Ads

Tuesday, May 31, 2016

Game Di Indonesia

Game Di Indonesia


6 Ide Startup Menarik dari Kompetisi Spica Runway

Posted: 31 May 2016 07:00 PM PDT

Pada tanggal 25 Mei 2016 yang lalu, majalah dewasa Popular mengadakan sebuah kompetisi startup yang bertajuk Spica Runway. Dalam kompetisi tersebut, mereka memasangkan para startup yang beberapa masih berupa ide, untuk bekerja sama dengan model-model majalah dewasa tersebut.

Berikut ini adalah 6 ide startup terbaik yang berhasil masuk ke babak final Spica Runway.

Pedava (Juara Pertama)

Tampilan Situs Pedava | Screenshot

Dengan situs dan aplikasi yang akan dibuat Pedava, kamu bisa melakukan mix and match terhadap berbagai koleksi produk fashion yang mereka miliki. Contohnya, kamu bisa memasangkan sebuah atasan dan bawahan, lalu melihat kecocokannya. Apabila tertarik, kamu bisa langsung membeli produk-produk tersebut.


Kostoom (Juara Kedua)

Kostoom 2

Kostoom merupakan layanan yang bisa menjahit baju sesuai permintaan kamu, tanpa mengharuskan kamu untuk keluar rumah. Kamu cukup memilih desain pakaian yang kamu inginkan di situs mereka, kemudian pihak Kostoom akan datang ke rumah kamu untuk melakukan pengukuran dan mengambil bahan pakaian.

Founder Kostoom ternyata sudah berkecimpung di dunia jahit menjahit selama 20 tahun lo!

Dalam waktu dua minggu, pakaian yang kamu pesan akan langsung terkirim ke rumah kamu. Berbeda dengan peserta Spica Runway lainnya, Kostoom saat ini telah menjalankan ide startup yang mereka miliki.


Barber Ranger (Juara Ketiga)

Aplikasi Barber Ranger | Ilustrasi

Barber Ranger adalah sebuah aplikasi yang bisa menghubungkan kamu dengan para pemangkas rambut berkualitas. “Berbeda dengan GO-GLAM buatan GO-JEK yang lebih menargetkan konsumen wanita, kami cenderung fokus untuk melayani konsumen pria,” ujar Ridha Rezeqi Rahman, CEO dari Barber Ranger, kepada Tech in Asia.

Saat ini, mereka tengah mempersiapkan peluncuran aplikasi mobile yang nantinya akan bisa melayani para konsumen di wilayah Jakarta.


AntikMebel

Tampilan Situs AntikMebel | Screenshot

Menurut Rizky Rahmat Ontoe, Owner dari AntikMebel, saat ini sangat banyak e-commerce yang menjual berbagai macam furnitur, namun jarang sekali yang menyediakan jasa perbaikan. Oleh karena itu, ia pun memutuskan untuk membuat AntikMebel dan menyediakan solusi perbaikan terhadap produk kursi dan sofa secara online.

Saat ini, ia telah membuat sebuah prototipe yang bisa memudahkan pengguna untuk mendesain sendiri furnitur yang mereka inginkan. Sekilas, prototipe tersebut mirip dengan situs Tees, namun untuk produk kursi dan sofa. Saat ini, AntikMebel baru menyediakan jasa perbaikan berbagai furnitur secara offline.


Alim

Tampilan Situs Alim | Screenshot

Awalnya, Alim hanya merupakan aplikasi pencarian makanan yang beroperasi di kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Namun seiring berjalannya waktu, kini Alim berubah menjadi aplikasi yang bisa memahami kebiasaan makan kamu, kemudian memberikan saran makanan yang bisa kamu pesan.


Hologram Indonesia

Tampilan Situs Hologram Indonesia | Screenshot

Hologram Indonesia merupakan sebuah startup yang lahir dari inkubator di kampus Swiss German University. Setelah mendapat dana hibah dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, mereka pun berhasil membuat produk penyajian hologram dalam berbagai bentuk dan ukuran.

(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto; Sumber gambar: The Impression)

The post 6 Ide Startup Menarik dari Kompetisi Spica Runway appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Bantu E-Commerce Atasi Masalah Pembatalan Transaksi, FinAccel Raih Pendanaan Awal

Posted: 31 May 2016 04:00 PM PDT

Hari ini, 1 Juni 2016, startup finansial berbasis teknologi (fintech),  FinAccel mengumumkan kalau mereka telah mendapat pendanaan awal (seed) senilai tujuh digit yang dipimpin oleh Jungle Ventures. Pendanaan tersebut juga diikuti oleh GMO Venture Partners, AlphaJWC Ventures, 500 Durians, dan 500 Tuktuks.

Beberapa angel investor seperti Amar Goel (Komli/PubMatic), Prashant Kirtane (TravelMob), Jerry Yeu dan Mathieu Harding (Hawksburn Capital), juga turut memberikan dana untuk startup yang baru berumur enam bulan ini.

Tampilan Situs FinAccel | Screenshot

FinAccel adalah sebuah startup yang membuat sistem penilaian risiko dalam proses peminjaman uang. Saat ini mereka telah meluncurkan sebuah produk bernama Kredivo di Indonesia. Beberapa e-commerce tanah air, seperti Jualo, Livaza, Lensza, Franc Nobel, dan Asmaraku telah menggunakan layanan ini.

Dengan Kredivo, kamu bisa membeli barang di berbagai e-commerce tersebut, dan baru membayarnya 30 hari kemudian. Hal itu menjadi mungkin karena Kredivo menjalin kerja sama dengan sebuah perusahaan pemberi pinjaman, BFI Finance. Apabila seorang pengguna berhasil lolos dari penilaian yang dilakukan Kredivo, maka BFI Finance akan membayarkan terlebih dahulu transaksi tersebut.

Tampilan Situs Kredivo | Screenshot

“Untuk setiap pengguna, kami akan memeriksa lebih dari 1000 variabel yang terkait dengan mereka, mulai dari data pendapatan, aktivitas di media sosial, jenis smartphone yang mereka gunakan, hingga jenis produk yang mereka beli,” ujar CEO FinAccel Akshay Garg.

Solusi yang ditawarkan FinAccel ini dianggap bisa memecahkan masalah pembayaran yang sering dialami oleh para pelaku e-commerce. “Pengguna seringkali membatalkan transaksi karena kendala pembayaran, dan Kredivo bisa mengurangi masalah tersebut,” ujar Ananto Wibisono, CEO Sepulsa yang juga menjalin kerja sama dengan Kredivo.

Saat ini, transaksi online semakin mudah dengan berbagai sistem pembayaran di tanah air

Keputusan FinAccel untuk meluncurkan Kredivo pertama kali di Indonesia juga bukan tanpa alasan. Menurut Akshay, Indonesia punya masalah yang paling besar dalam hal metode pembayaran dan kurangnya penetrasi lembaga pemberi pinjaman apabila dibandingkan dengan negara-negara lain di Asia Tenggara.

“Kami percaya kalau FinAccel punya kesempatan untuk menyelesaikan salah satu masalah terbesar yang menghambat pertumbuhan e-commerce di Asia Tenggara,” ujar Amit Anand, founding partner dari Jungle Ventures.


Solusi yang ditawarkan FinAccel melalui Kredivo ini merupakan hal baru di Indonesia. Sebelumnya, sistem penilaian risiko hanya dikembangkan oleh startup yang bergerak langsung di bisnis peminjaman uang, seperti UangTeman dan Investree.

(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto)

The post Bantu E-Commerce Atasi Masalah Pembatalan Transaksi, FinAccel Raih Pendanaan Awal appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Info Lowongan Kerja Terbaru dari Kaskus, Grab, Bizzy, dan Lainnya

Posted: 31 May 2016 09:00 AM PDT

Lowongan kerja di ranah teknologi, semakin hari semakin melimpah. Dunia startup teknologi mulai muncul menjadi destinasi utama untuk bekerja. Peningkatan gaji yang pesat dari tahun ke tahun, suasana kerja yang menyenangkan, hingga tantangan kerja yang terus berkembang dari waktu ke waktu berhasil daya tarik tersendiri bagi pencari kerja.

Di bawah ini, Tech in Asia merangkum beberapa lowongan pekerjaan dari berbagai startup dan perusahaan besar di Indonesia yang membuka kesempatan karier di ranah teknologi. Mulai dari programmer, desain grafis, marketing, media sosial, dan sales. Artikel ini akan terus diperbarui tiap minggunya khusus untuk para pembaca setia Tech in Asia.

Pasang lowongan kerja startup dan teknologi gratis


Lowongan kerja di Kaskus

LOWONGAN KERJA KASKUS

Kaskus adalah situs forum komunitas online terbesar di Indonesia.

Lokasi: Jakarta Pusat

Lowongan kerja full time:

*Catatan : Tautan tidak dapat dibuka menggunakan perangkat mobile

Cek juga sesi AMA dengan Andre Darwis, pendiri Kaskus, di sini!


Lowongan kerja di Bizzy

LOWONGAN KERJA BIZZY

Bizzy merupakan marketplace untuk pengadaan perlengkapan bisnis, inventori, dan jasa.

Lokasi:Jakarta Pusat

Lowongan kerja full time:

Apa yang membuat Bizzy mendapatkan pendanaan sebesar Rp33 miliar dari Ardent Capital? 


Lowongan kerja di Grab

LOWONGAN KERJA GRAB

Grab merupakan aplikasi layanan transportasi terpopuler di Asia Tenggara yang menyediakan layanan transportasi untuk menghubungkan lebih dari 10 juta penumpang dan 185.000 pengemudi di seluruh wilayah Asia Tenggara.

Lokasi: Jakarta, Surabaya, Denpasar

Lowongan kerja full time:

Grab tawarkan solusi bagi kemacetan Asia Tenggara


 Lowongan kerja di Quest Drop

LOWONGAN KERJA QUEST DROP

Quest Drop didirikan pada tahun 2014 dengan tujuan menjadi jembatan yang akan membawa game kualitas tinggi dari luar wilayah Asia Tenggara ke pasar Asia Tenggara.

Lokasi: Jakarta

Lowongan kerja full time:

Cek juga salah satu game dari Quest Drop yang sudah tersedia di Indonesia!


Lowongan kerja di Content Collision

LOWONGAN KERJA CONTENT COLLISION

Content Collision adalah content agency dengan mimpi memberdayakan orang untuk menjadi penulis yang luar biasa dengan teknologi. Saat ini Content Collision sedang mencari “Story Pirates”; orang-orang yang dapat berkembang dan menulis konten dari mana saja selama mereka memiliki Wi-Fi yang layak.

Lokasi: Jakarta Barat

Lowongan kerja full time:

  • Full-time writers
  • Full-time editors


Lowongan kerja di Tiket.com

LOWONGAN KERJA TIKET

Tiket.com adalah salah satu perusahaan OTA (Online Travel Agent) terbesar di Indonesia yang menyediakan dan menyelenggarakan sistem dan fasilitas pemesanan dan pembelian tiket secara online.

Lokasi: Jakarta Selatan

Lowongan kerja full time:

Cari tahu juga 5 pelajaran membangun startup dari co-founder Tiket.com


Lowongan kerja di TALENTA

LOWONGAN KERJA TALENTA

PT. Talenta Digital Indonesia (TALENTA) adalah sebuah perusahaan startup yang fokus menciptakan produk sebagai platform (Product as a Platform) berfokus pada Manajemen Sumber Daya Manusia (HRIS).

