Game Di Indonesia |
- UBER Luncurkan uberMOTOR di Jakarta dengan Tarif Dibawah GO-JEK dan GrabBike
- Dengan Pendanaan Seri-A Senilai US$1 Juta PicMix Siap Menggebrak Indonesia dan Asia
- Idea Factory dan Compile Heart Mengeluarkan Detail Terbaru Mengenai Game Neptunia Selanjutnya
- Teaser Titanfall 2 Isyaratkan Keberadaan Versi Mobile dan Aksi Wall Run Sebagai Robot
- Pengguna Dompetku Kini Bisa Terima Kiriman Uang dari Luar Negeri
- 7 Startup Menarik dari Indonesia yang Kami Temui di Bootstrap Alley Tech in Asia Singapore 2016
- Rangkuman Berita Game Hari Ini – 12 April 2016
- KPMG “Pertemukan” Korporasi dengan para Startup dalam Digital Village
- 10 Trailer Video Game Terbaik versi Tech in Asia Indonesia
- Bukalapak Gandeng Bekraf Ajak UKM Go-Online
- Apa Saja yang Perlu Diperhatikan untuk Memulai Startup SaaS?
- Developer DriveClub Bergabung dengan Developer Seri Dirt dan Grid untuk Membuat Game Baru
- Alibaba Beli Mayoritas Saham Lazada demi Kuasai Asia Tenggara
- Psycho-Pass: Mandatory Happiness Mendapat Tanggal Rilis dan Edisi Terbatas
- Rahasia Mengembangkan Aplikasi Android dan Tip Sukses di Google Play
- Susah Bangun Pagi? 6 Alarm Unik ini Bisa Membantumu
- MMORPG Kritika Online Akan Hadir di Indonesia Bulan Depan!
- Review ChemCaper: Act 1 – Sedikit Mengenal Kimia sambil Bermain RPG
- IDC & Gartner: Penjualan PC di Awal 2016 Kembali Terjun Bebas
- Final Fantasy VII Remake Akan Dirilis dalam Seri Layaknya Final Fantasy XIII
UBER Luncurkan uberMOTOR di Jakarta dengan Tarif Dibawah GO-JEK dan GrabBike Posted: 12 Apr 2016 07:04 PM PDT Pada akhir Februari 2016 lalu, UBER meluncurkan sebuah layanan ojek online yang bernama UberMOTO. Saat itu, mereka hanya meluncurkan layanan tersebut di Bangkok, Thailand. Mengingat ekspansi UBER yang begitu cepat, sepertinya hanya tinggal menunggu waktu bagi layanan ini untuk hadir di Indonesia dan bersaing dengan GO-JEK dan GrabBike. Hari ini (13/4), UBER akhirnya secara resmi meluncurkan layanan tersebut di kota Jakarta, namun dengan nama yang berbeda, uberMOTOR. Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu memilih pilihan uberMOTOR di aplikasi UBER kamu. Selanjutnya, kamu harus memasukkan lokasi penjemputan dan lokasi tujuan, seperti ketika kamu memesan UberX dan UberBLACK. Gratis untuk perjalanan pertama
Untuk menarik banyak pengguna, mulai hari ini hingga 11 Juli 2016, UBER akan memberikan perjalanan gratis untuk para pengguna yang baru pertama kali menggunakan layanan uberMOTOR. Kamu cukup memasukkan kode promosi “uberMOTOR”, untuk bisa mendapatkan perjalanan gratis senilai Rp75.000. Untuk pembayaran uberMOTOR, kamu juga sudah bisa menggunakan uang tunai, selain menggunakan kartu kredit dan debit. Fitur-fitur UBER yang lain seperti pelacakan lokasi pengemudi dengan GPS dan fitur berbagi rincian perjalanan kepada teman, juga sudah tersedia untuk layanan ini. Namun karena masih dalam masa awal peluncuran, uberMOTOR mengingatkan kalau jumlah pengemudi mereka masih sangat terbatas. Untuk menambah jumlah pengemudi, saat ini UBER membuka peluang kepada siapapun yang ingin menjadi mitra pengemudi mereka. Apabila tertarik untuk bergabung sebagai pengemudi uberMOTOR, kamu bisa mendaftar di tautan berikut. Tarif lebih murah dibanding GO-JEK dan GrabBikeSaat ini, uberMOTOR menerapkan tarif Rp1.000 per kilometer, ditambah tarif dasar Rp1.000. Untuk menanggulangi kemacetan yang biasa terjadi di kota Jakarta, mereka juga memperhitungkan waktu tempuh dalam perhitungan tarifnya, yaitu Rp100 per menit. Tarif ini dinilai lebih murah dibandingkan dengan GO-JEK dan GrabBike. Contohnya, untuk jarak 17 kilometer, GO-JEK memberlakukan tarif Rp34.000 (Rp2.000 per kilometer), yang bahkan bisa naik menjadi Rp39.000 saat jam sibuk. Untuk jarak yang sama GrabBike memasang tarif Rp25.500 (Rp1.500 per kilometer), yang pada jam sibuk naik menjadi Rp33.500. Jika kita menghitung tarif uberMOTOR, dengan jarak 17 kilometer, kamu hanya perlu membayar Rp18.000. Bila jarak tersebut ditempuh dalam waktu 1 jam misalnya, maka kita total hanya perlu membayar Rp24.000. Baca juga: Kilas Balik Perkembangan Ojek Online di Indonesia Sepanjang 2015 Kehadiran uberMOTOR jelas akan menambah seru persaingan layanan ojek online di Indonesia yang kini dikuasai oleh GO-JEK dan GrabBike. Dengan mengusung nama UBER yang sudah kian dikenal dan tarif yang lebih murah, bukan mustahil kalau akan banyak pengguna layanan ojek online yang beralih menggunakan layanan ini. (Diedit oleh Pradipta Nugrahanto) The post UBER Luncurkan uberMOTOR di Jakarta dengan Tarif Dibawah GO-JEK dan GrabBike appeared first on Tech in Asia Indonesia. |
Dengan Pendanaan Seri-A Senilai US$1 Juta PicMix Siap Menggebrak Indonesia dan Asia Posted: 12 Apr 2016 07:00 PM PDT Kamu yang hobi mengedit foto boleh jadi tidak asing lagi dengan aplikasi PicMix. Aplikasi sharing foto, edit video, dan platform social commerce ini baru saja mengumumkan perolehan pendanaan Seri-A mereka sebesar US$1 juta (sekitar Rp13,1 miliar) dari Gobi Partners hari ini (13/4). Sebelumnya PicMix mendapat pendanaan tahap awal dari Erajaya Group. Dengan perolehan pendanaan ini PicMix berencana untuk menyempurnakan aplikasinya dengan sejumlah fitur baru, dan tentunya perluasan pasar. Calvin Kizana selaku Founder PicMix mengatakan bila layanan ini telah bertransformasi dari yang tadinya hanya platform sharing foto kini telah menjadi content discovery dan social commerce.
Berawal dari aplikasi BlackBerryPicMix hadir sejak 2012 lalu dan mengawali debutnya dengan membuat aplikasi untuk platform BlackBerry. Hingga saat ini, PicMix mengklaim bila aplikasinya telah diunduh sebanyak 100 juta kali untuk berbagai platform. Dari jumlah itu ada 27 juta pengguna terdaftar yang telah menghasilkan 400 juta konten. Dengan mayoritas pengguna berada di rentang usia 25 sampai 34 tahun, 35 persen di antaranya berasal dari Indonesia, menyusul di belakangnya Afrika Selatan. Calvin mengatakan bila alasan ia memilih BlackBerry karena platform tersebut masih mendominasi di Indonesia ketimbang platform lain seperti Android dan iOS, dan minim saingan. Keputusan ini ternyata sukses mengantarkan PicMix mendapatkan satu juta pengguna dalam tiga bulan saja. Uniknya Calvin mengatakan bila saat ini pihaknya masih mendapat pengguna baru yang mendaftar dengan BlackBerry.
