Ads

Wednesday, June 8, 2016

Game Di Indonesia

Game Di Indonesia


Deus Ex GO Akan Tersedia di Platform Mobile Pertengahan Tahun Ini

Posted: 08 Jun 2016 07:00 PM PDT

Setelah merilis Hitman GO dan Lara Croft GO dalam tiga tahun belakangan ini, Square Enix Montreal ternyata masih setia melakukan imajinasi ulang beragam francis terkenal milik Square Enix ke dalam format game mobile. Komitmen tersebut kembali ditunjukkan melalui Deus Ex GO yang rencananya akan mereka rilils di musim panas (sekitar Juni – Agustus) tahun ini untuk smartphone maupun tablet.

Menariknya, sinyal pengerjaan Deus Ex GO sebenarnya sudah terendus sejak bulan Maret lalu ketika seorang pengguna NeoGAF bernama ekim menemukan Square Enix telah mendaftarkan situs web deusexgo.com. Mereka juga mendaftarkan justcausego.com, lifeisstrangego.com, serta thiefgo.com, walaupun ke depannya belum tentu judul-judul tersebut akan dirilis.

Deus Ex GO | Screenshot

Masih sama dengan premis yang diusung dalam dua seri GO sebelumnya, Deus Ex GO akan menantangmu dengan gameplay bernuansa puzzle ala board game di mana karakter akan berjalan sesuai jalur yang terdapat di tiap level. Gaya visual yang diusungnya pun cukup mirip dengan Hitman GO maupun Lara Croft GO karena sama-sama menggunakan grafis low-poly artistik.

Sama seperti versi console, sang protagonis Adam Jensen dalam Deus Ex GO akan dilengkapi dengan kemampuan memanfaatkan beragam teknologi mutakhir serta aksi pertarungan untuk melumpuhkan berbagai jenis musuh. Tema ini masih sejalan dengan kedua seri GO sebelumnya yang juga memiliki ciri khas masing-masing, di mana Agent 47 dalam Hitman GO mampu melakukan aksi stealth, sedangkan Lara Croft dalam Lara Croft GO menghadapi beragam jenis puzzle khas seri Tomb Raider.

Deus Ex Mankind Divided Adam Jensen | Screenshot

Deus Ex GO tidak hanya diisi dengan mode single player campaign saja. Mirip seperti Super Mario Maker, Square Enix Montreal berencana akan menambahkan fitur editor di mana para pemain dapat mendesain level masing-masing untuk menantang para pemain Deus Ex GO di seluruh dunia.

Square Enix Montreal berencana untuk mengungkap lebih jauh tentang Deus Ex GO pada acara E3 2016 yang akan berlangsung tanggal 14 hingga 16 Juni mendatang. Tampaknya mereka berusaha melanjutkan tradisi pengungkapan karya baru di ajang E3 setelah melakukan hal serupa pada Lara Croft GO tahun lalu.

(Diedit oleh Mohammad Fahmi)

The post Deus Ex GO Akan Tersedia di Platform Mobile Pertengahan Tahun Ini appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Tampilan Baru Twitter Kini Mirip dengan Gmail dan Facebook Messenger

Posted: 08 Jun 2016 07:00 PM PDT

Demi lebih memanjakan para pengguna mereka yang memakai smartphone Android, Twitter pun memperbaiki tampilan aplikasi mobile mereka. Pada tanggal 7 Juni 2016 yang lalu, Twitter mengumumkan kalau mereka sudah menyesuaikan aplikasi Android mereka dengan standar tampilan baru, Material Design.

Perubahan besar bisa kamu lihat pada tombol untuk membuat tweet baru, yang sebelumnya berjumlah tiga tombol (untuk teks, gambar, dan video) dan berada di bagian bawah. Sekarang, tombol tersebut hanya berjumlah satu dan dibuat “mengambang” di pojok kanan bawah layar.

Tampilan Lama dan Baru Twitter Material Design | Screenshot

Tampilan halaman utama lama Twitter (kiri), halaman utama baru Twitter (tengah), dan menu navigasi baru Twitter (kanan)

Bagian Timeline, Notifications, dan Direct Messages kini juga bertranformasi menjadi berbentuk tab. Karena itu, untuk berpindah antar halaman kamu hanya perlu menggeser layar (swipe) ke arah kiri atau kanan.

Apabila kamu menekan foto profil kamu yang ada di pojok kiri atas layar, kamu akan menemui sebuah menu navigasi. Di dalam menu tersebut, Twitter mengumpulkan akses menuju halaman-halaman lain, seperti Profile, Highlight, List, Connect, dan Settings.

Twitter juga memiliki fitur untuk menemukan teman baru, sudahkah kamu mencobanya?

Dengan perubahan ini, Twitter pun menjadi mirip dengan aplikasi-aplikasi lain yang telah menerapkan tampilan Material Design seperti Gmail, Google Hangout, dan Facebook Messenger. Perubahan tampilan ini kini sudah bisa dinikmati oleh para pengguna Twitter di seluruh dunia setelah mereka melakukan update.

App Info
Twitter
Twitter, Inc. -  Apr 25, 2016
Genre:  Social
Size:   Varies with device
Installs:   500,000,000 - 1,000,000,000
Gratis
Download

(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto; Sumber gambar: Beau Giles)

The post Tampilan Baru Twitter Kini Mirip dengan Gmail dan Facebook Messenger appeared first on Tech in Asia Indonesia.

3 Strategi E-Commerce Tanah Air untuk Meraup Keuntungan di Bulan Ramadan

Posted: 08 Jun 2016 07:00 PM PDT

Bulan suci Ramadan ternyata bukan hanya menjanjikan pahala besar bagi yang menjalankan ibadah puasa, namun juga bisa memberi keuntungan yang berlipat bagi para pelaku e-commerce. Google menjelaskan kalau selama bulan penuh berkah tersebut ada peningkatan pencarian untuk kategori produk tertentu, seperti fashion, tiket transportasi, dan barang-barang elektronik.

Hal ini pun diamini oleh situs e-commerce yang merupakan usaha patungan antara Telkom dan eBay, yaitu Blanja. “Berdasarkan pengalaman kami, traffic pengunjung di situs Blanja.com bisa meningkat sebesar 100 persen selama bulan Ramadan,” ujar Aulia E. Marinto, CEO Blanja.

Lalu bagaimana langkah e-commerce tanah air untuk bisa memanfaatkan peluang tersebut sebaik mungkin?


Membuat diskon besar

Harga Diskon | Ilustrasi

Sumber gambar: Pemprov Kaltim

Strategi ini sebenarnya merupakan cara yang paling “kuno,” namun tetap manjur untuk menarik pembeli. Sadar akan hal tersebut, beberapa e-commerce pun sepakat untuk membuat versi lain dari Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) yang disebut Hari Belanja Online Ramadhan (Harboldan). Selama dua hari, yaitu pada tanggal 26 Mei 2016 lalu dan 24 Juni 2016 depan, para e-commerce tersebut menghadirkan diskon hingga 90 persen.

Kamu bisa melihat berbagai promo dan pilihan produk dari berbagai e-commerce tanah air selama bulan Ramadan di sini

Selain itu, ada juga beberapa e-commerce yang justru membuat promo diskon secara terpisah. Contohnya adalah MatahariMall yang menjanjikan diskon hingga 99 persen setiap harinya selama bulan Juni 2016, dan Lazada yang memasang diskon hingga 80 persen untuk berbagai jenis produk.


Kerja sama dengan badan sosial

Anak Kecil di Lokasi Bencana | Ilustrasi

Sumber gambar: UNICEF

Selain puasa, ibadah lain yang juga besar pahalanya di bulan Ramadan adalah bersedekah. Hal ini pun dimanfaatkan oleh beberapa situs e-commerce yang kemudian menjalin kerja sama dengan badan-badan sosial penyalur sedekah. Contohnya marketplace Bukalapak yang menggandeng Aksi Cepat Tanggap (ACT), serta situs e-commerce Blanja yang bekerja sama dengan Dompet Dhuafa.

Selain memungkinkan e-commerce untuk menjaring lebih banyak pengguna yang ingin berbelanja sambil bersedekah, para badan penyalur sedekah pun ikut diuntungkan dengan kerja sama ini.

“Selama bulan Ramadan, potensi sedekah sangatlah tinggi. Itulah mengapa kami menargetkan penghimpunan dana sebesar Rp99 miliar selama bulan Ramadan tahun ini. Kerja sama seperti ini diharapkan bisa membantu kami memenuhi target tersebut,” ujar Rini Fatimah, Direktur Dompet Dhuafa.


Memasang iklan khusus Ramadan

Feature Iklan TV

Sumber gambar: Lain Waston

Demi meningkatkan kesadaran masyarakat akan brand mereka, beberapa e-commerce pun memasang iklan di stasiun televisi selama bulan Ramadan. Mereka menghadirkan cerita-cerita yang dekat dengan aktivitas masyarakat selama menjalankan ibadah puasa, agar bisa lebih mendapat perhatian.

Berikut ini adalah beberapa contoh iklan khusus di bulan Ramadan yang dibuat oleh pelaku e-commerce tanah air.

Bukalapak

Traveloka


Daya beli masyarakat Indonesia memang akan meningkat di bulan Ramadan, terutama karena adanya pembagian Tunjangan Hari Raya (THR) menjelang hari raya Idulfitri. Apabila para e-commerce tersebut bisa menjalankan strategi-strategi di atas dengan baik, bukan mustahil kalau keuntungan yang jauh berlipat akan mereka dapat.

(Diedit oleh Fadly Yanuar Iriansyah; sumber gambar: UangTeman)

The post 3 Strategi E-Commerce Tanah Air untuk Meraup Keuntungan di Bulan Ramadan appeared first on Tech in Asia Indonesia.

8 Peluang Usaha Sampingan Buat Mahasiswa yang Ingin Menambah Uang Saku

Posted: 08 Jun 2016 01:00 PM PDT

Tugas wajib seorang mahasiswa adalah belajar dan mengerjakan tugas kuliah. Namun, tidak ada salahnya mengisi waktu senggang dengan mencari pemasukan tambahan dari berbagai peluang usaha yang ada. Bekerja lepas atau freelance merupakan salah satu cara untuk melakukannya.

Dengan menjamurnya startup berbasis teknologi saat ini, mahasiswa dapat menjadikannya sebagai peluang bekerja freelance. Hal ini tidak hanya memberikan kesempatan untuk mendapatkan uang saku, tetapi juga pengalaman baru dan jaringan pertemanan yang lebih luas.

Terlebih bekerja lepas tidak terikat oleh jam kantor, yang membuat jadwal perkuliahan tidak terganggu. Lalu, apa saja pekerjaan freelance yang dapat dilakukan oleh mahasiswa?

