Ads

Thursday, November 26, 2015

Game Di Indonesia

Game Di Indonesia


Game Gratis PS Plus Desember 2015: Far Cry 3: Blood Dragon, Freedom Wars, dan Lainnya

Posted: 26 Nov 2015 06:24 PM PST

Sama seperti bulan-bulan sebelumnya, Sony telah mengumumkan jajaran game berkualitas yang dapat diunduh oleh para pelanggan PS Plus region Amerika secara cuma-cuma untuk bulan Desember 2015. Koleksi game yang masuk ke daftar kali ini pun bisa dibilang merupakan kumpulan yang sangat menarik dengan genre yang cukup bervariasi, dari action hingga adventure point and click.

Total terdapat enam buah game gratis yang ditawarkan. PS Vita, PS3, maupun PS4 masing-masing mendapat dua buah game yang beberapa di antaranya sempat menjadi favorit beberapa penulis Tech in Asia pada tahun lalu. Berikut adalah daftar lengkapnya:

Dari keenam jajaran game di atas, saya sangat bersemangat untuk melihat bagaimana King’s Quest yang dulu pernah saya mainkan di PC lawas era 90-an telah berevolusi. Selain itu, kehadiran Far Cry 3: Blood Dragon, Freedom Wars, maupun SSX jelas membuat saya tidak perlu khawatir kehabisan hiburan penuh adrenalin di penghujung tahun 2015 ini.

Semua game di atas akan tersedia mulai minggu depan. Kamu yang belum mengklaim game gratis bulan November sebaiknya segera mengunduh saat ini juga agar uang yang telah kamu bayar untuk menjadi pelanggan PS Plus tidak menjadi mubazir.

Sumber: PlayStation Blog

Bagaimana pendapat kamu dengan jajaran game yang ditawarkan pada bulan Desember ini? Apakah ada game lain yang sebenarnya ingin kamu dapatkan melalui PS Plus? Bagikan keinginanmu dengan berkomentar di bawah ini ya.

The post Game Gratis PS Plus Desember 2015: Far Cry 3: Blood Dragon, Freedom Wars, dan Lainnya appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Inilah 20 Startup Gagal di Asia Tahun 2015 dan Pelajaran yang Dapat Dipetik dari Mereka

Posted: 26 Nov 2015 06:00 PM PST

2015 merupakan tahun yang menggairahkan bagi beberapa startup di Asia. Pendanaan venture capital mengalir ke beberapa negara seperti China, India, dan Korea Selatan dalam jumlah yang lebih besar dari sebelumnya. Asia Tenggara membukukan rekor exit terbesar dengan diakuisisinya iProperty Group sebesar $534 juta (sekitar Rp7,3 triliun).

Namun penggalangan tahap pendanaan yang sangat besar bukan jaminan kesuksesan di masa mendatang. Sudah menjadi risiko umum dalam berbisnis bahwa sebagian perusahaan akan keluar sebagai pemenang, sedangkan perusahaan lain keluar sebagai pecundang.

Baca juga: Inilah 18 Kesalahan yang Dilakukan oleh Startup

Berikut adalah 20 startup dari Asia yang terpaksa gulung tikar tahun ini.
Mereka dikelompokkan berdasarkan asal negaranya, tanpa urutan. Mereka masuk dalam daftar ini karena ada hal yang bisa dipelajari dari kisahnya masing-masing.


Cina

1. Melotic

Melotic merupakan tempat penukar aset digital berbasis bitcoin. Tujuan mereka adalah memfasilitasi penukaran antara mata uang digital alternatif dengan koin dari aplikasi tertentu. Startup ini awalnya bermarkas di Hong Kong.

Startup ini baru saja mendapatkan pendanaan tahap awal sebesar $1,18 juta (sekitar Rp16,2 miliar) pada bulan Oktober 2014, dari beberapa investor, termasuk 500 Startup. Sayangnya, jumlah tersebut belum cukup untuk membangun produk yang sesuai dengan keinginan konsumen. Pada Mei 2015, mereka menyerah dan mengatakan "Tidak mengalami pertumbuhan cukup untuk menutup biaya pengembangan, perawatan, dan dukungan."

Berhenti Beroperasi

2. Exiche

Pada tahun 2015, Cina memastikan bukan hanya satu, tapi tujuh penyedia layanan cuci mobil on-demand yang gulung tikar. Ya, kita tak salah membaca. Dalam ceruk bisnis yang begitu spesifik seperti cuci mobil, ada banyak pemain yang berusaha untuk menjadi pemimpin. Seperti itulah mengguritanya ekosistem startup di negara itu.

Nampaknya, untuk saat ini, salah satu perusahaan yaitu Guagua Xiche keluar sebagai pemenang. Sementara eXiche mungkin adalah perusahaan dengan kegagalan paling besar di antara semuanya. eXiche mendapatkan pendanaan Seri A senilai $20 juta (sekitar Rp274 miliar) pada bulan Maret dan menghentikan layanan mereka pada bulan Oktober. Halaman utama web mereka mengklaim kalau mereka sedang melakukan restrukturisasi, bukan mati.

Dalam ketatnya kompetisi ini, nampaknya banyak layanan cuci mobil yang menghambur-hamburkan uang dengan menawarkan promosi murah. Satu hal yang perlu diingat adalah cuci mobil sendiri harganya memang murah. Model bisnis seperti itu biasanya tidak berumur panjang.


India

3. DoneByNone (Netcraft Retail Solutions)

Walaupun tahun 2015 termasuk paling menguntungkan bagi para pelaku e-commerce di India, beberapa startup tetap tak mampu bertahan. Salah satunya adalah Gurgaon, situs penyedia busana wanita milik DoneByNone.
Mereka dilaporkan mengalami masalah dengan kepuasan pelanggan di penghujung tahun 2014, setelah kejadian itu, salah satu pendiri mereka keluar. Pada awal 2015, web Gurgaon hilang dari peredaran.

4. Lumos

Lumos, startup dengan spesialisasi smart home, didirikan oleh para pebisnis pemula yang baru saja menyelesaikan bangku kuliah. Membangun startup di bidang perangkat keras ternyata lebih sulit dari yang mereka kira.

"Kami menganggap enteng membuat produk berupa perangkat keras yang siap dipasarkan. Kami salah memperhitungkan permintaan dan kegunaan produk kami," tulis salah satu pendiri Lumos dalam uraian panjang di sebuah blog.

Mereka sudah berbaik hati mendokumentasikan proses pengambilan keputusan mereka beserta akibatnya dengat sangat rinci. Tulisan tersebut sangat bermanfaat bagi mereka yang berniat membuat produk perangkat keras.

Menghamburkan uang

5. TalentPad

Terlepas dari mendapatkan seed funding pada Oktober 2014 dan pernah mengakuisisi sesama platform pencari kerja, TalentPad "selesai" kurang dari setahun kemudian.

Situs ini merupakan layanan rekrutmen online yang unik. Para perusahaan berkompetisi untuk mencari calon pekerja terbaik.

"Kami gagal memperhitungkan bisnis scalable untuk pasar yang cukup besar," ujar tim TalentPad dalam sebuah catatan buat para penggunanya.

6. Dazo

Bisnis layanan pesan antar makanan di India mendapat tamparan keras tahun ini. Beberapa perusahaan berhasil mendapatkan investasi dan tumbuh semakin besar, sedangkan yang lainnya gagal bertahan.

Di antara mereka yang gagal bertahan adalah Dazo. Menurut laporan, Dazo merupakan layanan pesan antar makanan berbasis aplikasi pertama di India. Mereka telah menarik seed funding dari investor terkemuka seperti eksekutif Google dan Amazon.

Inc42, dalam artikel yang menganalisa tumbangnya startup-startup pesan antar makanan di India, menulis:

Pesatnya pertumbuhan (startup pesan antar makanan) juga menunjukkan bahwa perusahaan yang mendapat pendanaan cenderung menghamburkan uang untuk mendapatkan pelanggan tanpa menciptakan diferensiasi produk dari kompetitor sejenis.

abratable-abraresto-shutdown-ankur-mehrotra-720x540

7. Bagskart, Jewelskart, dan Watchkart (Valyoo Tech)

Valyo Tech menjalankan beberapa situs e-commerce barang-barang mewah, situs untuk tas, situs untuk perhiasan, situs untuk jam tangan, serta situs untuk kacamata dan lensa kontak. Menurut laporan pada awal 2014, mereka mempertimbangkan untuk untuk menjual semua situs kecuali Lenskart, situs khusus kaca mata dan lensa kontak, untuk fokus terhadap situs yang memberi pemasukan paling banyak.

Butuh waktu hingga awal tahun 2015 untuk merealisasikannya. Valyoo Tech berhasil memperoleh pendanaan untuk LensKart, namun mematikan tiga situs lainnya yang nampaknya tak mampu menggaet konsumen.


Indonesia

8. Kleora

Menurut pendiri Kleora, marketplace ini belum mati. Namun brand tersebut beserta webnya telah berhenti beroperasi. Alasannya, mereka merasa branding produk wanita mereka jadi terlalu terbatas. Juga, backend dan fitur platformnya juga perlu diperbaiki secara menyeluruh.

Mereka membuat perubahan drastis dan, dengan tim yang sama meluncurkan, produk baru bernama Prelo, marketplace yang fokus pada barang-barang bermerek bekas.

9. Beauty Treats

Beauty Treats mulai dengan model bisnis berlangganan "kotak cantik," atau kotak berisi peralatan kosmetik, secara bulanan—mirip seperti Lolabox yang gagal pada tahun 2014. Pada tahun 2013, Beauty Treats melakukan pivot, agar tidak bernasib seperti Lolabox. Namun hal itu ternyata tidak berhasil.

