Ads

Thursday, June 2, 2016

Game Di Indonesia

Game Di Indonesia


[Update] Transformers: Earth Wars – Pertempuran ala Clash of Clans dengan Robot Transformers

Posted: 02 Jun 2016 07:00 PM PDT

Update – 3 Juni 2016

Selang empat bulan setelah Backflip mengumumkan Transformers Earth Wars, hari ini akhirnya game strategi mobile tersebut telah rilis di App Store dan juga Google Play. Sesuai pengamatan saya pada bulan Februari kemarin, game Transformers satu ini mengambil pendekatan core gameplay yang mirip seperti Clash of Clans, akan tetapi dengan pendekatan tema dan fitur yang tidak sama dengan game buatan Supercell tersebut.

Dalam Transformers: Earth Wars, kamu tidak akan memproduksi unit dalam jumlah banyak untuk habis-habisan menggempur markas musuhmu yang dijaga turret di berbagai sisi. Sebaliknya, kamu akan mengendalikan dua hingga empat unit hero untuk menggerus markas lawan di beberapa posisi yang strategis dengan kemampuan spesial masing-masing. Hmm … cukup menarik.

Bila kamu tertarik untuk mencoba Transformers: Earth Wars, kamu bisa mengunduhnya lewat tautan di bawah ini.

App Info
Transformers: Earth Wars
Backflip Studios, LLC -  May 27, 2016
Genre:  Strategy
Size:   61M
Installs:   50,000 - 100,000
Gratis
Download

Artikel Asli – 11 Februari 2016

Setelah membaca judul di atas, saya harap kamu tidak bosan menjumpai berita soal game mobile yang mengadopsi model permainan strategi ala Clash of Clans. Terus terang game dengan genre semacam ini memang sudah cukup sering kita jumpai di platform mobile, dan kini giliran robot-robot dari seri animasi Transformers yang mencoba peruntungan mereka.

Lewat game berjudul Transformers: Earth Wars, penerbit BackFlip Studio bersama developer Space Ape Games mencoba meramaikan persaingan game strategi yang sudah cukup sesak ini dengan beragam karakter robot Transformers yang selama ini kita kenal.

Transformers Earth Wars | screenshot 1

Tujuan utama dari permainan Transformers: Earth Wars kurang lebih sama seperti game strategi lain. Di sini kamu akan memilih untuk berpihak kepada Optimus Prime bersama kawanan robot Autobot atau memihak Decepticon di bawah pimpinan Megatron, kemudian berstrategi memenangkan pertempuran antar robot yang terjadi di bumi.

Pemilihan dua faksi berbeda dalam game strategi semacam ini bukanlah hal yang baru. Namun untuk membuat Transfomers: Earth Wars berkesan, Hasbro selaku pemilik lisensi francis populer ini menjanjikan fan service yang lumayan menarik dengan menunjuk penulis serial komik Transformers, Simon Furman, untuk mengerjakan cerita dari game ini.

“Pada awalnya konflik dalam game terlihat seperti hal yang biasa kita temukan di setiap tayangan animasi Transformers. Namun seiring makin seringnya kamu bermain, kamu akan semakin memahami tujuan Megatron perihal apa yang ia inginkan di bumi ini,” ungkap Simon Furman sebagaimana dikutip dari pemberitaan USA Today.

Transformers Earth Wars | screenshot 2 Transformers Earth Wars | screenshot 3

Sebelum resmi diumumkan, Transformers Earth Wars sudah memulai periode beta sejak akhir 2015 kemarin dan gameplay videonya sendiri sudah tersebar di jagat internet. Saat tulisan ini dipublikasikan, Backflip Studio telah berencana merilis Transformers Earth Wars untuk iOS (dan kemungkinan juga Android) antara bulan Maret hingga Juni 2016 nanti.

Jadi apakah kamu siap bersekongkol dengan Decepticon atau berjuang bersama Autobot untuk berebut kekuasaan bumi lewat kehadiran game ini beberapa waktu nanti? Tunggu kabar kemunculan Transformers: Earth Wars dari kami!

The post [Update] Transformers: Earth Wars – Pertempuran ala Clash of Clans dengan Robot Transformers appeared first on Tech in Asia Indonesia.

6 Kebiasaan yang Dilakukan Orang-orang Sukses pada Akhir Pekan

Posted: 02 Jun 2016 07:00 PM PDT

Buat kamu yang suka menyaksikan serial Silicon Valley, mungkin kamu ingat episode ketika dokter yang menangani Richard mengatakan padanya bahwa ia terlihat 40 tahun lebih tua hanya dalam waktu tujuh minggu.

Adegan tersebut memang membuat para penonton tertawa terpingkal-pingkal. Namun, jika kamu kebetulan merupakan seorang founder startup, mungkin kamu tak menganggap adegan tersebut lucu. Dalam industri startup, adegan tersebut sedikit banyak mengandung kenyataan yang pahit.

Sejak industri ini mulai berkembang, entrepreneur seakan dituntut untuk merelakan kehidupan sosial mereka untuk fokus dan mencurahkan segalanya pada bisnis yang sedang mereka jalankan. Lagipula, jika usaha mereka tidak maksimal dan tidak memperlakukan bisnis mereka layaknya buat hati mereka sendiri, bagaimana mereka bisa meyakinkan venture capitalist bahwa mereka sedang membangun sesuatu yang bernilai?

Namun, bergumul dengan stres berlebih bukan fenomena yang baru, bahkan bagi entrepreneur dengan semangat paling berapi-api sekalipun. Sehingga kesehatan mental orang-orang di industri ini terasa mengkhawatirkan.

Entrepreneur sukses dari berbagai industri kerap rehat sejenak dari aktivitasnya. Mereka menyatakan bahwa itu membantu mereka lebih fokus. Mereka pun bisa bekerja kembali dengan “baterai” penuh.

Di bawah ini merupakan daftar kebiasaan yang dilakukan entrepreneur super sukses di akhir pekan. Daftar berikut memang jauh dari kata sempurna, namun kamu dapat mempelajarinya sebagai acuan untuk mengatasi stres berlebih akibat pekerjaan.


1. Cobalah untuk melupakan pekerjaan kamu sejenak

6 Kebiasaan Orang Sukses | Screenshot 1

Periksa email kamu jika memang itu (sangat) penting. Sumber gambar: Wikimedia

Sebuah studi dari universitas Stanford menyatakan bahwa produktivitas kita menurun manakala durasi kerja kita melebihi 50 jam per pekannya. Spencer Rascoff, Founder Hotwire dan mantan vice president Expedia, mengaku bahwa ia memang memeriksa email pada akhir pekan, namun menghabiskan seluruh waktu tersebut bersama keluarganya.

Namun, bukan berarti ia melepas segala yang berhubungan dengan pekerjaannya pada akhir pekan. "Akhir pekan adalah waktu yang berharga bagi saya untuk sejenak mengistirahatkan diri dari rutinitas pekerjaan, dan mencoba meluangkan waktu untuk merefleksikan kembali mengenai perusahaan dan industri tempat saya bekerja," ungkapnya pada Forbes.


2. Lakukan sesuatu yang membuatmu senang

6 Kebiasaan Orang Sukses | Screenshot 2

Kitesurfing adalah olahraga ekstrem yang digemari Richard Branson. Sumber gambar: Wikimedia

Berkendara dengan mobil (atau motor) kesayangan kamu, berolahraga, mengasah kemampuan pianomu, melakukan kerja bakti, atau melakukan sesuatu yang tak ada sangkut pautnya dengan pekerjaan utama kamu dan yang dapat membuatmu bahagia.

Mengerjakan aktivitas lain dapat membantu memulihkan kesehatan pikiran dan tubuhmu dari hal-hal yang menyebabkan kamu tertekan sepanjang pekan. Richard Branson tetap aktif dengan berolahraga selancar, sedangkan kegiatan favorit Meryl Streep adalah merajut.


3. Buang jauh-jauh sindrom FOMO

6 Kebiasaan Orang Sukses | Screenshot 3

Luangkan waktu untuk menyendiri. Sumber gambar: Pixabay

Sepanjang pekan, kamu mungkin harus terlibat dengan puluhan rapat dan menerima email yang tak terhitung jumlahnya. Karena itu sempatkan waktu untuk melakukan apapun yang kamu mau selama akhir pekan. Puaskan waktu tidurmu, bacalah buku, atau duduk melamun di beranda rumahmu.

Randi Zuckerberg menyarankan agar orang-orang menghilangkan sindrom FOMO (takut melewatkan sesuatu) dan menggantinya dengan "sindrom" JOYO (senang melewatkan sesuatu). Oprah mempraktikkannya lewat meditasi.


4. Atur prioritas kamu

6 Kebiasaan Orang Sukses | Screenshot 4

Atur kembali prioritas kamu. Sumber gambar: Jakub Michankow

Berhenti sejenak untuk merenung dan menyusun kembali rencana kamu. Mereka yang sibuk, khususnya entrepreneur, seringkali terlena dalam bergelut dengan hari kerja sehingga tak punya waktu untuk menyadari hal yang lebih penting.

Steve Jobs memanfaatkan akhir pekannya untuk merenungkan kembali hal-hal yang sederhana dan sering terlupakan—hal-hal yang memberi keseimbangan pada kehidupan dan pekerjaan kamu, atau untuk mengulang dari awal jika diperlukan


5. Jangan terlalu sering mengabaikan jam biologismu

6 Kebiasaan Orang Sukses | Screenshot 5

Menara jam Big Ben mulai berputar sejak 1859. Sumber gambar: Pixabay

Semua orang mulai dari CEO Disney, Robert Iger, Jay Z, hingga Bill Gates bangun tidur lebih awal. Kebiasaan tersebut terus berlanjut meski itu adalah akhir pekan. Mengabaikan jam biologis (kebutuhan alami kamu untuk tidur, makan, dan sebagainya pada waktu tertentu) justru dapat membuat beban pikiran kamu semakin bertambah sepanjang pekan. Sederhananya, begadang pada Minggu malam mengakibatkan tubuhmu kurang prima pada Senin esoknya.


6. Rencanakan hari Senin dengan baik

6 Kebiasaan Orang Sukses | Screenshot 6

Rencanakan segala hal dengan sebaik-baiknya. Sumber gambar: Geralt

Twitter's Jack Dorsey says he "takes off" on Saturdays, keeping Sundays for reflection, feedback, strategy, and getting ready for the rest of the week.
Laura Vanderkam, author of What the Most Successful People Do on the Weekend, says successful people know that weekends are actually the secret weapon in professional success. "You need to hit Monday ready to go," she says.

Jack Dorsey dari Twitter mengatakan bahwa menikmati hari Sabtu dengan hiking. Sedangkan hari Minggu ia gunakan untuk merefleksikan diri dan memikirkan strategi menghadapi hari kerja yang menanti keesokan harinya.

Tak usah menunggu akhir pekan untuk menerapkan kebiasaan yang baik, orang-orang sukses ini membuktikannya

Laura Vanderkam, penulis buku What the Most Successful People Do on the Weekend, mengatakan orang-orang sukses tahu betul bahwa akhir pekan merupakan resep utama dalam menunjang kesuksesan profesional.

