, Bali, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan bahkan Irian Jaya, walaupun di dua kota yang disebutkan terakhir itu jumlahnya masih sedikit.

UrbanIndo tidak hanya dapat diakses dari layanan web, tetapi juga aplikasi iOS dan Android. Sama seperti Infokost.id, pencarian dapat dilakukan lewat peta. Kemudahan lain yang ditawarkan adalah fitur Pencarian Pintar yang mengenali perintah tertentu. Misalnya ingin mencari tempat indekos di Jakarta dengan harga di bawah Rp2 juta, kamu cukup mengetik "kost Jakarta di bawah 2 juta."

App Info
UrbanIndo: Cari Rumah Online
UrbanIndo -  Oct 28, 2015
Genre:  Lifestyle
Size:   5.9M
Installs:   100,000 - 500,000
Gratis

Download

iBilik

iBilik

iBilik menampilkan sekitar 1.000 tempat indekos dari area Jakarta, Bali, Bandung, Jawa, Medan, Papua, Sulawesi, Sumatera, dan Yogyakarta. Berhubung iBilik tidak punya aplikasi mobile, semua informasi hanya dapat diakses dari web.

Perlu dicatat bila layanan ini tidak memiliki fitur peta. Hal ini membuat kamu hanya bergantung pada alamat yang ditampilkan di tiap iklan tempat indekos.

Sayangnya, tidak semua iklan menyertakan alamat yang detail. Sehingga ada kemungkinan kamu harus menghubungi pemilik tempat indekos untuk mengetahui lokasinya di mana. Juga, tidak semua tempat indekos memiliki foto. Kekurangan lainnya, tidak ada opsi menampilkan hasil pencarian berdasarkan urutan harga.

Jasa Cari Kost

Jasa-Cari-Kost

Situs ini khusus menampilkan tempat indekos dan kontrakan yang berada di wilayah Malang, Jawa Timur. Tampaknya, Jasa Cari Kost menyasar segmen anak kuliah. Ini bisa dilihat dari salah satu pengkategorian yang dibuat berdasarkan nama kampus.

Jika diperhatikan, tiap iklan tempat indekos berbentuk gambar kotak. Sepertinya ini sengaja dilakukan agar informasi yang sama bisa dibagikan juga ke akun Instagram-nya.

Anehnya, akun Instagram Jasa Cari Kost dibuat private. Selain Instagram, Jasa Cari Kost juga beroperasi di Twitter , walau sebagian besar kicauannya merupakan tautan ke Instagram.

KostJakarta

KostJakarta

Mirip seperti Jasa Cari Kost, KostJakarta tidak menyediakan informasi kost dari seluruh Indonesia. Wilayah yang berada dalam jangkuannya hanya Jabodetabek dan sekitarnya. Informasi tempat indekos dibagi berdasarkan kawasan.

Fitur pencarian yang ditawarkan tergolong sederhana, yaitu hanya berdasarkan kata kunci. Tidak fitur yang lebih mahir, seperti peta atau filter berdasarkan kategori tertentu. Aplikasi mobile juga tidak ada. Meski website-nya simpel, deskripsi tiap tempat indekos ditampilkan dengan detail.

SewaKost

SewaKost

SewaKost menyajikan ribuan tempat indekos yang tersebar di 33 provinsi, dari Aceh hingga Papua. Tidak ada aplikasi mobile, sehingga semua informasi hanya dapat dilihat melalui web. Tiap tempat indekos dilengkapi dengan peta lokasi yang memanfaatkan Google Maps.

Tidak hanya tempat indekos, kamu juga dapat mencari properti lain untuk disewa, seperti apartemen, vila, rumah, dan hotel atau penginapan. Pada bagian blog, kamu bisa menyimak berbagai tip dan trik seputar hidup sebagai anak indekos.

Cari-Kos.com

Cari-Kos

Mirip seperti SewaKost, Cari-Kos.com hanya bisa diakses melalui web, tanpa aplikasi mobile. Informasi tempat indekos yang ditampilkan juga dari seluruh Indonesia.

Deskripsi tiap tempat indekos ditampilkan dengan detail, berikut peta. Meski begitu Cari-Kos.com mengingatkan ada kemungkinan titik lokasi pada peta tidak akurat, jadi penting bagi kamu untuk menanyakan alamat langsung ke pemilik tempat indekos. Ada konten artikel, tetapi jumlahnya masih sangat sedikit. Topik artikelnya pun lebih tentang properti, bukan seputar tempat indekos.