Jika kamu hobi mengajar, cobalah menjadi “pengajar online

Guru | Image

Senang dengan dunia edukasi? Atau kamu kuliah di jurusan pendidikan? Cobalah menjadi seorang pengajar untuk menambah pengalaman kamu. Saat ini, ada beberapa startup yang fokus terhadap dunia pendidikan, salah satunya adalah Ruangguru, sebuah marketplace online yang menghubungkan guru privat dengan pelajar di Indonesia.

Selain Ruangguru, startup apa saja yang berkecimpung di dunia pendidikan?

Jam kerja pengajar bisa dibilang fleksibel, sehingga kamu bisa menyesuaikannya dengan jadwal kuliah. Kamu juga bisa membangun jaringan dengan sesama pengajar lainnya, sembari bertukar informasi tentang perkembangan ilmu pendidikan saat ini.

Jual kemampuan dalam merangkai kata-kata

Penulis |Image

Buat kamu yang kuliah di fakultas sastra ataupun jurnalistik, kamu bisa memanfaatkan perkembangan jasa penulis on demand yang sekarang ini sedang hit. Freelancer dan Sribulancer merupakan dua situs di mana pekerja lepas dan calon kliennya bisa “bertemu.” Di sini banyak pemilik situs atau blog yang mencari jasa penulis lepas, sehingga kamu bisa mengasah kemampuanmu dalam merangkai kata demi kata. Bayarannya pun bisa dibilang menggiurkan.

Selain mengasah kemampuan menjadi penulis, kamu pun punya nilai jual yang lebih tinggi saat melamar pekerjaan dibanding teman-temanmu. Proyek tulisan yang kamu buat bisa dijadikan sebagai portofolio saat melamar nanti. Keren, bukan?

Mencari uang lewat fotografi

PhotoGraphy | Image

Punya kamera canggih, tapi hanya buat selfie saja? Atau punya kemampuan memotret yang sangat baik, namun jarang kamu praktikkan? Mending “jual” kemampuan kamu sebagai fotografer ke teman-teman, keluarga, atau siapapun yang kamu kenal, atau mendaftarkan diri kamu di situs seperti Sejasa. Entah itu untuk fotografer pernikahan, pre-wedding, ulang tahun, dan sebagainya, kamu bisa memanfaatkan pekerjaan itu untuk menambah jam terbang.

Atau, jika kamu kurang percaya diri untuk menjual kemampuan kamu dalam memotret, kamu bisa menyewakan kamera yang kamu punya. Akan tetapi ingat, kamu harus punya peraturan yang jelas untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Atau kamu bisa menawarkannya di situs seperti Nyewain.

Jago menerjemahkan bahasa asing? Jual kemampuanmu sekarang

Sumber gambar : BetterLanguanges

Seperti penulis on demand, kamu yang ahli dalam menerjemahkan bahasa asing bisa memanfaatkan situs Freelancer dan Sribulancer. Setiap harinya, banyak orang yang mencari penerjemah bahasa asing di dua situs tersebut. Biasanya mereka mencari penerjemah untuk situs bisnis atau membantu menyelesaikan pekerjaan kuliah.

Jika kamu ahli menejermahkan tanpa bantuan aplikasi penerjemah, kamu bisa menjual keahlian kamu untuk membantu mereka. Selain mendapatkan bayaran, namamu bisa semakin dikenal sebagai penerjemah bahasa yang baik dari klien yang puas dengan jasamu.

Desain kamu bagus? Jangan disia-siakan

Sumber gambar : Eldigital

Sering bikin logo, banner, atau kartun unik? Jangan dipendam! Beri tahu teman, kerabat, atau keluarga agar karyamu dikenal banyak orang. Bukan tidak mungkin kamu diminta bantuan untuk membuat logo sebuah perusahaan. Kamu juga bisa menjual kaos dengan desain buatanmu lewat situs seperti Tees.co.id.

Gunakan internet sebagai portofolio digitalmu

Video Editor |Image

Punya karya di bidang video dan animasi? Atau suka menggabungkan beberapa lagu menjadi satu lagu? Unggah karyamu di YouTube ataupun Instagram. Hasil karyamu pun tidak hanya memenuhi ruang memori gadget saja, tapi menjadi sesuatu bernilai dan berharga.

Dari portofolio digital tersebut, namamu akan dikenal dan dibicarakan banyak orang. Kamu juga bisa mendapat penghasilan dari situ. Seperti misalnya para YouTubers Indonesia ataupun para pendiri Indovidgram. Mereka bisa menjadikannya sebagai sumber pendapatan, baik lewat iklan atau sponsor, hanya dengan mengunggah hasil karyanya ke YouTube dan Instagram.

Jual keahlianmu dalam “menaklukkan” kode

Mandiri Hackathon | Image

Jika kamu merasa ahli dalam bermain-main dengan bahasa pemrograman,, coba ikutilah ajang hackathon yang belakangan ini sering diadakan. Selain menambah pengalaman, kamu dapat mendapatkan hadiah yang tidak sedikit jumlahnya jika berbasil menaklukkan tantangan yang dilombakan.

Selain mengikuti hackathon, kamu bisa mencari proyek lepas dari startup baru yang membutuhkan programmer untuk membangun aplikasi mereka. Kamu bisa menjadi orang yang diandalkan apabila startup tersebut nantinya menjadi besar. Bukan tidak mungkin kamu diajak menjadi bergabung menjadi karyawan tetap setelah lulus nanti.

Bonus: Menjadi Driver transportasi on-demand

Uber Motor| Image

Munculnya transportasi berbasis aplikasi dapat dimanfaatkan bagi mahasiswa yang mempunyai kendaraan pribadi. Kamu bisa menjadi Driver layanan seperti GO-JEK, Uber, dan Grab.

Selain penghasilan yang kamu bisa terima setiap harinya, kamu bisa mendapatkan jaringan pertemanan baru dari sesama Driver ataupun penumpang. Selain itu, jam kerjanya sesuai kemauan kamu, sehingga kamu tetap bisa fokus kuliah.


Dengan kemajuan dan perkembangan teknologi yang pesat saat ini, aktivitas mahasiswa bukan hanya belajar, mendengarkan dosen, dan mengerjakan tugas saja. Namun mereka juga dapat memanfaatkan waktu luangnya untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Menurut kamu, hal apa lagi yang dapat dilakukan menambah uang saku? Suarakan pendapatmu di kolom komentar di bawah ini, ya!

(Diedit oleh Fadly Yanuar Iriansyah; sumber gambar: Invoice Ninja)

The post 8 Peluang Usaha Sampingan Buat Mahasiswa yang Ingin Menambah Uang Saku appeared first on Tech in Asia Indonesia.

PLN Sediakan Layanan Pantauan Pemadaman Listrik secara Real-Time

Posted: 08 Jun 2016 07:28 AM PDT

Sering kali aktivitas masyarakat terganggu karena pemadaman listrik yang dilakukan PLN secara tiba-tiba. Tak hanya di kota-kota kecil, bahkan kota Jakarta sebagai pusat pemerintahan negara pun kadang masih mengalami masalah pemadaman listrik secara bergulir oleh PLN, meski intensitasnya tak separah di kota-kota kecil.

Menanggapi isu tersebut, PT PLN (Perusahaan Listrik Negara) Distribusi Jakarta Raya telah memperkenalkan layanan Peta Listrik Jakarta yang disingkat PELITA. Melalui peta digital yang menampilkan data secara real-time ini, pengguna dapat melihat daerah-daerah di Jakarta yang mengalami pemadaman beserta dengan deskripsi penyebabnya.

Bagaimana cara kerjanya?

PLN menampilkan informasi jumlah wilayah serta jenis pemadaman yang sedang terjadi di bagian atas laman PELITA. Terdapat tiga kategori pemadaman, yakni Padam Gangguan dengan label warna merah, Padam Pemeliharaan dengan label hijau, dan Padam Banjir dengan label berwarna biru.

Tampilan Laman PELITA PLN | Image

Informasi jumlah wilayah yang mengalami pemadaman juga ditampilkan di samping label warna masing-masing.

PLN juga menyediakan informasi detil gangguan di kolom sebelah kanan peta untuk menjelaskan apa dan kenapa pemadaman harus dilakukan. Informasi tersebut meliputi jenis gangguan, area PLN, wilayah yang padam, penyebab pemadaman, durasi waktu pemadaman, dan estimasi waktu listrik kembali diaktifkan.

Peta real-time tentunya butuh internet, cek cara-cara unik untuk menghubungkan seluruh dunia dengan internet di sini!

Fitur terakhir yang disediakan adalah Survey. PLN menyediakan laman ini bagi pengguna tentang penilaian dari PELITA tersebut. Ada beberapa pertanyaan yang disediakan dalam survey tersebut, yakni tampilan situs, tingkat kejelasan informasi, dan frekuensi pemakaian PELITA dalam seminggu.

Sebelumnya Pemda DKI Jakarta juga sudah menerapkan hal serupa untuk banjir yang kerap menyambangi saat musim hujan melalui PetaJakarta. Sinergi antara permasalahan yang terjadi tampaknya dimaksimalkan oleh pemerintah ibu kota demi kelancaran aktivitas warganya.

Namun untuk daerah lainnya di Indonesia, solusi dari permasalahan yang mungkin terjadi bisa dilaporkan melalui aplikasi Qlue yang telah beroperasi sejak 2014 untuk menampung keluhan dari masyarakat.

(Diedit oleh Mohammad Fahmi; Sumber gambar: Energi Today)

The post PLN Sediakan Layanan Pantauan Pemadaman Listrik secara Real-Time appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Rangkuman Berita Game Hari Ini – 8 Juni 2016

Posted: 08 Jun 2016 05:00 AM PDT

Saksikan penayangan perdana Watch Dogs 2 secara langsung pukul 11 malam nanti

Watch Dogs 2 | Teaser

Iqbal Kurniawan – Ubisoft akan menampilkan sekuel game Watch Dogs untuk pertama kalinya ke seluruh dunia melalui sebuah siaran langsung di YouTube pada pukul 11 malam ini. Kamu bisa menyaksikan siarannya lewat video di atas untuk mengetahui beragam hal tentang Watch Dogs 2, selain jadwal perilisan tanggal 15 November 2016 nanti yang sudah terlanjur bocor dan tersebar luas di internet.