Lokasi: Jakarta Barat

Lowongan kerja full time:

Investor seperti Fenox dan East Ventures juga sempat mendanai Talenta lo


Lowongan kerja di BerryKitchen

LOWONGAN KERJA BERRYKITCHEN

Berrykitchen.com adalah food commerce dari Indonesia. Berawal dari seorang wanita “picky” yang selalu kesulitan mencari makan siang, dimulailah Berrykitchen.com. Berrykitchen.com ada dengan sebuah tujuan, menjadi solusi makan pagi, siang , dan malam anda dimanapun anda berada.

Lokasi: Jakarta Barat

Lowongan kerja full time :

Sebagai sebuah startup, BerryKitchen telah memperoleh investasi seri A dari Sovereigns Capital


Lowongan kerja di BukaLapak

LOWONGAN KERJA BUKALAPAK

Bukalapak merupakan salah satu online marketplace terkemuka di Indonesia. Seperti halnya situs layanan jual-beli yang menyediakan sarana jual-beli dari konsumen ke konsumen, siapa pun dapat membuka toko online di Bukalapak dan melayani pembeli dari seluruh Indonesia untuk transaksi satuan maupun banyak.

Lokasi: Jakarta Selatan

Lowongan kerja full time:

Lowongan kerja intern:

Mau tahu apa strategi BukaLapak untuk jadi e-commerce terbesar di Indonesia? Cek di sini!


Lowongan kerja di Tech in Asia

Tech in Asia | Logo
Tech in Asia adalah komunitas online pelaku startup di Indonesia. Temukan investor, founder, pekerjaan dan berita menarik seputar startup di Asia. Full time:

Intern:

Lokasi : Grogol, Jakarta Barat
apply


Apabila kamu tertarik mendapatkan informasi lowongan pekerjaan di dunia startup secara reguler, silakan klik tombol di bawah ini.
dapatkan info tech jobs

The post Info Lowongan Kerja Terbaru dari Kaskus, Grab, Bizzy, dan Lainnya appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Warung Chain, Tebak Gambar, dan Tahu Bulat Mendominasi Peringkat Atas Google Play

Posted: 31 May 2016 06:59 AM PDT

Hari ini sebuah pemandangan yang sangat menarik bisa kita jumpai pada deretan game gratis paling laris di Google Play Store. Game lokal berjudul Tahu Bulat yang minggu lalu telah menorehkan prestasi gemilang di Google Play, sekarang telah kembali lagi merebut peringkat game Android teratas setelah menyingkirkan dua game “pemain lama” yaitu Clash of Clans dan Subway Surfer.

Bagian yang lebih membuatnya menarik, kini game buatan Own Games tersebut tidak lagi sendirian dalam upayanya mendominasi deretan game teratas Android di Indonesia. Bersama dengan game lokal lainnya seperti Tebak Gambar dan Warung Chain buatan Touchten, ketiganya sekarang mendominasi deretan empat besar game Android terlaris, mengalahkan Clash RoyalePou, dan lainnya.

Tahu Bulat Warung Chain Tebak Gambar | Screenshot

Hal menarik selain tiga game tadi, Mini Racing Adventures buatan Minimo asal Jakarta juga turut mewarnai deretan sepuluh besar game di Google Play Store

Kembalinya game Tahu Bulat ke posisi puncak Google Play Store sendiri bukan tanpa sebab yang bisa kita anggap remeh begitu saja. Berdasarkan pengamatan dari AppAnniegame Tahu Bulat saat ini telah diunduh lebih dari satu juta kali—melesat mengalahkan Facebook serta BlackBerry Messenger di deretan Top Free Apps Google Play.

Lantas bagaimana dengan game lainnya seperti Warung Chain dan Tebak Gambar? Saat tulisan ini dibuat, Anton Soeharyo selaku CEO dari Touchten membocorkan bahwa Warung Chain telah diunduh lebih dari 800 ribu kali. Dalam hitungan beberapa hari ke depan, bukan hal yang tidak mungkin jika game ini akan menembus angka satu juta unduhan.

Meme Game Lokal | Screenshot

Baca juga ulasan kami soal Warung Chain: Go Food Express yang “lezat” berikut ini

Sedangkan untuk Tebak Gambar, game trivia legendaris yang telah diunduh puluhan juta gamer Indonesia ini masih saja menjadi pemain lama di tangga game terlaris Google Play. Seolah tak kalah dengan pencapaian dua game lainnya, game Tebak Gambar minggu ini masih konsisten  mempertahankan posisinya di peringkat keempat dengan jumlah unduhan mencapai angka 750 ribu di sepanjang bulan Mei.

Pencapaian yang diperoleh ketiga game ini jelas merupakan pertanda yang sangat positif mengenai pasar game lokal di tanah air. Dengan semakin banyaknya jumlah game yang menjadi raja di negeri sendiri, bukan tidak mungkin jika ke depannya industri game Indonesia bakal menjadi semakin bergairah dan diwarnai ragam karya game berkualitas yang diperhitungkan di seluruh dunia.

(Diedit oleh Fadly Yanuar Iriansyah)

The post Warung Chain, Tebak Gambar, dan Tahu Bulat Mendominasi Peringkat Atas Google Play appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Investree Mempertemukan Peminjam dengan Pemberi Pinjaman secara Online

Posted: 31 May 2016 06:30 AM PDT

Platform marketplace tidak melulu menjadi tempat untuk menjual atau membeli barang fisik. Salah satu contohnya adalah Investree. Startup fintech (financial technology) ini hadir sebagai marketplace yang mempertemukan peminjam uang dengan pemberi pinjaman secara online dengan skema P2PL (peer-to-peer lending).

Investree tidak mengelola dana, melainkan hanya mempertemukan pihak peminjam (borrower) dengan pemberi pinjaman (lender) layaknya sebuah toko. Siapa saja bisa berinvestasi di sini sebagai borrower. Namun, untuk lender, saat ini produk pinjaman Investree baru menyasar dua kalangan, yaitu pelaku usaha (business loan) dan karyawan (employee loan).

Tampilan pengajuan pinjaman usaha Investree | Screenshot.jpg

Tampilan pengajuan pinjaman usaha dari calon lender di situs Investree

Pelaku usaha dapat mengajukan peminjaman modal kerja dengan menjaminkan tagihan yang sedang berjalan (invoice) dari klien mereka, sebagai sumber pembayaran pinjaman. Invoice yang menjadi dasar peminjaman itu akan dibayarkan oleh klien lender, yang disebut sebagai payer.

Menurut Co-Founder dan Chairman Investree Adrian Asharyanto Gunadi, jaminan ini relatif aman. Pihaknya pun hanya menerima invoice dari BUMN, perusahaan multinasional, atau perusahaan terbuka (Tbk).

"Proses invoicing terjadi kalau pekerjaan sudah selesai, PO (purchase order sudah dari jauh-jauh hari, dan sumber pengembalian jelas," kata Adrian menjelaskan faktor keamanan jaminan invoice, saat acara soft-launching Investree di Jakarta, Selasa 31 Mei 2016.

Tampilan pengajuan pinjaman karyawan Investree | Screenshot

Tampilan pengajuan pinjaman karyawan. Sama seperti pengajuan pinjaman usaha, pinjaman yang ditampilkan statusnya sudah terdanai

Sedangkan untuk pinjaman pribadi bagi karyawan, yang diluncurkan pada awal Mei, baru tersedia bagi pekerja perusahaan yang sudah bekerja sama dengan Investree. Dengan skema pembayaran melalui potong gaji, karyawan bisa meminjam uang untuk berbagai keperluan—mulai dari renovasi rumah, uang pangkal sekolah anak, dan sebagainya.

"Investree juga membantu perusahaan memfasilitasi kegiatan pinjam-meminjam. Bagi perusahaan, ini menjadi employee benefit," tambah Adrian.

Ia juga mengungkapkan kalau saat ini sudah ada beberapa perusahaan yang menjadi partner, yaitu rumah sakit dan perusahaan terkenal yang tidak disebutkan namanya. Bunga pinjamannya sendiri dimulai dari 1,2 persen per bulan.

Peluang investasi sebagai pemberi pinjaman

Lender bisa melalukan simulasi return yang didapat di akhir periode pinjaman di halaman ini | Screenshot

Lender bisa melalukan simulasi return yang didapat di akhir periode pinjaman di halaman ini

Informasi pinjaman yang diajukan oleh calon borrower dapat dilihat di situs Investree. Calon lender dapat memilih untuk memberikan pinjaman usaha atau karyawan, tergantung kemampuan likuiditas mereka. Dana yang perlu mereka alokasikan dimulai dari Rp5 juta untuk pinjaman usaha, atau Rp1 juta untuk pinjaman karyawan.

“Para pemberi pinjaman bisa menjadi active fund manager sendiri untuk menentukan di mana akan mengalokasikan dana,” kata Adrian.

Satu pinjaman dapat didanai beramai-ramai. Menurut statistik Investree selama enam bulan terakhir, dari Rp6,5 miliar pinjaman yang telah terdanai, satu pinjaman rata-rata didanai oleh sembilan lender. Setiap lender rata-rata mengalokasikan dana sebesar Rp20 juta.

“Tujuan banyak orang mendanai satu proyek adalah diversifikasi risiko,” jelas Adrian, mantan Direktur Retail Banking Bank Muamalat yang telah berkecimpung di dunia perbankan selama 20 tahun.

Tergantung dari tingkat risiko peminjam, pemberi pinjaman bisa mendapatkan return hingga dua puluh persen per tahun, dengan asumsi mendanai selama satu tahun pada pinjaman dengan tingkat risiko tertinggi (C3). Sekadar informasi, Investree yang baru beroperasi di Jadetabek dan akan melakukan ekspansi ke Semarang, Surabaya, dan Makassar hingga akhir tahun ini, hanya menengahi pinjaman jangka pendek dengan durasi maksimal 12 bulan.

Menjaring revenue dari borrower

Investree tidak mengambil keuntungan dari bunga yang didapatkan lender. Mereka hanya memotong dana yang didapatkan borrower, dengan besar antara dua hingga lima persen—tergantung tingkat risikonya.

“Kalau di bank, ini namanya biaya administrasi atau provisi. Sejauh ini menurut statistik (revenue yang diambil) rata-rata dua hingga tiga persen,” jelas Adrian.

Pihak Investree akan bertanggung jawab dengan proses assessment, monitoring, dan penagihan, sembari menerapkan semangat transaksi keuangan digital yang aman dan transparan. Salah satu contoh transparansi yang dilakukan Investree adalah informasi peminjam.

“Kalau (peminjam) pernah telat, akan disampaikan. Ada (pembayaran) telat, peminjam dapat notifikasi. Sejak jalan hampir enam bulan ini, belum ada yang default,” tambah Adrian.

Didukung investasi Seri-A Kejora

Dalam acara yang sama, Adrian juga mengungkapkan bahwa startup yang ia dirikan bersama Aida Sutanto, Amiruddin, dan Kok Chuan Lim ini telah mendapatkan pendanaan Seri-A dari Mountain Kejora Ventures dengan nilai yang tidak disebutkan. Sebelumnya, startup yang dirintis sejak dua tahun yang lalu ini beroperasi secara bootstrap, dengan alokasi dana antara US$300.000 hingga US$500.000 (sekitar Rp4,1 miliar hingga Rp6,8 miliar).

