Ads

Sunday, June 12, 2016

Game Di Indonesia

Game Di Indonesia


Facebook Luncurkan Dua Fitur Baru yang Membuatnya Semakin Kaya Konten

Posted: 12 Jun 2016 08:00 PM PDT

Walau telah menguasai persaingan media sosial dengan 1,65 miliar pengguna aktif bulanan (MAU), Facebook ternyata tak juga berhenti menghadirkan inovasi. Dalam seminggu terakhir, mereka bahkan meluncurkan dua fitur sekaligus untuk memperkaya konten multimedia yang ada di platform mereka.

Berikut ini adalah dua fitur baru Facebook yang memungkinkan kita untuk mengirim komentar berupa video, serta menampilkan gambar panorama sebagai foto 360 derajat.

Memberi komentar dengan video

Facebook Video untuk Komentar | Ilustrasi

Sebelumnya, Facebook telah mengizinkan para penggunanya untuk mengirim komentar berupa tautan situs, foto, emoji, hingga stiker-stiker menarik. Pada tanggal 10 Juni 2016 yang lalu, Facebook pun mengumumkan kalau para penggunanya kini bisa mengirim komentar berupa video.

Untuk melakukan hal tersebut, kamu hanya perlu menekan tombol berbentuk kamera yang ada di kolom komentar. Kemudian, kamu cukup memilih video yang ingin kamu kirimkan. Fitur ini telah tersedia di perangkat desktop maupun aplikasi iOS dan Android.

Bob Baldwin selaku Facebook Product Engineer mengatakan kalau fitur ini merupakan hasil dari hackathon ke-50 yang diadakan Facebook di awal tahun ini. “Dalam beberapa bulan terakhir, kami terus berusaha untuk memperbaiki fitur ini dan membuatnya lebih stabil,” ujar Bob.

Foto panorama sebagai gambar 360 derajat

Facebook Gambar Panorama 360 Derajat 2 | Ilustrasi

Dalam beberapa bulan terakhir, termasuk di ajang konferensi tahunan F8, Facebook terus merilis hal baru terkait gambar maupun video 360 derajat. Karena itu tidak ada yang mengejutkan ketika pada tanggal 9 Juni 2016 yang lalu mereka mengumumkan kalau para pengguna Facebook sudah bisa mengunggah gambar 360 derajat secara bebas.

Menariknya, kamu tidak harus menggunakan kamera khusus seperti Ricoh Theta S untuk membuat gambar dengan format 360 derajat. Kamu cukup membuat gambar dengan mode panorama yang ada di smartphone kamu, dan mengunggahnya ke Facebook. Gambar tersebut kemudian akan tampil dengan tanda khusus, dan bisa kamu gerakkan ke segala arah.

YouTube pun tak mau kalah dari Facebook dalam hal konten 360 derajat. Simak ulasannya di sini

Setiap gambar yang dibuat dengan format tersebut pun bisa dinikmati dengan perangkat Virtual Reality (VR), seperti Samsung Gear VR. Kamu cukup menekan tombol View in VR yang ada di pojok kiri atas gambar.


Berbagai fitur baru ini semakin menguatkan posisi Facebook sebagai media sosial dengan layanan yang sangat lengkap. Mereka pun tak ragu untuk mengadopsi teknologi-teknologi baru seperti VR hingga bot. Kira-kira apa lagi ya teknologi menarik yang akan media sosial ini hadirkan untuk penggunanya?

(Diedit oleh Mohammad Fahmi)

The post Facebook Luncurkan Dua Fitur Baru yang Membuatnya Semakin Kaya Konten appeared first on Tech in Asia Indonesia.

5 Kebiasaan yang Membuat Elon Musk Bisa Produktif Berinovasi

Posted: 12 Jun 2016 07:00 PM PDT

Entrepreneur asal Afrika Selatan, Elon Musk, seolah tak pernah ingin berhenti menghadirkan inovasi-inovasi baru. Setelah sempat membangun Zip2 dan PayPal, kini Elon merupakan CEO dari perusahaan mobil listrik Tesla dan perusahaan pesawat luar angkasa SpaceX. Berkat kerja kerasnya tersebut, Elon mempunyai kekayaan yang bernilai US$12,7 miliar (sekitar Rp169 triliun).

Simak beberapa hal yang bisa kita pelajari dari kesuksesan Elon Musk di sini

Berikut ini adalah beberapa kebiasaan yang dilakukan oleh Elon Musk, hingga ia bisa terus berinovasi hingga saat ini.


Rajin membaca buku

Tumpukan Buku | Ilustrasi

Seperti Bill Gates dan Mark Zuckerberg yang juga merupakan contoh tokoh sukses di dunia teknologi, Elon pun sangat suka membaca buku. Saat di sekolah dasar, ia bahkan menghabiskan waktu 10 jam dalam sehari untuk membaca buku.

Elon juga bisa mempelajari pemrograman BASIC yang seharusnya diajarkan selama enam bulan, hanya dalam waktu tiga hari. Beberapa buku yang digemari oleh Elon adalah The Lord of The Rings karya J.R.R. Tolkien dan Zero to One yang ditulis oleh Peter Thiel.