Baca juga:[Update] Kumpulan Aplikasi Edit Foto Gratis di Android dan iOS Sensasi belanja lewat PicMix MallKamu juga dapat berbelanja melalui fitur PicMix Mall. Melalui fitur ini, pengguna dapat mencari, membeli, dan menjual item. Layanan ini juga membuka celah bagi brand untuk bekerja sama. Semisal dengan menggelar kompetisi foto atau video. Nantinya pengguna yang mengikuti kompetisi tersebut berpeluang mendapatkan hadiah menarik. Ke depannya, PicMix berencana untuk terus mengembangkan layanan PicMix Mall ke berbagai negara di Asia tenggara. "Lewat pendanaan ini, kami berharap bisa mengembangkan banyak hal baru yang sesuai dengan kebutuhan dan kebiasaan pengguna sesuai dengan apa yang mereka suka," jelas Calvin. Saat ini PicMix telah bekerja sama dengan lebih dari 18 pemain e-commerce di tanah air. "Ada beberapa nama seperti Lazada, Blibli, dan Elevania," tutur Calvin. Serial entrepreneur itu menambahkan PicMix berperan sebagai pendorong kunjungan konsumen ke berbagai situs tersebut lewat berbagai campaign. "Kami ingin mengembangkan komunitas dan juga membantu brand awareness dari situs e-commerce yang bekerja sama dengan kami," jelasnya. Managing Partner Gobi Partners Thomas G. Tsao mengumumkan bila pihaknya antusias dengan konsep sharing foto dan video dengan e-commerce PicMix. Ini menjadikannya platform social commerce terdepan di Indonesia dan kawasan lainnya. Penasaran dengan keseruan menggunakan PicMix? Unduh aplikasinya melalui tautan di bawah ini: (Diedit oleh Fadly Yanuar Iriansyah) The post Dengan Pendanaan Seri-A Senilai US$1 Juta PicMix Siap Menggebrak Indonesia dan Asia appeared first on Tech in Asia Indonesia. |
Idea Factory dan Compile Heart Mengeluarkan Detail Terbaru Mengenai Game Neptunia Selanjutnya Posted: 12 Apr 2016 07:00 PM PDT Idea Factory dan Compile Heart yang terkenal dengan seri game Hyperdimension Neptunia telah memberikan detail informasi terbaru mengenai seri Neptunia selanjutnya. Meskipun belum ada detail mengenai di platform manakah game ini akan dirilis, tetapi Idea Factory serta Compile Heart memberikan banyak informasi yang menarik. Seri terbaru dari game Neptunia ini akan berjudul Cyber Dimension Online yang menceritakan petualangan Neptune dan kawan-kawannya di dunia fantasi. Meskipun memiliki judul yang menggunakan kata “Online“, tetapi game ini bukanlah game online melainkan bercerita tentang Neptune dan kawan-kawan yang memainkan game online. Desain beberapa karakter utama akan memiliki kostum yang berbeda dengan berbagai game Neptunia sebelumnya, dan disesuaikan dengan dunia fantasi yang dijelajahi oleh Neptune dan kawan-kawan. Pada gambar di atas dapat dilihat bahwa Neptune menggunakan kostum Holy Knight, Noire menggunakan kostum Dark Knight, Blanc menggunakan kostum Priest, dan Vert menggunakan kostum Enchanter. Dari informasi yang didapatkan melalui rilisan terbaru majalah Dengeki PlayStation tanggal 14 April 2016, Norihisa Kochiwa selaku produser utama, Tsunako selaku desainer karakter, serta Naoko Mizuno selaku produser mengatakan bahwa Cyber Dimension Online akan bergenre Action RPG. Mereka mengatakan bahwa pada kesempatan selanjutnya akan ditunjukkan beberapa karakter tambahan lain yang akan muncul dalam game Cyber Dimension Online. Cerita dari Cyber Dimension Online akan bermula dari Neptune dan kawan-kawannya yang bermain game Four Goddess Online dan sadar akan kehadiran sosok lain misterius dalam game tersebut. Nantinya mereka harus melawan sosok misterius tersebut sebagai musuh di Four Goddess Online. Informasi selanjutnya adalah bahwa Vert akan memiliki peran besar dalam Cyber Dimension Online, meskipun begitu Four Goddess (Neptune, Noire, Vert, Blanc) adalah seluruh karakter protagonis dalam game ini. Pada saat berita ini diluncurkan, pembuatan Cyber Dimension Online baru mencapai sekitar 20 sampai 30 persen komplet. Cyber Dimension Online ditargetkan untuk rilis pada musim dingin (sekitar Desember 2016-Februari 2017) di Jepang. Sebagai informasi tambahan, serial game Neptunia memarodikan pertarungan antar console game yang terdapat di dunia nyata. Pertarungan console game antara Sega Saturn, Sony PlayStation, Microsoft Xbox, serta Nintendo Wii di dunia game adalah dasar dari cerita Neptunia. Neptune yang dapat berubah menjadi Purple Heart dan merupakan karakter protagonis adalah parodi dari Sega Saturn, Noire yang dapat berubah menjadi Black Heart adalah parodi dari Sony PlayStation, Vert yang dapat berubah menjadi Green Heart adalah parodi dari Microsoft Xbox, sedangkan Blanc yang dapat berubah menjadi White Heart adalah parodi dari Nintendo Wii. Masing-masing karakter memiliki tempat tinggal asalnya sendiri yang dinamakan CPU. Seperti Neptune yang bertempat tinggal di Planeptune, Noire yang bertempat tinggal di Lastation, Vert yang bertempat tinggal di Leanbox, dan juga Blanc yang bertempat tinggal di Lowee. Nama tempat tinggal karakter-karakter dari Neptunia adalah parodi dari nama-nama console game yang terdapat di dunia asli. Sumber: Dengeki PlayStation via Gematsu The post Idea Factory dan Compile Heart Mengeluarkan Detail Terbaru Mengenai Game Neptunia Selanjutnya appeared first on Tech in Asia Indonesia. |
Teaser Titanfall 2 Isyaratkan Keberadaan Versi Mobile dan Aksi Wall Run Sebagai Robot Posted: 12 Apr 2016 07:33 AM PDT Baru-baru ini Respawn Entertainment mengejutkan kita semua dengan sebuah video teaser dari Titanfall 2 yang detailnya baru akan diumumkan 12 Juni mendatang. Lewat keberadaan video berdurasi kurang dari satu menit tersebut, kita diperlihatkan sebuah Drop Pod IMC bertuliskan nama James Macallan, salah satu tokoh penting dalam cerita Titanfall pertama. Walaupun hanya sebentar, namun teaser tersebut telah menimbulkan banyak spekulasi para fan, mulai dari keterlibatan James Macallan dan kehadiran pedang sebagai salah satu senjata para Mech Titan yang berperang dalam Titanfall 2. Cek juga review dari Titanfall pertama di sini! Menariknya lagi, beberapa fan juga menyoroti keberadaan nomer serial pada bagian pedang yang menyebutkan peredaran platform Titanfall 2, yaitu Xbox One, PS4, PC, dan mobile. Yep! platform mobile. Selain analisis nomor seri pada bagian pedang, sejumlah fan juga mengedit gambar thumbnail dari video teaser resmi Titanfall 2 dan menemukan gambar mech sedang melakukan manuver wall run di dinding. Manuver wall run sendiri merupakan tren game FPS modern yang diperkenalkan Titanfall pada tahun 2014 lalu dan dipopulerkan oleh kedua seri terbaru Call of Duty (Advanced Warfare dan Black Ops 3). Cukup menarik jika kita membayangkan manuver ini nantinya juga bisa dilakukan oleh sebuah robot berbadan tambun dalam Titanfall 2. Sekadar pengingat, pada bulan Oktober tahun lalu, Respawn Entertainment dikabarkan telah terlibat dalam pembuatan game mobile untuk Titanfall. Walaupun pada saat itu tidak secara gamblang menyebut game mobile ini sebagai Titanfall 2, setidaknya dari pesan tersirat yang mereka sampaikan baru-baru ini, para fan sudah bisa menerka arah pengembangan dari game mobile Titanfall tersebut. Terlepas apakah analisis di atas tadi semuanya benar ataupun salah, yang jelas kita semua baru benar-benar bisa mengetahuinya ketika EA membeberkan detail lengkap Titanfall 2 pada tanggal 12 Juni nanti. Sumber: Reddit
The post Teaser Titanfall 2 Isyaratkan Keberadaan Versi Mobile dan Aksi Wall Run Sebagai Robot appeared first on Tech in Asia Indonesia. |
Pengguna Dompetku Kini Bisa Terima Kiriman Uang dari Luar Negeri Posted: 12 Apr 2016 07:19 AM PDT Layanan uang digital melalui nomor smartphone sudah mulai menjamur di dalam negeri. Indosat Ooredoo, operator telekomunikasi yang memiliki layanan Dompetku, kini menambah fitur yang memungkinkan penggunanya menerima kiriman uang dari seluruh dunia dengan mudah. Fitur terbaru ini merupakan buah kerja sama dengan Skrill, yang merupakan penerbit uang digital terkemuka di Eropa. Skrill telah memiliki sekitar empat puluh juta nasabah, 180 ribu merchant, dan memroses transaksi senilai hampir US$18 miliar (sekitar Rp235 triliun) per tahun. Skrill juga telah beroperasi di lebih dari 200 negara. Untuk mencoba layanan ini, pengirim uang dari luar negeri diharuskan membuka rekening Skrill dan mengisi saldo menggunakan metode kartu kredit atau bank transfer. Selanjutnya pengirim uang langsung mengirimnya ke nomor Indosat Ooredoo yang telah terdaftar dengan Dompetku. Penerima akan mendapatkan dana transfer tersebut secara real-time. Pengguna juga dapat melakukan tarik tunai di beberapa lokasi yang bekerja sama dengan Indosat Ooredoo. Lokasi tersebut antara lain adalah Gerai Indosat Ooredoo, Alfamart, dan Alfamidi. Pilihan lainnya adalah dana dapat juga ditransfer ke rekening bank lain di Indonesia yang terdapat dalam jaringan ATM Bersama. Untuk opsi ini pengguna dikenakan tarif transfer reguler. Untungkan kedua belah pihakPrashant Gokarn, Chief New Business and Innovation Officer Indosat Ooredoo, mengatakan bahwa kerjasama ini dapat menguntungkan bagi pelanggan Dompetku Indosat Ooredoo dan juga bagi pelanggan Skrill sendiri. "Semoga kerja sama ini terus akan berkembang dan membawa produk remittance yang ditawarkan oleh Indosat Ooredoo akan maju dan meningkat ke tahun-tahun berikutnya," jelasnya. Sementara itu, Lorenzo Pellegrino, CEO dari Paysafe Digital Dompet, menyampaikan bahwa pihak Skrill juga antusias bisa berkolaborasi dengan vendor telekomunikasi terkemuka seperti Indosat Ooredoo untuk membuka akses transfer uang internasional, yang menjadi pendorong utama dalam pertumbuhan finansial dan perekonomian di Indonesia. Kamu dapat mengunduh aplikasi Indosat Ooredoo Dompetku melalui: Penyedia layanan uang digital di smartphone bukan hanya dari Indosat Ooredoo. Operator telekomunikasi lainnya seperti Telkomsel juga terus mempromosikan TCash dengan potongan harga di berbagai kategori produk. Selain itu, XL Axiata juga memiliki layanan XL Tunai. The post Pengguna Dompetku Kini Bisa Terima Kiriman Uang dari Luar Negeri appeared first on Tech in Asia Indonesia. |
