Ads

Tuesday, June 14, 2016

Game Di Indonesia

Game Di Indonesia


Strategi Amazon Membangun Bisnis yang Mampu Bertahan Hingga Puluhan Tahun

Posted: 14 Jun 2016 08:00 PM PDT

Dalam perjalanannya, Amazon—yang semula merupakan sebuah toko buku online—telah bermetamorfosis menjadi toko online serba ada. Bahkan, kini mereka mulai menjual layanan komputasi awan melalui Amazon Web Service, dan mendirikan toko fisik untuk memperluas cakupan penjualan buku mereka.

Menurut sang CEO Jeff Bezos, perusahaannya menerapkan strategi utama bernama “three big needle movers.” Inilah yang akan membuat perusahaan tetap berkembang berpuluh-puluh tahun dari sekarang. Tiga hal tersebut adalah: Pemilihan produk, harga, dan kemudahan.

Pada perhelatan Code Conference 2016, Jeff mengatakan bahwa dirinya tak berpikir kalau konsumen di masa depan nanti akan mengatakan, "Saya suka Amazon; saya hanya berharap kalian memproses pengiriman dengan lebih santai."

"Semua usaha yang kami kerahkan untuk mempersingkat waktu pengiriman akan tetap berkontribusi terhadap keuntungan yang kami dapat hingga 10 tahun ke depan, sebab hal itu akan selalu disukai konsumen," imbuhnya.

Amazon telah menginvestasikan anggaran untuk menyediakan layanan pengiriman di hari yang sama, mendirikan perusahaan bongkar muat logistik, dan penyewaan armada pesawat.

Entrepreneur meramal masa depan bisnis | Ilustrasi

Sumber gambar: LinkedIn

Ia meminta para audiens konferensi untuk memikirkan hal-hal yang dirasa akan tetap relevan bagi bisnis mereka, bahkan hingga 10 tahun dari sekarang. Kendati teknologi dan lanskap kompetitif dapat berubah, namun tidak dengan kebutuhan konsumen.

"Setelah itu kamu dapat membangun strategi dengan hal-hal yang telah kamu pikirkan barusan," ucapnya.

Itulah nasihat karakteristik dari Jeff, seorang pemikir jangka panjang yang pernah menginvestasikan US$42 juta (sekitar Rp567 miliar) dari kantong pribadinya untuk menciptakan jam yang dapat berfungsi hingga 10.000 tahun.

Untuk menjadi CEO yang sukses, ada banyak faktor yang menentukan. Oleh karena itu, kami sediakan lima tip bermanfaat buat kamu

Jeff pernah menuangkan filosofi bisnisnya ke dalam sebuah surat terkenal yang ia tujukan kepada para pemegang saham. Surat itu ditulis sebelum Amazon melakukan penawaran saham perdana pada tahun 1997.

"Kami akan terus melandasi keputusan investasi kami berdasarkan pertimbangan manajemen pasar jangka panjang, alih-alih melandasinya dengan pertimbangan keuntungan jangka pendek maupun reaksi Wall Street sesaat," cetusnya.

Saksikan wawancara lengkap dengan Jeff Bezos di video ini:

(Artikel ini pertama kali dipublikasikan dalam bahasa Inggris oleh Terence Lee. Isi di dalamnya telah diterjemahkan dan dimodifikasi. Diedit oleh Fadly Yanuar Iriansyah; sumber gambar: Tangkapan layar video Code Conference)

The post Strategi Amazon Membangun Bisnis yang Mampu Bertahan Hingga Puluhan Tahun appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Ghost Recon Wildlands – “The Division” Versi Perlawanan Kartel Narkoba di Bolivia

Posted: 14 Jun 2016 07:12 PM PDT

Setahun setelah diumumkan lewat ajang E3 2015 kemarin, baru-baru ini Ubisoft kembali memperlihatkan Ghost Recon: Wildlands yang merupakan iterasi terbaru dari serial game Tom Clancy’s Ghost Recon. 

Lewat konferensi pers E3 pada 14 Juni 2016,  Ubisoft menunjukkan video berdurasi lima belas menit dari Ghost Recon Wildlands yang memberikan kita gambaran jelas seputar gameplay dari penerus serial game shooter militer Tom Clancy ini.

Dalam Ghost Recon kali ini kamu akan mengendalikan tim Ghost dalam upaya mereka memberantas sindikat narkotik Santa Blanca di negara Bolivia, Amerika Selatan. Dunia open-world yang ditampilkan Ghost Recon sangatlah luas dengan sembilan variasi lingkungan yang meliputi daerah pegunungan, gurun pasir, hutan tropis, dan banyak lagi lainnya.

“Dengan Ghost Recon Wildlands, francis Ghost Recon kami arahkan ke sebuah dunia open-world yang indah, hidup, dan bereaksi terhadap pilihan pemain,” ungkap produser senior, Nouredine Abboud seperti yang tertulis dalam blog Ubisoft

Ghost Recon Wildlands | Screenshot 1

Dengan tampilan dunia yang begitu luas, Ghost Recon Wildlands memberikan pemainnya kebebasan untuk berstrategi dalam menjalani misi yang diberikan. Selain itu kita juga diberikan aneka macam kendaraan seperti helikopter, parasut, motor trail, mobil buggy, dan lain-lain guna menjelajahi luasnya medan Ghost Recon Wildlands. 

Dengan beragam fasilitas yang diberikan tadi, pemain dituntut untuk melakukan observasi lingkungan secara strategis sebelum memulai penyerbuan di markas lawan. Kita bisa saja menyerang musuh secara sembunyi-sembunyi di malam hari atau melakukan penyerbuan secara frontal di siang hari.

Fitur multiplayer yang mengedepankan kerja sama tim

Ghost Recon Wildlands | Screenshot 2

Aksi shooter dalam Ghost Recon Wildlands bakal melibatkan proses kerja sama tim yang solid demi penyelesaian misi sebaik mungkin. Kamu sendiri bisa memainkan game ini seorang diri dengan bantuan AI, atau memainkannya bersama tiga orang teman yang tersambung secara online.

Kurang lebih fungsi multiplayer di dalam game ini hampir sama seperti game Tom Clancy’s The Division. Bedanya jika di Tom Clancy’s The Division kita dihadapkan dalam misi baku tembak yang linear, Ghost Recon Wildlands bakal memberikan kita kebebasan dalam menyelesaikan suatu misi. Yah sedikit mengingatkan saya dengan permainan Far Cry 4, tetapi dengan tema militer yang begitu kental.

Setiap pendekatan misi yang dilakukan pemain bakal berimbas kepada reaksi sindikat narkotik Santa Blanca. Kamu bisa saja mengadu salah satu faksi agar menyerang sang kartel agar bisa menyerang mereka di saat rentan. Kamu bahkan bisa juga membebaskan kawanan sandera di sebuah pos militer agar membantumu mengalihkan situasi agar tujuan misi utamamu tercapai.

Ghost Recon Wildlands | Screenshot 3

Terlepas dari beberapa fitur yang dijelaskan tadi, terus terang ekspektasi saya terhadap game ini lebih kepada penampilan grafis yang bakal kita dapatkan di dalam versi retail Ghost Recon Wildlands. Di mata saya, Ubisoft identik dengan penurunan kualitas grafis (atau istilahnya downgrade) yang tak sebanding dengan apa yang kita lihat saat presentasi mereka di saat E3 berlangsung.

Semoga saja downgrade kualitas game tersebut tidak terlalu parah karena jelas ini akan semakin menurunkan ekspektasi saya di setiap pengumuman game yang dilakukan oleh Ubisoft ke depannya nanti. Mari kita lihat apakah Ghost Recon Wildlands sesuai dengan apa yang ditamplikan Ubisoft di ajang E3 tahun ini ketika dirilis untuk PS4, Xbox One, dan PC pada 7 Maret 2017.

(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto)

The post Ghost Recon Wildlands – “The Division” Versi Perlawanan Kartel Narkoba di Bolivia appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Twitter Kucurkan Pendanaan Rp937 Miliar untuk SoundCloud

Posted: 14 Jun 2016 07:00 PM PDT

Sekitar tahun 2014 silam, beredar rumor kalau Twitter akan mengakuisisi platform distribusi dan sharing audio SoundCloud, namun rencana tersebut kemudian batal. Seperti masih “penasaran”, pada tanggal 14 Juni 2016 Twitter memutuskan untuk memberikan investasi kepada SoundCloud. Menurut Recode, jumlah pendanaan yang diberikan oleh Twitter mencapai US$70 juta (sekitar Rp937 miliar).

Investasi yang dilakukan Twitter ini merupakan bagian dari putaran pendanaan yang baru dibuka oleh SoundCloud. Dari putaran pendanaan tersebut, SoundCloud berharap bisa mendapat dana segar sebesar US$100 juta (sekitar Rp1,3 triliun). Bila tercapai, pendanaan ini akan menaikkan valuasi SoundCloud menjadi US$700 juta (sekitar Rp9,3 triliun).

Jack Dorsey CEO Square Twitter | Foto 1

Jack Dorsey, CEO Twitter

Jack Dorsey, CEO Twitter, memastikan pendanaan yang dilakukan lewat Twitter Ventures tersebut. “(SoundCloud) telah menjadi rekan yang baik selama bertahun-tahun, dan perkembangan mereka yang berdasarkan komunitas sejalan dengan prinsip kami,” ujar Jack.

Saat ini, SoundCloud telah mempunyai 175 juta pengunjung unik setiap bulannya. Angka ini lebih besar dari pengguna aktif bulanan (MAU) dari Spotify yang baru mencapai 100 juta pengguna.

Layanan streaming musik kian marak, temukan kelebihan dan kekurangan masing-masing di sini!

Menanggapi berita pendanaan ini, SoundCloud menyatakan kalau mereka dan Twitter sama-sama menghadirkan budaya terkini secara real-time kepada jutaan orang di seluruh dunia. “Investasi ini bisa membantu kami untuk melanjutkan peluncuran layanan-layanan kami di seluruh dunia. Salah satunya adalah layanan berlangganan SoundCloud Go,” ujar seorang sumber dari SoundCloud.

