Ads

Monday, June 20, 2016

Game Di Indonesia

Game Di Indonesia


3 Strategi Startup Teknologi Menggaet Konsumen Selama Ramadan

Posted: 20 Jun 2016 06:51 AM PDT

Pada tanggal 16 Juni 2016 lalu, Tech in Asia bekerja sama dengan MSI, Logitech, Garena, Play Interactive, Sony Interactive Entertainment Singapore, dan Cynthia Catering, mengadakan acara talkshow dan kompetisi game bertajuk Tech in Asia Ramadan Gathering.

Diadakan di Freeware Spaces, Kemang, sesi pertama talkshow menghadirkan tiga tokoh dari perusahaan teknologi tanah air, yaitu Falah Fakhriyah (VP Hijabenka), Archie Wirija (Produser di Qur’an Indonesia Project), dan Fahri Amirullah (Digital Marketing Manager di Kitabisa). Dalam kesempatan tersebut, mereka bertiga berbagi strategi yang mereka lakukan dalam membuat program atau promo di bulan Ramadan.

Buat promo bernuansa Islami

13 E-commerce yang Menyajikan Produk dan Promo untuk Keperluan Ramadan | FeaturedDemi lebih mendekatkan diri dengan masyarakat, salah satu strategi yang biasa dijalankan perusahaan teknologi tanah air adalah dengan menghadirkan program bernuansa Islam. Itulah mengapa di bulan Ramadan tahun 2016 ini, situs crowdfunding Kitabisa menghadirkan sebuah portal pengumpulan zakat.

“Kami bekerja sama dengan beberapa lembaga amil zakat, seperti Dompet Dhuafa, Baznas, dan Rumah Zakat,” jelas Fahri.

Selain itu, Kitabisa juga mengajak para pengguna mereka untuk bersedekah di portal khusus lain yang mereka buat. Uang yang terkumpul dari sedekah tersebut akan diberikan sebagai Tunjangan Hari Raya (THR) kepada pihak yang membutuhkan.

Hal yang sama pun dilakukan Qur’an Indonesia Project, sebuah proyek pembuatan rekaman Alquran yang bisa diunduh secara gratis. Mereka mengajak masyarakat Indonesia untuk berbagi foto di dengan caption ayat Alquran di Instagram, lewat kampanye yang bernama #SebarkanWalau1Ayat.

“Pengguna yang fotonya terpilih akan mendapat CD Audio dari Qur’an Indonesia Project,” jelas Archie.

Sedikit berbeda dengan Fahri dan Archie, Falah justru mengakui kalau Hijabenka tidak menyajikan sesuatu yang benar-benar berbeda di bulan Ramadan. “Kami hanya menghadirkan beberapa promo yang kebetulan waktunya bertepatan dengan bulan Ramadan, seperti Jakarta Great Online Sale,” ujar Falah.

Simak ulasan tentang beberapa e-commerce di Indonesia yang memberikan promo khusus di bulan Ramadan di sini

Menurut Falah, Hijabenka telah mempunyai strategi yang berjalan sepanjang tahun, tidak khusus di bulan Ramadan saja. “Namun ketika kebetulan kami berulang tahun di awal Juni 2016 kemarin contohnya, kami pun membuat program bernuansa Islam, yaitu undian berhadiah umroh,” jelas Falah.

Prime time” di waktu makan siang

TIA Ramadan Gatherin Talk Show | Photo 1

Kiri ke kanan: Archie Wirija (Produser Qur’an Indonesia Project), dan Fahri Amirullah (Digital Marketing Manager Kitabisa)

Google pernah merilis sebuah riset yang menyatakan kalau selama bulan Ramadan akan ada peningkatan aktivitas masyarakat Indonesia di dunia maya pada waktu makan siang di bulan Ramadan. Hal ini ternyata sesuai dengan pengalaman ketiga narasumber tersebut.

“Ada lonjakan pembelian produk di Hijabenka sekitar pukul 10.00 hingga 15.00,” ujar Falah. Fahri dan Archie pun mengatakan kalau mereka banyak mendapat donasi dan like di media sosial saat waktu makan siang.

Harus sesuai dengan misi

Quran Indonesia Project Selebriti | Ilustrasi

Khusus untuk Qur’an Indonesia Project, Archie mengatakan kalau proyek ini bisa cukup efektif mengundang banyak unduhan setelah ia bekerja sama dengan para tokoh terkenal untuk ikut merekam bacaan Alquran. Tak tanggung-tanggung, Archie pun menggandeng selebriti terkenal, seperti Dian Sastrowardoyo, Raisa, Melly Goeslaw, Rossa, dan Irwansyah.

“Dengan begitu, saya jadi tidak perlu bersusah payah mengajak orang untuk mengunduh rekaman lantunan Alquran yang kami sediakan,” jelas Archie.

Bukalapak berhasil membuat iklan yang sangat populer di YouTube meskipun tidak merekrut selebriti. Simak ulasannya di sini

Sebaliknya, Falah menjelaskan kalau Hijabenka justru menghindari penggunaan selebriti dalam setiap promo yang mereka buat. Bukan karena promo seperti itu kurang efektif, tapi karena target Hijabenka memang tidak menyasar kalangan atas.

“Kami lebih mencari tokoh-tokoh yang down to earth untuk mempromosikan produk kami,” ujar Falah.

Oleh karena itu, Falah menyarankan para startup untuk tidak “latah” menggandeng selebriti, apalagi jika target produk yang mereka punya adalah pasar dari kalangan menengah ke bawah.


Dari strategi-strategi yang dijelaskan di atas, bisa diambil kesimpulan kalau setiap jenis startup atau perusahaan teknologi punya cara yang berbeda-beda untuk menggaet pelanggan. Namun selama bulan Ramadan, mereka sama-sama harus menyesuaikan strategi mereka, seiring dengan perubahan kebiasaan masyarakat Indonesia di bulan suci ini.

(Diedit oleh Fadly Yanuar Iriansyah; sumber gambar: Telko.id)

The post 3 Strategi Startup Teknologi Menggaet Konsumen Selama Ramadan appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Rangkuman Berita Game Hari Ini – 20 Juni 2016

Posted: 20 Jun 2016 05:30 AM PDT

Intip tampilan grafis Tekken 7 versi PC lewat video dari Maximilian

Ayyub Mustofa – Maximilian yang merupakan YouTuber sekaligus aktivis komunitas game fighting terkenal baru-baru ini mengunggah video yang menunjukkan gameplay Tekken 7 versi PC. Dapat kita lihat aksi Akuma yang bisa melompat tinggi layaknya Street Fighter, serta tampilan grafis versi PC yang indah. Perhatikan juga salah satu fitur baru Tekken 7 yaitu cuaca yang bisa berubah di tengah pertarungan.


Warcraft adalah film berbasis video game tersukses sepanjang sejarah

Warcraft | Screenshot 1

Ayyub Mustofa – Walau film Warcraft mungkin tidak sebagus yang diharapkan para fan, rupanya penjualan tiket film tersebut di seluruh dunia sangatlah sukses. Sejauh ini Warcraft telah meraih pendapatan hingga US$377,6 juta (sekitar Rp5 triliun), menjadikannya film berbasis video game tersukses sepanjang masa mengalahkan Prince of Persia.