"Kamu perlu mempersiapkan diri secara penuh ketika tiba awal pekan," ujarnya.

(Artikel ini pertama kali dipublikasikan dalam bahasa Inggris oleh Nivedita Bhattacharjee. Isi di dalamnya telah diterjemahkan dan dimodifikasi. Diedit oleh Fadly Yanuar Iriansyah)

The post 6 Kebiasaan yang Dilakukan Orang-orang Sukses pada Akhir Pekan appeared first on Tech in Asia Indonesia.

8 Game iPhone dan iPad Terbaru Minggu Ini: Lost Frontier, Sky Force Reloaded, dan Lainnya

Posted: 02 Jun 2016 06:30 AM PDT

Beragam game baru dengan genre yang bervariasi kembali meramaikan platform iOS minggu ini. Awal bulan Juni 2016 disemarakkan dengan berbagai judul yang akhirnya resmi dirilis oleh developer setelah diumumkan jauh hari sebelumnya.

Mika Mobile yang terkenal menghasilkan beragam game berkualitas merilis karya terbarunya yang mirip dengan game klasik Advance Wars di Game Boy Advance. Hadir juga Infinite Dreams yang merilis sekuel game shooter Sky Force dengan perbaikan di berbagai aspek. Cek juga sederet game keren lainnya di bawah yang sayang bila kamu lewatkan.


Lost Frontier

Lost Frontier merupakan game strategi dengan tema dunia koboi fantasi. Kamu tidak hanya akan mengendalikan koboi, kavaleri, meriam, maupun sheriff, tapi juga dibawa ke dunia bernuansa supernatural dan steampunk berkat kehadiran manusia serigala hingga teknologi senjata bernuansa mesin uap.

Terdapat mode Campaign yang akan membawamu mengikuti kisah di dalam game serta mengendalikan dua puluh jenis unit berbeda selama permainan. Selain mode Campaign, Mika Mobile juga berencana untuk menghadirkan mode Challenge dan bahkan fitur multiplayer yang akan menguji kemampuanmu sebagai komandan perang lebih jauh.

Lost FrontierGame Strategi Mirip Advance Wars dari Kreator Battleheart Legacy

App Info
Lost Frontier
Mika Mobile, Inc. -  Jun 02, 2016
Genre:  Games, Strategy, Puzzle, Entertainment
Size:  89.45 MB
Installs:  N/A
Rp. 45.000
Download

Sky Force Reloaded

Sky Force Reloaded adalah iterasi terbaru dari seri game shooter vertikal Sky Force yang dibuat oleh Infinite Dreams. Sekuel yang dirilis setelah mereka menerbitkan Sky Force 2014 dua tahun lalu ini menyajikan keseruan bermain game shooter dalam grafis menawan di perangkat mobile.

Masih mengusung skema free-to-play yang juga terdapat di seri sebelumnya, Sky Force Reloaded akan mengajakmu untuk mengoleksi beragam pesawat yang memiliki karakteristik berbeda-beda. Dengan berbagai misi maupun jenis musuh yang akan kamu hadapi, Sky Force Reloaded merupakan game shooter yang tidak boleh dilewatkan oleh para penggemar genre shooter di perangkat mobile.

Sky Force Reloaded – Wajah Baru Game Shoot 'em Up Klasik

App Info
Sky Force Reloaded
Infinite Dreams -  Jun 02, 2016
Genre:  Action
Size:   232M
Installs:   5 - 10
Gratis
Download

Transformers: Earth Wars

Risky Maulana – Lewat game berjudul Transformers: Earth Wars, penerbit BackFlip Studio bersama developer Space Ape Games mencoba meramaikan persaingan game strategi ala Clash of Clans yang sudah cukup sesak dengan beragam karakter robot Transformers.

Tujuan utama dari permainan Transformers: Earth Wars kurang lebih sama seperti game strategi lain. Di sini kamu akan memilih untuk berpihak kepada Optimus Prime bersama kawanan robot Autobot, atau memihak Decepticon di bawah pimpinan Megatron, kemudian berstrategi memenangkan pertempuran antar robot yang terjadi di bumi.

Transformers: Earth Wars – Ketika Decepticon dan Autobot Beradu dalam Pertempuran Strategi ala Clash of Clans

App Info
Transformers: Earth Wars
Backflip Studios, LLC -  May 27, 2016
Genre:  Strategy
Size:   61M
Installs:   50,000 - 100,000
Gratis
Download

Steppy Pants

Kamu yang menyukai game kasual dengan nuansa jenaka, jangan lewatkan kehadiran Steppy Pants yang dirilis oleh developer Super Entertainment minggu ini. Berkat desain gameplay yang sederhana serta tema yang jenaka, Steppy Pants cocok untuk dinikmati oleh semua kalangan usia.

Kamu diminta membantu sang karakter di dalam game untuk melangkah sejauh mungkin. Tiap langkahnya membutuhkan timing dan momentum yang tepat, atau sang karakter akan mengalami berbagai macam kemalangan.

App Info
Steppy Pants
Super Entertainment -  May 31, 2016
Genre:  Games, Arcade, Simulation
Size:  61.85 MB
Installs:  N/A
Gratis
Download

The Amazing Bernard

Ikuti petulangan Bernie O' Tag, seorang spesialis militer yang memiliki segudang pengalaman. Masa lalunya dipenuhi dengan pengalaman tertindas dan terkucilkan. Di petualangan inilah kamu akan menyaksikan transformasinya menjadi seorang pahlawan.

Layaknya game runner kebanyakan, The Amazing Bernard menghadirkan karakter utama Bernie berlari tanpa henti mengarungi platform yang cukup tricky. Jurang maupun berbagai jebakan lain yang harus ia hindari tersebar di sepanjang platform. Tidak hanya itu saja, terdapat juga musuh yang berusaha menghambat perjalanannya.

Ikuti Petualangan Epik Bernie O' Tag dalam Perjalanannya Menjadi Pahlawan Legendaris di The Amazing Bernard

App Info
The Amazing Bernard
Kumkwat Entertainment, LLC -  May 31, 2016
Genre:  Games, Action, Adventure, Entertainment
Size:  198.42 MB
Installs:  N/A
Rp. 59.000
Download

Dig Deep

Dig Deep mengingatkan saya pada game klasik berjudul Ice Climber di console NES berkat desain level vertikal dan karakter yang membawa kapak. Namun, alih-alih mendaki gunung setinggi-tingginya, Dig Deep akan mengajakmu menggali sedalam mungkin dengan tempo permainan yang lebih cepat.

Kamu dapat mengendalikan beragam penambang antariksa dengan kemampuan unik masing-masing yang berusaha menggali demi mengumpulkan mineral berharga. Sambil menggali, kamu juga harus menghindari monster dan berbagai jebakan. Dengan kontrol simpel yang hanya membutuhkan satu jari, Dig Deep akan menantangmu untuk meraih skor setinggi-tingginya.

App Info
Dig Deep!
Noodlecake Studios Inc -  Jun 01, 2016
Genre:  Games, Arcade, Adventure
Size:  17.81 MB
Installs:  N/A
Rp. 29.000
Download

Human Resource Machine

Setelah tersedia di PC sejak tahun lalu, akhirnya developer Tomorrow Corporation merilis Human Resource Machine di iOS. Game ini merupakan port dari versi PC yang akan menantang kemampuanmu untuk mendesain workflow menyelesaikan tugas, layaknya seorang programmer.

Sebagai seorang karyawan yang memulai karier dari bawah, kamu harus menyelesaikan serangkaian tugas yang diserahkan oleh atasanmu. Hanya saja, aktivitas yang akan kamu lakukan untuk menyelesaikan tugas sepenuhnya ditentukan oleh urutan workflow yang kamu buat.

App Info
Human Resource Machine
Experimental Gameplay Group -  Jun 01, 2016
Genre:  Games, Educational, Education, Puzzle
Size:  63.95 MB
Installs:  N/A
Rp. 75.000
Download

Pixel Cup Soccer 16

Dengan mengusung tema retro yang direpresentasikan dari arahan visual piksel khas console 16-bit, kamu akan diterjunkan pada sebuah pertandingan sepak bola yang memiliki tempo cepat serta penuh aksi. Pertandingan pada Pixel Cup Soccer 16 tidak akan diwarnai dengan pelanggaran maupun cedera pemain. Hanya aksi saling berebut bola, merangsek ke daerah pertahanan lawan, serta berusaha menjebol gawang yang akan kamu nikmati.

Batovi Games Studio selaku developer telah mendesain skema kontrol pada Pixel Cup Soccer 16 dengan sederhana tanpa mengurangi keseruan bermain game. Kamu hanya akan dihadapkan pada satu stik analog virtual serta dua tombol aksi untuk mengoper dan menembak. Kedua tombol tersebut juga berfungsi untuk menggocek serta menjegal lawan saat berada dalam posisi bertahan.

Pixel Cup Soccer 16 Akan Mengajakmu Kembali ke Masa Kejayaan Game Sepak Bola Bergrafis Piksel

App Info
Pixel Cup Soccer 16
ODT S.A. -  Jun 01, 2016
Genre:  Games, Arcade, Sports
Size:  58.45 MB
Installs:  N/A
Rp. 45.000
Download

The post 8 Game iPhone dan iPad Terbaru Minggu Ini: Lost Frontier, Sky Force Reloaded, dan Lainnya appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Smartfren Luncurkan Dua Smartphone 4G Murah dan Paket Data Khusus Ramadan

Posted: 02 Jun 2016 06:14 AM PDT

Bulan Ramadan yang tinggal menghitung hari digunakan beberapa vendor smartphone untuk ajang promosi. Termasuk Smartfren yang memilih untuk meluncurkan duet smartphone 4G terbarunya, Andromax E2 Plus dan Andromax di Jakarta. Seperti bisa dilihat pada tabel di atas, seri Andromax E2 Plus dijual dengan harga Rp1,1 juta, sementara seri Andromax A dibanderol Rp649.000.

 SMARTFREN ANDROMAX E2 PLUSSMARTFREN ANDROMAX A
OSAndroid 5.1 LollipopAndroid 5.1 Lollipop
Layar4,5 inci FVGA 854 x 480 piksel4,5 inci FVGA 854 x 480 piksel
ProsesorQuad-Core 1,4 GHz Snapdragon 212Quad-Core 1,1 GHz Snapdragon 210
Kapasitas RAM2 GB1 GB
Kapasitas memori16 GB8 GB
Kamera depan5 MP5 MP
Kamera belakang5 MP5 MP
Kapasitas baterai1.900 mAh1.950 mAh
HargaRp1,1 jutaRp649.000

Kedua smartphone yang diluncurkan hari ini, Kamis 2 Juni 2016, menyasar kalangan menengah dengan harga yang relatif terjangkau. Kepala Divisi Smartphone Smartfren, Sukaca Purwokardjono, mengatakan bahwa strategi ini dilakukan untuk menampik anggapan bahwa smartphone 4G memiliki harga mahal.

“Andromax A ditujukan bagi mereka yang ingin memiliki smartphone 4G murah, sedangkan Andromax E2 Plus menargetkan pengguna yang hobi streaming video dan bermain game,” pungkasnya.