Baca juga: [Update] Kumpulan Situs Iklan Baris Properti di Indonesia

OLX Indonesia (Bonus)

OLX-Indonesia

OLX yang hadir sejak tahun 2005 merupakan situs iklan baris untuk jual beli barang, entah itu baru atau bekas, serta aneka jasa dan juga lowongan kerja. Meski begitu, kini mereka memiliki kategori tempat Indekos.

Karena kategorinya tergolong baru, sehingga tidak mengherankan jika listing-nya masih sedikit. Meski begitu, jangkauannya termasuk luas. Kamu bisa mencari indekos dari 34 provinsi yang ada di Indonesia.

Tidak ada fitur peta, namun rata-rata pengiklan memberikan informasi alamat yang cukup jelas. Selain lewat web, kamu dapat melakukan pencarian tempat indekos lewat aplikasi OLX Indonesia untuk Android atau iOS.

App Info
OLX - Jual Beli Online
OLX Indonesia -  Jun 10, 2015
Genre:  Shopping
Size:   7.0M
Installs:   5,000,000 - 10,000,000
Gratis

Download

Perlu diingat, tidak semua pemilik tempat indekos memasang iklan pada situs-situs di daftar ini. Jika tidak ada tempat indekos di lokasi yang kamu mau, tidak ada salahnya untuk tetap mengunjunginya. Siapa tahu kamu malah menemukannya.

Juga, semua situs di daftar ini tidak menyediakan update apakah status kamar tiap tempat indekos dalam keadaan penuh atau kosong. Sehingga, berkomunikasi dengan pemilik sebelum melakukan survei tetap diperlukan agar waktu kamu tidak terbuang sia-sia.

Apakah kamu punya pengalaman tersendiri saat mencari tempat indekos? Mana yang lebih efektif, dengan aplikasi atau mencari langsung ke daerah yang kamu mau?

(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto)

The post Bingung Mencari Tempat Indekos? Coba Cek Kumpulan Situs Berikut! appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Kumpulan Startup Penyedia Jasa Pembersihan On-Demand di Indonesia

Posted: 22 Nov 2015 08:37 PM PST

Startup penyedia layanan on-demand kini mulai banyak bermunculan di Indonesia. Ranah yang dimasukinya sendiri beragam mulai dari transportasi, logistik, hingga kuliner. Dan kali ini, kami merangkum sejumlah startup penyedia jasa pembersihan on-demand yang juga mulai ramai di negara ini.

GO-CLEAN

Aplikasi Go-Clean
GO-CLEAN merupakan salah satu layanan terbaru dari GO-JEK. Sesuai namanya, layanan ini merupakan jasa bersih-bersih baik hunian pribadi maupun kantor. Paket yang disediakan pun beragam, mulai dari sekadar menyapu dan mengepel, hingga membersihkan kamar mandi.

GO-CLEAN menerapkan tarif Rp60.000 per jam. Pelanggan bisa menentukan jenis hunian, serta jumlah ruangan dan kamar mandi yang ingin dibersihkan. Aplikasi GO-CLEAN sendiri akan menentukan estimasi lama pengerjaan.

Sebagai contoh,  estimasi pembersihan untuk dua ruangan dan satu kamar mandi adalah 2 jam, sedangkan estimasi untuk dua ruangan adalah 1,5 jam. Nantinya pelanggan membayar berdasarkan waktu estimasi tersebut. Pihak GO-CLEAN sendiri akan membersihkan ruangan sesuai pesanan.

Layanan GO-CLEAN tersedia dalam platform mobile:

App Info
GO-JEK
PT GO-JEK INDONESIA -  Jun 25, 2015
Genre:  Transport
Size:   7.0M
Installs:   1,000,000 - 5,000,000
Gratis

Download

GoMaid

Aplikasi GoMaid
Baru diluncurkan pada Oktober lalu, GoMaid menyediakan jasa pembersihan untuk menyapu dan mengepel ruangan, merapikan tempat tidur, membersihkan dapur, dan membersihkan kamar mandi.

GoMaid menerapkan biaya Rp50.000 per shift (1 shift sama dengan 2 jam kerja). Berbeda dengan GO-CLEAN yang mengestimasi lama pengerjaan dan tarif berdasarkan jumlah ruangan, GoMaid mengukur tarif hanya berdasarkan lama pengerjaan, sehingga pelanggan tidak perlu menentukan ruangan apa saja yang harus dibersihkan.

