Ads

Saturday, March 12, 2016

Game Di Indonesia

Game Di Indonesia


Dota Weekly: Apa yang Harus Kamu Lakukan di Safe Lane, Mid Lane, dan Off Lane?

Posted: 12 Mar 2016 06:00 PM PST

Dua bulan setelah kamu membaca lima kesalahan umum pemain Dota 2 yang sebaiknya kamu hindari dan memahami apa yang harus kamu lakukan dalam fase laning, saya rasa kini kamu sudah tahu dasar-dasar permainan supaya tidak dibilang noob oleh orang lain. Sekarang saatnya meningkatkan pemahaman bermain Dota 2 kamu lebih lanjut.

Dalam rubrik Dota Weekly kali ini, saya ingin berbagi tentang apa yang harus kamu lakukan apabila kamu kebagian menjaga safe lanemid lane, atau off lane. Ilmu ini saya dapat dari pengalaman bermain dan juga obrolan dengan pemain yang tentunya memiliki kemampuan jauh di atas saya.


Safe Lane

Safe lane adalah lane di mana letak tower pertama kamu berada paling jauh dari Ancient dan paling dekat dengan titik temu creep. Apabila kamu Radiant, lane ini terletak di bawah. Sedangkan untuk Dire, safe lane kamu terletak di atas.

Tip Safe Lane Mid Lane Off Lane | Screenshot 1

Mengapa dinamakan safe lane? Karena lane ini memberikan keamanan yang relatif lebih tinggi bagi carry kamu untuk melakukan farm. Letaknya yang dekat dengan tower memudahkan kamu untuk mundur apabila musuh melakukan gankLane ini juga dekat dengan titik pulling, sehingga support kamu bisa mencari XP dan gold sendiri.

Sebagai carry, yang harus kamu lakukan di sini adalah farm. Ya, carilah gold sebanyak-banyaknya sampai kamu mampu membeli satu hingga dua item inti (selain sepatu). Namun, beda hero pasti beda juga cara bermainnya. Saya ingin mengambil contoh Anti Mage dengan gaya bermain farm dan Spectre yang bermain secara agresif.

Misalnya, apabila kamu menggunakan Anti Mage, tetaplah di lane sampai kamu memiliki Battle Fury dan Manta Style. Setelah itu, kamu dapat memutuskan untuk ikut gank bersama dengan seluruh anggota tim atau melakukan split push.

Tip Safe Lane Mid Lane Off Lane | Screenshot 2

Spectre sendiri memiliki gaya bermain yang sedikit lebih aktif dari Anti Mage berkat kemampuannya, yaitu Haunt. Fase awal, kamu harus farm sampai mendapatkan Radiance apabila farm kamu lancar, atau Drum of Endurance dan Diffusal Blade apabila farm kamu sedikit tersendat dan ingin bermain agresif. Setelah mendapatkan item inti, Spectre dapat melanjutkan farm dan ikut serta dalam setiap clash menggunakan Haunt miliknya.

Bagi yang berperan sebagai support, jangan pernah menyerang creep musuh apalagi mengambil last hit sang carry. Satu-satunya hal yang perlu kamu lakukan adalah menjaga agar carry kamu dapat tetap hidup, farm dengan tenang, sambil sesekali membuat off laner musuh tidak kebagian XP dengan melakukan deny terhadap creep dan harassing.

Apabila kamu menyerang creep musuh, lane kamu lambat laun akan maju mendekati Tower musuh sehingga membuat posisimu menjadi lebih rentan terhadap gank. Lalu, carry lebih membutuhkan item intinya daripada kamu. Apabila kamu membutuhkan gold, carilah di creep netral atau lakukan gank ke mid lane.


Mid Lane

Pemain di lane ini, menurut saya memiliki tanggung jawab besar dan akan dibebani tingkat kesulitan yang besar juga. Apabila kamu adalah seorang midlaner, maka kamu akan perlu melakukan cukup banyak hal.

Tip Safe Lane Mid Lane Off Lane | Screenshot 3

Pertama, kamu harus mampu mengontrol rune. Dengan bantuan observer ward, kamu harus bisa mengklaim setidaknya satu rune untuk mengisi bottle atau mengubahnya menjadi peluang untuk membunuh musuh. Kamu bahkan bisa berkoordinasi dengan support untuk mengklaim kedua rune.

Kedua, kamu harus aktif melihat mini map dan menciptakan permainan gemilang. Seorang midlaner yang baik memiliki kesadaran map yang tinggi dan melakukan pergerakan yang efisien. Hero di mid lane adalah target gank yang mudah. Oleh karena itu, kamu harus sedikit berhati-hati apabila mengetahui para support musuh menghilang dari mini map.

Apabila kamu menggunakan hero mid lane dengan mobilitas tinggi, aktiflah melakukan gank ke safe lane atau off lane musuh. Hero-hero seperti Queen of Pain, Storm Spirit, atau Puck adalah pilihan yang cocok.