“Kami akan share lebih banyak detail (mengenai pendanaan ini) di sesi berikutnya,” jelas Adrian yang juga berperan di tim manajemen sebagai Chairman, bersama Dickie Widjaja (Chief Information Officer) dan Andi Andries (Chief Risk Officer).

Menurut Adrian, kerja sama dengan Kejora ini sejalan dengan rencana Investree untuk mengembangkan ekosistemnya. Bagi kamu yang belum tahu, Kejora telah berinvestasi di sejumlah startup seperti CekAja, Qerja, Etobee, Jualo, dan lainnya.

“Ada potensi kolaborasi yang sangat kuat, itu yang ingin kami capai ke depannya,”  katanya.

Kolaborasi dengan Jualo, misalnya, Investree dapat menggunakan engine miliknya untuk menganalisis seller yang terdaftar—misalnya berapa lama mereka berjualan di marketplace itu. Berdasarkan data tersebut, seller bisa mendapat pinjaman modal untuk mengembangkan usahanya.

“Ini bisa menjadi solusi keuangan bagi para registered seller atau buyer dalam ekosistem itu,” lanjut Adrian.

Adrian mengatakan, kehadiran Investree bukan sebagai disruptor layanan pinjaman milik perbankan, melainkan pelengkap yang akan memperkaya lanskap lembaga keuangan di Indonesia. Menurut data yang ia ungkapkan, dari sedemikian banyak bank yang ada di tanah air, penetrasinya baru 19 persen. Akibatnya masih banyak masyarakat di Indonesia, terutama di luar Jawa, yang belum bisa menikmati layanan pinjam uang.

I think the market is big enough. Tidak menutup kemungkinan, ke depannya (kami) bisa kerja sama dengan bank. Karena, bagi bank, untuk buka cabang tidak murah. Dan dari pengalaman saya sendiri, semakin sedikit orang yang datang ke cabang karena semua dilakukan lewat online,” ujar Adrian mengakhiri pembicaraan.

(Diedit oleh Iqbal Kurniawan)

The post Investree Mempertemukan Peminjam dengan Pemberi Pinjaman secara Online appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Rangkuman Berita Game Hari Ini – 31 Mei 2016

Posted: 31 May 2016 05:27 AM PDT

Supercell membuat video iklan Clash Royale yang kocak di Korea Selatan

Iqbal Kurniawan – Dalam rangka mempromosikan Clash Royale di Korea Selatan, Supercell membuat sebuah video iklan kocak yang menampilkan seorang pria berkeliaran di sebuah kampus. Melalui iklan yang bisa kamu tonton di atas, Supercell tampaknya berusaha untuk menggiatkan turnamen lokal Clash Royale di kampus-kampus Korea Selatan dengan menggelar suatu event khusus.

Review Clash RoyaleSpin-off Clash of Clans yang Sangat Gemilang


Nikmati suasana kota Marrakesh dari episode ketiga HITMAN lewat video bersudut pandang 360 derajat

Iqbal Kurniawan – Menyambut perilisan episode ketiga game HITMAN hari ini, Square Enix mengunggah sebuah video teaser yang menunjukkan atmosfer kota Marrakesh sebagai lokasi selanjutnya dalam game episodik tersebut. Video teaser di atas diunggah dengan format khusus yang memungkinkan kamu untuk melihat ke semua sudut bila menggunakan perangkat VR, hingga seolah-olah kamu sendiri yang sedang berada di sana.


Simak apiknya pembuatan Uncharted 4: A Thief’s End dengan dukungan teks bahasa Indonesia berikut ini

Risky Maulana – Nama Naughty Dog bagi saya sudah identik dengan berbagai judul game apik yang dikerjakan secara mendetail dan juga mutu kualitas yang selalu terkontrol naik di setiap serinya.

Seperti yang bisa kamu lihat di atas, standar produksi game Naughty Dog yang sangat bagus ini berlanjut di Uncharted 4: A Thief End. Dan kini lewat video bagian keempat dari serial behind the scene kamu bisa menyaksikan konsep di balik mekansime ayunan tali dalam Uncharted 4.


2K umumkan seri terbaru game gulat WWE berjudul WWE 2K17

Risky Maulana – Setelah dua tahun sebelumnya DLC khusus pemesanan game ini menghadirkan pegulat khusus seperti Sting dan Arnold Schwarzenegger, kali ini 2K mendatangkan sosok Goldberg yang dulu dikenal sebagai pegulat tak terkalahkan di ring WCW.

Pemesanan WWE 2K17 ini menyertakan dua varian Goldberg serta dua arena gulat yang diambil dari acara WCW Halloween Havoc dan WCW Monday Nitro. Belum ada tanggal pasti kapan WWE 2K17 akan dirilis, tapi yang jelas 2K telah menetapkan Oktober sebagai bulan kemunculannya di PS4, Xbox One, PS3, dan Xbox 360.

The post Rangkuman Berita Game Hari Ini – 31 Mei 2016 appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Review Gundam Breaker 3 – Lebih Baik dari Pendahulunya, Walau Tidak Sempurna

Posted: 31 May 2016 03:36 AM PDT

Gundam Breaker 3 adalah game yang dikembangkan oleh Bandai Namco dan merupakan game dari seri Gundam Breaker yang pertama kalinya dirilis di pasar Asia dengan terjemahan bahasa Inggris. Game yang mengambil latar belakang cerita dari anime Gundam Build Fighters ini memiliki berbagai fitur tambahan yang tidak ada pada seri sebelumnya.

Dirilis secara digital serta fisik untuk PS4 dan PS Vita pada tanggal 28 April 2016 lalu, Gundam Breaker 3 juga memiliki fitur online multiplayer yang tentunya memberikan kemudahan untuk bermain bersama. Berpusat pada tujuan untuk mengumpulkan bagian-bagian dari Gunpla (Gundam Plastic Model), kamu juga dapat menyesuaikan bentuk Gundam, warna, dan memasang sesuka hati bagian-bagian yang didapatkan dari game.

Cerita Gunpla bergaya visual novel

Cerita dimulai setahun setelah selesai dibuatnya elevator menuju satelit luar angkasa. Ketika bermain di sebuah toko arcade game, karakter kamu berjumpa dengan seorang anak perempuan bernama Misa.

Kamu diajak bergabung dengan tim Gunpla Misa yang bernama Ayato Shopping District. Hal ini dilakukan Misa untuk menaikkan pamor dari pertokoan di distrik tersebut. Dari sanalah kamu diajak untuk melakukan pertarungan Gundammulai dari turnamen lokal hingga tingkat dunia.

Gundam Breaker 3 | Screenshot

Cerita disebar secara merata pada misi-misi dalam game yang terdiri dari lima chapter. Cerita dari Gundam Breaker 3 lebih matang daripada cerita dari Gundam Breaker 2.

Selain lebih banyak karakter pendukung yang ikut dalam cerita, juga karena diperkenalkan karakter Robota sebagai AI dari SD Gundam yang ikut dalam pertarungan tim Gundam kamu. Meskipun penyajian cerita seperti visual novel, tetapi tidak ada pilihan untuk menentukan jalan cerita. Sehingga cerita yang disajikan dapat dibilang linear.

Cutscene cerita dapat dilewati dengan menahan tombol X pada PS Vita dan PS4. Cerita juga disisipkan melalui pembicaraan antar karakter pada setiap misi yang dijalankan pada waktu pertarungan, sehingga terasa lebih realistis.

Jika dibandingkan dengan judul sebelumnya maka Gundam Breaker 3 telah mengalami banyak sekali kemajuan dalam bentuk cerita. Mengingat Gundam Breaker sebelumnya sama sekali tidak memiliki cerita, maka hal ini merupakan awal yang baik untuk memperkenalkan Gundam Breaker kepada masyarakat internasional.

Pertarungan antar Gundam serta kreasi Gundam secara leluasa

Gundam Breaker 3 | Screenshot 4

Gameplay dari Gundam Breaker 3 kurang lebih hampir sama dengan seri pendahulunya. Game ini masih mempertahankan tipe bermain hack and slash. Meskipun begitu, tidak terdapat kombinasi tombol (combo) pada serangannya.

Setiap senjata memiliki combo serupa jika tombol yang sama ditekan berulang kali, sehingga keluwesan dan kecepatan pertarungan pada Gundam Breaker 3 sangatlah menonjol.

Selain itu, fitur kreasi Gundam yang sangat luas adalah salah satu nilai jual utama dari Gundam Breaker 3. Kamu dapat mewarnai, mengatur posisi, bahkan memberi banyak efek kepada setiap komponen Gundam yang didapat di game. Bahkan kamu dapat berkreasi dan mengombinasikan banyak part atau komponen menjadi bentuk Gundam yang belum pernah ada sebelumnya.

Kurangnya fitur Help dan Tutorial dalam Gundam Breaker 3 menurut saya agak mengganggu kenyamanan dalam memainkan game ini. Sebut saja kata-kata seperti Phase Shift Armor yang membuat kamu bingung dan tidak tahu fungsinya jika tidak pernah melihat anime Gundam.

Selain itu, fitur Tutorial yang hanya berupa tulisan juga terkesan sangat terburu-buru dan kurang sukses menjelaskan pesan secara detail. Akibatnya saya sempat kesulitan untuk melakukan proses merge part yang mana adalah salah satu fitur utama game ini sehingga perlu saya mencari sendiri cara melakukannya.

Gundam Breaker 3 | Screenshot 9

Terdapat empat pilihan untuk melakukan merge part, yaitu Pair Merge, Package Merge, Plastic Merge, dan Derive Merge. Pair Merge berfungsi untuk mengambil turunan kemampuan (Ability Inheritance) dari part lainnya, serta untuk menaikkan tingkatan part tersebut. Lalu Package Merge digunakan untuk menggabungkan lebih dari satu part. Package Merge ini akan menghilangkan Ability Inheritance dari tiap part.

Sedangkan Plastic Merge adalah menggabungkan part dengan part yang memiliki kata “plastic” dan didapat dari musuh. Plastic Merge dapat memberikan experience dan menaikkan level dari part tersebut dengan cepat. Yang terakhir adalah Derive Merge yang berguna untuk membuat model baru dari part tersebut.

Dengan banyaknya kemungkinan yang diberikan untuk berkreasi dengan Gundam serta saat dan mencari part atau kemampuan yang diinginkan dari tiap part maka kamu dapat menghabiskan waktu lama untuk melakukannya.

Gundam Breaker 3 | Screenshot14

Gundam Breaker 3 memiliki fitur microtransaction yang dapat memudahkan pemain untuk mendapatkan part yang lebih langka dengan menggunakan item yang bernama Luck Booster. Pemakaian Luck Booster dapat menambah efek dari “dewa” RNG (Random Number Generator), sehingga pemain lebih sering mendapatkan part langka dari hasil pertarungan.

Grafis yang menawan disertai efek suara khas Gundam

Grafis dari Gundam Breaker 3 sangatlah istimewa. Kamu akan sangat dimanjakan dengan berbagai keindahan dari lingkungan serta bentuk dari Gundam yang ada, dan tidak lupa efek dari masing-masing senjata. Selain itu hasil kreasi dari berbagai macam efek, decal, atau stiker pada Gundam sangatlah realistis dan memberikan kepuasan, termasuk bagi para kolektor model plastik Gundam.