Pada awal tahun ini, Daily Social melaporkan bahwa situs mereka telah berhenti beroperasi. Saat ini, salah satu pendirinya, Romeo Reijman, mencoba membangun startup pegadaian daring bernama Pinjam.

10. Abraresto/ Abratable

Abratable dan Abraresto adalah situs pemesanan dan ulasan restoran yang beroperasi di Singapura serta Indonesia. Startup ini gagal karena mereka membuat beberapa keputusan yang berisiko, termasuk menerima investasi dalam bentuk utang, bukan venture capital. Mereka gagal menggalang pendanaan lanjutan di waktu yang tepat sehingga tak bisa bertahan.

11. Alikolo

Situs e-commerce Alikolo diciptakan oleh Danny Taniwan, seorang pebisnis pemula asal Medan. Ia menganggap kurangnya pengalaman sebagai sumber kegagalannya. Ia juga melakukan kesalahan fatal dengan menyerahkan mayoritas saham pada angel investor, yang bahkan tak lebih berpengalaman dari dirinya.

Sejak saat itu Danny telah beralih untuk menciptakan platform e-commerce terbaru yang saat ini belum diluncurkan.

quit-when-ahead-startup-failure-720x405

12. Valadoo

Valadoo merupakan situs penyedia paket wisata untuk destinasi di Indonesia. Mereka menutup layanannya pada Mei 2015. Pendirinya mengatakan, Valadoo membuat kesalahan besar dengan terlalu fokus pada pertumbuhan pengguna, dan mengabaikan perlunya membangun model bisnis jangka panjang untuk produknya.

Setelah itu, merger dengan perusahaan lain malah berbuah masalah yang secara teknis lebih pelik dari yang mereka kira. Pada akhirnya merger tersebut berujung kebangkrutan bagi Valadoo. Mereka kehabisan dana dan tak mampu untuk menggalang tahap pendanaan baru selama fase transformasinya.

Baca juga: Jaka Wiradisuria Menuturkan Cerita di Balik Tutupnya Valadoo

13. Paraplou

Pada bulan Oktober, salah satu pemain e-commerce Indonesia yang lebih dulu didirikan, Paraplou, nampaknya harus ditutup. Perusahaan ini menampilkan ucapan perpisahan di halaman utama web mereka dengan menyebut pasar yang belum terbentuk, kondisi keuangan tak menentu, dan sulitnya mendapatkan pendanaan sebagai alasan utama mereka gulung tikar.

Situs yang termasuk ke dalam anak perusahaan Paraplou Group ini masih bisa diakses, namun saat ini situs utamanya dihentikan sementara. Paraplou dipimpin oleh dua mantan CEO Rocket Internet yang pernah bekerja di Lazada Indonesia.

14. Kirim

Belum lama ini, kami menyadari Kirim diam-diam berhenti beroperasi. Layanan jasa antar barang ini mengklaim telah beroperasi selama tujuh tahun. Mereka tak menyebutkan alasan di balik keputusan menutup layanan.

Kemungkinan, ekspansi bisnis transportasi dengan pendanaan yang lebih mantap—semacam GO-JEK dan GrabBike—ke layanan yang sama telah membuat pemain baru seperti Kirim mustahil untuk bertahan.


Israel

15. Everything.me

Everything.me merupakan salah satu kegagalan yang dikenal luas di benua Asia tahun ini. Mereka membuat aplikasi yang dapat menambahkan contextual features untuk smartphone Android.

Meski termasuk salah satu startup dengan pendanaan tertinggi, yaitu sebesar $35 juta (sekitar Rp480 miliar), dan menyatakan aplikasinya telah diunduh hingga 15 juta kali startup ini memutuskan berhenti akhir Oktober. Mereka mengatakan "tak mampu untuk menemukan model bisnis yang cocok" untuk aplikasi gratis mereka.

Kebuntuan yang tak dapat diatasi


Singapura

16. KotaGames

Di Singapura, KotaGames, situs game berbasis web, menutup layanannya pada bulan Maret. Mereka mulai beroperasi sekitar tahun 2008. Kemungkinan kesalahan mereka adalah menggantungkan pendapatan pada feature phone. TMG, induk perusahaan KotaGames, nampaknya gagal menyesuaikan model bisnisnya dengan pesatnya pertumbuhan gaming di smartphone.

Baca juga: Agar Lebih Serius Dukung Startup, Pemerintah Indonesia Perlu Memperhatikan Hal Berikut

17. Lamido

Lamido merupakan bagian dari kelompok perusahaan Rocket Internet yang menjangkau wilayah Asia Tenggara. Sejatinya, perusahaan yang bermarkas di Singapura ini merupakan marketplace e-commerce.

Namun mereka tak begitu berhasil dan harus berhadapan dengan kompetitor lokal yang lebih kuat. Terlebih, Lazada, yang juga bagian dari Rocket Internet, telah mengadopsi beberapa fitur marketplace.

Menurut CEO Lazada Group, Maximilian Bittner, Lamido bukannya bubar, namun merger dengan Lazada.

"Dengan pesatnya pertumbuhan marketplace Lazada dan Lamido, kami merasa ada kesamaan yang semakin meningkat antara basis pembeli dan penjual di antara kedua platform itu. Mengingat banyaknya kesamaan antara merek Lazada dan Lamido, jadi merupakan langkah yang lazim jika kami menggabungkan layanan keduanya," ujarnya.

18. Superdeals

Awal tahun ini, operator telekomunikasi Singapura, SingTel menutup situs yang menawarkan promosi harian milik mereka, Superdeals. Mungkin hal ini tak mengejutkan, karena model bisnis seperti itu mengalami kerugian yang sangat banyak di seluruh dunia. Beberapa tahun yang lalu, Groupon berada di garis depan pesatnya pertumbuhan startup serupa, namun akhirnya tidak mampu menarik jumlah pengguna sesuai target.

Coba lagi!

19. Molome

Penduduk Asia terobsesi berfoto selfie dan menampikannya secara online. Molome ingin menjadi aplikasi yang membuat sebuah foto jadi lebih lucu dengan menambahkan semacam stiker dan teks pada foto aslinya.
Pendirinya bergabung dengan program akselarator JFDI pada tahun 2014 dan pada saat yang sama mengklaim telah memiliki 40 ribu pengguna harian yang mengunggah lebih dari 15 ribu foto setiap harinya.

Namun semua itu belum cukup untuk bersaing dengan aplikasi berbagi foto seperti Instagram dan Snapchat. Pada pertengahan November, pendirinya memutuskan untuk membubarkan layanan Molome. Pesan perpisahan di situsnya tertulis:

Dengan berat hati kami menginformasikan bahwa Molo memutuskan untuk hibernasi mulai musim dingin ini. Membuat aplikasi berbagi foto tidak murah, dan tanpa pendanaan kami tak mampu meneruskan perjalanan kami.


Vietnam

20.Beyeu

Di Vietnam, bubarnya Beyeu, situs e-commerce untuk perlengkapan bayi, menimbulkan kesan pesimis. Perusahaan itu didukung oleh Project Lana, perusahaan internet terkemuka di Vietnam yang menjalankan komunitas daring untuk wanita.

Kemungkinan, hal yang membuat Beyeu gulung tikar adalah kompetisi yang ketat atau kurangnya pengalaman sang pendiri dengan e-commerce.

Apapun alasannya, tentu ini adalah keputusan yang pahit bagi tim Beyeu. Mereka dilaporkan meninggalkan pesan di situsnya tepat setelah menutup layanannya:

Membangun e-commerce membutuhkan uang yang tak sedikit. Banyak perusahaan yang nantinya akan berhenti "membakar" uang. Untuk kalian yang masih bertahan, semoga beruntung.

Namun catatan itu kini sudah tak ada. Halaman utama mereka kini kosong.

2015-in-Review-banner

(Diterjemahkan oleh Faisal Bosnia dan diedit oleh Fadly Yanuar Iriansyah dan Pradipta Nugrahanto. Sumber gambar glasseyes view, Bryan Mills, frankieleon, Andrew Mason, BY-YOUR-⌘, Doug Geisler, Sean MacEntee.)

The post Inilah 20 Startup Gagal di Asia Tahun 2015 dan Pelajaran yang Dapat Dipetik dari Mereka appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Kumpulan Game iPhone & iPad Terbaru Minggu Ini: Star Wars: Galaxy of Heroes, World of Tanks: Generals, The Whispered World, Nice Shot Golf, dan lainnya.

Posted: 26 Nov 2015 05:38 AM PST

Tanpa terasa kita telah mencapai minggu terakhir di bulan November 2015. Minggu ini para developer game terasa seperti sedang mengambil ancang-ancang untuk memasuki musim liburan guna memperingati hari raya Natal dan tahun baru karena tidak terlalu banyak game menarik yang dapat saya temukan. Namun, bukan berarti lantas semuanya jelek lo.

Minggu ini penggemar Star Wars kembali dihibur dengan kehadiran Star Wars: Heroes of Galaxy. Penggemar olahraga golf maupun ski juga mendapatkan suguhan Nice Shot Golf serta Snowboard Party 2 yang memberikan tantangan menyenangkan. Simak juga berbagai game keren lainnya yang sudah saya pilihkan di bawah ya!