7 Startup Menarik dari Indonesia yang Kami Temui di Bootstrap Alley Tech in Asia Singapore 2016 Posted: 12 Apr 2016 06:00 AM PDT Setiap konferensi Tech in Asia, kami selalu menghadirkan Bootstrap Alley. Sebuah ruang bagi para startup untuk menampilkan produk-produk terbaik mereka ke hadapan ribuan pengunjung yang terdiri dari investor, founder startup, developer, mahasiswa, dan penggemar teknologi. Banyak cerita startup yang lahir dari Bootstrap Alley. Selain mendapatkan masukan dan pengalaman hadir di konferensi internasional, tidak sedikit dari para peserta yang mengaku bahwa mereka bertemu dengan investor dan berakhir dengan mendapat investasi. Pada Tech in Asia Singapore 2016 ini, ada tujuh startup dari Indonesia yang ikut ambil bagian di Bootstrap Alley. Siapa saja mereka? 82Cart82Cart merupakan startup penyedia layanan pembuatan situs e-commerce. Startup ini mengklaim telah memiliki pengalaman lebih dari enam tahun dan telah membuat lebih dari 180 situs e-commerce dengan berbagai kategori, mulai dari mode, minuman dan makanan, gaya hidup, dan dekorasi rumah. DusdusanDusdusan adalah sebuah komunitas untuk pengecer di Indonesia, yang fokus menjual beragam produk kebutuhan sehari-hari. Selain menyediakan produk berkualitas, Dusdusan juga mendukung para anggota dengan memberikan pelatihan secara online maupun offline untuk meningkatkan pengetahuan mereka. Global Business SolutionPerusahaan pembuat perangkat lunak Global Business Solution mengembangkan seperangkat aplikasi ERP (Enterprise Resource Planning) bernama ALTiUS. Salah satu bagian dari produk ALTiUS adalah Omegasoft. Omega merupakan sebuah aplikasi POS (Point-of-Sales) dan akuntansi yang terintegrasi dengan Idekuliner, sebuah marketplace yang menghubungkan pemilik bisnis dengan konsumen, lengkap dengan informasi promosi dan sistem pembayaran terintegrasi. OnAirNowOnAirNow merupakan sebuah platform yang memungkinkan pengguna untuk melakukan streaming video secara live. Tidak hanya itu, melalui platform ini penyiar juga bisa berinteraksi dengan penonton melalui fitur chatting. Nantinya sang penyiar akan mendapat penghasilan dari beragam "hadiah" yang diberikan oleh penonton atau memberlakukan sistem Pay Per View. EMC SquareEMC Square adalah sebuah perusahaan analisis big data yang fokus menyediakan integrasi teknologi data. Perusahaan ini menggunakan sebuah sensor yang dipasang di kepala dan sensor pupil manusia. Tujuannya untuk melakukan analisis terhadap tingkah laku manusia saat mengunjungi sebuah situs. P2G – Payroll To GoP2G – Payroll To Go menyediakan sebuah aplikasi pembayaran gaji (payroll) untuk korporasi agar mereka bisa mengelola pembayaran gaji dengan lebih cepat dan hemat biaya dari mana saja dan kapan saja. PT.OSNSebuah perusahaan teknologi yang terdaftar dengan nama PT. OSN ini mengembangkan sebuah aplikasi pergudangan (Warehouse Management System) yang bisa digunakan untuk mengelola bidang logistik dan distribusi barang. Artikel ini merupakan bagian dari liputan Tech Asia Singapore 2016 yang berlangsung pada tanggal 12 dan 13 April. Ikuti seluruh liputannya di sini. Belum bisa menghadiri Tech in Asia Singapore 2016? Di tanggal 16 dan 17 November mendatang akan digelar konferensi Tech in Asia Jakarta 2016. Buat kamu yang tertarik untuk datang ke konferensi Tech in Asia dan berdomisili di Indonesia, tentunya sayang sekali kalau Tech in Asia Jakarta 2016 nanti kamu lewatkan. Kabar baiknya, kamu bisa dapat promo 2-for-1 untuk tiket Tech in Asia Jakarta 2016! Caranya gampang, daftarkan diri kamu di tautan di bawah ini, lalu kamu akan masuk daftar utama yang akan kami berikan harga spesial. (Diedit oleh Pradipta Nugrahanto) The post 7 Startup Menarik dari Indonesia yang Kami Temui di Bootstrap Alley Tech in Asia Singapore 2016 appeared first on Tech in Asia Indonesia. |
Rangkuman Berita Game Hari Ini – 12 April 2016 Posted: 12 Apr 2016 04:55 AM PDT GranBlue Fantasy Kini Memiliki Teks dalam Bahasa InggrisIqbal Kurniawan – Salah satu game mobile khusus Jepang yang saya pikir sulit untuk mendapatkan lokalisasi ke bahasa Inggris, GranBlue Fantasy, baru-baru ini mendapatkan update yang menambahkan dukungan bahasa Inggris ke dalam game. Dengan mengubah pengaturan bahasa di dalamnya, kamu bisa menikmati seluruh teks dan tampilan antarmuka GranBlue Fantasy dalam bahasa Inggris. Sayangnya untuk saat ini GranBlue Fantasy belum dirilis di luar Jepang. Namun melihat kesiapan di dalam game, saya pikir tinggal menunggu waktu saja hingga penerbit Mobage merilisnya secara global. Semoga dalam waktu dekat! Apple App Store Link (Jepang): GranBlue Fantasy, Gratis Google Play Store Link (Jepang): GranBlue Fantasy, Gratis Seorang Gamer Merancang Tetris dalam Layar Mini
Iqbal Kurniawan – Dengan hanya berbekal seperangkat hardware Arduino serta layar LCD mini, seorang gamer yang menyebut dirinya Numeric memprogram game Tetris untuk ditampilkan dalam sebuah layar berukuran tidak lebih besar dari telapak tangannya. Tetris super kecil ini merupakan buah karya Numeric selama dua hari yang ia pamerkan lewat situs Hackaday.io. Kamu bisa menyaksikan Tetris yang ia buat melalui video di atas. Destiny: The Taken King Akan Mendapat Update Konten Baru Bulan Ini
Risky Maulana – Seolah tak ingin ketinggalan dengan The Division yang mendapatkan update Incursion bulan ini, Bungie hari ini mengumumkan konten baru untuk Destiny: The Taken King. Konten tersebut meliputi penambahan jalinan quest Bounty dan Campaign baru, peningkatan Light Level, pewarnaan senjata baru berjenis Chroma, serta update untuk meningkatkan performa deretan senjata legendaris dari Destiny versi vanila. Dengan adanya update untuk Destiny dan juga The Division, kira-kira mana di antara keduanya ini yang akan menghabiskan banyak waktu bermain kamu di bulan April? Preview Destiny – Inilah MMOFPSRPG Penerbit The Banner Saga Akan Merilis Game untuk Serial TV Fear the Walking Dead
Risky Maulana – Penerbit game Versus Evil baru-baru ini mengumumkan sebuah game mobile bergenre runner yang mengangkat tema dari serial TV populer, Fear the Walking Dead. Dari apa yang dilihatkan dalam video di atas, game berjudul Fear the Walking Dead: Dead Run ini menyajikan visual yang cukup oke, dengan gaya siluet yang begitu kental layaknya komik noir. Seandainya kamu adalah penggemar serial TV The Walking Dead dan familier dengan Fear the Walking Dead, kamu bisa memainkan game ini sekarang juga di iOS. Silakan unduh Fear the Walking Dead: Dead Run lewat tautan di bawah. Minecraft: Story Mode Mendapatkan Potongan Harga Besar-besaran di AndroidRisky Maulana – Entah dalam rangka apa Telltale Games memberikan harga yang begitu murah untuk pembelian episode pertama dari Minecraft: Story Mode. Namun yang jelas, kesempatan ini bisa menjadi alasan kamu untuk mempertimbangkan pembelian game ini segera, selagi kesempatan masih ada. Selain diskon untuk Minecraft: Story Mode, Game Minecraft: Pocket Edition juga mendapatkan perlakuan serupa berupa diskon untuk pembelian skin dari karakter Minecraft: Story Mode. Buat Elder Scroll Kamu Sendiri dengan Panduan Berikut!
Mohammad Fahmi – Tidak, video di atas tidak akan mengajarkan kamu cara membuat game The Elder Scrolls. Tapi, video yang merupakan bagian dari saluran AWE Me tersebut akan memberikan petunjuk membuat Elder Scroll, pusaka legendaris dari dunia The Elder Scrolls. Berbagai langkah seperti membuat tipuan ukiran dengan karet ataupun proses mewarnai gulungan teks akan kamu temui dalam video di atas. The post Rangkuman Berita Game Hari Ini – 12 April 2016 appeared first on Tech in Asia Indonesia. |
KPMG “Pertemukan” Korporasi dengan para Startup dalam Digital Village Posted: 12 Apr 2016 04:03 AM PDT Saat ini, di berbagai pusat perkembangan startup, banyak sekali inkubator, akselerator, dan program-program serupa yang dibuat untuk mendukung pertumbuhan startup. Banyak di antara mereka yang memberikan dukungan luar biasa terhadap bibit-bibit startup. Namun menurut KPMG, salah satu perusahaan konsultan terbesar di dunia, masih banyak yang bisa kita lakukan untuk mendorong kemunculan lebih banyak inovasi, dan membuat inovasi tersebut layak jual. Itulah alasan mengapa KPMG Singapura meluncurkan KPMG Digital Village, sebuah ekosistem yang memungkinkan inovator, investor, dan korporasi bisa bersama-sama berinovasi dan meraih manfaat dari inovasi tersebut. KPMG membuat pengumuman tersebut pada hari ini (12/4), di konferensi Tech in Asia Singapura 2016. “Digital Village ini bisa mempercepat pertumbuhan startup dan mengembangkan mereka ke tahap selanjutnya. Selain itu, ekosistem ini juga bisa mendukung perusahaan-perusahaan yang merupakan klien kami dengan inovasi teknologi terkini. Digital Village ini juga akan memfasilitasi penerapan inovasi dan teknologi oleh para pebisnis di Singapura, agar mereka bisa berkembang dan menjadi lebih kompetitif di tingkat internasional,” ujar Lyon Poh, pimpinan Digital + Innovation di KPMG Singapura. Lyon juga mengatakan kalau ada beberapa inovasi komersial yang tidak mempunyai manajemen yang baik. “Baik perusahaan lokal yang kecil atau perusahaan internasional yang besar, kebanyakan terlalu fokus untuk meraih manfaat dari penjualan produk mereka,” ujarnya. KPMG Digital Village berusaha untuk mengatasi hal tersebut. Mereka ingin menyamakan apa yang dibutuhkan oleh perusahaan dan investor dengan inovasi yang bisa diberikan oleh para startup, inovator, dan lembaga-lembaga riset. KPMG Digital Village akan fokus pada pengembangan teknologi keuangan (fintech), kesehatan, dan logistik. Para profesional di KPMG juga akan memberikan keahlian mereka dalam hal strategi digital, analisis, customer experience, keamanan digital, cloud computing, dan Internet of Things (IoT) dalam Digital Village ini. COO Tech in Asia, Andrew Wang, menggarisbawahi kalau misi Tech in Asia adalah untuk melayani kebutuhan komunitas startup di Asia. “Dan nilai-nilai yang dibawa oleh ekosistem inovatif di Digital Village akan melengkapi tujuan kami tersebut. Sebagai partner strategis, kami bisa membantu para startup untuk bergabung dengan jaringan ini,” ujar Andrew. Ide yang telah terujiSebelumnya, KPMG telah terlebih