Serupa dengan rasa penasaran yang muncul setelah Microsoft mengakuisisi LinkedIn, pendanaan yang dilakukan Twitter ini juga menarik rasa ingin tahu masyarakat tentang kerja sama apa yang akan mereka lakukan dengan SoundCloud di kemudian hari.

(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto; Sumber gambar: TechCrunch)

The post Twitter Kucurkan Pendanaan Rp937 Miliar untuk SoundCloud appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Info Lowongan Kerja Terbaru dari Kudo, Garena, UBER, dan Lainnya

Posted: 14 Jun 2016 07:30 AM PDT

Lowongan kerja di ranah teknologi, semakin hari semakin melimpah. Dunia startup teknologi mulai muncul menjadi destinasi utama untuk bekerja. Peningkatan gaji yang pesat dari tahun ke tahun, suasana kerja yang menyenangkan, hingga tantangan kerja yang terus berkembang dari waktu ke waktu berhasil daya tarik tersendiri bagi pencari kerja.

Di bawah ini, Tech in Asia merangkum beberapa lowongan pekerjaan dari berbagai startup dan perusahaan besar di Indonesia yang membuka kesempatan karier di ranah teknologi. Mulai dari programmer, desain grafis, marketing, media sosial, sampai sales. Artikel ini akan terus diperbarui tiap minggunya khusus untuk para pembaca setia Tech in Asia.

Pasang lowongan kerja startup dan teknologi gratis


Lowongan kerja di Garena

LOWONGAN KERJA GARENA | LOGO

Garena, didirikan pada 2009, perushaan ini telah bermetamorfosis dari sebuah perusahaan gaming menjadi perusahaan internet yang berkembang pesat dan berhasil meraup keuntungan yang sangat besar. Valuasinya kini mencapai US$3,75 miliar (sekitar Rp50 triliun rupiah), menjadikannya sebagai startup paling bernilai di Asia tenggara.

Lokasi: Jakarta Barat

Lowongan kerja full time:

Apa rahasia Garena yang menjadikannya startup paling bernilai di Asia Tenggara?


Lowongan kerja di Kudo

LOWONGAN KERJA KUDO | LOGO

Kudo adalah platform kios O2O (online to offline) yang memungkinkan konsumen membeli dan membayar secara offline untuk produk online yang mereka inginkan.

Lokasi: Jakarta Selatan

Lowongan kerja full time:

Simak tip lengkap bagaimana beralih dari perusahaan besar ke startup dari dua Founder Kudo!


Lowongan kerja di Mediatrac

LOWONGAN KERJA MEDIATRAC | LOGO

Mediatrac adalah perusahaan analitis big data  pertama di Indonesia. Layanan yang mereka hadirkan bertujuan membantu untuk menggali potensi pertumbuhan bisnis konsumen dan mengumpulkan data dalam jumlah sangat besar.

Semua data yang dimiliki Mediatrac akan digabungkan dengan data klien, untuk nantinya memberikan wawasan yang tepat melalui rangkaian produk teknologi dan jasa konsultasi strategis.

Lokasi: Jakarta Selatan

Lowongan kerja full time:

Selain ahli dalam analisis big data, tim Mediatrac sangat terobsesi pada Star Wars


Lowongan kerja di Qlapa

LOWONGAN KERJA QLAPA | LOGO

Qlapa adalah marketplace khusus produk industri rumahan dan kerajinan tangan unik dari Indonesia. Qlapa didirikan untuk memberdayakan kreatifitas lokal dengan teknologi.

Lokasi: Jakarta Barat

Lowongan kerja intern:

  • Intern Digital Marketing
  • Intern Content Writer

Di awal tahun 2016, Qlapa berhasil meraih pendanaan dari tiga investor


Lowongan kerja di Qerja

LOWONGAN KERJA QERJA | LOGO

Qerja adalah sebuah komunitas untuk berbagi informasi mengenai tempat kerja dan gaji, khususnya untuk perusahaan yang berada di Indonesia.

Lokasi: Jakarta Barat

Lowongan kerja full time:

Bingung saat harus “curhat” soal pekerjaan? Qerja memberikan solusinya


 Lowongan kerja di Agate Studio

LOWONGAN KERJA AGATE | LOGO

Agate Studio adalah sebuah perusahaan pengembang game di Indonesia yang fokus dengan berbagai platform dan genre.

Lowongan kerja full time:

Mengapa Agate memutuskan membuat dua brand game baru usai mendapat pendanaan tahun ini?


Lowongan kerja di Uber

LOWONGAN KERJA UBER | LOGO

Uber, perusahaan internet asal Amerika yang menghubungkan pengemudi dengan pengendara, merupakan startup dengan pendanaan terbesar di dunia dan memiliki nilai valuasi USD 40 miliar (Rp 492 triliun).

Lowongan kerja full time:

Ingin mencoba layanan Uber? Coba simak lima fakta unik berikut


Lowongan kerja di NetzMe

LOWONGAN KERJA NETZME | LOGO

Netzme adalah sebuah layanan yang memadukan messaging dan sosial media. Saat ini telah tersedia aplikasi Android nya di Google Play Store.

Lokasi: Jakarta Selatan

Lowongan kerja full time:


Lowongan kerja di SUPA SERIOUS STUDIO

LOWONGAN KERJA SUPA SERIOUS | LOGO

Supa Serious Studio merupakan indie mobile game developer (iOs dan Android) yang berdiri sejak 2014.

Lokasi: Jakarta Pusat

Lowongan kerja full time:


Lowongan kerja di Detikcom

lowongan kerja detikcom

PT Agranet Multicitra Siberkom (perusahaan induk dari detikcom) ialah salah satu situs berita terpopuler di Indonesia yang berisi berita, gaya hidup, dan hiburan di Indonesia.

Lokasi: Jakarta Selatan

Lowongan kerja full time:


Lowongan kerja di PT. Surya Madistrindo (Subs of PT. Gudang Garam, Tbk)

lowongan kerja Surya Madistrindo

PT Surya Madistrindo (SM) adalah unit usaha utama PT Gudang Garam Tbk. (GG), yang melakukan fungsi penjualan, distribusi dan aktivitas field marketing untuk seluruh produk PT Gudang Garam Tbk ke seluruh wilayah di Indonesia.

Lokasi: Jakarta Pusat

Lowongan kerja full time:


Lowongan kerja di Go-Jek

lowongan kerja Go-Jek

GO-JEK merupakan sebuah perusahaan teknologi asal Indonesia yang awalnya melayani pemesanan angkutan melalui jasa ojek. Kini layanannya terus berkembang, dari mulai pemesanan makanan, sampai penyedia jasa bersih-bersih.

Lowongan kerja full time:

Cari tahu bagaimana Nadiem Makarim mengubah GO-JEK dari "zombi" menjadi startup paling terkenal di Indonesia


Lowongan kerja di Touchten Games

lowongan kerja di Touchten

Touchten merupakan salah satu developer game asal Indonesia yang telah berdiri sejak tahun 2009 dan menghasilkan berbagai game dengan jumlah unduhan yang banyak.

Lokasi: Jakarta Pusat

Lowongan kerja full time:

Lowongan kerja intern:

Simak bagaimana Touchten memandang masa depan indstri game di tanah air


Lowongan kerja di KMKLabs

lowongan kerja KMKLABS

KMKLabs adalah salah satu perusahaan di Indonesia yang menerapkan Agile Methodologies. Produk yang mereka ciptakan di antaranya adalah Liputan6.com, bola.com, dan vidio.com.

Lowongan kerja full time:

Lowongan kerja di Erajaya Group

lowongan kerja erajaya group

Erajaya Group (PT. Erajaya Swasembada, Tbk.) merupakan perusahaan ritel dan distribusi perangkat elektronik terkemuka di Indonesia. Beberapa unit bisnis Erajaya di antaranya adalah Erafone, TAM, dan iBox.

Lokasi: Jakarta Pusat

Lowongan kerja full time:

Sebagai wujud pemenuhan TKDN, Erajaya mendirikan pabrik di Jakarta


Lowongan kerja di Hacktiv8

lowongan kerja Hacktiv8

Hacktiv8 adalah “web development bootcamp”  di Jakarta yang membantu pemula untuk menjadi fullstack developer dalam 16 minggu.

Lokasi: Jakarta Selatan

Lowongan kerja full time:


Apabila kamu tertarik mendapatkan informasi lowongan pekerjaan di dunia startup secara reguler, silakan klik tombol di bawah ini.

dapatkan info tech jobs

(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto)

The post Info Lowongan Kerja Terbaru dari Kudo, Garena, UBER, dan Lainnya appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Rangkuman Berita Game Hari Ini – 14 Juni 2016

Posted: 14 Jun 2016 06:08 AM PDT

Norman Reedus unggah foto nyeleneh yang menampilkan Hideo Kojima

????

A photo posted by norman reedus (@bigbaldhead) on

Iqbal Kurniawan – Tampaknya Norman Reedus masih memendam perasaan kecewa karena proyek Silent Hills yang ia kerjakan bersama Hideo Kojima tahun lalu dibatalkan oleh Konami. Lewat akun Instagram miliknya, ia mengunggah sebuah foto yang menampakkan Kojima sedang minum menggunakan cangkir bertuliskan “Konami Tears”. Foto yang kemungkinan adalah hasil editan itu telah mendapatkan puluhan ribu Like (dan terus bertambah!) dari para netizen di seluruh dunia.

Death Stranding Akan Menjadi Game Perdana Hideo Kojima Pasca Meninggalkan Konami

Sumber: Kotaku


Lara Croft GO, Chameleon Run, dan INKS memperoleh penghargaan Apple Design Award

Iqbal Kurniawan – Melanjutkan tradisi yang dilakukan Apple setiap tahun, kali ini mereka menganugerahkan tiga game, yaitu Lara Croft GO, Chameleon Run, serta INKS, dengan penghargaan Apple Design Award. Ketiga game tersebut berhasil menarik perhatian Apple berkat visual menawan yang didesain oleh para developer masing-masing.

Jumlah penghargaan yang diberikan untuk game mobile dalam gelaran Worldwide Developer Conference (WWDC) 2016 kali ini lebih sedikit dibanding tahun lalu yang menganugerahi lima game.