Review Watch Dogs – Marketing Bumerang


Rangkaian domino bertema Sonic dan kawan-kawan ini terlihat keren

Iqbal Kurniawan – Seorang kreator YouTube bernama TheDominoKing membuat deretan domino yang menampilkan Sonic dan kawan-kawan. Dengan menggunakan lebih dari 50.000 keping domino, ia menampilkan beragam tokoh ikonik buatan SEGA dalam satu rangkaian. Selain membuat rangkaian domino bertema Sonic, ia juga pernah mengerjakan tema video game lain seperti Undertale, Super Mario Bros., dan sebagainya.


Honest Game Trailers hadirkan kenangan nostalgia lama dari tiga serial game RTS Warcraft klasik

Risky Maulana – Serial Honest Game Trailers hari ini membangkitkan kenangan saya lewat beragam potongan gambar menarik dari ketiga seri game RTS klasik Warcraft buatan Blizzard Entertainment. Sebagai pemain lama Warcraft (dimulai dari Warcraft 2: Tides of Darkness), video di atas ini membuat saya merasa jauh lebih memiliki kedekatan dengan serial RTS game ini dibandingkan World of Warcraft.

Jika kamu juga memiliki nilai sentimental dengan serial game Warcraft versi RTS, maka video Honest Game Trailers edisi Warcraft ini jelas meruapakan rekomendasi tontonan yang wajib untuk kamu tonton sekarang juga.


LowSpecGamer berikan trik untuk memainkan Overwatch di PC berpesifikasi rendah

Ayyub Mustofa – Ingin main Overwatch tapi takut komputermu terlalu jadul untuk menjalankannya? Tidak perlu khawatir, karena dengan trik dari LowSpecGamer kamu bisa menurunkan setting grafis Overwatch jadi sangat rendah. Gambarnya memang hancur-hancuran, tapi setidaknya bisa kamu bisa main dengan lancar di kartu grafis Intel.

Review Overwatch — Semua Bisa Jadi Pahlawan


Bloodstained: Ritual of the Night mendapat playable demo

Ayyub Mustofa – Menyambut datangnya E3, tim developer Bloodstained: Ritual of the Night membuat demo yang bisa dimainkan oleh pengunjung acara tersebut. Demo ini juga akan didapatkan oleh para backer yang telah menyumbang US$60 atau lebih sebelum tanggal 13 Juni 2016.

Inti Creates juga memamerkan tampilan beberapa stage yang telah dibuat sejauh ini. Kamu bisa lihat aksi Miriam dalam stage tersebut lewat video di atas, atau klik tautan di bawah untuk screenshot lengkapnya.

Sumber: Kickstarter Bloodstained: Ritual of the Night


Simak fakta menarik dari beberapa game Fallout yang tidak jadi dirilis dalam video The Hidden History berikut ini

Risky Maulana – Sebagai salah satu RPG legendaris yang kini kembali populer berkat upaya Bethesda, Fallout memiliki beragam spin-off game yang gagal diproduksi di pasaran. Mulai dari gamebook RPG yang diganti judul menjadi Exodus hingga MMORPG Fallout, kamu bisa melihatnya dalam video Hidden History di atas ini.

Review Fallout 4 – Senangnya Hidup di Bumi yang Sudah Kiamat

(Diedit oleh Mohammad Fahmi)

The post Rangkuman Berita Game Hari Ini – 8 Juni 2016 appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Rodeo Stampede Padukan Endless Runner dengan Simulasi Manajemen

Posted: 08 Jun 2016 03:30 AM PDT

Setelah lama tidak terdengar kabarnya sejak merilis Skiing Yeti Mountain tahun lalu, Featherweight Games kini bekerja sama dengan penerbit Yodo1 Games untuk merilis karya terbaru mereka berjudul Rodeo StampedeGame yang sama-sama mengusung genre endless runner seperti karya mereka sebelumnya ini rencananya akan dirilis secara global di iOS dan Android pada tanggal 23 Juni mendatang.

Kualitas bagus yang terdapat dalam Skiing Yeti Mountain membuat para pemain tidak begitu mempermasalahkan bila game tersebut memiliki gameplay dan tampilan mirip SkiFree di OS Windows lawas. Tampaknya hal sama akan mereka terapkan pada Rodeo Stampede yang sekilas seperti penyempurnaan dari game klasik Stampede di console Atari 2600.

Rodeo Stampede | Screenshot 1

Kamu akan berperan sebagai koboi dengan tali lasonya yang berusaha menjerat sebanyak mungkin hewan liar untuk dimasukkan ke dalam koleksi kebun binatang. Sang koboi akan berburu di dalam lembah penuh berbagai fauna yang berlarian, mulai dari jerapah, gajah, kerbau, hingga burung unta.

Elemen endless runner dalam Rodeo Stampede terlihat menantang berkat mekanisme melompat dari satu hewan ke hewan lain. Sang koboi dapat menunggangi beragam jenis hewan yang masing-masing memiliki kemampuan unik, seperti burung unta yang dapat melesat dengan kencang atau gajah yang mampu menghancurkan beragam objek.

Selain berusaha meraih skor tertinggi dan jarak terjauh dalam mode endless runner, kamu juga akan diberi tugas mengelola sebuah kebun binatang. Hewan-hewan yang berhasil ditangkap dapat menjadi penghuni dari kebun binatang yang kamu kelola untuk menarik para pengunjung. Pengelolaan yang baik akan memberikan beragam reward dalam game.

Rodeo Stampede | Screenshot 2

Perpaduan endless runner dan simulasi manajemen di Rodeo Stampede dikemas dengan grafis voxel seperti yang biasa kita lihat dalam Minecraft maupun Crossy Road. Meskipun dunia dan makhluk hidup dalam Rodeo Stampede tampil bagai kotak kardus warna-warni yang ditumpuk-tumpuk, namun Featherweight Games mampu membuatnya tampak tetap menarik, artistik, tanpa mengurangi keseruan bermain game.

Penggabungan dua genre dalam Rodeo Stampede berpotensi untuk membuatnya berbeda dari sederet game endless runner lain yang sudah menjamur di dunia game mobile. Tentunya akan sangat membosankan bila Featherweight Games hanya mengambil formula runner dengan beberapa lajur sambil menghadirkan beragam rintangan seperti yang terdapat dalam Temple Run, Despicable Me: Minion Rush, atau Spider-Man Unlimited.

Situs Resmi: Rodeo Stampede

(Diedit oleh Fadly Yanuar Iriansyah)

The post Rodeo Stampede Padukan Endless Runner dengan Simulasi Manajemen appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Tech in Asia Giveaway – Smartphone Lenovo Vibe K4 Note dan Ant VR

Posted: 08 Jun 2016 03:00 AM PDT

Teknologi virtual reality, atau yang biasa disingkat menjadi VR, saat ini tengah hangat dibicarakan. Dengan menggunakan perangkat VR, kita dapat "bermain" di dunia virtual yang terasa seperti nyata.

Pengalaman unik yang ditawarkan VR membuat banyak orang tertarik untuk memanfaatkannya dalam berbagai ranah, di antaranya untuk membuat game. Bagaimana tidak, video game yang selama ini hanya bisa kamu saksikan di layar, sekarang bisa kamu nikmati menggunakan perangkat VR dan membuatmu seakan-akan masuk ke game itu.

Selain untuk game, VR juga memilki beragam fungsi alternatif lainnya

Nah, apakah kamu sudah pernah mencoba bermain game atau menonton film dengan sensasi VR? Atau kamu ingin mencoba tapi belum punya perangkat VR sendiri? Kami punya kabar baik buat kamu. Dalam rangka ulang tahun game Dragon Blaze yang pertama, Gamevil akan membagikan sebuah hadiah spesial, yaitu smartphone Lenovo Vibe K4 Note dan Ant VR!

ReviewK4Note|Featured Image

antvr virtual reality lenovo

Untuk membawa pulang hadiah tersebut secara cuma-cuma, kamu hanya perlu berinteraksi dengan widget yang kami sediakan di akhir artikel. Kumpulkan poin sebanyak-banyaknya dari interaksi yang kamu lakukan. Semakin banyak poin yang terkumpul, semakin besar juga kesempatan kamu untuk memenangkan hadiah.

Giveaway akan kami langsungkan selama dua minggu dari tanggal 8 hingga 22 Juni 2016. Pemenang akan kami umumkan pada tanggal 23 Juni 2016. Bagi yang berdomisili di Jakarta, hadiah dapat kamu ambil di kantor Tech in Asia Indonesia. Sementara yang berdomisili di luar Jakarta, hadiah akan kami kirimkan dan ongkos kirim ditanggung oleh pemenang.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk, segera daftarkan diri kamu dengan menggunakan widget di bawah ini!

Syarat dan ketentuan:

  • Satu unit smartphone Lenovo Vibe K4 Note dan Ant VR akan diberikan untuk satu orang pemenang
  • Pemenang akan diundi secara acak oleh pihak Tech in Asia Indonesia.
  • Semakin banyak poin yang kamu kumpulkan, maka semakin besar kesempatan kamu menang
  • Mohon isi identitas berupa nama dan email yang diperlukan oleh pihak Tech in Asia Indonesia untuk menghubungi kamu
  • Kontes ini tidak dipungut biaya, berhati-hatilah dengan pihak yang mengatasnamakan Tech in Asia Indonesia

Tech in Asia Giveaway Lenovo Vibe K4 Note and Ant VR

(Diedit oleh Iqbal Kurniawan)

The post Tech in Asia Giveaway – Smartphone Lenovo Vibe K4 Note dan Ant VR appeared first on Tech in Asia Indonesia.

[Update] Blazblue Revolution Reburning Hadirkan Aksi Fighting ala Blazblue di Mobile

Posted: 08 Jun 2016 02:45 AM PDT

Update – 8 Juni 2016

Menepati janji yang diutarakan pihak 91Act bulan lalu, mulai hari ini para pengguna iOS maupun Android di Indonesia sudah bisa mengunduh BlazBlue RR secara gratis melalui Apple App Store dan Google Play Store. Langsung saja klik tautan di bawah untuk segera terjun dalam aksi fighting keren ala seri BlazBlue lewat perangkat kesayangan masing-masing!

App Info
BlazBlue RR - Real Action Game
91Act -  May 07, 2016
Genre:  Action
Size:   47M
Installs:   10,000 - 50,000
Gratis
Download

Artikel Asli – 15 Mei 2016

Developer sekaligus penerbit game dari Cina, 91Act, merilis spin-off dari seri Blazblue yang merupakan salah satu game fighting 2D populer saat ini. Game berjudul Blazblue Revolution Reburning (atau disingkat Blazblue RR) tersebut telah tersedia secara terbatas di Malaysia dan Singapura, dan mereka berniat untuk merilisnya di lebih banyak negara pada bulan Juni mendatang.