Efek pencahayaan Gundam juga lebih mengarah kepada model plastiknya. Ini terlihat dari efek cahaya yang menonjolkan bahwa bahan utama dari Gundam di Gundam Breaker 3 adalah plastik. Efek pecah dan terlemparnya masing-masing part pada Gundam yang telah diserang terasa begitu realistis. Dapat dibilang efek 3D dari Gundam Breaker 3 sangatlah bagus.

Gundam Breaker 3 | Screenshot Store 1

Pemain dapat mengambil foto-foto hasil kreasi Gundam mereka dengan latar belakang yang berbeda pada mode Photo. Meskipun begitu, Gundam Breaker 3 tetap memberikan grafis dan efek yang lebih indah pada versi PS4 daripada PS Vita. Perbedaan terlihat sangat mencolok pada bagian hanggar di video iklan game ini. Grafis pada PS Vita terlihat agak pecah jika dibandingkan dengan versi PS4 yang sangatlah tajam.

Musik dari Gundam Breaker 3 berjudul Mirrors dan dibawakan oleh grup musik rok Jepang BACK-ON. Musik latar belakang dari game ini memiliki musik khas Gundam yang memberikan kesan energetik, sehingga pemain menjadi semakin bersemangat untuk bertarung.

Beberapa pengisi suara karakter dalam Gundam Breaker 3 cukup terkenal di dunia sulih suara. Contohnya seperti Misa yang suaranya diisi oleh Yuka Iguchi (A Certain Magical Index, Kantai Collection), Kadomatsu oleh Tomokazu Sugita (Gintama, The Melancholy of Haruhi Suzumiya), dan Will oleh Tatsuhisa Suzuki (Kuroko’s Basketball, Ace of Diamond).

Fitur yang berevolusi

Beberapa fitur baru telah ditambahkan pada Gundam Breaker 3 dari seri pendahulunya. Fitur-fitur baru tersebut adalah:

  • Lebih dari dua puluh Gunpla baru yang ditambahkan dan dapat digunakan.
  • Fitur SD Gundam yang dapat diatur modulnya untuk membantu pertarungan.
  • Fitur kreasi (customization) Gundam berevolusi daripada pendahulunya.
  • Adanya fitur Bounty Hunter dan Challenger pada Arena.

Gundam Breaker 3 | Screenshot 11

Fitur SD Gundam pertama kali diperkenalkan pada Gundam Breaker 3 sebagai salah satu anggota petarung ketiga dalam tim. Pada layar Hangar: Setup akan terdapat tiga menu pilihan khusus untuk SD Gundam. Tiga menu tersebut adalah menu SD Selection, SD Module, dan SD Paint.

Menu SD Selection untuk memilih SD Gundam yang mana yang akan dipakai. Lalu menu SD Module untuk memilih tiga modul yang akan dipasang pada SD Gundam, tujuannya untuk membantu pemain dalam pertarungan. Sedangkan SD Paint, seperti namanya, untuk mengubah warna dari SD Gundam.

Fitur kreasi Gundam jauh lebih baik dari seri pendahulunya, kamu dapat memberikan efek noda, efek kerusakan, dan lain-lain. Kamu juga dapat memasang berbagai macam senjata tambahan dengan fungsi tambahan yang posisinya dapat ditentukan sesuka hati.

Gundam Breaker 3 | Screenshot 12

Fitur baru lainnya yaitu Arena, berisi tiga buah menu. Pertama adalah Bounty Hunter, yaitu mode yang memungkinkan kamu bertarung dengan data Gundam pemain lain secara semu yang dijalankan oleh AI.

Lalu ada menu Challenger yang memberikan tantangan bagi kamu, mulai dari menghindari beam, mengalahkan musuh yang telah ditentukan, dan lainnya. Jika kamu menang dalam salah satu menu tersebut, maka kamu akan mendapatkan GP atau Gunpla Points yang dapat digunakan untuk biaya kreasi Gundam atau membeli part di toko.

Pada menu Leaderboards, kamu dapat melihat peringkat kamu secara global atau dengan teman. Peringkat dapat dilihat secara mingguan maupun total. Peringkat ini ditentukan berdasarkan jumlah GP yang didapat dari Bounty Hunter dan Challenger.

HG vs MG

Gundam Breaker 3 | Screenshot 15

Jika kalian masih baru dalam dunia model plastik Gundam, maka mungkin kalian masih belum mengetahui perbedaan antara HG dengan MG. Dalam Gundam Breaker 3, kategori dari part dibagi menjadi dua, yaitu HG dan MG.

HG adalah High Grade atau Gundam dengan ukuran 1/144, sedangkan MG adalah Master Grade atau Gundam dengan ukuran 1/100. Selain dua kategori tersebut, terdapat model PG atau Perfect Grade (Gundam dengan ukuran 1/60) yang hanya dapat dilawan pada Gundam Breaker 3 sebagai musuh, dan tentunya ukuran musuh tersebut sangatlah besar.

Di Gundam Breaker 3, pemain dapat mengumpulkan part HG dan MG. Part MG hanya dapat dikumpulkan setelah kamu menamatkan game dan memainkan lagi dari awal dengan tingkat kesulitan Extreme. Tentunya musuh yang diberikan sangatlah susah untuk dihancurkan. Namun hadiah yang didapat sepadan dengan perjuangan. Terdapat lima tingkat part pada Gundam, yaitu putih (common), hijau (uncommon), biru (rare), ungu (exclusive), dan kuning (legendary).

Tingkat kesulitan Extreme mungkin dapat disamakan dengan tingkat kesulitan G-Rank pada game Monster Hunter. Setelah berhasil menamatkan game dengan tingkat kesulitan Extreme, akan muncul tingkat kesulitan baru di atas Extreme yaitu Newtype. Tingkat kesulitan Newtype sangatlah menantang dan cocok untuk dimainkan dengan mode multiplayer bersama-sama dengan teman.

Perbedaan versi PS4 dengan PS Vita

Perbedaan versi PlayStation 4 dengan PlayStation Vita terletak pada frame rate, fitur multiplayer, dan juga ketajaman visual game. Pada fitur multiplayer, versi PS Vita memiliki dua macam mode, yaitu mode adhoc dan juga mode online.

Mode adhoc dapat menghubungkan beberapa mesin PS Vita tanpa menggunakan internet, sehingga kamu dapat bermain bersama-sama di suatu tempat tertentu. Sedangkan mode online menggunakan media internet untuk menghubungkan satu pemain dengan pemain lainnya.

Jika pada PS Vita terdapat dua mode untuk melakukan multiplayer, maka di PS4 hanya terdapat mode online saja. Oleh karena itu, bisa dibilang PS Vita memiliki kelebihan pilihan multiplayer dan juga portabilitas yang sangat tinggi untuk memainkan Gundam Breaker 3.

Gundam Breaker | Screenshot 8

Perbedaan kedua terletak pada frame rate dari PS4 dan PS Vita. Frame rate dari PS4 sangatlah mulus dan stabil di angka 30 fps, sedangkan untuk PS Vita bisa dibilang sangat tidak stabil (tersendat-sendat di bawah 30 fps), terutama jika banyak musuh atau efek yang ditampilkan baik di single player maupun multiplayer.

Perbedaan mencolok ketiga adalah pada ketajaman grafis 3D serta efek dari PS4 yang jauh lebih superior daripada PS Vita. Hal ini patut dimaklumi, lantaran mesin PS Vita memiliki GPU yang dibilang jauh lebih inferior daripada PS4.

Bermain bersama melawan Gundam raksasa

Gundam Breaker 3 memiliki fitur multiplayer untuk dua sampai empat orang yang cukup lengkap dengan beberapa kekurangan. Selain dihilangkannya mode adhoc pada PS4, ada beberapa hal yang dibatasi pada fitur multiplayer di PS4 dan PS Vita.

Kekurangan Gundam Breaker 3 adalah tidak tersedianya fitur cross-play meskipun memiliki fitur cross-save. Yang dimaksud dengan cross-save adalah kamu bisa mengunggah data save dari PS4 dan mengunduhnya di PS Vita untuk melanjutkan permainan—serta sebaliknya. Hal ini menjamin portabilitas game jika kamu membeli Gundam Breaker 3 untuk PS4 dan PS Vita.

Meskipun begitu, Gundam Breaker 3 tidak membolehkan kamu melakukan cross-play, yaitu bermain multiplayer pada kedua mesin PS4 dan PS Vita. Bandai Namco membatasi mode multiplayer online serta adhoc hanya sebatas pada mesin yang sama.

Gundam Breaker 3 | Screenshot 7

Dalam fitur multiplayer online, kamu dapat membuat sebuah tempat (hanggar) untuk berkumpul sebelum menjalankan misi. Dari hanggar tersebut, kamu dapat mengundang pemain lain melalui ID PlayStation Network atau bergabung secara langsung ke hanggar pemain lain dengan melakukan pencarian. Fitur ini berjalan dengan sangat baik karena tidak ada kendala atau gangguan koneksi selama saya bermain.

Kamu dapat mengaktifkan fitur voice chat yang memberikan kemudahan dalam berkoordinasi ketika bermain multiplayer. Meskipun begitu, voice chat yang disediakan oleh Gundam Breaker 3 tidak mengeluarkan suara yang jelas. Akibatnya saya harus berkompromi untuk mengecilkan volume musik dan efek suara sampai sepuluh persen agar suara dari pemain lain dapat terdengar dengan jelas.

Sedangkan untuk proses multiplayer adhoc di PS Vita, ada beberapa hal yang membuat saya merasa tidak puas. Teman bermain saya mengalami beberapa kali putus ketika mereka berjarak enam atau tujuh meter dari saya.

Multiplayer adhoc berjalan lancar selama pemain berada pada jarak kurang dari radius lima meter satu sama lain. Tentunya jarak tersebut dihitung dari posisi pembuat hanggar adhoc. Secara garis besar, saya merasa puas dengan fitur multiplayer dari Gundam Breaker 3.

Kesimpulan

Gundam Breaker 3 | Screenshot Store 2

Kesimpulan yang saya dapat setelah memainkan Gundam Breaker 3 adalah bahwa game ini dapat dikembangkan dengan lebih matang lagi. Masih banyak fitur yang belum ada atau dapat diperbaiki menjadi lebih baik.

Seperti misalnya tidak ada fitur Help dan Tutorial yang menurut saya sangatlah penting bagi game sebesar Gundam Breaker 3 ini. Selain itu, tidak adanya fitur PVP multiplayer antar pemain secara online juga agak mengecewakan. Karena untuk apa membuat Gundam terkuat jika pada akhirnya kamu tidak bisa mengadunya satu sama lain.

Meskipun begitu, banyak fitur pada Gundam Breaker 3 yang membuat saya berdecak kagum. Kamu dapat melanjutkan data save lama dari Gundam Breaker 2 ke Gundam Breaker 3 untuk melanjutkan kreasi Gundam. Multiplayer online yang lancar dan juga fitur Kreasi Gundam yang membuat saya betah bermain selama berjam-jam adalah salah satu fitur favorit saya.