Star Wars: Galaxy of Heroes

Risky Maulana – Kamu akan terlibat dalam sebuah strategi pertempuran tim yang diisi oleh berbagai karakter terkenal di dunia Star Wars. Mulai dari sang Smuggler Han Solo dan sang partner Wookie Chewbacca, hingga Darth Vader beserta pasukan Stormtrooper, semuanya ini bisa kamu temukan dalam permainan Star Wars: Galaxy of Heroes.

Menariknya lagi, walau mengedepankan unsur mengoleksi karakter layaknya permainan kartu, Star Wars: Galaxy of Heroes juga menjanjikan sebuah pertempuran turn-based RPG yang seru. Kamu bisa mengerahkan berbagai macam serangan khusus tergantung dari tipe karakter hero yang kamu punya dan wajib berstrategi dengan kemampuan itu untuk memenangkan pertempuran.

Luke Skywalker, Darth Vader, dan Han Solo "Reuni" Kembali dalam Game Strategi Star Wars: Galaxy of Heroes

App Info
Star Wars™: Galaxy of Heroes
ELECTRONIC ARTS -  Jan 01, 1970
Genre:  Action
Size:  N/A
Installs:  N/A

Download

Go! Go! CommanderVideo

Go Go CommanderVideo | Featured

Go! Go! CommanderVideo bisa dibilang merupakan penyederhanaan dari konsep yang terdapat di BIT.TRIP RUNNER. Commander Video di sini akan berlari dari sudut kamera samping dan hanya dapat melompat dengan jarak sesuai durasi sentuhan kamu pada layar. Tap sesaat hanya akan membuatnya melompat pendek, sedangkan menyentuh lebih lama akan memperpanjang jarak lompatannya.

Desain level pada Go! Go! Commander Video justru lebih tricky dibandingkan BIT.TRIP RUNNER. Kecepatan lari Commander Video di game ini terasa lebih cepat. Selain itu, tidak ada petunjuk dari irama musik seperti pada game pendahulunya yang membuat keselamatan jiwa Commander Video benar-benar bergantung pada refleks kamu.

Kreator BIT.TRIP RUNNER Merilis Karya Terbarunya Go! Go! CommanderVideo di iOS

App Info
Go! Go! CommanderVideo
Choice Provisions -  Nov 24, 2015
Genre:  Games, Family, Entertainment, Arcade
Size:  22.34 MB
Installs:  N/A
Gratis

Download

Go Home Dizzy

“Bantu para kesatria pulang kembali ke rumahnya”, hanya kalimat itulah yang dituliskan oleh developer indie Andrew Morish untuk mendeskripsikan Go Home Dizzy. Deskripsi tersebut sejalan dengan karyanya yang simpel namun seru tentang para kesatria yang harus berputar-putar mengarungi jalan penuh dengan monster dan berbagai rintangan untuk mencapai rumah.

Kamu akan mengendalikan seorang kesatria imut di dalam Go Home Dizzy. Sang kesatria dapat berputar-putar dengan menggunakan berbagai macam senjata, seperti pedang, tombak, hingga sabit. Walau mengusung gameplay dan kontrol sederhana, namun grafis imut yang digunakan developer serta tingkat kesulitan yang menantang membuat saya jatuh hati untuk memainkan Go Home Dizzy berulang-ulang.

App Info
Go Home Dizzy
Andrew Morrish -  Nov 22, 2015
Genre:  Arcade
Size:   26M
Installs:   10 - 50
Gratis

Download

The Whispered World

Game adventure point & click yang pertama kali dirilis di PC pada tahun 2010 silam The Whispered World kini telah tersedia untuk iPad. Developer Daedalic Entertainment tampak serius melakukan porting game PC tersebut ke iOS dengan merombak keseluruhan skema kontrol dan tampilan antarmuka yang mengandalkan mouse dan keyboard agar nyaman dikendalikan dengan sentuhan jari.

Edisi spesial dari The Whispered World di iPad masih menceritakan kisah si badut Sadwick yang tidak mengira akan membawa petaka bagi dunia. Mimpi buruk yang sering dialaminya merupakan pertanda bahwa dia akan menjadi penyebab dunia kiamat. Untuk mencegah terjadinya malapetaka itulah, ia dan ulat peliharaannya Spot bertualang dan memecahkan berbagai misteri.

App Info
The Whispered World Special Edition
Daedalic Entertainment GmbH -  Nov 24, 2015
Genre:  Games, Adventure, Entertainment, Puzzle
Size:  1.66 GB
Installs:  N/A
Rp. 119.000

Download

World of Tanks: General

Bersiaplah menjadi komandan pasukan tank pada perang dunia kedua di World of Tanks: General persembahan dari Wargaming.net. Namun, kalau kamu mengharapkan aksi tembak-tembakan dengan tank yang seru, bersiaplah terkejut karena World of Tanks: General malah menghadirkan card battle dengan berbagai macam jenis kendaraan tempur.

Wargaming.net merupakan developer yang terkenal dengan berbagai karya bertema peperangan. Karya kali ini pun masih menggunakan tema serupa dengan pilihan kartu mencapai lebih dari dua ratus jenis. Fitur unggulan dari World of Tanks: General adalah kemampuan untuk melakukan pertempuran PvP dengan sesama pemain lain demi melihat siapa jenderal dan kolektor yang lebih baik di dunia peperangan World of Tanks ini.

App Info
World of Tanks Generals
Wargaming.net -  Nov 25, 2015
Genre:  Games, Strategy, Entertainment, Card
Size:  528.92 MB
Installs:  N/A
Gratis

Download

Nice Shot Golf

Tampaknya sudah lama iOS tidak mendapatkan game tentang golf yang menarik, tapi semua itu berubah minggu ini berkat kehadiran Nice Shot Golf dari Netmarble. Game olahraga golf dengan skema free to play ini akan menantang kepiawaian kamu memukul bola dan memasukkannya di lapangan golf.

Nice Shot Golf menghadirkan berbagai tantangan khas permainan golf ke dalam genggamanmu. Kamu akan diminta untuk memukul bola ke daerah green, menguji presisi put di tanah yang berlekuk-lekuk, hingga mengeluarkan bola dari bunker pasir. Avatar di sini juga bisa kamu kustomisasi sesuka hati dengan berbagai opsi yang ditawarkan melalui IAP maupun dengan mengumpulkan koin di dalam game.

App Info
Nice Shot Golf
Netmarble Games -  Nov 25, 2015
Genre:  Sports
Size:   34M
Installs:   1 - 5
Gratis

Download

Order in the Court

Apakah kamu penasaran ingin menjadi hakim yang mengetuk-ngetukkan palu di ruang sidang, meminta para hadirin untuk diam sejenak dan mengikuti proses persidangan dengan khidmat? Apabila kamu seperti saya yang menjawab “ya”, maka Cherrypick Games akan menghadirkan pengalaman tersebut melalui karya mereka Order in the Court.

Objektif utama kamu dalam Order in the Court adalah menenangkan para hadirin persidangan yang membuat kegaduhan. Mekanisme yang digunakan mirip dengan game rhythm, di mana kamu akan dihadapkan dengan ikon-ikon yang berjalan pada beberapa garis, menanti timing yang tepat untuk diketuk. Terdapat berbagai macam tokoh hakim dengan karaktertistik hadirin yang berbeda pula.

App Info
Order In The Court!
cherrypick games -  Nov 25, 2015
Genre:  Games, Arcade, Puzzle
Size:  36.74 MB
Installs:  N/A
Gratis

Download

Snowboard Party 2

Sebagai negara tropis beriklim tropis, rasanya mustahil bagi Indonesia untuk mendapatkan daerah bersalju guna bermain ski secara bebas. Namun hal tersebut bukan berarti penduduknya (baca: kita) tidak dapat menikmati permainan tersebut minggu ini. Yah … setidaknya pada perangkat portabel masing-masing melalui Snowboard Party 2.

Saya tidak pernah memainkan Snowboard Party orisinal sebelumnya, namun saya dapat mengatakan bahwa sekuelnya kali ini menghadirkan gameplay yang sangat seru. Aksi berseluncur dengan papan ski di sini terasa cepat, menantang, dan penuh adrenalin. Saya yang memainkannya sambil duduk saja sering geregetan sendiri saking terbawa suasana di sini.

App Info
Snowboard Party 2
Ratrod Studio -  Nov 25, 2015
Genre:  Games, Sports, Sports, Simulation
Size:  730.67 MB
Installs:  N/A
Rp. 29.000

Download

Apakah kamu memiliki game favorit yang baru saja dirilis minggu ini selain kedelapan pilihan di atas? Mari berbagi melalui kolom komentar di bawah ya.

The post Kumpulan Game iPhone & iPad Terbaru Minggu Ini: Star Wars: Galaxy of Heroes, World of Tanks: Generals, The Whispered World, Nice Shot Golf, dan lainnya. appeared first on Tech in Asia Indonesia.

#SelfMade, Ajang Jumpa dan Sharing Para Pekerja Freelance

Posted: 26 Nov 2015 05:27 AM PST

Bagi banyak orang, melakukan bekerja secara freelance seperti mimpi di siang bolong. Kamu menjadi bos buat dirimu sendiri, bekerja dengan waktu yang fleksibel, serta berkarya dan hidup dengan cara yang kamu mau. Kamu juga bisa memilih apa yang kamu kerjakan dan melakukan hanya yang kamu sukai. Terdengar nyaman sekali, ya?

Apakah terdengar semudah itu? Jika kamu sudah pernah merasakan pengalaman bekerja secara self-employed, kamu pasti merasakan bahwa hal itu kadang tidak seindah kelihatannya.