Tip Safe Lane Mid Lane Off Lane | Screenshot 4

Selain gank, terkadang terdapat beberapa hero mid lane yang memang fokus untuk mengungguli midlaner lawan. Peran ini memiliki tujuan untuk membuat pemain mid lawan tidak berkembang dengan membunuhnya atau melakukan harassment sehingga tim kamu bisa unggul dalam clash pertama. Shadow Fiend, Templar Assassin, Invoker, Zeus, dan bahkan Alchemist adalah pilihan hero mid yang cukup kuat.


Off Lane

Off lane adalah kebalikan dari safe lane. Letak tower pertama kamu pada lane ini berada paling dekat dari Ancient dan paling jauh dari titik temu creep. Untuk Radiant, lane ini terletak di atas. Sedangkan bagi Dire, off lane berada di bawah.

Tip Safe Lane Mid Lane Off Lane | Screenshot 5

Off lane juga disebut sebagai hard lane atau suicide lane. Sesuai dengan namanya, apabila kamu ditugaskan untuk menjaga lane ini, maka jangan berharap kamu dapat melakukan farm bahkan hidup dengan tenang. Lanskap yang dimiliki oleh lane ini juga memudahkan musuh untuk melakukan gank terhadap kamu.

Oleh karena itu apabila kamu memilih menjadi seorang offlaner, satu-satunya hal yang harus kamu lakukan adalah jangan mati. Bermainlah secara aman dan jangan lakukan hal-hal yang memiliki risiko kematian tinggi.

Pertanyaan selanjutnya adalah, kalau tidak bisa melakukan farm, bagaimana cara mendapatkan gold dan memperoleh item inti? Solusinya ada dua.

Pertama, gunakanlah hero yang memang didesain untuk bisa bertahan di off lane. Hero-hero ini biasanya memiliki mekanisme kabur yang baik dan kemampuan untuk farm tanpa perlu mendekat ke dalam area berbahaya musuh. Dark Seer, Faceless Void, Nature Prophet, Lone Druid, Nyx Assassin, Weaver, dan Windranger adalah pilihan hero yang dapat kamu coba.

Tip Safe Lane Mid Lane Off Lane | Screenshot 6

Kedua, tinggalkan off lane kamu dan lakukan gank ke mid lane. Ya, bagaimana pun juga tetap hidup tanpa farm masih lebih baik daripada terus-terusan “memberi makan” kepada musuh. Apabila kamu kesulitan untuk maju, tinggalkan off lane dan carilah gold di tempat lain. Kamu bisa berkoordinasi dengan para support untuk menginisiasi gank terhadap musuh di mid lane, atau melakukan farm di hutan.


Semoga dengan membaca artikel ini, kamu dapat menjadi pemain Dota 2 yang lebih baik dan segera menembus 4K MMR. Apabila kamu memiliki taktik jitu untuk memenangkan sebuah lane, yuk sampaikan juga pada kolom komentar di bawah ini ya!

The post Dota Weekly: Apa yang Harus Kamu Lakukan di Safe Lane, Mid Lane, dan Off Lane? appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Rangkuman Berita Game Jepang Minggu Ini – 12 Maret 2016

Posted: 12 Mar 2016 01:37 AM PST

MegaTagmension Blanc + Neptune VS Zombies Segera Hadir dalam Bahasa Inggris

MegaTagmension Blanc + Neptune VS Zombies | Screenshot1 MegaTagmension Blanc + Neptune VS Zombies | Screenshot2 MegaTagmension Blanc + Neptune VS Zombies | Screenshot3 MegaTagmension Blanc + Neptune VS Zombies | Screenshot4 MegaTagmension Blanc + Neptune VS Zombies | Screenshot5

Idea Factory International selaku penerbit seri Hyperdimension Neptunia mengumumkan bahwa game MegaTagmension Blanc + Neptune VS Zombies segera dirilis dalam bahasa Inggris pada tanggal 26 April 2016 mendatang untuk PS Vita.

Game ini merupakan spin-off dari seri Neptunia dan memiliki genre hack ‘n’ slash dan digarap oleh Tamsoft bersama Compile Heart. Kamu akan berperan menjadi para karakter dalam seri Neptunia dan akan menghadapi gerombolan zombi yang menyerang.


Hyperdimension Neptunia U: Action Unleashed Segera Dirilis di PC
Hyperdimension Neptunia U Action Unleashed | Screenshot 2

Masih seputar seri Neptunia, Idea Factory International juga mengumumkan bahwa Hyperdimension Neptunia U: Action Unleashed akan segera dirilis untuk PC via Steam pada tanggal 21 Maret 2016.

Hyperdimension Neptunia U: Action Unleashed sebelumnya pernah dirilis juga di PS Vita dan merupakan spin-off dari seri Neptunia dengan gameplay hack ‘n’ slash. Versi PC ini akan menghadirkan perbaikan di bagian visual sehingga resolusi tampilan bisa mencapai 1080p. Oh, sistem “Costume Break” juga masih dipertahankan dalam versi ini.