dahulu menguji ide Digital Village ini dengan salah satu klien mereka, sebuah perusahaan asuransi kendaraan bermotor. Mereka membantu perusahaan asal Singapura tersebut untuk mengembangkan prototipe dari program telematika mobile. Sang klien dipandu mulai dari proses pembuatan ide, hingga kemudian KPMG membuat daftar ide-ide menarik dari para startup yang bisa mendukung program tersebut. Hasilnya adalah sebuah aplikasi mobile yang bisa mempelajari kebiasaan berkendara, serta memberikan hadiah kepada para pengemudi yang bisa berkendara dengan baik. Program tersebut akhirnya membuka jalan untuk produk-produk digital lainnya. Walau baru diluncurkan secara resmi pada hari ini, namun Digital Village telah mempunyai peserta pertama, yaitu AIA Group Limited (AIA), salah satu perusahaan asuransi kesehatan terdepan di Asia. KPMG juga telah menjalin kerja sama dengan beberapa pihak untuk mempersiapkan para startup agar bisa mendapatkan pendanaan. Contohnya adalah program akselerator yang dikelola oleh Nest dan beberapa institusi lokal yang bisa membantu para entrepreneur-entrepreneur muda yang masih berada di bangku sekolah. Baca juga: Inilah 11 Program Inkubator dan Akselerator Startup di Indonesia “Inovasi-inovasi hebat yang dibuat oleh startup seringkali tidak mendapat perhatian yang sepadan. Untuk itu, kami ingin membawa ide-ide berharga mereka ke dunia nyata. Lebih lanjut, kami ingin membantu inovasi mereka agar bisa menjawab tantangan dari perusahaan klien kami. Jika kamu adalah sebuah perusahaan yang mempunyai sebuah tantangan bisnis, atau sebuah startup dengan konsep yang luar biasa, kami ingin menjadi tujuan pertama kalian,” tutur Lyon Poh. Sejauh ini, KPMG telah mempunyai apa yang disebut dengan “jaringan inovasi”—kumpulan venture capital, lembaga riset, dan tokoh-tokoh industri terdepan—yang terhubung dengan klien-klien mereka. Digital Village akan memberikan jawaban akan kebutuhan tokoh-tokoh industri akan “sebuah ekosistem inovasi yang tidak hanya menginkubasi dan mengakselerasi ide-ide baru, namun juga membuatnya layak jual,” pungkas Lyon. (Diterjemahkan oleh Aditya Hadi Pratama dan diedit oleh Fadly Yanuar Iriansyah) The post KPMG "Pertemukan" Korporasi dengan para Startup dalam Digital Village appeared first on Tech in Asia Indonesia. |
10 Trailer Video Game Terbaik versi Tech in Asia Indonesia Posted: 12 Apr 2016 03:57 AM PDT Trailer adalah salah satu cara bagi developer dan penerbit video game di seluruh dunia menarik perhatian para gamer. Tidak mengherankan apabila mereka berlomba-lomba membuat trailer untuk menarik perhatian para calon penikmat game mereka, membangun hype, dan berharap karya mereka mampu laku di pasaran setelah rilis. Dari banyaknya trailer keren yang beredar di internet, kami telah melakukan kurasi hingga terkumpul sepuluh judul terbaik. Penilaian kami lakukan dengan mempertimbangkan efek sinematik, kualitas visual dan audio, penyampaian gameplay, serta "faktor X" yang mampu membuatmu berdecak kagum. Penasaran? Langsung saja simak video-videonya di bawah ini! The Witcher 3: Wild Hunt
Pertama kali melihat beberapa detik di awal trailer yang disuguhkan oleh CD Projekt Red ini, saya mengira bahwa mereka menggunakan aktor sungguhan. Ternyata seperti yang bisa kamu lihat melalui video di atas, Geralt, wanita berambut merah, dan lingkungan sekitarnya adalah hasil dari manipulasi grafis yang mengagumkan. Bagi kamu yang sudah bermain The Witcher 3: Wild Hunt tidak akan menemukan adegan d di mana pun dalam game. Meskipun demikian, trailer ini sendiri sudah cukup menggambarkan bagaimana serunya pengalaman yang akan pemain rasakan dalam The Witcher 3. Rasanya dengan melihat trailer berkualitas seperti ini, CD Projekt Red akan sukses jika mengangkat The Witcher ke dalam layar lebar. Review The Witcher 3: Wild Hunt – Liar, Luas, dan Indah Dota 2
Hal paling keren dalam trailer ini adalah bagaimana Valve membangun hype dengan suara mengagumkan Shopkeeper yang seakan mengingatkan saya pada suara "Tuhan" khas Morgan Freeman. Suara tersebut kemudian diikuti dengan berbagai adegan bertarung para hero Dota 2 yang sangat seru sambil diiringi musik orkestra pemacu adrenalin. Saya masih ingat betul pertama kali Valve menampilkan trailer ini sebelum The International 2011 digelar. Sebagai pemain sekaligus penggemar Dota 2, cuplikan video yang ada dijamin dapat membuatmu merinding dan kagum akan kombinasi audio visual yang dipresentasikan dengan amat baik. Kamu bisa membaca segala hal yang berhubungan dengan Dota 2 dalam rubrik Dota Weekly Tom Clancy's The Division
Meskipun terdapat banyak sekali trailer Tom Clancy's The Division di luar sana, namun versi live action “Silent Night” ini adalah yang terbaik. Ubisoft dengan pintar mengubah dan menyesuaikan lirik lagu Silent Night untuk menggambarkan keadaan kota New York yang dilanda pandemik dan porak poranda. Dalam durasi yang cukup singkat, Ubisoft mampu memberikan atmosfer mencekam. Aksi-aksi yang diperankan oleh aktor serta aktris sungguhan di atas juga digabung dengan tampilan gameplay The Division yang disajikan dengan cara yang cerdas dan tidak berlebihan. Trailer ini kemudian diakhiri dengan pose keren tiga agen The Division dan ditangkap dengan sudut kamera yang baik. Review Tom Clancy’s The Division – Bersatu Kita Teguh, Bercerai Kita Runtuh Grand Theft Auto V
Video ini seakan-akan bukanlah sebuah trailer video game, melainkan trailer atas film tentang lika-liku kehidupan dua pria paruh baya dan seorang anak muda yang tergabung dalam sebuah kru perampokan profesional. Trailer resmi kedua yang dirilis oleh Rockstar Games tersebut menceritakan sedikit latar belakang Michael, Trevor, dan Franklin serta beberapa cutscene di dalam Grand Theft Auto V. Kamu juga bisa melihat gameplay yang penuh dengan aksi stunt, tabrakan mobil, dan ledakan. Semuanya dikemas dengan cara yang menghibur. Review Grand Theft Auto V – Tiga Lebih Baik Daripada Satu, Empat Lebih Baik Daripada Tiga Final Fantasy XV
Masihkah kamu ingat trailer Final Fantasy XV yang akhirnya diperlihatkan dalam acara Uncovered: Final Fantasy XV? Dalam cuplikan video berdurasi empat setengah menit, kamu dapat menyaksikan penggalan gameplay serta kualitas grafis menawan yang akan Square Enix hadirkan dalam Final Fantasy XV sambil ditemani alunan musik yang menggugah. Hal yang saya sukai adalah pada menit ke dua, trailer ini mulai memutarkan lagu “Stand by Me” yang dikreasikan ulang oleh Florence + the Machine. Sambil mendengarkan lagu tersebut, kamu akan melihat eratnya persahabatan yang terjalin antara Noctis, Ignis, Gladiolus, dan Prompto. Benar-benar menyentuh hati. Impresi Platinum Demo Final Fantasy XV – Bertualang di Dunia Mimpi Noctis yang Misterius Overwatch
Trailer ini mengisahkan sepasang kakak beradik yang sedang melihat-lihat museum Overwatch. Kamu juga dapat melihat empat karakter Overwatch yang nantinya akan muncul dalam game sebagai playable character. Tracer dan Winston yang tergabung dalam Overwatch harus mempertahankan gauntlet milik Doomfist dari Widowmaker dan Reaper dari faksi Talon yang ingin merebutnya. Meskipun Blizzard menyebutnya sebagai trailer, namun saya tetap bersikukuh bahwa video di atas adalah sebuah film pendek dengan kualitas animasi setara studio Pixar atau Dreamworks. Videonya begitu menghibur untuk ditonton, bahkan seharusnya Blizzard membuat studio animasi sendiri dan mengembangkan film untuk Overwatch. Preview Overwatch – FPS dari Blizzard yang Wajib Kamu Beli Implosion – Never Lose Hope
Bagi kamu yang masih asing dengan game Implosion – Never Lose Hope dan melihat video ini sekilas, mungkin akan menebak bahwa apa yang kamu tonton merupakan sebuah trailer untuk film fiksi ilmiah. Ternyata, video keren yang bisa kamu lihat di atas adalah sebuah trailer untuk game mobile. Kamu dapat melihat keseriusan Rayark Inc. dalam membuat video promosi untuk game buatan mereka yang memang memiliki kualitas grafis dan efek visual mengagumkan. Tidak hanya dari segi visual, presentasi audionya pun jempolan dan mampu menggambarkan suasana pertarungan futuristik dengan baik. Review Implosion: Never Lose Hope – Tebas, Tikam, dan Tembak Semua Alien yang Menginvasi Bumi! Dead Island
Begitu banyak emosi yang tersalurkan dalam trailer berdurasi tiga menit ini. Kamu dapat melihat, bahkan ikut merasakan betapa terpukulnya hati sang ayah dari ekspresi ketika ia tidak mampu menyelamatkan putrinya dari kejaran para zombi. Dengan konsep yang unik, Deep Silver bereksperimen melalui alur maju dan mundur dalam mempresentasikan video promosi Dead Island ini. Di awal video kamu akan melihat akhir dari konflik yang terjadi, kemudian bergerak mundur sambil memperlihatkan potongan-potongan kilas balik sumber permasalahannya yang bergerak maju. Uncharted 4: A Thief's End
Bagi kamu yang ingin mengetahui bagaimana serunya Uncharted 4: A Thief's End, trailer di atas mampu menarasikannya dengan sangat baik. Layaknya sebuah trailer film, video berdurasi dua menit ini memperlihatkan penggalan cerita serta kejadian menegangkan dalam Uncharted 4 dengan rapi dan bahkan seolah-olah sama sekali tidak menunjukkan bahwa yang tengah dipromosikan adalah sebuah game. Video tersebut juga mampu membangun hype dengan baik. Dimulai dari adegan kilas balik Nathan Drake dengan kakaknya, Sam Drake, sewaktu mereka kecil, kemudian diikuti dengan potongan gameplay seru sambil menunjukkan grafis yang sangat memanjakan mata. Star Wars: The Old Republic – Knight of the Fallen Empire
Video ini bukanlah sebuah trailer belaka untuk mempromosikan ekspansi terbaru dari game Star Wars: The Old Republic, yaitu Knight of the Fallen Empire. Namun, video yang kamu bisa lihat adalah sebuah film pendek emosional yang menceritakan tentang keluarga, pengorbanan, dan pengkhianatan sekaligus menceritakan latar belakang ekspansi Star Wars: The Old Republic. Cerita bermula dari kelahiran putra kembar Valkorion, mantan Sith Emperor yang kini menjadi Immortal Emperor dari Eternal Empire, yang bernama Thexan (jubah hitam) dan Arcann (jubah putih). Keduanya sudah dilatih dari kecil untuk bertarung dan memimpin peperangan, namun keadaan berubah ketika mereka menginjak dewasa. Saya belum pernah melihat sebuah trailer video game dengan alur cerita tersendiri sebaik ini. Dari sepuluh trailer video game di atas, mana yang menjadi favoritmu? Apabila kamu memiliki rekomendasi video trailer yang tidak kalah keren dari daftar yang kami buat, coba sampaikan di kolom komentar. The post 10 Trailer Video Game Terbaik versi Tech in Asia Indonesia appeared first on Tech in Asia Indonesia. |