Menariknya, popularitas Warcraft ternyata paling tinggi justru di negara Cina. Lebih dari US$200 juta (sekitar Rp2,65 triliun) hasil penjualan tiket datang dari negeri tirai bambu tersebut.

Review Film Warcraft – Bukti bahwa Kualitas Grafis Bukanlah Segalanya

Sumber: Box Office Mojo via Destructoid


Sebuah mod untuk Street Fighter V ganti tampilan Cammy dengan Tracer dari Overwatch

Iqbal Kurniawan – Seorang modder bernama THE JAMK mengganti tampilan Cammy dalam Street Fighter V dengan Tracer dari game Overwatch. Walau tampilan Tracer yang ia buat cukup meyakinkan, namun tetap saja ia memiliki suara maupun gerakan dari Cammy. Kamu bisa mengunduh mod untuk Street Fighter V versi PC tersebut lewat akun Devian Art milik THE JAMK di sini.

Review Street Fighter V – Kering Konten


Gamer Jepang rela mengantre sejak dini hari demi memesan PlayStation VR

PlayStation VR Queue Japan | Photo

(Sumber foto: ASCII)

Iqbal Kurniawan – Antusiasme gamer di Jepang untuk memiliki PlayStation VR ternyata cukup tinggi. Walau baru akan dirilis bulan Oktober mendatang, perangkat VR buatan Sony tersebut sudah bisa dipesan dalam jumlah terbatas mulai Sabtu lalu lewat beberapa toko elektronik di Jepang. Para gamer yang berminat langsung mengantre sejak dini hari demi melakukan pre-order dan memperoleh kepastian mendapatkan perangkat tersebut saat dirilis nanti.

Sumber: Kotaku


Simak reaksi muda-mudi ini ketika melihat aksi brutal si penyihir Bayonetta dalam Teens React: Gaming

Risky Maulana – Dalam episode terbaru Teens React: Gaming minggu ini  tim React mengundang sedikitnya lima pemuda-pemudi Amerika untuk menjajal gilanya permainan Bayonetta 2 yang dimainkan lewat console Wii U. Sesuai ekspektasi saya, para gamer muda tersebut mengungkapkan reaksi yang beragam ketika melihat sang penyihir Bayonetta mengubah seluruh helai rambutnya menjadi pakaian tempur penyihir lengkap dengan sepatu pistol miliknya.

Preview Bayonetta 2 – Seru Dan Meledak-ledak Seperti Seri Sebelumnya


Rockstar sedang memberikan potongan harga untuk semua game Grand Theft Auto di Android

GTA Classic cover game Screenshot

Risky Maulana – Belum pernah membeli game Grand Theft Auto satu pun di Android? Jika belum, minggu ini adalah momen yang tepat bagimu untuk memborong seluruh seri game GTA di Play Store, karena kini Rockstar sedang memberikan potongan harga sebesar empat puluh persen. Tak hanya empat Grand Theft Auto saja, kamu juga bisa membeli game Max Payne dengan potongan harga yang sama jadi manfaatkan momen diskon Rockstar ini sebaik-baiknya.

(Diedit oleh Mohammad Fahmi)

The post Rangkuman Berita Game Hari Ini – 20 Juni 2016 appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Kemkominfo dan AGI Bicara Soal Rating Game di Tech in Asia Ramadan Gathering

Posted: 20 Jun 2016 05:00 AM PDT

Tech in Asia Ramadan Gathering telah berlangsung meriah hari Kamis (16 Juni 2016) kemarin di Freeware Space Kemang. Acara ini meliputi berbagai kegiatan menarik, seperti kompetisi game, talk show, serta tentu saja buka puasa bersama. Tech in Asia mendapat dukungan dari berbagai pihak dalam penyelenggaraan acara ini, antara lain MSI, Logitech, Garena Indonesia, Play Interactive, Sony Interactive Entertainment Singapore, dan Cynthia Catering.

Salah satu agenda utama acara tersebut adalah talk show dengan tema bahasan seputar rating game di Indonesia. Sesi talk show dihadiri oleh dua narasumber, yaitu Luat Sihombing dari Kemkominfo serta Robi Baskoro selaku perwakilan Asosiasi Game Indonesia (AGI). Kesempatan ini dimanfaatkan Tech in Asia maupun para pengunjung untuk menyampaikan berbagai pertanyaan pada kedua narasumber.

Mengingat Indonesia Game Rating System (IGRS) akan diluncurkan sebentar lagi, banyak hal seputar IGRS yang perlu sosialisasi maupun klarifikasi. Apa saja topik yang dibahas? Simak laporannya di bawah.

TIA Ramadan Gathering | Photo 1


Mengapa kita butuh IGRS?

Sistem rating adalah hal yang tidak bisa lepas dari industri game. Seiring membesarnya industri dan meningkatnya jumlah konsumen, game perlu klasifikasi supaya konsumen bisa memilih sendiri game yang cocok untuk dimainkan. Hal ini juga untuk menghindari kontroversi seperti isu “game berbahaya” yang sempat beberapa kali ramai sejak tahun 2014.

Meski sudah banyak lembaga rating game seperti ESRB dan CERO, Indonesia tetap butuh lembaga sendiri. Pertimbangannya adalah adanya perbedaan budaya maupun undang-undang, termasuk norma-norma dan usia cakap hukum. IGRS juga sedikit berbeda dengan lembaga rating luar negeri. Di luar negeri umumnya lembaga-lembaga tersebut independen, sementara IGRS masih ada di bawah naungan pemerintah.

Dengan adanya IGRS, harapannya game bisa lebih populer dan lebih diterima oleh masyarakat Indonesia nantinya. IGRS juga akan membantu para developer lokal yang ingin memasarkan produk di marketplace luar negeri. Daripada repot mengurus rating ke lembaga asing, mereka bisa mengajukan rating IGRS sebagai salah satu acuan yang sah.

Tech in Asia Ramadan Gathering | Photo 2

Implementasi IGRS – sistem online dan self-assessment

IGRS akan diimplementasikan dengan dua prinsip utama, yaitu sistem berbasis online dan self-assessment atau self-rating. Pemerintah menyediakan sebuah situs web yang bisa diakses oleh para developer, kemudian developer mengajukan rating untuk game mereka berdasarkan kriteria-kriteria tertentu.

Sistem seperti ini memang memungkinkan adanya developer yang berbohong dan mengajukan game dengan rating tidak semestinya. Namun Luat mengatakan bahwa pemerintah percaya developer maupun penerbit lokal tidak akan sengaja memasarkan game yang melanggar ketentuan di Indonesia. Apabila ditemukan adanya penyalahgunaan sistem, pihak developer/penerbit bisa dituntut sesuai undang-undang yang berlaku.

Masa iya sih ada publisher lokal yang bawa itu (game yang melanggar ketentuan) ke Indonesia? Dia tidak akan ambil risiko itu untuk bisnis dia. Itu sama saja dia membunuh bisnisnya sendiri.