The Legend of Heroes: Trails in the Sky the 3rd Segera Hadir Dalam Bahasa Inggris di PC

The Legend of Heroes Trails in the Sky the 3rd | Main Art

XSEED Games mengumumkan bahwa The Legend of Heroes: Trails in the Sky the 3rd akan diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris dan dirilis untuk PC pada tahun 2017 mendatang. Belum ada banyak informasi mengenai proses penerjemahan tersebut, namun XSEED Games mengaku akan membagikan berita baru dalam waktu dekat. Kamu juga bisa lihat kembali review kami tentang The Legend of Heroes: Trails in the Sky di bawah ini.

Review Legend of Heroes: Trails in the Sky – Definisi Harfiah JRPG

Impresi Legend of Heroes: Trails in the Sky Second Chapter – Penantian Empat Tahun yang Terlupakan


The Legend of Heroes: Trails of Cold Steel II Segera Rilis Musim Gugur 2016

The Legend of Heroes Trails of Cold Steel II | Screenshot 1 The Legend of Heroes Trails of Cold Steel II | Screenshot 2 The Legend of Heroes Trails of Cold Steel II | Screenshot 3 The Legend of Heroes Trails of Cold Steel II | Screenshot 4 The Legend of Heroes Trails of Cold Steel II | Screenshot 5

Selain Trails in the Sky the 3rd, XSEED Games juga mengumumkan bahwa The Legend of Heroes: Trails of Cold Steel II akan dirilis dalam bahasa Inggris pada musim gugur 2016 untuk PS3 dan PS Vita. The Legend of Heroes: Trails of Cold Steel II akan melanjutkan cerita setelah ending dari The Legend of Heroes: Trails of Cold Steel dan kamu masih akan bertemu dengan berbagai karakter yang pastinya akan kamu kenal bila kamu memainkan seri pertamanya.

Review The Legend of Heroes: Trails of Cold Steel – Revolusi Baru Saja Dimulai


Video Pengenalan Karakter Kum Haehyun dari Guilty Gear Xrd: Revelator

Arc System Works telah mengunggah sebuah video yang memperkenalkan karakter baru dari Guilty Gear Xrd: Revelator bernama Kum Haehyun. Kum Haehyun sendiri merupakan karakter DLC yang disertakan dalam edisi perdana Guilty Gear Xrd: Revelator yang segera rilis pada 7 Juni 2016 dalam bahasa Inggris untuk PS4 dan PS3. Kalau kamu belum tahu tentang seri Guilty Gear Xrd, kamu bisa cek review kami tentang Guilty Gear Xrd -Sign- di sini.


Chase: Mikaiketsu Jiken Sousaka ~Tooi Kioku~ Adalah Game Terbaru dari Pengarah Game Hotel Dusk: Room 215

Chase Mikaiketsu Jiken Sousaka ~Tooi Kioku~ | Website Screenshot

Arc System Works telah mengumumkan game berjudul Chase: Mikaiketsu Jiken Sousaka ~Tooi Kioku~ yang merupakan game arahan Taisuke Kanasaki yang sebelumnya mengerjakan Another Code dan Hotel Dusk: Room 215. Game adventure dengan cerita yang dalam serta tema detektif yang kental ini akan dirilis di Jepang pada musim semi (Maret-Mei) 2016 via Nintendo eShop.

Situs Resmi: Chase: Mikaiketsu Jiken Sousaka ~Tooi Kioku~


Back in 1995, Sebuah Game Horor Bergaya Resident Evil Klasik, Segera Rilis di PC

Throw the Warped Code Out, sebuah studio game asal Tokyo mengumumkan bahwa game mereka yang berjudul Back in 1995 akan dirilis untuk PC via Steam pada bulan April 2016 mendatang.

Back in 1995 merupakan sebuah game horor yang berusaha membawakan pengalaman bermain game horor klasik dengan grafis yang juga “klasik” layaknya seri Resident Evil atau Silent Hill pada zaman PlayStation pertama. Kamu bisa cek penampilannya lewat trailer di atas.


Trailer Baru dari River City Ransom SP

Arc System Works telah merilis trailer baru dari River City Ransom SP (Downton Nekketsu Monogatari SP di Jepang) yang memperlihatkan tampilan visual game remake tersebut yang diperbaharui, gameplay baru, dan berbagai hal lainnya. River City Ransom SP segera rilis untuk 3DS pada 28 April 2016 di Jepang.


Video Gameplay Digimon World: Next Order Berikut Ini Memperlihatkan Aksi Agumon dan Gabumon

Bandai Namco Entertainment telah merilis video gameplay baru dari Digimon World: Next Order yang memperlihatkan seperti apa kemampuan dari Agumon dan Gabumon bahkan hingga penampilan kedua Digimon tersebut ketika berevolusi. Digimon World: Next Order segera rilis pada 17 Maret 2016 di Jepang untuk PS Vita.


Trailer Baru dari The King of Fighters XIV Memperkenalkan Beberapa Wajah Lama

SNK Playmore telah merilis teaser trailer baru dari The King of Fighters XIV yang memperlihatkan beberapa karakter yang pernah muncul di beberapa seri The King of Fighters sebelumnya. Mereka adalah Chin Gentsai, Choi Bounge, dan Tung Fu Rue dari Fatal Fury. The King of Fighters XIV segera dirilis untuk PS4 pada tahun 2016.