Menurut saya, Gundam Breaker 3 adalah game yang wajib dimainkan untuk para pecinta game seperti Monster Hunter karena memiliki kualitas dan replayability yang tinggi. Bagaimana dengan kalian? Siapkah kalian membuat Gundam terkuat pada Gundam Breaker 3?

PlayStation Store (Asia) PS4: Gundam Breaker 3, Rp760.000

PlayStation Store (Asia) PS Vita: Gundam Breaker 3, Rp692.000

(Diedit oleh Fadly Yanuar Iriansyah dan Mohammad Fahmi)

The post Review Gundam Breaker 3 – Lebih Baik dari Pendahulunya, Walau Tidak Sempurna appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Google Hadirkan Program Iklan Gratis untuk Organisasi Nirlaba di Indonesia

Posted: 31 May 2016 03:30 AM PDT

Sebuah organisasi sosial yang tidak mencari keuntungan dalam aktivitasnya (nirlaba), seringkali kesulitan untuk mengenalkan diri ke masyarakat. Kurangnya dana yang tersedia membuat mereka tidak bisa terlalu sering mempromosikan kegiatan mereka.

Untuk mengatasi masalah tersebut, pada tanggal 31 Mei 2016 Google memperkenalkan kehadiran program Google Ad Grants secara resmi di Indonesia. Dengan program ini, semua organisasi nirlaba di tanah air bisa memasang iklan secara gratis di mesin pencari Google.

Setiap organisasi yang bergabung dengan program Ad Grants akan bisa menggunakan layanan iklan AdWords senilai US$10 ribu (sekitar Rp136 juta) setiap bulannya. Layanan tersebut akan terus diberikan oleh Google, selama organisasi nirlaba tersebut masih beroperasi dan tidak melanggar ketentuan Ad Grants.

Beberapa aturan dari sistem Ad Grants adalah membuat tautan berisi iklan ke situs lain dan keharusan memasang kata kunci (keyword) yang sesuai dengan aktivitas organisasi tersebut.

Peresmian Google Ad Grants | Foto

Kiri ke kanan: Janelle Kuhlman (Ad Grants Program Manager), Fahri Amirullah (Digital Marketing Manager Kitabisa.com), Emanuel Cahyono (Lead Software Engineer Indorelawan.org), Westly Tanbri (IT Development Manager Yayasan Cinta Anak Bangsa), dan Erin Hattersley (Google for Nonprofits Program Manager)

Saat ini, program yang diluncurkan pada tahun 2003 tersebut telah mendukung sekitar 20.000 organisasi nirlaba yang tersebar di lebih dari 50 negara. Sayangnya, program Ad Grants ini tidak bisa menerima organisasi sosial yang merupakan lembaga pemerintah, rumah sakit, sekolah, universitas, dan pusat penitipan anak.

"Organisasi nirlaba di Indonesia bisa memanfaatkan program Ad Grants ini untuk mengenalkan diri mereka ke masyarakat, merekrut anggota baru, serta meningkatkan donasi untuk organisasi mereka," ujar Janelle Kuhlman, Program Manager untuk Ad Grants, dalam sesi pertemuan dengan media.

Google Ad Grants | Screenshot

Untuk memanfaatkan program Ad Grants ini secara maksimal, sebuah organisasi nirlaba harus “mengincar" kata kunci yang tepat. "Oleh karena itu, sebaiknya sebuah organisasi nirlaba meminta bantuan kepada pihak yang ahli dalam hal pemasaran digital," ujar Emanuel Cahyono, Lead Software Engineer di sebuah organisasi nirlaba Indorelawan.org.

Hal ini pun diamini oleh Fahri Amirullah, Digital Marketing Manager dari situs crowdfunding KitaBisa. Bagi organisasi nirlaba yang tidak bisa menggunakan AdWords, Fahri menyarankan untuk memakai versi lebih sederhana dari layanan tersebut, yaitu AdWords Express.

Kampanye Rio Haryanto di KitaBisa | Screenshot

Kampanye untuk mendukung Rio Haryanto, salah satu kampanye yang dipromosikan oleh KitaBisa melalui layanan Ad Grants

"Untuk memaksimalkan potensi dari Ad Grants ini, kami cenderung menggunakannya untuk kampanye crowdfunding yang bersifat nasional, seperti penggalangan dana untuk pembalap Formula 1 Rio Haryanto, dan sumbangan untuk korban perang di Syria," tutur Fahri.


Kehadiran program Ad Grants ini jelas merupakan kabar gembira bagi organisasi nirlaba di Indonesia. Sebelumnya, beberapa organisasi nirlaba di Indonesia seperti KitaBisa, Indorelawan, dan YCAB Foundation, telah mendapat kesempatan untuk bergabung dengan program Ad Grants.

Ketiganya menyatakan kalau mereka mendapat penambahan jumlah kunjungan yang cukup signifikan setelah menggunakan program iklan gratis tersebut.

Bagaimana perjalanan situs crowdfunding KitaBisa ternyata pernah memberangkatkan seorang pedagang asongan umrah?

Bagi kamu yang ingin bergabung dengan program Ad Grants, kamu harus terlebih dahulu mempunyai organisasi nirlaba yang berbadan hukum, serta memiliki situs dengan konten yang mendukung misi organisasi tersebut. Apabila kamu telah memenuhi semua persyaratan tersebut, daftarkan organisasi kamu di tautan berikut.

(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto; Sumber gambar: UNICEF)

The post Google Hadirkan Program Iklan Gratis untuk Organisasi Nirlaba di Indonesia appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Resette’s Prescription – Petualangan Ajaib di Negeri Lukisan

Posted: 31 May 2016 02:58 AM PDT

Sekai Project baru saja merilis game terbaru mereka yang berjudul Resette's Prescription ~Book of memory, Swaying scale~ di Steam. Game tersebut memiliki genre adventure point-and-click dengan tampilan grafis 2D yang “imut-imut.” Kamu berperan sebagai Resette, seorang gadis yang memiliki kemampuan khusus untuk memasuki isi hati manusia.

Sebagaimana game point-and-click lainnya, Resette's Prescription memiliki gameplay dengan fokus yang berat pada unsur puzzle. Kamu bisa mengumpulkan berbagai item serta memanfaatkan beragam gadget untuk menyelesaikan teka-teki. Ditemani Gaede si kucing hitam, Resette harus masuk ke dalam hati seorang anak laki-laki bersama Achille, kemudian mencari tahu penyebab "penyakit tidur" misterius yang diidapnya.

Resette's Prescription | Screenshot 1

Resette's Prescription | Screenshot 2

Daya tarik utama Resette's Prescription terletak pada sisi artistik yang ditawarkan, baik dari sisi visual maupun audio. Seluruh dunia dalam game ini digambarkan dengan gaya lukisan cat air, sehingga menimbulkan kesan menyerupai buku cerita. Video pembukanya pun dianimasikan dengan baik, dan dilengkapi dengan lagu-lagu bernuansa etnik untuk menemani petualanganmu.

Resette's Prescription sudah bisa kamu beli melalui Steam seharga Rp109.999, dengan diskon 10 persen sampai tanggal 7 Juni 2016 mendatang. Kamu juga bisa membeli Deluxe Edition seharga Rp169.999 yang berisi bonus soundtrack lengkap serta artbook digital.

Bila kamu butuh petualangan fantasi dengan nuansa audio visual yang menyejukkan, Resette's Prescription bisa jadi salah satu game yang patut dicoba.

Situs Web: Sekai Project

(Diedit oleh Fadly Yanuar Iriansyah)

The post Resette’s Prescription – Petualangan Ajaib di Negeri Lukisan appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Memperkenalkan Aplikasi Android Tech in Asia ID!

Posted: 31 May 2016 02:46 AM PDT

Kebutuhan akan informasi yang selalu up-to-date dengan pergerakan yang semakin cepat mendorong banyak orang menggunakan perangkat mobile sebagai salah satu basis utama mengonsumsi informasi. Hal ini termasuk dari para pembaca Tech in Asia Indonesia seperti yang bisa kami lihat dari data statistik kami.

Karena kebutuhan tersebut dan sudah banyak suara juga dari para pembaca yang kami dengarkan, dengan senang hati hari ini kami umumkan bahwa kamu semua sudah bisa mengunduh aplikasi Android khusus untuk membaca konten dari Tech in Asia Indonesia. Dalam aplikasi ini kamu bisa mendapatkan:

  • Pengalaman membaca lebih cepat. Tentu saja dengan menggunakan native app, kamu bisa mengakses konten Tech in Asia Indonesia dengan lebih cepat dan bebas gangguan.
  • Berkomentar dengan lebih mudah. Menggunakan aplikasi ini memungkinkan kamu untuk berkomentar dengan panjang lebar lebih mudah tanpa harus takut kehilangan komentar yang sudah kamu ketik sebelumnya seandainya terjadi masalah dengan koneksimu.
  • Sistem berbagi dan unduhan secara langsung. Berbagi informasi ke media lain juga dimungkinkan dengan menggunakan aplikasi ini. Contohnya seperti menyebarkan konten ke berbagai aplikasi chatting atau media sosial secara langsung. Selain itu berbagai aplikasi atau game yang kami rekomendasikan bisa secara langsung kamu unduh karena langsung terhubung dengan Google Play Store.

Pada kesempatan ini saya ingin berterima kasih kepada para tim engineer baik di Indonesia maupun Singapura. Tanpa mereka, aplikasi ini tidak akan terwujud. Tentu saja, kami akan terus berevolusi menjadi lebih baik lagi dan rilis hari ini hanyalah awal yang baik dari sesuatu yang lebih besar yang akan akan datang.

Jika kamu menemui masalah ketika menggunakan silakan langsung tinggalkan pesan melalui kolom komentar di bawah ini atau melalui email ke produk@techinasia.com.

Tunggu apa lagi? Langsung saja unduh aplikasi Android Tech in Asia ID di bawah ini, bagikan ke teman-teman kamu, dan berikan rating untuk kami!

App Info
Tech in Asia ID
Tech in Asia -  May 30, 2016
Genre:  News & Magazines
Size:   3.9M
Installs:   1 - 5
Gratis
Download

(Diedit oleh Mohammad Fahmi)

The post Memperkenalkan Aplikasi Android Tech in Asia ID! appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Perpaduan RTS dan RPG dalam Spellforce 3 Akan Hadir di PC Tahun Ini

Posted: 31 May 2016 02:30 AM PDT

Nordic Games yang dikenal sebagai penerbit seri Darksiders setelah membelinya dari THQ tahun 2014 silam, mengumumkan detail terbaru tentang Spellforce 3 melalui Steam. Francis klasik dengan genre gabungan antara RTS dan RPG ini akan segera dirilis tahun ini setelah tertidur cukup lama semenjak ekspansi iterasi keduanya, Spellforce 2: Demons of the Past, dirilis 2014 lalu.

Bagi kamu yang belum pernah memainkan seri Spellforce tidak usah khawatir. Nordic Games menjanjikan alur cerita yang tidak akan mewajibkan kamu untuk memainkan seri sebelumnya terlebih dahulu. Sebaliknya, kalau kamu mengikuti seri ini sejak lama, maka banyak hal menarik yang berkaitan dengan Spellforce dan Spellforce 2 dapat kamu jumpai di dalamnya.

Seperti kebanyakan RTS lainnya, kamu akan bekerja membangun markas, mengendalikan pasukan, hingga mengelola sumber daya. Hero yang kamu buat di dalam game dapat dikembangkan sesuai preferensi, sehingga menjadi karakter yang akan membedakanmu dengan pemain Spellforce 3 lainnya.