Blazblue RR benar-benar akan menghadirkan aksi baku hantam ala game fighting pada umumnya, bukan sekadar game kartu bertema Blazblue yang sebelumnya pernah hadir di platform mobile. 91Act mendapatkan lisensi resmi dari Arc System Works selaku developer dari seri Blazblue. Pengembangan game ini dilakukan di bawah supervisi langsung Toshimichi Mori selaku produser seri Blazblue.

Game ini akan hadir dengan beragam karakter populer dari seri Blazblue. Karakter seperti Ragna the Bloodedge, Bang Shishigami, hingga Makoto Nanaya akan tampil dengan serangkaian jurus khas masing-masing. Tak hanya itu, cerita yang diusung juga berhubungan dengan seri anime maupun game Blazblue.

Mekanisme fighting yang disesuaikan dengan platform mobile

Blazblue RR | Screenshot

91Act juga telah melakukan penyesuaian mekanisme fighting Blazblue agar nyaman dimainkan di perangkat mobile. Kamu tidak akan bertarung menggunakan serangkaian tombol kompleks seperti dalam Blazblue versi console, atau berinteraksi dengan berbagai tombol virtual pada layar perangkat. Sebagai gantinya, kamu akan mengendalikan karakter dengan interaksi ala perangkat berlayar sentuh seperti tap ataupun swipe.

 BlazBlue: Chrono Phantasma Extend juga telah dirilis untuk PC dan console lo!

Penggunaan skema kontrol tap maupun swipe untuk sebuah game fighting mobile ini mirip seperti yang terdapat pada Mortal Kombat X maupun Marvel Contest of Champions. Namun, 91Act tetap memasukkan beragam unsur fighting khas seri Blazblue, seperti sistem aerial combo atau Astral Heat.

Menghadirkan mode PvP dan PvE

Blazblue RR Gameplay | Screenshot

Selain mode multiplayer kompetitif antar sesama pemain, Blazblue RR juga menghadirkan fitur PvE untuk menghibur para pemainnya. Terdapat mode Story untuk mengikuti kisah Blazblue dan menikmati gameplay ala game side-scrolling beat ’em up dengan berbagai misi dan item untuk dikoleksi.

Item yang terkumpul bisa dipasang kepada para jagoan untuk memperkuatnya, serta untuk mengakses beragam karakter di dalam game. Mengingat natur free-to-play yang diusung Blazblue RR, tampaknya kamu perlu melakukan grinding untuk mengumpulkan item tersebut bila ingin melengkapi koleksi jagoan di dalam game.


Bila kamu tertarik untuk mencoba Blazblue RR sekarang juga, kamu bisa untuk langsung mengunduhnya secara cuma-cuma, atau mengikuti langkah-langkah di sini untuk membuat akun App Store di kedua negara itu terlebih dahulu. Dengan kualitas grafis dalam Blazblue RR, tampaknya game ini berpotensi menambah koleksi fan seri Blazblue, dan hiburan baru penggemar game bergenre fighting.

Apple App Store Link (Singapura): Blazblue RR, Gratis

Google Play Store Link (Singapura): Blazblue RR, Gratis

The post [Update] Blazblue Revolution Reburning Hadirkan Aksi Fighting ala Blazblue di Mobile appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Review Touch Tank – Tekan, Tahan, dan Lontarkan!

Posted: 08 Jun 2016 02:07 AM PDT

Sebagai satu dari sekian developer yang namanya sudah cukup sukses di tanah air, Touchten saya rasa sudah identik dengan aneka game mobile berkualitas yang tak kalah menarik dengan game buatan developer luar negeri.

Lewat ragam keunikan tema dari setiap game yang mereka bawakan, developer asal Jakarta ini selalu saja berhasil mencuri perhatian saya dengan beberapa judul menarik seperti Brave Warriors, Target Acquired, dan belum lama ini Warung Chain yang mengusung kekayaan budaya masakan Indonesia.

Nah, setelah sebelumnya kita sudah bersusah payah menyajikan masakan enak kepada pelanggan restoran di Warung Chain, kali ini Touchten mengajak kita untuk bersusah payah menghadapi perang artileri dalam game terbaru mereka Touch Tank.

Perang artileri seru dalam genggaman

Touch Tank | Screenshot 1

Lewat Touch Tank, kali ini kita terjun menghadapi pertempuran artileri antar tank yang seru dan menantang. Faktor tantangan dalam permainan Touch Tank tak lepas dari skema kontrolnya yang begitu simpel. Dalam game ini, kita hanya diberikan kontrol tap pada bagian layar untuk untuk melontarkan serangan artileri dari tank yang kita kemudikan.

Bila kamu pernah bermain game adu tembakan artileri seperti serial Worms atau game online klasik Gunbound, saya yakin kamu akan terbiasa dengan permainan Touch Tank. Di sini ketepatanmu mengukur sudut kemiringan senjata dalam menghadapi gempuran musuh, baik itu dari darat maupun udara, akan diuji.

Lawan pun tidak tinggal diam menghadapi berondongan meriam kamu. Di sela-sela kesibukanmu menembaki musuh, mereka juga akan balik menembak dengan pola yang bisa ditebak—meskipun terkadang lebih sering meleset daripada kena. Seandainya kamu terkena tembakan musuh sampai dua kali, maka tank tersebut akan segera hancur dan kamu pun perlu mengulangi permainan lagi dari awal.

Touch Tank | Screenshot 2

Touch Tank menggunakan objektif permainan arcade yang sangat sederhana. Di sini tujuanmu bermain adalah memperoleh skor sebaik mungkin demi koleksi reward yang cukup menarik. Reward tersebut bisa berupa koin untuk membeli undian tank baru, atau achievement untuk ditukarkan dengan poin KadoSaku (semacam platform penukaran poin berhadiah dari Touchten).

Walaupun model permainannya terbilang sangat standar, keberadaan reward yang cukup solid setidaknya cukup memberikan kita alasan untuk terus menerus bermain hingga beberapa sesi berikutnya.

Touch Tank | Screenshot 3

Masih terkait soal gameplay, saya akui Touch Tank bukanlah game yang terbilang mudah untuk dikuasai semua orang. Meskipun implementasi kontrolnya terbilang cukup sederhana, namun di sini kamu betul-betul dituntut untuk bisa memperhitungkan arah jatuh misil, sebelum peluru lawan mengenaimu lebih dulu.

Setiap musuh yang kamu jumpai mempunyai pola serangan mereka sendiri. Mulai dari meriam stasioner yang menembak tiap beberapa detik sekali, tank musuh yang perlu ditembak dua kali untuk hancur, ranjau, dan lain-lain.

Di Touch Tank seringkali tembakan saya meleset karena saya salah memperhitungkan arah jatuhnya misil yang saya tembakkan. Ini terjadi karena kontur tanah yang tidak rata serta jumlah musuh yang berbaris terlalu dekat satu sama lain. Hal tersebut membuat reaksi menembak pemain terasa kurang begitu cepat, sehingga kamu perlu menggunakan power-up spesial untuk lolos dari situasi semacam ini.

Sejauh ini ada dua jenis power-up yang saya temukan di Touch Tank. Pertama adalah power-up jenis starter yang bisa kamu beli menggunakan koin di awal mula permainan. Lalu power-up kedua merupakan jenis senjata yang dijatuhkan musuh saat tank mereka hancur.

Ini koleksi tank milikku, mana koleksi kamu?

Touch Tank | Screenshot 4

Selain gaya permainannya yang sederhana dan unik, salah satu daya tarik Touch Tank adalah sistem pembelian tank dengan model gacha yang acak dan mendorong kamu untuk mengoleksi semuanya.

Mekanisme semacam ini bukanlah hal yang baru lagi dalam sebuah game mobile. Model reward ini dipopulerkan pertama kali oleh Crossy Road dan sekarang sudah menjadi hal yang cukup jamak kita temukan dalam beberapa game mobile bergenre arcade di luar sana.

Kurang lebih ada 30 tank yang bisa kamu buka di sini, mulai dari tank berbentuk “normal,” tank kesatria naga, hingga tank berbentuk warung makanan Takoyaki yang dikemudikan oleh seekor Gurita.

Touch Tank | Screenshot 5

Yang menarik, di sini kamu juga bakal menjumpai tank yang dikendarai karakter dari game Touchten lainnya, seperti Warung Chain serta karakter Tini dari Tebak Kata Saku. Sosok Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau yang dikenal sebagai Ahok, turut ambil bagian dalam permainan ini.

Setiap tank menyajikan tampilan latar belakang level yang berbeda-beda untuk menambah variasi permainan. Meskipun konsep ini menarik, sayangnya jumlah variasi latar yang diberikan Touchten masih dirasa agak sedikit kurang, terutama mengingat beberapa tank mendaur ulang tampilan level yang sama berkali-kali. Hal ini membuat permainan menjadi terkesan repetitif, apalagi jika kamu sudah terbiasa mengikuti pola kemunculan musuh yang tampil di layar.

Monetisasi yang ramah untuk ukuran kantong kita semua

Touch Tank | Screenshot 6

Untuk ukuran game arcade yang begitu simpel, Touch Tank jelas menerapkan monetisasi permainan yang tidak neko-neko bagi para pemainnya. Game ini bisa kita nikmati dengan gratis tanpa harus mengeluarkan uang sama sekali. Kamu bisa mematikan koneksi internet untuk menghindari iklan video yang bermunculan di setiap sisi continue permainan.

Namun jika kamu bermain dengan cara ini, maka kamu jelas akan melewatkan bonus pengambilan koin lewat cara menonton video iklan serta penawaran continue gratis yang jauh lebih efisien. Pasalnya koin yang kamu kumpulkan bakalan lebih sering digunakan untuk membeli dan melengkapi koleksi tank kamu. Bila kamu mengincar salah satu tank yang ada di sana, kamu boleh saja membeli tank tersebut secara satuan dengan harga Rp3.000 saja.

Kesimpulan

Touch Tank | Screenshot 7

Secara keseluruhan Touch Tank merupakan game karya anak bangsa yang harus kamu coba, terlebih untuk mengukur kemampuanmu dalam game adu tembak artileri yang begitu menantang. Apa yang membuat game buatan Touchten ini begitu menarik adalah mekanisme kontrolnya yang simpel dan unik, serta format permainan yang bisa dibilang gampang-gampang susah.

Mati karena faktor konyol dan memalukan mungkin akan menjadi fase yang harus kamu hadapi di awal mula permainan. Namun, saya yakin, bila kamu sudah mulai terbiasa menghadapi pola permainannya yang memerlukan kecermatan tinggi, kamu mungkin bisa menikmati game ini. Jika sudah begitu, mungkin kamu malah tidak sabar menanti-nanti kemunculan koleksi tank berikutnya di update terbaru Touch Tank.

