Game Di Indonesia |
- Pecahkan Isu Agrikultur dengan Teknologi, Limakilo Raih Investasi
- Pengguna Aplikasi Goers Kini Dapat Langsung Menuju Venue dengan Uber
- Rangkuman Berita Game Hari Ini – 23 Mei 2016
- 5 Marketplace yang Menjual Kerajinan Tangan Asli Indonesia
- Yonder Music Pikat Pengguna XL dengan Akses Gratis ke Layanan Streaming Musiknya
- Game Tiruan Overwatch untuk Mobile Tengah Dikerjakan Developer Asal Cina
- Unity dan Unreal Engine Dikabarkan Akan Mendukung Daydream VR dari Google
- Review Angry Birds Action! – Strategi Adalah Kunci Kemenangan
- Britney Spears: American Dream – Satu Lagi Game Bertema Artis Hollywood dari Glu
- 4 Kunci Sukses Promosi yang Efektif di Bulan Ramadan
- Meluncur Jelang Lebaran, Gadjian Bantu UKM Mengelola Gaji dan THR Karyawan
- Lost Frontier – Game Strategi Mirip Advance Wars dari Kreator Battleheart Legacy
- Minecraft Akhirnya Resmi Masuk Cina Tahun Ini
- 4 Kebiasaan Mark Zuckerberg yang Membuatnya Kaya di Usia Muda
Pecahkan Isu Agrikultur dengan Teknologi, Limakilo Raih Investasi Posted: 23 May 2016 06:00 PM PDT
Co-Founder Limakilo Walesa Danto mengatakan kepada Tech in Asia, sebagian besar dari pendanaan ini akan digunakan untuk peningkatan produksi dan kualitas petani mitra mereka. Ini dilakukan melalui implementasi aplikasi yang memudahkan Limakilo mengelola penjadwalan panen dan monitoring proses penanaman petani. "Tantangan tersendiri bagi kami untuk mengimplementasikan teknologi yang tepat dan tidak membuat petani merasa kewalahan dengan teknologi," ucap Walesa. Untuk mengatasi tantangan tersebut, Limakilo akan melakukan pelatihan aplikasi kepada petani yang tergabung di mitra gabungan kelompok tani (gapoktan). Tahun ini Limakilo juga menargetkan kemitraan dengan lebih banyak petani dan ekspansi market di luar Jakarta. Sebelumnya Limakilo masih menjalankan operasional secara bootstrapping (menggunakan modal pribadi) hingga di tahap prototyping dan beta release pada November 2015, sekitar sebulan setelah terpilih sebagai salah satu pemenang Hackathon Merdeka 1.0. Limakilo sendiri baru beroperasi secara penuh pada Februari 2016. Pada bulan yang sama, Limakilo masuk ke tahap Grand Final Mandiri Hackathon bersama sembilan finalis lainnya. Menghilangkan peran tengkulakVisi dari Limakilo adalah menghilangkan peran tengkulak dalam distribusi bahan pangan. Melalui layanannya, Limakilo berharap dapat mengefisienkan pola distribusi produk pertanian karena pembeli dan petani bisa dipertemukan langsung. Tidak hanya itu, sifat hasil pertanian yang tidak tahan lama dan tidak dapat diproduksi setiap saat membuat petani membutuhkan tempat khusus. Sayangnya, masih sedikit sekali petani yang menjual hasil panennya secara online, baik menggunakan e-commerce maupun marketplace yang sudah ada. Di sini lah Limakilo hadir sebagai solusi bagi petani. Dimulai dengan komoditas bawang merah dan melayani area Jakarta yang memiliki potensi konsumsi bawang merah di kisaran 700 hingga 1.000 ton per bulan (sekitar dua persen dari total konsumsi nasional), kini Limakilo telah bermitra dengan lebih dari 15 petani yang berasal dari Brebes, Bandung, dan Jogja. Walesa mengatakan kalau Limakilo ingin menjawab masalah ketidakstabilan harga komoditas di Indonesia. Karena baik petani maupun konsumen dirugikan dengan banyaknya tengkulak di antara keduanya. "Yang terjadi saat ini adalah harga di petani sangat rendah sedangkan di level konsumen harganya terus naik. Untuk komoditas bawang merah, misalnya, kenaikan harga dari petani ke konsumen bisa mencapai 80 persen," ungkap Walesa. Ambisi membuka data agrikulturWalesa menambahkan, saat ini Limakilo sedang mengerjakan kebun R&D (litbang) yang terintegrasi dengan sistem mereka. Tujuannya agar data dan informasi pengelolaan penanaman dapat terhubung secara digital. "Mulai dari waktu pertama tanam, luas lahan, nama petani pengelola, jumlah kebutuhan pupuk dan insektisida, sampai neraca keuangan penanaman nantinya bisa kami kumpulkan datanya," ujar Walesa. Menurutnya, kondisi data agrikultur saat ini masih minim informasi. Hanya informasi jumlah panen dan harga pasar saja—yang datanya diambil oleh surveyor dari pihak pemerintah—yang bisa diakses oleh publik.