Spellforce 3 | Screenshot 1

Spellforce 3 | Screenshot 2

Selain itu kamu juga diberi kesempatan untuk memilih salah satu dari tiga ras Spellforce 3, yakni Human, Orc, atau Elves. Ketiganya hadir dengan unit spesial masing-masing yang membedakan kekuatan antara satu sama lain.

Lama permainan mode Campaign single player dalam Spellforce 3 diklaim mencapai lebih dari tiga puluh jam. Fitur multiplayer akan semakin menambah waktu permainan tersebut dengan mode co-op dan versus di dalamnya.

Dengan durasi gameplay yang cukup panjang serta beragam fitur yang akan hadir di dalam game, tampaknya Spellforce 3 dapat menjadi salah satu game pilihan untuk kamu yang gemar dengan genre strategi top-down. Apakah kamu tertarik membeli game ini?

Steam Link: Spellforce 3

(Diedit oleh Iqbal Kurniawan)

The post Perpaduan RTS dan RPG dalam Spellforce 3 Akan Hadir di PC Tahun Ini appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Kreator Zen Pinball Hadirkan Game Strategi Berlatar Film Sekuel Independence Day

Posted: 30 May 2016 11:31 PM PDT

Zen Studios terkenal sering bekerja sama dengan beragam pihak untuk menghadirkan tema film terkenal dalam game Zen Pinball buatan mereka. Berbagai judul film sudah pernah dihadirkan dalam bentuk meja pinball, mulai dari Avengers: Age of Ultron hingga Star Wars: The Force Awakens.

Belum lama ini, mereka mengumumkan akan menghadirkan film Independence Day: Resurgence ke dalam sebuah game, namun bukan dalam bentuk sebuah meja pinball. Game berjudul Independence Day: Resurgence – Battle Heroes yang tengah menjalani tes beta terbuka di Google Play Store tersebut merupakan sebuah game strategi dengan latar film sekuel Independence Day.

Independence Day Resurgence Battle Heroes | Screenshot 1

Sama seperti cerita dalam filmnya yang akan ditayangkan Juni mendatang, kamu diajak mengikuti kisah heroik perjuangan umat manusia membendung invasi para alien yang hendak menguasai bumi. Sebagai komandan perang dalam pertempuran antariksa, kamu dapat memerintah beragam tipe pesawat dalam pertempuran melawan alien yang berlangsung dengan sistem turn-based.

Skema gameplay yang diusung dalam Independence Day: Resurgence – Battle Heroes mirip dengan beragam game strategi lainnya di platform mobile, seperti Marvel: Avengers Alliance 2 maupun Star Wars: Galaxy of Heroes. Bedanya, alih-alih mengoleksi sejumlah hero untuk diadu dalam suatu pertarungan, kamu akan mengumpulkan beragam tipe pesawat tempur luar angkasa.

Independence Day Resurgence Battle Heroes | Screenshot 2

Beragam pesawat yang ada dalam koleksi bisa ditingkatkan kekuatannya dengan melakukan upgrade. Setiap unit memiliki karakteristik unik dengan tipe serangan yang berbeda-beda, sehingga kamu perlu menentukan strategi untuk memaksimalkan efektivitas formasi dalam setiap pertempuran.

Selain tengah menjalani tes beta terbuka di Android, Zen Studios juga telah merilis Independence Day: Resurgence – Battle Heroes di Apple App Store Kanada melalui soft launch. Game tersebut rencananya akan dirilis secara serentak di iOS dan Android pada tanggal 9 Juni nanti.

Google Play Store Link (Open Beta): Independence Day: Resurgence – Battle Heroes

Apple App Store Link (Kanada): Independence Day: Resurgence – Battle Heroes, Gratis

Sumber: Zen Studios

(Diedit oleh Mohammad Fahmi)

The post Kreator Zen Pinball Hadirkan Game Strategi Berlatar Film Sekuel Independence Day appeared first on Tech in Asia Indonesia.

13 E-commerce yang Menyajikan Produk dan Promo untuk Keperluan Ramadan

Posted: 30 May 2016 10:00 PM PDT

Di awal bulan Juni 2016, pemeluk agama Islam di seluruh dunia akan menyambut kedatangan bulan Ramadan, termasuk di Indonesia. Momen menjelang bulan suci tersebut biasanya dimanfaatkan masyarakat untuk membeli berbagai kebutuhan yang diperlukan selama menjalani ibadah puasa.

Simak ulasan tentang perilaku masyarakat Indonesia di bulan Ramadan menurut Google di sini

Berikut ini adalah beberapa e-commerce tanah air yang bisa kamu gunakan untuk membeli barang persiapan Ramadan, serta berbagai promo dan diskon yang mereka sediakan.

Muslimarket

Tampilan Situs Muslimarket | Screenshot

Sebagai e-commerce yang menargetkan konsumen muslim, Muslimarket pun menyajikan berbagai kebutuhan yang diperlukan selama Ramadan. Kamu bisa membeli baju koko, jilbab, sarung, mukena, hingga perabot rumah tangga yang bernuansa Islam di situs mereka.


HijUp

Tampilan Koleksi Hari Raya Hijup | Screenshot

HijUp merupakan salah satu e-commerce pakaian muslimat yang berhasil menjadi peserta kelas kedua dari program akselerator Google Launchpad. Dengan situs ini, kamu bisa membeli berbagai jilbab, hingga pakaian dan aksesoris khusus muslimat.


Hijabenka

Tampilan Pre Ramadan Hijabenka | Screenshot

Berbeda dengan HijUp, stus e-commerce Hijabenka tak hanya menjual produk untuk konsumen wanita, tetapi juga menyediakan baju koko untuk para konsumen pria. Dalam menyambut bulan suci Ramadan, Hijabenka membuat promo produk murah dengan harga mulai dari Rp19 ribu.


Saqina

Tampilan Situs Saqina | Screenshot

Selain menjual pakaian muslim untuk pria, wanita, dan anak-anak, Saqina juga menyediakan produk-produk lain yang bernuansa Islam. Di e-commerce tersebut, kamu bisa membeli Alquran, mukena, sajadah, tasbih, hingga buku-buku bacaan agama Islam.


FashionValet

Tampilan Raya 2016 FashionValet | Screenshot

Di situs FashionValet, kamu bisa membeli pakaian dan jilbab muslimat karya desainer ternama Asia. Untuk menyambut bulan Ramadan, e-commerce asal Malaysia yang baru meresmikan situsnya di tanah air ini memperkenalkan koleksi khusus hari raya bertajuk Raya 2016.


Traveloka

Traveloka Dannis Mohammad

Di bulan Ramadan, Traveloka mengajak para konsumen mereka yang akan mudik ke kampung halaman untuk membeli tiket pesawat dan memesan kamar hotel dengan layanannya. Demi menarik banyak konsumen, mereka pun memasang iklan secara gencar di stasiun televisi nasional.


Tiket

Tampilan Early Bird Lebaran Tiket | Screenshot

Berbeda dengan Traveloka, Tiket tidak terlalu gencar dalam menampilkan promo di televisi nasional. Namun aplikasi pemesanan tiket pesawat ini tetap memberikan diskon sebesar 10 persen untuk penerbangan-penerbangan tertentu menjelang hari raya Idul Fitri.


MatahariMall

Tampilan Best Collection for Ramadhan Mataharimall | Screenshot

MatahariMall bisa menjadi alternatif tempat berbelanja bagi kamu yang ingin membeli pakaian islami, seperti baju koko dan hijab. Dalam menyambut bulan Ramadan, e-commerce yang didirikan oleh Lippo Group ini juga menyediakan koleksi baju anak-anak dalam promo Best Collection for Ramadhan.


Bukalapak

Tampilan Promo Bedug Berkah BL 2016 | Screenshot

Mulai dari tanggal 23 Mei hingga 10 Juli 2016, marketplace Bukalapak menyajikan promo Bedug Berkah BL 2016. Untuk melihat berbagai promo menarik yang mereka sediakan, kamu cukup mengguncangkan smartphone kamu ketika sedang membuka aplikasi Bukalapak.


Blanja

Tampilan Fashion Muslim Terkini Blanja | Screenshot

Menjelang bulan Ramadan, e-commerce patungan Telkom dan eBay ini memperkenalkan promo Fashion Muslim Terkini. Dengan situs Blanja, kamu bisa membeli baju koko, jilbab, sarung, hingga mukena dengan harga mulai dari Rp50 ribu.


Blibli

Tampilan Ramadhan Preparation Blibli | Screenshot

Situs e-commerce Blibli pun tak ketinggalan memasarkan berbagai produk bernuansa Islam menjelang Ramadan. Mereka menonjolkan lima kategori produk, yaitu fashion pria, fashion wanita, madu, perlengkapan makan, hingga rice cooker dengan harga khusus.


AlfaCart

Tampilan Groceries Sale AlfaCart | Screenshot

Situs yang akan menggantikan keberadaan AlfaOnline ini langsung membuat promo Groceries Sale menjelang Ramadan. Melalui AlfaCart, kamu bisa membeli kebutuhan makanan untuk sahur dan berbuka, seperti sirop, santan, dan mie instan.


Kedai Ku Ka

Tampilan Situs Kedai KuKa | Screenshot

Tampilan situs Kedai KuKa

Kedai Ku Ka adalah marketplace untuk produk makanan, sambal, dan jajanan tradisional asli Indonesia. Kamu bisa membeli berbagai pilihan bumbu dan bahan makanan untuk hidangan berbuka, serta kue kering untuk sajian lebaran.

(Diedit oleh Fadly Yanuar Iriansyah dan Pradipta Nugrahanto)

The post 13 E-commerce yang Menyajikan Produk dan Promo untuk Keperluan Ramadan appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Review Windows 10 Mobile – Kesan Seminggu Bersama OS Terakhir Lumia

Posted: 30 May 2016 09:00 PM PDT

Windows 10 Mobile telah tersedia di Indonesia sejak pertengahan Maret 2016 sebagai pembaruan untuk smartphone Lumia di tanah air. Berbeda dengan versi sebelumnya, Windows 10 Mobile dibangun dari platform inti yang sama, baik itu untuk PC, tablet, maupun smartphone.

Terlepas dari perangkat mana pun yang kamu gunakan, sistem operasi ini memiliki codebase yang sama. Beberapa manfaat yang kamu rasakan adalah satu toko aplikasi untuk semua platform Windows 10, serta notifikasi dan file yang tersinkron ke semua perangkatmu—hal yang seharusnya dilakukan Microsoft sejak dahulu.

Pembaruan Windows 10 Mobile hadir dalam beberapa gelombang, dan gelombang pertamanya mencakup Lumia 430, 435, 532. 535, 540, 640, 640 XL, 730, 930, dan 1520. Saya mendapat kesempatan mencoba Windows 10 Mobile pada Lumia 640 XL, yang termasuk ke dalam jajaran smartphone kelas menengah.

Sayangnya, fitur unggulan sitem operasi ini, yaitu Continuum, hanya bisa digunakan pada smartphone flagship Lumia 950 dan 950 XL. Sekadar informasi, Continuum menghadirkan pengalaman ala PC kepada duo Lumia tersebut. Ini bisa dicapai berkat aksesori Microsoft Display Dock, yang mengizinkan kamu untuk menyambungkan layar eksternal, keyboard, serta mouse.