Pertama, pemasukan bulanan yang tidak menentu jumlahnya menjadi tantangan tersendiri. Selain itu, berpindah-pindah dari satu pekerjaan ke pekerjaan lainnya—tanpa tahu pasti kapan kamu gajian—pasti akan membuat jantung kamu berdebar-debar saat memikirkan strategi hidup berikutnya.

Yang lebih menantang lagi, freelance bekerja sendiri tanpa adanya dukungan dari sebuah sistem atau organisasi. Kamu tidak hanya diminta menyelesaikan suatu pekerjaan, tapi juga dituntut menemukan customer sendiri.

Kebebasan dan fleksibilitas memang menjadi nilai utama dalam karir sebagai freelance. Akan tetapi, di lain sisi, bekerja sendiri juga dapat membatasi interaksi sosial dan bisa membuat freelancer merasa kurang mendapatkan dukungan yang diperlukan. Tentunya, hal tersebut masih dapat diatasi.

Saat pekerja freelance merasa kesepian dan jenuh bekerja sendiri, yang perlu dilakukan adalah keluar dan bertemu dengan orang lain atau sesama freelancer untuk mengembalikan inspirasi dan kreativitas.

PayPal x Tech in Asia menghadirkan #SelfMade

PayPal dan Tech in Asia bekerja sama untuk menghadirkan sebuah acara yang bernama Self Made. Acara ini akan diadakan pada tanggal 8 Desember 2015 di Singapura.

Acara ini ditujukan untuk komunitas self-employed dari berbagai bidang. Kami ingin mengundang kamu, para pekerja freelance, untuk bergabung dan bertemu dengan orang-orang yang memiliki ketertarikan serta pola pikir sama. Self Made akan menjadi platform di mana tools, tip, dan inspirasi dapat digerakkan oleh komunitas freelancer melalui crowdsourcing dan self-organization.

Pembicara

Kami mengundang desainer Jon Myers dan tech entrepreneur Jon YongFook untuk membagikan pengalaman mereka, termasuk hal-hal dan tip yang dapat dipelajari dan tip oleh komunitas freelance.

Jon Myers

PayPal Jon-Myers-Headshot-copy
Jon Myers adalah seorang desainer UI yang berbasis di Ho Chi Minh City. Dengan pengalaman lebih dari 10 tahun—6 tahun menjadi pekerja freelance, Jon juga menguasai desain UX, desain antarmuka, entrepreneurship, dan social technologies.

Jon YongFook

PayPal_Jon-YongFook-headshot
Jon YongFook adalah seorang entrepreneur yang berbasis di Singapura, dan merupakan pendiri sejumlah perusahaan perangkat lunak. Beberapa di antaranya adalah Cookpad, portal resep masakan terbesar di Jepang, dan Beatrix, sebuah content creation tool untuk media sosial. Sebelum pindah ke Singapura, YongFook telah tinggal di Jepang selama 10 tahun.

Topik diskusi ditentukan oleh kamu

Lalu, apa saja topik yang akan dibahas oleh dua pembicara yang berpengalaman ini? Kamu lah yang menentukan! Untuk membuat topik pembicaraan lebih relevan dan berguna untuk para peserta, kami ingin tahu topik apa yang kamu ingin dengar dalam diskusi ini.

Ceritakan pada kami, melalui kedua tautan di Facebook berikut, tentang apa yang menurut kamu menjadi tantangan terbesar dan kesempatan terbaik yang kamu hadapi sebagai seorang pekerja freelance. Dapatkan juga kesempatan memenangkan voucer dari PayPal senilai $50 (sekitar Rp682 ribu).

Daftarkan diri kamu segera

Di Self Made, kamu bisa melakukan apa saja yang kamu mau. Datang dan temui pekerja freelance, entrepreneurs, dan orang-orang self-employed lainnya di satu tempat. Bersama dengan mereka, kamu bisa merasa bangga dengan kesempatan yang kamu miliki dan menjalani tantangan-tantangan unik yang kamu hadapi dalam menjadi independent maker di Asia Tenggara.

Acara ini, yang dipersembahkan oleh PayPal, memiliki tempat terbatas—daftarkan diri kamu sekarang juga sebelum kamu kehabisan tempat!

Waktu
Hari, Tanggal: Selasa, 8 Desember 2015
Waktu: 18.30 – 21.00*
*Waktu tertera dalam zona waktu Singapura (GMT +8)

Lokasi
The Refinery
Singapura

Agenda

18.30: Registrasi
19.00: Pembukaan dari PayPal
19.15: Pembukaan dari Tech in Asia
19.25: Diskusi panel: Jon Myers dan Jon YongFook
20.10: Penutupan acara
20.15: Networking

*Waktu tertera dalam zona waktu Singapura (GMT +8)

(Diedit oleh: Fadly Yanuar Iriansyah)

The post #SelfMade, Ajang Jumpa dan Sharing Para Pekerja Freelance appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Rangkuman Berita Game Hari Ini – 26 November 2015

Posted: 26 Nov 2015 04:23 AM PST

Update Terbaru Need for Speed: No Limits Hadirkan Ken Block dan Mobilnya, Ford Mustang 1965

Need for Speed No Limits | Screenshot

Arya W. Wibowo -Pada update kali ini, Need for Speed: No Limits kedatangan satu pembalap dan juga mobil baru. Mereka adalah Ken Block (pereli profesional) dan mobil miliknya, Ford Mustang 1965 yang bernama Hoonicorn (Hoonigan plus Unicorn, kalau kamu bingung). Untuk mendapatkannya, kamu harus mengalahkan Ken Block terlebih dahulu di Xtreme Racing Championship.

Review Need for Speed: No Limits – Aksi Balap Sarat Grinding

Sumber: Droidgamers

App Info
Need for Speed™ No Limits
ELECTRONIC ARTS -  Jan 01, 1970
Genre:  Racing
Size:  N/A
Installs:  N/A

Download

Square Enix Hadirkan Update Teranyar dari Lara Croft GO yang Berjudul The Shard of Life

Lara Croft GO Update | Screenshot

Arya W. Wibowo – Square Enix baru saja merilis update terbaru dari Lara Croft GO. Selain update berjudul The Shard of Life ini, Lara Croft GO juga mendapatkan diskon sebesar 40 persen.

Terdapat 26 puzzle baru yang tentunya berisi lingkungan dan monster yang baru pula. Menyambut update ini Square Enix mengadakan streaming langsung via Twitch yang bisa kamu lihat pada tautan di bawah.

Review Lara Croft GO – Petualangan Minimalis sang Tomb Raider dalam Genre Puzzle

Twitch Link: Lara Croft GO

Sumber: AppAdvice

App Info
Lara Croft GO
SQUARE ENIX Ltd -  Aug 26, 2015
Genre:  Puzzle
Size:   343M
Installs:   5 - 10
87,292

Download

Crescent Moon Games Resmi Memasukkan Mines of Mars ke Steam Early Access Hari Ini

Iqbal Kurniawan – Proses porting game saat ini sudah sedemikian maju, hingga tidak jarang game mobile pun mendapatkan porting untuk masuk ke PC atau console. Salah satunya adalah Crescent Moon Games memasukkan Mines of Mars ke PC melalui Steam Early Access.

Review Mines of Mars – Begini Toh Rasanya Bertahan Hidup di Mars


Simak Video Gameplay dari Pocket Gothic

Iqbal Kurniawan – Tidak lama setelah mengumumkan rencana mereka untuk merilis Pocket Gothic, Fedeen Games kembali mengunggah sebuah video yang memamerkan game tersebut. Video kali ini menampilkan cuplikan gameplay Pocket Gothic yang terlihat cukup meyakinkan dengan aksi beat ’em up dalam tampilan side-scrolling. Belum disebutkan kapan versi internasional dari game Baby Saga ini akan dirilis.

Pocket Gothic Menjanjikan Game Beat 'Em Up Terimut yang Pernah Ada


Game Klasik System Shock Akan Dibuat Ulang Menggunakan Engine Grafis Mutakhir

System Shock Remake | screenshot

Risky Maulana – Sebuah kabar yang cukup mengejutkan hari ini hadir dari proyek remake System Shock yang tengah dikembangkan oleh Night Dive Studios. Mengutip berita dari Polygon, remake System Shock ini merupakan proyek dari Night Dive Studios setelah berhasil membeli hak cipta System Shock yang telah ditinggalkan Looking Glass Studio belasan tahun silam.

Sekadar informasi buat kamu, System Shock adalah game FPS legendaris yang memadukan unsur RPG dan survival horor dengan balutan tema cyberpunk di dalamnya. Game inilah yang menginspirasi pembuatan Bioshock oleh Irrational Games di tahun 2007 silam.

Sumber: Polygon


Retro City Rampage Mendapatkan Sebuah Sekuel Berjudul Shakedown Hawaii 

Risky Maulana – Setelah tiga tahun lalu sempat mencuri perhatian saya lewat keberadaan game action Retro City Rampage, kini developer Vblank Entertainment kembali lagi lewat sebuah game sekuel yang berjudul Shakedown Hawaii.

Belum ada detail pasti mengenai fitur baru apa saja yang akan kita temui di game ini nanti. Yang jelas, Shakedown Hawaii masih akan tetap menggunakan grafis piksel bergaya 16-bit yang membuat Retro City Rampage begitu dikenal 2012 kemarin.

The post Rangkuman Berita Game Hari Ini – 26 November 2015 appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Venge Series, Duo Smartphone 4G LTE dengan RAM 3 GB dari Axioo

Posted: 26 Nov 2015 04:08 AM PST

Axioo turut meramaikan segmen smartphone 4G LTE dengan meluncurkan duo Venge Series di Jakarta, Kamis (26/11). Dua produk yang diperkenalkan oleh produsen PC lokal yang juga berkecimpung dalam pasar smartphone ini adalah Venge dan Venge X.