Yakin realisasikan visiTim Limakilo mengaku memiliki visi untuk mengembangkan aplikasinya, dari sebuah startup technology menjadi social enterprise yang seiring dengan perkembangannya bisa memberi manfaat kepada petani. Walesa yakin visi tersebut dapat direalisasikan, terlebih karena co-founder Limakilo semuanya berasal dari daerah yang sangat dekat dengan pertanian. Sehingga secara natural, startup ini bisa dengan mudah berkolaborasi dengan petani dan mengimplementasikan teknologi dengan pendekatan yang tepat untuk menyelesaikan masalah mereka. Tampaknya alasan inilah yang menarik perhatian East Ventures untuk mengucurkan pendanaan. Menurut Willson Cuaca, Managing Partner East Ventures, ia telah memantau Limakilo sejak Hackathon yang diadakan tahun lalu. Ia melihat tim Limakilo berkembang dengan positif. Tim yang solid ditambah eksekusi yang cepat dan tepat sasaran. Kerja sama ini diharapkan dapat mempercepat pertumbuhan bisnis Limakilo "Sejalan dengan visi dan fokus East Ventures untuk berinvestasi di kategori agriculture technology dan pertanian, tim Limakilo juga membuktikan kalau ada juga peserta Hackathon yang bisa menjadi bisnis yang sustainable and investible," paparnya. (Diedit oleh Pradipta Nugrahanto)
The post Pecahkan Isu Agrikultur dengan Teknologi, Limakilo Raih Investasi appeared first on Tech in Asia Indonesia. |
Pengguna Aplikasi Goers Kini Dapat Langsung Menuju Venue dengan Uber Posted: 23 May 2016 06:26 AM PDT Aplikasi Goers telah diluncurkan sejak Juni 2015, dengan layanan utama informasi event yang diadakan di Jabodetabek dan kota lainnya di Indonesia. Melalui blog resminya, Goers mengumumkan perubahan tampilan dan fitur terbaru di aplikasinya. Sammy Ramadhan, CEO dan Founder Goers lebih lanjut mengatakan bahwa update terakhir yang dilakukan bukan hanya memperbaiki bug yang muncul, tetapi juga mengubah UI dan UX agar lebih memaksimalkan kemudahan saat mengakses aplikasi bagi pengguna. Integrasi dengan Uber untuk akomodasi ke venueDalam update terakhir, ada beberapa poin pembaruan yang dilakukan. Pertama adalah tampilan homepage yang dibuat dengan navigasi lebih simpel. Sebelumnya pengguna harus mengakses sidebar yang terletak di sebelah kiri atas aplikasi, namun kini semua informasi detail event langsung tersedia dalam satu laman. Kemudian ditambahkan fitur Collection yang berisi kurasi acara yang sedang kekinian dan diminati banyak pengguna. Fitur terbaru ini dihadirkan dari hasil riset tim Goers bahwa pengguna di aplikasi sebelumnya menginginkan rekomendasi event yang sedang hits. Lalu tim Goers juga menambahkan pilihan interest bagi pengguna untuk rekomendasi event. Sebelumnya di aplikasi Goers hanya disediakan dua belas kategori, seperti Fashion, Charity, Family, dan Food. Kini pilihan interest lebih beragam dengan jumlah lebih dari puluhan hal. Poin lainnya yang ditambahkan dalam aplikasi Goers adalah integrasi dengan layanan transportasi Uber. Melalui integrasi ini, pengguna langsung bisa memesan layanan Uber untuk mencapai lokasi event. Dapatkan tarif Uber yang lebih murah dengan layanan uberPOOL bersama penumpang lainnya Sammy kemudian menambahkan bahwa tim Goers akan terus berkomunikasi dengan pengguna untuk menambahkan fitur yang diinginkan. Karena tim Goers menginginkan kemudahan bagi penggunanya. Sejauh ini Goers sudah bekerja sama dengan sekitar tiga puluh event organizer dalam memberi informasi event yang akan berlangsung. Aplikasi lainnya dengan layanan rekomendasi event yang akan berlangsung adalah Sindhen dan Carafun. Coba pembaruan aplikasi Goers dengan mengunduh melalui:
(Diedit oleh Mohammad Fahmi) The post Pengguna Aplikasi Goers Kini Dapat Langsung Menuju Venue dengan Uber appeared first on Tech in Asia Indonesia. |
Rangkuman Berita Game Hari Ini – 23 Mei 2016 Posted: 23 May 2016 06:22 AM PDT Board game Monopoly bertema Super Mario Bros. dijual seharga Rp610.000Iqbal Kurniawan – Sebuah produsen board game bernama USAopoly merilis Monopoly dengan tema Super Mario Bros. Board game tersebut menghadirkan beragam karakter dari Super Mario Bros. yang bisa digunakan sebagai bidak. Berbagai level yang ada di game klasik tersebut tampil sebagai lokasi yang bisa dibeli, lengkap dengan pipa dan kastel untuk menggantikan rumah dan hotel yang biasa terdapat dalam Monopoly. USAopoly menjual board game buatannya itu seharga US$49,95 (sekitar Rp610.000). USAopoly.com: MONOPOLY: Super Mario Bro.s Collectors’ Edition Did You Know Gaming beberan fakta kenapa Sonic Boom menjadi game Sonic terburuk sepanjang masa
Risky Maulana – Sonic Boom bisa dibilang merupakan iterasi terbaru dari serial Sonic yang gagal menyaingi kesuksesan game pendahulunya. Dengan berbagai alasan seperti bugs, glitch, dan kontroversi seputar desain karakternya yang absurd, Sonic Boom kemudian berakhir menjadi game Sonic dengan total penjualan paling rendah di antara yang lain. Silakan tonton video di atas untuk melihat penjelasan terperinci seputar alasan kegagalan Sonic yang saya sebutkan tadi. Film animasi terakhir Overwatch hadirkan aksi dari Soldier 76
Risky Maulana – Jelang waktu rilisnya pada Selasa dini hari esok, Blizzard Entertainment hari ini merilis bagian terakhir dari rangkaian video animasi pendek Overwatch yang kali ini berjudul Hero. Seperti video yang bisa kamu saksikan di atas, kali ini Blizzard mengangkat sosok Soldier 76, sosok tentara bertopeng yang cukup mudah untuk dipelajari para pemain baru. Preview Overwatch – FPS dari Blizzard yang Wajib Kamu Beli Elusive Target Hitman akan kembali hadir 27 Mei nantiChandry Tasofa – Event terbatas Elusive Target di game episodik Hitman kembali hadir 27 Mei 2016. Pemain akan diminta mendeteksi lokasi dan mengeleminasi seorang anggota kongres di Sapienza dalam waktu terbatas. Elusive Target hadir bersama dengan Escalation Contracts dan Featured Contracts di Hitman episodik. Elusive Target yang berlatar di Sapienza ini bisa kamu mainkan di Hitman Episode 2: Sapienza. Situs resmi: Hitman Fruit Ninja akan diadaptasi menjadi film layar lebar