Saya pernah menggunakan sistem operasi Windows untuk smartphone—yang sebelumnya masih bernama Windows Phone, mulai dari versi 7 hingga 8.1. Bisa dikatakan, Windows 10 Mobile menawarkan pengalaman menggunakan yang mirip dengan pendahulunya. Oh ya, buat kamu yang belum tahu, Microsoft melompati versi 9 pada penamaan sistem operasi Windows mereka karena sejumlah alasan.

Meski sistem operasi ini tidak bisa dibilang baru, masih ada deretan fitur yang membuatnya menarik—baik itu bagi pengguna lama maupun baru. Beberapa kelebihan itu, dan tentu saja sejumlah kekurangannya, akan saya beberkan dalam ulasan kali ini, yang saya sajikan dalam format pengalaman menggunakan Windows 10 Mobile selama satu minggu penuh.

Senin – Pengalaman mencoba yang tertunda

Tampilan Upgrade Advisor Windows 10 Mobile | Screenshot

Lumia 640 XL yang dipinjamkan oleh Microsoft masih menggunakan sistem operasi Windows Phone 8.1, sehingga saya harus melakukan pembaruan terlebih dahulu. Prosesnya ternyata cukup panjang.

Pertama, saya harus menggunakan WIndows 10 Upgrade Advisor untuk mengetahui apakah smartphone yang saya gunakan kompatibel dengan sistem Windows 10 Mobile. Setelah “lulus” proses penyaringan, saya pun diinstruksikan untuk mengunduh pembaruan dari opsi Settings. Itu pun baru pembaruan ke Windows Phone 8.1 versi terakhir.

Setelah pembaruan tersebut terunduh dan terpasang, barulah saya dapat mengunduh pembaruan untuk Windows 10 Mobile. Praktis hari pertama ini hanya saya habiskan untuk memperbarui sistem operasi.

Selasa – Tampilan yang dapat dipersonalisasi

Tampilan antarmuka Windows 10 Mobile | Screenshot

Hal pertama yang saya perhatikan, selain waktu shut down dan restart yang sangat cepat, adalah desain tile pada antarmuka Windows 10 Mobile. Setelah pada versi sebelumnya pengguna bisa mengubah ukuran tile yang mewakili ikon sebuah aplikasi, kini pengguna dapat membuat tampilannya lebih personal.

Saya dapat memilih latar belakang untuk disematkan pada halaman utama layar atau menjadi latar belakang tile. Foto tidak hanya dapat ditambahkan sebagai latar belakang layar utama saja, tetapi juga disematkan pada tile itu sendiri. Ukuran transparansi tile juga dapat diubah, sehingga saya dapat mengatur supaya tile sedikit tembus pandang agar foto di latar belakang dapat terlihat jelas.

Dibandingkan versi Windows Phone sebelumnya, pembaruan ini menjadi nilai plus bagi mereka yang suka mengutak-atik elemen personalisasi. Sayangnya, Windows 10 Mobile masih belum menghadirkan widget dalam antarmukanya.

Memang, ada fitur live tile yang menampilkan sekilas informasi pada beberapa aplikasi yang kompatibel, seperti Outlook, News, dan aplikasi media sosial. Akan tetapi pengguna tidak dapat mengatur informasi seperti apa yang ditampilkan oleh live tile tersebut.

Rabu – Minim koleksi aplikasi

Koleksi aplikasi Windows 10 Mobile | Screenshot

Saya lebih sering berjumpa dengan aplikasi “kloningan” (tengah), atau tidak menemukan aplikasi yang saya mau sama sekali

Setelah mengutak-atik pengaturan smartphone sesuai keinginan, saya pun menjelajahi Windows Store. Sejak sistem operasi ini pertama kali meluncur pada November 2010, isu terbesar adalah jumlah aplikasinya yang tidak selengkap Apple App Store maupun Google Play Store.

Melompat lima tahun kemudian, Windows Store masih didera isu yang sama, terlepas dari usaha keras Microsoft untuk memikat developer agar merilis aplikasinya di platform ini. Salah satu upaya yang dilakukan Microsoft adalah membuat platform aplikasinya menjadi universal. Artinya, developer cukup membuat satu aplikasi yang dapat bekerja di smartphone Windows Mobile 10 dan komputer Windows 10.

Tetap saja, kebanyakan developer lebih memilih untuk mencurahkan waktu dan energinya untuk mengembangkan aplikasi di platform iOS dan Android. Sebagai eksperimen, saya mencatat sepuluh aplikasi yang paling sering saya gunakan di Android, kemudian mencari tahu apakah saya dapat mengunduhnya di Luma 640 XL yang sedang saya ulas.

Ternyata hanya tujuh aplikasi saja yang saya temukan. Untuk media sosial dan berkirim pesan, aplikasi Facebook, Twitter, Instagram, dan WhatsApp tersedia. Instagram justru baru "keluar" dari status beta awal Mei 2016 lalu.

Saya tidak dapat menemukan aplikasi Gmail, sehingga pilihan saya terbatas hanya kepada aplikasi Outlook dari Microsoft. Opera, browser yang sedang saya gunakan beberapa minggu terakhir ini, telah tersedia—meski hanya versi Mini saja. Untuk membaca berita, saya masih bisa menemukan Flipboard, walau aplikasi News yang terbenam pada Windows 10 Mobile membuat saya beberapa kali "selingkuh".

Dari tiga aplikasi hiburan favorit saya, yaitu Spotify, YouTube, dan 9GAG, hanya Spotify saja yang bisa saya unduh. Tidak ada aplikasi 9GAG maupun YouTube resmi. Faktanya, hanya ada satu aplikasi resmi dari Google yang ada di Store, yaitu aplikasi untuk melakukan pencarian.

Tampilan aplikasi YouTube buatan Microsoft | Screenshot

Ketika saya mengecek daftar aplikasi buatan Microsoft di Store, saya menemukan YouTube. Ternyata, setelah mengunduhnya, aplikasi tersebut akan mengarahkan saya ke situs YouTube versi mobile di Edge.

Kamis – Bukan smartphone untuk bermain game

Koleksi game di Windows Store | Screenshot

Hal sama saya temukan pada koleksi game yang juga tergolong minim. Beberapa judul populer, seperti Angry Birds, Fruit Ninja, dan seri Asphalt bisa saya unduh. Lalu judul seperti Minecraft Pocket Edition dan Plants vs. Zombies tersedia, tetapi tidak ada seri lainnya—yaitu Minecraft: Story Mode dan Plants vs. Zombies 2.

Ada cara mudah untuk mencari game berkualitas di Store, yaitu carilah game yang ikon aplikasinya diberi label Xbox (atau lakukan pencarian dengan kata kunci “xbox)Sayangnya tidak ada judul-judul game baru yang sedang populer di platform sebelah, maupun game yang biasa saya mainkan. Saya tidak bisa menemukan satu pun seri Final Fantasy, tidak ada Real Racing 3 (padahal game ini keluar sejak 2013 silam), atau Clash of Clans (apalagi Clash Royale).

Jumat – Mencicipi browser Edge

Tampilan browser Edge | Screenshot

Keputusan Microsoft mengganti browser Internet Explore (IE) dengan Edge tidak terlalu mengejutkan. Mengingat IE memiliki reputasi yang buruk di kalangan peselancar internet. Jadi, opsi "membuka lembaran baru" dengan Edge tampak lebih masuk akal, ketimbang memutakhirkan IE untuk mengejar ketertinggalan.

Seperti browser modern pada umumnya, saya dapat log in dengan akun Microsoft. Dengan begitu, apa yang saya lakukan di browser smartphone, akan tersinkron ke browser desktop. Selain itu, saya bisa mengganti mesin pencarian dengan Google, mengingat saya kurang nyaman menggunakan Bing.

Edge menawarkan opsi untuk elemen inti dari sebuah artikel, yaitu teks dan gambar tanpa gangguan iklan. Fitur ini cukup berguna, mengingat saya lumayan sering menggunakan browser untuk membaca berita. Ini mirip dengan fitur yang terdapat pada Safari untuk iOS.

Terdapat juga fitur Reading List yang akan menyimpan artikel untuk dibaca kemudian. Saya mengira fitur ini mirip seperti aplikasi Pocket, yaitu artikel dapat disimpan dan dibaca secara offline. Sayangnya, saya harus tetap terhubung dengan internet untuk bisa membaca artikel. Sehingga bisa dikatakan fitur ini tidak jauh berbeda dengan bookmark.

Mengenai performa, Microsoft mengklaim kalau Edge lebih gegas dari Google Chrome dan Firefox dalam urusan render sebuah situs web. Saya tidak melakukan pengujian secara mendalam, namun kamu dapat melihat perbandingan yang dilakukan oleh ReWritable.

Perbandingan dilakukan antara Lumia 640 (bukan varian XL) dengan Moto G LTE, yang mana spesifikasi di antara keduanya mirip. Dalam pengujian dengan Octane untuk mengukur performa engine JavaScript pada smartphone, Edge mampu memperoleh skor 2.522 yang lebih tinggi dari Firefox dan Chrome dengan skor masing-masing 2.384 dan 2.284.

Namun pada pengujian dengan Jet Stream, Edge kalah cepat dibandingkan Chrome dan Firefox. Peringkat tercepat diraih Firefox dengan skor 15.545, diikuti Chrome dengan 15.115, lalu Edge dengan 14.919. ReWritable memberi catatan kalau tes ini tidak seratus persen akurat, karena beberapa faktor, seperti jenis cip memori yang digunakan, memberi dampak pada hasil.

Sabtu – Minus aplikasi startup on-demand

Tampilan aplikasi Uber versi Windows 10 Mobile | Screenshot

Opsi Family Profile di aplikasi Uber tidak ditampilkan sebagaimana mestinya

Setiap akhir pekan, karena kepadatan lalu lintas yang kerap di luar batas kewajaran, saya lebih memilih menggunakan layanan transportasi on-demand ketimbang membawa kendaraan pribadi. Sayangnya, pilihan saya terbatas pada aplikasi Uber saja.

Tidak ada GO-JEK dan Grab di toko aplikasi Windows 10 Mobile. Seperti developer aplikasi dan game yang tidak memprioritaskan kehadiran produk mereka di platform Windows 10 Mobile, hal yang sama tampaknya juga terjadi di kalangan startup teknologi tanah air.

Begitu juga dengan aplikasi startup e-commerce besar yang saya tahu, seperti Tokopedia, Bukalapak, Blibli, atau Mataharimall. Walau merilis aplikasi di platform iOS dan Android, semuanya enggan memberi titah kepada tim developernya untuk mengembangkan aplikasi Windows 10 Mobile.

Layanan e-commerce mungkin tidak terlalu menjadi isu, karena saya masih bisa mengaksesnya dari Edge. Namun, untuk memesan makanan, ojek online, maupun jasa on-demand lainnya, saya terpaksa harus mengandalkan asisten pribadi virtual YesBoss yang beroperasi lewat SMS.