Bukalapak Gandeng Bekraf Ajak UKM Go-Online Posted: 12 Apr 2016 03:08 AM PDT Hingga 2016 ini, kebanyakan marketplace di dalam negeri masih menyasar ekosistem usaha kecil dan menengah (UKM) untuk memasarkan produknya di ranah online. Seperti yang dilakukan oleh Bukalapak pada hari ini (12/4) yang menjalin kerja sama dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf). Founder sekaligus CEO Bukalapak, Achmad Zaky menjelaskan dalam kerja sama tersebut, Bukalapak dan Bekraf berkomitmen melakukan pendampingan pemasaran online kepada para pelaku UKM, memfasilitasi hak cipta, pengembangan talent, pembinaan pengembangan produk kreatif, serta membuka akses permodalan bagi mereka. Target hingga akhir tahunLebih lanjut, Achmad mengatakan bahwa dalam kerjasama ini Bukalapak dan Bekraf menargetkan lebih dari 100.000 pelaku UKM akan terjaring. "Sudah terdapat sekitar 80.000 pelaku UKM di Bukalapak. Target yang ingin dicapai merupakan produsen cukup besar namun belum tersentuh platform online," tambahnya. Terkait dengan kerja sama ini, Kepala Bekraf, Triawan Munaf mengungkapkan bahwa dukungannya bersama Bukalapak sejalan dengan sasaran lembaga yang dipimpinnya untuk meningkatkan kontribusi sektor ekonomi kreatif terhadap pertumbuhan perekonomian nasional, baik itu dari sisi produk domestik bruto (PDB) maupun ekspor. “Sebanyak 16 subsektor ekonomi kreatif yang menjadi tugas pokok Bekraf dapat dikembangkan melalui kerja sama dengan Bukalapak, dan juga membuka akses permodalan bagi pelaku industri kreatif. Hal ini mungkin karena Bukalapak memiliki data yang kuat untuk membantu Bekraf dalam menyalurkan modal yang tepat sasaran,” tutup Triawan. Dengan besarnya potensi yang dimiliki ekosistem UKM di Indonesia, banyak startup di berbagai kategori bisnis menyasar ranah tersebut. Di Indonesia sendiri, bukan hanya Bukalapak yang gencar dengan UKM, tetapi juga ada Modalku yang siap menghubungkan UKM dengan investor, dan perusahaan data analitik GDILab yang juga giat membantu UKM menggunakan platform media sosial untuk mendorong pasar mereka. (Diedit oleh Pradipta Nugrahanto) The post Bukalapak Gandeng Bekraf Ajak UKM Go-Online appeared first on Tech in Asia Indonesia. |
Apa Saja yang Perlu Diperhatikan untuk Memulai Startup SaaS? Posted: 12 Apr 2016 02:26 AM PDT Di Indonesia bisa dibilang belum terlalu banyak, akan tetapi SaaS (Software-as-a-Services) sangat berkembang di negara-negara maju. Dalam Fintech Stage di Tech in Asia Singapore 2016, kami mengundang tiga pembicara yang berasal dari perusahaan-perusahaan SaaS besar yang beroperasi di AS dan Malaysia. Mereka adalah Yuen Tuck Siew, CEO dan Founder dari Jirnexu, sebuah perusahaan yang menawarkan solusi akuisisi pengguna. Lalu Diede van Lamoen, kepala marketing di Stripe, perusahaan teknologi dari Irlandia yang memungkinkan dua individu atau bisnis untuk melakukan pembayaran melalui internet. Dan terakhir Brad Paterson, selaku VP dan Direktur dari Intuit, penyedia perangkat lunak untuk mengelola pajak dan keuangan pribadi. Bersama dengan editorial Tech in Asia Peter Rothenberg sebagai moderator, mereka membahas tentang apa saja yang perlu diperhatikan apabila kamu ingin memasuki ranah SaaS. Dari hasil diskusi tersebut, saya telah merangkum tiga hal penting. Buat produk yang disukai penggunaPertama adalah fokus mengembangkan produk yang bagus dan disukai pengguna, karena ini adalah pilar utama dari sebuah SaaS. Brad dari Intuit menekankan bahwa kamu yang ingin terjun di dunia SaaS bisa memulai dengan membuat layanan yang memiliki sebuah fitur utama. Karena apabila kamu mengembangkan sebuah layanan SaaS yang memiliki begitu banyak fitur. Perusahaan-perusahaan besar seperti Intuit sebenarnya sudah melakukan hal yang sama. Jadi, dengan membuat produk yang sangat spesifik, produk buatanmu akan menjadi pilihan dan disukai oleh pengguna. Contohnya adalah aplikasi kolaborasi berbasis cloud Slack yang sedang naik daun dan banyak digunakan oleh developer-developer di perusahaan teknologi. Sebenarnya ada banyak sekali aplikasi seperti ini, tetapi Slack berhasil menjadi pemimpin karena mengembangkan produk yang disukai pengguna. Caranya adalah dengan iterasi pengembangan produk secara berulang-ulang berdasarkan masukan dari pengguna, sehingga mereka dapat membuat fitur-fitur yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Layanan konsumenYuen menceritakan bagaimana ia sempat secara tidak sengaja menghapus semua datanya di Google Drive, layanan penyimpanan awal dari Google. Ia kemudian menghubungi layanan konsumen Google. Hanya dalam waktu satu jam, pihak Google mengembalikan semua data-data yang telah terhapus dalam periode 24 jam sebelumnya. Kejadian itulah yang membuat layanan konsumen menjadi hal kedua yang diperlukan oleh startup SaaS. Di samping itu, layanan konsumen juga berperan untuk menerima masukan-masukan dari pengguna. Tip memonetisasi layananHal ketiga yang diperlukan startup SaaS adalah menjaring pendapatan. Bagian ini sedikit kontroversi, karena Diede menjelaskan sempat mengenakan tarif yang terlalu tinggi pada masa awal pengembangan Stripe. Bahkan lebih tinggi dari kompetitor-kompetitor mereka yang sudah hadir lebih dahulu. Walau demikian tetap saja ada pengguna yang mau membayar dengan tarif tinggi. Lain halnya dengan Brad dan Yuen yang menyarankan agar startup mengenakan tarif serendah mungkin pada tahap awal. Kemudian ditingkatkan, seiring berkembangnya fitur-fitur dari produk yang ditawarkan. Artikel ini merupakan bagian dari liputan Tech Asia Singapore 2016 yang berlangsung pada tanggal 12 dan 13 April. Ikuti seluruh liputannya di sini. Belum bisa menghadiri Tech in Asia Singapore 2016? Di tanggal 16 dan 17 November mendatang akan digelar konferensi Tech in Asia Jakarta 2016. Buat kamu yang tertarik untuk datang ke konferensi Tech in Asia dan berdomisili di Indonesia, tentunya sayang sekali kalau Tech in Asia Jakarta 2016 nanti kamu lewatkan. Kabar baiknya, kamu bisa dapat promo 2-for-1 untuk tiket Tech in Asia Jakarta 2016! Caranya gampang, daftarkan diri kamu di tautan di bawah ini, lalu kamu akan masuk daftar utama yang akan kami berikan harga spesial. (Diedit oleh Fadly Yanuar Iriansyah) The post Apa Saja yang Perlu Diperhatikan untuk Memulai Startup SaaS? appeared first on Tech in Asia Indonesia. |
Developer DriveClub Bergabung dengan Developer Seri Dirt dan Grid untuk Membuat Game Baru Posted: 12 Apr 2016 01:33 AM PDT Tidak lama berselang sejak Microsoft mengumumkan penutupan Lionhead Studios di Inggris, Sony melakukan langkah serupa dengan menutup studio game di bawah naungan mereka, Evolution Studios. Studio yang dikenal lewat seri game balapan eksklusif untuk PlayStation seperti DriveClub, WRC, dan MotorStorm tersebut resmi ditutup tanggal 22 Maret 2016. Namun, di awal April ini, Codemasters yang terkenal lewat seri game balapan Dirt maupun Grid dan sama-sama merupakan studio game di Inggris mengabarkan bahwa tim Evolution Studios telah resmi bergabung dengan mereka. Sebagian besar dari anggota tim, termasuk co-founder Evolution Studios, Mick Hocking, akan bergabung dengan Codemasters sebagai tim terpisah dan bekerja sama untuk membuat properti intelektual baru. Rencana untuk membuat properti intelektual baru dapat dimaklumi, sebab sebagian besar karya Evolution Studios selama ini merupakan judul eksklusif untuk PlayStation dengan hak paten yang dipegang oleh Sony. Setelah bergabung dengan Codemasters, tim Evolution Studios akan merancang game baru yang bakal dirilis multiplatform. “Kami menginginkan tim Evolution Studios untuk tetap menjadi tim seperti sedia kala,” ujar CEO Codemasters Frank Sagnier. “Kami ingin mendapatkan manfaat dari semua hal yang telah mereka pelajari sebagai sebuah tim, kami ingin mereka membuat game mereka sendiri. Tentu akan ada sinergi, pasti kami akan berbagi beragam hal, tapi kami ingin mereka menjaga identitas masing-masing dan tetap mengerjakan hal yang paling mereka kuasai.”
Bergabungnya tim Evolution Studios dinilai Frank sangat pas dengan fokus utama Codemasters yang khusus mengembangkan game racing. Dengan pengalaman dan kemampuan Evolution Studios yang telah diasah sejak didirikan tahun 1999 silam, Frank merasa Codemasters baru saja mendapat sumber daya manusia yang sangat hebat. Tentunya akan sangat menarik untuk menanti buah kolaborasi dari dua studio game spesialis genre racing ini di masa depan. Apakah kita akan disuguhi sebuah game racing super realistis sebagai alternatif Project CARS, atau yang lebih bernuansa arcade seperti dalam Dirt? Kamu sendiri lebih menginginkan yang mana? Sumber: GameIndustry.biz The post Developer DriveClub Bergabung dengan Developer Seri Dirt dan Grid untuk Membuat Game Baru appeared first on Tech in Asia Indonesia. |