Chandry Tasofa – Bukan hanya game seperti Thief dan Resident Evil yang bisa diadaptasi jadi film, beberapa game kasual di platform mobile pun bisa diangkat ke layar lebar. Setelah ada Angry Bird Movies, kini Fruit Ninja akan mendapatkan versi film. Produser film San Andreas, Tripp Vinson, dikabarkan sedang mengembangkan film ini. Fruit Ninja Movie nantinya akan mengambil genre komedi yang bisa cocok untuk semua umur. Namun, sementara ini belum ada kabar lebih lanjut tentang produksi Fruit Ninja The Movie. Sumber: COG Connected Trailer Sister Location Hadirkan Teror Mencekam dari Empat Boneka Animatronic Baru
Risky Maulana – Di samping beberapa potongan video trailer lama Five Nights at Freddy’s serta tampilan empat karakter boneka animatronik menyeramkan, sebetulnya tidak banyak informasi baru mengenai game Sister Location yang rencananya rilis musim gugur (antara 22 September hingga 20 Desember) 2016. Yah, marilah kita berharap semoga game ini tidak mengecewakan saat rilis nanti. The post Rangkuman Berita Game Hari Ini – 23 Mei 2016 appeared first on Tech in Asia Indonesia. |
5 Marketplace yang Menjual Kerajinan Tangan Asli Indonesia Posted: 23 May 2016 06:00 AM PDT (Update 23 Mei 2016: Kami memperbarui informasi dalam artikel ini dan menambahkan Qlapa, Ku Ka, serta WebeMall ke dalam daftar) Perkembangan dunia jual beli online di Indonesia membuat banyak sekali situs e-commerce yang bermunculan. Untuk menarik banyak pengguna, beberapa di antara mereka pun berusaha menyasar penjualan produk-produk unik, seperti KebunBibit yang menjual tanaman hias, dan FlowerAdvisor yang menjual bunga. Beberapa e-commerce justru memutuskan untuk menjadi marketplace dari produk kerajinan lokal, karena besarnya potensi yang ada di pasar tersebut. Berikut ini adalah daftar marketplace yang saling bersaing untuk menjadi yang terdepan di bisnis produk kerajinan buatan tanah air. QlapaBaru didirikan pada tanggal 1 November 2015, marketplace produk kerajinan tangan lokal yang didirikan oleh Benny Fajarai dan Fransiskus Xaverius ini telah mendapat pendanaan tahap awal dengan jumlah yang tidak disebutkan. Walau baru berjalan beberapa bulan, Qlapa mengklaim kalau mereka telah memiliki ribuan produk kerajinan tangan pada bulan Januari 2016 silam, dengan jumlah penjual yang mencapai ratusan orang. Di situs Qlapa, kamu bisa membeli berbagai produk, seperti pakaian etnik, aksesori, alas kaki, dan perabot rumah tangga. Ku KaBesarnya potensi produk kerajinan tangan di Indonesia, membuat seorang investor perumahan bernama Tito akhirnya kembali ke tanah air setelah 15 tahun tinggal di Amerika Serikat. Pada bulan September 2015, ia pun membuat sebuah marketplace yang bernama Ku Ka. Berbekal kedekatan emosional yang dibangunnya dengan para penjual, saat ini Ku Ka telah mempunyai sekitar 554 penjual aktif dengan jumlah produk yang mencapai 3.584 barang. Setiap harinya, Ku Ka bisa menerima 20 hingga 50 transaksi dengan nilai penjualan sekitar Rp10 juta hingga Rp60 juta. WebeMallSejak tahun 1998, Wenny Sulistiowaty Hartono mempunyai sebuah bisnis tas dan dompet dari tanaman eceng gondok. Karena perkembangan jual beli online yang begitu pesat, ia akhirnya meluncurkan sebuah marketplace untuk produk tas dan dompet dengan nama WebeMall pada tanggal 19 Mei 2016 . Bagaimana dengan e-commerce yang menjual barang lain? Simak daftar lengkapnya di sini. WebeMall menargetkan jumlah transaksi hingga Rp10 miliar hingga akhir tahun 2016. Untuk mewujudkan hal tersebut, mereka akan menggandeng artis-artis terkenal demi mendorong popularitas mereka. CraftlineStartup asal Surabaya ini sebelumnya merupakan situs iklan baris, sebelum kemudian melakukan pivot menjadi marketplace. Saat ini, di situs Craftline, kamu bisa menjual dan membeli berbagai jenis produk kerajinan lokal seperti perabotan rumah, sandal, dan tas. Pada bulan Mei 2014, Craftline telah mempunyai lebih dari 600 pengguna dengan hampir 600 produk di situs mereka. Craftline juga telah menyediakan berbagai pilihan pembayaran, seperti kartu kredit, PayPal, ATM transfer, dan e-money. KadokadiKadoKadi adalah marketplace kerajinan tangan lokal yang muncul di akhir tahun 2013 silam. Mereka menjual berbagai jenis produk seperti pakaian, sepatu, dan perhiasan. Di bulan Juli 2014, KadoKadi mengklaim kalau mereka telah mempunyai 70 penjual, dengan 150 barang terjual setiap bulannya. Selain lewat situs web, KadoKadi juga bisa diakses lewat aplikasi iOS. (Diedit oleh Iqbal Kurniawan; sumber gambar: Kagum Hotel) The post 5 Marketplace yang Menjual Kerajinan Tangan Asli Indonesia appeared first on Tech in Asia Indonesia. |
Yonder Music Pikat Pengguna XL dengan Akses Gratis ke Layanan Streaming Musiknya Posted: 23 May 2016 04:53 AM PDT Geliat layanan streaming musik tampaknya masih positif hingga memasuki akhir semester pertama 2016. Terbukti dengan aplikasi Yonder Music yang hadir di Indonesia dengan menggandeng vendor telekomunikasi XL Axiata. Yonder Music sendiri merupakan layanan asal Amerika Serikat yang telah beroperasi sejak 2013. Layanan ini memasuki pasar Asia Tenggara di 2016 dengan menjadikan Malaysia sebagai negara pertama yang dituju, sebelum akhirnya tiba di Indonesia. Langkah Yonder Music ini menyusul para aplikasi streaming musik lainnya yang menggandeng operator telekomunikasi dalam negeri, seperti Spotify yang menjadi partner resmi bagi Indosat Ooredoo. Selain ada juga LangitMusik, layanan streaming hasil kerja sama antara SK Telecom dan Telkomsel, yang telah meluncur sejak 2010. Dengan menggandeng XL Axiata, sepertinya Yonder Music ingin memuluskan jalannya meraih pasar di dalam negeri sesuai dengan aturan pemerintah bagi OTT global. Strategi lainnya yang digunakan adalah menggandeng beberapa penyanyi terkenal di Indonesia untuk meluncurkan album atau single eksklusif di Yonder Music. Seperti pada acara peluncurannya yang dilakukan hari ini, Senin 23 Mei 2016, Yonder Music mengadakan konser dengan menggandeng musisi lokal papan atas seperti Raisa, Isyana Sarasvati, Noah, Iwan Fals, dan lainnya. Konser tersebut diadakan di daerah Senayan, Jakarta, dengan memberi 4.000 tiket gratis kepada pengguna XL yang telah mengunduh aplikasi Yonder Music. Incar 1,2 juta pengguna XL di IndonesiaSaat ini, Yonder Music sudah menyediakan sekitar 48 album dari musisi Indonesia. Menurut CEO