Minggu – OS terakhir Lumia

RIP Windows Phone Mobile | Featured

Setelah seminggu menggunakan Windows 10 Mobile, saya merasakan kalau sistem operasi ini masih menghadapi jurang yang sama. Meski secara fitur Windows 10 Mobile jauh lebih sempurna dari versi sebelumnya, minimnya aplikasi populer—baik keluaran developer luar negeri maupun lokal—membuat calon pengguna ragu untuk bermigrasi. Sementara pengguna sebelumnya mungkin akan berpikir untuk hijrah ke platform tetangga.

Windows 10 Mobile mungkin menarik bagi pengguna PC Windows yang ingin pengalaman seragam di semua perangkat yang digunakan—terlebih jika mereka adalah pengguna aplikasi-aplikasi buatan Microsoft seperti Office, Skype, OneDrive, dan seterusnya. Namun, mengingat Microsoft telah merilis aplikasi buatannya di berbagai platform, bukankah lebih aman memilih platform mobile yang lebih matang?

Uniknya, untuk Windows 10 versi komputer, kami justru menemukan 10 alasan untuk melakukan upgrade

Microsoft pun tampaknya menyadari hal ini dengan memutuskan untuk mengakhiri perjalanan mereka sebagai produsen smartphone. Ya, Microsoft berhenti memproduksi smartphone Windows 10 untuk konsumen biasa. Ke depannya mereka akan fokus memasarkan produk ini ke pasar korporasi.

Seperti semua persaingan yang terjadi di dunia teknologi belakangan ini, semua tampaknya masih akan mengerucut ke perseteruan dua pihak saja; PC dan Mac; PlayStation dan Xbox; lalu, untuk platform mobile, iOS dan Android.

(Diedit oleh Iqbal Kurniawan)

The post Review Windows 10 Mobile – Kesan Seminggu Bersama OS Terakhir Lumia appeared first on Tech in Asia Indonesia.

[Opini] 5 Alasan Mengapa Mei Adalah Karakter Terbaik di Overwatch

Posted: 30 May 2016 08:37 PM PDT

Halo para pembaca Tech in Asia di mana pun kamu berada! Seminggu telah berlalu sejak Overwatch dirilis, apakah kamu sudah coba memainkannya? Kalau belum, saya sarankan kamu cepat-cepat main karena game FPS besutan Blizzard tersebut benar-benar menyenangkan. Hati-hati saja jangan sampai lupa makan dan tidur gara-gara ketagihan.

Cek review Overwatch untuk mengetahui apa saja kelebihan game tersebut.

Saat mencoba Overwatch mungkin kamu akan langsung tertarik mencoba karakter-karakter seperti Hanzo atau Tracer. Mereka berdua memang keren, tapi ada satu hero yang menurut saya tak kalah keren dan harus kamu coba, yaitu Mei. Di tangan yang benar, keberadaan Mei bisa menjadi sebuah teror yang imut namun menakutkan. Mari simak beberapa alasan mengapa Mei adalah karakter Overwatch terbaik.

Overwatch | Screenshot 1

Mei bukan petarung

Sisi menarik pertama dari Mei adalah hal yang tidak bisa langsung kamu lihat di dalam game yaitu latar belakang ceritanya. Berbeda dari hero Overwatch kebanyakan, gadis bernama lengkap Mei-Ling Zhou ini bukan seorang petarung atau tentara, melainkan seorang ilmuwan. Saat organisasi Overwatch masih berdiri, Mei merupakan salah satu ahli cuaca yang bertugas di Antartika.

Overwatch sekarang sudah dibubarkan, namun Mei tetap bertekad untuk menyelesaikan penelitian lamanya walau sendirian. Musuh utama Mei bukanlah robot-robot dalam Omnic Crisis. Bukan juga organisasi Talon yang dipimpin oleh Reaper. Musuh Mei adalah kerusakan lingkungan di muka bumi, sebuah hal yang sederhana namun patut diperjuangkan.

Mei adalah contoh perwujudan idealisme Overwatch yang tidak hanya bertujuan memenangkan perang, namun juga menjaga perdamaian serta mendukung inovasi dan kemajuan teknologi. Pahlawan tidak harus selalu bermodal otot. Dengan bermodal otak seperti Mei pun kita bisa jadi pahlawan.

Overwatch | Screenshot 2

Permainan berorientasi teamwork

Kalau kamu membaca biografi Mei kamu akan menyadari bahwa senjata milik Mei itu bukan senjata betulan. Dalam pertarungan, Mei menggunakan sebuah penyembur es serta drone yang sebenarnya adalah alat manipulasi cuaca portabel. Kedua "senjata" ini tidak punya damage yang tinggi, namun bisa membekukan musuh yang terperangkap dalam jangkauannya.

Kalau diibaratkan Dota 2, peran Mei bukanlah carry melainkan disabler atau stunner. Memang agak sulit dimainkan sendirian, tapi Mei bisa membantu kawan-kawannya untuk mengalahkan lawan serta menghindarkan mereka dari kematian. Mei sangat kuat dimainkan dalam misi-misi defensif, dan merupakan penangkal bagus untuk hero-hero agresif yang suka maju ke depan seperti D.Va dan Genji.

Overwatch | Screenshot 3

Jurus usil anti sniper

Salah satu skill milik Mei adalah kemampuan membuat dinding es di tengah arena yang akan bertahan selama 4,5 detik. Dinding tersebut tidak menghasilkan damage, namun berguna untuk menutupi pandangan lawan, mencegah musuh masuk titik objektif, atau memisahkan hero dari perlindungan kawan-kawannya. Dengan posisi yang tepat, dinding ini bahkan bisa juga kamu gunakan sebagai pijakan untuk menggapai tempat-tempat tinggi.

Kalau kamu menemukan hero sniper musuh yang berbahaya, jangan ragu-ragu menggunakan Ice Wall untuk membuatnya tak berkutik. Memang kamu tidak bisa langsung membunuhnya, tapi kamu bisa memaksanya berhenti menembak dan berpindah tempat mencari tempat sniping baru. Ice Wall cocok digunakan di arena-arena berkoridor sempit, contohnya Temple of Anubis.

Overwatch | Screenshot 4

Ilmu kebal sakti mandraguna

Apakah kamu sering panik dikejar naga raksasa di tengah teriakan RYUU GA WAGA TEKI WO KURAU? Sebal karena ledakan jurus ultimate D.Va dan Junkrat membuat anggota timmu tewas berjamaah? Tidak perlu khawatir! Memanfaatkan teknologi manipulasi cuaca termutakhir, Mei bisa bertransformasi jadi bongkahan es batu yang kebal segala serangan dengan satu tombol saja.

Ilmu kebal bernama Cryo-Freeze ini punya cooldown cukup cepat (12 detik) dan juga sekaligus bisa menyembuhkan nyawa Mei, membuatnya jadi salah satu hero yang susah dibunuh. Meski demikian bukan berarti Mei tidak punya kelemahan. Serangan tiba-tiba dengan damage besar dari hero seperti Reaper atau Pharah bisa membuat Mei tewas sebelum sempat membekukan diri.

Overwatch | Screenshot 5

Desain karakter imut

Poin kelima ini adalah unsur terpenting sekaligus juga alasan utama kenapa tulisan ini dibuat. Bahwasanya Mei merupakan karakter Overwatch dengan desain terimut adalah sebuah opini fakta yang sudah absah dan tidak perlu dipertanyakan lagi. Dota 2 boleh punya Winter Wyvern, tapi Overwatch punya “Winter Waifu” yang tidak kalah menarik. Mari kita bersama-sama populerkan hashtag #meiisbae.

Bila kamu belum tahu, salah satu visi yang ingin dicapai oleh Blizzard saat mengembangkan Overwatch adalah mereka ingin membuat sebuah game yang inklusif. Blizzard menjunjung tinggi diversitas, dan hal ini tercermin dalam desain para karakter yang mereka ciptakan. Memang di Overwatch ada karakter seperti Widowmaker dan Mercy yang punya proporsi bak supermodel, tapi lewat Mei Blizzard menunjukkan bahwa mereka bisa mendesain karakter imut dan menarik walau tanpa pamer lekak-lekuk tubuh yang seksi

Overwatch | Screenshot 6


Itulah lima alasan mengapa Mei adalah waifu karakter terbaik dalam Overwatch. Gaya permainan Mei yang unik memberikan nuansa taktis sehingga Overwatch tidak terasa seperti first person shooter biasa. Sayangnya, pada saat yang bersamaan ini membuat Mei jadi cukup sulit dikuasai (tingkat kesulitan bintang tiga) sehingga ia termasuk dalam jajaran karakter paling jarang digunakan.

Bagaimana denganmu sendiri, apakah kamu sudah mencoba menggunakan Mei? Apakah kamu merasa bahwa Mei cocok dengan gaya mainmu di Overwatch? Kalau tidak, siapa karakter Overwatch favoritmu? Mari berbagi di kolom komentar.

The post [Opini] 5 Alasan Mengapa Mei Adalah Karakter Terbaik di Overwatch appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Clapper – Game Rhythm yang Bisa Kamu Mainkan Tanpa Menyentuh Layar

Posted: 30 May 2016 07:27 PM PDT

Coba kamu tebak, apa kesamaan dari sekian banyak judul game rhythm yang telah saya himpun dalam daftar terbaik minggu lalu? Seandainya kamu menjawab semua game tersebut melibatkan interaksi layar sentuh di hampir seluruh bagian permainannya, maka tebakanmu tadi sangatlah benar. Game rhythm mobile saat ini rasanya betul-betul memerlukan inovasi baru.

Developer bernama Bridgeside Interactive tergugah untuk menciptakan sebuah game rhythm yang cukup berani melawan arus dengan sajian gameplay berbasis motion-capture berjudul Clapper.

Sesuai makna kata clap yang secara harfiah artinya bertepuk tangan, Bridgeside Interactive menyajikan game rhythm berbasis irama tepuk tangan yang tak hanya terlihat begitu menarik tapi juga menyenangkan untuk dimainkan bersama teman.

Clapper | Screenshot

Dalam game ini terdapat tiga indikator musik yang perlu kamu selaraskan dengan cara menepuk tangan pemain depanmu sesuai dengan irama. Kamu juga akan diminta bertepuk tangan secara diagonal ataupun menyilang, demi menyesuaikan indikator pada layar.

Clapper | Photo

Lewat mekanisme permainannya yang unik, mengamati orang bermain Clapper seolah seperti melihat dua orang yang sedang bermain tepuk irama layaknya di masa anak-anak dulu. Seandainya kamu tidak menemukan teman untuk diajak bermain, jangan khawatir karena Clapper juga menyediakan opsi Single Player.

Meskipun inovasi permainan yang diusungnya terkesan sekadar gimmick, namun Clapper tetaplah merupakan game rhythm mobile yang kemunculannya patut kita apresiasi di perangkat iOS. Dengan keunikan yang dimilikinya, rasanya Clapper bisa menjadi game unik yang layak untuk melengkapi koleksi game rhythm kamu atau diberikan sebagai hadiah kepada adik kecilmu.

App Info
Clapper - A rhythm and clap game!
Bridgeside -  May 26, 2016
Genre:  Games, Music, Family
Size:  81.7 MB
Installs:  N/A
Rp. 45.000
Download

(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto)

The post Clapper – Game Rhythm yang Bisa Kamu Mainkan Tanpa Menyentuh Layar appeared first on Tech in Asia Indonesia.

No comments:

Post a Comment

Sponsor

Latest Game News

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sponsor

pasang iklan baris gratis