Fokus pada hal penting

Elon Musk 2 | Foto

Sumber gambar: Steve Jurvetson

Baik di Tesla maupun SpaceX, Elon selalu fokus untuk mengembangkan sebuah produk yang berkualitas, dan cenderung enggan untuk melakukan promosi besar-besaran.

“Di Tesla, kami hampir tidak pernah mengeluarkan uang sepeser pun untuk beriklan. Ketika ingin mengeluarkan uang, kami akan bertanya terlebih dahulu apakah hal ini bisa menghasilkan produk yang lebih baik? Jika tidak, maka kami tidak akan mengeluarkan uang tersebut,” jelas Elon.


Mandi setiap hari

Elon Musk 3 | Foto

Sumber gambar: Steve Jurvetson

Membersihkan tubuh dengan mandi tampaknya merupakan sebuah aktivitas yang biasa. Namun bagi seorang Elon Musk, mandi adalah sebuah kebiasaan yang mempunyai dampak positif baginya. Hal itu ia ungkapkan dalam sesi Ask Me Anything (AMA) di media sosial Reddit.

Hal ini ternyata didukung oleh sebuah penelitian yang mengatakan kalau kamu bisa memecahkan masalah dengan lebih baik jika kamu sejenak mengosongkan pikiran. Itulah mengapa berbagai ide menarik bisa hadir ketika kita tengah mandi.


Tidur enam jam setiap hari

Demi bisa menyelesaikan semua pekerjaannya setiap hari, Elon cenderung mengurangi waktu tidur malamnya. Dalam sebuah kesempatan, ia menyatakan kalau rata-rata waktu tidurnya setiap malam adalah sekitar enam jam. Ia bahkan selalu menghitung waktu tidurnya tersebut dengan menggunakan smartphone.


Multitasking

Kebiasaan Elon Musk CEO Tesla SpaceX 2 | Ilustrasi

Sumber gambar: Maurizio Pesce

Elon Musk adalah sosok yang sangat suka mengerjakan beberapa hal dalam waktu yang sama, alias multitasking. “Saya bisa bermain dengan anak-anak saya, namun tetap membalas email terkait pekerjaan. Jika saya tidak melakukan hal tersebut, tentu saya tidak bisa menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan saya,” ujar Elon Musk.

(Diedit oleh Mohammad Fahmi; Sumber gambar: Heisenberg)

The post 5 Kebiasaan yang Membuat Elon Musk Bisa Produktif Berinovasi appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Laporan Konferensi Pers EA Play Live 2016: Titanfall 2, Battlefield 1, dan Lainnya

Posted: 12 Jun 2016 05:13 PM PDT

Senin pagi dini hari tadi, Electronic Arts alias EA melakukan serangkaian pengumuman lewat acara bertajuk EA Play Live 2016. Acara konferensi yang ditujukan untuk mengganti ketidak hadiran mereka pada ajang E3 2016 ini disiarkan secara langsung di dua tempat yang berbeda yaitu Novo Theatre Los Angeles dan Eventim Apollo di London, Inggris.

Konferensi pers EA tahun ini kembali dibuka oleh Andrew Wilson, CEO EA yang telah tiga tahun menjabat sebagai pengganti John Riccitiello sejak 2013 silam. Sepanjang durasi pengumuman EA Play Live 2016, Andrew mempersilakan beberapa figur penting dari studio game bawahan EA sambil diselingi acara panggung EA Play Live di Inggris yang dipandu oleh COO Electronic Arts, Peter Moore.


Detail terbaru Titanfall 2Offline single player dan keberadaan grappling hook

Setelah dibuka sedikit dengan pembahasan strategi EA selama beberapa waktu ke depan, Andrew Wilson langsung memberikan waktu bagi Vince Zampela dari Respawn Entertainment untuk mempresentasikan Titanfall 2.

Sekuel dari game shooter yang telah diumumkan sejak pertengahan April ini akhirnya mendapat segelintir detail informasi baru, mulai dari keberadaan offline single player, perlengkapan grappling hook, granat gravitasi, kemampuan teleportasi untuk berpindah ke posisi belakang lawan, enam robot Titan baru, dan banyak lagi lainnya.

Mode single player ini akan berfokus pada cerita hubungan antara AI robot Titan bernama PT-7274 dengan seorang pilot bernama Jack Cooper yang akan menjadi karakter pemain di Titanfall 2. Iterasi kedua dari Titanfall ini rencananya akan dirilis pada 28 Oktober 2016 untuk platform PC, Xbox One, dan akhirnya console PS4.


Madden NFL dan komitmen EA memperbanyak program esport

Pengumuman kedua hadir dari London, di mana Peter Moore memperlihatkan video trailer dari seri terbaru Madden NFL berjudul Madden 17. Iterasi kesekian dari serial game olahraga American Football ini sekarang terlihat makin mewah dengan ragam fitur dan animasi yang semakin lebih realistis.

Di sela-sela pengumumannya tentang Madden NFL, Peter Moore juga memperkenalkan tiga program baru untuk memperkaya pengalaman bermain kompetitif di game olahraga EA. Ketiga program tersebut antara lain: Challenger, Premier Event, dan EA Major. Ketiganya akan menjadi kompetisi akbar yang diselenggarakan EA dengan kerja sama dari ESPN.