Trailer Versi Bahasa Inggris dari Jojo’s Bizzare Adventure: Eyes of Heaven

Bandai Namco telah merilis trailer baru untuk Jojo’s Bizzare Adventure: Eyes of Heaven versi bahasa Inggris yang memperlihatkan aksi para karakter dari manga “Chapter 1: Phantom Blood”. Jojo’s Bizzare Adventure: Eyes of Heaven segera rilis untuk PS4 pada musim panas (Juni-Agustus) 2016.


Screenshot Baru dari Dead or Alive Xtreme 3 Memperlihatkan Kostum Baru yang Sangat “Berani”

Dead or Alive Xtreme 3 | Screenshot 1 Dead or Alive Xtreme 3 | Screenshot 2 Dead or Alive Xtreme 3 | Screenshot 3 Dead or Alive Xtreme 3 | Screenshot 4 Dead or Alive Xtreme 3 | Screenshot 5

Koei Tecmo telah merilis sekumpulan screenshot baru dari Dead or Alive Xtreme 3: Fortune dan Dead or Alive Xtreme 3: Venus yang memperlihatkan beberapa kostum baru yang … euh … saya bingung apa fungsinya. Selain itu, Koei Tecmo juga mengungkapkan bahwa dengan melakukan “Data Linking” antara versi PS4 dan PS Vita, maka kamu bisa membeli kostum eksklusif via Owner Shop.


Trailer Pengenalan Kokoro dari Dead or Alive Xtreme 3

Masih dari Dead or Alive Xtreme 3, kali ini Koei Tecmo memperkenalkan kembali karakter Kokoro lewat trailer baru yang bisa kamu simak di atas. Dead or Alive Xtreme 3 segera rilis untuk PS4 dan PS Vita pada 24 Maret 2016 di Asia dalam bahasa Inggris.


Trailer Perdana Coven and Labyrinth of Refrain Memperlihatkan para Karakter dan Gameplay yang Diusung

Nippon Ichi Software telah merilis trailer perdana dari Coven and Labyrinth of Refrain yang merupakan dungeon RPG baru untuk PS Vita. Dalam game ini, kamu akan berperan sebagai sebuah buku legendaris dan bersama seorang penyihir wanita, kamu akan menjelajahi berbagai dungeon yang ada. Coven and Labyrinth of Refrain akan dirilis di Jepang pada 23 Juni 2016.


Trailer Baru dari Digimon Linkz

Bandai Namco telah merilis trailer kedua Digimon Linkz yang merupakan game Digimon baru untuk Android dan iOS. Dalam game ini, kamu bisa membuat sebuah peternakan Digimon di mana kamu bisa bercocok tanam dan membuat berbagai fasilitas di dalamnya. Selain itu, kamu juga bisa mengikutsertakan Digimon milikmu dalam pertarungan tiga lawan tiga. Digimon Linkz direncanakan dirilis di Jepang pada tahun 2016.


Trailer Kompilasi Lagu Baru dari Hatsune Miku: Project Diva X

SEGA telah merilis trailer baru dari Hatsune Miku: Project Diva X yang memperlihatkan beberapa lagu serta kostum baru. Hatsune Miku: Project Diva X segera rilis untuk PS Vita pada tanggal 24 Maret 2016 di Jepang. Versi PS4 menyusul pada musim gugur (September-November) 2016.


Trailer Baru dari Valkyria Chronicles Remastered Versi Bahasa Inggris

SEGA telah merilis trailer baru dari Valkyria Chronicles Remastered yang memperlihatkan seperti apa sistem pertarungan yang diusungnya. Versi remaster untuk PS4 ini akan menghadirkan tampilan visual 1080p, 60 fps, trophy, dan berbagai DLC yang sudah tersedia di dalam Blu-ray. Valkyria Chronicles Remastered versi bahasa Inggris segera rilis di PS4 pada 17 Mei 2016.


Teaser Trailer untuk Tales of the Ray Dirilis oleh Bandai Namco

Bandai Namco telah merilis trailer kedua dari Tales of the Rays yang merupakan seri Tales of terbaru untuk platform Android dan iOS. Dalam trailer ini, kamu akan melihat penampilan dari dua karakter utama serta sedikit gambaran mengenai dungeon serta pertarungan dalam RPG tersebut. Beberapa karakter dari seri Tales of lainnya seperti Yuri Lowell dan Luke fon Fabre juga terlihat muncul dalam Tales of the Rays.


Way of the Samurai 3 Segera Hadir di PC via Steam

Way of the Samurai 3 | Screenshot

Ghostlight Interactive mengumumkan bahwa mereka akan membawa Way of the Samurai 3 yang sebelumnya rilis di PS3 dan Xbox 360 ke platform PC via Steam. Meski belum ada tanggal rilis pasti, Ghostlight Interactive menyatakan bahwa mereka yakin game tersebut akan siap dirilis dalam waktu dekat.