Summer Lesson akan rilis di Jepang pada bulan Oktober

Summer Lesson | Screenshot 1

Ayyub Mustofa – Bandai Namco telah mengumumkan bahwa Summer Lesson akan rilis di Jepang pada tanggal 13 Oktober nanti. Kalau kamu tidak ingat, Summer Lesson adalah game virtual reality yang dikembangkan oleh Katsuhiro Harada sang kreator Tekken. Dalam game tersebut kamu akan berinteraksi dengan gadis cantik di layar untuk membantumu mengerjakan tugas liburan musim panas.

Sumber: Gematsu


Kingsglaive: Final Fantasy XV mendapat trailer baru

Ayyub Mustofa – Masih dalam rangkaian acara E3, Square Enix merilis video trailer baru untuk Kingsglaive: Final Fantasy XV dalam bahasa Inggris. Film prekuel Final Fantasy XV tersebut akan dirilis di bioskop-bioskop tertentu pada tanggal 19 Agustus nanti. Kamu juga bisa mendapatkannya bila membeli Final Fantasy XV edisi terbatas atau edisi deluxe.


General RAAM dari Gears of War meriahkan daftar petarung Killer Instinct

Risky Maulana – Tahun ini Killer Instinct bakal dimeriahkan karakter petarung baru dari Gears of War yaitu General RAAM yang merupakan musuh bebuyutan Marcus Fenix di Gears of War pertama. Lewat video trailer dari konferensi pers Microsoft, pemimpin monster Locust yang gemar menenteng pisau militer ini memperlihatkan aksinya membabat perut JagoKarakter ini akan menjadi petarung dari bundel Season ketiga Killer Instinct.


Game shooter Serious Sam merambah VR tahun ini

Risky Maulana -Di sela-sela riuhnya pengumuman game E3 2016, hari ini Devolver Digital mengumumkan game VR dari Serious Sam berjudul Serious Sam VR: The Last HopeGame on-rail shooter yang menempatkan kamu sebagai agen Sam Stone di tengah-tengah gempuran anak buah Overlord Mental yang ingin menguasai bumi.

Serious Sam VR: The Last Hope rencananya akan tersedia di HTC Vive dan PC melalui platform Steam Early Access pada musim panas 2016 (sekitar 21 Juni hingga 22 September).

(Diedit oleh Mohammad Fahmi)

The post Rangkuman Berita Game Hari Ini – 14 Juni 2016 appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Teror Mencekam dengan Teknologi VR Akan Hadir dalam Resident Evil 7

Posted: 14 Jun 2016 05:00 AM PDT

Kelanjutan seri Resident Evil ikut tampil dalam sederet game baru yang dipamerkan dalam konferensi pers Sony pagi tadi. Kemunculan Resident Evil 7 dalam ajang E3 2016 ini sesuai dengan kabar yang sempat disampaikan oleh Dr. Serkan Toto, seorang analis industri game di Jepang, bulan lalu. Capcom rencananya akan merilis game tersebut tanggal 24 Januari 2017 untuk PS4, Xbox One, dan PC.

Kisah dalam Resident Evil 7 akan melanjutkan serangkaian peristiwa yang terjadi di seri sebelumnya. Dengan berlatar pada sebuah pedesaan di Amerika Serikat, kamu akan dibawa ke teror menyeramkan dan suasana mencekam yang diklaim oleh Capcom kembali ke akar seri Resident Evil.

Mendukung PlayStation VR

Resident Evil 7 Corpse | Screenshot 1

Resident Evil 7 tampak segar (dan sangat mengerikan) berkat perubahan perspektif yang diusungnya. Bila sebelumnya seri utama Resident Evil selalu menggunakan sudut pandang orang ketiga, maka Capcom akan menggunakan perspektif orang pertama dalam karya terbarunya.

Pengalaman menjelajah dengan sudut pandang orang pertama ini akan didukung dengan teknologi yang hadir dalam PlayStation VR. Kamu dapat memainkan Resident Evil 7, dari awal hingga akhir, dengan menggunakan aksesori tersebut yang akan dirilis oleh Sony bulan Oktober nanti.

Resident Evil 7 dikembangkan dengan engine baru bernama RE yang juga mereka pakai saat membuat demo berjudul KITCHEN untuk PlayStation VR. Saya yang pernah dibuat merinding ketika mencoba demo tersebut di Tokyo Game Show tahun lalu langsung bergidik memikirkan bagaimana menyeramkannya Resident Evil 7 nanti.

Unduh demo gratisnya sekarang juga

Resident Evil 7 People | Screenshot 2

Selain mengumumkan Resident Evil 7, Capcom juga telah menyiapkan demo gratis yang bisa dimainkan oleh pemilik PS4 sekarang juga. Demo berjudul Resident Evil 7 Teaser: Beginning Hour tersebut sudah bisa diunduh oleh para pelanggan PlayStation Plus lewat tautan di bawah.

Sebagai penggemar seri Resident Evil yang telah memainkan semua seri utamanya, saya merasa sangat penasaran dengan teror baru yang dijanjikan oleh Capcom lewat Resident Evil 7. Semoga saja mereka mampu menghadirkan suguhan jauh lebih baik dibanding Resident Evil 6 yang hanya memperoleh nilai “cukup” di Metacritic.

PlayStation Store Link: Resident Evil 7 Teaser: Beginning Hour

(Diedit oleh Mohammad Fahmi)

The post Teror Mencekam dengan Teknologi VR Akan Hadir dalam Resident Evil 7 appeared first on Tech in Asia Indonesia.

8 Game Eksklusif yang Dipamerkan Microsoft di Konferensi E3

Posted: 14 Jun 2016 04:00 AM PDT

Konferensi yang digelar Microsoft pada acara E3 tahun ini menampilkan cukup banyak game menarik. Ada beberapa sekuel dari francis besar seperti Gears of War dan Halo Wars, namun banyak juga judul baru yang tidak kalah keren seperti Sea of Thieves dan Scalebound. Kita juga bisa melihat video beberapa game yang sudah pernah diumumkan namun belum dirilis, seperti ReCore.

Andai kamu bukan pengguna Xbox One pun, kumpulan game di bawah tetap patut dipantau sebab sebagian besar juga akan rilis di PC. Berikut ini adalah daftar game yang dipamerkan Microsoft pada konferensi dini hari tadi.


Gears of War 4

Meski Gears of War kini sudah tidak lagi ditangani Epic Games, The Coalition selaku studio yang menanganinya tetap menjanjikan pengalaman multiplayer yang tidak kalah seru dari para pendahulunya. Kamu bisa lihat demonstrasi gameplay Gears of War 4 langsung di atas panggung lewat video di atas.

Gears of War 4 merupakan salah satu game eksklusif Microsoft yang mendukung fitur Xbox Play Anywhere. Kamu cukup membeli game ini satu kali, kemudian kamu bisa memainkannya di Xbox One maupun PC Windows 10. Pengguna Xbox One juga bisa main bersama pengguna PC lewat fitur Cross-Play.

Gears of War 4 akan dirilis pada tanggal 11 Oktober 2016. Jangan lupa cek juga controller Xbox One edisi terbatas bertema Gears of War 4 di video ini.


ReCore

Game hasil kolaborasi antara tim pengembang Metroid Prime dengan Keiji Inafune ini pertama kali diumumkan pada bulan Juni tahun lalu. Kali ini kita berkesempatan mengintip sedikit cuplikan gameplay di dalamnya, sekaligus berkenalan dengan beberapa karakter yang bisa kita mainkan.

Terdapat empat karakter yang diperkenalkan, masing-masing dengan kemampuan berbeda-beda. Joule sang pemimpin punya kemampuan menembak, dash, serta double jump layaknya Mega Man X. Mack si penjelajah adalah robot dengan gerakan menyerupai anjing pemburu. Seth si ahli kabur bisa merayap di dinding dan membantu Joule menggapai tempat tinggi. Sementara Duncan si perkasa punya kekuatan layaknya seekor gorila.


Scalebound

Game terbaru karya PlatinumGames yang ditangani Hideki Kamiya ini menyajikan aksi berburu monster dengan perlengkapan modern maupun tradisional. Seperti game hunting pada umumnya, kamu akan bekerja bahu-membahu dengan teman untuk mengalahkan musuh berukuran raksasa.

Nilai jual utama Scalebound terletak pada keberadaan para naga yang bisa kamu jadikan bala bantuan di medan perang. Dalam video di atas kamu bisa lihat bagaimana seekor naga dapat ditunggangi di tengah pertarungan melawan bos monster. Mereka juga bisa digunakan untuk mencapai tempat-tempat tinggi yang sulit dijangkau manusia biasa.


Forza Horizon 3

Forza Horizon 3 menempatkanmu pada penjelajahan negara Australia dalam dunia open world di atas mobil-mobil keren. Sebagai pengurus acara Horizon Festival, kamu tidak hanya akan balapan, namun juga harus mengurus manajemen tim. Kamu bisa merekrut kawan, melakukan kustomisasi, kemudian mengendarai ratusan mobil ternama, termasuk Lamborghini Centenario 2017.

Sama seperti Gears of War 4, Forza Horizon juga mendukung fitur Xbox Play Anywhere. Game ini akan dirilis eksklusif di Xbox One dan PC Windows 10 pada tanggal 27 September 2016 nanti.


Halo Wars 2

Game real time strategy yang merupakan spin-off seri Halo ini kembali dengan musuh baru, latar belakang planet baru, serta segala hal lainnya yang serba baru. Terjunlah ke medan perang sebagai Captain Cutter, pemimpin tentara manusia yang juga kapten kapal Spirit of Fire. Kemudian hadapi faksi alien bernama The Banished yang dipimpin oleh Atriox sang petarung ganas.

Halo Wars 2 akan dirilis untuk Xbox One dan PC pada bulan Februari 2017. Bila tak sabar, kamu juga bisa mencicipinya dalam sesi tes beta yang dibuka mulai tanggal 13 Juni sampai 20 Juni.


We Happy Few

We Happy Few menyajikan cerita berlatar Inggris tahun 1964 versi alternatif, di mana negara tersebut kalah dalam perang dunia kedua dan berubah menjadi sebuah distopia. Para penduduk kota Wellington Wells telah mencandui obat narkotik yang disebut Joy, sebab obat tersebut bisa membuat mereka berhalusinasi sehingga semua hal terasa menyenangkan.