Alibaba Beli Mayoritas Saham Lazada demi Kuasai Asia Tenggara Posted: 12 Apr 2016 01:13 AM PDT Pasar e-commerce di Cina memang tidak terbantahkan besarnya, Alibaba yang telah lama berkuasa di wilayah tersebut sadar bahwa ruang untuk mengembangkan pangsa pasar sudah semakin sempit. Sang CEO, Jack Ma, akhirnya membuat pengumuman penting: Alibaba akan berekspansi ke Asia Tenggara. Hari ini (12/4) Alibaba menyatakan telah mendapat lampu hijau untuk membeli mayoritas saham Lazada milik Rocket Internet senilai US$1 miliar (sekitar Rp13,1 triliun). Menurut Alibaba, Lazada telah memiliki taring e-commerce yang kuat di pasar Asia Tenggara dan dapat menjadi batu loncatan bagus untuk berkembang di pasar baru yang menjanjikan ini. Lazada selama ini telah memasarkan produknya—mulai dari produk fashion hingga barang elektronik—di negara-negara di Asia Tenggara seperti Indonesia, Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Vietnam. Berdasarkan pernyataan resmi dari Alibaba, investasi ini terdiri dari saham terbaru Lazada senilai US$500 juta (sekitar Rp6,5 triliun) dan saham lama milik para pemegang saham sebelumnya, yang totalnya menjadi US$1 miliar. Terkait hal ini, CEO Lazada, Max Bittner mengatakan, "Pasar di Asia Tenggara saat ini masih didominasi sektor mobile yang sangat fragmented dan memliki hambatan yang besar untuk masuk ke dalamnya, namun potensi perkembangannya masih sangat besar." Ia lebih lanjut menambahkan bahwa dibelinya saham Lazada akan mempercepat tujuan perusahaannya untuk melayani masyarakat di Asia Tenggara yang populasinya mencapai 560 juta orang. "Pengalaman dan teknologi Alibaba juga dapat membantu kami memperbaiki layanan dan memberikan pengalaman berbelanja yang lebih baik," tambah Max. Perjanjian tersebut juga berisi ketentuan yang memungkinkan Alibaba untuk mengakuisisi keseluruhan saham Lazada dalam waktu 12 hingga 18 bulan setelah transaksi. Di Indonesia sendiri, Lazada bisa dibilang sebagai raksasa e-commerce dibandingkan kompetitornya. Bagaimana tidak, di bawah pimpinan Magnus Ekbom, kini Lazada Indonesia telah memiliki kurang lebih 1.000 karyawan dengan lebih dari 11.000 merchant yang bergabung, serta warehouse yang berada di tiga lokasi, yakni Cakung, Surabaya, dan Medan. Berita ini masih terus berkembang dan kami akan memperbaruinya dengan informasi yang lebih detail. (Artikel ini pertama kali dipublikasikan dalam bahasa Inggris oleh Judith Balea. Informasi dalam artikel telah diterjemahkan dan dimodifikasi; diedit oleh Fadly Yanuar Iriansyah) The post Alibaba Beli Mayoritas Saham Lazada demi Kuasai Asia Tenggara appeared first on Tech in Asia Indonesia. |
Psycho-Pass: Mandatory Happiness Mendapat Tanggal Rilis dan Edisi Terbatas Posted: 12 Apr 2016 01:01 AM PDT Sesuai pengumuman dari NIS America beberapa bulan lalu, Psycho-Pass: Mandatory Happiness yang dulunya hanya tersedia eksklusif di Xbox One akan dirilis juga untuk PS4, PS Vita, dan PC. Visual novel tersebut rencananya akan rilis di kuartal ketiga tahun 2016 ini. Wilayah Amerika akan mendapatkannya pada tanggal 13 September, sedangkan untuk Eropa sedikit lebih lambat yaitu tanggal 16 September. Baik versi PS4 maupun versi PS Vita sama-sama akan memiliki wujud fisik, bahkan edisi terbatas. Merchandise yang akan kamu dapat dalam edisi terbatas meliputi CD soundtrack, tiga buah shitajiki (alas untuk menulis atau menggambar) bergambar karakter Psycho-Pass, microfiber cloth, serta artbook setebal 72 halaman. Edisi terbatas ini bisa dipesan lewat toko online NIS America atau Amazon. Cerita Psycho-Pass: Mandatory Happiness terjadi bersamaan dengan anime Psycho-Pass season pertama. Tokoh utama game ini adalah duo detektif Nadeshiko Kugatachi dan Takuma Tsurugi, tapi kamu juga akan bertemu dengan karakter penting Psycho-Pass seperti Shinya Kogami dan Akane Tsunemori. Khas genre visual novel, kamu akan banyak membaca dialog lalu mengambil keputusan yang bisa mempengaruhi ending. Kamu bisa membeli Psycho-Pass: Mandatory Happiness versi PS4 seharga $49,99 (sekitar Rp650.000), atau versi PS Vita seharga $39,99 (sekitar Rp520.000). Edisi terbatas untuk PS4 akan dijual dengan harga $69,99 (sekitar Rp920.000) sementara untuk PS Vita sedikit lebih murah yaitu $59,99 (sekitar Rp780.000). Game ini juga akan rilis untuk PC melalui Steam, tapi masih belum ada info mengenai tanggal rilis pastinya. Sumber: PlayStation Blog, NIS America Online Store The post Psycho-Pass: Mandatory Happiness Mendapat Tanggal Rilis dan Edisi Terbatas appeared first on Tech in Asia Indonesia. |
Rahasia Mengembangkan Aplikasi Android dan Tip Sukses di Google Play Posted: 12 Apr 2016 12:11 AM PDT David Yin, selaku Business Developer Google Play Singapore, Indonesia, and Australia hadir di Developer Stage Tech in Asia Singapore 2016. Ia memberikan tip bagaimana mengembangkan aplikasi dan rahasia bisa sukses di Google Play. Berikut adalah tiga topik utama yang dibahas oleh David. Ranah yang "basah"Sebelum kita membahas tentang tipnya, hal yang tidak kalah penting yang perlu kamu ketahui adalah bagaimana besarnya potensi mengembangkan aplikasi mobile. Ternyata potensi mengembangkan aplikasi mobile masih sangat besar, terutama aplikasi Android. David dalam presentasinya mengatakan di seluruh dunia terdapat 1,4 miliar perangkat Android dan 1,5 juta perangkat yang aktif setiap harinya . Tidak berhenti sampai di situ, Google Play Store memiliki 1 miliar pengguna aktif setiap bulan dengan rekor 50 miliar unduhan pada tahun 2014. Angka tersebut berasal dari 190 lebih negara yang membuka akses Google Play. Dari total negara tersebut, terdapat 130 negara yang memungkinkan developer untuk menjual aplikasi dan game mobile yang mereka buat. Lalu sistem pembayaran apa saja yang disediakan oleh Google Play? Google Play sendiri telah menyediakan 61 bentuk pembayaran di ratusan negara yang menjadi basis operasi toko aplikasi ini. David menambahkan, 400 juta lebih pengguna telah memiliki akses dari beragam bentuk pembayaran tersebut. Terdapat tiga bentuk sistem pembayaran yang paling banyak digunakan. Pertama adalah sistem pembayaran dengan potong pulsa yang telah digunakan di 38 negara. Kedua adalah pembelian aplikasi menggunakan Google Play Gift Card yang sudah tersedia di 30 negara. Ketiga adalah pembayaran melalui PayPal yang bisa digunakan di 21 negara di dunia. Lokalisasi hargaTip pertama yang dijelaskan oleh David adalah mengatur harga dari aplikasi. Ia menyarankan agar para developer melakukan lokalisasi tarif aplikasi, bergantung pada negaranya. David memberikan contoh game Minecraft yang berasal dari AS kemudian melakukan lokalisasi untuk pasar di Jepang dengan harga lebih murah. Alhasil penjualan game ini di Jepang melonjak dua kali lipat dari sebelumnya. Bagaimana cara melakukan lokalisasi harga? Kamu tidak perlu khawatir. Karena beberapa waktu lalu, Google telah melakukan pembaruan harga minimum dari sebuah aplikasi di sejumlah negara-negara di Asia Tenggara. Sebagai contoh di Indonesia harga terendah aplikasi turun menjadi Rp3.000 dari harga minimum awal yaitu Rp12.000. Dengan harga yang lebih murah, tentunya pengguna yang tertarik menggunakan aplikasi jumlahnya akan lebih banyak dan tentunya meningkatkan pendapatan. Selain itu untuk di Indonesia, pengguna Android juga bisa membeli aplikasi dengan sistem potong pulsa. Lokalisasi harga ini sudah terbukti dapat meningkatkan daya beli pengguna. Sebagai contoh, penjualan aplikasi Android di Jerman mengalami pertumbuhan sebesar 70 persen dari tahun ke tahun. Bahkan di Rusia pertumbuhannya mencapai 100 persen dari tahun ke tahun. Rating vs jumlah unduhanTerdapat beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat unduhan dari setiap aplikasi. Salah satu faktor yang dijelaskan oleh David adalah rating dari sebuah aplikasi. Aplikasi dengan rating tinggi akan menghasilkan penjualan yang lebih signifikan. Hal itu bahkan terjadi saat perpindahan rating. Sebagai contoh, sebuah aplikasi yang awalnya memiliki rating dua kemudian meningkat menjadi tiga bisa menghasilkan peningkatan penjualan sampai sembilan kali. Di sisi lain, aplikasi yang memiliki rating rendah akan membuat pengguna enggan untuk mengunduh dan tentunya berpikir dua kali sebelum membeli aplikasi tersebut. David juga menjelaskan, mengapa sebuah aplikasi bisa mendapat rating yang rendah? Jadi berdasarkan data analisis Google, aplikasi yang memiliki rating rendah, 32 persen disebabkan karena terdapat crash dan bug di aplikasi tersebut. Faktor lainnya sebesar empat belas persen dikarenakan jaringan internet yang lambat. Hasilnya?
Lalu bagaimana membuat aplikasi yang berkualitas? Terdapat empat kriteria utama yang membuat sebuah aplikasi berkualitas. Pertama, fitur-fitur yang lengkap dan disukai oleh pengguna. Kedua, antarmuka dan desain yang mudah digunakan. Sebagai contoh, dengan menggunakan bahasa desain Material, aplikasi Trello berhasil meningkatkan aktivitas pengguna sebesar 42 persen. Ketiga, aplikasi yang terpercaya dan memiliki performa yang bagus. Keempat, memiliki fitur-fitur terkini yang terdapat di versi terakhir dari Android. Tidak hanya itu, David juga memberikan beberapa tip untuk bisa mengembangkan aplikasi yang berkualitas, seperti: Melakukan pengujian iterasi tahap pengujian, sebelum aplikasi resmi dipasarkan di Google Play. Mulai dari tahap Alpha, Beta, Staged Rollout (rilis terbatas), hingga Full Rollout (rilis final). Setelah diluncurkan, developer juga tetap bisa melakukan pengujian untuk fitur-fitur berikutnya. Salah satu caranya adalah dengan mengaktifkan fitur Beta Program. Hal ini memungkinkan pengguna yang tertarik bisa mendapatkan fitur-fitur terbaru terlebih dahulu. Di sisi lain developer juga bisa mendapat masukan terkait fitur baru yang akan mereka rilis. Hal yang tidak kalah penting adalah memperhatikan detail-detail kecil, seperti ikon, deskripsi, hingga deskripsi dari aplikasi yang dipasang di Google Play. Detail-detail seperti itu bisa dengan mudah diuji dengan melakukan pembaruani secara berkala sampai menemukan detail yang tepat. Artikel ini merupakan bagian dari liputan Tech Asia Singapore 2016 yang berlangsung pada tanggal 12 dan 13 April. Ikuti seluruh liputannya di sini. Belum bisa menghadiri Tech in Asia Singapore 2016? Di tanggal 16 dan 17 November mendatang akan digelar konferensi Tech in Asia Jakarta 2016. Buat kamu yang tertarik untuk datang ke konferensi Tech in Asia dan berdomisili di Indonesia, tentunya sayang sekali kalau Tech in Asia Jakarta 2016 nanti kamu lewatkan. Kabar baiknya, kamu bisa dapat promo 2-for-1 untuk tiket Tech in Asia Jakarta 2016! Caranya gampang, daftarkan diri kamu di tautan di bawah ini, lalu kamu akan masuk daftar utama yang akan kami berikan harga spesial. The post Rahasia Mengembangkan Aplikasi Android dan Tip Sukses di Google Play appeared first on Tech in Asia Indonesia. |