Meski proses utamanya dilakukan secara online, IGRS tetap memiliki komite beranggotakan para ahli dari berbagai pihak, seperti pemerintah, psikolog, dan pelaku industri. Komite ini berfungsi sebagai mediator apabila terjadi perbedaan pendapat dalam rating sebuah game. Pada prosesnya komite tidak akan memainkan semua game sampai selesai, tapi mereka bisa meminta screenshot dan video dari developer yang mewakili konten game keseluruhan.

Tech in Asia Ramadan Gathering | Photo 3

Edukasi sebagai misi

Luat menekankan bahwa pada akhirnya, tujuan utama yang ingin dicapai oleh pemerintah adalah edukasi. Salah satu usaha mencapai tujuan tersebut adalah dipilihnya penerapan sistem reward ketimbang punishment dalam IGRS. Para developer yang produknya sudah dilengkapi rating akan dibantu dalam hal promosi, terutama di pasar lokal.

Dengan bantuan promosi serta endorsement tersebut, masyarakat jadi lebih tahu game seperti apa yang direkomendasikan untuk kalangan umur tertentu. Game yang punya konten tidak sesuai dengan ketentuan Indonesia (misalnya UU pornografi) memang tidak akan serta-merta diblokir. Namun masyarakat bisa menilai sendiri bahwa game tanpa rating IGRS artinya patut dihindari karena sebab tertentu.

Intinya saya tidak terlalu mau mengurus yang namanya pemblokiran. Lebih baik masyarakatnya yang diedukasi, masyarakatnya lebih cerdas memilih produk, itu lebih aman.

Sistem reward seperti ini juga bermanfaat bagi developer atau penerbit game. Sebagaimana diutarakan Robi Baskoro, IGRS membuat para pelaku industri lebih tenang berbisnis. Isu-isu miring seputar game bisa dihindarkan sebab pemerintah dan industri sudah memfasilitasi dengan batasan rating yang jelas. Jadi bila masih ada anak yang main game tidak sesuai rating umurnya, itu sudah tanggung jawab orang tua dan masyarakat.

Tech in Asia Ramadan Gathering | Photo 4

Menjadikan game lokal raja di negeri sendiri

Robi juga berkata bahwa kemungkinan dampak adanya IGRS tidak akan bisa dirasakan secara instan. Bukan berarti apabila game diberi rating lantas tiba-tiba penghasilan developer akan langsung naik. Paling-paling dampak instan yang muncul sebatas kemudahan mengajukan game ke marketplace karena tidak perlu mengurus rating ESRB.

Dampak IGRS baru akan terasa dalam jangka panjang, apabila semua pihak mau turut berpartisipasi dalam usaha memajukan industri game dalam negeri. IGRS hanyalah satu kepingan dari puzzle yang sangat besar. Butuh peran aktif dari developer, media, pemerintah, maupun orang tua dan masyarakat luas untuk menyelesaikan puzzle tersebut.

Saat ini kondisi industri hiburan digital di Indonesia sedang ada di momen yang tepat untuk bangkit. Bangkit di sini dalam artian merebut kembali pasar Indonesia yang selama ini dikuasai developer asing. Isu game berbahaya beberapa waktu lalu menunjukkan bahwa rupanya banyak pihak yang "mau mengurusi" industri game dalam negeri, meskipun mungkin masing-masing pihak punya agenda sendiri.

Tahu Bulat | Featured

Developer-developer lokal juga sudah bisa menunjukkan bahwa game mereka bisa bersaing dengan game luar negeri. Salah satu contohnya Tahu Bulat yang baru-baru ini sukses merajai Google Play Store, mengalahkan nama-nama besar seperti Clash of Clans dan Clash Royale. Para developer dalam negeri juga punya rasa kekeluargaan yang kuat dan sering menjalin kolaborasi, seperti Koalisi Kemakmuran yang digagas oleh Toge Productions.

Ini mungkin keuntungan negara atau komunitas developer yang masih kecil, kita itu kayak nggak ada musuh antara pelaku-pelaku. Musuhan buat apa? Kalau kamu sukses bukan berarti aku jadi nggak sukses. Nggak ada hubungannya, karena memang market-nya begitu besar.

Situasi yang aktif dan kondusif ini harus dimanfaatkan untuk lebih memperkuat lagi perkembangan industri dalam negeri. Salah satu langkah mewujudkannya adalah IGRS yang akan diluncurkan akhir Juni nanti. Ke depannya diharapkan industri game kita terus tumbuh, punya produk-produk berkualitas, dan bisa membuat game karya developer lokal kita jadi raja di negeri sendiri.

(Diedit oleh Mohammad Fahmi dan Iqbal Kurniawan)

The post Kemkominfo dan AGI Bicara Soal Rating Game di Tech in Asia Ramadan Gathering appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Pelaku E-Commerce di Asia Tenggara Bersiaplah, Persaingan Akan Semakin Panas

Posted: 20 Jun 2016 04:00 AM PDT

Tanpa diduga, sektor pembayaran online di Asia Tenggara menjadi semakin menarik. Bloomberg melaporkan bahwa Ant Financial, anak perusahaan Alibaba (dulu dikenal sebagai Alipay), berencana memboyong 20 persen saham milik perusahaan pembayaran asal Thailand.

Perusahaan keuangan milik Alibaba Group Holding Ltd. berencana mengakuisisi 20 persen saham milik perusahaan asal Thailand, Ascend Money, untuk mendorong usaha mereka menjadi penyedia layanan keuangan yang terdepan di Asia Tenggara.

Investasi yang ditanam di Ascend Money, perusahaan yang juga membawahi True Money dan Ascend Nano, dapat memuluskan jalan Ant Financial dalam melebarkan bisnis pembayaran online dan pinjaman UKM di Asia Tenggara. Perusahaan yang ditaksir memiliki nilai valuasi sekitar US$60 miliar (± Rp800 triliun) ini ingin memenuhi ambisi Jack Ma untuk berekspansi ke wilayah global, sebab mereka juga berniat merambah ke negara-negara seperti Korea Selatan dan India.

Berita ini berkembang sesaat setelah tersiar kabar bahwa Facebook tengah menguji coba sebuah fitur yang memungkinkan penggunanya untuk membayar produk di halaman Facebook. Uji coba ini menggunakan teknologi milik startup fintech, 2C2P. Meskipun baru diuji coba di Thailand, namun Facebook dilaporkan telah memiliki rencana untuk memperluas cakupan uji coba tersebut ke negara Asia Tenggara lainnya.

Berita penting lainnya yang datang dari negeri berjuluk "Land of Smile" ini adalah peluncuran LINE MAN, layanan pesan antar e-commerce milik LINE, aplikasi pesan instan yang memang populer di negara tersebut.

Alibaba invasi asia tenggara | Screenshot 1

LINE MA saat ini hanya tersedia di Bangkok. Negara ini menjadi prioritas sebab Thailand merupakan pasar utama mereka, ucap jubir perusahaan tersebut.

Ada dua alasan yang menjadikan kedua langkah ini begitu penting.

Pertama, langkah ini menunjukkan bahwa posisi Thailand sebagai pasar e-commerce tak bisa dipandang sebelah mata.