Dalam game yang sangat disturbing ini kamu harus berusaha melepaskan diri dari pengaruh Joy, sambil berhati-hati agar tidak ketahuan. Sebab di Wellington Wells, mereka yang tidak “bahagia” akan dicap sebagai Downer, dan harus dibinasakan.


 State of Decay 2

State of Decay kembali dalam sekuel yang masih menyajikan dunia fiktif penuh mayat hidup. Pada awalnya State of Decay hanyalah game downloadable yang tidak terlalu besar. Namun serunya petualangan survival di dunia open world yang diberikan rupanya menarik minat banyak penggemar hingga memunculkan State of Decay 2.

State of Decay 2 menyajikan pengalaman yang fokus pada multiplayer. Kamu didorong untuk bekerja sama dengan pemain lain demi bertahan hidup, sambil menjelajahi dunia serta menyelesaikan tantangan-tantangan di dalamnya. Tentu saja kamu juga boleh bermain solo. Namun di dunia zombie yang kejam dan berbahaya, apa kamu yakin bisa hidup sendiri?


Dead Rising 4

Satu lagi game bertema zombie akan menyambangi Xbox One dan Windows 10. Bedanya, kalau State of Decay 2 memiliki nuansa survival yang kental, Dead Rising 4 justru menyajikan aksi hura-hura dalam membasmi pasukan mayat hidup yang tak habis-habis.

Khas seri Dead Rising, dalam game ini kamu bisa membantai zombie dengan senjata-senjata aneh bin ngawur. Mulai dari menghantam dengan palu raksasa, menabrak dengan sepeda motor, membakar dengan penyembur api, hingga melindas para zombie dengan mobil penjual pop corn, semua bisa kamu lakukan.


Itulah jajaran game yang dipamerkan Microsoft dalam konferensi E3 mereka. Masih ada beberapa game lain yang juga ditunjukkan, seperti Tekken 7 dan Battlefield 1, namun tidak masuk dalam daftar ini karena bukan eksklusif Xbox One maupun Windows 10.

Dari daftar game di atas, adakah game yang menarik perhatianmu? Saya sendiri paling berminat pada We Happy Few yang aneh dan agak gila namun unik. ReCore juga terlihat keren, walau menurut saya desain karakternya terlalu mirip Borderlands. Yang jelas, tahun 2016 dan 2017 sepertinya akan jadi tahun-tahun seru bagi gamer PC maupun Xbox.

(Diedit oleh Fadly Yanuar Iriansyah)

The post 8 Game Eksklusif yang Dipamerkan Microsoft di Konferensi E3 appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Trailer Baru Harvest Moon: Skytree Village Tampilkan Peningkatan dari Pendahulunya

Posted: 14 Jun 2016 02:00 AM PDT

Natsume merilis trailer untuk game terbaru mereka, Harvest Moon: Skytree Village, pada perhelatan E3 2016 yang tengah berlangsung. Lewat video tersebut, kamu akan menjumpai penampakan fitur-fitur baru dari game yang akan dirilis untuk 3DS ini.

Kamu yang pernah memainkan Harvest Moon: The Lost Valley akan menemukan beberapa kemiripan dalam Skytree Village. Salah satu kemiripan tersebut adalah dunia dalam game yang masih tersusun dari tumpukan tile 3D sederhana. Fitur untuk mengubah tinggi permukaan tanah juga kembali di iterasi Harvest Moon selanjutnya ini.

Harvest Moon: Skytree Village | Screenshot 2

Perubahan paling menonjol tampak dari gaya visual para karakter yang dirombak dan mirip dengan gaya Story of Seasons. Beberapa karakter dari Harvest Moon: The Lost Valley, seperti Wizard Gareth, Witch Tabitha, Harvest Goddess,  dan Doc, juga akan hadir kembali. Beberapa karakter baru, yang terdiri dari tiga pria dan tiga wanita, tampaknya bisa dinikahi nantinya di Harvest Moon: Skytree Village.

Peningkatan dari sisi gameplay juga terlihat dari fitur menanam, menyiram, dan memodifikasi lahan yang lebih baik. Semakin tinggi level dari peralatan pertanian kamu, maka area penggunaannya akan semakin luas. Hal ini akan semakin mempercepat proses pertanian untuk menyusun ladang sesuai impian kamu.

Harvest Moon: Skytree Village | Screenshot

Hewan ternak baru bernama Poitou Donkey yang bulunya bisa dipanen juga diperkenalkan. Kehadirannya sedikit menambah variasi hewan ternak yang sebelumnya hanya terdiri dari tiga jenis (ayam, sapi, dan domba), baik itu di Harvest Moon: Seeds of Memories maupun Harvest Moon: The Lost Valley.

Sudah coba Stardew Valley yang disebut-sebut sebagai versi indie dari Harvest Moon?

Meskipun Harvest Moon: Skytree Village tampak kalah cemerlang dibandingkan Story of Seasons: Trio of Towns, namun penggemar sejati Harvest Moon tentunya patut untuk tetap mencoba game ini nanti. Natsume sendiri belum mengumumkan tanggal perilisan dari Harvest Moon: Skytree Village. Kira-kira apa yang kamu harapkan dari game ini nantinya?

(Diedit oleh Iqbal Kurniawan)

The post Trailer Baru Harvest Moon: Skytree Village Tampilkan Peningkatan dari Pendahulunya appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Hacktiv8 Buka Kursus Pemrograman JavaScript dengan Jaminan Kerja

Posted: 14 Jun 2016 01:30 AM PDT

Sadar kalau Indonesia masih kekurangan developer yang berkualitas, Presiden Jokowi pun mencanangkan target untuk mendidik 100.000 developer hingga tahun 2020 mendatang. Seolah ingin ikut mendukung program tersebut, perusahaan pelatihan developer Hacktiv8 pun membuka kursus untuk bahasa pemrograman JavaScript yang memang dibutuhkan di dunia kerja.

Berbeda dengan program kursus lainnya, Hacktiv8 menawarkan jaminan pekerjaan dalam waktu 120 hari setelah peserta lulus dari program tersebut, dengan penghasilan minimal Rp10 juta per bulan. Apabila jaminan tersebut tidak terpenuhi, Hacktiv8 akan mengembalikan seluruh biaya kursus yang mencapai Rp30 juta. Program kursus itu sendiri akan berlangsung selama 12 minggu.

Simak ulasan kami tentang kursus pemrograman yang dibuat oleh Google di sini

Untuk mewujudkan janji mereka, Hacktiv8 pun bekerja sama dengan beberapa startup terkenal di tanah air, seperti GO-JEK, Tokopedia, MatahariMall, Veritrans, Seekmi, dan Urbanhire. "Semakin banyaknya perusahaan yang mendapat investasi dalam dua tahun terakhir telah membuat kebutuhan akan developer menjadi semakin tinggi. Perusahaan tersebut bahkan rela untuk membayar lebih tinggi," ujar Ronald Ishak, Managing Director dari Hacktiv8, dalam siaran pers yang diterima Tech in Asia.

Menawarkan beragam beasiswa

Hacktiv8 Kursus JavaScript | Screenshot

Menurut Ishak, program kursus pemrograman ini memang dibuat begitu intensif agar bisa menghasilkan developer berkualitas dalam waktu yang cepat. “Universitas di Indonesia memang banyak menghasilkan lulusan ilmu komputer, namun jumlahnya masih kurang banyak dibandingkan dengan kebutuhan akan developer yang semakin tinggi,” tutur Ishak.

Untuk membantu para peserta yang ingin mengikuti kursus namun tidak mempunyai uang cukup, Hacktiv8 pun bekerja sama dengan layanan pinjaman uang KoinWorks untuk menyediakan pinjaman bagi para calon peserta. Khusus untuk peserta wanita dan mahasiswa yang baru lulus dari perguruan tinggi, Hacktiv8 pun menyediakan potongan harga sebesar Rp5 juta.

Selain Ishak, tim Hacktiv8 juga diisi oleh orang-orang yang punya pengalaman di bidang pendidikan, seperti Dr. Raymond Liu (mantan presiden Universitas Pelita Harapan) dan Riza Fahmi (mantan CTO di CitizenLab). Saat ini Hacktiv8 telah mendapat pendanaan dari modal ventura lokal RMKB Ventures.

Gaji developer cukup menjanjikan

Hacktiv8 Kursus JavaScript 2 | Ilustrasi

Menurut para Co-Founder Hacktiv8, banyak orang di Indonesia yang terjebak dengan gaji Rp4 juta hingga Rp6 juta per bulan. Padahal, menurut Ishak, andaikan mereka punya kemampuan sebagai developer, mereka bisa mendapat penghasilan mulai dari Rp10 juta sampai Rp16 juta.

Saat ini, Hacktiv8 masih berusaha menjalankan program dan ingin melihat peserta-peserta mereka berhasil bekerja di perusahaan teknologi bergengsi. “Apabila program kami menunjukkan indikasi yang bagus, kami berencana untuk melakukan ekspansi ke kota-kota lain dalam waktu dua belas bulan ke depan,” pungkas Ishak.

Apabila kamu tertarik untuk mengikuti program kursus di Hacktiv8, silakan mendaftar di tautan berikut.


Hacktiv8 tentu akan bersaing dengan penyelenggara kursus pemrograman yang telah ada untuk mendapatkan peserta. Namun adanya kerja sama dengan beberapa startup terkenal dan jaminan bekerja di startup tersebut, Hacktiv8 punya nilai tambah yang bisa memikat para calon peserta.

(Diedit oleh Fadly Yanuar Iriansyah)

The post Hacktiv8 Buka Kursus Pemrograman JavaScript dengan Jaminan Kerja appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Integrasi Uber dengan iOS 10 Izinkanmu Memesan Kendaraan Lewat Siri

Posted: 14 Jun 2016 01:00 AM PDT

Dalam acara WWDC 2016 yang diadakan dini hari tadi, Apple mengumumkan beberapa pembaruan. Dua di antaranya adalah pembaruan untuk asisten pribadi virtual Siri dan Apple Maps. Apple kini membuka Software Development Kit (SDK) untuk dua aplikasi tadi, sehingga developer dapat mengintegrasikan keduanya pada aplikasi buatan mereka sendiri.