Trailer Baru dari Stranger of Sword City Versi Xbox One Menunjukkan Kembali Perbedaan Dua Gaya Visual yang Bisa Dipilih

Experience telah merilis dua trailer baru dari Stranger of Sword City yang memperlihatkan dua macam gaya visual yang nanti bisa kamu pilih (khusus versi Xbox One). Selain itu, kamu bisa mendapatkan potongan harga jika kamu memutuskan melakukan pre-order untuk versi Xbox One mulai tanggal 8 Maret 2016 kemarin. Stranger of Sword City sendiri akan dirilis untuk Xbox One pada 22 Maret 2016. Versi PS Vita akan segera dirilis oleh NIS America pada 26 April 2016.


Video Gameplay Nioh yang Pernah Ditunjukkan Secara Tertutup Dalam TGS 2015 Lalu Akhirnya Dipamerkan Secara Umum

Team Ninja telah merilis video gameplay dari Nioh yang sebelumnya pernah ditampilkan secara tertutup dalam acara TGS 2015 lalu. Di dalam Nioh, kamu akan berperan sebagai William, seorang samurai berambut pirang yang memiliki kemampuan bertempur yang tinggi.

Gameplay yang diusung Nioh sendiri mengingatkan saya dengan Dark Souls dan juga Onimusha: Dawn of Dreams. Semoga ke depannya game ini mampu memuaskan para gamer yang rindu dengan game bertema samurai yang kelam.


Trailer Perdana dari Etrian Odyssey V: Nagaki Shinwa no Hate Menunjukkan Para Karakter dan Sistem Pertarungannya

Atlus telah merilis trailer perdana dari Etrian Odyssey V: Nagaki Shinwa no Hate. Dalam trailer ini, kamu kaan melihat siapa saja karakter yang akan kamu temui dan juga kamu akan melihat sedikit gambaran mengenai sistem pertarungan yang diusung dungeon RPG tersebut. Etrian Odyssey V: Nagaki Shinwa no Hate segera rilis untuk 3DS pada 4 Agustus 2016.


Video Perbandingan Versi PS3 dan PS4 dari Star Ocean 5: Integrity and Faithlessness

Square Enix telah merilis dua video baru dari Star Ocean 5: Integrity and Faithlessness yang menunjukkan perbedaan dari versi PS3 (hanya di Jepang) dan versi PS4 dari RPG garapan tri-Ace tersebut. Selain itu Square Enix juga menunjukkan video perbedaan skill di level yang berbeda. Star Ocean 5: Integrity and Faithlessness sendiri segera rilis untuk PS4 dan PS3 pada tanggal 31 Maret 2016 di Jepang. Versi bahasa Inggris menyusul juga pada tahun 2016 ini.

The post Rangkuman Berita Game Jepang Minggu Ini – 12 Maret 2016 appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Rangkuman Berita Teknologi Minggu Ini (12/3): Live Streaming Peluncuran iPhone SE, LINE Dukung Panggilan Suara 200 Orang, Snapchat Kembangkan Headset VR

Posted: 12 Mar 2016 12:00 AM PST

Minggu ini, telah kami rangkum beberapa berita teknologi paling menarik. Mulai dari live streaming peluncuran iPhone SE, teknologi AI pada Google Translate, proyek VR Snapchat, inovasi hiburan di dalam mobil dari Ford, sampai Sean Parker yang akan menghadirkan bioskop di rumah kamu.

Tanpa membuang-buang waktu, langsung saja simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Peluncuran iPhone SE bisa disaksikan secara live streaming

apple-event-iphone-se

Acara Apple pada 21 Maret 2016, yang dikabarkan akan memperkenal iPhone SE berlayar 4 inci dan iPad Pro dengan layar 9,7 inci, bisa kamu tonton secara live streaming. Karena ini merupakan pengumuman resmi dari Apple, kamu atau komunitasmu tak perlu ragu jika ingin mengadakan acara nonton bareng.

Kamu dapat menikmati acara ini via browser di komputer via tautan ini, baik itu di perangkat iOS, Mac, maupun PC. Pengguna Windows 10 yang menggunakan browser Edge juga dapat ikut menyaksikan. Sementara jika kamu menggunakan Apple TV, kamu cukup menunggu kanal khusus untuk acara ini yang akan muncul beberapa hari sebelum acara diadakan.

Seperti yang sudah-sudah, acara bertajuk “Let us loop you in” ini akan dimulai pukul 10 pagi waktu setempat, atau 22 Maret tengah malam di Indonesia bagian barat. Jadi, jangan lupa untuk siapkan asupan yang cukup untuk menahan kantuk.

Fitur baru LINE mungkinkan kamu menelepon 200 orang sekaligus

line-panggilan-telepon-200-

Sebuah group chat berisi ratusan orang sudah menjadi hal yang lumrah. Namun, kalau kamu ingin berkomunikasi dengan orang sebanyak itu lewat metode panggilan telepon, bukan teks, kamu bisa menggunakan fitur baru LINE ini. Sebelumnya, aplikasi berkirim pesan ini sudah punya fitur panggilan suara dan video satu “lawan” satu. Lewat fitur baru ini, kamu bisa melakukan panggilan suara dengan 200 orang sekaligus.