Mass Effect: Andromeda diumumkan rilis awal tahun 2017

Kembali ke Los Angeles, sesi pengumuman ketiga diisi oleh Aaryn Flynn dari Bioware dengan Mass Effect Andromeda yang dijadwalkan rilis oleh EA sekitar awal tahun 2017 mendatang.

Tidak banyak detail informasi yang mereka berikan untuk game terbaru dari serial Mass Effect tersebut. Lewat sebuah video pendek berdurasi dua menit, kita disuguhi dengan monolog singkat tentang petualangan menuju galaksi baru (alias Andromeda).

Tak hanya itu saja, EA juga memperlihatkan beberapa potong adegan gameplay yang menunjukkan pesawat bernama Tempest, alien Asari, penggambaran koloni luar angkasa, dan aksi baku tembak yang saya harapkan jauh lebih seru dibandingkan Mass Effect sebelumnya.


EA konfirmasikan keberadaan Story Mode di FIFA 17

Setelah sempat menjadi isu yang cukup hangat dibicarakan di internet, akhirnya hari ini EA resmi mengumumkan fitur mode Story yang mengangkat perjalanan karier seorang pemain bola fiktif bernama Alex Hunter. Mode ini mengingatkan saya akan Career Mode dari game WWE2K, namun menggunakan tampilan “karier bercerita” ala mode Showcase yang tampaknya cukup solid.

Dengan menggunakan kecanggihan fitur engine game Frostbite serta teknologi motion capture yang realistis, mode ini seolah menjanjikan cerita biopic yang cukup dramatis tentang karier Alex Hunter menuju juara Liga Premier.

Peter Moore Joseph Mourinho | Photo

Yang menarik, pada bagian ini panggung yang diisi Peter Moore dimeriahkan pula oleh kemunculan José Mourinho, pelatih sepak bola terkenal yang kini sedang melatih tim kesebelasan Manchester United. Sekadar informasi tambahan, José Mourinho sendiri hadir sebagai salah satu karakter dalam game FIFA 17. Seperti yang sudah kami beritakan sebelumnya, game ini rencananya akan dirilis pada 29 September 2016.


EA Originals umumkan sebuah game berjudul Fe

Setelah sukses dengan Unravel, kali ini EA memperkenalkan divisi penerbitan game indie bernama EA Originals. Divisi ini ke depannya akan menjadi pendekatan mereka untuk memperkenalkan game unik dan berkualitas yang diharapkan mampu mengikuti kesuksesan Unravel.

Baca juga ulasan kami mengenai serunya petualangan dalam dunia Unravel di sini

Melalui acara EA Live Play 2016 ini, EA Originals memperkenalkan sebuah game berjudul Fe yang dikerjakan oleh studio asal kota Gothenburg, Jerman bernama Zoink. Sekilas melihat tampilannya, game ini seperti gabungan eksplorasi ala Journey dengan dunia yang dikemas dengan penuh bayangan siluet layaknya LimboSejauh ini belum ada informasi kapan Fe akan dirilis.


Jade Raymond menggoda kita dengan game terbaru Star Wars

Jelang sesi presentasi ke delapan EA Play Live 2016, Jade Raymond selaku GM dari Motive Studios mengumumkan bahwa saat ini EA sedang menggodok beberapa game Star Wars baru yang melibatkan sejumlah studio bawahan EA seperti Visceral Games dan juga Respawn Entertainment.

Tidak ada pengumuman detail game Star Wars baru dari wanita yang sebelumnya dikenal sebagai produser eksekutif game buatan Ubisoft seperti Assassin’s Creed dan Watch Dogs ini. Namun pada bagian menit ke 02:40 video di atas, Jade memperlihatkan potongan in-game footage dari game Star Wars baru yang sepertinya diperkuat dengan engine grafis Frostbite.


Detail baru Battlefield 1 mendukung fitur multiplayer dengan 64 pemain

Pengumuman Battlefield 1 merupakan puncak dari rangkaian acara yang dibawakan EA lewat EA Play Live 2016. Sesi yang dibawakan oleh Patrick Bach dari EA Dice ini membeberkan sejumlah informasi menarik seputar game Battlefield 1 mulai dari keberadaan cuaca yang dinamis, fitur penghancuran lingkungan, dan pengenalan unit baru bernama Behemoth.

Behemoth sendiri merupakan semacam mesin perang raksasa yang akan dikendalikan lebih dari satu orang pemain. Nantinya pemain akan mengendalikan unit Behemoth seperti kereta api perang dan balon udara.

Dengan menghadirkan sosok selebritis seperti Zac Efron dan Jamie Fox untuk memeriahkan Battlefield 1, EA menutup acara EA Play Live 2016 dengan acara multiplayer livestream yang dimeriahkan 64 orang pemain sekaligus.


Kesimpulan

Meskipun tidak dimeriahkan bermacam pengumuman judul game baru dan DLC untuk game yang telah dirilis seperti Mirror’s Edge Catalyst dan Plants vs. Zombies: Garden Warfare 2, setidaknya tahun ini EA cukup memberikan kita informasi menarik seputar beberapa game baru mereka yang akan rilis tahun 2016, yaitu Battlefield 1, FIFA 17, dan Titanfall 2. 