Samuel Lawrence, CEO Axioo, mengungkapkan bahwa penerus seri Picophone ini mengunggulkan RAM berjenis LPDDR3 dengan kapasitas 3 GB. Seri RAM tersebut diklaim dua kali lebih cepat dari generasi sebelumnya, sementara konsumsi dayanya 40 persen lebih rendah.

Dilepas dengan harga mulai dari Rp2 jutaan

Axio Venge memiliki layar 5 inci, sedangkan Venge X mengusung layar 5,5 inci plus Gorilla Glass 3. Keduanya menggunakan prosesor Mediatek MTK 6735 64-bit yang menurut Axioo lebih baik dari Snapdragon 410.

axioo venge smartphone 4g 2 jutaan

Meski prosesornya sama-sama Mediatek MT6735, kecepatan dan core masing-masing model berbeda. Venge menggunakan versi quad-core 1 GHz, sementara Venge X dibekali versi yang lebih gegas, yakni octa-core 1,3 GHz.

Dari sisi kamera, Axioo menggunakan sensor Sony dengan resolusi 8 MP di bagian belakang dan 2 MP di depan. Sama seperti prosesor, Axioo menyematkan versi yang lebih baik pada Venge X, meski hanya untuk kamera utamanya saja yang menggunakan sensor 13 MP dari Samsung. Kamera depannya tetap dengan sensor 2 MP.

 AXIOO VENGEAXIOO VENGE X
OSAndroid 5.1 LollipopAndroid 5.1 Lollipop
Layar5 inci 5,5 inci
ProsesorQuad-core 1 GHz Mediatek MT 6753Octa-core 1,3 GHz Mediatek MT 6753
RAM3 GB3 GB
Kapasitas penyimpanan16 GB16 GB
Kamera depan2 MP2 MP
Kamera belakang8 MP13 MP
Kapasitas baterai2.100 mAh3.000 mAh
HargaRp2,2 jutaRp3,3 juta

Seperti bisa dilihat pada tabel di atas, perbedaan juga ditemukan pada kapasitas baterai. Axioo membenamkan baterai 2.100 mAh pada Venge dan 3.000 mAh untuk Venge X.

Meski begitu, kedua smartphone dilengkapi teknologi Axioo Rapid Charge. Dengan fitur ini, pengguna dapat mengisi daya lebih dari 50 persen hanya dalam waktu satu jam.

Perbedaan-perbedaan di atas berimbas pada harga keduanya yang berselisih satu jutaan. Axioo membanderol Venge seharga Rp2,2 juta, sementara Venge X ditawarkan di angka Rp3,3 juta.

Produk dengan kemampuan RAM besar masih jarang dan harganya cukup mahal. Karenanya, Axioo mencoba meluncurkan produk untuk menjawab kebutuhan tersebut.

Kedua smartphone dari seri Venge ini akan dipasarkan mulai awal Desember mendatang melalui sistem pre-order di beberapa e-commerce yang bekerja sama dengan Axioo.

Rangkul developer ROM lokal

nusamod komunitas custom rom axioo

Bersamaan dengan diluncurkannya Axioo Venge series, Axioo bersama developer-developer lokal membentuk wadah kreatif dalam bentuk komunitas untuk bersama-sama mengembangkan NusaMOD. Secara singkat, NusaMOD adalah firmware aftermarket untuk beberapa smartphone berbasis Android.

Firmware ini dikembangkan dengan basis stock kernel dan Android Open Source Project (AOSP), namun dengan antarmuka yang ringan dan fitur yang lebih lengkap.

Sejak awal dirilis, Android mengalami fenomena cukup unik dibanding sistem operasi mobile yang lain. Setiap produk Android hadir dengan beragam modifikasi. Salah satu yang paling ekstrim adalah modifikasi sistem operasi, yang sering dikenal dengan sebutan ROM custom.

Karena memiliki tampilan dan fitur yang berbeda dengan Android bawaan (stock) produsen smartphone-nya, ROM custom memberikan kebanggaan tersendiri bagi pengguna. Menurut Antonius Fran Setiawan, Senior Developer NusaMOD, Indonesia punya banyak developer ROM custom, namun belum banyak yang memberikan sentuhan Indonesia ke dalam ROM buatan mereka.

"Kami ingin mengumpulkan rekan-rekan developer lokal untuk berkarya dan membuat ROM custom ala Indonesia," tambah Antonius.

NusaMOD, yang masih dalam fase alpha, dikembangkan dengan Axioo S2L dan Picophone X2. Nantinya, ROM custom ini dapat dipakai di semua smartphone Android. Karena itu, Antonius berharap akan ada banyak developer ROM yang bergabung dengan proyek ini.

Baca juga: [REVIEW] OnePlus X: Apakah Kualitasnya Sepadan dengan Harganya?

"NusaMOD saat ini sedang dalam fase awal pengembangan antarmuka dan framework. Kami berharap versi beta dan rilis versi pertama akan berjalan di Axioo Venge, dengan antarmuka dan framework yang menjadi ciri khas dari NusaMOD," jelas Antonius.


Pasar smartphone 4G LTE lokal memang masih didominasi vendor asing. Kehadiran jajaran produk terbaru dari Axioo bisa dipastikan mempersengit persaingan di segmen ini. Venge Series berhadapan dengan jajaran smartphone Zenfone Laser dan Selfie keluaran Asus yang juga menyasar harga Rp2 jutaan.

Dukungan komunitas yang menyebar dapat meningkatkan popularitas sebuah vendor di pasaran. Namun, apakah Axioo akan mampu merebut pasar dengan komunitas NusaMOD yang dibentuknya? Bagaimana menurut kamu?

(Diedit oleh Fadly Yanuar Iriansyah)

The post Venge Series, Duo Smartphone 4G LTE dengan RAM 3 GB dari Axioo appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Layanan Pinjam Uang Online: Solusi atau Malah Menambah Masalah Keuangan Masyarakat Kelas Bawah?

Posted: 26 Nov 2015 03:16 AM PST

Saya percaya setiap startup teknologi dibentuk untuk memecahkan masalah nyata. Salah satunya adalah masalah keuangan yang menimpa 203 juta penduduk Indonesia yang termasuk dalam kategori kelas bawah.

Kelompok konsumen ini bukan bagian dari piramida yang menjadi prioritas bagi bank dan juga perusahaan asuransi, walau mereka merupakan sebagian besar dari jumlah populasi di Indonesia. Sehingga secara tidak langsung kelompok ini sulit memiliki akses ke layanan-layanan pinjaman uang saat mereka benar-benar membutuhkan.

Masalah inilah yang ingin dipecahkan oleh sejumlah startup teknologi yang menyediakan layanan pinjaman uang online, seperti UangTeman, Tunaiku, dan Taralite. Berikut adalah tabel perbandingan ketiga layanan tersebut.

 UangTeman TunaikuTaralite
Jumlah pinjam Rp1,5 juta - Rp2 jutaRp2 juta - Rp10 jutaHingga Rp300 juta
Durasi pinjam 1 persen per hari berdasarkan saldo 3 persen flat per bulan 1, 2, 3 tahun untuk jaminan BPKB motor.
5 tahun untuk jaminan mobil.
Bunga1 persen per hari berdasarkan saldo 3 persen flat per bulan 1 persen _flat_ per bulan untuk jaminan mobil dan sertifikat kepemilikan rumah.
3 persen per bulan
Biaya keterlambatan Rp50.000 + Rp10.000 per hariRp100.000 + 0,16 persen per hari0,2 persen per hari dari jumlah angsuran
Biaya lain-lainBiaya perpanjangan Rp180.000
Biaya debt collector 10 persen dari total pembayaran
Biaya administrasi Rp540.000 Biaya percepat pelunasan 5 persen dari sisa pokok pinjaman

Seperti bisa dilihat pada tabel di atas, UangTeman dan Tunaiku merupakan layanan pinjam uang online tanpa jaminan. Sedangkan Taralite sedikit berbeda karena mengharuskan pengguna untuk memberi jaminan berupa BPKB motor atau dokumen-dokumen lain sebelum bisa mendapat jaminan uang.

Bunga yang “membunuh”?

UangTeman

Tabel di atas juga menggambarkan bahwa UangTeman memberikan pinjaman mulai dari Rp1,5 – Rp2 juta, dengan durasi waktu 10 – 30 hari dan bunga 1 persen per hari. Angka tersebut belum termasuk biaya tambahan seperti biaya perpanjangan Rp180.000, biaya keterlambatan Rp50.000 ditambah Rp10.000 per hari, dan biaya debt collector sebesar 10 persen dari total pembayaran.

UangTeman sempat menjadi kontroversi karena jumlah bunga yang dikenakan terkesan mencekik para peminjam. Berikut adalah ilustrasi contoh perhitungan pinjaman yang terdapat pada situs UangTeman. Misalnya kamu melakukan pinjaman Rp2 juta dengan durasi 10 hari.

Hari pertama: Rp2.000.000 x 1% = Rp20.000, maka total pinjaman hari pertama Rp2.020.000
Hari kedua: Rp2.020.000 x 1% = Rp20.200, maka total pinjaman hari kedua Rp2.040.200.

Begitu seterusnya sampai hari ke-10. Sehingga total biaya yang harus dibayar adalah Rp2.209.000.