Jika kamu pengguna biasa, mungkin kamu akan garuk-garuk kepala. Karena sangat jarang seseorang ingin berbicara langsung dengan 200 temannya sekaligus. Namun, kalau kamu melihatnya dari sudut perusahaan, fitur ini bisa sangat berguna. Misalnya untuk rapat dengan anggota tim yang tidak berada di satu lokasi. Fitur ini sudah tersedia di negara yang menjadi pasar terbesar LINE, yaitu Jepang, Thailand, Taiwan, dan tentu saja Indonesia.

Usung teknologi deep learning, terjemahan Google Translate akan semakin akurat

google-translate

Sumber gambar Mashable

Menggunakan kecerdasan buatan (AI) berjenis deep learning, Google telah membuat Google Maps, Google Photos, dan Gmail menjadi semakin pintar. Produk selanjutnya yang akan mendapat sentuhan AI ini adalah Google Translate. Jika kamu sering menggunakan layanan penerjemah ini, kamu mungkin tahu ada kalanya terjemahan teks Google Translate kurang akurat dan kaku.

Menurut Jeff Dean, kepala tim Google Brain yang mengembangkan deep learning, timnya sedang membuat eksperimen terjemahan berdasarkan jenis AI tersebut. Singkatnya, tujuan dari eksperimen tersebut adalah untuk menghasilkan terjemahan yang lebih akurat, karena Google Translate mampu melatih “dirinya” sendiri agar semakin pintar menerjemahkan, seperti layaknya Alpha Go yang mampu mengalahkan juara dunia permainan Go.

Snapchat diam-diam rancang headset VR?

snapchat

Sumber gambar Fast Company

Snapchat, yang digunakan oleh 100 juta pengguna (kebanyakan adalah remaja) tiap harinya, belum pernah merilis produk fisik. Tampaknya ini akan segera berubah. Pasalnya, startup media sosial dengan valuasi $16 miliar (sekitar Rp207 triliun) ini merekrut pakar hardware untuk sebuah proyek rahasia.

Dikutip dari CNET, dari belasan nama yang direkrut, beberapa di antaranya merupakan veteran di ranah teknologi wearable, serta desainer industrial yang pernah bekerja di Nokia dan Logitech. Diduga, Snapchat akan ikut bergabung merilis headset VR seperti Oculus Rift atau AR seperti Microsoft HoloLens. Dugaan ini diperkuat dengan fakta bahwa Snapchat pernah mengakuisisi Vergence Labs, startup yang membuat perangkat yang mirip dengan Google Glass, pada tahun 2014 silam.

Bioskop di kaca mobil

paten-ford

Ketika di masa depan mobil dengan kendali otomatis sudah menjadi hal yang wajar, apa yang bisa dilakukan penumpang agar tidak bosan selama di dalam perjalanan? Menurut Ford, cara terbaik “membunuh” waktu adalah dengan menonton film. Bukan dengan smartphone atau layar LCD mungil yang terpasang di dasbor atau belakang kursi, melainkan di kaca depan.

Dalam sebuah paten yang diajukan di negara asalnya pada awal Maret ini, teknologi bernama Autonomouse Vehicle Entertainment System itu akan mengubah kaca depan menjadi layar berukuran 50 inci atau lebih. Sayangnya, teknologi untuk masa depan tersebut masih menggunakan proyektor untuk menembakkan gambar, bukan menghasilkan gambar sendiri seperti layar TV atau monitor komputer pada umumnya.

Napster berambisi bawa film bioskop ke rumahmu

sean-parker

Buat kamu yang tidak suka antre di bioskop, produk dari startup yang sedang disiapkan oleh Sean Parker ini mungkin cocok buatmu. Bernama The Screening Room, startup baru buatan mantan presiden Facebook dan co-founder Napster ini akan menjual set-top box seharga US$150 (sekitar Rp1,9 juta) yang akan menayangkan film-film terbaru di rumahmu.

Namun, kamu masih perlu merogoh kocek US$50 (sekitar Rp650 ribu) untuk menyewa tiap film yang mau ditonton. Film itu akan tersedia selama 48 jam. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan dua tiket untuk menonton film yang sama di bioskop. Hmm, yay or nay?

(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto)

The post Rangkuman Berita Teknologi Minggu Ini (12/3): Live Streaming Peluncuran iPhone SE, LINE Dukung Panggilan Suara 200 Orang, Snapchat Kembangkan Headset VR appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Membina Komunitas di Media Sosial Menjadi Partner dalam Bisnis, Wawancara dengan Global Community Manager Razer

Posted: 11 Mar 2016 10:25 PM PST

Memproduksi periferal khusus gaming mungkin terdengar sebagai bisnis yang sangat niche pada tahun 2005 lalu. Namun hal tersebut tidak menghentikan Razer merilis sebuah perangkat mouse premium khusus untuk gaming yang mereka namakan Boomslang. Kini, hampir sebelas tahun kemudian, Razer telah berkembang menjadi perusahaan dengan nilai valuasi perusahaan mencapai lebih dari US$1,5 miliar (sekitar Rp19,7 triliun).