Salah satu aplikasi pertama yang memanfaatkan SDK ini adalah Uber. Nantinya, pengguna dapat memesan perjalanan menggunakan Siri lewat perintah suara. Selain memesan perjalanan, pengguna juga dapat menerima update tentang pesanan perjalanan itu secara real-time.

Menggunakan Siri, yang untuk pertama kalinya akan hadir lini komputer Apple, kamu juga bisa mengonfirmasi pemesanan, melihat biaya perjalanan, serta informasi tentang pengemudi. Kira-kira sama seperti saat kamu mengakses Uber dari aplikasinya.

Pengguna Uber nantinya dapat memesan kendaraan dari aplikasi Apple Maps | Image

Pengguna Uber nantinya dapat memesan kendaraan dari aplikasi Apple Maps. Sumber gambar: iPhone Hacks

Tidak hanya lewat Siri, pengguna juga akan bisa memesan perjalanan langsung dari aplikasi Maps. Saat membuka suatu lokasi di Maps, kamu dapat melihat opsi memesan Uber untuk menuju lokasi itu.

Lalu dengan adanya fitur notifikasi baru iOS 10, kamu akan melihat saat pesanan kendaraanmu tiba dalam animasi peta. Dari notifikasi itu, kamu dapat menghubungi pengemudi atau membatalkan perjalanan.

Sistem pembayaran Uber juga akan terintegrasi dengan Apple Pay. Verifikasi pembayaran dapat dilakukan dengan sensor sidik jari Touch ID. Namun, mengingat layanan pembayaran ini tidak tersedia di Indonesia, kamu belum bisa menggunakannya.

"Kami berharap para pengguna akan menyukai fitur-fitur baru ini, dan tidak sabar untuk bisa segera menghadirkannya," ujar juru bicara Uber lewat keterangan tertulis yang diterima Tech in Asia.

Cek hal-hal keren lainnya yang diumumkan Apple semalam di acara WWDC 2016!

iOS 10 sendiri dijadwalkan tersedia pada musim gugur tahun ini, yaitu bulan September. Sedangkan versi betanya sudah bisa diakes oleh developer mulai hari ini. Selain Uber, beberapa aplikasi pihak ketiga yang dipastikan terintegrasi dengan Siri antara lain adalah Slack, WhatsApp, WeChat, Lyft, Shutterfly, Pinterest, Map My Run, RunKeeper, dan banyak lagi lainnya.

Menarik untuk diketahui apakah startup transportasi maupun logistik berbasis aplikasi di tanah air—seperti GO-JEK, Grab, Deliveree, Etobee, dan lainnya—berminat untuk mengintegrasikan layanan mereka dengan iOS 10.

(Diedit oleh Mohammad Fahmi; sumber gambar: The Next Web)

The post Integrasi Uber dengan iOS 10 Izinkanmu Memesan Kendaraan Lewat Siri appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Video Sea of Thieves Tunjukkan Serunya Jadi Bajak Laut Bersama Teman-Temanmu

Posted: 14 Jun 2016 01:00 AM PDT

Salah satu developer yang turut unjuk gigi di konferensi E3 Microsoft adalah Rare. Pada kesempatan kali ini, studio di balik seri Banjo-Kazooie dan Killer Instinct tersebut memamerkan game terbaru mereka yang berjudul Sea of Thieves. Rare mengundang beberapa gamer untuk memainkan Sea of Thieves kemudian merekamnya dalam video, sehingga kita bisa melihat langsung bagaimana suasana game tersebut saat dimainkan nanti.

Sea of Thieves mengusung tema berupa kehidupan bajak laut yang seru, bebas, dan jenaka. Kamu berperan sebagai seorang kru kapal, dan harus bekerja sama dengan teman-temanmu untuk mengoperasikan kapal maupun bertualang. Tiap orang bisa memilih tugas yang berbeda, misalnya menyetir kapal, menembakkan meriam, sampai jadi kru reparasi untuk memperbaiki badan kapal yang rusak.

Dalam petualanganmu, kamu akan bertemu dengan pemain-pemain dari kapal bajak laut berbeda. Ketika bertemu dengan mereka, sudah jelas apa yang harus dilakukan: Berperang! Layaknya adegan dari film Pirates of the Carribean, kamu bisa merasakan serunya adu meriam dan saling menabrakkan kapal di laut lepas.

Sea of Thieves | Screenshot 1 Sea of Thieves | Screenshot 2 Sea of Thieves | Screenshot 3 Sea of Thieves | Screenshot 4 Sea of Thieves | Screenshot 5 Sea of Thieves | Screenshot 6

Tentu saja kehidupan bajak laut tidak terbatas hanya di atas kapal. Kamu bisa turun dari kapal untuk melakukan eksplorasi, bertemu musuh-musuh mistis yang aneh, dan membawa pulang harta karun. Video gameplay dari Rare memang tidak menunjukkan elemen eksplorasi secara detail, tapi kamu bisa intip beberapa hal yang akan kamu temui lewat album screenshot di atas.

Belum ada tanggal rilis pasti untuk Sea of Thieves, yang jelas game ini akan tersedia untuk Xbox One maupun PC Windows 10. Kehidupan bajak laut adalah tema yang selalu seru untuk digali, namun sepertinya sulit sekali mencari game dengan tema serupa yang bagus selain Sid Meier’s Pirates! Semoga saja nantinya Sea of Thieves bisa memuaskan dahaga para fan cerita bajak laut seperti saya.

Situs Web: Sea of Thieves

(Diedit oleh Fadly Yanuar Iriansyah)

The post Video Sea of Thieves Tunjukkan Serunya Jadi Bajak Laut Bersama Teman-Temanmu appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Cuplikan Gameplay Horizon Zero Dawn Pamerkan Lagi Kemampuan Baru Aloy

Posted: 14 Jun 2016 12:30 AM PDT

Belum lama ini Guerilla Games memutuskan untuk menunda perilisan Horizon Zero Dawn hingga tahun depan demi menghadirkan kualitas yang tidak mengecewakan. Setelah melihat cuplikan gameplay yang ditayangkan dalam konferensi pers Sony tadi pagi, tampaknya tambahan waktu yang mereka butuhkan akan sepadan dengan penantian kita.

Di antara sederet trailer dan pengumuman game baru lain yang ditayangkan Sony, Guerilla Games memamerkan video gameplay Horizon Zero Dawn berdurasi delapan menit. Video tersebut kembali menampilkan beragam hal yang membuat para penonton terkesima, termasuk beberapa hal yang belum pernah disingkap sejauh ini.

Horizon Zero Dawn memiliki dialog interaktif di mana kamu dapat memilih topik pembicaraan saat Aloy, sang protagonis, berinteraksi dengan karakter lain. Walau kemungkinan fitur ini tidak akan berpengaruh banyak terhadap jalan cerita, namun kehadirannya dapat membuat game menjadi lebih immersive.

Horizon Zero Dawn Dialogue | Screenshot

Aloy ditampilkan memiliki kemampuan memindai musuh dan lingkungan sekitarnya. Dengan kemampuan tersebut, ia mampu menganalisis perlengkapan yang dimiliki musuh serta mengetahui letak titik kelemahannya. Kemampuan ini sangat berguna untuk menyusun strategi menyerang demi melumpuhkan lawan.

Tidak hanya memindai, ia juga mampu menjinakkan robot liar untuk kemudian menjadi tunggangannya. Dengan meretas robot bernama Broadhead yang mirip dengan rusa, ia mampu membuatnya tunduk dan menjadikannya tunggangan mengarungi dunia Horizon Zero Dawn.

Horizon Zero Dawn Riding Broadhead | Screenshot

Adegan pertarungan melawan sebuah robot raksasa bernama Corruptor menjadi pamungkas dari video gameplay tersebut. Aloy bertempur dengan taktis menggunakan busur serta beragam perlengkapan yang dimilikinya sambil menunggangi Broadhead yang ia jinakkan. Keragaman kemampuan tempur yang dimiliki Aloy menjanjikan variasi yang bisa mengakomodasi preferensi cara bertempur setiap pemain nanti.

Beragam hal yang diungkap Guerilla Games kali ini membuat Horizon Zero Dawn makin menjadi kandidat kuat game yang wajib dimiliki tahun depan. Game tersebut rencananya akan dirilis tanggal 28 Februari 2017 nanti eksklusif untuk PS4.

(Diedit oleh Mohammad Fahmi)

The post Cuplikan Gameplay Horizon Zero Dawn Pamerkan Lagi Kemampuan Baru Aloy appeared first on Tech in Asia Indonesia.

6 Hal Penting yang Diumumkan Apple dalam WWDC 2016

Posted: 14 Jun 2016 12:00 AM PDT

Seperti tahun-tahun sebelumnya, di bulan Juni tahun ini Apple kembali menyelenggarakan konferensi tahunan mereka yang bernama Worldwide Developer Conference (WWDC). Dalam acara yang berlangsung mulai tanggal 13 hingga 17 Juni 2016, Apple menghadirkan lebih dari 5.000 developer yang berasal dari 74 negara di seluruh dunia.

Berikut ini adalah hal-hal menarik yang diumumkan Apple dalam WWDC 2016.

watchOS 3 yang kebih “kencang”

Pengumuman watchOS 3 WWDC 2016 | Ilustrasi

Mengawali WWDC tahun ini, Apple mengumumkan kehadiran sistem operasi terbaru bagi perangkat Apple Watch, yaitu watchOS 3. Selain hadir dengan berbagai Watch Face baru, sistem operasi ini juga diklaim tujuh kali lebih kencang dibanding pendahulunya, watchOS 2, yang mereka luncurkan pada WWDC tahun lalu.

Untuk mempercepat proses pencarian aplikasi di Apple Watch, watchOS 3 dilengkapi dengan dock yang bisa menampung semua aplikasi favorit kamu dalam satu tempat. Kamu pun bisa langsung mengakses Control Center dengan menggeser (swipe) layar ke atas, dan membuka Notification Center dengan menggesernya ke bawah, persis ketika kamu menggunakan iPhone.