Tiga paket untuk mengisi waktu selama berpuasa

Smartfren Andromax E2 Plus dan Andromax A

Selain mengenalkan dua perangkat smartphone 4G terbaru, Smartfren juga menyiapkan tiga paket layanan berbeda selama Ramadan. Pertama adalah Double Quota, Double Pleasure. Paket ini memungkinkan pengguna mendapatkan bonus kuota data sesuai dengan yang dibelinya.

Kedua adalah paket Sahur Plan. Sesuai dengan namanya, paket ini dijual dengan harga Rp10.000. Pelanggan bisa menikmati kuota 3 GB untuk streaming video di YouTube, Daily Motion, dan CliponYu selama waktu sahur atau pukul 01.00 hingga 07.00 WIB.

Selanjutnya adalah Puasa Plan yang memungkinkan pengguna mengakses konten video layaknya Sahur Plan, pada pukul 07.00 hingga 19.00 WIB dengan harga Rp20.000.

Lalu Smartfren juga memberikan kuota 18 GB dan bonus 12 GB bagi pengguna yang mengisi ulang paket Connex senilai Rp300.000. Bonus ini dapat digunakan selama bulan Ramadan.

Kesiapan jaringan untuk Ramadan hingga Idul Fitri mendatang

Layaknya operator telekomunikasi lainnya yang gencar melakukan persiapan jaringan jelang Ramadan hingga Idul Fitri, demikian pula yang dilakukan oleh Smartfren.

Munir Syahda Prabowo, selaku Head of Network Special Project Smartfren, menjelaskan bahwa perusahaan telah menyiapkan jangkauan 4G LTE di 188 kota dan kabupaten di seluruh Indonesia. Jumlah jangkauan kota ini terbilang signifikan, mengingat pada Desember 2015 baru 85 kota yang diselimuti 4G dari Smartfren.

Jaringan tersebut menggunakan 4G LTE Advanced 3 Carrier Aggregation (3CA), sehingga diklaim mampu menghasilkan kecepatan internet lebih kencang mencapai 214 Mbps.

Munir juga menjelaskan bahwa sebanyak 128 BTS telah disiapkan di Jawa, Bali, dan Lombok, serta tambahan 20 unit di Kalimantan. Perusahaan juga telah menyiapkan BTS sementara sebanyak 265 BTS dan 50 MBTS di kota-kota yang diramalkan memiliki traffic tinggi selama Ramadan hingga Idul Fitri.

Operator telekomunikasi lainnya juga melakukan pembenahan jaringan jelang Ramadan. Persiapan mereka bisa disimak di sini

“Smartfren juga memastikan kenyamanan pengguna yang mudik dengan meminimalkan masalah mulai H-14 sampai H+14. Perusahaan juga menyiapkan 85 galeri Smartfren di Jawa hingga Bali,” kata dia.

Tak mengherangkan jika kebutuhan berkomunikasi selama Ramadan hingga Idul Fitri di Indonesia naik dan tumbuh secara signifikan. Dengan besarnya kebutuhan ini, tentunya adalah langkah yang tepat bagi penyedia layanan telekomunikasi untuk berbenah dan menyiapkan jaringan terbaik bagi pelanggannya.

(Diedit oleh Fadly Yanuar Iriansyah)

The post Smartfren Luncurkan Dua Smartphone 4G Murah dan Paket Data Khusus Ramadan appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Rangkuman Berita Game Hari Ini – 2 Juni 2016

Posted: 02 Jun 2016 06:00 AM PDT

Video trailer The Elder Scrolls Online: Dark Brotherhood tampilkan ragam aksi pembunuhan NPC yang berdarah-darah

Risky Maulana – Dark Brotherhood, organisasi pembunuh bayaran yang berulang kali muncul di serial game The Elder Scrolls ini sekarang hadir menjadi bagian DLC yang melengkapi pengalaman bermain kamu dalam The Elder Scrolls Online.

Tentu bukan Dark Brotherhood namanya jika tidak melibatkan aksi pembunuhan sadis. Seperti dalam video yang bisa dilihat di atas, kamu akan melakukan serangkaian quest pembunuhan keji yang melibatkan korban para NPC dari negeri Tamriel. DLC ini sudah tersedia di PC, dan akan dirilis di Xbox One dan PS4 tanggal 4 Juni mendatang.


Bingung membedakan hak cipta, hak paten, dan merek dagang dalam game? Video ini bisa memberimu jawabannya

Risky Maulana – Channel YouTube Extra Credits mengunggah sebuah video menarik mengenai perbedaan hak paten, hak milik, dan merek dagang dalam sebuah game. Dengan menonton video di atas, mungkin kamu akan memahami mengapa Bethesda menuntut Mojang karena kemiripan judul game Scrolls dengan The Elder Scrolls empat tahun lalu.


Update terbaru Alto’s Adventure menghadirkan mode Zen dan musik latar tambahan

Alto's Adventure | Featured Review 1

Iqbal Kurniawan – Bila biasanya kamu harus mengulang permainan setelah melakukan kesalahan dalam Alto’s Adventure, maka update terbaru yang dirilis oleh developer Snowman hari ini akan membuat permainanmu semakin mudah. Lewat mode Zen yang ada, kamu diberikan kesempatan untuk melanjutkan permainan walaupun telah terjatuh ketika berseluncur. Update versi 1.3 ini juga menghadirkan musik latar baru serta mode Photo untuk memudahkanmu mengambil screenshot selagi bermain.

Review Alto's Adventure – Pengalaman Tak Berujung yang Indah


Channel The Big Story di YouTube menceritakan asal-muasal easter egg dalam video game

Iqbal Kurniawan – The Big Story menyajikan kisah asal-muasal eksistensi easter egg dalam video game yang bermula dari ulah developer bernama Warren Robinet. Saat Warren bekerja di Atari tahun 1979 silam, ia pernah secara diam-diam memasukkan namanya sebagai easter egg dalam game berjudul Adventure yang dirilis di console Atari 2600. Kamu bisa mengikuti kisah selengkapnya dengan menyaksikan video di atas.


Steam Controller Telah Terjual Lebih dari 500.000 Unit

Steam Controller | Foto

Hildi Nararya – Valve mengumumkan bahwa Steam Controller yang resmi diluncurkan November tahun lalu telah terjual lebih dari setengah juta unit. Mereka juga akan menghadirkan fitur Activator yang mengizinkan para pengguna untuk melakukan kustomisasi fungsi tombol-tombol pada conroller dengan lebih ekstensif.

Sumber: Steam


Spike Chunsoft umumkan bonus pre-order untuk Zero Time Dilemma versi Steam

Zero Time Dilemma | Pre-Order Bonus

Ayyub Mustofa – Bila kamu melakukan pre-order Zero Time Dilemma sebelum dirilis di Steam tanggal 30 Juni 2016, kamu akan mendapat bonus berupa album soundtrack berisi 12 lagu dalam format MP3 dan FLAC serta buklet digital berisi 48 halaman ilustrasi dan cerita prolog. Versi Steam juga dikonfirmasi akan mendukung fitur Steam Trading Card dan akan dijual seharga US$39,99 (sekitar Rp546.000).

Sumber: Halaman Steam Zero Time Dilemma


Saksikan proses pembuatan event Uncovered: Final Fantasy XV di sini

Ayyub Mustofa – Melalui channel YouTube resmi Final Fantasy XV, Square Enix menunjukkan proses di balik event Uncovered: Final Fantasy XV beberapa bulan lalu. Kamu bisa lihat bagaimana Greg Miller dan Tim Gettys melakukan gladi resik, persiapan perlengkapan oleh para kru, sampai beberapa komentar dari fan yang datang ke acara tersebut.

(Diedit oleh Iqbal Kurniawan)

The post Rangkuman Berita Game Hari Ini – 2 Juni 2016 appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Sony Rayakan Ultah ke Enam PlayStation Plus Asia dengan Berbagai Promosi

Posted: 02 Jun 2016 05:32 AM PDT

Bulan Juni 2016, PlayStation Plus Asia merayakan ulang tahunnya yang ke enam dengan memberikan enam penawaran menarik kepada seluruh member PS Plus Asia. Mari kita lihat satu persatu penawaran menarik apa yang diberikan Sony kepada anggota PS Plus Asia.

Penawaran Berlangganan PS Plus 12+2 Bulan

Merupakan penawaran yang sangat simpel yaitu membeli membership dua belas bulan dari PS Plus maka kamu akan mendapatkan gratis tambahan langganan dua bulan. Ingat penawaran ini hanya berlaku jika kamu membeli langsung dari PlayStation Store dan juga dari tanggal satu Juni hingga empat belas Juni saja.

Tetapi kamu harus membelinya dengan benar dan tidak boleh dengan cara membeli satu persatu sebanyak dua belas kali membership satu bulan. Kamu tidak akan mendapatkan bonus langganan dua bulan dengan cara seperti itu.

Penjualan Terbatas “6th Anniversary Memorable Pack” di Toko Resmi Sony

Mulai tanggal 24 Juni 2016, penjualan terbatas dari “6th Anniversary Memorable Pack” akan hadir di toko PlayStation®Platinum dan toko resmi Sony. Paket ini akan terdiri dari satu buah kartu membership dua belas bulan edisi spesial dari ultah ke enam PS Plus dan sebuah Polygon DUALSHOCK®4 Holder dengan pilihan warna hitam atau putih (stik DUALSHOCK®4 tidak termasuk dan warna holder akan dipilih secara acak).

Harga yang ditentukan untuk paket di atas termasuk murah yaitu sama sebesar Rp480.000 sama seperti harga membership dua belas bulan biasa. Kamu bisa mendapatkannya di toko resmi Sony yang tertera di website resmi PlayStation Asia. Semoga edisi terbatas ini nantinya juga akan dijual di toko resmi Sony Indonesia.

Berlangganan PS Plus Satu Tahun dan Dapatkan Cashback

Mulai dari tanggal 1 Juni sampai dengan 22 Juni 2016, seluruh toko 7-Eleven dan Circle K di Hongkong akan memberikan penawaran cashback voucher sebesar HK$30 (sekitar Rp530.000) jika membeli kartu membership PS Plus dua belas bulan. Kamu dapat melakukan penukaran voucher tersebut untuk membeli game atau tema pada PS Store.

Promosi untuk 7-Eleven dimulai dari tanggal 1 Juni sampai dengan 14 Juni 2016. Sedangkan promosi untuk Circle K dimulai dari tanggal 9 Juni sampai dengan 22 Juni. Sayangnya penawaran ini hanya berlaku di Hongkong saja.

Hadiah Kontes di Facebook Selama Empat Minggu Berturut-turut

Sony akan melakukan empat kali kontes selama empat minggu berturut-turut. Pada jam satu siang setiap hari Rabu akan ada sebuah mini game yang diterbitkan di halaman Facebook PlayStation Asia.

Untuk seratus pemenang pertama setiap kontesnya akan mendapatkan hadiah sesuai yang tertera pada tautan ini. Kontes ini akan dimulai dari tanggal 1 Juni 2016 sampai akhir Juni 2016.