App Info
Touch Tank
Touchten -  May 17, 2016
Genre:  Action
Size:   34M
Installs:   1,000 - 5,000
Gratis
Download

(Diedit oleh Fadly Yanuar Iriansyah)

The post Review Touch Tank – Tekan, Tahan, dan Lontarkan! appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Review Pacifica – Langkah Pertama untuk Mengatasi Rasa Cemas

Posted: 08 Jun 2016 02:00 AM PDT

Rasa cemas bisa menyerang siapa saja. Ada banyak penyebab timbulnya perasaan ini, misalnya dikarenakan stres atau trauma. Perasaan was-was ini memang tidak berbahaya. Namun jika terjadi berulang kali dan tidak segera ditangani, rasa cemas akan berpengaruh pada kehidupan sehari-hari.

Bagi kamu yang sering merasa cemas, kamu bisa mencoba aplikasi Pacifica. Aplikasi ini dapat membantu kamu mengatasi kecemasan dan kegelisahan dengan cara yang menyenangkan. Bagi yang penasaran, kamu bisa simak ulasannya di bawah ini.

Apa yang kamu rasakan?

review pacifica | screenshot 1

Ada lima menu utama yang bisa kamu gunakan di Pacifica, yaitu Mood, Health, Relax Now, Groups, dan Community. Dari menu-menu tersebut, ada baiknya kamu mencoba menu Mood terlebih dahulu. Menu ini berguna untuk melacak apa yang tengah kamu rasakan.

Ada tiga opsi yang dapat kamu pilih di sini, yaitu How Are You Feeling?, Thought dan Goals. How Are You Feeling? akan membantu kamu untuk melacak apa yang tengah dirasakan sekarang ini. Caranya dengan menjawab pertanyaan "apa yang sedang kamu rasakan?" menggunakan Mood Rating.

Mood Rating menyediakan tujuh macam pilihan, yaitu Great, Very Good, Good, Okey, Not Good, Bad, hingga Awful. Setelah kamu memilih salah satunya, sekarang kamu tinggal memasukkan detail perasaan melalui menu Add Feelings. Letaknya berada di bawah Mood Rating.

Add Feelings menyediakan banyak pilihan perasaan, seperti happy, anxious, sad, love, panicked, dan lain sebagainya. Pacifica sendiri tidak membatasi jumlah feeling yang dapat dipilih. Jadi kamu bisa memilih lebih dari dua perasaan.

Bagaimana jika apa yang kamu rasakan tidak ditemukan di menu Add Feelings? Jika demikian, kamu tinggal menuliskannya dan tap Add as Feeling. Jika sudah, tap Done. Kini kamu tinggal menggunakan menu Thoughts dan Goals untuk memperbaiki suasana hatimu.

Menu Thoughts akan membantu kamu menggantikan pikiran-pikiran negatif dengan pikiran yang lebih positif. Rasa cemas biasanya timbul akibat dari pikiran-pikiran negatif. Dengan menyingkirkannya, maka kamu akan merasa lebih baik.

Langkah pertama menggunakan menu Thoughts yaitu dengan menuangkan pikiran negatifmu, bisa dengan menuliskannya atau merekamnya. Misalnya kamu menulis “saya sering merasa cemas.” Kemudian tap Next Step.

Sedang kalut dan gelisah? Aplikasi-aplikasi ini mungkin bisa bantu kamu

Sekarang kamu tinggal menggarisbawahi pikiran negatif tersebut. Caranya dengan tap kata awal dan akhir. Setelah itu kamu diminta untuk mengklasifikasikan jenis pikiran negatif tersebut. Pacifica menyediakan beberapa pilihan jenis tipe pikiran negatif beserta penjelasan singkatnya.

Misalnya Catastrophizing (jika sebuah hal tidak benar, ini akan menjadi bencana) atau Labeling & Judging (melabeli diri sendiri atau orang lain tanpa informasi yang memadai). Kamu juga bisa memilih I'm Not Sure jika tidak menemukan jenis yang tepat.

Langkah terakhir, kamu tinggal menulis ulang pikiran negatif tersebut. Misalnya kecemasan saya seringkali tidak terbukti. Tap Finish untuk menyelesaikannya.

Untuk mengatasi rasa cemas dalam jangka panjang, kamu bisa menggunakan menu Goals. Menu ini akan membantu kamu untuk menyelesaikan tantangan-tantangan kecil setiap hari. Kamu tinggal tap ikon plus (+) untuk menambahkan tantangan yang harus diselesaikan.

Pacifica menyediakan berbagai tantangan yang dibagi berdasarkan kategori-kategori yang berbeda, mulai dari seputar pekerjaan dan sekolah, keluarga, hubungan percintaan, dan lain sebagainya. Setiap menyelesaikan sebuah tantangan, Pacifica akan meminta kamu untuk memberikan skor "seberapa berat tantangan tersebut," nilainya mulai dari satu hingga sepuluh.

Kebiasaan buruk bisa jadi sebab kecemasan

review pacifica | screenshot 2

Menu yang selanjutnya ialah menu Health. Menu ini akan membantu kamu melacak kebiasaanmu sehari-hari yang mungkin dapat memengaruhi suasana hati. Seminggu sekali kamu akan mendapatkan pemberitahuan mengenai kebiasaanmu sehari-hari. Pola ini bisa kamu jadikan sebagai masukan, apakah kebiasaan tersebut perlu diubah atau tidak.

Langkah awal menggunakan fitur ini yaitu dengan memilih aktivitas apa saja yang sering kamu lakukan melalui menu Select Your Activity. Ada banyak aktivitas yang dapat ditemukan di sini, seperti Eating, Cigarettes, Water, Alcohol, Sleep, dan lain sebagainya.

Setelah itu, tap Next untuk melanjutkan ke Set Daily Goals. Di sini pengguna akan mendapatkan saran untuk setiap aktivitas, misalnya tidur tujuh jam atau minum kopi dua cangkir setiap hari. Jika kamu tidak menyukai saran yang diberikan, kamu bisa mengubahnya.

Begini caranya agar smartphone bisa bantu kamu tidur lebih nyenyak

Tap Done untuk menyelesaikannya. Pacifica memperingatkan kamu agar tidak menganggap pemberitahuan menu Health sebagai sesuatu yang mutlak. Melainkan hanya sebagai masukan saja.

Tenangkan pikiran sejenak

review pacifica | screenshot 3

Pacifica juga menawarkan fitur relaksasi untuk mengatasi rasa cemas dengan instan. Tap menu Relax Now untuk mengaksesnya. Total ada 15 fitur, namun hanya empat yang tersedia secara gratis. Sisanya dapat dibuka setelah kamu upgrade ke premium dengan harga Rp49 ribuan perbulan atau Rp373 ribuan pertahunnya.

Setiap fitur memiliki cara yang berbeda untuk membantu kamu menenangkan pikiran. Misalnya fitur Unguided Meditation. Fitur ini akan membantu pikiranmu menjadi lebih rileks dengan cara mendengarkan suara alam, misalnya ombak, hujan badai, atau suara genteng saat hujan turun. Berbeda dengan fitur Deep Breathing yang akan mengajari kamu teknik bernapas untuk rileksasi pikiran.

Bisa curhat dan interaksi dengan member lain

review pacifica | screenshot 5

Sebagai pelengkap, Pacifica menyematkan fitur untuk berinteraksi sesama member melalui menu Grup dan Community. Fitur utama menu Grup yaitu chatting. Kamu dapat berinteraksi secara langsung dengan member Pacifica melalui menu ini. Kamu tinggal bergabung dengan grup yang diminati dengan memanfaatkan fitur pencarian untuk menemukan grup yang sesuai. Pengguna juga bisa membuat grup baru jika tidak menemukan grup yang cocok.

Menu Community sebenarnya hampir mirip dengan menu Group, namun ditambah sentuhan rasa media sosial. Di sini kamu bisa update status, memberikan komentar, membagikannya dan memberikan Like. Sebelum melakukan ini, pastikan kamu sudah bergabung dengan salah satu Communities atau grup yang ada.


Nah, kini kamu bisa mengatasi rasa cemas dengan lebih mudah berkat aplikasi ini. Memang, efektifitas Pacifica tergantung dari individu masing-masing. Namun tidak ada salahnya kamu mencoba aplikasi ini ketika diserang rasa cemas.

App Info
Pacifica - Stress & Anxiety
Pacifica Labs Inc. -  Apr 13, 2016
Genre:  Health & Fitness
Size:  N/A
Installs:   100,000 - 500,000
Gratis
Download

(Diedit oleh Fadly Yanuar Iriansyah; sumber gambar: Umair Akram)

The post Review Pacifica – Langkah Pertama untuk Mengatasi Rasa Cemas appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Tinggalkan Eksklusivitas, XCOM 2 Akan Hadir untuk PS4 dan Xbox One

Posted: 08 Jun 2016 01:39 AM PDT

Sebuah pengumuman cukup mengejutkan datang dari 2K selaku penerbit seri XCOM. XCOM 2 yang selama ini hanya tersedia untuk PC, Mac, dan Linux rupanya akan rilis juga di PS4 dan Xbox One. XCOM 2 versi console akan dijual dengan harga yang sama dengan versi PC yaitu US$59,99 (sekitar Rp794.000), dan rencananya rilis pada bulan September 2016.

Bila kamu melakukan pre-order XCOM 2, kamu akan mendapat bonus Resistance Warrior Pack berisi bermacam-macam item kosmetik. Tersedia juga paket Digital Deluxe Edition yang mencakup seluruh DLC berbayar untuk XCOM 2. Hampir bisa dibilang paket penjualannya mirip dengan XCOM 2 versi PC di Steam.

XCOM 2 | Screenshot 1

Banting setir dari pengumuman awal

Kalau kamu fan seri XCOM yang suka mengikuti perkembangan berita game mungkin kamu tahu bahwa saat pertama kali diumumkan, Firaxis Games berkata bahwa XCOM 2 akan rilis eksklusif untuk PC. Menurut creative director XCOM 2, Jake Solomon, XCOM 2 dikembangkan dengan target yang lebih ambisius dari prekuelnya.

Saat melihat apa yang ingin kami lakukan di sekuel ini, kami memiliki tujuan yang sangat, sangat ambisius. Untuk itu kami harus menggunakan seluruh keahlian kami … dan keahlian kami adalah PC.

Selain peningkatan kualitas visual, Firaxis ingin XCOM 2 memiliki fitur-fitur yang tidak sempat diimplementasikan di XCOM: Enemy Unknown. Contohnya pembuatan peta secara prosedural.