Pengiriman pesan dengan Apple Watch jadi lebih mudah karena watchOS 3 telah dilengkapi dengan Smart Replies, yang bisa melengkapi kata-kata yang sedang kamu tulis. watchOS 3 pun memungkinkan kamu untuk menulis secara manual di Apple Watch lewat fitur Scribble.

Selain itu, watchOS 3 pun bisa membantu kamu melaporkan sebuah situasi darurat. Kamu hanya perlu menekan tombol yang berada di bagian samping Apple Watch, dan kamu akan langsung terhubung dengan nomor panggilan darurat di tempat kamu berada.

tvOS dengan fitur Single Sign On

Pengumuman tvOS di WWDC 2016 | Ilustrasi

Eddy Cue, Senior Vice President Apple untuk bidang Internet Software and Services, mengumumkan kalau saat ini Apple TV telah memiliki 1.300 channel dan 6.000 aplikasi. Dan untuk lebih memanjakan pengguna mereka, Apple pun kembali menghadirkan fitur-fitur menarik untuk tvOS, sistem operasi yang mereka gunakan untuk Apple TV.

tvOS kini menghadirkan fitur Single Sign On, sehingga kamu hanya perlu sekali melakukan proses log in untuk bisa mengakses semua channel yang tersedia. Apple pun telah membuat aplikasi Remote, yang memungkinkan kamu untuk bisa mengganti channel di Apple TV langsung dari iPhone kamu.

Bagi para developer yang ingin mengembangkan aplikasi untuk Apple TV, tvOS juga telah menyediakan beberapa API dan tool baru, seperti ReplayKit untuk merekam sebuah tayangan, PhotoKit yang bisa digunakan untuk mengakses foto di iCloud Photo Library, serta HomeKit yang memungkinkan kamu untuk mengatur perangkat pintar di rumah dari Apple TV.

macOS Sierra yang dilengkapi dengan Siri

Pengumuman macOS Sierra dengan Siri WWDC 2016 | Ilustrasi

Dalam WWDC 2016, Apple membuat pengumuman menarik kalau mereka telah mengubah nama sistem operasi untuk iMac dan MacBook yang sebelumnya bernama OS X menjadi macOS. Untuk versi terbaru ini, Apple memberinya nama macOS Sierra.

Fitur terbaru yang dihadirkan Apple untuk macOS Sierra ini adalah Continuity. Dengan fitur tersebut, lock screen di perangkat Mac yang kamu gunakan bisa terbuka secara otomatis apabila ada Apple Watch milik kamu di dekatnya. macOS Sierra juga mempunyai fitur Universal Clipboard yang memungkinkan kamu untuk menyalin (copy) teks atau gambar di sebuah perangkat Apple, dan melakukan paste di perangkat Apple lainnya.

Dengan macOS Sierra, kamu pun bisa mengakses Apple Pay lewat MacBook atau iMac. Apabila kamu menemukan pilihan pembayaran dengan Apple Pay di sebuah situs, kamu bisa langsung melakukan konfirmasi lewat Apple Watch atau iPhone yang kamu miliki.

Sesuai rumor yang telah beredar sebelumnya, kecerdasan buatan milik Apple, Siri, juga telah hadir di macOS Sierra. Menurut Apple, Siri kini telah mempunyai API yang terbuka bagi para developer untuk memanfaatkannya.

iOS 10 dengan pembaruan berbagai aplikasi

Pengumuman iOS 10 WWDC 2016 | Ilustrasi

Seperti meneruskan tradisi di setiap WWDC, Apple kembali mengumumkan kehadiran sistem operasi terbaru untuk perangkat mobile mereka, yang kini bernama iOS 10. Dengan iOS 10, Apple menghadirkan fitur Raise to Wake, yang memungkinkan kamu untuk membuka lock screen hanya dengan mengangkat iPhone.

Dari lock screen, kamu juga bisa langsung mengakses kamera dengan menggeser (swipe) layar ke arah kanan. Menjawab pesan atau memberikan respon terhadap sebuah notifikasi pun bisa kamu lakukan di lock screen.

Simak ulasan mengenai penjualan iPhone yang tengah menurun di sini

Selain itu, iOS 10 pun menghadirkan perubahan untuk berbagai aplikasi di iOS 10, seperti Photo, Map, Music, dan News. Untuk aplikasi Photo, Apple kini menambahkan kemampuan untuk mengenali wajah yang ada di setiap foto, mirip dengan fitur yang dimiliki oleh Google Photo. Kamu pun bisa membuat video singkat dari foto-foto yang kamu koleksi.

Sedangkan untuk Map, kamu bisa melakukan pencarian berdasarkan jenis tempat, serta melihat kondisi kemacetan dan berbagai acara yang berlangsung di sekitar kamu. Aplikasi Map ini akan terbuka untuk para developer, sehingga mereka bisa membuat berbagai aplikasi, seperti untuk memesan kendaraan atau memesan restoran lewat Map.

Pengumuman iOS 10 WWDC 2016 2 | Ilustrasi

iOS 10 untuk mengatur peralatan pintar di rumah

Untuk aplikasi Music, Apple kini melengkapinya dengan lirik lagu dan playlist yang telah dikurasi, mirip dengan layanan yang ditawarkan Spotify. Adapun untuk aplikasi News yang kini telah mempunyai 60 juta pengguna aktif, Apple menghadirkan fitur untuk berlangganan bulanan.

Sistem operasi iOS 10 juga bisa kamu gunakan untuk mengatur setiap perangkat pintar yang ada di rumah, seperti pintu, bel, penutup jendela, hingga penjernih udara. Apple juga menawarkan fitur untuk menuliskan voicemail yang kamu terima dalam bentuk teks di sistem operasi terbaru mereka ini.

iMessage yang lebih atraktif

Pengumuman iMessage WWDC 2016 | Screenshot

Berbagai tampilan baru di iMessage: animasi (kiri), emoji (tengah), dan tulisan tangan (kanan)

Seperti ingin menyaingi aplikasi chat Allo yang baru diluncurkan Google, Apple pun membuat perombakan besar untuk aplikasi pengiriman pesan mereka, iMessage. Pesan yang dibuat dalam iMessage kini bisa tampil dengan berbagai animasi menarik, seperti Smash, Gentle, dan Loud. Kamu pun bisa memasukkan tulisan tangan yang kamu buat ke dalam iMessage.

Salah satu fitur menarik dalam versi terbaru iMessage adalah Invisible Ink, yang akan menampilkan pesan atau gambar dalam bentuk buram (blur). Kamu baru bisa melihat isi dari pesan tersebut setelah menggosoknya. iMessage pun bisa menampilkan emoji berukuran besar, serta memungkinkan kamu untuk mengganti semua kata-kata yang kamu ketik menjadi emoji yang sesuai.

Ketika mengirim gambar, kamu pun bisa langsung menambahkan stiker ke dalam gambar yang akan kamu kirimkan. Aplikasi iMessage ini juga sudah terbuka untuk para developer yang ingin memanfaatkannya.

Aplikasi belajar pemrograman Swift Playground

Swift Playground | Screenshot

Demi memopulerkan bahasa pemrograman Swift, Apple juga meluncurkan aplikasi Swift Playground dalam WWDC 2016 ini. Aplikasi gratis ini bisa kamu gunakan untuk mempelajari pemrograman Swift dengan iPad. Agar mudah dimengerti bahkan oleh anak-anak sekalipun, aplikasi ini akan menunjukkan berbagai konsep pemrograman dalam bentuk permainan.


Saat ini, berbagai hal yang diumumkan oleh Apple di WWDC 2016 baru akan tersedia untuk para developer. Pengguna umum baru bisa menikmatinya sekitar bulan Oktober 2016 nanti.

Ketika membuka acara tersebut, Tim Cook menjelaskan kalau saat ini telah ada 2 juta aplikasi yang berada di App Store, dengan jumlah unduhan yang mencapai 130 miliar unduhan. Apple bahkan telah membayarkan US$50 miliar (sekitar Rp664 triliun) untuk para developer. Dengan berbagai tekonologi baru yang mereka hadirkan di WWDC tahun ini, sepertinya akan ada makin banyak developer yang berminat untuk mengembangkan aplikasi untuk produk-produk yang dibuar Apple.

(Diedit oleh Iqbal Kurniawan; Sumber gambar: BusinessInsider)

The post 6 Hal Penting yang Diumumkan Apple dalam WWDC 2016 appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Xbox One S dan Project Scorpio: Lebih Ramping, Dukung 4K, dan Siap VR

Posted: 14 Jun 2016 12:00 AM PDT

Dalam konferensi pers yang diadakan dini hari tadi, Microsoft mengumumkan bahwa mereka akan merilis dua varian baru Xbox One. Varian pertama adalah Xbox One S, yaitu Xbox One dengan desain yang lebih kecil dan warna dominan putih. Sementara varian kedua dengan nama kode Project Scorpio merupakan Xbox One dengan hardware yang lebih canggih, dukungan perangkat VR, serta mampu menampilkan resolusi 4K.

Xbox One S akan dirilis pada bulan Agustus 2016 dalam tiga paket, masing-masing dengan kapasitas hard disk yang berbeda. Paket 500 GB dijual dengan harga US$299 (sekitar Rp3,9 juta), paket 1 TB seharga US$349 (sekitar Rp4,6 juta), dan paket 2 TB seharga $399 (sekitar Rp5,3 juta). Paket 2 TB adalah edisi khusus dan hanya akan tersedia secara terbatas.

Sedangkan Project Scorpio, yang akan rilis pada akhir tahun 2017, digembar-gemborkan Microsoft sebagai console tercanggih yang pernah ada. Dengan kartu grafis berkecepatan enam teraflop dan prosesor delapan core, console ini jelas lebih kuat daripada Xbox One orisinal. Sayangnya Microsoft tidak memberi informasi lebih banyak selain spesifikasi di atas kertas. Kita masih harus menunggu untuk tahu bagaimana wujud fisik Project Scorpio nanti.

Meski memiliki hardware yang lebih canggih, Project Scorpio masih tetap satu keluarga dengan Xbox One. Semua game yang dibuat untuk Project Scorpio kompatibel dengan Xbox One maupun Xbox One S, begitu juga dengan aksesori seperti controller atau headset.