Susah Bangun Pagi? 6 Alarm Unik ini Bisa Membantumu Posted: 11 Apr 2016 10:22 PM PDT Bangun pagi bukan perkara yang gampang. Butuh tekad dan niat untuk melakukannya. Mereka yang tekadnya tidak cukup kuat akan menarik kembali selimutnya dan tidur kembali. Oleh karena itu, banyak orang yang memanfaatkan aplikasi alarm bawaan smartphone untuk membangunkan mereka. Untuk sebagian orang, alarm smartphone benar-benar menolong. Namun sebagian yang lain menganggapnya kurang efektif. Untuk mengatasi hal itu, hadir beragam aplikasi alarm dengan fitur unik. Tujuannya agar pengguna aplikasi tidak kembali tidur ketika alarm berbunyi. Nah, bagi yang penasaran, berikut enam aplikasi alarm unik yang dapat membantu kamu sukses bangun pagi. Timy Alarm ClockKeren! Kata ini merupakan gambaran saya terhadap Timy Alarm Clock. Pengguna tidak akan menemukan beragam fitur untuk menonaktifkan alarm, layaknya aplikasi sejenis. Satu-satunya cara untuk mematikan alarm yaitu dengan membangunkan seekor monster lucu. Uniknya sang monster dapat menampilkan beragam ekspresi dan suara, layaknya orang yang tidurnya tidak ingin diganggu. Jika pengguna tap pada mata, misalnya, maka mata monster akan sedikit terbuka dan kembali menutup. Namun jika kamu tap pada bagian perut, maka monster akan kentut. Ulangi terus hingga sang monster bangun. Pengguna bisa memilih beragam monster imut di Timy Alarm Clock. Pada mulanya hanya ada empat monster yang dapat dipilih. Untuk menggunakan monster yang lain, kamu harus membelinya menggunakan koin khusus. Koin ini didapatkan dari mematikan alarm. AlarmyBosan dengan alarm bawaan smartphone? Cobalah Alarmy. Aplikasi alarm ini menyediakan empat fitur spesial untuk menonaktifkan alarm. Fitur-fitur tersebut yaitu Take a Picture, Shake, Math Problems, dan Barcode/QR-code. Pengguna bisa memilih salah satu dari empat cara menonaktifkan alarm tersebut. Sebagai pelengkap, Alarmy juga disematkan fitur History Alarm dan Today's Panel. History Alarm berguna untuk melihat riwayat bangun pagi pengguna, sedangkan Today's Panel menyediakan berita terbaru dan ramalan cuaca hari ini. Pengguna juga dapat upgrade Alarmy secara gratis atau berbayar. Harga berbayar dibanderol sebesar Rp46 ribuan. Sedangkan untuk upgrade versi gratis, pengguna diharuskan mengunduh aplikasi yang disarankan oleh Alarmy. Versi gratis dapat digunakan selama enam puluh hari. Pengguna versi pro akan mendapatkan fitur tambahan seperti fitur peningkatan volume alarm secara bertahap dan bebas dari iklan. Shake-it AlarmJika kamu ingin alarm yang memiliki tampilan yang lucu, kamu bisa menggunakan Shake-it Alarm. Aplikasi ini menawarkan fitur khusus untuk menonaktifkan alarm, namun dengan tampilan yang lebih menarik. Ada tiga fitur untuk mematikan alarm yang dapat dipilih yaitu Shaking, Touch, dan Shouting. Setiap fitur memilliki ilustrasi yang berbeda. Misalnya Touch yang memiliki ilustrasi berupa penguin. Ketika alarm aktif, layar smartphone akan menampilkan penguin dan game Touch. Tap layar berulangkali untuk mematikan alarm. Sebagai jaga-jaga pengguna bisa memanfaatkan fitur mengirim pesan via SMS yang ada di Shake-it Alarm. Jika pengguna tidak bangun, pesan akan terkirim ke nomor yang dipilih. Sama seperti Alarmy, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur untuk membaca berita terbaru dan ramalan cuaca hari ini. Islamic Alarm ClockIslamic Alarm Clock merupakan aplikasi alarm yang didesain khusus untuk muslim. Dibanding menggunakan musik sebagai alarm, aplikasi ini menggantinya dengan bacaan ayat-ayat suci Alquran dan lagu-lagu islami. Meski demikian, pengguna tetap diberikan alternatif pilihan untuk menggunakan lagu ataupun nada dering yang tersimpan di smartphone. Sebagai pelengkap, Islamic Alarm Clock juga memiliki fitur penanggalan Hijriah. GlimmerGlimmer merupakan aplikasi alarm yang unik. Ketika alarm aktif, smartphone akan menyala dengan cahaya redup dan akan semakin terang, layaknya matahari terbit. Kamu harus memastikan lampu kamar telah dimatikan agar Glimmer dapat bekerja secara maksimal. Bagaimana jika pengguna tidak bangun? Untuk mengantisipasi hal ini, Glimmer menyematkan Alarm Music. Alarm ini akan memutar musik dengan volume suara 100 persen, memastikan penggunanya bangun. Aplikasi ini juga menyediakan fitur premium berupa pemilihan tambahan pilihan Theme alarm, pengaturan durasi dan tingkat kecerahan layar, hingga memilih musik untuk Alarm Music. Untuk mendapatkan semua fitur tersebut pengguna bisa mendonasikan uang sebesar €1 (sekitar Rp15 ribuan) hingga €20 (sekitar Rp300 ribuan). Wake Up! Alarm ClockAplikasi alarm ini menawarkan game sebagai metode untuk mematikan alarm. Tersedia beragam puzzle yang harus dipecahkan dalam tempo 60 detik. Jika tidak berhasil, maka pengguna harus mengulangnya kembali. Untungnya pengguna bisa memilih puzzle yang akan diselesaikan. Selain game, Wake Up! Alarm Clock juga menawarkan fitur menonaktifkan alarm yang lain, seperti menyelesaikan soal matematika, foto, menggoyang smartphone, dan pilihan acak. Semua fitur baru bisa dicoba setelah pengguna membagikan aplikasi ini melalui pesan instan ataupun e-mail.
Itulah beberapa aplikasi alarm berfitur unik yang bisa membantu kamu bangun lebih pagi. Setiap apikasi memiliki kelebihannya sendiri, jadi sesuaikan saja dengan kebutuhan dan selera masing-masing. (Diedit oleh Fadly Yanuar Iriansyah; sumber gambar Nick Stenning ) The post Susah Bangun Pagi? 6 Alarm Unik ini Bisa Membantumu appeared first on Tech in Asia Indonesia. |
MMORPG Kritika Online Akan Hadir di Indonesia Bulan Depan! Posted: 11 Apr 2016 10:07 PM PDT Kritika Online yang merupakan salah satu judul MMORPG action asal Korea Selatan, dalam waktu dekat akan hadir memeriahkan persaingan MMORPG di tanah air. Game MMO buatan developer All-M ini nantinya akan didistribusikan oleh Playpark dan AsiaSoft yang tahun lalu juga telah membawakan LINE Dragonica Mobile ke wilayah Indonesia. Sekadar pengingat, sebelumnya judul Kritika telah kita kenal lewat sebuah game mobile bergenre hack and slash yang dirilis oleh Gamevil di tahun 2014 silam. Berbeda dengan versi mobile yang menyajikan pertarungan seru namun terasa ringkas dan linear, Kritika Online akan membawamu ke dalam aksi yang jauh lebih meluas dan masih melibatkan empat kelas karakter yang telah menghiasi Kritika: The White Knights. Sama halnya seperti versi mobile, keempat kelas karakter ini memiliki pembagian subclass yang akan membuat permainan terasa jauh lebih variatif. Percabangan kelas tersebut antara lain:
Dari sejumlah video gameplay yang mereka perlihatkan, Kritika Online jauh lebih unggul dari segi variasi animasi serangan, luas arena permainan, serta implementasi serangan kombo yang sanggup membuat lawanmu rentan untuk dihajar lagi saat berada di udara (juggling). Hal ini jelas membuat para pemain versi mobile Kritika seperti saya begitu tertarik dan penasaran untuk mencobanya. Dengan gaya permainannya yang cukup intens, MMORPG berjudul Kritika Online ini rencananya akan dirilis serentak di enam negara Asia, mulai dari Thailand, Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, dan Vietnam pada bulan Mei mendatang. Sumber: Kritika Online SEA
The post MMORPG Kritika Online Akan Hadir di Indonesia Bulan Depan! appeared first on Tech in Asia Indonesia. |
Review ChemCaper: Act 1 – Sedikit Mengenal Kimia sambil Bermain RPG Posted: 11 Apr 2016 09:54 PM PDT Belajar sambil bermain RPG? Premis ini terdengar sangat menarik bagi saya yang jelas-jelas memilih video game daripada buku pelajaran, apalagi bila terkait dengan mata pelajaran kimia yang kurang saya minati. Premis itulah yang dijanjikan oleh ACE Ed-Venture dan Artoncode lewat ChemCaper, RPG terbaru mereka untuk iOS dan Android. Dirilis dengan format episodik, ChemCaper tersedia untuk platform mobile pada pertengahan Maret lalu setelah pertama kali diumumkan keberadaannya pada tahun 2014. Saya pun mencoba memainkannya karena terdorong oleh niat ingin menebus dosa masa lampau yang tidak mengacuhkan mata pelajaran kimia. Apakah kali ini saya berhasil mempelajari kimia tanpa tertidur di tengah-tengah proses pembelajaran? Simak terus ulasan saya di bawah. Kisah Fantasi Selayaknya RPGDalam ChemCaper, kamu akan diajak untuk mengikuti kisah Roub, seorang anak muda dari bangsa Moon Being. Bangsa tersebut memiliki kemampuan untuk memanipulasi molekul dan mengendalikan hewan-hewan yang disebut Petticle. Sebagai salah satu anggota Moon Being, Roub mendapatkan tugas melacak keberadaan sosok misterius yang dipercaya sebagai salah satu zat keramat. Tugas pertamanya adalah pergi ke sebuah tempat bernama Camp Ungku, di mana terlihat jejak keberadaan suatu makhluk tak dikenal. Tugas perdananya tak berjalan mulus, karena pesawat yang ia tumpangi harus mendarat darurat. Terlebih lagi, ia juga mendengar kabar bahwa kota tempat ia tinggal diserang oleh para Petticle yang lepas kendali. Apakah yang sedang terjadi? RPG 90 Persen, Pengetahuan Kimia 10 PersenSetelah memainkan ChemCaper selama belasan jam, saya akhirnya benar-benar memahami bahwa konten ChemCaper sebagian besar sama seperti RPG kebanyakan, dengan disisipi bumbu tentang pengetahuan kimia. Semua elemen yang ada dalam RPG hadir di ChemCaper, seperti sistem quest, turn-based battle, hingga mekanisme leveling karakter. Elemen pengetahuan kimia hadir dalam sistem membuat Petticle. Kamu dapat mengombinasikan beragam orb untuk menjadi seekor Petticle. Petticle bisa disamakan sebagai senyawa kimia, sedangkan orb yang menjadi penyusunnya sama dengan molekul kimia. Pembentukan Petticle tidak bisa dilakukan sembarangan. Layaknya senyawa kimia sungguhan, kombinasi orb yang dibutuhkan serta jenis ikatan kimia yang perlu dilakukan untuk setiap Petticle harus benar-benar sesuai. Sebagai contoh, untuk membuat Petticle bernama Sal-T dengan kode NaCl (atau dikenal juga sebagai garam dapur), kamu akan membutuhkan orb Natrium (Na) dan Chlorida (Cl) yang disatukan melalui ikatan ionik, persis seperti senyawa NaCl dalam dunia nyata. Dengan mengoleksi beragam jenis Petticle, saya jadi mengetahui bermacam molekul, berbagai senyawa yang dapat mereka hasilkan, serta jenis ikatan apa yang membuat mereka