Penawaran Dobel Diskon untuk Member PS Plus

PS Plus Double Discount - BannerDimulai dari tanggal 1 Juni sampai dengan 15 Juni 2016, beberapa game PS4 akan didiskon. Dan jika kamu adalah member dari PS Plus, maka kamu akan mendapatkan diskon tambahan yang sama dari diskon yang diberikan. Total diskon untuk member PS Plus adalah sebesar tujuh puluh persen. Di bawah ini adalah tabel dari game yang didiskon sesuai halaman PlayStation Store.

Judul GameDiskonDiskon Tambahan PS+
Just Cause 310%10%
Just Cause 3: XL Edition10%10%
Goat Simulator30%30%
Rainbow Six Siege – Digital Gold Edition25%25%
Rainbow Six Siege – Digital Standard Edition25%25%
Far Cry Primal – Digital Apex Edition30%30%
Far Cry Primal – Digital Standard Edition30%30%
Assassin's Creed Syndicate – Digital Standard Edition30%30%
Assassin's Creed Syndicate – Digital Gold Edition30%30%
Tearaway Unfolded35%35%
Killzone Shadow Fall Intercept Online Co-op Mode – Standalone Edition35%35%
Killzone Shadow Fall35%35%
Killzone Shadow Fall + Intercept DLC – Upgrade Version35%35%
KNACK35%35%

Game Gratis PlayStation untuk Bulan Juni 2016

Seakan tidak ada habisnya perayaan ini, namun harus ditutup dengan sesuatu yang benar-benar heboh. Sony memberikan beberapa game gratis di berbagai platform game. Mulai dari PS3, PS Vita dan konsol terbarunya yaitu PS4 akan mendapatkan game gratis untuk perayaan ini.

PS Plus Free Game June 2016 - BannerKonsol PS3 kebagian game Echochrome Primal dan Siren: Blood Curse (Episodes 1-12). Untuk PS Vita diberikan God of War: Ghost of Sparta dan LocoRoco Midnight Carnival. Sedangkan untuk konsol PS4 mendapatkan NBA 2K16 dan Tropico 5. Game gratis tersebut merupakan game yang sangat menarik untuk dimainkan dan bukan merupakan game kelas bawah.

Dengan ini berakhir juga seluruh penawaran dari ulang tahun ke enam PS Plus Asia. Saya masih penasaran, apakah Sony juga akan merilis penawaran untuk PS Plus Amerika juga nanti. Diharapkan penawaran untuk ulang tahun PS Plus Amerika (Region 1) akan lebih heboh daripada PS Plus Asia (Region 3) ini. Yang pasti, saat ini adalah bulan yang sangat pas bagi untuk bergabung sebagai member dari PS Plus.

Sumber: Playstation Blog

 

The post Sony Rayakan Ultah ke Enam PlayStation Plus Asia dengan Berbagai Promosi appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Review Oxenfree – Game Adventure Misteri Terbaik di Awal Tahun

Posted: 02 Jun 2016 05:10 AM PDT

Review ini kami majukan kembali untuk merayakan perilisan Oxenfree di PS4.


Saat ini saya akan menyematkan predikat game thriller, horor, misteri, dan supernatural terbaik di tahun 2016 untuk Oxenfree. Buah karya Night School Studio yang dikembangkan sejak tahun 2014 ini berhasil membuat saya terpesona dengan banyak hal di dalamnya. Menurut saya, Oxenfree merupakan langkah awal terbaik bagi studio yang baru saja menelurkan satu buah game ini.

Pertama kali mendengarnya, kamu mungkin merasa sangat asing dengan judul game ini. Namun kalau kamu sudah memainkannya, maka saya yakin nama Oxenfree justru akan terpatri kuat dalam ingatanmu. Setidaknya itu yang terjadi pada saya.

Sutradara penentu ending drama remaja

Oxenfree | Screenshoot 1

Apa yang barusan saya mainkan? adalah impresi awal saya setelah menyelesaikan Oxenfree dalam kurun waktu enam jam. Agak sulit bagi saya mencerna cerita dalam game ini.

Oxenfree menempatkan kamu sebagai Alex, remaja perempuan yang baru saja kehilangan kakak kandungnya, Michael, serta melalui perceraian kedua orang tuanya. Sang ibu kemudian menikah kembali dan ia dihadapkan kepada situasi canggung dengan saudara tiri barunya bernama Jonas.

Ren, sahabat masa kecil Alex, menyadari kondisi pelik tersebut. Ia berinisiatif membawanya berpesta ke Pulau Edward. Alex menerima ajakan tersebut dan ia mengajak Jonas bersamanya. Di sana mereka bertiga berjumpa dengan Nona dan Clarissa. Nona adalah gadis yang ditaksir oleh Ren, sedangkan Clarissa merupakan mantan kekasih Michael sekaligus teman karib Nona.

Ya, Oxenfree tidak sekadar mengajakmu untuk memecahkan misteri yang terjadi di pulau Edward. Penggerak utama cerita di game ini adalah hubungan antara kelima remaja ini. Kamu akan berperan sebagai sutradara yang mengarahkan bagaimana drama para remaja ini akan berakhir. Happy atau bad ending? Semua berada di tanganmu.

Narasi interaktif dengan cerita yang tersirat

Oxenfree - Screenshoot 4

Yang menjadi keunikan Oxenfree adalah narasinya. Elemen ini disajikan sebegitu rupa sehingga pemain hanya bisa menangkap inti cerita melalui interaksi antar karakter. Kamu cukup menyeleksi kata-kata yang akan dikeluarkan Alex saat berinteraksi. Secara tidak langsung, hal ini juga akan membentuk kepribadian Alex sesuai kata-kata yang kamu pilih.

Penulis Oxenfree berhasil menunjukkan kelasnya. Skrip dialog karakter benar-benar terasa nyata. Walau cukup banyak kosakata yang mungkin hanya bisa dipahami bagi kamu yang sudah terbiasa berkomunikasi dengan orang asing, cerita yang disajikan melalui interaksi antar karakternya terasa intens.

Oxenfree - Screenshoot 2

Berbicara mengenai gameplay, jangan harap adanya sistem kustomisasi senjata semacam Resident Evil di Oxenfree. Alex hanya bersenjatakan sebuah radio yang bisa kamu putar pada frekuensi tertentu. Mekanisme ini bertujuan untuk membuka komunikasi dengan makhluk supernatural yang muncul di beberapa tempat.

Menariknya lagi, radio ini juga bisa mengiringi petualangannya dengan musik yang mengingatkan saya akan era peperangan di film-film zaman dulu. Tidak hanya itu, developer ternyata menyembunyikan rahasia dalam radio.

Game dengan pengisi suara terbaik

Oxenfree | Artwork

Satu faktor lain yang membuat Oxenfree terasa hidup adalah para pengisi suaranya. Sebagai penggemar game maupun anime Jepang, ini pertama kalinya saya akui bahwa industri game Barat ternyata memiliki talenta pengisi suara yang berkualitas.

Momen saat saya terpana menyaksikan betapa hebatnya akting pengisi suara Eren di anime Attack on Titan terulang dalam Oxenfree. Setelah memainkannya, saya rasa Oxenfree adalah game yang memiliki kualitas sulih suara tinggi, di atas beberapa visual novel Jepang yang hanya menjadikan suara sebagai nilai jual karakter moe.

Presentasi yang menawan dan mencekam

Oxenfree - Screenshoot 5

Visual di Oxenfree merupakan salah satu yang terbaik di awal tahun ini. Dunia dalam Oxenfree terkesan seperti lukisan. Sang artis utama yang juga merupakan alumnus Disney senantiasa berhasil membuat saya takjub dengan dunia yang ia ciptakan. Tidak bosan-bosannya saya menjelajahi beberapa sudut tempat hanya untuk menikmati lingkungan dan memanjakan mata saya.

Desain karakternya juga cukup sukses menarik penggemar, terbukti dari cukup banyaknya fanart yang bermunculan di Tumblr milik Night School Studio dalam waktu beberapa hari setelah game ini dirilis. Saya pribadi menyukai desain karakternya karena sekilas mirip dengan seri kartun Disney seperti Kim Possible.

Berbicara mengenai makhluk supernatural dalam Oxenfee, setidaknya beberapa kali saya dibuat kaget karena kemunculan tiba-tiba makhluk ini seiring dengan efek suara yang membuat jantung berdetak kencang. Permainan transisi layar juga dieksekusi dengan hebat. Developer cukup berhasil mendesain atmosfer permainan yang  mencekam.

Salah satu yang cukup berperan dalam menciptakan kengerian Oxenfree adalah musik pengiringnya. Bisa saya bilang, musik gubahan scntfc cukup berhasil menggambarkan situasi yang dialami oleh Alex dan kawan-kawan. Tapi tidak cukup untuk membuat saya merasa memorable dengannya.

Kesimpulan: Harga terjangkau untuk kualitas prima

Oxenfree - Screenshoot 3

Dengan harga di kisaran Rp 136.000 untuk versi PC, Oxenfree memberikan banyak hal yang seharusnya dimiliki game yang jauh lebih mahal. Harga ini sangat murah apabila dibandingkan dengan konten cerita dan visual bintang lima yang ditawarkan dalam game ini.

Pada akhirnya Oxenfree berhasil membuat saya tertarik untuk mengulang kembali permainan. Selain beberapa achievement yang cukup menarik, ada misteri dan banyak rahasia yang tidak mungkin bisa diselesaikan lewat satu kali playthrough saja. Kalau kamu menyukai kisah misteri, supernatural, bercampur dengan drama remaja maka Oxenfree pasti sangat cocok denganmu.

PlayStation Store US: Oxenfree, US$19,99 (sekitar Rp270.000)

Xbox Marketplace Link: Oxenfree, US$19,99 (sekitar Rp270.000)

(Diedit oleh Iqbal Kurniawan)

The post Review OxenfreeGame Adventure Misteri Terbaik di Awal Tahun appeared first on Tech in Asia Indonesia.

[Update] Daftar Rekomendasi Channel YouTube Islami di Bulan Ramadan

Posted: 02 Jun 2016 03:50 AM PDT

(Update 2 Juni 2016: Kami menghapus Diaries Vision karena sudah setahun tidak memberi update video dan menambahkan Salwa TV, Safdah TV, Ilmu Production, serta Lampu Islam. Informasi di dalam artikel ini juga diperbarui.)

Perkembangan teknologi mempermudah berbagai aspek kehidupan, termasuk di dalamnya untuk mendapatkan siraman rohani. Bulan Ramadan identik dengan momentum untuk lebih banyak mempelajari agama Islam, dan kini kamu bisa menikmati siaran tausiyah dan kajian agama tanpa terbatas ruang dan waktu melalui perangkat mobile seperti smartphone dan tablet.

Kali ini saya merangkum daftar channel YouTube tausiyah Islam yang bisa menjadi medium belajar agama umat muslim, khususnya di bulan Ramadan. Berikut ulasan channel YouTube untuk kajian islami.