Mungkin hal ini memberikan kesan bahwa EA sedang bermain aman dengan strategi peluncuran game mereka. Meskipun demikian, yang terpenting tahun ini mereka tidak ketinggalan dalam memeriahkan hype pengumuman game menyambut ajang E3 2016.

(Diedit oleh Mohammad Fahmi)

The post Laporan Konferensi Pers EA Play Live 2016: Titanfall 2, Battlefield 1, dan Lainnya appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Rangkuman Berita Teknologi Minggu Ini – 12 Juni 2016

Posted: 12 Jun 2016 03:10 AM PDT

Minggu ini, telah kami rangkum beberapa berita teknologi paling menarik. Mulai dari peluncuran smartphone Flash Plus 2, acara nonton bareng WWDC 2016, kerja sama antara elevenia dan OLX, kehadiran aplikasi mobile BookMyShow, dan fitur baru di aplikasi pelaporan Qlue.

Tanpa membuang-buang waktu, langsung saja simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Flash Plus 2 ludes tak lama setelah diluncurkan di Lazada

Fitur sensor sidik jari pada Flash Plus 2 | Image

Flash Plus 2, anggota baru dari lini Flash yang kini tak lagi menggunakan nama Alcatel, secara resmi tersedia di Lazada Indonesia sejak 9 Juni 2016 lalu. Tidak butuh waktu lama sebelum smartphone yang hadir dengan body berbalut metal tersebut ludes.

Sekadar informasi, Flash Plus 2 yang dibekali prosesor Helio P10, sistem operasi Android 6.0 Marshmallow versi stok, dan sensor sidik jari ini dijual dengan harga relatif terjangkau. Model dengan RAM 2GB dan memori internal 16 GB dibanderol Rp2 juta, sementara varian dengan RAM 3 GB dan memori internal 32 GB dijual seharga Rp2,3 juta.


Nonton bareng WWDC di markas MakeMac

Poster promosi WWDC 2016 | Image

Apple rutin mengadakan ajang Worldwide Developers Conference (WWDC) setiap tahun. Bagi kamu yang tinggal di Jakarta, kamu dapat mengikuti acara nonton bareng streaming WWDC 2016 di markas MakeMac pada hari Senin, 13 Juni 2016. Acara yang dimulai pada pukul 22.00 ini diramaikan dengan nonton film Steve Jobs dan diskusi. Info selengkapnya dapat kamu baca di sini.

Pada WWDC kali ini, Apple diprediksi akan memperkenalkan sistem operasi terbaru jajaran produk mereka, yaitu iOS 10, OS X 10.12 (yang diduga akan berganti nama menjadi macOS), tvOS 10, dan watchOS 3. Selain itu, Tim Cook cs juga akan mengumumkan sistem berlangganan pada App Store—bayangkan Netflix, tetapi untuk aplikasi.

Apple tampaknya tidak akan memperkenalkan perangkat keras baru. Walau menurut rumor ada indikasi keberadaan monitor Thunderbolt 4K atau 5K terbaru dan MacBook Pro dengan bar sentuh di bagian atas keyboard, tapi kemungkinan keduanya tampil di acara ini sangat kecil.


elevenia dan OLX jalin kerja sama

Kerja sama antara OLX dan elevenia | Image

Di awal Juni ini, dua pemain besar di e-commerce Indonesia, elevenia dan OLX, menjalin kemitraan dengan meluncurkan program bertajuk #UpgradeJadiHepi. Program yang digelar mulai tanggal 13 Juni hingga 25 Juli 2016 ini akan membagikan voucer belanja elevenia kepada para seller OLX yang melakukan pemasangan iklan di fitur premium listing. Voucer belanja ini bisa digunakan untuk bertransaksi di elevenia.


BookMyShow kini bisa diakses dari smartphone Android

Tampilan aplikasi BookMyShow | Screenshot

BookMyShow, agregator penjualan tiket hiburan online, meluncurkan aplikasi mobile untuk pengguna smartphone Android. Aplikasi BookMyShow Indonesia ini diharapkan dapat memudahkan pengguna untuk mengakses dan membeli tiket bioskop dan acara hiburan lainnya hanya dalam beberapa klik saja.

Lewat aplikasi ini, pengguna dapat memesan tiket bioskop dan acara, mengecek jadwal tayang film di seluruh bioskop di Indonesia, dan melihat trailer serta sinopsis film. BookMyShow saat ini telah bermitra dengan 4 jaringan bioskop, yaitu CGV blitz, Platinum Cineplex, Golden Theater, dan New Star Cineplex.

App Info
BookMyShow - Tiket Bioskop
Bigtree Entertainment Pvt. Ltd. -  Jun 01, 2016
Genre:  Entertainment
Size:   12M
Installs:   100 - 500
Gratis
Download

Fitur Lapor Swasta di aplikasi QLUE kini tersambung ke PLN

Tampilan Lapor Swasta PLN di aplikasi Qlue | Screenshot

Masyarakat kini dapat melaporkan masalah terkait kelistrikan langsung kepada Perusahaan Listrik Negara (PLN) lewat fitur Lapor Swasta di aplikasi Qlue. Aplikasi ini telah terintegrasi dengan PLN, sehingga masalah seperti mati lampu, pemadaman listrik bergilir, gangguan listrik, kabel listrik putus, dan lain-lain—yang ditujukan untuk PLN dapat ditindaklanjuti secara cepat dan tepat.