Selain mouse, saat ini Razer telah memproduksi berbagai perangkat gaming premium yang didesain untuk memenuhi kebutuhan gamer. Mereka juga mulai melakukan diversifikasi ke perangkat elektronik lain, seperti jam tangan atau speaker Bluetooth, sambil mempertahankan image gaming yang mereka miliki agar semakin dekat kepada para pengguna setia Razer.

Belum lama ini, Tech in Asia berkesempatan untuk berbincang-bincang dengan Goh Hung Wei selaku Global Community Manager dari Razer. Ia menceritakan bagaimana Razer kini memiliki lebih dari 7 juta fan di Facebook Page mereka serta 2,2 juta follower di akun Twitter Razer. Ia juga berbagi kisah bagaimana komunitas memegang peranan penting dalam perkembangan Razer sejauh ini.

Dari Gamer untuk Gamer

Sebagai sebuah perusahaan yang memproduksi beragam periferal khusus gaming, Hung Wei mengaku bahwa moto Razer merupakan perusahaan yang didirikan oleh dan untuk memenuhi kebutuhan para gamer. Segala produk yang mereka hasilkan memiliki satu misi, yaitu memenuhi kebutuhan fan mereka serta memberikan pengalaman gaming yang lebih memuaskan.

Moto tersebut tidak hanya ditulis pada profil perusahaan mereka saja, namun benar-benar diimplementasikan dalam aktivitas Razer sehari-hari. Hung Wei mengaku bahwa beragam keputusan yang diambil Razer merupakan hasil dari permintaan yang diajukan oleh fan.

Komunitas adalah bagian penting bagi kami. Mereka merupakan orang-orang yang memiliki kesamaan bahasa dengan Razer, yaitu gaming.

Lebih lanjut Hung Wei menuturkan, dengan memiliki komunitas yang peduli dan aktif, mereka dapat menawarkan produk yang sesuai dengan kebutuhan gamer. “Beberapa pihak dalam industri video game bahkan pernah meminta bantuan kami untuk mengumpulkan tanggapan dari komunitas tentang produk yang mereka hasilkan," jelasnya.

Trying Razer Blade | Photo

Mencoba Razer Blade. Gaming laptop layar 4K yang seringan MacBook Pro.

Diskusi dalam komunitas Razer dibiarkan mengalir apa adanya. Walaupun demikian, ia juga menekankan pentingnya memulai topik pembicaraan agar diskusi dapat dimulai dan orang-orang mulai menanggapi. "Tidak perlu mempromosikan produk sendiri terus-menerus. Cukup dengan memulai topik yang dimengerti oleh semua anggota komunitas," dan dalam kasus Razer, hal tersebut jelas tentang video game.

Dibantu oleh Komunitas

Sebagai orang yang mengelola beragam platform media sosial serta membentuk komunitas pengguna Razer di seluruh dunia, Hung Wei mengaku tidak sendirian dalam menangani para gamer di berbagai belahan bumi. Ia dibantu oleh anggota-anggota aktif serta sukarelawan untuk mengelola media komunitas di berbagai negara.

Saat ini terdapat puluhan Page regional di Facebook yang menampung beragam komunitas penggemar Razer di seluruh dunia. Untuk Indonesia sendiri, Page Facebook Razer di Indonesia dikelola oleh partner mereka yang bertindak di bawah supervisi Razer.

Man with Razer Tattoo | Screenshot

(Sumber: Forum Razer)

Para anggota komunitas yang ia kelola sering melakukan beragam hal yang membuatnya bangga. Mereka saling membantu satu sama lain, dan tidak jarang bertindak sebagai agen yang merekomendasikan produk Razer kepada anggota lain tanpa diminta. Tak jarang Hung Wei menemukan wujud tanda cinta fan yang tidak diduga-duga.

Saya bahkan pernah menemukan seorang penggemar yang menato lengannya dengan logo Razer!

Hal-hal demikian membuat kami semakin bertekad untuk menjawab kepercayaan dari para penggemar," ujarnya.

Bicara sebagai Gamer

Dalam melakukan interaksi kepada para penggemar Razer, Hung Wei mengaku tidak pernah memosisikan dirinya atau perusahaan tempat ia bekerja di atas para gamer. Mereka menjalin interaksi layaknya dua orang yang sama-sama menyukai dunia video game. Terkadang mereka saling bercanda dan melakukan trolling kepada satu sama lain.

Dengan membangun komunikasi langsung ke dasarnya tanpa menciptakan struktur hierarkis, ia mengaku dapat menjalin hubungan yang lebih personal dan akrab dengan para anggota komunitas. Dari hubungan yang hangat itulah kepercayaan terhadap satu sama lain dapat dipupuk dan dibina.

Ia juga kurang sependapat dengan konsep pemasaran yang biasa disebut influencer marketing. Menurutnya, kerja sama dengan figur publik untuk mempromosikan suatu produk maupun merek merupakan suatu hal yang seharusnya bisa dilakukan oleh merek itu sendiri. Akses kepada komunitas yang biasanya disasar oleh para sponsor dari seorang atau sekelompok figur publik seharusnya bisa dibangun sendiri tanpa memerlukan perantara.