Baca juga: UangTeman, Layanan Mikro Finansial untuk Kamu yang Mencari Pinjaman Uang dalam Jumlah Kecil
Tunaiku

Beralih ke Tunaiku yang merupakan layanan pinjam uang dari PT. Bank Amar Indonesia. Tunaiku memberi pinjaman mulai dari Rp2 juta sampai Rp10 juta dengan durasi 6 – 12 bulan dan bunga datar 3 persen dari jumlah pinjaman awal. Artinya bunga yang harus dibayar jumlahnya tetap sampai kamu melunasi pinjaman tersebut.

Di samping itu, Tunaiku juga mengenakan biaya administrasi pengajuan pinjaman sebesar Rp540.000 dan biaya keterlambatan Rp100.000 yang ditambah bunga keterlambatan 0,16 persen per hari. Artinya, semakin lama kamu terlambat membayar, maka bunga keterlambatan akan semakin meningkat tiap harinya, serupa dengan dua layanan pinjam online lain dalam artikel ini.

Taralite

Selanjutnya ada Taralite yang menyediakan pinjaman uang sesuai dengan kebutuhan seperti untuk pendidikan, pernikahan, persalinan, renovasi rumah, dan lainnya. Pada tabel di atas saya mengambil contoh pinjaman uang untuk keperluan pendidikan.

Taralite berani memberi pinjaman pendidikan sampai Rp300 juta, bunga 1 dan 3 persen dengan durasi pinjam 1 – 5 tahun sesuai dengan jenis jaminan yang diberikan. Akan tetapi ada sejumlah syarat dan dokumen yang diperlukan untuk bisa melakukan pinjaman, seperti Kartu Keluarga, Slip Gaji, NPWP, dan dokumen lain.

Biaya lain yang akan dikenakan oleh Taralite adalah biaya pelunasan yang dipercepat sebesar 5 persen dari sisa pokok pinjaman, bukan dari total pinjaman. Artinya walau kamu sudah memiliki niat baik untuk mempercepat pelunasan, kamu tetap dikenakan biaya tambahan yang lebih besar dibandingkan bunga yang harus dibayar.

Kesimpulan

Rupiah

Sumber gambar: pengguna Flickr JasonParis

Saran terbaik yang mungkin bisa saya berikan adalah jangan menggunakan layanan pinjam apabila kamu tidak benar-benar memerlukan uang untuk keperluan yang sangat penting dan mendesak. Kenapa?

Pertama adalah masalah jumlah bunga yang harus dibayarkan. Bunga 1 sampai 3 persen mungkin terdengar rendah. Akan tetapi itu harus kamu bayar secara rutin setiap kali kamu melakukan cicilan pelunasan.

Belum lagi tambahan biaya dan bunga keterlambatan. Saya paham fungsi biaya-biaya tambahan tersebut untuk membuat para peminjam lebih disiplin. Akan tetapi tetap saja ada beban biaya ekstra yang harus kamu bayar di samping jumlah utang pokok yang harus dikembalikan.

Kedua adalah biaya tambahan seperti biaya administrasi dan biaya perpanjangan yang diterapkan oleh ketiga layanan peminjaman online di atas. Misalnya Tunaiku yang mengenakan biaya administrasi sebesar Rp540.000 untuk pinjaman yang dibayar satu kali. Begitu juga dengan UangTeman yang mengenakan biaya perpanjangan Rp180.000 dan biaya debt collector sebesar 10 persen dari total pembayaran.

Jadi intinya, ketiga layanan di atas memang dapat membantu menyelesaikan masalah orang-orang yang sangat-sangat membutuhkan uang. Akan tetapi, di saat yang bersamaan, layanan tersebut memanfaatkan kesempatan untuk merogoh kocek lebih dalam dengan bunga dan biaya-biaya tambahan. Ini, menurut saya, malah memberatkan para peminjam.

(Diedit oleh Fadly Yanuar Iriansyah; Sumber gambar fitur dari pengguna Flickr GotCredit )

The post Layanan Pinjam Uang Online: Solusi atau Malah Menambah Masalah Keuangan Masyarakat Kelas Bawah? appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Tip Menemukan Passion Buat Kamu yang Punya Mimpi Mendirikan Startup

Posted: 26 Nov 2015 01:52 AM PST

Do what you love, love what you do.

Pernahkah kamu mendengar kutipan di atas? Atau kamu mungkin sering menggunakannya? Tapi apakah kamu mengaplikasikan kutipan tersebut dalam kehidupan sehari-hari?

Dalam bahasa Indonesia, kutipan tersebut berarti lakukan apa yang kamu cintai, dan cintailah apa yang sedang kamu lakukan. Masih berkaitan, pendiri Apple, Steve Jobs, juga pernah mengatakan:

You've got to find what you love. The only way to do great work is to love what you do.

Dua kutipan tersebut menekankan pentingnya passion dimiliki setiap orang, terutama bagi seorang entrepreneur. Lalu, apa sebenarnya passion itu?

Passion seringkali diumpamakan seperti bahan bakar yang menggerakkan kendaraan. Bahkan, jika yang kamu lakukan merupakan passion-mu, kamu akan selalu "kelaparan", dan akan terus melakukan hal tersebut lebih banyak dan lebih baik lagi.

Bagi seorang entrepreneur atau pelaku startup, passion menjadi bagian dari apa yang dijalankan. Jika kamu bermimpi untuk memulai startup sendiri, maka sesuaikanlah dengan passion kamu.

Apa keuntungannya? Kamu akan selalu bersemangat dalam mengembangkan startup kamu. Bahkan jika kamu gagal membangun startup tersebut, setidaknya kamu telah melakukan apa yang kamu sukai.

Baca juga: Mengapa Jurusan Kuliah Kamu Tidaklah Penting di Dunia Startup
Lalu bagaimana denganmu, apakah kamu sudah menemukan passion-mu? Menjawab pertanyaan ini memang tidak mudah, tapi tidak juga sulit. Berikut adalah beberapa tip untuk mengetahui passion kamu, yang dapat kamu lakukan sejak masih duduk di bangku kuliah.

Lakukan hal yang belum pernah kamu lakukan

Sebagai mahasiswa, kamu mungkin banyak terlibat dalam kegiatan di kampus. Kamu memilih untuk bergabung dengan kegiatan dan organisasi yang kamu minati. Tapi pernahkah kamu mencoba hal lain yang belum pernah kamu coba sama sekali?

Misalnya, kamu adalah kuliah di jurusan Sastra Inggris, sangat lazim bergabung dengan kegiatan yang berkaitan dengan kuliahmu, misalnya klub bahasa Inggris. Kamu bisa coba juga mencoba kegiatan lain, seperti pecinta alam atau mengikuti penelitian di bidang antropologi.

Bukan tidak mungkin kamu menemukan hal baru yang ternyata adalah passion-mu. Tidak hanya itu, dengan mencoba banyak hal baru, kamu juga mendapatkan semakin banyak pengetahuan, pengalaman, dan jaringan pertemanan yang luas. Siapa tahu, nantinya itu akan berguna saat kamu mendirikan startup.

Fokus

Ketika berusaha menemukan passsion kamu, cobalah untuk fokus terhadap diri sendiri. Artinya, jangan bandingkan dengan passion orang lain di sekitarmu.

Mungkin sesekali passion terdengar lebih keren saat mereka menceritakannya. Akan tetapi, percayalah, kamu akan menjadi lebih keren ketika tahu dan jujur dengan diri akan passion-mu.

Sejalan dengan hal tersebut, jika kamu sedang membangun startup, cobalah fokus mengembangkannya. Misalnya, luangkan waktu beberapa jam di akhir minggu, atau saat sedang libur, untuk menyiapkan apa yang diperlukan buat membangun startup. Lakukan hal ini secara konsisten sampai produk kamu selesai dikerjakan.

Rajin mencatat

Cobalah mencatat hal-hal baru yang kamu dapatkan. Kamu bisa saja menuliskan target kegiatan yang akan kamu lakukan dalam beberapa waktu ke depan. Jika kamu bepergian ke tempat-tempat baru yang menarik, kamu juga bisa menuliskannya sebagai catatan harian. Jadikan menulis sebagai bagian dari kegiatan rutinmu sehari-hari.

Baca juga: Hilang Semangat Saat Kuliah? Simak Kutipan Inspiratif dari Para Entrepreneur Ini!

Mencatat juga dapat berguna ketika kamu sedang mencari ide bisnis startup yang menarik. Seringkali, ide muncul di waktu yang tidak terduga, hilang dan terlupakan begitu saja. Untuk mengatasinya, catatlah ide-ide yang muncul di kepala kamu. Mungkin saja ide-ide tersebut berguna buat rencana startup-mu

Punya komitmen

Hal yang terakhir dan tidak kalah pentingnya adalah memiliki komitmen yang kuat dengan passion dan mimpi yang kamu miliki. Komitmen perlu dibangun sejalan dengan passion kamu.

Membangun startup tidak bisa dilakukan dengan waktu yang singkat, sehingga kamu perlu memiliki komitmen yang kuat. Jangan sampai kamu berhenti di tengah jalan karena kurangnya komitmen dengan apa yang kamu jalankan.


Tidak ada kata terlambat bagi siapa saja yang mau menemukan passion mereka. Manfaatkan semua kesempatan dan fasilitas yang ada dengan sebaik-baiknya. Semoga tip di atas bisa membantu kamu menemukan passionmu!