Indonesia adalah pemimpin de facto di Asia Tenggara dalam urusan belanja online. Ini bisa dilihat dengan kehadiran bermacam pemain e-commerce berskala besar maupun kecil, seperti Rocket Internet dan Tokopedia, yang bersaing meraup keuntungan dari masifnya populasi negara kepulauan ini.

Namun, kabar investasi terbaru yang melibatkan perusahaan-perusahaan teknologi adidaya tersebut mengingatkan pada dunia bahwa Thailand juga punya potensi yang tak kalah besarnya. Facebook memilih Thailand sebagai negara uji coba pertamanya karena, menurut TechCrunch, negara ini merupakan "pasar e-commerce media sosial yang besar."

Alibaba siap merajai e-commerce Asia Tenggara

Kedua, kabar yang berkembang di sektor pembayaran ini dapat menjadi sinyalemen bahwa akan ada lonjakan pertumbuhan lainnya di e-commerce Asia Tenggara. Gelombang pertumbuhan terakhir disebabkan oleh gelontoran investasi besar-besaran dari Rocket Internet kepada situs e-commerce, seperti Lazada dan Zalora, yang bermula pada tahun 2012.

Alibaba invasi asia tenggara | Screenshot 2

Kondisi keuangan Zalora

Namun, tahun lalu, kedua situs tersebut ternyata harus jungkir balik untuk kembali menjadi perusahaan yang menguntungkan. Memang, pendapatan keduanya meningkat, namun tidak bisa dibilang sustainable. Baik Lazada maupun Zalora sama-sama kehabisan uang.

Hal ini memperjelas bahwa Asia Tenggara belum siap untuk model e-commerce dengan infrastruktur berskala besar. Kondisi keuangan layanan pesan antar belanjaan asal Singapura, Redmart, semakin tak sehat. Dan model e-commerce dengan infrastruktur berskala kecil seperti Carousel, Shopee, dan Honestbee kini sedang populer.

Di sisi lain, lanskap bisnis pembayaran di Asia Tenggara masih terfragmentasi. E-commerce logistik memang masih baru, namun tampaknya sektor ini akan berkembang pesat dengan kemunculan aCommerce, SingPost, NinjaVan (yang berhasil mendapatkan US$30 juta (sekitar Rp400 miliar) dalam putaran pendanaan Seri-B), serta Anchanto.

Mungkinkah Alibaba merupakan kepingan teka-teki e-commerce Asia Tenggara yang hilang?

Lazada juga ikut berinvestasi di sektor logistik, namun situasi keuangan mereka tidak lagi cukup untuk membiayai operasional ke depannya.

Lalu hadir Alibaba. Raksasa e-commerce ini tiba-tiba membeli saham mayoritas Lazada. Proses tersebut berhasil menyelamatkan Lazada dari nasib seperti Ensogo, yang terpaksa merumahkan setengah karyawannya tahun ini akibat krisis keuangan.

Karena kedatangan mereka relatif terlambat (dan kita tahu bahwa first mover tak selamanya menang), raksasa e-commerce Cina ini dapat memanfaatkan keuntungan dari gelombang investasi dan talenta yang sudah duluan memasuki Asia Tenggara.

Alibaba bisa berdiri di atas infrastruktur e-commerce yang sudah ada, memperbaiki bagian-bagian tersebut, dan mengerahkan usaha terakhir yang diperlukan industri ini untuk melahirkan periode menuju  finansial berkelanjutan yang sehat.

Dengan keahlian yang mereka miliki di industri logistik, pembayaran, marketplace, serta pertumbuhan ekonomi yang masif dan tebalnya kantong perusahaan mereka, Alibaba merupakan bagian yang hilang dari teka-teki industri ini.

Amazon siap menginvasi e-commerce Indonesia! Simak laporan lengkapnya di sini.

Sementara itu, Amazon diam-diam sedang merencanakan sesuatu yang besar. Raksasa e-commerce dari negeri Paman Sam ini dikabarkan mengucurkan pendanaan sebesar US$600 juta (± Rp8 triliun) ke Indonesia!

(Artikel ini pertama kali dipublikasikan dalam bahasa Inggris oleh Terence Lee. Isi di dalamnya telah diterjemahkan dan dimodifikasi. Diedit oleh Fadly Yanuar Iriansyah). Sumber gambar: VG Photo Studio.

The post Pelaku E-Commerce di Asia Tenggara Bersiaplah, Persaingan Akan Semakin Panas appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Sebelum Mudik, Cari Lokasi Bengkel Motor dan Mobil Melalui Aplikasi Obeng

Posted: 20 Jun 2016 03:00 AM PDT

Menjelang Idul Fitri, sebagian masyarakat melakukan perawatan kendaraannya untuk persiapan mudik ke kampung halaman. Namun dengan banyaknya pilihan bengkel motor dan mobil yang ada, tidak mudah untuk mengetahui mana yang sesuai dengan kendaraan yang dimiliki.

Hal inilah yang mendasari Paulus Chandra bersama dengan beberapa temannya untuk membangun aplikasi Obeng. Aplikasi Obeng, yang merupakan singkatan dari online bengkel, memiliki layanan direktori bengkel motor dan mobil yang berada di seluruh Indonesia.

Aplikasi ini pertama kali diluncurkan pada Desember 2015 pada platform Android. Menurut Paulus, alasan pemilihan platform ini karena mayoritas tim memiliki background pengetahuan di Google. Lalu pengembangan aplikasi iOS terkendala dengan beberapa hal, seperti lisensi dan rumitnya membangun aplikasi di platform tersebut.

Akhirnya pada awal Juni 2016, aplikasi Obeng meluncur resmi di iOS. Sejak diluncurkan, data dari AppAnnie mengungkapkan kalau Obeng telah mendapat lebih dari 5.000 unduhan di platform Android dan iOS.

Fokus penetrasi pasar ketimbang monetisasi

Aplikasi Obeng | Screenshot

Aplikasi Obeng berada di bawah lisensi dari PT. Satu Lingkaran Teknologi. Oleh karena itu, Paulus menambahkan bahwa dana operasional Obeng didapat dari cabang usaha lainnya dari perusahaan. Tim Obeng sendiri saat ini berjumlah lebih dari 20 orang, dan semuanya berlokasi di Jakarta. Ia lebih lanjut berujar bahwa:

Dari awal pengembangan aplikasi, semuanya dilakukan secara bootstrap dari co-founder lainnya. Selain itu, perusahaan memiliki beberapa cabang usaha. Uang yang dihasilkan digulirkan secara subsidi silang untuk aplikasi Obeng.

Sayangnya, Paulus enggan membeberkan besarnya nilai untuk membangun aplikasi ini. Ia hanya berujar bahwa nilai yang digunakan untuk Obeng masih relatif kecil.

Terkait dengan monetisasi, Obeng belum fokus menambah pundi-pundi keuntungan, melainkan fokus terlebih dahulu untuk menambah direktori informasi bengkel yang dimiliki. “Sudah tersedia lebih dari 3.000 bengkel yang mendaftarkan dirinya ke aplikasi Obeng. Kebanyakan dari angka tersebut mendapat informasi dari lingkungan pertemanan saja,” kata Paulus.