Lampu Islam

Dalam channel Lampu Islam, penonton disuguhkan dengan kajian dari ulama internasional Dr. Zakir Naik. Terdapat pula sejarah Islam dan ilmu pengetahuan berdasarkan nilai Alquran. Penonton juga dihibur dengan video sketsa yang dibalut komedi buatan tim channel ini.

Lampu Islam sudah memproduksi lebih dari 1.000 video di channel mereka sejak Oktober 2012. Penonton bisa menikmati video baru seminggu sekali di sini.


Salwa TV

Nama Salwa TV diambil dari singkatan Salam Dakwah. Situs Salam Dakwah sendiri sudah menyampaikan berbagai artikel tip mengatasi masalah dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan Islam dan kajian dari berbagai ustaz sejak 2011. Sedangkan channel Salwa TV baru terbentuk di Agustus 2013.

Channel Salwa TV kini sudah memiliki lebih dari 300 video, dengan update konten terbaru antara dua hingga tiga video setiap minggunya. Video yang disediakan mayoritas adalah kajian seputar rumah tangga dalam Islam, ilmu fiqih, dan kajian dari ustaz tentang ayat Alquran.


Ilmu Production

Ilmu Production merupakan channel YouTube yang digarap oleh sekumpulan pemuda dari Sumatera Barat. Channel ini sudah aktif menyiarkan video sejak Juni 2010. Hingga kini, sudah terdapat lebih dari 300 video di dalamnya.

Video yang ditampilkan di Ilmu Production merupakan kajian dari para ustaz yang diselenggarakan di Sumatera Barat. Selain itu, penonton juga diberikan video lain, seperti kehidupan nabi Muhammad SAW, belajar bahasa Arab, dan tip parenting dalam Islam.


Safdah TV

Safdah TV merupakan singkatan dari Safari Dakwah yang dilakukan oleh Ustaz Badru Salam, Lc bersama timnya. Channel Safdah TV mulai mengudara sejak Juli 2014 dan hingga kini sudah memiliki lebih dari 250 video di dalamnya.

Konten video yang disediakan berisi tentang tata cara salat yang dilakukan Rasulullah SAW, pemecahan masalah dalam keseharian menurut Islam, dan tip membangun keluarga harmonis. Penonton juga bisa menyaksikan kajian surat dalam Alquran dan kajian ilmu Islam lainnya.


Yufid TV

Channel Yufid TV merupakan bagian dari Yufid Network yang telah beroperasi sejak 2010. Sedangkan Yufid TV mulai aktif di YouTube sejak pertengahan 2014. Sejauh ini sudah terdapat lebih dari 1.800 video yang ada di dalam channel Yufid TV.

Kategori yang terdapat di dalamnya pun beragam, mulai dari tanya jawab dengan ustaz, panduan ibadah dalam film pendek yang menarik, dan lainnya. Setiap harinya channel ini mengunggah sekitar lima hingga delapan video untuk berbagai kategori. Khusus Ramadan kali ini, Yufid TV menyajikan video kajian ayat Alquran.


Ruziqa TV

Channel Ruziqa TV berasal dari Balikpapan. Tim di belakangnya mendokumentasikan berbagai kajian Islam di masjid-masjid di sekitar wilayah tersebut. Meski berada di luar Jakarta, channel ini menyajikan lebih dari lima video per harinya. Secara keseluruhan, sudah terdapat lebih dari 600 video di dalamnya.

Kategori video di channel ini mayoritas menampilkan ceramah dari ustaz setempat. Berdasarkan laman situs Ruziqa TV, selain Balikpapan, rencananya channel ini akan menayangkan dokumentasi kajian agama Islam dari berbagai daerah di Kalimantan Timur dan seluruh wilayah Indonesia dalam waktu dekat.


Rodja TV

Rodja TV merupakan bagian dari Rodja Radio yang bersiaran di wilayah Jabodetabek sejak 2008. Di channel Rodja TV sudah terdapat sekitar 600 video dengan kategori Dzikir dan Doa, Peduli Kemanusiaan, dan Ceramah dari banyak ustaz.

Untuk Ramadan 2016, Rodja TV menggelar Program Ramadhan 1437 H. Isinya konten video pendek yang sarat dengan pesan kemanusiaan dan bernuansa islami. Video pada channel Rodja TV akan menampilkan video tafsir Alquran selama Ramadan.


Film Maker Muslim

Berubah nama dari Want Production TV menjadi Film Maker Muslimchannel ini berbeda dengan channel lainnya yang ada dalam daftar artikel. Di channel Film Maker Muslim, komposisi film pendek sarat makna disamakan dengan konten ceramah dari para ustaz. Dengan total sekitar 200 video, film pendek berjumlah sekitar 80 dengan berbagai judul yang menginspirasi.

Kategori lain yang menarik adalah berbagai video bertema kegiatan sehari-hari. Sementara situs mereka sendiri lebih banyak memberikan tip seputar bidang dokumentasi untuk berbagai event.


Yusuf Mansur Channel

Ustaz yang terkenal dengan logat Betawi ini memberi tausiyah singkat melalui Yusuf Mansur Channel. Selain itu, setiap harinya ada unggahan video dari berbagai acara yang diisi oleh sang ustaz, tip berbisnis dalam Islam, dan kajian ayat di dalam Alquran.

Menonton video di YouTube masih kurang menyenangkan? Gunakan aplikasi Qalamotion untuk belajar agama melalui animasi

Penonton juga disediakan beberapa kategori video lainnya, seperti Bisnis Syariah, Doa, Risalah Hati, Sedekah, dan Rezeki. Channel yang sudah ada sejak tahun 2012 lalu ini memiliki sekitar 300 video di dalamnya.


Meskipun bertajuk channel Islami, tidak semua konten yang disajikan channel dalam daftar ini membosankan untuk ditonton. Tak jarang juga channel tersebut menyajikan hiburan film pendek yang penuh makna namun tetap menghibur. Sehingga kamu dapat menikmatinya saat bulan Ramadan mendatang, untuk mengisi waktu selama berpuasa.

(Diedit oleh Fadly Yanuar Iriansyah)

The post [Update] Daftar Rekomendasi Channel YouTube Islami di Bulan Ramadan appeared first on Tech in Asia Indonesia.

[Update Video] Game PC Gratis Terbaik Pilihan Tech in Asia Indonesia

Posted: 02 Jun 2016 03:00 AM PDT

Game gratis untuk PC memang bukan barang langka, namun mencari yang terbaik dari yang ada bukanlah sesuatu yang mudah untuk dilakukan. Kamu tidak perlu khawatir karena kami sudah memilihkan game gratis PC untuk kamu unduh dan mainkan sekarang juga.

Walaupun kebanyakan dari game di bawah ini membutuhkan koneksi internet, kami juga telah menyisipkan game yang bisa kamu mainkan secara offline. Daftar game gratis PC terbaik ini akan kita update terus jika kita menemukan game gratis lain seiring waktu, jadi pastikan mengunjungi halaman ini secara berkala. Have fun!


Team Fortress 2

Team Fortress 2 | Screenshot

Developer: Valve | Penerbit: Valve | Ukuran: 14 GB
Genre: First Person Shooter | Online: Ya

Team Fortress 2 adalah game FPS gratis yang tidak pernah keluar dari jajaran lima game yang paling banyak dimainkan di Steam. Team Fortress 2 menawarkan sistem kelas yang unik dan seru, ditambah variasi senjata dan kostum yang cukup banyak.

Tidak seperti FPS lainnya, Team Fortress 2 memilki grafis kartun yang konyol dan “lebay“. Kamu bisa membuat karaktermu terbang tinggi menggunakan pantulan roket, menggunakan senapan air untuk membunuh lawan, atau menembakkan laser ke teman untuk membuatnya tidak bisa mati selama beberapa waktu.

Sama seperti DOTA 2, kamu bisa mendapatkan berbagai senjata dan kostum setelah pertandingan jika kamu beruntung. Walaupun sudah berumur lebih dari delapan tahun, Team Fortress 2 tidak menunjukkan tanda-tanda akan mati, bahkan hingga 2016 ini Team Fortress 2 masih rajin mendapatkan update untuk penyempurnaan teknis dan tambahan konten lainnya.


Dota 2

Dota 2 | Screenshots

Developer: Valve | Penerbit: Valve | Ukuran: 9 GB
Genre: Multiplayer Online Battle Arena | Online: Ya

Dota 2 adalah sekuel dari game DotA, sebuah mod dari Warcraft 3, di mana kamu dan empat orang lainnya harus menghancurkan markas musuh dan juga mempertahankan markas sendiri di saat yang bersamaan. Secara gameplay, Dota 2 tidak berbeda dari DotA yang asli, dan tetap menjadi salah satu game dengan kompleksitas dan learning curve yang menantang dan sulit daripada game lain dengan genre sama.

Jika kamu sedang mencari sesuatu yang berbeda, Dota 2 Reborn kini memiliki fitur Arcade yang memungkinkan kamu untuk bermain dalam peta buatan komunitas. Bayangkan, kamu bisa bermain Dota 2 bersama dua puluh orang sekaligus dalam Dota 10v10, tarik-menarik menggunakan Pudge dalam Pudge Wars, hingga melihat karakter Bleach dan One Piece saling bertarung dalam Bleach vs One Piece Reborn.

Selain itu, di luar konten dan desain dasar game, semua konten tambahan dalam Dota 2 tidak dibuat oleh Valve, melainkan dari komunitas dan penggemarnya. Item kosmetik atau aksesoris yang ada saat ini sebagian besar diciptakan oleh desainer luar, sedangkan turnamen-turnamen kecil diadakan oleh komunitas atau pihak lain. Para kontributor juga mendapatkan keuntungan finansial dari tiap kontribusi mereka kepada Dota 2.

5 Hal yang Membuat Dota 2 Reborn Jauh Lebih Baik dari Dota 2 Sebelumnya


Hearthstone: Heroes of Warcraft

Hearthstone Heroes of Warcraft | Screenshot

Developer: Blizzard | Penerbit: Blizzard | Ukuran: 2,4 GB
Genre: Card Battle | Online: Ya

Hearthstone adalah game yang sempurna untuk dua tipe pemain, yang pertama adalah pemain yang ingin mencoba genre kartu namun tidak ingin yang terlalu sulit, dan yang kedua adalah pemain pensiunan World of Warcraft yang sedang mencoba untuk berhenti dan membutuhkan sebuah game untuk mengisi kekosongan.

Jika dibanding dengan Magic: The Gathering, maka Hearthstone bisa dibilang lebih sederhana namun lebih fun dan cepat. Sistem hero yang ada di Hearthstone terbilang berhasil dalam implementasinya karena setiap hero mempunyai cara bermain yang cukup berbeda dan sesuai dengan kelas aslinya di World of Warcraft.

Bagian bagusnya sampai-sampai Hearthstone hingga kini masih sering mendapatkan update dan ekspansi dari Blizzard. Game ini dapat dimainkan dengan gratis dan jika bekerja keras maka kamu tidak perlu mengeluarkan uang sama sekali.