Visi baru Microsoft: video game tanpa batas

Baik Xbox One S maupun Project Scorpio merupakan perwujudan dari visi baru Microsoft. Mereka ingin memberikan kebebasan lebih pada para pemain untuk memilih platform yang mereka mainkan. Mereka juga ingin menciptakan ekosistem video game yang tak lagi terbatas pada generasi console. “Play without boundaries,” demikian Phil Spencer dari Microsoft menyebutnya.

Gears of War 4 | Screenshot 1

Perwujudan lebih lanjut visi tersebut adalah fitur baru Xbox Live yang bernama Xbox Play Anywhere. Dengan fitur ini, kamu cukup membeli game satu kali saja, kemudian kamu bisa memainkannya di Xbox One maupun Windows 10. Save data milikmu juga bisa digunakan di kedua perangkat tersebut. Mirip dengan layanan Cross-Buy yang sudah ditawarkan Sony selama ini.

Microsoft juga menghadirkan fitur Cross-Play yang memungkinkanmu main game multiplayer di Xbox One bersama dengan pemain PC, atau bahkan smartphone. Beberapa game yang mendukung Cross-Play antara Xbox One dan PC misalnya Gears of War 4, Forza Horizon 3, Sea of Thieves, dan Scalebound. Sementara Minecraft akan mendukung Cross-Play antara PC, Windows 10 Mobile, iOS, dan Android.

Ekosistem console semakin mirip PC?

Visi Microsoft tentang game yang tidak terbatas pada generasi console cukup menarik, tapi juga mengkhawatirkan. Di satu sisi, Microsoft berkata bahwa mereka percaya bahwa kemajuan teknologi tidak perlu mengorbankan kompatibilitas. Dari situ ada kemungkinan bahwa console penerus Xbox One setelah Project Scorpio juga akan kompatibel dengan Xbox One.

Bila demikian, beli console baru pada dasarnya jadi hanya upgrade hardware. Software maupun game tetap sama, namun tampilan grafisnya tentu lebih bagus di console baru. Ekosistem seperti ini sangat mirip dengan PC, di mana kita bisa main game lama maupun baru asal sistem operasi yang kita gunakan kompatibel.

Forza Horizon 3 | Screenshot 1

Di sisi lain, visi ini bertentangan dengan kelebihan utama console dibanding PC selama ini, yaitu keseragaman platform. Developer jadi harus mengembangkan game mereka supaya bisa optimal di lebih dari satu jenis hardware. Juga tidak menutup kemungkinan nantinya ada game yang sangat berat, sehingga hanya bisa jalan dengan baik di Xbox One versi terbaru.

Kalau sudah demikian, pengguna jadi “harus” upgrade hardware demi main dengan pengalaman maksimal, walaupun game tersebut kompatibel dengan console lama mereka. Umur console yang biasanya tahan selama sekitar 7-8 tahun bisa memendek, layaknya hardware PC yang begitu cepat jadi tidak relevan.

Tak hanya Microsoft, Sony juga kabarnya tengah mengembangkan PS4 NEO yang kurang lebih mirip dengan Project Scorpio. Apakah langkah yang diambil kedua raksasa tersebut pada akhirnya menguntungkan bagi para gamer maupun developer? Saya sendiri masih merasa khawatir, tapi kita hanya bisa melihat dan menunggu.

(Diedit oleh Fadly Yanuar Iriansyah)

The post Xbox One S dan Project Scorpio: Lebih Ramping, Dukung 4K, dan Siap VR appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Sony Umumkan God of War Baru dengan Nuansa Mitologi Norse

Posted: 13 Jun 2016 11:30 PM PDT

Usai meluluhlantakkan Olympus di God of War 3, sang jagoan Kratos dari serial game God of War dipastikan akan kembali lewat iterasi barunya yang kali ini mengusung judul … God of War. Melalui video trailer yang dirilis menjelang ajang E3 2016 di bawah ini, kita bisa melihat banyak sekali nuansa baru dari game yang dibawakan kembali oleh divisi Santa Monica Studio ini.

Meskipun awalnya tampak seperti sebuah reboot, namun lewat blog PlayStation, Cory Barlog selaku pengarah kreatif God of War menjelaskan bahwa game ini adalah babak baru dari petualangan sang demigod. Seperti yang bisa kamu lihat, Kratos di sini telah menjadi sosok yang bisa mengendalikan amarahnya dan lebih bijak pada usianya yang sudah tidak lagi muda.

“Kami ingin menata kembali gameplay, memberikan pemain perspektif yang segar, dan menyajikan pengalaman emosional saat mengeksplorasi drama menarik dari perubahan Kratos,” tulis Cory Barlog.

God of War | Screenshot

Ada banyak sekali hal menarik yang membuat seri kali ini terasa jauh berbeda dibandingkan keseluruhan game God of War sebelumnya. Santa Monica Studio tampaknya telah mengurangi porsi action dalam God of War dan membawakan lebih banyak adegan dramatis yang diperlihatkan melalui perspektif dari balik punggung Kratos.

Lewat demo God of War, kita kembali diperlihatkan sosok Kratos yang kali ini digambarkan lebih tua dari penampilan terakhirnya di God of War 3. Di sini Kratos tua digambarkan sedang melatih seorang anak manusia berburu seekor rusa dan mengalahkan seekor monster di wilayah dataran salju yang mengingatkan saya akan nuansa mitologi Norse.

Baca juga ulasan kami tentang God of War III – Remastered yang penuh dengan amarah berkualitas HD di sini

Pemilihan mitologi Norse sendiri menurut saya cukup sesuai dengan penggambaran Kratos tua yang terlihat jauh lebih “bijak” berkat keberadaan janggut beruban di bagian dagunya. Sejauh ini kita tidak tahu apakah God of War akan bisa kita nikmati dalam waktu dekat atau kita perlu menunggu lebih lama lagi hingga satu atau dua tahun ke depan.

Meskipun detail seputar game ini masih sangat minim, namun yang jelas kita sudah tahu bahwa Kratos kini telah kembali dan dia siap menghajar para dewa dan makhluk mitologi Norse lainnya di God of War.

(Diedit oleh Iqbal Kurniawan)

The post Sony Umumkan God of War Baru dengan Nuansa Mitologi Norse appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Lacak Posisi TransJakarta dan Commuter Line dengan Aplikasi Trafi

Posted: 13 Jun 2016 11:03 PM PDT

Salah satu solusi untuk mengatasi kemacetan di ibu kota adalah dengan menggunakan moda transportasi umum. Namun sayangnya, moda transportasi umum masih mengalami kendala pelacakan lokasi yang belum memadai.

Celah inilah yang coba diisi oleh Trafi, aplikasi dengan layanan melacak angkutan umum seperti TransJakarta, Commuter Line atau KRL, dan bus kota lainnya secara real-time. Aplikasi Trafi resmi diluncurkan di minggu lalu di Jakarta.

Trafi pertama kali diluncurkan di negara asalnya, Lithuania pada 2013. Dimas Dwilasetio, Country Manager Trafi di Indonesia melalui siaran pers yang Tech in Asia terima mengatakan bahwa aplikasi ini cocok bagi para pekerja di Jakarta karena menawarkan akurasi tinggi untuk transportasi umum.

Data dari AppAnnie menyebut bahwa aplikasi ini pertama kali hadir untuk platform iOS dan Android pada Januari 2014. Hingga kini, Trafi telah meraup lebih dari lima juta unduhan di kedua platform.

Namun pihak Trafi enggan menyebut jumlah unduhan dari warga Jakarta. Menurut Dimas, karena aplikasi baru diluncurkan minggu ini di Jakarta, belum ada data signifikan dari jumlah unduhan di ibu kota.

Jalin kerjasama dengan Jakarta Smart City

Untuk peluncurannya di Indonesia, Trafi mendapat dukungan dari Jakarta Smart City sebagai bagian dari Jakarta Smart Mobility. Setiaji, Kepala Jakarta Smart City menambahkan bahwa kehadiran aplikasi Trafi mampu mempercepat pelaksanaan Jakarta Smart Mobility.

"Salah satu misi Jakarta Smart City adalah meningkatkan sistem transportasi umum Jakarta, termasuk menyediakan informasi sistem transportasi umum yang paling akurat. Peluncuran Trafi di Jakarta dan kesiapan perusahaan untuk berinvestasi dalam menyediakan informasi transportasi umum bagi komuter diharapkan bisa mempercepat tersedianya konsep Smart Mobility di Jakarta," tandas Setiaji.

Dengan kerjasama ini, baik Trafi dan Jakarta Smart City berharap bahwa aplikasi ini ke depannya dapat mencakup informasi angkutan umum yang lebih luas seperti metro mini, angkot, dan jalur bis lainnya di Jakarta.

Bagaimana cara menggunakan aplikasi Trafi?

Aplikasi Trafi | Screenshot

Untuk menggunakan aplikasi ini, pengguna diharuskan memilih negara dan kota berasal. Setelah itu akan tampil laman utama dengan lokasi sekitar keberadaan pengguna.

Bila ingin merencanakan perjalanan ke Jakarta dengan transportasi umum, tersedia fitur Route Search. Selain itu tersedia pula Timetables untuk jadwal keberangkatan dan lokasi dari bis, TransJakarta, dan Commuter Line.

Sayangnya untuk fitur dari Commuter Line baru tersedia pilihan jalur dari tiap rute, sedangkan kemampuan untuk melacak lokasi dari tiap kereta belum tersedia. Lain dengan kereta, untuk bis umum dan TransJakarta, waktu kedatangan dan lokasi bisa dinikmati pengguna sesuai dengan koridor atau halte.

Selain Trafi, aplikasi ini juga bantu kamu permudah gunakan angkutan umum di Jakarta!

Selain itu, pengguna juga dapat menggunakan aplikasi Trafi untuk laporan kejadian di lokasi melalui fitur Reports. Fitur ini sekaligus menjadi pedoman bagi pengguna lainnya untuk mengetahui kejadian yang mungkin terjadi di jalan raya.

Fitur lokasi pelacakan TransJakarta dan Commuter Line juga telah disediakan beberapa aplikasi lainnya seperti Info KRL dan TransJakarta Busway Navigation.