Daerah yang tercakup dalam direktori tersebut mencakup Aceh hingga Papua. Namun, Paulus menambahkan, mayoritas bengkel masih berada di daerah Jakarta dan sekitarnya.

Ingin jadikan Obeng sebagai media sosial bagi komunitas

Saat disinggung rencana mendatang, Paulus menerangkan bahwa ke depannya Obeng akan dibuat lebih ke arah media sosial. Tujuan aplikasinya tetap sama, yaitu memudahkan pengguna menemukan bengkel terdekatnya.

“Tim ingin membuat Obeng layaknya media sosial Path, yang lengkap dengan integrasi langsung ke lokasi bengkel yang dituju,” ujar Paulus.

Ia juga menerangkan bahwa jalur monetisasi akan dimulai dari langkah tersebut. Menurutnya, para bengkel nantinya bisa melakukan promosi untuk layanan yang diberikan kepada pelanggan.

Ada berbagai jasa yang dapat kamu pesan langsung dari smartphone. Temukan penyedia layanan on-demand lainnya di sini!

Lalu saat disinggung akan kompetisi di ranah ini, Paulus menyatakan bahwa kebanyakan layanan yang ada saat ini mengambil komisi dari bengkel yang bekerja sama untuk mendatangkan pelanggan. Sedangkan Obeng sejauh ini tidak menerapkan komisi untuk bengkel yang bergabung dengan aplikasinya.

Selain Obeng, aplikasi lain yang menyediakan informasi bengkel masih didominasi oleh layanan jasa on-demand perbaikan kendaraan yang datang ke rumah pelanggan, seperti Seekmi dan Beres.

App Info
Obeng (Beta)
PT. Satu Lingkaran Teknologi -  Jun 16, 2016
Genre:  Social
Size:   4.5M
Installs:   1,000 - 5,000
Gratis
Download

(Diedit oleh Fadly Yanuar Iriansyah)

The post Sebelum Mudik, Cari Lokasi Bengkel Motor dan Mobil Melalui Aplikasi Obeng appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Review Mivo Muslim – Alternatif Layanan Streaming Video untuk Umat Islam

Posted: 20 Jun 2016 02:00 AM PDT

Bertepatan dengan momen Ramadan, sejumlah penyedia layanan digital menyediakan layanan baru.  Salah satunya adalah Mivo Muslim besutan penyedia layanan televisi streaming Mivo yang resmi hadir pada 1 Juni 2016.

Mivo Muslim saat ini baru diluncurkan untuk platform Android. Data dari AppAnnie menyebut bahwa jumlah unduhan yang dicapai baru sekitar 500 kali sejak pertama kali diluncurkan.

Yuliana Chusna, Marketing Manager Mivo mengatakan bahwa meski diluncurkan bertepatan dengan bulan puasa, nantinya aplikasi ini tetap bisa digunakan di waktu mendatang lepas Ramadan. “Update video berkala akan tetap diberikan pada aplikasi Mivo Muslim, karena memang aplikasi ini menjadi saluran Islami dari tayangan yang diberikan Mivo.”

Bukan hanya dakwah dan kultum Islami

Aplikasi Mivo Muslim | Screenshot 1

Untuk menikmati layanan Mivo Muslim, pengguna diharuskan login melalui akun Facebook yang dimiliki. Selanjutnya terlihat lima kategori utama konten yang bisa dinikmati pengguna, yakni Top, Ngabuburit, Dakwah, Lagu dan Live.

Pada laman Top, disediakan 20 video yang paling banyak disaksikan pengguna. Laman ini mencakup lagu Islami, berita populer, dan kultum dari beberapa tokoh agama.

Selanjutnya di laman Ngabuburit, pengguna diberikan konten ringan dengan pilihan berbagai resep masakan untuk sahur dan berbuka puasa, video tips dan mitos seputar berpuasa, serta cerita unik yang terjadi di bulan Ramadan.

Sedangkan pada laman Dakwah, pengguna diberikan berbagai pilihan video ceramah dari berbagai tokoh. Tokoh-tokoh Islami yang ditampilkan dalam laman ini berasal dari dalam dan luar negeri. Cuplikan video disusun berdasarkan waktu terbaru hingga empat minggu ke belakang.

Saksikan juga pilihan kajian seputar Islam lainnya dalam kumpulan channel dari YouTube berikut

Kamu juga bisa menikmati berbagai hiburan Islami pada laman Lagu. Sesuai dengan namanya, laman ini dipenuhi dengan lagu-lagu Islami dari penyanyi di Indonesia dan beberapa nama dari luar negeri. Tersedia sekitar 40 pilihan lagu dalam laman ini.

Dan yang terakhir adalah Live. Di laman ini, Mivo Muslim bekerja sama dengan tiga nama penyedia konten siaran dakwah, yakni YM TV yang menayangkan konten seputar Ramadan di luar negeri, Aswaja TV dengan konten dari Nahdhatul Ulama (NU), dan Nabawi TV yang menayangkan seputar ajaran dari Rasulullah SAW, seperti tausiah harian, tanya jawab dengan Ustaz, dan ragam kuliner halal di berbagai dunia.

Pihak Mivo melalui siaran pers yang diterima Tech in Asia mengatakan bahwa setiap harinya akan terdapat 10 video baru dalam aplikasi Mivo Muslim, sehingga keberagaman konten dapat terus dinikmati pengguna.

Video dapat disaksikan secara offline

Sebagai penyedia konten televisi streaming sejak 2009, Mivo memiliki fitur untuk mengakses dan menyimpan berbagai tayangan dari dalam negeri. Pun demikian halnya dalam aplikasi Mivo Muslim, semua tayangan kebanyakan berasal dari tayangan televisi lokal di tanah air.

Aplikasi Mivo Muslim | Screenshot 2

Sayangnya untuk menikmati tayangan di aplikasi Mivo Muslim, pengguna harus menyaksikan sisipan iklan sebelum video mulai ditayangkan. Sistem yang sama diberlakukan oleh YouTube di beberapa video.

Pilihan lain yang bisa dinikmati pengguna adalah fitur Offline. Pengguna bisa menonton video yang disaksikan tanpa menggunakan kuota data. Untuk mengaktifkannya, cukup dengan menyalakan opsi Tersedia Offline pada laman utama aplikasi.

Kemudian pada video yang sedang disaksikan, pengguna bisa membagikannya ke akun Facebook. Pengguna juga dapat memberi komentar di tiap video.

Secara keseluruhan, aplikasi Mivo Muslim mirip dengan YouTube dengan saringan konten islami. Perpaduan ragam konten berat dan ringan juga bisa menjadi alternatif untuk kamu yang mencari tontonan selama Ramadan.

App Info
Mivo Muslim
Mivo -  Jun 17, 2016
Genre:  Media & Video
Size:   9.4M
Installs:   100 - 500
Gratis
Download

(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto; Sumber gambar: Mimic Learning Centre)

The post Review Mivo Muslim – Alternatif Layanan Streaming Video untuk Umat Islam appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Akankah Kehadiran Amazon Mengubah Peta Persaingan E-Commerce di Indonesia?