Yonder Music Adam Kidron, jumlah tersebut akan terus bertambah dalam beberapa waktu mendatang. Adam lebih lanjut menjelaskan bahwa pihaknya yakin basis pengguna XL yang cukup besar di dalam negeri bisa mendorong pertumbuhan pengguna layanannya. Ia membeberkan bahwa Yonder Music akan menyasar pengguna XL yang jumlahnya lebih dari 1,2 juta orang di seluruh Indonesia. Demi menggaet pelanggan XL, Yonder Music memberikan akses gratis hingga 30 Mei 2016 mendatang. Untuk terus menikmati layanan ini secara gratis, pelanggan XL bisa berlangganan paket data XL HotRod atau Combo Xtra senilai lebih dari Rp100.000. Sementara itu, bagi pelanggan yang tidak berlangganan data lebih dari Rp100.000, akan dikenakan biaya berlangganan Rp35.000 per bulan. Jika dibandingkan dengan Spotify selaku kompetitor, pengguna Indosat Ooredoo diharuskan berlangganan paket Freedom Combo plus membayar biaya berlangganan mulai dari Rp50.000 per bulan. Sebagai tambahan informasi, pengguna Yonder Music di Malaysia sudah mencapai sekitar 300.000 orang dalam kurun waktu tiga bulan sejak diluncurkan. Aplikasi Yonder Music bisa diunduh melalui:
(Diedit oleh Fadly Yanuar Iriansyah; sumber gambar: Digital News Asia) The post Yonder Music Pikat Pengguna XL dengan Akses Gratis ke Layanan Streaming Musiknya appeared first on Tech in Asia Indonesia. |
Game Tiruan Overwatch untuk Mobile Tengah Dikerjakan Developer Asal Cina Posted: 23 May 2016 03:58 AM PDT Menilai apakah sebuah game terinspirasi ataupun menjiplak merupakan suatu hal yang terkadang relatif mudah dilakukan. Coba saja kamu perhatikan elemen visual dalam game tersebut secara teliti dan bandingkan bersama referensi game populernya. Seandainya kamu jeli, mungkin kamu bisa menemukan apa yang mirip dalam game tersebut, seperti game Titan Legend yang jelas sekali meniru tampilan karakter Overwatch buatan Blizzard Entertainment. Titan Legend merupakan sebuah game FPS kompetitif untuk mobile asal Cina yang tampak memiliki banyak kesamaan dengan konsep hero shooter pada Overwatch. Hal tersebut bisa kamu lihat dari sejumlah dokumentasi foto yang beredar dari sebuah acara bertajuk YouxiUC’s Game Project Trade Fair 13. Foto yang diunggah akun Imgur Ennoiaballard tersebut menangkap beberapa tampilan desain antarmuka beserta konsep model karakter Overwatch yang jelas-jelas dijiplak developer Titan Legend. Bila kamu mengikuti perkembangan Overwatch, tentunya kamu akan mudah mengenali tampilan karakter Bastion, Pharah, Reaper, dan Roadhog yang sedikit diubah oleh kreator game mobile ini. Simak preview tentang Overwatch yang menurut kami patut kamu beli saat dirilis nanti Mengutip informasi dari narasumber yang sama, Titan Legend sendiri saat ini dikabarkan masih proses pengerjaan dan konon telah memakan biaya produksi dan pembangunan infrastruktur sebesar CN¥15 juta (sekitar Rp31 miliar). Terlepas dari kesamaan konsep yang dimilikinya, Titan Legend bisa dianggap sebagai contoh buruk industri kreatif Cina yang terkesan kurang menghargai hak intelektual dari developer game negara lain. Tak hanya menjiplak produk buatan raksasa industri game luar negeri saja, oknum developer dari sana juga pernah membidik game indie asal Indonesia yang asetnya mereka curi secara terang-terangan. Overwatch sendiri bukan satu-satunya francis game besar yang mendapatkan perlakuan semacam ini dari para pelaku industri game mobile di Cina. Game seperti World of Warcraft, Dota 2, dan berbagai contoh lainnya juga sering saya temukan di sela-sela rutinitas menghimpun game Android terbaru setiap minggunya. Sejauh ini belum ada tindakan resmi dari pihak Blizzard terkait plagiarisme yang dilakukan developer game mobile asal Cina terhadap game Overwatch. Bagaimana menurutmu? Apakah kamu akan memainkan tiruan Overwatch ini seandainya ada distributor yang berminat membawanya kemari? Sumber: Imgur (Diedit oleh Iqbal Kurniawan) The post Game Tiruan Overwatch untuk Mobile Tengah Dikerjakan Developer Asal Cina appeared first on Tech in Asia Indonesia. |
Unity dan Unreal Engine Dikabarkan Akan Mendukung Daydream VR dari Google Posted: 23 May 2016 03:44 AM PDT Pada 18-20 Mei lalu, Google kembali mengadakan konferensi tahunan Google I/O. Mereka meluncurkan berbagai layanan, perangkat, dan aplikasi menarik dalam konferensi tahun ini dan salah satunya adalah platform VR baru yang diberi nama Daydream. Setelah Cardboard, Google mengambil langkah baru untuk mengembangkan Daydream VR. Nantinya Daydream akan memiliki tampilan seperti Oculus Rift dan untuk menjalankannya dibutuhkan smartphone Android dengan sistem operasi terbaru, Android kode nama N. Unity dan Unreal Engine, dua engine game populer, dikabarkan akan menambahkan dukungan untuk Daydream VR. Dukungan ini nantinya akan mempermudah para developer untuk membuat game baru atau membuat porting dari game yang telah ada untuk Daydream VR. Mulai hari ini, Google mengumumkan bahwa para developer sudah bisa mengembangkan game untuk Daydream VR menggunakan Unreal Engine dan Unity terlebih dahulu sebelum platform VR terbaru mereka dirilis. Sebelumnya, dua game engine ini juga telah mendukung platform VR lainnya, yaitu Oculus Rift, HTC Vive, dan PlayStation VR. Berbeda dengan Google Cardboard yang bisa digunakan oleh berbagai jenis smartphone, Daydream VR hanya kompatibel dengan Android. Di sistem operasi terbarunya, Google juga telah menambahkan fitur baru yang disebut VR Mode. Fitur ini berisi rangkaian optimalisasi yang bisa meningkatkan performa aplikasi. Google juga telah membuat versi VR dari YouTube, Street View, Google Play Store, Play Movies, dan Google Photos. Google juga mengumumkan beberapa produsen smartphone yang akan mendukung Daydream VR yaitu Samsung, HTC, LG, Xiaomi, Huawei, ZTE, Asus, dan Alcatel. Daydream VR juga dilengkapi dengan controller agar permainan jadi lebih realistis. Kerja sama antara Unity, Unreal Engine, dan Google Daydream VR ini cukup menunjukkan keseriusan industri game dan teknologi dalam perkembangan VR untuk smartphone. Daydream VR rencananya akan dirilis musim gugur (sekitar September sampai November) tahun ini. Jangan lupa saksikan cuplikan game di Daydream VR pada video di bawah ini, ya!