Setiap laporan melalui Qlue secara otomatis dilengkapi dengan geotagging. Dengan begitu petugas PLN dapat mudah mendeteksi lokasi adanya gangguan dengan cepat dan tepat.

App Info
Qlue - Your Voice Matters
Qlue -  Nov 17, 2015
Genre:  Social
Size:   14M
Installs:   100,000 - 500,000
Gratis
Download

(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto)

 

The post Rangkuman Berita Teknologi Minggu Ini – 12 Juni 2016 appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Memerangi Pembajak dan Cheater – Sisi Lain dari Kesuksesan Game Lokal

Posted: 11 Jun 2016 11:30 PM PDT

Sebagai negara dengan jumlah pengguna smartphone mencapai 55 juta orang, Indonesia merupakan salah satu pasar aplikasi mobile di Asia Tenggara yang begitu menggiurkan. Dengan fakta tersebut, sudah bukan rahasia umum jika keinginan menjadi tuan rumah di negeri sendiri merupakan impian developer tanah air, baik itu developer game maupun aplikasi.

Popularitas Tahu Bulat pada bulan Mei kemarin merupakan contoh kasus menarik tentang bagaimana dinamisnya persaingan pasar mobile game di negara ini. Dengan angka unduhan mencapai satu juta kali dalam enam belas hari saja, Tahu Bulat menjadi contoh bagaimana pemilihan tema yang populer dan eksekusi produk bagus menjadi kombinasi efektif untuk menduduki peringkat pertama di Google Play.

Bak pepatah “semakin tinggi sebuah pohon maka akan semakin kencang pula angin yang meniupnya,” kesuksesan yang diraih game Tahu Bulat kini mendatangkan situasi baru di mana genderang perang melawan cheater ditabuhkan dan proteksi atas hak cipta dirasa betul-betul diperlukan.

Munculnya Tahu Bulat “nakal”

Tahu Bulat Google Search | Screenshot 1

Karena ekspos media yang demikian tinggi atas keberhasilannya menduduki peringkat atas di Google Play, Tahu Bulat menghadapi persaingan melawan puluhan aplikasi lain yang seolah ikut-ikutan mencatut namanya di app store.

Andai kamu menyempatkan diri untuk mengetik kalimat tahu bulat di Google Play, kamu akan melihat bermacam aplikasi dan game dengan nama yang mirip dengan game buatan Own Games tersebut. Walaupun kita tidak bisa asal menuduh mereka telah meniru, namun beberapa di antaranya secara gamblang mencuri aset Tahu Bulat. Mereka kemudian membuatnya menjadi game platformer atau runner yang tidak dipoles secara menarik.

Tahu Bulat Google Search | Screenshot 2

Lewat perbincangan singkat bersama Eldwin Viriya, CEO sekaligus Co-Founder Own Games ini mengaku tidak mau ambil pusing dengan kasus  kemiripan nama Tahu Bulat di Google Play. Eldwin sendiri tidak mempersoalkan kesamaan nama game lain yang juga menyebut nama Tahu Bulat.

“Selama tidak mengambil aset game Tahu Bulat Own Games, saya senang sekali (melihat persaingan ini),” ujarnya.

Lantas bagaimana dengan beberapa game yang secara jelas mencuri aset game buatan mereka? Own Games mengaku tidak memedulikan hal ini, karena mereka lebih fokus dengan Tahu Bulat buatan mereka sendiri. Namun setelah beberapa kali dikontak pihak Google, Own Games akhirnya terdorong juga untuk menindak tegas aplikasi Tahu Bulat “nakal” yang secara terang-terangan mencatut aset mereka.

“Beberapa game yang ambil aset Tahu Bulat sepertinya akan segera diturunkan atau diminta ganti aset,” tambah Eldwin.

Tahu Bulat Ramadhan Edition | Featured

Di bulan Ramadan ini, game Tahu Bulat bahkan memperoleh update spesial berupa konten sahur dan menu takjil buka puasa

Nama Tahu Bulat sendiri saat ini tidak didaftarkan ke lembaga Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual. Saat ditanya kenapa mereka tidak berniat mendaftarkan nama game mereka, Eldwin hanya menjawab singkat mereka tidak ingin seperti kasus King dengan Candy Crush yang berupaya mematenkan nama Candy alias permen pada tahun 2014 lalu.

Untuk sekarang, studio game asal kota Bandung yang hanya digawangi oleh dua orang tersebut jauh lebih memilih untuk fokus mengembangkan konten dan memerangi cheat yang dilakukan para pemain Tahu Bulat.