(Diedit oleh Fadly Yanuar Iriansyah. sumber foto Penn State)

The post Tip Menemukan Passion Buat Kamu yang Punya Mimpi Mendirikan Startup appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Action Puzzle Town – Game Mobile Gado-Gado buat Kamu yang Ingin Mencari Tantangan Lucu

Posted: 26 Nov 2015 12:41 AM PST

Saya rasa menyebut game Bishi-Bashi merupakan cara paling mudah untuk menggambarkan konsep game “gado-gado” yang sering kali saya temukan. Seandainya kamu belum pernah mendengar nama Bishi-Bashi sebelumnya, ini merupakan jenis permainan kompilasi mini game sederhana yang rata-rata mengandalkan refleks jari dan otak kamu dalam bermain.

Game dengan konsep semacam ini sebenarnya bukanlah hal baru lagi di perangkat mobile. Sebelumnya sudah ada game seperti Dumb Ways to Die, Hardest Game Ever, Kan-Cheong! Kopi Tiam, dan kini ada Action Puzzle Town yang merupakan persembahan terbaru dari Com2US.

Action Puzzle Town | screenshot 1

Action Puzzle Town terdiri dari sepuluh game kasual menarik yang dihiasi beragam karakter stickman lucu bernama Akoo. Karakter dengan proporsi fisik terbilang unyu ini akan menjadi avatar kamu di setiap mini game yang kamu pilih, dan kamu bisa menghiasinya dengan berbagai macam kostum lucu.

Mungkin tidak akan lengkap rasanya jika saya membahas sebuah game tentang kompilasi mini game tanpa menyebut permainan yang saya temui di dalamnya. Di Action Puzzle Town, kamu akan dihadapkan dengan aksi mencocokkan kartu dengan warna yang sama, berhitung cepat, menyortir karakter ke kiri dan kanan, dan banyak lagi lainnya.

Desain antarmuka dan tampilan warna-warni grafis game ini juga tergolong cukup bersahabat, sehingga siapa pun bisa menikmati rangkaian tantangan mini game yang disajikan. Tak hanya itu saja, kamu bahkan juga akan sering mendengar suara-suara ocehan aneh yang semakin menambah semarak permainan Action Puzzle Town.

Action Puzzle Town | screenshot 2

Sekedar pelengkap, setiap avatar yang kamu gunakan di sini memiliki efek yang berbeda-beda untuk setiap jenis mini game. Beberapa di antara karakter tersebut bahkan bisa memberikan efek positif seperti perpanjangan durasi Fever Time, skor ganda, dan lain-lain. Oh ya … kamu bahkan juga bisa mengadu skor dengan pemain lain lewat fitur Leaderboard yang disediakan.

Sayangnya untuk bisa mengakses game ini kamu wajib tersambung dengan koneksi internet, sehingga agak mengurangi keasyikan kamu bermain di saat sedang melakukan perjalanan jauh, apalagi saat sedang berada di dalam pesawat.

Secara keseluruhan, meski rangkaian mini game yang dihadirkannya masih terasa kurang gila jika dibandingkan dengan game sejenis lainnya, setidaknya dengan Action Puzzle Town kamu sekarang bisa mendapatkan alternatif baru yang lucu guna menguji refleks jarimu bermain minggu ini.

App Info
Action Puzzle Town
Com2uS -  Nov 23, 2015
Genre:  Puzzle
Size:   78M
Installs:   1,000 - 5,000
Gratis

Download

Sanggupkah game ini melangkahi liarnya permainan Bishi-Bashi? Well, hanya ada satu cara untuk membuktikannya. Coba kamu unduh game ini segera dan suarakan pendapat kamu setelah mencobanya di kolom komentar.

The post Action Puzzle Town – Game Mobile Gado-Gado buat Kamu yang Ingin Mencari Tantangan Lucu appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Game dari Serial Anime Bleach Akan Hadir di Android dan iOS

Posted: 25 Nov 2015 11:15 PM PST

KLabGames mengumumkan bahwa mereka akan membuat game yang mengadaptasi serial anime populer, Bleach. Game yang berjudul Bleach: Brave Souls ini ditujukan untuk platform iOS dan Android.

Bleach: Brave Souls sudah pernah rilis di Jepang sebelumnya (dengan bahasa Jepang tentunya) dan akan diluncurkan secara global dengan bahasa Inggris. Saat ini, sesi praregistrasi Bleach: Brave Souls sudah dibuka khusus wilayah Amerika Serikat.

Ini adalah sebuah game action bergrafis 3D dengan gaya hack and slash. Mengangkat cerita utama dari serial anime, kamu akan menghidupkan kembali petualangan Ichigo dan teman-temannya melalui rangkaian stage yang ada.

Bleach Brave Souls | Screenshot

Di sini kamu akan bertarung bersama Ichigo Kurosaki, Rukia Kuchiki, dan berbagai karakter Bleach lainnya untuk menyelamatkan Bumi dan Soul Society. Setiap karakter akan memiliki gerakan dan jurus khasnya, seperti yang terdapat di dalam anime. Contohnya adalah jurus andalan Ichigo, Getsuga Tenshō.

Belum diketahui secara pasti kapan waktu rilis Bleach: Brave Souls. Tetapi dari sesi praregistrasi yang sudah dibuka, sepertinya game ini akan hadir dalam waktu setidaknya satu atau dua bulan lagi.

Sembari menunggu kabar selanjutnya, kamu bisa melihat berbagai video trailer Bleach: Brave Souls di bawah, atau mengunjungi laman YouTube resminya untuk melihat opening movie dan pengenalan beberapa karakter di game.

YouTube.com: Bleach: Brave Souls

Apakah kamu mengikuti seri manga maupun anime Bleach? Bagaimana pendapatmu tentang game mobile bertema Bleach yang dibawa oleh KlabGames di atas? Sampaikan pendapatmu di bawah ya.

The post Game dari Serial Anime Bleach Akan Hadir di Android dan iOS appeared first on Tech in Asia Indonesia.

[REVIEW] Sony Smart B-Trainer: Rasakan Sensasi Memiliki Pelatih Pribadi Saat Berlari

Posted: 25 Nov 2015 11:02 PM PST

Lari merupakan salah satu jenis olahraga yang paling mudah dilakukan setiap saat dengan biaya relatif murah. Beberapa tahun belakangan, tren gaya hidup sehat turut menjadi sorotan vendor teknologi dengan bermunculannya berbagai wearable device, mulai dari jam tangan pintar (smartwatch), sampai sepatu dengan chip yang terhubung ke smartphone.

Sony seolah tidak mau ketinggalan meramaikan tren ini dengan menghadirkan Smart B-Trainer. Vendor yang terkenal dengan kualitas kamera dan performa audio yang memukau. Bagaimana dengan wearable gadget? Simak pengalaman saya ketika menjajal gaya hidup sehat dengan perangkat ini.

Desain layaknya music player

Sony Smart B-Trainer adalah sebuah perangkat pendukung olahraga, khususnya lari. Begitu membukanya dari kotak kemasan, kesan ketika pertama melihat desainnya sangat mirip dengan Sony Walkman, W-Series.

Meski sekilas terlihat sama, B-Trainer lebih dari sekadar alat pemutar musik, tetapi juga dilengkapi dengan 6 tipe sensor. Beberapa di antaranya adalah Heart Rate, Acceleration, GPS, Compass, Gyro, dan Barometer.
Sony Smart B-Trainer | Photo10
Salah satu kunci penilaian wearable device adalah seberapa nyaman perangkat tersebut ketika digunakan. Rasanya bagi orang awam cara memakai perangkat ini memang agak sedikit perlu penyesuaian. Saya sendiri ketika di awal mengenakan Sony Smart B-Trainer kedua earbud di telinga terasa kurang pas.
Sony Smart B-Trainer | Photo1
Tapi ternyata hal itu tidak berlangsung lama. Setelah beberapa waktu pemakaian, saya mulai terbiasa dengan perangkat ini. Material B-Trainer sendiri menggunakan bahan doff yang membuatnya tidak licin meski digunakan ketika keringat mengucur deras . Namun di sisi lain, dengan material tersebut dan warna-warni (yang kebanyakan cerah) rasanya perangkat ini akan cepat kotor.

B-Trainer dibekali dengan fitur water resistant, artinya bisa terkena keringat yang mengucur ataupun air hujan, dan bahkan dipakai saat renang hingga kedalaman 2meter selama 30 menit. Untuk membersihkannya, kamu bisa menggunakan lap basah, lalu segera dikeringkan.

Sensasi memiliki pelatih pribadi

Pertama kali menjajal B-Trainer, saya harus mengisi ulang baterai perangkat selama kurang lebih 1,5 jam. Sambil menunggu baterai penuh, kamu bisa mengunduh aplikasi mobile B-Trainer yang tersedia untuk platform Android dan iOS.
Sony Smart B-Trainer | Photo7
Indikator saat baterai sudah penuh adalah lampu tidak lagi menyala. Bila kamu melakukan charging dengan laptop atau desktop, pastikan kamu telah melakukan Eject terlebih dahulu untuk mencegah terjadinya corrupt pada data.

Aplikasi sudah diunduh, dan baterai sudah penuh, saatnya untuk pairing B-Trainer dengan smartphone. Cukup tekan tombol power dan secara otomatis Bluetooth pada perangkat ini akan menyala. Jangan lupa juga untuk menyalakan Bluetooth di smartphone kamu.

Beralih ke aplikasinya sendiri, terdapat sejumlah pilihan program latihan yang diinginkan. Mulai dari Basic Training yang memungkinkan kamu mengatur secara manual target saat berlari (waktu, jarak, kalori yang terbakar, irama, dan lain-lain), atau memilih tujuan pelatihan seperti Fat Burning Training dan Endurance Training.
B-TrainerApp_1-side
Setelah perangkat dinyalakan, B-Trainer akan mengaktifkan sensor detak jantung. Saya mencoba tipe Fat Burning Training. Pada mode ini, akan ada target minimal dan maksimal detak jantung yang harus dipenuhi. Saya juga sempat mencoba Basic Training yang akan mengukur lamanya waktu, jumlah kalori, serta jarak berapa kilometer yang ingin dicapai.