Sumber: The Verge dan Unreal Engine The post Unity dan Unreal Engine Dikabarkan Akan Mendukung Daydream VR dari Google appeared first on Tech in Asia Indonesia. |
Review Angry Birds Action! – Strategi Adalah Kunci Kemenangan Posted: 23 May 2016 02:50 AM PDT Saya rasa hampir semua gamer mobile sudah tidak asing lagi dengan Rovio dan Angry Birds. Developer game ternama dari Finlandia ini selalu mengeluarkan beragam iterasi inovatif dari seri burung merah pemarah favorit jutaan orang. Kali ini saya berkesempatan menjajal iterasi terbaru mereka yang tidak kalah unik dan menantang. Game tersebut ialah Angry Birds Action! Angry Birds Action! dirilis berdekatan dengan jadwal penayangan film layar lebar hasil kerja sama Rovio dan Sony yang berjudul The Angry Birds Movie. Film dengan visual 3D ini masih tentang sang burung merah, namun dengan desain yang sangat berbeda dari versi orisinalnya. Nah Angry Birds Action! menggunakan desain terbaru dari film tersebut. Balutan visual cerah penuh ragam warnaPembaruan desain burung-burung dalam Angry Birds Action! sedikit banyak mengingatkan saya dengan kelucuan tokoh Minion dalam game Despicable Me: Minion Rush. Kamu akan menjumpai empat burung maskot andalan Rovio dalam game, yakni Red, Bomb, Chuck, dan Terence. Keempatnya hadir dengan perbedaan dalam jenis kemampuan. Presentasi 3D yang cerah dan tampil penuh warna juga membuat mata begitu nyaman memainkan Angry Birds Action! Tentunya hal ini akan semakin membuat kamu betah menikmati keseruan game ini. Bagi kamu yang mungkin sudah memiliki anak, Angry Birds Action! bisa menjadi salah satu alternatif video game untuk dimainkan bersama anak. Kompleksitas gameplay dan strategi permainanKamu yang sudah sangat familier dengan permainan Angry Birds mungkin akan merasakan kemiripan Angry Birds Action! dengan seri pendahulunya. Game ini masih mengandalkan mekanisme “melempar” burung untuk menghancurkan target. Bedanya, kali ini para burung bukan dilempar dengan katapel, tetapi ditarik berlari di daratan. Angry Birds Action! menggunakan orientasi portrait pada tampilan permainan. Pemain akan melempar para burung pemarah cukup dengan tarikan satu jari ke belakang dari posisi mereka berdiri. Panjang tarikan ini bisa dilakukan setidaknya sepanjang ruas jari pemain. Mekanisme permainan ini menjadi sulit saat para burung berada dekat pinggiran layar. Jari tidak memungkinkan menarik pada arah yang berlawanan dari posisi dempet tersebut. Satu-satunya cara apabila dalam kondisi seperti ini adalah dengan memantulkan burung pada sisi yang berdempetan. Setiap burung juga memiliki keunikan masing-masing seperti game orisinalnya. Misalnya Bomb yang akan meledak saat mengenai target atau Chuck yang saking cepatnya sampai waktu di sekitarnya berhenti berjalan. Ini juga masih ditambah dengan senjata yang dapat dipakai seiring kamu memperolehnya level demi level. Beberapa alat tersedia untuk kamu gunakan, seperti bola yang lebih cepat menggelinding saat memantul dari tabrakan, lalu ada kristal es yang membuat benda mana pun yang diterjang para burung langsung berubah menjadi es. Kehadiran alat-alat semacam ini menambah kompleks strategi untuk menyelesaikan tiap level. Fitur lain yang juga meningkatkan kesulitan Angry Birds Action! adalah roda undian yang kamu putar setiap memulai suatu level. Roda ini akan mengacak tantangan tambahan apa yang akan ditambahkan dalam level tersebut. Salah satu yang cukup menyebalkan hingga saya harus bolak-balik mengulang adalah tambahan rintangan angin. Angin ini membuat burung tidak dapat berlari lurus karena pengaruh hembusannya. Ragam target yang harus diselesaikan membuat permainan tidak cepat membosankan. Ada kalanya kamu harus mengumpulkan telur, ada juga harus mengumpulkan anak burung dalam satu sarang. Berjubelnya fitur dalam Angry Birds Action! serasa tidak akan habis untuk dimainkan. Banyaknya fitur yang disediakan Rovio untuk memainkan Angry Birds Action! memang tak ayal menambah kerumitan setiap levelnya. Saya bahkan harus berulang kali game over karena kehabisan persenjataan. Sistem energi yang cukup wajarPerlu kamu ketahui bahwa setiap level dalam Angry Birds Action! terdiri dari dua-tiga area yang harus dilewati. Setiap kali kalah, permainan masih bisa dilanjutkan dengan menggunakan gem. Jumlah yang dibutuhkan akan semakin mahal apabila kamu berulang kali game over. Angry Birds Action! hanya menyediakan tiga energi di mana setiap level menghabiskan satu energi. Jeda waktu untuk mengembalikan satu energi terasa agak lama saat saya ingin segera menyelesaikan banyak level dengan cepat. Namun, setidaknya ada satu opsi lain untuk mendapatkan energi gratis, yaitu dengan melihat iklan. Kehadiran mekanisme energi ini membuat sesi permainan tetap bisa dibatasi dengan sewajarnya. Ramai akan fitur-fitur bonusRovio juga menyediakan saluran ToonsTV berisi konten-konten animasi Angry Birds. Jadi sembari menunggu energi penuh kembali, kamu bisa menghabiskan waktu menonton berbagai judul film pendek seperti Piggy Tales, Angry Birds Stella, hingga favorit saya Rocket Science Show. Saya yakin anak-anak pasti sangat suka dengan hiburan tersebut. Developer mempersembahkan banyak mini game melalui fitur Bird Code. Dengan memindai beragam kode unik bergambar Angry Bird, kamu akan menjumpai banyak hal baru seperti mini game endless runner dan whack-a-mole. Bila kamu memindai Bird Code di atas, kamu akan mendapatkan fitur Augmented Reality yang memungkinkanmu berfoto dengan salah satu dari keempat burung dalam Angry Birds Action! Para hewan lucu ini dapat diatur letaknya, disesuaikan ukurannya, hingga diubah posenya. Masih banyak kode-kode tersembunyi lainnya, beberapa di antaranya terdapat pada produk LEGO Angry Birds dan mainan Angry Birds dari restoran McDonald’s. IAP cukup mahal, tapi bersifat opsionalAwal permainan Angry Birds Action terasa mudah karena jumlah gem untuk modal bermain cukup banyak. Seiring kekalahan menghampirimu, kamu akan sadar betapa bergunanya gem. Gem adalah produk IAP dari Angry Birds Action! yang dapat berfungsi sebagai bantuan apabila sesekali mengulang level. Sebagai game gratis, hal ini memang sangat lumrah ditemukan. Namun saya rasa harganya agak terlalu mahal pada pembelian jumlah besar. Jumlah gem yang dibutuhkan selalu bertambah banyak kalau terus-menerus mengulang karena kalah ataupun kehabisan energi. Membeli IAP di Angry Birds Actions! serasa dirampok, tapi untungnya hal ini bersifat opsional. KesimpulanSecara keseluruhan, saya pikir Angry Birds Action! juga memiliki faktor ‘X’ yang ada dalam semua iterasi sebelumnya. Terdapat faktor adiktif yang membuat saya memainkannya terus saking tidak terima dengan kekalahan dan juga karena rasa penasaran akan cara terbaik untuk menyelesaikan tiap level. Angry Birds Action! pertama kali akan tampak sebagai sebuah game ceria penuh warna yang menyenangkan. Namun seiring permainan berlanjut, kamu akan menemukan banyak kesulitan yang bisa membuat frustrasi sendiri. Kompleksnya game juga terlihat dari banyaknya fitur yang tersedia sehingga penentuan strategi sebelum menembakkan para burung pemarah harus dilakukan dengan tepat. Saya pribadi akan menyarankan untuk menggunakan IAP sebijaknya saja. Dengan gameplay yang cukup kompleks di setiap levelnya, mengeluarkan banyak uang untuk gem rasanya tidaklah perlu. Meskipun tingkat kesulitan tiap level terus meningkat, bermain secara santai dan perlahan tidak akan mengurangi keseruan Angry Birds Action! . Rovio sebelumnya juga pernah merilis spin-off dari seri Angry Birds dalam genre RPG Angry Birds Action! sangat cocok bagi anak-anak berkat aksi jenaka para burung pemarah yang bisa menjadi hiburan tersendiri. Namun, orang tua tetap harus mengawasi sesi permainan anak supaya tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, seperti membeli IAP berlebihan tanpa sadar.