Posted: 20 Jun 2016 01:05 AM PDT

Pada awal April 2016, raksasa e-commerce asal Cina, Alibaba, akhirnya berhasil masuk ke Indonesia dengan mengakuisisi Lazada. Kali ini giliran e-commerce besar asal Amerika Serikat, Amazon, yang tengah bersiap masuk ke tanah air. Ini artinya babak baru ranah e-commerce tanah air akan dimulai.

Informasi ini diungkapkan oleh Daniel Tumiwa, Ketua Umum Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA), kepada Kontan pada tanggal 16 Juni 2016 yang lalu. “Amazon sudah mengumumkan akan membuka e-commerce di Indonesia. Mereka akan menghabiskan investasi US$600 juta (sekitar Rp7,9 triliun) untuk tahun pertamanya di sini. Hanya saja belum diketahui kapan persisnya Amazon akan mulai beroperasi,” ujar Daniel.

Bukan sebuah isu yang baru

Patrick-Walujo-David-Audy-Martin-Hartono | Foto

Kiri ke kanan: Patrick Walujo (Northstar Group), Martin Hartono (GDP Ventures), David Audy (MNC Group)

Rencana kehadiran Amazon di Indonesia sebenarnya bukan kali ini saja terdengar. Pada akhir Mei 2016, Patrick Walujo, Co-Founder dari NSI Ventures yang merupakan investor dari GO-JEK, juga pernah menyiratkan tentang kehadiran Amazon di tanah air. “Semua orang tahu kalau Amazon akan hadir di Indonesia,” tutur Patrick pada saat itu.

Potensi bisnis yang besar di Indonesia, diyakini sebagai alasan mengapa Amazon dan e-commerce besar lainnya berbondong-bondong hadir di tanah air. Pada tahun 2020, bisnis e-commerce Indonesia diramalkan akan bernilai sekitar US$130 miliar (sekitar Rp1.724 triliun).

Sejauh ini, hampir semua e-commerce dunia telah menjejakkan kakinya di Indonesia. JD sudah meluncurkan situs resminya di Indonesia, dan eBay pun telah menggandeng Telkom untuk membuat e-commerce bernama blanja.

Menarik untuk ditunggu apakah Amazon akan hadir di Indonesia dengan mengakuisisi e-commerce lain seperti Alibaba, menjalin kerja sama dengan perusahaan lokal seperti eBay, atau meluncurkan brand mereka sendiri seperti JD.

Bagaimana nasib e-commerce lokal?

John Riady

John Riady, Direktur Lippo Group

Apabila benar Amazon akan menggelontorkan dana US$600 juta untuk memulai bisnis di Indonesia, maka praktis mereka akan langsung mengungguli e-commerce asal tanah air dalam hal pendanaan. Investasi terbesar yang diumumkan untuk e-commerce lokal sejauh ini masih dipegang oleh MatahariMall yang mendapat modal sebesar US$500 juta (sekitar Rp6,6 triliun) dari Lippo Group.

Berbeda dengan e-commerce tanah air yang kebanyakan memulai semuanya dari awal, Amazon telah mempunyai sistem yang terbukti berhasil di Amerika Serikat. Mereka juga sukses mengalahkan Flipkart dan Snapdeal di India. Dana besar yang mereka miliki praktis akan digunakan secara maksimal untuk membangun infrastruktur atau melakukan promosi besar-besaran yang bisa menghantam para pemain lokal.

Simak ulasan tentang konglomerat-konglomerat Indonesia yang merambah bisnis e-commerce di sini

Menarik untuk ditunggu bagaimana e-commerce lokal seperti MatahariMall, Tokopedia, Bukalapak, Bhinneka, dan Blibli, bereaksi terhadap hal ini. Daniel sendiri menyatakan kalau e-commerce asal tanah air pasti akan merasa kesulitan dengan kehadiran Amazon. “Dia sudah gede banget, punya semuanya,” ujar Daniel.

(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto; Sumber gambar: Public Broadcasting)

The post Akankah Kehadiran Amazon Mengubah Peta Persaingan E-Commerce di Indonesia? appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Cara Dapatkan Promosi Terbaik Saat Steam Summer Sale

Posted: 20 Jun 2016 12:37 AM PDT

Beberapa hari belakangan ini, isu seputar tanggal pelaksanaan Steam Summer Sale sedang ramai diperbincangkan di berbagai media. Beberapa berita tersebut rata-rata mencantumkan sumber dari bocoran Twitter Paypal dan ada juga yang merupakan prediksi dari situs When is the Steam Sale.

Keduanya sama-sama menunjukkan tanggal 23 atau 24 Juni sebagai tanggal dimulainya Steam Summer Sale. Jadi, minggu ini kita perlu mempersiapkan diri dan dompet tebal untuk memperoleh promosi diskon terbaik di Steam.

Dalam rangka menunggu promosi Steam Summer Sale yang akan dimulai sebentar lagi, berikut saya berikan beberapa cara untuk memaksimalkan efisiensi belanja game kamu dalam waktu dekat.


Rencanakan pembelanjaan dengan referensi game alternatif dari genre yang disukai

Steam Summer Sale | Ilustration 1

Tip ini sebagai jaga-jaga andai game yang kamu harapkan tidak kunjung mendapatkan diskon (sumber gambar: player2pressstart)

Tip berikut mungkin bukanlah sebuah rahasia publik, karena sebetulnya inilah hal mendasar yang perlu kamu lakukan guna mengetahui game apa saja yang memang bagus dan sedang mendapat diskon di Steam. Cara paling mudah untuk memperkaya referensimu adalah dengan mengikuti perkembangan berita game, membaca review, dan menonton video yang bertebaran di YouTube.

Perencanaan game alternatif bisa dibilang semacam cadangan game incaranmu yang memiliki genre sama. Bayangkan contoh kasus semacam ini: kamu sedang mengincar game shooter militer modern seperti ARMA III di Steam. Namun karena harganya masih kurang terjangkau, kamu tetap bisa bersenang-senang dengan game shooter lain yang bisa menjadi alternatif seperti Insurgency atau Operation Flashpoint.

Memiliki referensi soal game alternatif bisa dibilang adalah hal yang cukup penting karena secara tidak langsung kamu mempunyai opsi kedua dalam berbelanja game. Jika game utama yang kamu inginkan rupanya tidak mendapatkan potongan harga yang signifikan, janganlah ragu untuk membeli game alternatif pilihanmu yang bisa jadi lebih terjangkau.


Daya gunakan fitur wishlist sebagai pengingat diskon

Steam Summer Sale | Ilustration 2

Yep, selain sebagai pengingat diskon, tahukah kamu bahwa fitur wishlist dalam Steam juga berfungsi sebagai “kode” bagi kawanmu supaya mereka tahu game apa yang memang kamu inginkan? Hehehe … ini memang bukan sesuatu yang baru, namun sebetulnya itulah esensi utama dari kegunaan wishlist bukan?

Fitur satu ini akan memberimu notifikasi di saat game yang kamu mau sedang mendapatkan potongan harga. Caranya mengaktifkannya cukup mudah. Kamu tinggal mengeklik tombol “add to your wishlist” dan begitu ada perubahan harga terbaru, kamu tinggal mengeceknya dalam inbox.