Mengakali ulah oknum pemain curang secara efektif

Tahu Bulat Cheat Meme | Screenshot

Dengan besarnya jumlah pengguna game Tahu Bulat, Own Games juga menghadapi kendala cheater alias para pemain curang yang berpotensi mengganggu proses fairplay di leaderboard. Salah satu media lokal bahkan pernah menuliskan cara curang bermain game Tahu Bulat dengan aplikasi nakal, sebelum akhirnya diturunkan atas permintaan dari tim Own Games sendiri.

Tak hanya itu saja, mereka bahkan juga mendapat email dari pemain yang mengeluh rusaknya perangkat Android mereka setelah bermain  game Tahu Bulat. Namun setelah ditelusuri, rusaknya perangkat tersebut disebabkan oleh ulah pemain sendiri yang mengunduh APK berikut mod ilegal dari game Tahu Bulat. Aksi para pemain nakal jelas patut disayangkan karena proses cheat secara tidak langsung merusak pengalaman bermain mereka sendiri.

Untuk menekan jumlah cheat mod APK dan memastikan permainan Tahu Bulat selalu adil, Own Games selalu memberikan update konten baru setiap minggunya, dan menambahkan beberapa fitur baru guna meminimalkan pemain nakal. Salah satu cara yang mereka lakukan adalah memperkenalkan mini game ambil tahu bulat bersama Towa, guna mengganggu program autotap yang digunakan pemain.

Own Games | Photo

Eldwin dan Jefvin Viriya

Selain itu mereka juga menerapkan sistem penalti bagi para pemain yang kedapatan memanipulasi sistem jam smartphone mereka. Sekadar informasi saja, setiap kali pemain menggeser jam di smartphone mereka dan ketahuan oleh sistem, game ini akan memberikan peringatan berupa penalti pemotongan uang dari hasil bermain.

“Penalti tersebut dibuat karena terlalu banyak pemain yang selalu menggeser jam smartphone mereka dan hal itu mengganggu data leaderboard. Jika sudah tiga kali diingatkan mereka membandel, data akan kami reset dan leaderboard mereka terhapus juga,” ujar Eldwin.

Mau tahu lebih banyak soal sejarah Own Games? Cek pembahasannya di sini!

Beragam tanggapan muncul dari pemain yang telah curang bermain Tahu Bulat. Yang paling lucu, salah satu dari mereka bahkan ada yang membuat lelucon atas situasi ini dan mengunggahnya sebagai meme di jejaring sosial.

“Ya kami nikmati saja prosesnya, namanya kan juga pengalaman. Yang jelas secara teknis kami (Own Games) akan selalu cari solusi baru untuk menghadapi cheat di luar,” tutup Eldwin.

Dilema penanggulangan cheat dengan mekanisme ban

Cheat Warning Sign | Screenshot

Senada dengan kasus Tahu Bulat, PT. Ceban Jadi Triliun selaku kreator Cumaceban juga termasuk salah satu developer Indonesia yang rutin memerangi para pemain curang. Sebagai game yang memberikan hadiah smartphone mewah dan beragam benda elektronik lainnya, Cumaceban otomatis menjadi sasaran empuk bagi para pemain nakal yang mengincar jalan pintas untuk menang.

Kepada Tech in Asia, Christian Lyman selaku Co-Founder PT. Ceban Jadi Triliun menjelaskan dilema pembasmian cheat di Indonesia. “Hampir setiap hari kita selalu monitoring mereka yang memiliki tiket game besar dan yang nyawanya tinggi,” jelas Christ ketika ditanya soal upaya menanggulangi cheater dalam game pemenang Tech in Asia Tour: Road to Jakarta 2015 ini.

Christ menjelaskan kalau hampir setiap hari mereka berperang menanggulangi para pemain nakal dengan memberi mereka flag, dan menekan peredaran tiket menang Cumaceban yang dilakukan oknum cheater. Mereka yang dicurigai curang diawasi. Bila terdeteksi menggunakan cheat, mereka akan langsung terkena ban.

Tim CumaCeban | Photo

Christian Lyman dan Yohanes Auri bersama salah satu pemenang Cumaceban dari Sukabumi

Meskipun secara teknis masalah cheat Cumaceban sudah bisa teratasi, namun Christ mengaku pihaknya dilema menghadapi pihak yang telah mencurangi game mereka. Mereka yang telah dipastikan curang tengah melakukan perlawanan balik dengan memberikan skor rating jelek di halaman Google Play Cumaceban.

Situasi ini menempatkan Cumaceban dalam posisi yang serba salah. Di satu sisi mereka merasa perlu menghindarkan ekosistem game dari aksi curang pemain nakal, namun di sisi lain mereka juga membutuhkan reputasi positif di Play Store agar tetap terus menjaring pemain baru.

Walaupun menghadapi kenyataan yang cukup dilematis seperti ini, namun tim Cumaceban masih tetap konsisten memerangi cheat dan menyajikan konten terbaik demi kepuasan pemain. Dari informasi terakhir yang saya dapatkan, saat ini tim Cumaceban sedang menggaet selebritis. Sebelumnya mereka telah menggandeng relawan Teman Ahok dan e-commerce Tokopedia.


Terkadang saat melihat kesuksesan orang lain, kita tidak pernah tahu bahwa di sisi lain mereka sebetulnya sedang berjuang menghadapi babak baru di mana mental dan daya tahannya kembali diuji. Hal ini berlaku di berbagai situasi kesuksesan, tak terkecuali dalam hal pengembangan game maupun aplikasi.