Layanan GoMaid tersedia dalam platform mobile:

App Info
Go Maid
GoMaid Indonesia -  Oct 26, 2015
Genre:  Tools
Size:   1.9M
Installs:   100 - 500
Gratis

Download

TukangBersih

TukangBersih
TukangBersih melayani jasa pembersihan rumah, apartemen, kantor, atau tempat-tempat layanan publik yang sifatnya komersial seperti restoran dan toko. Jasa yang ditawarkan mencakup menyapu, mengepel, membersihkan toilet, mencuci peralatan rumah tangga, dan lain sebagainya.

Untuk menikmati jasa tersebut, pengguna bisa memesan paket yang mereka butuhkan melalui situs ini. TukangBersih menyediakan beberapa paket berdasarkan luas bangunan dan lama pengerjaan dengan kisaran tarif mulai dari Rp990.000 hingga Rp2,9 juta untuk tiap paket.

Setiap paket yang ditawarkan layanan ini setara dengan 12 kali pengerjaan dengan durasi pengerjaan 1,5 jam untuk paket termurah, hingga 3,5 jam untuk paket termahal. Jika menginginkan layanan tunggal atau hanya sekali pengerjaan, pelanggan bisa langsung menghubungi customer service GoMaid.

Seekmi (Bonus)

seekmi
Sebenarnya Seekmi tidak berfokus pada penyedia jasa pembersihan on-demand. Tapi karena Pembantu & Pembersihan termasuk salah satu jasa yang ditawarkan, kami mengikutsertakan Seekmi dalam daftar ini.

Seekmi sendiri memiliki konsep marketplace jasa, yakni menghubungkan pelanggan dengan sang penyedia jasa. Melalui platform ini, pelanggan bisa menuliskan permintaan mereka, waktu, serta bujet yang mereka pasang. Nantinya, Seekmi akan menghubungkan pelanggan dengan penyedia jasa yang sesuai.

Baca juga: Kumpulan Layanan Ojek On-Demand Populer di Indonesia

(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto; sumber gambar: Dave Crosby)

The post Kumpulan Startup Penyedia Jasa Pembersihan On-Demand di Indonesia appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Demi Bisa Bersaing Dengan Apple, Google Tekan Harga Aplikasi di Google Play

Posted: 22 Nov 2015 08:05 PM PST

Bicara tentang aplikasi mobile, pikiran kita pasti akan langsung tertuju pada 2 platform distribusi yang paling ramai saat ini, yaitu Google Play untuk sistem operasi Android dan App Store untuk iOS.

Kedua platform ini sama-sama mempunyai jumlah aplikasi yang banyak, jauh di atas para pesaing mereka seperti Windows Store, Amazon Appstore dan Blackberry World. Hal ini tidak terlepas dari fakta kalau Android dan iOS juga merupakan sistem operasi yang paling banyak digunakan di seluruh dunia.

Dengan jumlah pengguna yang lebih banyak daripada iOS, Google Play pun punya keunggulan dari sisi jumlah aplikasi yang diunduh oleh para pengguna mereka. Berdasarkan data dari App Annie, jumlah unduhan di Google Play 90 persen lebih banyak dibanding App Store di akhir kuartal ketiga tahun 2015.

Angka ini bahkan jauh di atas keunggulan mereka pada tahun 2014 yang hanya berada di kisaran 60 persen.Jumlah unduhan yang terbanyak berasal dari negara-negara berkembang seperti India, Vietnam, dan Indonesia.

Di sisi lain, App Annie juga menyatakan kalau App Store ternyata punya keunggulan atas Google Play dalam jumlah uang yang mereka dapatkan dari hasil penjualan aplikasi. Nominal pendapatan App Store di periode yang sama 80 persen lebih banyak dari yang diterima Google Play.

Berbeda dengan Google Play, App Store justru meraih pendapatan yang banyak di negara-negara yang sudah maju seperti Amerika Serikat dan Tiongkok.

AppAnnie Q3 2015

Kedua fenomena ini sempat membuat opini di kalangan developer, jika ingin membuat aplikasi yang mempunyai banyak pengguna, buatlah untuk platform Android terlebih dahulu. Namun jika kamu ingin membuat aplikasi yang menghasilkan banyak uang, membuat aplikasi untuk platform iOS terlebih dahulu jelas merupakan langkah yang bijak.

Google Play tak ingin menyerah begitu saja

Dari data yang disebutkan di atas, jelas terlihat kalau tingginya angka unduhan yang diterima Google Play tidak berbanding lurus dengan jumlah penjualan aplikasi berbayar di platform mereka. Kebanyakan pengguna mereka lebih suka mengunduh aplikasi gratis. Bisa jadi, hal ini disebabkan oleh kurangnya daya beli masyarakat terhadap aplikasi mobile di negara-negara yang menjadi basis pengguna Google Play.