The post Review Angry Birds Action! – Strategi Adalah Kunci Kemenangan appeared first on Tech in Asia Indonesia. |
Britney Spears: American Dream – Satu Lagi Game Bertema Artis Hollywood dari Glu Posted: 23 May 2016 01:28 AM PDT Glu, developer game mobile dari Amerika yang sebelumnya dikenal dengan Frontline Commando, Diner Dash, dan seri Deer Hunter, bekerja sama dengan Britney Spears dalam mengembangkan Britney Spears: American Dream. Game simulasi kasual ini rilis untuk iOS dan Android pada 18 Mei 2016 lalu. Sebelumnya, Glu juga telah bekerja sama dengan Kim Kardhasian, Katy Perry, serta Kendal dan Kylie Jenner untuk mengembangkan game bergenre simulasi kasual yang diberi judul sesuai nama artisnya. Glu sendiri sudah menawarkan kontrak kepada Britney Spears lebih dari satu tahun lalu, yang berlaku hingga 2020 nanti. Jika pernah mencoba game berisi artis populer luar negeri lainnya, seperti Kim Kardhasian atau Katy Perry Pop, mungkin kamu sudah familier dengan cara bermain Britney Spears American Dreams ini. Bedanya, versi Britney Spears mengajak kamu bernostalgia dengan rangkaian lagunya. Berbeda dengan game selebriti karya Glu yang sudah ada, American Dream dimulai dengan tampilan sebuah panggung di Planet Hollywood dan lantunan lagu Britney Spears, Oops!…I Did It Again, melalui pengeras audio. Kamu akan diajak Britney untuk mengenang masa kalian bertemu di Los Angeles, kemudian tampil bersamanya di sebuah kafe. Misimu di American Dream adalah membuat lagu sebagus mungkin agar bisa menempati posisi teratas di tangga lagu. Dalam mewujudkannya, kamu akan menjadi bintang pop yang bersinar bersama Britney dan tampil di beberapa tempat, mulai dari kafe, stadion internasional, hingga Planet Hollywood. Diadaptasi dari kehidupan artis Hollywood, kamu juga bisa membeli pakaian yang sesuai dengan tren fashion terkini, memelihara binatang seperti anjing, membeli mobil mewah, dan memiliki mansion sendiri. Untuk itu, kamu harus membuat lagu yang hit dan mengalahkan pemain lain, sehingga kariermu di bidang musik bisa menanjak. Selain bekerja sama dengan Britney Spears, Glu juga rencananya akan mengajak beberapa artis untuk terlibat dalam game karya mereka. CEO Glu Niccolo de Masi menjelaskan pada The Verge, bahwa perusahaannya sedang mengembangkan game bersama koki ternama Gordon Ramsay yang akan rilis musim panas ini (sekitar Juni – Agustus). Glu juga sedang mengerjakan game bersama Nicki Minaj dan Taylor Swift, tetapi waktu rilisnya belum dipastikan. Saat ini kamu sudah bisa mencoba meniti karier sebagai penyanyi pop di Britney Spears: American Dream secara gratis melalui perangkat iOS dan Android kamu.
Sumber: The Verge (Diedit oleh Fadly Yanuar Iriansyah) The post Britney Spears: American Dream – Satu Lagi Game Bertema Artis Hollywood dari Glu appeared first on Tech in Asia Indonesia. |
4 Kunci Sukses Promosi yang Efektif di Bulan Ramadan Posted: 23 May 2016 01:00 AM PDT Sebagai negara dengan penganut agama Islam terbesar di dunia, kehadiran bulan Ramadan benar-benar memengaruhi kehidupan masyarakat di Indonesia. Hal itu tentu harus diperhatikan oleh kamu yang ingin mempromosikan sesuatu atau meningkatkan penjualan di bulan puasa tersebut. Raksasa mesin pencari dunia Google menangkap perubahan yang terjadi pada aktivitas masyarakat di Indonesia saat bulan Ramadan. Semua hal tersebut mereka rangkum dalam laporan yang dirilis pada tanggal 19 Mei 2016 lalu. Berikut ini adalah beberapa tip yang diberikan Google agar promosi yang kamu lakukan di bulan Ramadan mendapat hasil maksimal. Mulai seminggu sebelum RamadanMenurut Google, masyarakat Indonesia sudah mulai sering mencari konten yang berhubungan dengan Ramadan sejak seminggu sebelum Ramadan dimulai. Ini artinya, apabila kamu ingin mempromosikan sesuatu untuk bulan Ramadan tahun ini, sebaiknya kamu memulainya pada tanggal 30 Mei 2016. Google juga menyebutkan kalau pencarian konten Ramadan akan berakhir seminggu setelah hari raya Idul Fitri. Karena itu, pastikan kamu telah menghentikan promo yang berhubungan dengan Ramadan beberapa hari setelah lebaran. Buat konten tentang ibadah puasa dan makananKetika membuat konten khusus di bulan Ramadan, jangan lupa memasukkan elemen yang berhubungan dengan ibadah puasa, agar lebih mudah ditemukan. Google menyebutkan kalau pencarian terhadap kata-kata seperti “Amalan Ramadan” naik dua belas kali lipat, sedangkan pencarian terhadap “Hal yang membatalkan puasa” naik sembilan kali lipat. Tak hanya itu, agar konten kamu mudah ditemukan oleh para pengguna Google saat bulan Ramadan, kamu juga bisa memasukkan informasi mengenai makanan. Menurut Google, pencarian terhadap kata-kata “menu buka puasa” dan “menu sahur” bisa naik sebanyak empat kali lipat. Pencarian terhadap kata-kata tersebut mencapai puncaknya pada pukul 12.00 hingga pukul 15.00. Gunakan konten berupa video menjelang lebaranTak hanya menggunakan konten berupa teks atau gambar, kamu juga bisa membuat konten berupa video hiburan untuk mempromosikan sesuatu saat Ramadan. Menurut Google, pencarian video lewat perangkat mobile akan naik sebanyak tiga belas persen saat Ramadan, dan mencapai puncaknya seminggu sebelum lebaran. Mayoritas pengguna Google akan menonton video-video hiburan di platform YouTube pada saat sahur (pukul 5.00 sampai 6.00), di siang hari (pukul 11.00 hingga 15.00), dan setelah salat Tarawih (pukul 20.00 hingga 22.00). Optimalkan promosi di perangkat mobileMenurut Google, selain untuk memperbaiki diri, masyarakat Indonesia juga akan memanfaatkan momen bulan Ramadan untuk berbelanja. Ada lima jenis barang yang mengalami lonjakan pencarian saat Ramadan, yaitu pakaian, tiket transportasi, smartphone, pulsa telepon, dan perangkat elektronik. Simak juga tip dari Google berikut tentang bagaimana kamu bisa sukses membuat aplikasi Android Apabila kamu ingin menjual barang-barang tersebut, jangan lupa untuk memanfaatkan promosi di perangkat mobile. Di masa-masa mudik, yaitu sekitar waktu lebaran, akses internet lewat perangkat mobile akan naik sekitar 81 persen. (Diedit oleh Fadly Yanuar Iriansyah; sumber gambar: Siska Maria Eviline) The post 4 Kunci Sukses Promosi yang Efektif di Bulan Ramadan appeared first on Tech in Asia Indonesia. |