Pembajak karya cipta dan cheater akan selalu ada dari waktu ke waktu, dan makin jauh lebih parah jika kita membicarakan platform gaming selain mobile. Yang bisa dipetik dari kasus ini adalah pelajaran untuk selalu siap di segala kondisi, baik itu di saat belum maupun sesudah berada di atas roda kesuksesan.

(Diedit oleh Fadly Yanuar Iriansyahsumber gambar: JDI Backgrounder)

The post Memerangi Pembajak dan Cheater – Sisi Lain dari Kesuksesan Game Lokal appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Onemonth – Belajar Keterampilan Bisnis dan Pemrograman dalam Satu Bulan

Posted: 11 Jun 2016 09:44 PM PDT

Perkembangan zaman melahirkan inovasi-inovasi teknologi yang menakjubkan. Hal tersebut tentu menuntut kita untuk juga bergerak dan belajar cepat. Jika ingin menambah pengetahuan baru dalam hal pemrograman dan bisnis, tapi tidak punya banyak waktu luang, kamu dapat mengunjungi situs Onemonth.

Sesuai dengan namanya, pelajaran yang disediakan pada situs tersebut berdurasi satu bulan. Onemonth memiliki tujuan untuk membantu banyak orang belajar keterampilan baru dalam waktu yang sesingkat mungkin. Menurut halaman depannya, situs ini sudah melayani lebih dari 35.000 orang yang belajar pemrograman maupun bisnis untuk pertama kalinya.

Onemonth.com | Screenshot 1

Pelajaran yang disediakan adalah yang berkaitan dengan pengembangan situs, aplikasi, serta bisnis. Metode belajar yang digunakan adalah penjelasan melalui video dan juga sesi tanya-jawab dengan pengajar. Onemonth sendiri fokus untuk menyampaikan materi dengan kualitas yang terbaik, sehingga banyak orang dapat belajar dengan cepat.

Sejauh ini Onemonth menyediakan tiga jenis kursus. Yang pertama adalah Library Course, yaitu kursus satuan yang bisa diambil dan dipelajari sesuai dengan waktu luang kita. Beberapa di antaranya adalah Build Your First Mobile App dan Build Your Ecommerce and Subscription Site.

Berikutnya ada Premium Course yang terjadwal dan memiliki batas siswa hingga 100 peserta saja. Salah satu contoh Premium Course adalah Store Telling for Business. Terakhir adalah Tracks, yaitu kumpulan dari Library Course yang dirancang khusus bagi peserta untuk mendapatkan hasil yang lebih besar.

Beberapa situs lainnya juga menawarkan pengalaman belajar secara online. Di antaranya adalah Coursera, Udacity, dan Udemy. Dari hasil kunjungan saya ke tiga situs tersebut, durasi untuk subjek serupa mayoritas lebih lama dari yang ditawarkan oleh Onemonth.

Kalau kamu ingin belajar coding, situs ini bisa menjadi referensi yang tepat

Semua mata pelajaran tersebut bisa kita akses dengan membayar biaya berlangganan US$29 per bulan, setara dengan Rp400.000. Atau kita bisa menghemat dua bulan dengan berlangganan langsung selama satu tahun. Biayanya adalah US$299 per tahun, atau setara dengan Rp4.000.000. Cukup menarik bukan? Apakah kalian akan mencoba belajar hal baru dengan Onemonth?

(Diedit oleh Fadly Yanuar Iriansyah; sumber gambar: Tim Gouw)

The post Onemonth – Belajar Keterampilan Bisnis dan Pemrograman dalam Satu Bulan appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Dota Weekly: 4 Tip Penting Menjadi Seorang Midlaner

Posted: 11 Jun 2016 08:00 PM PDT

Jika dalam rubrik Dota Weekly sebelumnya saya pernah membahas tentang dasar-dasar berperan sebagai supportcarry, dan offlaner, untuk melengkapinya kini saya ingin membagikan panduan dasar bagi kamu ketika bermain sebagai seorang midlaner dalam Dota 2.

Berbagai ilmu yang akan disebutkan di sini saya dapatkan dari beberapa kali pengalaman melawan midlaner dengan MMR tinggi, dan menonton pertandingan kompetitif.

Memilih hero middle lane yang tepat

Tip Midlaner Dota 2 | Screenshot 1

Ketika dalam fase pemilihan hero, baik itu dalam mode All Pick, Ranked All Pick, atau Captain, pastikan hero yang akan kamu gunakan dapat memenuhi kebutuhan timmu atau mengisi kekosongan peran yang ada. Misalnya jika dua temanmu sudah memilih hero carry dengan potensi damage besar di akhir permainan, seperti Shadow Fiend atau Ember Spirit, kamu dapat memilih hero utilitas seperti Magnus yang mampu memperbesar damage mereka atau Invoker Quas Wex untuk mengontrol hero lawan.