Solusi kemacetan masih menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah ibu kota. Dengan integrasi yang ditawarkan bagi angkutan umum, akankah berhasil membuat warga Jakarta beralih pada angkutan umum?

Aplikasi Trafi bisa diunduh melalui:

App Info
TRAFI: Bus & Train times
TRAFI -  Jun 01, 2016
Genre:  Transport
Size:   Varies with device
Installs:   1,000,000 - 5,000,000
Gratis
Download

(Diedit oleh Mohammad Fahmi; Sumber gambar: Jakarta Kita)

The post Lacak Posisi TransJakarta dan Commuter Line dengan Aplikasi Trafi appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Sony Kembali Pamerkan Game PlayStation VR di Ajang E3 2016

Posted: 13 Jun 2016 11:00 PM PDT

Pada perhelatan acara E3 2016 yang digelar di Los Angeles Convention Center minggu ini, Sony akhirnya mengumumkan tanggal resmi perilisan PlayStation VR yang jatuh pada tanggal 13 Oktober 2016 mendatang untuk Amerika Utara yang dibanderol dengan harga $399 atau sekitar Rp5,3 juta.

Dalam konferensinya, Sony juga menjanjikan akan ada lima puluh game yang kompatibel dengan PlayStation VR pada saat perangkat tersebut dirilis. Berikut adalah berbagai game siap VR yang dipamerkan Sony pada konferensi persnya di acara E3 tahun ini.


Farpoint

Farpoint menyajikan pengalaman VR yang terlihat sangat mengagumkan sekaligus menegangkan. Game FPS bertema space adventure thriller ini  menceritakan misi para ilmuwan yang mempelajari anomali yang terjadi di area sekitar Jupiter. Namun sebuah peristiwa membawa para ilmuwan tersebut ke sebuah planet asing yang dipenuhi makhluk alien berbahaya.

Premis game ini sedikit mengingatkan saya pada film arahan Christopher Nolan yang berjudul Interstellar. Namun bumbu thriller yang dimiliki oleh Farpoint, ditambah teknologi VR yang disematkan di game inimerupakan nilai plus yang membuat saya begitu penasaran.


Star Wars: Battlefront X-Wing VR Mission

Star Wars Battlefront VR | Screenshot 1

EA dan Dice juga menyiapkan kejutan pada konferensi pers Sony di E3 tahun ini dengan memamerkan trailer X-Wing VR Mission untuk game shooter populer mereka, Star Wars: Battlefront. Tidak banyak hal yang diungkapkan pada teaser trailer tersebut, namun pastinya kamu bisa membayangkan serunya menjadi pilot X-Wing untuk memerangi rezim Galactic Empire.


Batman: Arkham VR

Batman: Arkham VR merupakan salah satu game yang membuat saya excited di acara E3 2016. Rupanya Warner Bros dan Rocksteady belum selesai dengan seri Batman Arkham milik mereka. Dengan mengadopsi teknologi PlayStation VR, Rocksteady menginginkan para gamer merasakan pengalaman sesungguhnya menjadi seorang The Dark Knight.

Yang membuatnya semakin menarik, teaser trailer Batman: Arkham VR dinarasikan oleh Mark Hamill. Ini mengindikasikan kembalinya Joker, yang suaranya diisi olehnya, di game ini.


Final Fantasy XV

Dalam trailer Final Fantasy XV yang ditunjukkan di konferensi pers Sony, Square Enix juga memperkenalkan Final Fantasy XV: VR Experience. Kamu akan bermain sebagai Prompto dalam mode first person, untuk menumpas para musuh bersama ketiga karakter lainnya yaitu Noctis, Gladiolus, dan Ignis.


Here They Lie

Terdapat satu game VR yang tidak ditunjukkan pada keynote Sony, namun tampaknya cukup menarik untuk dibahas. Here They Lie merupakan game bergenre first person shooter thriller. Jika Farpoint memperkenalkan kengerian yang terjadi di planet yang asing, Here They Lie mengeksplorasi planet bumi—namun dihuni oleh berbagai makhluk yang tidak kalah menyeramkan.

Tidak banyak hal yang diungkap dari teaser trailer game eksklusif untuk platform PlayStation VR ini. Namun mengingat game ini merupakan proyek perdana dari developer The Tangentlemen yang terdiri dari mantan pengembang seri Tomb Raider dan Call of Duty, rasanya game ini patut diperhitungkan.


Daftar di atas merupakan sedikit dari lima puluh game yang dijanjikan Sony akan hadir pada saat perilisan PlayStation VR bulan Oktober 2016 mendatang. Mana yang menjadi favoritmu?

(Diedit oleh Fadly Yanuar Iriansyah)

The post Sony Kembali Pamerkan Game PlayStation VR di Ajang E3 2016 appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Death Stranding Akan Menjadi Game Perdana Hideo Kojima Pasca Meninggalkan Konami

Posted: 13 Jun 2016 10:30 PM PDT

Konferensi pers Sony di E3 di tahun 2016 bisa dibilang sangat luar biasa. Tanpa banyak basa-basi, raksasa game asal Jepang ini menyajikan detail baru game demi game nyaris tanpa jeda. Namun, dari sedikit jeda yang ada, tentunya orang yang naik ke panggung dan informasi yang disampaikan sangatlah luar biasa. Salah satunya adalah kehadiran Hideo Kojima yang disambut dengan tangga menyala dan musik dari film Mad Max: Fury Road.

Kehadiran Kojima yang dia awali dengan kalimat “I’m back!” langsung disambung dengan pengumuman judul game pertama dari studio Kojima Productions yang baru, Death Stranding. Masih sama seperti Silent Hills, game baru Kojima ini pun tetap menggunakan aktor serial The Walking Dead, Norman Reedus, sebagai karakter utamanya.

Silent Hills muingkin telah dibatalkan, tapi game ini telah menjadi legenda tanpa perlu dirilis

Tentunya bukan Hideo Kojima kalau tidak menyembunyikan banyak pesan-pesan subliminal dalam sebuah video misterius yang dijamin mengundang tanda tanya. Dalam trailer yang disajikan, kamu bisa melihat Norman Reedus dalam keadaan telanjang bulat di tengah pantai yang dipenuhi hewan-hewan laut yang telah mati.

Kojima Productions | Teaser

Belum diketahui apa hubungan trailer di E3 dengan gambar di atas, namun lagu yang mengiringi trailer E3 memang berjudul “I’ll Keep Coming” dari Low Roar.

Di dekatnya, tergeletak seorang bayi dengan kabel di pusar yang menyatu ke karakter Reedus. Tidak lama kemudian sang bayi hilang dan kita melihat bekas luka bedah di perut Reedus. Apakah ini mengindikasikan adanya eksperimen proses kehamilan laki-laki? Bisa jadi, untuk saat ini kita hanya bisa menebak-nebak saja.

Trailer pun ditutup dengan karakter Reedus yang berdiri dan memandang ke arah langit di mana terdapat lima siluet seperti manusia terbang tinggi di angkasa. Judul Death Stranding pun muncul dan menutup trailer penuh tanda tanya ini.

Apa genrenya? Kapan tanggal rilisnya? Apa inti ceritanya? Mengingat kita sedang membicarakan masalah game buatan Kojima, tidak mengejutkan jika hal tersebut masih kan menjadi tanda tanya sampai game ini betul-betul mendekati perilisan. Setidaknya yang bisa dikonfirmasi adalah Death Stranding buatan Kojima Productions akan dirilis untuk PS4.

(Diedit oleh Iqbal Kurniawan)

The post Death Stranding Akan Menjadi Game Perdana Hideo Kojima Pasca Meninggalkan Konami appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Crash Bandicoot Akan Hadir di PS4 lewat Tiga Remaster dan Skylanders Imaginators

Posted: 13 Jun 2016 09:30 PM PDT

Setelah sempat menjadi rumor di awal Juni, hari ini Sony secara resmi mengumumkan kembalinya Crash Bandicoot di console PlayStation. Melalui pengumuman yang dilakukan Shawn Layden (Chairman Sony Interactive Entertainment Worldwide Studios) di konferensi pers E3 2016, Crash Bandicoot akan kembali lewat Skylanders Imaginators Oktober nanti dan diikuti remaster dari tiga game Crash Bandicoot dari era PS One

Sony masih belum menampakkan tampilan dari versi remaster ketiga game Crash Bandicoot di console PS4 nanti. Namun untuk kemunculan mantan maskot tidak resmi PlayStation ini di Skylanders Imaginators, pihak Activision telah merilis sebuah video trailer khusus yang bisa kamu saksikan di akhir artikel.

Kembalinya Crash Bandicoot lewat remaster untuk PS4 merupakan sebuah kabar yang cukup ditunggu-tunggu oleh para penggemarnya. Makhluk marsupial oranye yang memulai debutnya di tahun 1996 ini dulunya dikerjakan oleh Naughty Dog yang pada saat itu dikontrak secara khusus oleh Universal Interactive Studios.

Crash Bandicoot Game Cover | Screenshot

Semasa kontrak, Naughty Dog telah menghasilkan empat game Crash Bandicoot yaitu Crash Bandicoot pertama, Crash Bandicoot 2: Cortex Strikes Back, Crash Bandicoot 3: Warped, dan terakhir Crash Team Racing. Setelah masa kontrak Naughty Dog habis, Vivendi Universal yang mengakuisisi Universal Interactive Studios tahun 2000 kemudian menggaet beberapa developer lain untuk mengerjakan game Crash Bandicoot yang dirilis di platform selain PlayStation.

Bagi kamu yang sudah tidak sabar untuk menantikan kemunculan Crash Bandicoot, kamu bisa memainkan sosok marsupial jenaka ini lewat game Skylanders Imaginators yang akan rilis 16 Oktober nanti untuk PS4, Xbox One, PS3, Xbox 360, dan Wii U.

(Diedit oleh Iqbal Kurniawan)

The post Crash Bandicoot Akan Hadir di PS4 lewat Tiga Remaster dan Skylanders Imaginators appeared first on Tech in Asia Indonesia.

No comments:

Post a Comment

Sponsor

Latest Game News

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sponsor

pasang iklan baris gratis