Penambahan fitur-fitur tersebut membuat Firaxis harus fokus pada satu platform saja. Berhubung keahlian terbesar Firaxis ada pada platform PC, XCOM 2 akhirnya dikembangkan hanya untuk PC. Game strategi tersebut juga didesain untuk pengalaman optimal di PC, seperti peletakan antarmuka yang sengaja dirancang agar nyaman diakses dengan mouse dan keyboard.

XCOM 2 | Screenshot 2

XCOM 2 bahkan memiliki dukungan resmi untuk mod, sebuah nilai jual yang jelas ditujukan untuk komunitas pemain PC. Dalam wawancara yang dilakukan PC Gamer di bulan Juni 2015, Jake Solomon menyatakan bahwa mereka belum merencanakan apa pun soal versi console. Mengingat bahwa XCOM 2 versi PC baru hadir pada Februari 2016 lalu, pengumuman versi console kali ini termasuk cukup tiba-tiba dan tak terduga.

Menggandeng bantuan pihak luar

Mengembangkan XCOM 2 untuk banyak plaftorm sekaligus adalah beban kerja yang terlalu berat untuk Firaxis Games sendirian. Oleh karenanya mereka menggandeng developer lain yaitu The Workshop untuk memboyong XCOM 2 ke Xbox One dan PS4.

The Workshop selama ini sudah terpercaya sebagai perusahaan outsourcing untuk membantu pengembangan beragam game di console, termasuk Brothers: A Tale of Two Sons dan The Evil Within.

XCOM 2 | Screenshot 3

Ini bukan pertama kalinya Firaxis Game bekerja sama dengan perusahaan luar untuk porting produk mereka. XCOM 2 pun sebelumnya sudah pernah ditangangi Feral Interactive saat pengembangan versi Mac dan Linux. The Workshop menjanjikan bahwa XCOM 2 versi console tetap akan memiliki kualitas tinggi sesuai standar francis tersebut.

Para penggemar setia XCOM 2 yang loyal pada platform PC mungkin akan kecewa sekaligus merasa "dibohongi" mendengar berita kabar kehadiran versi console ini. Namun kalau kita berpikir lebih terbuka sebenarnya kita sebagai konsumer justru diuntungkan. XCOM 2 adalah game yang sangat bagus, jadi sudah selayaknya dimainkan oleh sebanyak mungkin orang, tidak hanya gamer PC saja.

Jangan lupa untuk menyimak review XCOM 2 di sini.

Kesuksesan XCOM 2 juga nantinya bisa mendorong Firaxis Games untuk mengembangkan sekuel dengan lebih baik lagi. Yang terpenting kualitas game tetap terjaga dan tidak ada versi yang dirilis secara inferior. Selama tidak mengalami nasib serupa Batman: Arkham Knight, perilisan XCOM 2 ke banyak platform adalah keputusan baik bagi para fan maupun seri XCOM sendiri.

(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto)

The post Tinggalkan Eksklusivitas, XCOM 2 Akan Hadir untuk PS4 dan Xbox One appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Membongkar 5 Mitos yang Keliru tentang Konten Bersponsor

Posted: 08 Jun 2016 12:49 AM PDT

Iklan digital telah berevolusi. Dengan lengsernya penguasa lama, yaitu banner ad, ranah iklan digital kini dikuasai “monster” yang bernama content marketing. Perusahaan berlomba-lomba membuat konten bersponsor yang tidak sekadar untuk dibaca, tetapi juga disukai oleh audiensnya sehingga mereka semakin dikenal oleh publik.

Salah satu produk dari content marketing adalah konten bersponsor (sponsored content). Brand mempekerjakan media yang akan membuat dan mendistribusikan konten berkualitas untuk mereka. Walaupun didesain untuk dapat berbaur dengan konten lain seperti halnya native advertising, konten bersponsor tidak harus bermuatan promosi. Ini memberikan brand dan media keleluasaan untuk bereksperimen dengan konten yang mereka buat.

Buzzfeed adalah salah satu contoh media yang mahir dalam membuat artikel click-bait. Artikel mereka penuh dengan GIF, dan ini berlaku juga untuk konten bersponsor yang melebur sempurna dengan artikel reguler mereka yang juga sarat dengan GIF. Sementara New York Times memiliki T Brand Studios, tim khusus untuk menangani konten bersponsor.

Bahkan di Tech in Asia Indonesia, kami juga memiliki Brand Pulse, sebuah divisi khusus yang berdedikasi untuk membuat konten yang edukatif, inspiratif, kredibel, dan didukung oleh berbagai brand yang ahli di bidangnya.

Walau begitu, dengan munculnya konten bersponsor, muncul juga ketidakpercayaan dan skeptisisme di kalangan audiens. Untuk menghilangkan keraguan tersebut, kami akan membongkar dan mematahkan lima mitos yang selama ini menggelayuti konten bersponsor.

Konten bersponsor adalah hal yang baru

5MitosKontenBersponsor|Image 1

Sumber gambar: Pixabay

Terlepas dari istilahnya, konten bersponsor bukanlah hal yang baru. Native ad bahkan telah ada sejak awal abad ke-19. Salah satu contohnya adalah tulisan Theodore MacManus untuk brand Cadillac, The Penalty of Leadership, garapan sebuah advertising agency yang tampil mengisi ruang iklan surat kabar.

Pada tahun 1930, untuk menjangkau para ibu rumah tangga, produsen sabun seperti Procter & Gamble, Colgate-Palmolive, dan Lever Brothers membuat serial bersponsor di radio dan televisi yang menjadi cikal bakal "opera sabun."

Walau opera sabun pertama itu ditujukan sebagai sarana promosi para produsen sabun (seperti misalnya opera sabun radio pertama, Painted Lives, yang disponsori oleh sabun cuci "new Duz"), ini kemudian berkembang menjadi salah satu jenis hiburan yang paling populer sepanjang masa.

Tidak ada yang membaca konten bersponsor

5MitosKontenBersponsor|Image 2

Ketika banner ad yang mengidap consumer banner blindness—penyakit yang menjadikannya tidak terlihat oleh pembaca, konten bersponsor justru semakin memperlihatkan taringnya. Walaupun kini pembaca semakin peka terhadap konten bersponsor, logo brand yang tertera dalam sebuah artikel tidak serta merta mengurangi daya tariknya. Terlebih apabila konten yang diproduksi tetaplah relevan dan memiliki narasi yang menarik.

Pada Juni 2014, The New York Times membuat artikel naratif tentang penjara wanita untuk mempromosikan acara televisi terbaru Netflix, Orange is the New Black. Terlepas dari bayang-bayang label sponsor, artikel ini berhasil meraih 145.000 impresi menurut perusahaan pengukur efektivitas Nudge.

Situs lifestyle asal Malaysia, Says.com, juga berhasil mendulang sukses melalui konten bersponsor. Pada Juni 2015, Business Insider Singapore melaporkan bahwa artikel bersponsor yang dibuat untuk Pampers di Malaysia berhasil mengumpulkan 1,02 juta pembaca, dan masih terus bertambah hingga satu tahun setelah artikel tersebut dipublikasikan.

Konten bersponsor adalah upaya beriklan yang terlalu mencolok

5MitosKontenBersponsor|Image 3

Iklan pada dasarnya memang untuk mempromosikan produk. Mereka didesain agar dapat menginspirasi konsumen untuk melakukan perilaku tertentu, mulai dari membeli produk hingga mengunjungi situs. Sedangkan native ad merupakan pesan promosi yang didesain sedemikian rupa sehingga dapat berbaur dengan konten reguler yang ada dalam sebuah situs.

Label "sponsored content" inilah yang menjadikannya sedikit tricky. Para penerbit mendefinisikan konten bersponsor dengan artian mereka sendiri, jadi mungkin saja akan ada konten bersponsor di luar sana yang ternyata sejatinya adalah iklan. Bahkan menurut sebuah studi dari Contently, sebanyak 12,6 persen artikel dari situs berita online yang berlabel "sponsored content" ternyata memang ditulis langsung oleh sponsor sendiri.

Mitos ini, yang menyatakan bahwa konten bersponsor adalah bentuk lain dari native ad, “seakan-akan” menjadi benar. Walau begitu, 87,4 persen artikel bersponsor lain yang ditulis oleh tim editorial menyimpulkan bahwa konten bersponsor tidak harus menjadi mitos.

Para ahli di bidang ini mengatakan hal berikut. Konten berkualitas yang ingin menyampaikan informasi ketimbang berpromosi, menciptakan pengalaman membaca yang luar biasa, serta transparan terhadap tujuan mereka, terbukti lebih berhasil daripada advertorial yang tersembunyi. Kecantikan dari konten bersponsor tersebut justru terletak di sisi editorialnya.

Jadi, apabila kamu adalah brand, jangan tergoda untuk membuat konten bersponsor dengan tujuan menjual produk. Bekerjalah dengan para media, sehingga kamu akan memiliki "peralatan" untuk mengerti audiens mereka, dan mengetahui hal apa yang akan bekerja dan mana yang tidak. Gunakan kesempatan yang ada untuk "mendengarkan" keinginan audiens.

Konten bersponsor hanya berhasil apabila ia "menyamar"

5MitosKontenBersponsor|Image 4

Sumber gambar: Pixabay

Banyak brand yang masih percaya bahwa konten bersponsor hanya dapat dibilang berhasil apabila terlihat seperti artikel berita biasa. Kepercayaan ini dapat dimaklumi. Menurut Contently, ada sebuah stigma tentang konten bersponsor. Sebanyak 66,42 persen responden pada sebuah survei yang dilakukan pada tahun 2014 mengatakan bahwa mereka cenderung untuk tidak mau melihat artikel yang disponsori oleh brand.

Walau begitu, menyembunyikan fakta bahwa artikel tersebut memang disponsori dapat membuat impresi pembaca menjadi lebih buruk—baik untuk penerbit maupun untuk brand. Jangan pernah meremehkan konsumen kamu dan kemampuannya untuk mengungkap adanya “main mata” antara  tim editorial dengan brand.

Sebagian besar dari content marketing merupakan perwujudan emosional, dan apabila pembaca menyadari bahwa sebuah brand ternyata membayarmu untuk menuliskan artikel yang "menyamar," mereka akan merasa dikecewakan dan dikhianati. Ini akan menjadikan mereka memandang buruk brand tersebut.

Daripada harus menyembunyikan advertorial di tengah-tengah konten orisinal, akan lebih baik jika media dan brand transparan kepada pembaca. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh IAB dan Edelman, pembaca lebih menerima konten bersponsor ketika konten tersebut relevan, otoritatif, dan terpercaya.