Google pun mencoba mengatasi masalah tersebut dengan melakukan sebuah uji coba di India. Beberapa bulan lalu, mereka mencoba menurunkan harga terendah untuk aplikasi di Google Play yang tadinya Rs50 (sekitar Rp10.000) menjadi hanya Rs10 (sekitar Rp2.000).

Hasil uji coba tersebut cukup memuaskan, dan Google akhirnya memutuskan untuk melakukan hal yang sama untuk negara-negara berkembang lain seperti Peru, Meksiko, Malaysia, Filipina, termasuk Indonesia.

Pada tanggal 17 November 2015 kemarin, Alistair Pott, Product Manager Google untuk Google Play mengumumkan kalau mereka akan menurunkan harga terendah untuk aplikasi mobile di 17 negara. Menurut Pott, dengan menetapkan harga terendah yang lebih murah, Google ingin memberikan fleksibilitas bagi para developer, agar mereka bisa menyesuaikan harga aplikasi mobile yang mereka jual dengan daya beli masyarakat.

Lalu bagaimana dengan di Indonesia? Khusus untuk pengguna di tanah air, Google menetapkan harga terendah untuk aplikasi di Google Play yang sebelumnya Rp12.000 menjadi hanya Rp3.000.

Berikut daftar lengkap penurunan harga aplikasi Google Play di negara-negara lain:

NegaraHarga LamaHarga Baru
Afrika SelatanR10,00 (sekitar Rp9.500)R3,99 (sekitar Rp3.800)
BrazilR$2,00 (sekitar Rp7.200)R$0,99 (sekitar Rp3.600)
ChiliCLP$500 (sekitar Rp9.500)CLP$200 (sekitar Rp3.800)
Filipina₱43 (sekitar Rp12.300)₱15 (sekitar Rp4.300)
HungariaFt225 (sekitar Rp10.400)Ft125 (sekitar Rp5.800)
KolombiaCOP$2.000 (sekitar Rp8.700)COP$800 (sekitar Rp3.500)
MalaysiaRM3,5 (sekitar Rp11.200)RM1 (sekitar Rp3.200)
MeksikoMXN$9,9 (sekitar Rp7.900)MXN$5 (sekitar Rp4.000)
PeruS/.3 (sekitar Rp12.000)S/.0,99 (sekitar Rp4.000)
Polandiazł2,99 (sekitar Rp10.200)zł1,79 (sekitar Rp6.100)
Rusiaруб30 (sekitar Rp6.200)руб15 (sekitar Rp3.100)
Saudi Arabia﷼ 4,00 (sekitar Rp14.400)0,99 ﷼ (sekitar Rp3.600)
Thailand฿32 (sekitar Rp12.100)฿10 (sekitar Rp3.800)
Turki₺2,00 (sekitar Rp9.500)₺0,59 (sekitar Rp2.800)
Ukraina₴8 (sekitar Rp4.400)₴5 (sekitar Rp2.800)
Vietnam₫21.000 (sekitar Rp12.600)₫6.000 (sekitar Rp3.600)

Baca juga: Bagaimana Google Dapat Membantu Developer Meningkatkan Pendapatan Iklan pada Aplikasi Mobile

Dengan penurunan harga terendah untuk aplikasi-aplikasi di Google Play ini, bukan berarti harga semua aplikasi yang ada di sana akan langsung mengalami penurunan. Google hanya menawarkan pilihan bagi para developer untuk menurunkan harga aplikasi mereka agar menjadi lebih murah, dan mendorong lebih banyak pengguna untuk membeli aplikasi berbayar.

Bagi para developer yang ingin menurunkan harga aplikasinya, bisa langsung menuju halaman Google Play Developer Console dan memilih opsi Pricing & Distribution atau In-app Products.

“Kami berharap perubahan ini membuat kamu (para developer) bisa menjangkau lebih banyak orang di seluruh dunia, sehingga kamu bisa terus menumbuhkan bisnis kamu di Google Play,” ujar Pott.

Bagaimana menurut kamu, dengan harga minimum sebesar Rp3.000, akankah makin banyak jumlah aplikasi berbayar yang terjual di Google Play?

(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto)

The post Demi Bisa Bersaing Dengan Apple, Google Tekan Harga Aplikasi di Google Play appeared first on Tech in Asia Indonesia.

5 comments:

Sponsor

Latest Game News

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sponsor

pasang iklan baris gratis