Review Hearthstone: The Grand Tournament – Ekspansi yang Tepat Waktu

Tip dan Trik Bermain Hearthstone bagi Pemain Baru

Download: Hearthstone, Gratis


Stealth Bastard

Stealth Bastard | Screenshot

Developer: Curve Digital | Penerbit: Curve Digital | Ukuran: 20 MB
Genre: Action Stealth | Online: Tidak

Stealth Bastard adalah salah satu game yang termasuk “too good to be free,” karena gameplay yang ditawarkan di dalamnya sangat bervariasi, pintar, dan juga menantang. Berbekal badan dan kemampuan stealth, kamu akan diminta untuk menyusup ke fasilitas militer dengan tingkat keamanan tinggi. Jadi, siap-siap saja bertemu dengan puluhan tipe rintangan dan juga kematian yang akan sering kamu alami.

Jika sudah menyelesaikan semua levelnya, kamu juga dapat membuat level sendiri, atau mengunduh level yang telah dibuat oleh orang lain. Ada lebih dari ribuan level karya pemain lainnya, jadi kamu tidak akan pernah menganggur jika memainkan Stealth Bastard. Versi standar dari game ini dapat kamu mainkan secara gratis, sedangkan versi Deluxe yang memiliki level dan fitur lebih banyak dijual seharga Rp89.000 di Steam.

Download: Stealth Bastard, Gratis


Cave Story

Cave Story | Art

Developer: Pixel | Penerbit: Studio Pixel, Nicalis | Ukuran: 900 KB
Genre: Platformer | Online: Tidak

Cave Story adalah sebuah game platformer buatan Daisuke "Pixel" Amaya. Seluruh aspek di game ini, mulai dari programming, cerita, visual, sampai musik sekalipun ditangani sendiri oleh Amaya selama lima tahun.

Meskipun memiliki genre side-scrolling platformer, game ini tidak memiliki desain level yang linear seperti Mario atau Mega Man. Justru levelnya sangat luas dan bebas untuk dieksplorasi layaknya game bergenre metroidvania. Cave Story juga memiliki sedikit elemen RPG dengan senjata yang bervariasi dan dapat naik level.

Selain versi freeware, ada juga versi PC yang berjudul Cave Story+ yang memiliki peningkatan grafis dan musik. Cave Story+ juga memberikan pilihan grafis dan musik versi orisinal kalau kamu lebih tertarik dengan grafis bergaya piksel dan musik 8-bit. Jika kamu suka dengan game platformer, jangan sampai melewatkan game keren yang satu ini.

Download: Cave Story, Gratis


Path of Exile

Path of Exile | Screenshot

Developer: Grinding Gear Games | Penerbit: Grinding Gear Games
Ukuran: 10 GB | Genre: Action RPG | Online: Ya

Siapapun yang pernah bermain game hack and slash seperti Diablo atau Torchlight wajib hukumnya memainkan game yang satu ini. Lewat Path of Exile, Grinding Gear Games tak hanya membuat sebuah klon Diablo yang autentik, tapi juga menghadirkan nuansa horor gotik menyeramkan yang dirasa telah hilang dari iterasi ketiga Diablo buatan Blizzard Entertainment.

Walau permainan semacam ini bukan sesuatu yang baru, namun kamu tak akan lekas bosan memainkannya karena Grinding Gear Games masih memperbaharui Path of Exile dengan beragam konten baru, seperti sistem ladder, dukungan mode hardcore, serta ratusan kombinasi skill tree yang membuat kelas karakter buatanmu berbeda dengan milik pemain lain.

Review Path of Exile – Kloningan Diablo 3 yang Jauh Lebih Seru

Download: Path of Exile, Gratis


Exit Fate

Exit-Fate-Battle-Screenshot

Developer: SCFWorks | Penerbit: SCFWorks | Ukuran: 146 MB
Genre: RPG | Online: Tidak

Exit Fate adalah sebuah RPG indie buatan SCFWorks. Game ini bisa dibilang merupakan tribute tersendiri kepada seri game Suikoden. Exit Fate dibuat oleh satu orang developer, tapi jangan dianggap remeh, karena kualitas game ini sangat tinggi dan waktu bermainnya bisa lebih dari empat puluh jam, serasa bermain RPG buatan tim developer besar.

Cerita dalam game ini dikarang sendiri oleh developernya, namun sebagian aset grafis dan musik dalam game diambil dari beberapa RPG klasik. Hal ini justru menjadi nilai tambah Exit Fate karena memberikan kesan nostalgia. Selain melalui musik dan grafis, tingkat kesulitan yang tinggi serta banyaknya side-quest di game ini juga bisa memberikan kesan nostalgia terhadap penggemar RPG klasik.

Jika kamu tertarik untuk memainkan Exit Fate, kamu dapat mengunduhnya secara gratis di blog resmi SCFWorks. Selain itu, karena game ini memiliki tingkat kesulitan tinggi dan rahasia yang banyak, jangan lupa juga untuk mampir ke fansite Exit Fate untuk mendapatkan berbagai petunjuk saat bermain.

Download: Exit Fate, Gratis


Planetside 2

Planetside 2 | Screenshot

Developer: Daybreak Games | Penerbit: Daybreak Games
Ukuran: 9,5 GB | Genre: First Person Shooter | Online: Ya

Suka mendengar riuhnya desing peluru di medan perang? Jika perang berskala besar adalah hal yang kamu inginkan, maka tak ada salahnya untuk terjun ke dalam liarnya medan pertempuran di Planetside 2. Sebagai salah satu anggota dari tiga faksi yang bertikai di Planet Auraxis, kamu akan hanyut dalam serunya memperebutkan peta pertempuran Planetside 2 yang luas.

Dengan ratusan jumlah pemain yang membentuk batalion perang dan bersaing merebutkan lokasi yang berubah-ubah, Planetside 2 menghadirkan sebuah pengalaman bermain FPS berskala besar yang sangat dinamis dan bervariasi di setiap sesi permainan.

Sulit rasanya untuk mengungkapkan betapa riuh medan perang saat semua batalion tadi memperebutkan wilayah strategis yang sama. Namun, seandainya kamu menang dan berhasil menguasainya, kepuasan yang diraih tak akan bisa diungkapkan dengan kata-kata.

Download: Planetside 2, Gratis


Warframe

Warframe | Screenshot

Developer: Digital Extremes | Penerbit: Digital Extremes
Ukuran: 4,5 GB | Genre: Action, Third Person Shooter | Online: Ya

“Ninja di luar angkasa,” melihat kalimat itu saja rasanya sudah ingin memainkan game gratis yang satu ini. Dengan desain armor dan senjata yang futuristik, grafis yang mengagumkan, serta jurus rahasia yang terlihat sangat keren di mata, rasanya Warframe sangat cocok dimainkan bersama teman-teman.

Selain dari presentasi yang memukau, level dalam game ini juga dipilih secara acak. Sistem ini akan membuat permainan menjadi lebih menyenangkan karena level yang sebelumnya kamu kunjungi tidak akan sama untuk kedua kalinya.

Review Warframe – Third Person Shooter Gratis dengan Tema Ninja di Luar Angkasa


World of Tanks

World of Tanks | Screenshot

Developer: Wargaming | Penerbit: Wargaming
Ukuran: 16 GB | Genre: Vehicular Combat | Online: Ya

Bosan dengan game pertempuran di mana orang yang saling menembaki satu sama lain? Kalau begitu cobalah game perang dengan tank yang saling menembaki satu sama lain ini. World of Tanks kurang lebih adalah sebuah game MMO … dengan tank.

Game online gratis dari Wargaming.net ini juga menghadirkan voice pack Girls und Panzer juga, jadi kalau kamu ada ketertarikan tertentu dengan anime tersebut ya mainkanlah.

Download: World of Tanks


Emily is Away

emily-is-away-2

Developer: Kylee Seeley | Penerbit: Kylee Seeley
Ukuran: 19 MB | Genre: Simulasi, Adventure | Online: Tidak

Tampilan layar dan efek suara layaknya komputer di awal tahun 2000-an dengan tampilan OS Microsoft Windows XP yang ada di game Emily is Away akan membuat kamu bernostalgia. Kamu akan membuat username dan memilih gambar untuk profil dalam sebuah layanan chatting. Lalu seseorang dengan username Emerly35 muncul.

Cerita interaktif dalam Emily is Away seolah membawa kamu ke dunia lain berlatar tahun 2002 hingga 2006 yang terkadang membuatmu lupa kalau Emily hanya karakter fiksi. Bukan hanya memilih satu dari tiga jawaban chat, kamu juga harus berpura-pura mengetik agar jawaban yang sudah kamu pilih dapat terkirim ke Emily.

Emily is Away juga mempunyai berbagai kejutan kocak jika kamu mengganti username dengan nama tertentu. Kejutan kecil dalam game sederhana inilah yang kamu butuhkan ketika lelah bermain game penuh strategi, atau ketika kamu hanya ingin kabur sementara dari dunia nyata dan mendengarkan cerita dari Emily.

Download: Emily is Away, Gratis


Marvel Heroes 2016

marvel-superheroes-2016-2

Developer: Gazillion Entertainment | Penerbit:
Gazillion Entertainment | Ukuran: 45 GB | Genre: Action RPG | Online: Ya

Kamu dapat bermain sebagai Thor, Wolverine, Spider-Man, Captain America, Hulk, dan karakter superhero dari Marvel lainnya, yang bersatu secara online untuk menghentikan Doctor Doom dan anak buahnya yang ingin menghancurkan dunia dengan kekuatan Cosmic Cube. Setiap superhero memiliki kekuatan dan proses leveling mendalam yang dapat kamu tingkatkan.

Berlatar di Marvel Universe, kamu dapat bereksplorasi, bermain solo atau tim, dan melawan pemain lainnya dalam mode PvP. Tidak hanya mengendalikan satu karakter, tapi kamu juga dapat mengoleksi karakter Marvel lainnya dan memodifikasi penampilannya.

Fitur baru dalam Marvel Superheroes 2016 adalah mode Raid di mana kamu dan teman-temanmu dapat bekerja sama untuk mengalahkan beberapa bos besar termasuk Surtur, juga ada jalan cerita baru adaptasi dari salah satu kejadian di dalam komik Secret Invasion tahun 2008.

Walaupun grafisnya tidak seindah MMORPG lain, game dari kreator Diablo 2 ini memiliki cukup banyak pemain dan rajin mendapatkan update. Namun, beberapa karakter tertentu tidak bisa kamu mainkan secara gratis dan termasuk dalam paket DLC yang bisa kamu beli. Misalnya, DLC Guardians of The Galaxy, Avengers: Age of Ultron, Deadpool Pack, hingga paket Daredevil yang kini kembali hit berkat film serialnya.


AdVenture Capitalist

adventure-capitalist-2

Developer: Hyper Hippo Studio | Penerbit: Hyper Hippo Studio
Ukuran: 60 MB | Genre: Idle Clicker | Online: Tidak

Lupakan kesulitan mengumpulkan uang dalam game dan dunia nyata dengan mencoba AdVenture Capitalist. Dalam game ini, kamu akan menjadi seseorang yang mengumpulkan uang hanya dengan rajin melakukan klik.