Meluncur Jelang Lebaran, Gadjian Bantu UKM Mengelola Gaji dan THR Karyawan Posted: 23 May 2016 12:09 AM PDT Pemberian THR di hari besar keagamaan di Indonesia—terutama Idul Fitri bagi umat muslim—bukan saja merupakan kebiasaan yang sudah membudaya di Indonesia, namun juga menjadi kewajiban perusahaan secara hukum. Perusahaan-perusahaan yang tidak membayarkan THR kepada para karyawannya dapat dikenai sanksi hukum, sesuai dengan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan No. 6/2016, maupun sanksi sosial dari para karyawan akibat turunnya motivasi. Diluncurkan hari ini, Senin 23 Mei 2016, aplikasi Software as a Service (SaaS) berbasis cloud Gadjian memberi layanan yang dapat membantu para manajer dan pemilik perusahaan, terutama perusahaan berkembang yang masuk dalam kategori UKM. Menggunakan Gadjian, UKM dapat mengelola berbagai aspek administrasi SDM, termasuk di antaranya penghitungan slip gaji, THR, serta pengelolaan cuti. Menurut Co-Founder dan CEO Gadjian Afia R. Fitriati, Gadjian memiliki fitur-fitur yang disesuaikan dengan pengelolaan SDM UKM, seperti penghitungan gaji karyawan tetap atau harian lepas secara bulanan maupun mingguan, THR, BPJS, pajak penghasilan (PPh 21), cuti tahunan, cuti bersama, hingga izin khusus sesuai peraturan pemerintah (seperti cuti hamil, menikah, dan sebagainya). Selain itu, Gadjian juga membantu UKM untuk menyusun peraturan personalia perusahaan dengan mudah. "Potensi kontribusi UKM sangat besar bagi kemajuan bangsa Indonesia. Namun, administrasi SDM UKM di Indonesia sangat rumit dan unik. Banyak perusahaan kewalahan dengan kerumitan ini, sehingga sering kali menghambat mereka untuk 'naik kelas' dan tumbuh besar," jelas Afia dalam keterangan tertulis kepada Tech in Asia. Promosi menjelang LebaranMenyambut hari raya Idul Fitri 1437 H tahun ini, Gadjian menawarkan paket promosi untuk memikat UKM di Indonesia yang saat ini jumlahnya diperkirakan lebih dari lima puluh juta. UKM dengan maksimal lima orang pegawai dapat menggunakan Gadjian secara gratis, sedangkan perusahaan-perusahaan dengan jumlah personel di atas lima orang mendapatkan paket yang terjangkau, mulai dari Rp12.500 per orang per bulan untuk Paket Standar. Paket Standar hanya menyediakan beberapa fitur, yaitu data personalia, catatan kehadiran basic, penggajian dan THR, serta portal personalia. Sedangkan untuk fitur yang lebih lengkap, UKM dapat memilih Paket Sukses dengan biaya Rp120 ribu per bulan. Informasi lebih lengkap biaya dan fitur aplikasi Gadjian dapat dilihat di sini. "Dengan adanya paket promosi ini, kami berharap beban kerja para pemilik perusahaan dan manajer SDM menjadi lebih ringan sehingga mereka dapat menikmati momen Ramadan, Idul Fitri, dan cuti bersama bersama keluarga dengan lebih optimal," Afia menjelaskan. Ia juga menambahkan kalau promosi ini berlangsung hingga 31 Juli 2016. Bukan pemain baruAplikasi Gadjian dikembangkan oleh PT. Fatiha Sakti (disingkat FAST-8). Perusahaan ini telah memiliki pengalaman lebih dari lima tahun dalam membangun perangkat lunak di bidang keuangan dan SDM. Sebelum mengembangkan Gadjian, FAST-8 telah membangun aplikasi manajemen SDM bernama HRD Helper yang telah digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar seperti King's Fisher Sardine, Kehati Foundation, dan Bidakara. “Produk-produk FAST-8 sebelumnya memang diperuntukkan bagi korporasi. Justru karena itu, Gadjian bisa disebut sebagai startup karena model bisnis yang sama sekali berbeda, yaitu SaaS freemium yang menyasar UKM,” jelas Afia, yang juga merupakan CMO di FAST-8. Gadjian, yang telah dikembangkan sejak pertengahan 2015, beroperasi secara bootstrapping. Namun Afia enggan menyebutkan nominal pendanaan yang dialokasikan untuk startup yang ia pimpin ini. Di Indonesia, sudah ada beberapa platform HRD. Ulasan lengkapnya dapat kamu baca di sini Sebagai pendatang baru, Gadjian berhadapan dengan sejumlah SaaS HRD yang sudah lebih duluan hadir seperti Talenta, Sleekr, dan Netis HRIS. Namun, menurut Afia, pihaknya tidak menganggap mereka sebagai kompetitor. Alasannya karena target pasar Gadjian yang berbeda. “Gadjian benar-benar berfokus pada perusahaan-perusahaan skala kecil dan menengah di Indonesia, tidak seperti Talenta yang juga menarget perusahaan-perusahaan besar dan telah masuk pasar Singapura atau Sleekr yang menarget pasar global,” tutup Afia. (Diedit oleh Iqbal Kurniawan) The post Meluncur Jelang Lebaran, Gadjian Bantu UKM Mengelola Gaji dan THR Karyawan appeared first on Tech in Asia Indonesia. |
Lost Frontier – Game Strategi Mirip Advance Wars dari Kreator Battleheart Legacy Posted: 22 May 2016 08:56 PM PDT Setelah Mika Mobile mengumumkan keberadaan Lost Frontier awal bulan ini, developer yang dikenal sebagai kreator ZombieVille USA dan Battleheart Legacy di platform mobile tersebut mengunggah video trailer terbaru sekaligus mengumumkan tanggal rilisnya di iOS yang jatuh pada 2 Juni mendatang. Belum disebutkan apakah Lost Frontier akan hadir juga di Android, namun berkaca pada sejumlah game buatan mereka sebelumnya, hal itu tinggal menunggu waktu saja. Lost Frontier merupakan game strategi dengan tema dunia koboi fantasi. Kamu tidak hanya akan mengendalikan koboi, kavaleri, meriam, maupun sheriff, tapi juga dibawa ke dunia bernuansa supernatural dan steampunk berkat kehadiran manusia serigala hingga teknologi senjata bernuansa mesin uap. Terdapat mode Campaign yang akan membawamu mengikuti kisah di dalam game serta mengendalikan dua puluh jenis unit berbeda selama permainan. Selain mode Campaign, Mika Mobile juga berencana untuk menghadirkan mode Challenge dan bahkan fitur multiplayer yang akan menguji kemampuanmu sebagai komandan perang lebih jauh. Video trailer yang diunggah oleh MIka Mobile memperlihatkan aksi strategi mirip dengan game Advance Wars yang pertama kali diterbitkan Nintendo di Game Boy Advance. Baik mekanisme langkah dengan sistem grid, tampilan unit 2D bernuansa kartun, hingga aksi pertempuran antara dua unit yang berseteru, semuanya terlihat sangat terpoles.