Kamu juga dapat menyesuaikan hero mid dengan draft lawanmu. Jika katakanlah musuhmu memiliki satu atau dua hero carry yang harus terus menerus farm, menggunakan jenis nuker/ganker seperti Queen of Pain atau Storm Spirit adalah pilihan yang tepat.

Memilih hero untuk lini tengah memang cukup kompleks. Selain mempertimbangkan untuk mengonter hero middle lane lawan, kamu tentunya juga perlu memikirkan untuk mampu memberikan apa yang timmu butuhkan ketika clash nanti.

Perhatikan titik temu creep!

Tip Midlaner Dota 2 | Screenshot 2

Sebagai seorang midlaner, fase laning adalah masa yang paling krusial. Alasannya, fase ini menentukan seberapa cepat kamu memperoleh Gold serta XP yang diperlukan sebagai persiapan clash atau gank nantinya. Semakin cepat kamu memperoleh level atau ability ultimate, maka semakin cepat pula kamu dapat berkontribusi besar kepada tim.

Supaya kamu dapat melakukan farm dengan lancar, titik temu creep di middle lane harus benar-benar diperhatikan. Jika creep kawan terlalu maju dan berada pada high ground area lawan, maka kamu akan kesulitan untuk melakukan farm maupun deny karena terdapat 25 persen peluang untuk miss ketika menyerang.

Untuk mengatasinya, kamu perlu melakukan creep blocking layaknya bermain sebagai offlaner. Posisi terbaik adalah menahan creep kawan sehingga berada di antara tower tier 1 dan sungai. Dengan begitu kamu dapat melakukan farm dengan mudah, dan sebaliknya musuh kesulitan karena 25 persen peluang miss tersebut.

Perlu diingat ketika menyerang creep, pastikan setiap serangan yang kamu lancarkan itu adalah last hit dan matikan auto attack. Hal ini berguna jika kamu ingin fokus untuk melakukan farm, dan tetap menjaga posisi high ground.

Mengontrol rune

Tip Midlaner Dota 2 | Screenshot 3

Sebagai seorang midlaner, mau tidak mau kamu harus terus mengecek rune yang muncul setiap dua menit di setiap sisi sungai. Kehadiran rune ini memiliki pengaruh besar dalam dinamika permainan dan terkadang menentukan kalah atau menangnya sebuah tim.

Jika kamu menggunakan Bottle, mendapatkan rune setiap dua menit dapat menjadi opsimu untuk melakukan regenerasi HP dan mana. Rune yang tepat (Invisibility atau Haste) juga akan meningkatkan probabilitas suksesmu ketika melakukan gank terhadap offlaner atau bahkan carry lawan.

Agar bisa mengontrol rune dengan mudah, mintalah bantuan support untuk meletakkan Observer Ward di salah satu titik dekat rune biasa muncul. Sehingga kamu bisa dengan mudah melihat situasi di sekitar rune tersebut. Apakah ada jebakan musuh? Rune apa yang muncul? Apakah rune tersebut dapat membantu saya melakukan gank? Berbicara soal gank, saatnya menuju poin berikutnya.

Haruskah midlaner melakukan gank?

Tip Midlaner Dota 2 | Screenshot 4

Pada dasarnya, melakukan gank sudah menjadi kewajiban seorang midlaner dan pengambilan keputusan ini dipengaruhi oleh beberapa faktor dan pertimbangan. Rune (seperti yang sudah kita bicarakan sebelumnya), kondisi offlaner atau carry musuh, dan situasi middle lane.

Tergantung hero yang digunakan, pada umumnya midlaner melakukan gank pada level enam atau tujuh. Namun, kamu dapat melakukannya lebih cepat jika: terdapat rune Haste atau Invisibility (jika kamu yakin lawan tidak memiliki Sentry Ward), dan musuh memiliki HP rendah dengan posisi terlalu maju ke depan.

Tetapi kamu harus mempertimbangkan Gold serta XP yang harus dikorbankan ketika meninggalkan lane. Apakah setimpal dengan kill yang akan kamu dapatkan?

Jika kamu yakin dapat membunuh carry atau offlaner lawan, kemudian melanjutkan push terhadap tower tier satu mereka, maka lakukanlah. Jika tidak, lebih baik kamu kembali fokus melakukan farm sambil bersabar menunggu kesempatan terbaik selanjutnya.

Terlalu banyak istilah yang membingungkan? Kamus Dota 2 dan MOBA ini dapat membantumu.


Ketika menjadi seorang midlaner, kamu harus bermain secara kreatif. Pengambilan keputusanmu juga harus tepat. Kamu dapat menyaksikan replay pertandingan kompetitif para pemain middle lane handal seperti Danil “Dendi” Ishutin, Artour “Arteezy” Babaev, atau Aliwi “w33” Omar.

Memang bukanlah hal mudah ketika menjadi peran seorang pemain lini tengah. Namun dengan terus berlatih atau menonton replay pertandingan kompetitif, saya yakin kamu dapat menjadi seorang midlaner yang lebih baik.

(Diedit oleh Iqbal Kurniawan)

The post Dota Weekly: 4 Tip Penting Menjadi Seorang Midlaner appeared first on Tech in Asia Indonesia.

No comments:

Post a Comment

Sponsor

Latest Game News

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sponsor

pasang iklan baris gratis