Di hari normal selain Steam Summer Sale, notifikasi wishlist yang masuk ke dalam inbox milikmu biasanya adalah game yang sedang mendapatkan diskon seperti Daily Deal, Midweek Madness, dan Weekend Deal. Jadi kamu tak perlu ragu-ragu untuk memasukkan game yang kamu inginkan ke dalam daftar ini.


Isi saldo Steam dan pasang aplikasi mobile Steam di smartphone

Steam Summer Sale | Ilustration 3

Pantau informasi diskon Steam terkini, kapan pun dan di mana pun kamu berada (sumber gambar: Kotaku)

Tip ketiga ini merupakan tindak lanjut dari dua hal yang telah saya jelaskan sebelumnya. Mengingat saat ini sudah ada banyak sekali metode pengisian saldo Steam Wallet, saya sarankan agar kamu memilih jalur pembelian Steam Wallet yang terjamin aman dibandingkan yang menawarkan harga murah. Membeli saldo lewat penjual yang menawarkan harga murah terkadang tidak bisa menjamin keamanan transaksi dan akun kamu, jadi berhati-hatilah.

Isi Saldo Steam Wallet juga bisa dengan pulsa ponsel atau lewat gerai Alfamart terdekat lo!

Langkah berikutnya adalah mengunduh aplikasi mobile Steam sebagai jendela akses kedua saat tidak sedang berada di dekat komputer. Dengan ini, kamu jadi bisa memantau promosi game apa saja yang sedang bertebaran di Steam dan langsung membelinya dengan sisa saldo Steam Wallet kamu.

Fitur wishlist yang saya jelaskan sebelumnya akan semakin terasa bermanfaat apabila kamu juga mengunduh aplikasi Steam ke dalam perangkat Android maupun iOS yang kamu punya. Bila game dari bagian wishlist kamu ikut memeriahkan promosi harga di Steam, kamu akan menerima pemberitahuan itu secara langsung di smartphone dan bisa membelinya kapanpun dan di manapun kamu berada.

App Info
Steam
Valve Corporation -  May 27, 2016
Genre:  Entertainment
Size:   2.5M
Installs:   10,000,000 - 50,000,000
Gratis
Download

Ingat untuk selalu terkontrol dan tidak gelap mata ketika Steam Sale tiba

Steam Summer Sale | Ilustration 4

Tak perlu mencemaskan ketinggalan diskon di hari itu juga, masih ada promosi berikutnya (sumber gambar: Sidoxia)

Yep, inilah penyakit yang rata-rata menyerang para gamer PC ketika Steam Sale tiba. Disadari ataupun tidak, kita terkadang bersikap impulsif saat melihat sebuah game dijual dengan harga yang sangat murah meriah. Hal ini berlaku di semua promosi diskon game dan tidak hanya di Steam Summer Sale saja.

Ketika kamu membeli game, pastikan juga untuk menyesuaikan dengan kondisi keuanganmu. Seharusnya membeli game tidak perlu berlebihan karena akan berdampak pada arus kasmu selama beberapa pekan ke depan. Tentunya kamu tak mau berminggu-minggu menikmati santapan nasi hangat dan kecap saja bukan?

Steam Summer Sale | Ilustration 5

Simpan selalu foto ini di dompet kalian, Kawan (sumber foto: Ms.Tjiang)


Menimbun game yang kamu tahu bakal sama sekali tidak pernah dimainkan sama saja dengan menghambur-hamburkan uang untuk hal yang tak perlu. Meskipun murah, namun dengan pengeluaran yang sama kamu sebetulnya bisa menggunakan uang tersebut untuk hal lain seperti menabung, mencicil rumah, biaya asuransi kesehatan, mas kawin, dan banyak lagi lainnya. (eh … kenapa pembicaraannya jadi serius begini?).

Lewat tulisan ini, saya harap kamu bisa lebih efisien dan terencana dalam menghadapi gelombang diskon Steam Sale yang akan datang. Meminjam kalimat penutup Fahmi dari artikel Steam Sale dua tahun lalu, jadilah seorang pembeli yang cerdas dan cermat. Jangan mau tergoda oleh angka besar yang ditemani dengan lambang persen. Maksimalkan koleksi game Steam kamu, minimalkan pengeluaranmu, dan selamat berbelanja.

(Diedit oleh Iqbal Kurniawan)

The post Cara Dapatkan Promosi Terbaik Saat Steam Summer Sale appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Situs Viral dari Singapura ini Diblokir Facebook karena “Terlalu Sosial”

Posted: 20 Jun 2016 12:00 AM PDT

Sang pengadil telah bertindak; satu korban telah tumbang. Bagi kita yang bekerja di bidang ini, simaklah pesan berikut baik-baik. Kita harus terus melangkah dengan hati-hati, membaca kembali peraturan yang telah ditetapkan agar tidak ikut bernasib nahas.

Bidang yang saya maksud adalah industri penerbitan. Dan korban yang telah tumbang tak lain dan tak bukan adalah Goody Feed, situs konten viral asal Singapura yang lihai memasang jebakan klik (click bait) dan memuat artikel daftar (listicle) konyol.

Ingin membuat konten viral? BuzzFeed berbagi lima tips buat kamu!

Bagi kamu yang kurang familier dengan Goody Feed, pada dasarnya mereka adalah klona gagal dari situs BuzzFeed. Untuk mengetahui bagaimana pendapat rata-rata orang Singapura mengenai Goody Feed, Redditor yang satu ini mengumpamakannya dengan sangat baik dalam bahasa Singlish:

If Goody Feed was a person, I would have whacked him one time jialat jialat already

Ucapan tersebut dapat diartikan begini, "Jika Goody Feed adalah manusia, akan saya beri ia tamparan paling dahsyat."

Terlepas dari reputasinya, Goody Feed bukan situs sembarangan

Halaman Facebook mereka diikuti oleh lebih dari tiga ratus ribu pengguna. Bagaimana bisa?

Pertama, mereka menghasilkan konten dalam waktu yang sangat singkat. Hal ini merupakan janji Goody Feed kepada para penggemarnya yang tergambar dari foto sampul halaman Facebook mereka.

Goody Feed tumbang | Screenshot 1

Kedua, mereka tahu cara menarik atensi audiens Singapura, meski konten yang mereka sajikan tak bermanfaat.

Dengan menulis kumpulan artikel yang dapat menggugah nuansa nostalgia seperti "9 hal paling dirindukan dari blogging di awal 2000-an" atau "6 hal yang kita rindukan dari Woodland yang hanya dapat dipahami oleh warga asli Woodland," blogger yang kebetulan sedang bosan dan warga asli Woodland akan merasa ada suatu koneksi antara mereka dengan artikel tersebut. Sehingga mereka akan membagikan tautan artikel tersebut ke media sosial.

Goody Feedy—jika dianalogikan—seperti pamanmu yang baru saja punya akun Facebook; menyebalkan, tak punya urat malu, namun relatif tak membahayakan tanpa agenda politik atau penjualan tertentu.

Siapa yang menumbangkan Goody Feed?

Tentu saja Facebook.