Hal ini juga yang mereka lakukan di semua saluran media sosial Razer. Kebanyakan konten yang mereka pasang adalah hasil buatan sendiri, atau bahkan karya anggota komunitas yang menarik untuk disebarkan. Kehadiran kreativitas para penggemar menunjukkan kedekatan mereka dengan Razer dan bagaimana produk-produk Razer mampu berkomunikasi dengan pengguna.

Ingin Berbuat Lebih Banyak di Indonesia

Hung Wei mengaku bahwa pihaknya berencana untuk semakin mendekatkan diri ke komunitas gamer di Indonesia, seperti yang mereka telah lakukan di negara Asia Tenggara lain seperti Filipina, Thailand, dan Singapura. Walau ia tidak menyebutkan secara spesifik rencana apa yang akan mereka lakukan, namun ia mencontohkan beberapa kegiatan yang mereka lakukan di luar negeri seperti mengadakan gathering bagi komunitas penggemar Razer regional, hingga mendukung atlet e-sport berprestasi.

Di antara beragam acara yang disebutkan, pembukaan toko resmi Razer di Taiwan, Thailand, dan Filipina merupakan event yang menurutnya paling sukses. Toko yang diberi nama Razer Store tersebut memamerkan segala macam produk Razer di dalamnya, dan semua pengunjung bebas mencoba tanpa harus membeli.

“Setiap pengunjung bebas datang dan memainkan beragam koleksi game yang kami pasang di dalam toko menggunakan periferal gaming Razer. Kamu boleh datang ke toko sejak mulai dibuka, dan bermain tanpa harus takut diusir hingga jam operasional usai,” katanya. Razer juga melakukan rotasi game yang dipajang sesuai dengan kemunculan beragam judul baru serta tren yang sedang berlaku.

Ketika ditanya apakah Razer berencana untuk membuka toko serupa di Indonesia, ia mengembalikannya lagi kepada para gamer di tanah air. “Bila para penggemar di Indonesia beramai-ramai meminta kepada Razer, bukan mustahil kami akan mengupayakan hal serupa di sini,” tutupnya.

(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto)

The post Membina Komunitas di Media Sosial Menjadi Partner dalam Bisnis, Wawancara dengan Global Community Manager Razer appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Widower’s Sky – Game Adventure dengan Tampilan Artistik Mirip Journey

Posted: 11 Mar 2016 10:08 PM PST

Sekelompok developer indie yang menamakan diri mereka Whaleo saat ini tengah mengembangkan sebuah game adventure dengan judul Widower’s Sky. Dari beberapa tampilan screenshot serta sebuah video trailer yang mereka unggah, Widower’s Sky tampak mirip dengan Journey yang dikembangkan oleh thatgamecompany.

Widower’s Sky menceritakan petualangan seorang ayah, anak laki-laki, serta seekor anjing yang terdampar di suatu planet. Untuk mencari jalan pulang, mereka melewati portal-portal yang membawa mereka ke beragam dunia. Berbagai tantangan maupun rintangan telah menanti di setiap dunia sebelum mereka mencapai tempat yang disebut rumah.

Whaleo tidak hanya menjanjikan narasi yang menyentuh, tapi juga akan menantang kamu lewat elemen puzzle, platformer, hingga survival yang ada di dalam Widower’s Sky. Sang ayah akan menghadapi beragam hewan buas, seperti singa maupun beruang, sambil berusaha menjaga agar anaknya tidak kelaparan maupun kelelahan.

Widowers Sky | Screenshot 12 Widowers Sky | Screenshot 11 Widowers Sky | Screenshot 10 Widowers Sky | Screenshot 09 Widowers Sky | Screenshot 08 Widowers Sky | Screenshot 03 Widowers Sky | Screenshot 04 Widowers Sky | Screenshot 05 Widowers Sky | Screenshot 06 Widowers Sky | Screenshot 07 Widowers Sky | Screenshot 02 Widowers Sky | Screenshot 01

Arahan visual yang terdapat dalam Widower’s Sky menggunakan sentuhan artistik dengan sapuan warna cerah dan cenderung pucat untuk menggambarkan lingkungan di dalam game. Efek cahaya menyilaukan tampak di setiap desain levelnya. Frame rate rendah yang digunakan selama permainan Widower’s Sky memberikan efek seolah sedang berada di alam mimpi.

Whaleo berencana untuk merilis Widower’s Sky di iOS dalam waktu “sangat dekat”. Walau tidak menyebutkan secara spesifik tanggal perilisannya, namun mereka mengaku progres pengembangan Widower’s Sky telah selesai 95 persen. Mereka juga berencana merilisnya untuk Android, Windows Phone, Xbox One, maupun PS4 di masa mendatang.

Situs Resmi: Widower’s Sky

The post Widower’s SkyGame Adventure dengan Tampilan Artistik Mirip Journey appeared first on Tech in Asia Indonesia.

No comments:

Post a Comment

Sponsor

Latest Game News

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sponsor

pasang iklan baris gratis