dapat bersenyawa. Pengetahuan ini cocok untuk menjadi perkenalan dalam ilmu kimia, namun pastinya tidak akan membuat kita semua lantas meraih nilai sempurna bila menghadapi ujian kimia. Mini Game Mirip Cooking MamaHal menarik lainnya adalah keberadaan mini game ketika melakukan proses crafting. Selain membeli potion maupun eliksir langsung dari penjual, saya bisa membuatnya sendiri dengan menggunakan beragam perlengkapan layaknya sedang melakukan praktek kimia dalam sebuah laboratorium. Mirip dengan game Cooking Mama yang mengajak saya melakukan beragam aktivitas untuk membuat suatu masakan, mini game dalam ChemCaper juga menugaskan saya untuk mencampur, mengaduk, menyaring, dan melakukan berbagai kegiatan lainnya untuk memperoleh bermacam item. Proses yang perlu dilakukan untuk setiap jenis item berbeda-beda, sehingga cukup memberikan variasi. Tidak Ada Inovasi BerartiDi luar sistem pembelajaran membuat senyawa kimia dan mini game tentang meramu item, ACE Ed-Venture dan Artoncode tidak menghadirkan inovasi berarti dari sisi gameplay. Beragam elemen petualangan yang ada di dalamnya sudah pernah saya mainkan di RPG sejenis lain, dan tidak ada yang membuat saya tergugah. Pertempuran dalam ChemCaper berlangsung dengan sistem formasi yang dapat diubah-ubah. Saya diberi kebebasan mengatur formasi dan memadupadankan hingga lima Petticle sekaligus untuk diajak bertarung. Terdapat banyak sekali formasi yang bisa diterapkan, dan semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Mekanisme turn-based battle yang dihadirkan tidak memiliki kedalaman strategis. Saya hanya bisa menunggu agar Petticle yang saya ajak telah siap, lalu melakukan tap pada musuh untuk menyerang. Tidak ada opsi untuk bertahan, mengeluarkan jurus pamungkas, atau lari dari pertarungan. Satu-satunya hal yang bisa saya lakukan selain menyerang adalah menggunakan consumable item. Quest MembingungkanDari dialog percakapan yang terdapat sepanjang permainan, saya dapat mengetahui bahwa ACE Ed-Venture menaruh perhatian lebih pada sektor narasi. Setiap tokoh dalam ChemCaper memiliki gaya bicara khas yang memberi mereka karakter masing-masing. Begitu juga dengan petunjuk untuk quest yang harus dijalani Roub, semuanya disampaikan dengan gaya penulisan unik hingga terkadang sulit dimengerti. Walau secara garis besar saya cukup paham harus melakukan apa, namun saya mengalami kesulitan untuk mengetahui harus ke mana atau mendapatkan item apa agar quest yang dimaksud dapat selesai. Petunjuk yang diberikan sering kali berupa “pergi ke poin X” atau “berikan barang dengan efek Y” tanpa informasi mengenai arah yang harus dituju maupun di mana saya dapat memperoleh barang tersebut. Tidak jarang waktu saya tersita hanya untuk mondar-mandir dan mengecek area yang telah dilewati sebelumnya berulang kali sambil berharap mendapatkan petunjuk tambahan. Sistem fast travel yang diterapkan dalam game pun diletakkan di lokasi yang kurang strategis, sehingga membuat waktu tempuh menjelajah semakin terasa lama. Grafis di Atas Rata-RataWalau memiliki kekurangan dari segi desain permainan, saya akui ACE Ed-Venture dan Artoncode melakukan usaha cukup baik untuk menghadirkan grafis 3D pada perangkat mobile. Animasi karakter maupun transisi dari mode eksplorasi ke mode battle (dan sebaliknya) dalam ChemCaper berjalan mulus dan tampak terpoles. Grafis tersebut masih dipermanis dengan gambar 2D untuk setiap karakter serta cutscene yang artistik. Andai saja Roub benar-benar dapat berjalan dengan lebih ceria daripada hanya sekadar mengambang, saya rasa tampilan dalam ChemCaper akan terasa jauh lebih hidup. KesimpulanSelain dari sisi grafis yang di atas rata-rata. Saya rasa ChemCaper belum bisa memuaskan hasrat para penggemar RPG hardcore maupun orang yang ingin belajar kimia. Baik elemen RPG maupun edukasi di ChemCaper terasa cukup dangkal, dan tentunya bisa digarap lebih dalam lagi. Dengan banderol sekitar Rp120.000, kamu bisa membeli beberapa game sejenis di Android yang lebih bagus, seperti dalam daftar RPG mobile terbaik versi Tech in Asia, atau membeli buku pengantar kimia yang memiliki konten pengetahuan lebih komplet. Saya masih berharap semoga babak kedua ChemCaper dirilis lebih baik dibandingkan episode pertamanya. The post Review ChemCaper: Act 1 – Sedikit Mengenal Kimia sambil Bermain RPG appeared first on Tech in Asia Indonesia. |
IDC & Gartner: Penjualan PC di Awal 2016 Kembali Terjun Bebas Posted: 11 Apr 2016 09:15 PM PDT Tahun 2015 yang lalu merupakan tahun terburuk dalam bisnis penjualan Personal Computer (PC), yang terdiri atas perangkat desktop, notebook, dan Chromebook. IDC dan Gartner, dua lembaga besar yang meneliti penjualan PC di seluruh dunia, menyatakan kalau penjualan PC tahun lalu merupakan yang terburuk selama tujuh tahun terakhir. Selama satu tahun, penjualan seluruh PC bahkan tidak mencapai angka 290 juta perangkat. Tahun ini, penurunan jumlah penjualan PC sepertinya belum akan berakhir. Kemarin (11/4), IDC dan Gartner kembali merilis perkiraan jumlah penjualan PC di kuartal pertama tahun 2016. Dan hasilnya, penjualan PC kembali mengalami penurunan sekitar sepuluh persen dibanding periode yang sama di tahun sebelumnya. Penjualan di awal tahun ini bahkan merupakan yang terburuk sejak tahun 2007. Gartner menyatakan kalau penjualan PC selama tiga bulan terakhir hanya mencapai angka 64 juta, sedangkan IDC menyatakan angka yang lebih rendah lagi, sekitar 60 juta perangkat. HP mengalami penurunan terbesarMenurut IDC dan Gartner, pasar PC di seluruh dunia masih didominasi oleh Lenovo, dengan market share sebesar 20 persen, yang diikuti oleh HP di posisi kedua. Dibanding produsen-produsen PC lain yang berada di posisi lima besar, HP merupakan produsen dengan penurunan penjualan terbesar, yaitu sekitar sembilan persen. Data yang dirilis IDC dan Gartner mempunyai sedikit perbedaan. IDC menempatkan Apple di posisi keempat dan Asus di posisi kelima. Sedangkan menurut Gartner seharusnya Asus menempati posisi keempat dan Apple di posisi kelima. Gartner juga memperkirakan kalau Asus dan Apple tidak mengalami penurunan penjualan dibanding penjualan tahun lalu. Apa yang bisa menyelamatkan penjualan PC?Menurut Mikako Kitagawa, pimpinan analis di Gartner, pengguna enggan membeli PC karena harganya yang cenderung naik akibat melemahnya mata uang lokal terhadap mata uang Amerika Serikat. "Hasil penelitian kami menunjukkan kalau ada peningkatan barang yang tersimpan di gudang para produsen sejak musim liburan di akhir tahun 2015 kemarin," jelas Mikako. Hal itu juga diamini oleh Jay Chou, manajer penelitian IDC, yang mengatakan kalau para produsen PC harus berjuang menghadapi minat konsumen yang menurun dan tingginya permintaan terhadap perangkat lain. "Secara total, IDC masih memperkirakan kalau total pengeluaran untuk perangkat IT akan terus naik di tahun 2016 ini," ujar Jay. Jay juga mengatakan kalau salah satu hal yang bisa menyelamatkan penjualan PC di seluruh dunia adalah makin tingginya pemakaian sistem operasi terbaru Microsoft, yaitu Windows 10. "Sudah saatnya perkembangan Windows 10 dikonversi menjadi penjualan PC," tutur Jay. Baca juga: IDC: Penjualan Smartphone di Seluruh Dunia Tahun 2015 Capai 1,4 Miliar Unit Tingginya permintaan terhadap smartphone sepertinya merupakan salah satu faktor yang menggerus penjualan PC di seluruh dunia. Seperti kita tahu, saat ini hampir semua hal yang biasanya kita lakukan lewat PC kini sudah bisa kita lakukan dengan smartphone. Bahkan para produsen PC pun kini sudah berbondong-bondong "hijrah" dan ikut memproduksi smartphone. (Diedit oleh Fadly Yanuar Iriansyah, sumber gambar: wwarby) The post IDC & Gartner: Penjualan PC di Awal 2016 Kembali Terjun Bebas appeared first on Tech in Asia Indonesia. |
Final Fantasy VII Remake Akan Dirilis dalam Seri Layaknya Final Fantasy XIII Posted: 11 Apr 2016 09:07 PM PDT Menurut informasi yang dilansir dari edisi terbaru majalah Game Informer, Square Enix mengatakan bahwa Final Fantasy VII Remake akan dirilis dalam beberapa “episode”. Info terbaru dari Yoshinori Kitase selaku produser menegaskan bahwa perilisan setiap episode tidaklah dalam skala kecil layaknya game buatan Telltale, melainkan dalam skala yang dapat dibandingkan dengan ukuran sebuah game dari seri Final Fantasy XIII. Yoshinori Kitase mengatakan bahwa tim pembuatan Final Fantasy VII Remake menggunakan Final Fantasy XIII sebagai contoh untuk merilis cerita yang terbentak di lebih dari satu game. Final Fantasy VII Remake akan disajikan menjadi beberapa game dengan skala besar yang masing-masing game akan sebesar Final Fantasy XIII. Selain itu, mereka berencana untuk memodifikasi beberapa hal menjadi lebih modern tanpa mengubah cerita aslinya. Yoshinori Kitase selaku produser, Tetsuya Nomura selaku desainer karakter, dan Kazushige Nojima selaku penulis skenario dari Final Fantasy VII Remake menegaskan bahwa mereka telah memikirkan matang-matang rencana perubahan yang ada. Mereka juga mengatakan tidak ada hal yang tidak bisa disentuh ulang dari game orisinal ke remake ini, tapi bukan berarti mereka akan mengubah semua hal. Pada saat berita ini ditulis, Final Fantasy VII Remake belum memiliki tanggal rilis yang pasti. Menurut informasi yang didapat dari Yoshinori Kitase, masa pembuatannya akan lebih cepat daripada masa pembuatan Final Fantasy XV. Selain itu, Square Enix akan merilis Final Fantasy VII Remake pada console PS4 terlebih dahulu secara eksklusif yang akan disusul oleh beberapa platform lainnya dengan rentang waktu belum diketahui. Update dari editor: Beberapa bagian artikel diperbaharui untuk menyesuaikan ulang dengan fakta yang diperoleh dari sumber. Sumber: Game Informer via IGN The post Final Fantasy VII Remake Akan Dirilis dalam Seri Layaknya Final Fantasy XIII appeared first on Tech in Asia Indonesia. |
You are subscribed to email updates from Tech in Asia Indonesia. To stop receiving these emails, you may unsubscribe now. | Email delivery powered by Google |
Google Inc., 1600 Amphitheatre Parkway, Mountain View, CA 94043, United States |
No comments:
Post a Comment