Konten bersponsor tidak menghadirkan manfaat untuk pembaca

5MitosKontenBersponsor|Image 5

Konten bersponsor tentunya memberikan keuntungan bagi para perusahaan yang telah mengeluarkan uang untuk biaya promosi. Namun kamu juga dapat membuatnya agar memberikan manfaat bagi pembaca.

Melalui konten bersponsor, media dapat menghadirkan informasi yang biasanya tersembunyi di dalam belantara korporat, untuk disajikan kepada publik. Sebuah insight tentang penggunaan aplikasi di tengah masyarakat Indonesia adalah salah satu contoh yang menarik.

Konten bersponsor juga memungkinkan penerbit untuk membuat tulisan yang lebih mendalam dari biasanya. Jadi, apabila kamu sedang menjalankan sebuah perusahaan dan berencana untuk bekerja sama dengan penerbit dalam membuat konten bersponsor, lakukan dengan maksimal. Sebagai contoh, konten berbayar yang dibuat Wired untuk Netflix penuh dengan gambar interaktif, polling, dan video yang didesain khusus untuk memanjakan pembaca.

Konten bersponsor, apabila dilakukan dengan benar, dapat memberikan manfaat bagi brand, penerbit, dan pembaca. Brand akan dapat bercerita dengan efektif, penerbit akan mendapatkan lebih banyak materi, dan pembaca akan mendapatkan konten yang menghibur serta informatif.

Ingin tahu lebih banyak?

Jika kamu ingin tahu lebih banyak tentang content marketing, silakan isi formulir di bawah ini. Kami akan memberi tahu kamu apabila ada konten dan insight terbaru tentang content marketing. Jangan sungkan juga untuk beri tahu kami tentang apa yang ingin kamu pelajari pada kolom komentar di bawah!


Brand Pulse adalah cara Tech in Asia Indonesia untuk menyajikan konten bersponsor. Tim Brand Pulse kami bekerjasama dengan berbagai brand terkemuka untuk menciptakan konten yang mendidik, informatif, serta kredibel untuk audiens kami. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut, silakan kunjungi halaman brandpulse.techinasia.com atau kirimkan pertanyaan kamu ke bdid@techinasia.com.

 (Artikel ini pertama kali dipublikasikan dalam bahasa Inggris oleh Annie Teh. Informasi dalam artikel telah diterjemahkan dan dimodifikasi; diedit oleh Fadly Yanuar Iriansyah dan Mohammad Fahmi)

The post Membongkar 5 Mitos yang Keliru tentang Konten Bersponsor appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Preview Super SteamPuff – Shooter Menggemaskan yang Bikin Penasaran

Posted: 07 Jun 2016 10:26 PM PDT

Pada kali ini saya berkesempatan mencoba sebuah game karya developer di negeri tetangga kita, Malaysia. Game berjudul Super SteamPuff ini memiliki genre yang cukup menarik, yaitu shooter 2D. Namun bukan side-scrolling maupun top-down seperti shooter 2D biasanya. Mungkin Super SteamPuff lebih tepat disebut sebagai "versus shooter," walaupun saya ragu nama genre tersebut betulan ada atau tidak.

Super SteamPuff menempatkanmu dalam arena vertikal. Kamu harus mengendalikan karakter-karakter berwajah kocak melawan musuh-musuh yang bentuknya juga tak kalah aneh. Kamu bisa bergerak ke atas dan bawah dengan satu tombol, tapi tidak bisa bergerak ke depan dengan bebas. Rasanya mirip seperti main Pong versi shooter.

Super SteamPuff | Screenshot 1

Gerakan horizontal bisa kamu lakukan menggunakan tombol Shuffle yang sekaligus berfungsi sebagai gerakan menghindar. Total hanya ada tiga tombol kontrol di sini, yaitu Move, Shuffle, dan Shoot. Sistem kontrolnya sederhana sekali, tapi pada praktiknya butuh refleks yang lumayan tinggi, lo!

Terdapat empat macam mode permainan utama di Super SteamPuff, yaitu Endless, Player Versus AI, dan Player Versus Player. Endless adalah mode utama di mana kamu harus beradu tembak terus-menerus melawan musuh demi musuh, sampai kamu tak kuat lagi. Permainan dibagi ke dalam ronde-ronde pendek. Apabila berhasil menyelesaikan beberapa ronde berturut-turut, maka kamu akan dihadapkan pada pertarungan bos yang dan sulit.

Super SteamPuff | Screenshot 2

Tergantung dari performamu di mode Endless, kamu bisa level up serta mendapatkan koin atau kristal untuk membuka item kosmetik dan karakter baru. Semua karakter didesain sangat aneh dan kocak. Mulai dari dokter, ayam, kucing, alien, dan makhluk-makhluk tak jelas lainnya bisa kamu temukan di sini. Entah apa yang dipikirkan developernya saat mendesain karakter, tapi mengumpulkan karakter-karakter aneh ini rasanya cukup menyenangkan.

Dalam mode Player Versus AI, kamu akan berduel melawan musuh dengan kesulitan yang lebih menantang dari mode Endless. Mode ini cocok bila kamu ingin pertarungan cepat dimainkan sebentar saja. Sementara dalam Player Versus Player, kamu bisa bermain melawan temanmu secara lokal di satu device yang sama.

Keseruan utama Super SteamPuff terletak pada gameplay yang simpel namun rusuh dan butuh skill tinggi. Saat mulai permainan, karaktermu hanya memiliki senjata pea shooter jelek dan nyaris tak berguna. Kamu harus menembaki bola-bola yang beterbangan di layar untuk mendapat power up, sehingga bisa melancarkan serangan-serangan kuat.

Super SteamPuff | Screenshot 3

Senjata power up yang tersedia beraneka ragam, dan semua memiliki cara penggunaan berbeda-beda. Misalnya Super Repeater yang merupakan senapan mesin cepat, namun hanya bisa menembak lurus. Sementara Grenade punya ledakan kuat tapi sulit diarahkan, karena gerakan pelurunya parabola. Senjata favorit saya sendiri adalah Vector Gun yang punya peluru menyebar sehingga sukar dihindari.

Uniknya, sebagian besar senjata power up hanya bisa kamu tembakkan satu kali. Punya senjata kuat bukan jaminan pasti menang, karena bisa saja seranganmu sia-sia bila tidak diarahkan dengan baik. Ditambah lagi musuhmu juga bisa mendapat power up sama denganmu. Jadi kamu harus beradu cepat mendapat power up, berusaha menembak jatuh musuhmu, sekaligus menghindari hujan peluru dari pihak lawan dengan gerakan Shuffle.

Super SteamPuff | Screenshot 4

Banyaknya "kesibukan" yang harus kamu urus di layar membuat Super SteamPuff jadi terasa seru, walaupun sistem kontrolnya sederhana sekali. Apalagi AI musuh memiliki kesulitan lumayan tinggi. Setiap kali mati di mode Endless, saya selalu terdorong untuk mencoba lagi dan lagi. Tidak sampai adiktif, sih, tapi rasanya penasaran sekali.

Super SteamPuff rencananya akan dirilis pada tanggal 23 Juni nanti untuk platform iOS. Kamu bisa membelinya dengan harga yang cukup murah, yaitu US$2,99 saja (sekitar Rp39.700). Dengan gameplay seru serta banyaknya variasi collectibles untuk dikumpulkan, Super SteamPuff menarik dimainkan sebagai pengisi waktu luang baik sendirian maupun bersama teman.

Situs Web: Super SteamPuff

(Diedit oleh Fadly Yanuar Iriansyah)

The post Preview Super SteamPuffShooter Menggemaskan yang Bikin Penasaran appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Buku Mewarnai Ini Cocok untuk Anak-Anak yang Hobi Bermain dengan Gadget

Posted: 07 Jun 2016 10:25 PM PDT

Octagon Studiostartup asal Bandung yang bergerak di bidang teknologi Augmented Reality (AR), baru-baru ini meluncurkan buku mewarnai Octaland 4D+ Colour Me! Anak-anak tidak hanya dapat mewarnai karakter Octanian yang “tinggal” di Octaland, tetapi juga membuatnya jadi “hidup” lewat bantuan aplikasi Octaland 4D+ yang dapat diunduh secara gratis.

Buku mewarnai Colour Me! terdiri dari 26 halaman, sesuai dengan jumlah Octanian (karakter dari seri Octaland) yang memiliki berbagai pekerjaan. Anak-anak dapat mewarnai para karakter yang ada di dalam buku, setelah itu memindainya dengan aplikasi Octaland 4D+ yang tersedia untuk platform iOS dan Android.

Menariknya, tampilan karakter yang terlihat di aplikasi AR tersebut akan menyesuaikan dengan hasil mewarnai yang dilakukan anak-anak. Buku ini cocok untuk anak-anak yang hobi bermain gadget, sehingga orang tua bisa merangsang kreativitas anak lewat cara yang lebih modern. Kamu dapat melihat demonstrasi cara kerja buku dan aplikasinya pada video yang ada di bawah artikel ini.

Diluncurkan di ajang internasional

Buku mewarnai tersebut diluncurkan pada acara Augmented World Expo (AWE), yang diadakan untuk ketujuh kalinya pada tanggal 1 hingga 2 Juni 2016 lalu di California, AS. AWE sendiri, yang pada tahun ini mengusung tema “Superpowers to the People” atau “Kekuatan Super untuk Semua,” merupakan menunjukkan pesona teknologi AR, VR, dan perangkat wearable kepada publik dari berbagai belahan dunia.

“Jika kekuatan super sungguh-sungguh ada, kemungkinan besar kekuatan tersebut tampaknya akan kita gunakan untuk membuat hidup kita lebih praktis, lebih menyenangkan, dan lebih berwarna,” tulis juru bicara Octagon Studio, dalam siaran pers yang diterima Tech in Asia.

Sabet penghargaan dari WTS 2016

Suasana booth Octagon Studio di acara WTS 2016 | Image

Suasana booth Octagon Studio di acara WTS 2016

Ini bukan kali pertamanya Octagon Studio mengikuti event berskala internasional. Sebelumnya, startup yang punya produk headset VR bernama Octagon VR Genie dan Luna ini mengikuti acara Wearable Technology Show (WTS) 2016 di Inggris. Pada acara yang diadakan pertengahan Maret 2016 tersebut, Octagon Studio sukses menyabet gelar Best App dan Rising Star.

WTS, yang diselenggarakan setiap tahun sejak 2014, merupakan perhelatan bagi industri perangkat wearable, AR, dan IoT. Di samping menampilkan berbagai macam teknologi terkini, WTS juga berperan sebagai forum tempat berkumpulnya ribuan delegasi, pembicara, media, tenaga profesional, dan pakar industri terkait dari berbagai belahan dunia.