Mika Mobile masih mempertahankan gaya visual 2D yang menjadi ciri khasnya. Bila kamu pernah memainkan karya-karya mereka sebelumnya, kamu akan kembali menemukan desain karakter yang cenderung jenaka. Gaya tampilan ini seolah menipu kedalaman gameplay yang dapat kamu temukan di game. Sebagai sekelompok developer yang telah cukup berpengalaman di dunia game mobile, Mika Mobile cenderung merilis karya-karya mereka dalam rentang waktu yang terpaut lama. Namun, setiap game buatan mereka memiliki kualitas tinggi dan menyajikan pengalaman yang sangat memuaskan. Semoga saja Lost Frontier yang akan dirilis bulan depan akan melanjutkan pencapaian mereka sejauh ini.
Sumber: Mika Mobile (Diedit oleh Mohammad Fahmi) The post Lost Frontier – Game Strategi Mirip Advance Wars dari Kreator Battleheart Legacy appeared first on Tech in Asia Indonesia. |
Minecraft Akhirnya Resmi Masuk Cina Tahun Ini Posted: 22 May 2016 07:15 PM PDT Terhitung sejak kemunculan perdananya di tahun 2006 silam, selama ini Minecraft rupanya secara resmi belum boleh beredar di Cina karena permasalahan regulasi negara yang sangat ketat. Dengan statusnya tadi, gamer asal negeri tirai bambu pun memanfaatkan layanan VPN guna mengecoh batasan internet negara mereka supaya bisa bermain Minecraft. Beruntung dalam waktu dekat, vakumnya Minecraft di negeri tirai bambu tersebut bisa dipastikan segera berakhir. Pasalnya perusahaan internet dan distributor game, NetEase baru-baru ini mengumumkan telah mengantongi lisensi Minecraft secara eksklusif dalam rentang waktu selama lima tahun. Baik itu untuk Minecraft versi PC dan juga Minecraft Pocket Edition.
Dalam press release yang kami terima, Jonas Martensson selaku CEO Mojang berujar “Mojang selalu mendukung kesempatan untuk membawa Minecraft kepada para pemain baru di seluruh penjuru dunia. Hal ini kami rasa perlu guna memperlebar komunitas dan memberikan perspektif baru atas game kami”. Sebagai negara Asia dengan regulasi yang cukup ketat, dua tahun belakangan ini Cina memang terlihat sudah sedikit melunak terhadap keberadaan industri game global. Hal ini bisa kita lihat dari beberapa keputusan yang telah mereka ambil mulai ditariknya larangan masuknya console game sejak akhir tahun 2014 silam, serta pembukaan cabang studio game asing di beberapa kota besar Cina seperti Shanghai dan lainnya. Terkait dari kontrak kerjasamanya dengan pihak NetEase, Mojang nantinya juga turut memodifikasi permainan Minecraft agar sesuai dengan selera pasar negara Cina. Well, setidaknya dengan ini, kelihatannya lebih baik terlambat daripada tidak mendapatkan game Minecraft sama sekali bukan?
(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto) The post Minecraft Akhirnya Resmi Masuk Cina Tahun Ini appeared first on Tech in Asia Indonesia. |
4 Kebiasaan Mark Zuckerberg yang Membuatnya Kaya di Usia Muda Posted: 22 May 2016 07:00 PM PDT Ide untuk membuat Facebook pada tahun 2004 benar-benar mengubah hidup seorang Mark Zuckerberg. Media sosial buatannya kini merupakan yang terbesar di dunia dengan 1,65 miliar pengguna aktif bulanan (MAU). Popularitas Facebook pun membuat Mark berhasil mapan secara finansial di usia yang begitu muda. Saat ini kekayaannya telah mencapai US$ 50,7 miliar (sekitar Rp691 triliun). Bagaimana sebenarnya kebiasaan yang dilakukan Mark sehari-hari hingga ia bisa mencapai kesuksesan seperti saat ini? Tidak banyak membuat pilihanSalah satu kebiasaan Mark yang terkenal adalah ia selalu menggunakan kaos berwarna abu-abu. Hal ini disebut-sebut bisa membantu Mark dalam membuat keputusan yang tepat di saat-saat penting. “Saya sangat beruntung bisa melayani miliaran orang di seluruh dunia. Dan saya akan gagal melakukan hal tersebut apabila saya menghabiskan energi saya pada hal-hal yang konyol dan remeh,” ujar Mark dalam sebuah kesempatan. Banyak membaca bukuMembaca buku merupakan kebiasaan yang dilakukan oleh banyak orang sukses di dunia, termasuk Mark. Pada tahun 2015 ia bahkan pernah membuat resolusi untuk membaca sebuah buku setiap minggunya, selama satu tahun. Menurut Mark, membaca buku bisa membuat kamu mengetahui banyak hal baru di budaya dan agama yang berbeda. Kamu bisa melihat buku-buku yang dibaca oleh Mark di tautan berikut. Selalu membuat target“Sangat penting bagi seorang entrepreneur untuk aktif membuat target dan tahu apa yang akan harus diselesaikan setiap harinya,” tutur Mark dalam sebuah wawancara di tahun 2014. Menurut suami dari Priscilla Chan ini, ada banyak sekali hal yang apabila kamu bereaksi terhadapnya, kamu bisa menghabiskan waktu sepanjang hari hanya untuk hal tersebut. Mempelajari kebiasaan orang suksesMark juga punya kebiasaan unik untuk mempelajari cerita hidup dari para orang sukses di dunia. Menurutnya, hal itu bisa membantunya dalam membangun Facebook hingga menjadi sebesar sekarang. Selain Mark Zuckerberg, simak juga rahasia Bill Gates untuk meraih kesuksesan CEO Facebook ini disebut-sebut bisa menghabiskan 70 hingga 80 persen waktunya di tempat kerja untuk membaca bagaimana kebiasaan yang dilakukan para orang sukses. Selepas kerja, Mark juga masih sering membaca berbagai artikel untuk meningkatkan produktivitas. (Diedit oleh Pradipta Nugrahanto;sumber gambar: Alessio Jacona) The post 4 Kebiasaan Mark Zuckerberg yang Membuatnya Kaya di Usia Muda appeared first on Tech in Asia Indonesia. |
You are subscribed to email updates from Tech in Asia Indonesia. To stop receiving these emails, you may unsubscribe now. | Email delivery powered by Google |
Google Inc., 1600 Amphitheatre Parkway, Mountain View, CA 94043, United States |
No comments:
Post a Comment