Awalnya kamu hanya memiliki stan lemon saja, lalu bisa dikembangkan ke usaha lainnya seperti distribusi koran, toko donat, piza, studio film, bank, hingga perusahaan minyak. Usaha yang kamu miliki nantinya akan berjalan sendiri, jadi tidak perlu khawatir jika kamu tinggalkan, karena penghasilanmu akan tetap bertambah.

Agar perusahaanmu dapat otomatis menghasilkan uang, kamu harus mempekerjakan karyawan untuk setiap perusahaan yang kamu miliki. Jadi, jangan heran jika kamu memiliki kekayaan di atas angka kuadriliun.

Uang yang kamu miliki nantinya bisa digunakan untuk membeli rumah, mobil, hingga mengganti penampilan karaktermu. AdVenture Capitalist masih rajin mendapatkan update dan live event dari developernya. Game ini cocok mengisi waktu luangmu sambil berangan-angan menjadi orang kaya raya.

Review AdVenture Capitalist – Rasakan Nikmatnya Menjadi Seorang Kapitalis


League of Legends

league-of-legends-2

Developer: Riot Games | Penerbit: Riot Games
Ukuran: 5 GB | Genre: MOBA | Online: Ya

League of Legends, atau yang biasa disebut dengan LoL adalah game MOBA produksi Riot Games yang dimainkan oleh 27 juta orang setiap harinya. Cara bermain LoL mirip dengan Dota 2, di mana satu tim yang beranggotakan  lima orang akan mengendalikan karakter (dalam LoL disebut Champion) dengan kemampuan unik untuk menghancurkan atau mengambil alih markas (Nexus) lawan.

Hal yang membuat LoL unik adalah mekanisme waktu permainan yang lebih singkat dari Dota 2, yaitu sekitar dua puluh menit setiap pertandingannya. Walaupun mekanisme waktunya cepat, pertarungan di LoL tidak serusuh Dota 2, jadi jangan heran kalau satu lawan baru gugur setelah sepuluh menit permainan. LoL cocok untuk kamu yang ingin bermain game MOBA penuh strategi dalam tempo yang cepat.

Download Link: League of Legends, Gratis


War Thunder

War-Thunder

Developer: Gaijin Entertainment | Penerbit: Gaijin Entertainment
Ukuran: 11 GB | Genre: MMO, Simulasi | Online: Ya

War Thunder dengan grafis dan efek suara yang indah membawamu kembali ke masa Perang Dunia II dan Perang Korea di mana kamu bisa mengendalikan kendaraan militer di darat dan udara. Game ini mirip World of Tanks, tapi dengan tambahan pesawat tempur.

Kamu dapat merasakan serunya bertarung di angkasa dan membuat strategi bersama teman satu tim untuk menjatuhkan bom ke lawan. Sistem damage yang terasa nyata akan mempengaruhi nilai yang kamu dapatkan saat menghancurkan kendaraan lawan.

Misalnya jika kamu berhasil merusak mesin atau sayap pesawat lawan, kamu akan mendapatkan critical hit, poin yang kamu dapatkan berbeda jika berhasil menghancurkan sepenuhnya pesawat lawan dengan lethal damage.

Kendaraan militer dalam War Thunder dapat kamu upgrade dan modifikasi dengan berbagai pilihan senjata. Para pemain War Thunder juga aktif dalam mengembangkan konten yang ada, mulai dari skin, misi, hingga kendaraan hasil karya komunitas.

Kamu bisa memilih mode bermain solo atau kooperatif dengan temanmu melawan kendaraan AI lawan dalam berbagai misi berlatar belakang sejarah. Jika kamu ingin merasakan simulasi tank dan pesawat dalam perang, tidak ada salahnya mencoba War Thunder.

The post [Update Video] Game PC Gratis Terbaik Pilihan Tech in Asia Indonesia appeared first on Tech in Asia Indonesia.

[Update] VOEZ – Game Rhythm Terbaru Rayark yang Akan Membuat Jarimu Sibuk Bermain

Posted: 02 Jun 2016 01:45 AM PDT

Update – 2 Juni 2016

Akhirnya hari yang kita tunggu telah tiba! Rayark akhirnya telah merilis game rhythm terbaru mereka VOEZ, baik itu di Android dan juga iOS. Kamu yang telah terbiasa memainkan game rhythm seperti Cytus dan Deemo sebelumnya tidak akan memerlukan waktu lama untuk bisa segera terbiasa dengan mekanisme permainannya. Kamu cukup melakukan tap, hold, maupun swipe sesuai irama sejumlah not yang tampil di layar.

Dengan ragam pilihan musik yang dimilikinya, para penggemar game rhythm jelas tidak boleh melewatkan kemunculan VOEZ minggu ini.

App Info
VOEZ
Rayark International Limited -  Jun 01, 2016
Genre:  Music
Size:   146M
Installs:   5,000 - 10,000
Gratis
Download


Artikel asli – 25 Februari 2016

Sebelum RayArk merilis Implosion: Never Lose Hope yang pada akhirnya masuk dalam game action Android dan iOS terbaik tahun 2015 pilihan Tech in Asia, mereka juga bisa dikaitkan dengan beberapa judul game rhythm berkualitas di platform mobile. Jika kamu pernah memainkan Deemo atau Cytus yang merupakan dua game rhythm buatan RayArk, mungkin kamu akan berharap agar mereka kembali membuat game sejenis di masa depan.

Kabar baiknya, harapan kamu pada sebuah game rhythm dari Rayark tampaknya benar-benar akan terwujud di tahun 2016. Lewat informasi dari situs resmi RayArk, saat ini mereka rupanya sedang mempersiapkan sebuah game rhythm baru dengan tampilan warna-warni yang cerah lewat game berjudul VOEZ.

VOEZ | screenshot

Dalam VOEZ, inti permainan yang kamu jalani sebetulnya kurang lebih sama seperti Deemo. Di sini pandangan matamu akan terpaku dalam aksi tap indikator layar yang akan meluncur secara vertikal mengikuti alunan musik.

Sebagai pembeda antara VOEZ dengan game rhythm buatan Rayark sebelumnya, permainan kamu dalam VOEZ akan melibatkan sejumlah karakter yang masing-masing akan mewakili elemen musikKurang lebih ada enam karakter yang telah diperlihatkan Rayark melalui situs resminya, seperti seorang gadis pemain bas bernama Sasaki Yuko, seorang penabuh drum merangkap tukang pembuat roti bernama Lance, dan lainnya.

Voez | art

Untuk pemilihan musiknya sendiri, tampaknya Rayark kali ini akan lebih banyak menghadirkan beragam lagu pop elektro Jepang dengan sedikit selingan musik dubstep bertempo cepat yang terlihat menantang. Coba saja kamu perhatikan video gameplay di akhir artikel ini. Saya yakin kamu yang gemar bermain game rhythm di smartphone mungkin sudah mulai merasa gatal untuk segera memainkannya.

Saat ini sayangnya belum ada tanggal pasti kapan kira-kira developer asal Taiwan tersebut meluncurkan VOEZ di platform iOS maupun Android. Namun yang pasti, informasi dalam artikel ini akan saya update begitu mendapatkan kabar terbaru dari Rayark.

(Diedit oleh Iqbal Kurniawan)

The post [Update] VOEZGame Rhythm Terbaru Rayark yang Akan Membuat Jarimu Sibuk Bermain appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Harvest Moon: Skytree Village Akan Dirilis di Nintendo 3DS

Posted: 01 Jun 2016 11:30 PM PDT

Natsume mengumumkan iterasi terbaru game Harvest Moon yang berjudul Harvest Moon: Skytree Village. Pengumuman ini merupakan kabar baik bagi fan game simulasi pertanian ini, khususnya para pemilik Nintendo 3DS di mana Harvest Moon: Skytree Village akan tersedia secara eksklusif.

Sejauh ini Natsume baru menunjukkan logo dari Harvest Moon: Skytree Village dan belum menyebutkan jadwal perilisan di 3DS. Namun mereka berencana untuk memamerkan Harvest Moon: Skytree Village di ajang E3 2016 yang akan berlangsung tanggal 14 – 16 Juni nanti.

Harvest Moon Skytree Village | Featured

Kamu dapat memilih seorang pria atau wanita sebagai karakter utama. Selama bekerja menjadi petani, kamu akan mengubah-ubah bentuk ladang, menambahkan sungai atau kolam, serta menanam beragam jenis tanaman maupun bunga yang baru. Natsume juga menyebutkan akan menghadirkan mekanisme memancing baru dan sistem tutorial yang mudah dipahami.

Terdapat karakter-karakter baru yang akan kamu jumpai dalam Harvest Moon: Skytree Village. Selain itu, beberapa karakter lama dari seri Harvest Moon sebelumnya juga akan kembali. Kamu akan bisa mengunjungi mereka di desa yang terletak berdekatan.

Simak ulasan Harvest Moon: Seeds of Memories yang telah dirilis di iOS dan Android

Saya berharap akan ada perbaikan signifikan yang dilakukan oleh Natsume dibanding Harvest Moon 3D: The Lost Valley. Menurut kamu, kira-kira mampukah Harvest Moon: Skytree Village bersaing dengan Story of Seasons terbaru yang juga akan dirilis untuk Nintendo 3DS?

(Diedit oleh Iqbal Kurniawan)

The post Harvest Moon: Skytree Village Akan Dirilis di Nintendo 3DS appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Zenbo, Robot Lucu Pendamping Anak dan Lansia di Rumah

Posted: 01 Jun 2016 10:00 PM PDT

Pada ajang Computex 2016 yang berlangsung di Taiwan, Asus ternyata tak hanya meluncurkan Zenfone 3 dan beberapa variannya, tapi juga sebuah robot bernama Zenbo. Robot yang berukuran mirip dengan BB-8 di film Star Wars: The Force Awakens tersebut diklaim bisa menjadi pendamping yang baik bagi anak-anak dan para lansia di rumah.

Selain bisa bergerak ke segala arah, Zenbo juga bisa memutar musik, mengenali wajah, serta menjawab beragam pertanyaan yang kamu lontarkan. Fungsi tersebut serupa dengan yang ditawarkan oleh Google Home dan Amazon Echo, hanya saja kali ini Asus membuatnya dalam bentuk robot.

Kemampuan Robot Zenbo | Screenshot

Beberapa kemampuan yang bisa dilakukan robot Zenbo

Zenbo mempunyai “wajah” yang bisa menampilkan beragam ekspresi emosi, seperti senang dan sedih. Sayangnya kamu tidak akan menembukan wajah layaknya manusia, namun sebuah layar sentuh yang mirip dengan layar smartphone kamu. Karena itu, kamu pun bisa melakukan panggilan telepon, mengakses internet, dan mengambil foto dengan robot Zenbo ini.

Dalam video yang dibuat oleh Asus, mereka menampilkan kemampuan Zenbo untuk membacakan cerita dan memberikan game interaktif untuk anak-anak. Bagi para lansia, Zenbo bisa berfungsi untuk mengingatkan jadwal minum obat, serta memberikan peringatan kepada keluarga apabila sang lansia tengah menghadapi masalah.