Pada acara WTS tahun lalu, Octagon Studio meluncurkan flashcard Animal 4D+ AR dan dinominasikan untuk kategori Best Start Up. Sedangkan untuk WTS yang diadakan tahun ini, selain kategori Best App dan Rising Star, Octagon Studio juga mendapat nominasi untuk kategori Best AR/VR Company—yang mana penghargaan nominasi tersebut jatuh kepada startup asal Australia Anyline.

T-shirt anak-anak dengan teknologi AR yang akan segera diluncurkan oleh Octagon Studio | Image

T-shirt anak-anak dengan teknologi AR yang akan segera diluncurkan oleh Octagon Studio

Pada perhelatan yang sama, Octagon Studio juga memperkenalkan rangkaian t-shirt AR untuk anak-anak yang dapat dipindai dengan aplikasi iOS atau Android. Dengan mengarahkan kamera smartphone pada gambar tersebut, gambar-gambar binatang dan beberapa benda lainnya akan menjadi hidup. Menurut Octagon Studio, t-shirt ini masih dalam tahap produksi dan akan segera tersedia di Indonesia.


Buku mewarnai Octaland 4D+ Colour Me! dapat dibeli seharga Rp75.000 dari situs Octagon Studio. Selain untuk buku tersebut, aplikasi Octaland 4D+ juga dapat digunakan untuk “menghidupkan” karakter dalam flashcard Octaland 4D+ Cards—yang dijual terpisah dengan harga Rp55.000.

“Kami akan terus berjuang untuk mengembangkan teknologi AR dan VR sebagai sarana yang berguna untuk kehidupan kita. Melalui produk-produk kami, Octagon Studio bertekad untuk terus bertumbuh dan kian memperluas jangkauan kami di kancah internasional,” tutup Octagon Studio.

App Info
Octaland 4D+
Octagon Studio -  May 16, 2016
Genre:  Education
Size:   49M
Installs:   50,000 - 100,000
Gratis
Download

(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto)

 

The post Buku Mewarnai Ini Cocok untuk Anak-Anak yang Hobi Bermain dengan Gadget appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Setelah Jakarta dan Bandung, ApotikAntar Perluas Jaringan ke Medan

Posted: 07 Jun 2016 09:00 PM PDT

ApotikAntar, aplikasi pesan antar obat dan kebutuhan lainnya, mengumumkan langkah ekspansi ke kota Medan. Vice President ApotikAntar, Tjan Gito, mengatakan bahwa pihaknya melihat peluang pasar yang ditawarkan Medan cukup menggiurkan. Apotek di kota tersebut juga diakuinya antusias untuk bergabung dengan layanan ini.

“Saat ini kami mencatat ada sekitar 395 apotek yang ada di Medan, dan sudah lebih dari 200 apotek yang mau bergabung. Kami harap jumlah tersebut bisa terealisasi di minggu depan,” ujar Tjan Gito dalam siaran pers yang diterima Tech in Asia.

Ketika diluncurkan pada Januari 2016, startup yang berada di bawah naungan perusahaan M-Health Tech ini baru beroperasi di Jakarta. Lalu pada Mei 2016, ApotikAntar melebarkan sayap ke Bandung dan mengklaim bahwa 85 persen dari total apotek di kota tersebut sudah bergabung dengan aplikasinya. Rangkaian ekspansi ini merupakan upaya ApotikAntar untuk mencapai target untuk menggandeng 1.000 mitra apotek hingga bulan Juni 2016.

Aplikasi ApotikAntar | Screenshot

Untuk rencana mendatang, ApotikAntar akan berekspansi ke kota lainnya. Tjan menjelaskan bahwa kota yang dituju antara lain Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Palembang, Makassar, Balikpapan dan Denpasar.

Tjan juga mengungkapkan bahwa aplikasi ApotikAntar terus mendapat pertumbuhan pengguna. “Dalam beberapa bulan sejak diluncurkan, kini sudah terdapat lebih dari 10.000 unduhan aplikasi di platform Android dan iOS,” ujar Tjan, walau tidak menyebutkan jumlah pengguna aktif bulanan secara pasti.

Di Indonesia, layanan ApotikAntar berhadapan dengan kompetitor lainnya, yakni ProSehat dan Obat24. Selain itu, terdapat nama lainnya yang dapat kamu temukan dalam artikel ini.

Selain ApotikAntar, HaloDoc juga merupakan startup yang beroperasi di bawah naungan M-Health Tech

Sebagai tambahan informasi, M-Health Tech telah memiliki startup lainnya yang juga bergerak di bidang kesehatan, yakni HaloDoc untuk memudahkan konsultasi dengan dokter dan LabConx yang memberi layanan tes kesehatan. Kedua layanan tersebut bisa diakses secara online.

Unduh aplikasi ApotikAntar melalui:

App Info
ApotikAntar
Polinasi Iddea Investama, PT -  Jan 15, 2016
Genre:  Health & Fitness
Size:   5.1M
Installs:   100 - 500
Gratis
Download

(Diedit oleh Fadly Yanuar Iriansyah; sumber gambar: RSIA Bella)

The post Setelah Jakarta dan Bandung, ApotikAntar Perluas Jaringan ke Medan appeared first on Tech in Asia Indonesia.

4 Alasan “Ngawur” ICMI untuk Mendesak Pemblokiran YouTube dan Google

Posted: 07 Jun 2016 08:04 PM PDT

Pada tanggal 7 Juni 2016 kemarin, Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) mengumumkan sebuah rekomendasi yang kontroversial kepada pemerintah. Muhammad Jafar Hafsah, Sekretaris Jenderal ICMI, mengatakan kalau mereka mendesak pemerintah agar memblokir platform video YouTube dan mesin pencari Google, karena dinilai menjadi sarana penyebaran konten pornografi.

Apabila mereka benar memberikan rekomendasi seperti itu, maka menurut saya ICMI telah salah kaprah dalam menilai produk digital seperti YouTube dan Google.

YouTube dan Google menyebabkan kejahatan seksual

Kekerasan Seksual | Ilustrasi

Sumber gambar: Kawanku

Menurut Hafsah, rekomendasi tersebut dikeluarkan ICMI karena hampir semua pelaku kejahatan seksual mengaku mendapat rangsangan dan inspirasi dari tayangan porno yang ada di YouTube dan Google. “Hal itu menjadi lebih parah karena tayangan-tayangan tersebut kini bisa diakses dengan mudah melalui smartphone,” ujar Hafsah.

Hal tersebut mungkin benar. Namun Hafsah tampaknya lupa kalau YouTube dan Google juga berperan besar dalam penyebaran ilmu pengetahuan dan informasi-informasi positif yang bisa meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia. Google bahkan baru-baru ini membuat kursus pemrograman Android gratis yang bernama Indonesia Android Kejar, demi mewujudkan mimpi Presiden Jokowi menciptakan 100.000 developer.

Simak ulasan kami tentang Hackathon yang diadakan Google untuk peserta Indonesia Android Kejar di sini

Sebagai analogi, kendaraan bermotor yang membantu kita bepergian dari satu tempat ke tempat lain juga sering menelan banyak korban jiwa ketika terjadi kecelakaan. Apa itu artinya penggunaan kendaraan bermotor juga harus dilarang?

Pemblokiran situs porno tidak lagi efektif

YouTube dan Google Diblokir | Ilustrasi

Sumber gambar: reelseo)

Alasan lain yang diungkapkan Hafsah adalah program internet sehat yang tidak lagi efektif, karena masih banyak situs porno yang bisa diakses dengan cara-cara tertentu. “Pemberantasan konten internet harus secara revolusioner, termasuk dengan menutup YouTube dan Google untuk tayang di Indonesia,” ujar Hafsah.

Pernyataan ini menurut saya sangat bertolak belakang. Karena jika YouTube dan Google akhirnya diblokir, masyarakat Indonesia tetap akan bisa mengaksesnya dengan “cara-cara tertentu” yang disebutkan Hafsah. Layanan Virtual Private Network (VPN) dan browser Tor adalah beberapa sarana yang sering digunakan masyarakat Indonesia untuk membuka situs-situs yang diblokir.

YouTube dan Google tidak membayar pajak

Uang Rupiah | Ilustrasi

Sumber gambar: Jason Paris

Hafsah juga mengklaim kalau situs-situs seperti YouTube, Google, Twitter, dan Facebook harus diblokir karena tidak membayar pajak ke pemerintah Indonesia. Hal ini jelas sudah di luar alasan utama ICMI merekomendasikan pemblokiran, yaitu karena masalah konten pornografi.

Thomas Lembong, Menteri Perdagangan Republik Indonesia, pada acara Indonesia E-Commerce Summit & Expo (IESE) 2016 menjelaskan kalau pemerintah memang mengalami kesulitan dalam menarik pajak dari situs-situs tersebut. Transaksi digital yang mereka lakukan sangat sulit untuk dideteksi. “Namun pemerintah saat ini tengah bekerja sama dengan pihak-pihak terkait untuk segera menyelesaikan masalah ini,” tutur Thomas.

Indonesia bisa membuat situs serupa YouTube dan Google

Programmer | Featured

ICMI pun merekomendasikan pemerintah Indonesia untuk membuat produk-produk digital dalam negeri, agar tidak bergantung pada situs-situs asing. “Saya yakin, inovator Indonesia mampu membuat situs serupa YouTube dan Google yang lebih baik. Tentu dengan dukungan pemerintah,” ujar Hafsah.

Faktanya, beberapa pimpinan Venture Capital (VC) pernah mengatakan kepada Tech in Asia kalau saat ini Indonesia masih kekurangan developer yang berkualitas. Itu juga alasan mengapa Presiden Jokowi akhirnya mencanangkan program 100.000 developer hingga tahun 2020.

Inilah harapan-harapan lain Presiden Jokowi untuk ekosistem startup di tanah air

Pemblokiran YouTube dan Google kemungkinan besar justru akan menghambat program tersebut, karena banyak developer Indonesia yang saat ini tengah menimba ilmu lewat situs-situs tersebut.


Dari penjelasan di atas, bisa dilihat kalau pemblokiran situs seperti YouTube dan Google justru akan membawa banyak dampak buruk bagi Indonesia. Konten pornografi tetap akan bisa diakses dengan bantuan VPN dan browser Tor, sedangkan penyebaran pengetahuan dan informasi justru malah terhambat.

(Diedit oleh Iqbal Kurniawan; Sumber gambar: Tech Trackers)

The post 4 Alasan “Ngawur” ICMI untuk Mendesak Pemblokiran YouTube dan Google appeared first on Tech in Asia Indonesia.

1 comment:

Sponsor

Latest Game News

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sponsor

pasang iklan baris gratis