Sekali berlari biasanya saya lakukan selama 45 menit, dua hari sekali dalam dua pekan. Kesemua datanya terekam pada aplikasi di smartphone. Mulai dari denyut jantung, kalori yang terbakar sampai jarak yang ditempuh.

Hasil ringkasan tersebut nampak jelas dan akurat. Baik itu catatan jarak, waktu, hingga kalori yang terbakar dalam bentuk grafik serta perbandingan berdasarkan akumulasi catatan masa lalu, serta catatan terbaik.

Untuk lebih detail, pengguna bisa melihat segala proses kegiatan pada menu Activity Log di aplikasi tersebut. Dari hasil setiap data yang akurat, membuat saya punya gambar jelas tentang kemajuan latihan selama menggunakan B-Trainer.

 Sony Smart B-Trainer
Mikrofon Monaural
Output (headphones) 20 Hz to 20,000 Hz Frequency response
Sumber daya USB
Berat 43 g
Kapasitas memori 16 GB, 1GB RAM
CPU 1 GHz
Format File MP3 (MPEG-1 Layer3), WMA, WAV, MP4, 3gp
Konektivitas Bluetooth 4.0
Sensor Heart Rate, GPS, Accelerometer, Gyro, e-Compass, Pressure
Sertifikat tahan air Water resistance IPX5/IPX8
Harga Rp3,5 juta

Suaranya…

Untuk meningkatkan motivasi saya saat berlari sekaligus supaya tidak cepat bosan, saya bisa mendengarkan musik pada list lagu di smartphone. Saya sempat mencoba memindahkan lagu dari smartphone ke Smart B-Trainer, akan tetapi rasanya agak sulit sehingga saya putuskan untuk melakukan sinkronisasi lewat Bluetooth saja yang dimungkinkan berkat adanya Streaming Mode.

Tentunya kamu juga bisa mengisi B-Trainer yang memiliki memori built-in 16GB dengan lagu-lagu favorit kamu. Untuk memutarnya, kamu bisa menggunakan Device Mode. Kualitas audionya sendiri meski terbilang tidak terlalu memukau, namun tetap terdengar jernih dan mantap di telinga.
Sony Smart B-Trainer | Photo4
Satu fitur unik dari B-Trainer saat digunakan untuk memutar lagu adalah secara otomatis akan menyesuaikan musik dengan ritme jantung. Bila jantung sedang berpacu terlalu lambat, normal, atau terlalu cepat, perangkat ini akan menampilkan notifikasi.

Baca juga: Versi Pembaruan Xiaomi Mi Band Dilengkapi Pemantau Denyut Jantung

Siap berlari lebih kencang?

Dengan banderol harga Rp3,5 juta, perangkat ini rasanya cocok untuk kamu yang menyukai gaya hidup sehat. Paket lengkap yang ditawarkan Sony jelas sangat menggiurkan. Sony B-Trainer juga bisa memompa motivasi kamu untuk berolahraga sembari mendengarkan musik.

(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto)

The post [REVIEW] Sony Smart B-Trainer: Rasakan Sensasi Memiliki Pelatih Pribadi Saat Berlari appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Jelang Rilisnya Star Wars Terbaru, Google Ajak Kamu Bergabung Menjadi Jedi atau Sith

Posted: 25 Nov 2015 08:42 PM PST

November tahun lalu, Lucasfilm mengumumkan kalau mereka akan meluncurkan film Star Wars terbaru dengan judul The Force Awakens. Sejak saat itu, nama besar Star Wars pun kembali diperbincangkan di mana-mana. Bahkan, hal ini turut mengundang perhatian dari raksasa teknologi dunia, Google.

Sejak berita tentang kehadiran film terbaru Star Wars muncul ke permukaan, Google pun langsung mendekati Lucasfilm dan Disney, selaku pembuat dan distributor resmi film tersebut. Hal ini diungkapkan oleh Clay Bavor, VP of Product Management Google, dalam sebuah artikel di blog resmi mereka.

Menurut Clay, banyak sekali karyawan Google yang merupakan penggemar film Star Wars. Karyawan yang mengenakan baju ala Stormtrooper dan topeng Darth Vader juga sering dijumpai di kantor Google.

Karena itulah Google pun akhirnya sampai kepada ide untuk menghadirkan pernak-pernik Star Wars di semua aplikasi mereka menjelang peluncuran Star Wars: The Force Awakens.

Pilih mana, Jedi atau Sith?

Mulai 23 November 2015 lalu, Google pun meluncurkan ide tersebut dalam bentuk sebuah fitur kustomisasi. Semua pengguna Google bisa mengubah tampilan di berbagai layanan Google, seperti Gmail, Google Maps, Waze, hingga YouTube, dengan tampilan ala Star Wars.

Star Wars 4.JPG

Untuk melakukannya, kamu hanya perlu masuk ke halaman khusus yang disediakan Google, dan memilih sisi Force yang lebih kamu sukai. Hanya ada dua pilihan, yaitu bergabung dengan sisi terang (light side) dan menjadi seorang Jedi.

Atau mungkin kamu lebih tertarik pada sisi gelap (dark side), alias bergabung dengan Sith. Begitu kamu menentukan pilihan, tampilan di aplikasi-aplikasi Google yang kamu gunakan akan berubah menjadi bertemakan Star Wars, sesuai dengan sisi Force yang kamu pilih.

Baca juga: 7 Game Bertema Star Wars untuk iOS & Android Pilihan Tech In Asia

Apabila kamu sudah memilih namun tampilan aplikasi Google kamu belum berubah, jangan khawatir, karena menurut Google perubahan tersebut memang memerlukan waktu beberapa jam. Kamu juga bisa mengubah pilihan kamu kapan pun kamu mau, dengan mengakses halaman yang sama.

Apa saja yang akan berubah dengan fitur Star Wars ini?

Banyak sekali perubahan yang terjadi apabila kamu menggunakan fitur ini. Seeking bar di Youtube dan animasi loading di Gmail akan berubah menjadi light saber, tampilan di Google Maps akan berubah menjadi First Order Stormtrooper atau Resistance Pilot.

Bahkan Google Calendar kamu pun akan langsung dipenuhi oleh tanggal-tanggal penting yang berkaitan dengan peluncuran film Star Wars. Apabila kamu menggunakan Waze, panduan suara untuk menuju lokasi tujuan akan diganti dengan suara dari robot C-3PO.

Menurut Google, fitur ini bisa digunakan sampai tanggal 1 Februari 2016, dan pada tanggal tersebut seluruh tampilan aplikasi Google akan kembali menjadi semula. Namun bila sebelum itu kamu sudah ingin menghilangkan fitur Star Wars tersebut, kamu hanya perlu memilih opsi Kembali ke Default (Back to Default) yang ada di antara ikon sisi terang dan sisi gelap.

Fitur kustomisasi ini bukan merupakan satu-satunya yang dibuat Google untuk menyambut film ketujuh dari seri Star Wars ini. Mereka juga tengah membuat beberapa fitur-fitur rahasia (easter eggs). Salah satunya dengan mengetikkan kalimat "a long time ago in a galaxy far far away" di mesin pencarian Google, serta sebuah video Virtual Reality spesial yang bisa kamu nikmati dengan Google Cardboard.

Apakah fitur ini cukup menarik untuk kamu, para penggila Star Wars? Mana yang lebih kamu pilih antara light side dengan dark side?

(Diedit oleh Fadly Yanuar Iriansyah)

The post Jelang Rilisnya Star Wars Terbaru, Google Ajak Kamu Bergabung Menjadi Jedi atau Sith appeared first on Tech in Asia Indonesia.

1 comment:

  1. Apakah Anda memerlukan pinjaman secara nyata? Pernahkah Anda ditolak oleh organisasi keuangan, bank dan perusahaan keuangan lainnya? Jika ya, jangan khawatir lagi karena @ MORGANSTE LOAN FIRM, kami adalah perusahaan keuangan berpengalaman yang memberikan pinjaman kerumitan untuk individu yang serius dan serius, perusahaan, badan usaha dan masyarakat umum dengan suku bunga 2%. Kami memiliki akses ke kumpulan uang tunai untuk diberikan kepada perusahaan dan mereka yang memiliki rencana untuk memulai bisnis tidak peduli seberapa kecilnya. Yakinlah bahwa kesejahteraan dan kenyamanan Anda adalah prioritas utama kami, mengapa kami berada di sini untuk mengurus pemrosesan pinjaman Anda. Hubungi layanan pelanggan kami
    Email: morgansteloanfirm@gmail.com
    Viber: +14848318733
    Whatsapp: +14848318733

    Untuk respon cepat dan cepat ....
    Mohon isi formulir aplikasi di bawah ini:
    DATA PEMOHON:
    1. Nama
    2. Negara
    3. Alamat
    4. Jenis kelamin
    5. Bekerja
    6. Posisi di tempat kerja
    7. Pendapatan bulanan
    8. Jumlah pinjaman dibutuhkan
    9. Durasi pinjaman
    10. Sudahkah anda mengajukan permohonan sebelumnya dan telah ditolak? Jika ya
    11. Jika Anda telah menolak memberikan alasan. .........................................

    ReplyDelete

Sponsor

Latest Game News

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sponsor

pasang iklan baris gratis