Selain itu, Zenbo juga bisa terhubung dengan berbagai peralatan pintar di rumah, sehingga kamu bisa memerintahkannya untuk menyalakan lampu, televisi, atau membuka pintu. Asus menetapkan harga US$599 (sekitar Rp8,2 juta) bagi kamu yang ingin memiliki robot Zenbo ini.

Zenbo boleh jadi lucu, tapi ternyata ada beberapa robot yang justru mengancam keselamatan manusia

Kehadiran Zenbo ini seperti menambah panjang barisan robot mirip manusia yang telah dibuat sebelumnya. Dengan harga yang cukup terjangkau, tidak mustahil kalau robot buatan Asus ini nantinya akan cukup populer untuk melengkapi rumah di masa depan.

(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto)

The post Zenbo, Robot Lucu Pendamping Anak dan Lansia di Rumah appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Moonlighter – Ketika Pedagang Ingin Jadi Pahlawan

Posted: 01 Jun 2016 09:15 PM PDT

Alkisah, di sebuah negeri fantasi antah-berantah, hiduplah seorang pria bernama Will yang berprofesi sebagai pedagang. Kehidupan sehari-harinya diisi dengan berjualan berbagai senjata pada para petualang. Namun sebenarnya Will memiliki sebuah impian terpendam. Will tak puas hanya jadi pedagang. Ia juga ingin jadi petualang.

Berbekal perlengkapan yang diambil dari barang dagangannya, Will pun berangkat memasuki berbagai dungeon yang disebut Realm. Kamu harus membantu Will menjelajah Realm, mengalahkan musuh dan bos monster mengerikan, kemudian pada akhirnya pulang untuk menjual barang-barang yang kamu dapat di dungeon tersebut.

Moonlighter | Screenshot 1

Moonlighter | Screenshot 2

Kira-kira begitulah premis yang mendasari cerita dalam Moonlighter, sebuah game yang tengah dikembangkan oleh Digital Sun Games. Moonlighter dibuat dengan mengambil inspirasi dari berbagai game roguelike ternama seperti The Binding of Isaac, Rogue Legacy, serta tentu saja Recettear. Hasilnya adalah kombinasi unik antara unsur aksi, manajemen toko, serta sedikit arkeologi.

Mirip dengan Recettear, dalam Moonlighter kamu juga bisa melakukan upgrade toko dan tawar-menawar barang dengan para pelanggan. Bedanya dalam game ini kamu tidak bisa asal saja memasang harga barang.

Kamu harus menyesuaikan harga barang tersebut dengan nilai sejarah dan kegunaannya, sehingga para pelanggan mau membeli. Bila pelanggan tidak puas, mereka bisa pergi begitu saja. Atau malah mencoba mencuri daganganmu!

Moonlighter | Screenshot 3

Moonlighter merupakan salah satu game yang masuk dalam program Square Enix Collective. Artinya game ini akan dibantu oleh Square Enix dalam masa pengembangan dan promosi, namun pendanaannya tetap harus dilakukan sendiri oleh developernya. Untuk itu Digital Sun Games telah membuka kampanye di Kickstarter dengan target dana sebesar US$40.000 (sekitar Rp547,8 juta).

Bila kampanye Kickstarter tersebut berhasil, Moonlighter direncanakan rilis untuk PC, Mac, Linux, serta PS4 dan Xbox One. Saat artikel ini ditulis, Moonlighter sudah sukses menggalang dana sekitar US$32.000 (sekitar Rp438,2 juta), lebih dari 70 persen target akhirnya. Masih ada waktu 31 hari sampai kampanye tersebut berakhir. Jadi, kalau kamu tertarik untuk menjadi backer, langsung saja klik tautan di bawah.

Kickstarter: Moonlighter

(Diedit oleh Fadly Yanuar Iriansyah)

The post Moonlighter – Ketika Pedagang Ingin Jadi Pahlawan appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Setahun Pasca Akuisi oleh Daum Kakao, Path Semakin Kehilangan Popularitas

Posted: 01 Jun 2016 09:00 PM PDT

Jika akuisisi Path oleh Daum Kakao pada 29 Mei 2015 dimaksudkan untuk membawa angin segar kepada media sosial yang sedang terpuruk ini, tampaknya rencana tersebut tidak berjalan lancar. Justru, setahun setelah diambil alih, aplikasi ini perlahan namun pasti bergerak menuju ambang kepunahan.

Kita ambil contoh perkembangan Path di negara tempat mereka memiliki basis pengguna terbesar: Indonesia. Mengacu pada data AppAnnie, Path bertengger di urutan 16 aplikasi paling populer di Play Store Indonesia terhitung pada tanggal 29 Mei 2014. Tepat satu tahun kemudian—pada saat aplikasi besutan startup AS ini diakuisisi oleh raksasa dari Korea—Path terjerumus ke posisi 27. Kini, mereka terjerembab ke posisi 57.

Dari sekian faktor yang ada, urutan aplikasi di Google Play mempertimbangkan beberapa faktor seperti jumlah unduhan, penilaian pengguna, dan penghapusan aplikasi oleh pengguna.

Sebagai perbandingan, WhatsApp duduk di posisi kelima, Facebook di posisi ketiga, dan BlackBerry Messenger menghuni tempat kedua. (Saat ini posisi puncak ditempati oleh game mobile berjudul Tahu Bulat, yang berhasil menancapkan popularitasnya selama satu bulan ke belakang.)

Meski terjerembap ke posisi bawah, namun perusahaan ini tetap optimis. Juru bicara Path menegaskan bahwa Path sudah kembali ke jalur yang benar dengan mengatakan basis pengguna mereka semakin bertumbuh.

"Sejak berlalunya masa transisi, basis pengguna kami tumbuh secara signifikan," seru juru bicara Path kepada Tech in Asia, namun ia menolak membeberkan jumlah penggunanya.

Ia bilang kalau Path juga mendulang popularitas di luar Indonesia. "Kami dengan gembira mengumumkan bahwa aplikasi kami juga mengalami pertumbuhan berarti di negara lain," tambahnya.

Namun, data berkata lain.

Path terpuruk | Screenshot 1

Di peringkat global AppAnnie untuk aplikasi gratis di Play Store, Path hanya muncul di jajaran 100 aplikasi paling populer di satu negara—dan negara tersebut adalah Indonesia. Di Saudi Arabia, Path termasuk ke dalam jajaran 500 aplikasi paling populer. Selebihnya, tak ada yang dapat mereka banggakan.

Path terpuruk | Screenshot 2

Path bernasib sedikit lebih baik di iPhone. Meski urutannya di iTunes Store naik turun, paling tidak Path berada di jajaran 1.000 aplikasi paling populer di 15 negara.

Pengguna loyal tanpa kehadiran pengguna baru?

Daum Kakao mengelola Path lewat anak perusahaan mereka, dan saat ini mereka sedang mengembangkan fitur baru untuk aplikasi ini.

"Usaha-usaha [kami] dapat dilihat dalam beberapa pembaruan terkini aplikasi kami, seperti integrasi pesan instan, UX yang lebih baik untuk Android, streaming video, menandai teman untuk menambah keseruan percakapan, [dan] aplikasi yang lebih stabil," beber juru bicara Path kepada Tech in Asia.

Path didirikan di California oleh Dave Morin pada penghujung 2010 dan aplikasi ini mengundang antusiasme yang dianggap sebagai alternatif sederhana untuk Facebook. Dua tahun sejak saat itu, aplikasi ini sempat berjaya, sebelum akhirnya mereka memasuki masa-masa sulit.

Survei informal yang saya lakukan hari ini terhadap sepuluh pengguna Path di Indonesia mengonfirmasi sesuatu. Menurut mereka, pembaruan fitur teranyar sejak diambil alih Daum menjadikan aplikasi ini lebih baik.

Mereka telah menggunakan Path selama satu tahun, sebagian lainnya bahkan lebih lama lagi. Mereka mengaku membuka Path secara berkala, namun mereka cenderung lebih aktif di sosial media dan aplikasi pesan instan lain seperti WhatsApp, Facebook, dan LINE.

Belum pernah menggunakan Path? 6 fitur baru media sosial ini mungkin akan membuatmu tertarik mencobanya 

Jika Path gagal menjaring pengguna baru, khususnya di Android, tempat di mana platform ini menjadi yang paling dominan dan paling cepat pertumbuhannya di Asia Tenggara, bukan tak mungkin aplikasi ini akan semakin kehilangan pangsa pasar potensial mereka.

(Artikel ini pertama kali dipublikasikan dalam bahasa Inggris oleh Nadine Freischlad. Isi di dalamnya telah diterjemahkan dan dimodifikasi. Diedit oleh Fadly Yanuar Iriansyah; sumber gambar: Seika)

The post Setahun Pasca Akuisi oleh Daum Kakao, Path Semakin Kehilangan Popularitas appeared first on Tech in Asia Indonesia.

The Way Padukan Grafis Bergaya Klasik dan Kisah Romantis dalam Game Platformer

Posted: 01 Jun 2016 07:00 PM PDT

The Way adalah sebuah game platformer 2D yang akan membawamu mengikuti perjalanan seorang penjelajah luar angkasa dalam usahanya menghidupkan kembali sang kekasih tercinta. Game ini dikembangkan setelah kampanye penggalangan dana yang diselenggarakan oleh developer PlayWay di Kickstarter tahun 2014 silam berjalan sukses.

Playway terinspirasi oleh game platformer klasik seperti Another World, Heart of Darkness, dan Flashback. Tampilan platformer dalam The Way sedikit banyak juga mengingatkan saya akan Oxenfree. Dengan tema sains fiksi tentang perjuangan demi sang pasangan hati, tampaknya The Way bisa menjadi salah satu game adventure paling berkesan tahun ini.

The Way | Screenshot 1

Di dalam The Way, kamu akan menjelajahi beragam planet asing dengan puzzle yang kompleks di setiap tempat. Untuk menyelesaikannya, kamu akan dibekali artefak-artefak yang memungkinkan karakter utama melakukan teleportasi, telekinesis, hingga menggunakan tameng reflektif.

Petualangan lintas planet yang ia jalani mempertemukannya dengan tulisan-tulisan kuno berisi rahasia akan sebuah eksistensi kekal. Pengalaman tersebut berujung pada perjalanannya menemukan makna kehidupan yang sebenarnya.

The Way | Screenshot 2

Playway menjanjikan lama permainan sekitar sepuluh jam untuk menamatkan The Way. Dalam waktu sepanjang itu, kamu bisa menikmati sajian grafis retro yang cantik dari beragam planet fiktif yang akan memanjakan imajinasi kamu.

Meskipun mengalami penundaan hingga kurang lebih dua tahun, PlayWay pada akhirnya berhasil menghasilkan sebuah karya yang sangat menarik. Untuk kamu yang menyukai genre adventure, The Way mungkin bisa dipertimbangkan sebagai tambahan koleksi game adventure dalam PC kamu.

(Diedit oleh Iqbal Kurniawan)

The post The Way Padukan Grafis Bergaya Klasik dan Kisah Romantis dalam Game Platformer appeared first on Tech in Asia Indonesia.

No comments:

Post a Comment

Sponsor

Latest Game News

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sponsor

pasang iklan baris gratis