Belum lama ini, diketahui bahwa semua kiriman di halaman Facebook Goody Feed yang ditautkan ke situs aslinya telah lenyap seketika. Kiriman yang tersisa hanyalah gambar yang telah dikirim sejak lampau. Facebook telah menghapus semua kiriman yang terhubung ke situs tersebut, dan memblokir fitur berbagi untuk setiap artikel Goody Feed.

Goody Feed mengklaim telah membukukan enam juta kunjungan halaman perbulan. Mengingat sifat “alamiah” dari konten tersebut, wajar jika kita mengasumsikan bahwa Facebook berkontribusi terhadap sekitar 50 hingga 75 persen lalu lintas web mereka saat ini. Dibekukannya halaman Facebook mereka bukanlah perkara remeh maupun rekayasa PR yang dibuat-buat. Ini jelas merupakan mimpi buruk bagi semua manajer media sosial.

Kesalahan Goody Feed terletak pada pemasangan plugin "Sukai halaman ini dulu" pada situs mereka, yang meminta pembaca untuk menyukai halaman Facebook Goody Feed terlebih dahulu sebelum memperoleh akses terhadap konten yang ingin dibaca. Terbayang oleh saya apa yang mulanya dianggap sebagai eksperimen menarik untuk menarik pengikut tanpa mengeluarkan uang sepeserpun kini dalam sekejap berubah menjadi petaka.

Goody Feed tumbang | Screenshot 2

Sumber gambar: Social Locker.

Selama tujuh hari terakhir, penggemar mereka terhitung meningkat 17,7 persen, berarti sekitar lima puluh lima ribuan pengikut. Dengan mengukur tingkat keberhasilan Goody Feed menarik pengikut yang baru, ini menjadi salah satu kampanye viral paling sukses di Singapura.

Namun, Facebook tampak tak senang.

Kendati ini bukanlah kasus pertama yang melanggar ketentuan, fakta kalau Facebook memblokir Goody Feed tanpa pemberitahuan dan tanpa tedeng aling-aling menjadikan kejadian ini sebagai masalah serius bagi pemain lain di bidang penerbitan.

Goody Feed bukan yang pertama maupun yang terakhir

Para penerbit, marketer, dan perusahaan harus mengecamkan peringatan ini baik-baik dan memastikan bahwa mereka tak melanggar ketentuan yang telah ditetapkan.

Facebook telah mendemonstrasikan keperkasaan mereka dengan membekukan Goody Feed tanpa disertai peringatan maupun penjelasan terlebih dahulu. Dalam usaha kita untuk memikirkan aksi hebat lainnya, pertanyaan ini harus dipikirkan:

Dalam mengejar viralitas sosial, apa yang kita kompromikan?

Jangan salah paham dulu. Saya tak bilang kalau semua konten viral itu terlalu berlebihan. Kumpulan artikel yang relevan dapat menjadi content marketing yang baik, seperti yang telah diperlihatkan oleh BuzzFeed. Mereka mampu meraih yang terbaik dalam dua hal; konten yang dapat dimonetisasi dan pembaca yang dapat memperoleh manfaat dari konten tersebut.

Namun, ketika agensi dan brand mengejar viral secara membabi buta dengan memproduksi konten tak bermanfaat, entah itu dalam bentuk tulisan maupun video, tak ada yang mendapatkan manfaatnya. Peningkatan jumlah pengikut halaman Facebook dan membeludaknya kunjungan video adalah berkat gaya konten Goody Feed yang haus akan metrik. Dan kalau harus jujur, konten tersebut tak bermanfaat dan tak berguna dilihat dari sudut pandang manapun.

Inilah 10 media online yang menyajikan konten viral di Indonesia.

Yang lebih buruknya lagi, memasang plugin sosial untuk "mengemis jempol" membuat banyak orang Singapura tak henti-hentinya mempergunjingkan mereka. Sungguh menyedihkan memang ketika di saat Goody Feed menghilang, tak ada yang merindukan kehadirannya.

Goody Feed Diblokir Facebook karena Terlalu Sosial | Image

Kita semua seharusnya bookmark laman panduan kebijakan Facebook sehingga dapat mengingat aturan sebelum kita melakukan aksi yang keren (atau blunder). Lagipula, tak peduli seberapa banyak pembaca kita atau seberapa besar pengaruh kita, semua di antara kita berada di bawah kendali Facebook. Seperti kata peribahasa: Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung.

(Artikel ini pertama kali dipublikasikan dalam bahasa Inggris oleh Alan Seng. Isi di dalamnya telah diterjemahkan dan dimodifikasi. Diedit oleh Fadly Yanuar Iriansyah).

The post Situs Viral dari Singapura ini Diblokir Facebook karena “Terlalu Sosial” appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Grand Final Premier Championship FIFA Online 3 Akan Digelar Akhir Juni

Posted: 19 Jun 2016 11:18 PM PDT

Garena mengundang para gamer untuk turut memeriahkan acara Grand Final Premier Championship FIFA Online 3 yang digelar di Hotel Pullman, dekat Bundaran HI Jakarta, pada tanggal 26 Juni nanti. Dalam babak final kompetisi FIFA Online 3 tertinggi di Indonesia tersebut, empat tim dari seluruh Indonesia akan bertanding memperebutkan hadiah senilai Rp140 juta.

Tim yang keluar sebagai juara berhak membawa pulang uang tunai sebesar Rp50 juta. Mereka juga akan mewakili Indonesia dalam turnamen internasional EA Championship Cup yang diselenggarakan di Shanghai Juli mendatang. Berikut adalah sepuluh tim yang akan bertanding di fase grup, sebelum maju ke Grand Final nanti:

  • Jakarta Freedom
  • Malang All Star
  • PKU Dragonz Reborn
  • Medan Suzuran
  • Bekasi Cikarang
  • Jogja Tactical
  • PKU Dragonz
  • Bekasi Gold
  • Cileungsi Secret
  • Klaten Revival

Selain menonton kompetisi, kamu juga bisa mengikuti tantangan yang disediakan oleh Garena Indonesia. Dengan menyelesaikan tantangan, kamu akan mendapat poin untuk ditukar dengan merchandise FIFA Online 3 seperti kaus, sling bag, gantungan kunci, dan lain-lain. Pengunjung yang beruntung juga bisa mendapat door prize seperti gamepad Logitech F310 dan beragam item FIFA Online 3.

Manchester City FC | Photo 1

Kerja sama dengan klub Manchester City

Di samping acara final Premier Championship, FIFA Online 3 Indonesia juga mengadakan program promosi yang disebut Manchester City Club Tour. Program ini memberi kesempatan bagi dua pemain FIFA Online 3 terpilih untuk berangkat ke Beijing dan menyaksikan pertandingan pertandingan Manchester City versus Manchester United secara langsung!

Tak hanya menonton pertandingan, pemenang juga akan diajak mengikuti sesi latihan dan berjumpa langsung dengan para pemain tim inti Manchester City. Selain itu mereka juga akan mendapat kaus jersey asli Manchester City, kartu pos bertanda tangan, serta tiket pembukaan EA Championship Cup di Shanghai.

Seluruh biaya akan ditanggung oleh pihak penyelenggara, termasuk tiket pesawat dan akomodasi. Bila kamu berminat mengikuti program promosi ini, kamu bisa buka tautan di bawah untuk mendaftar. Jangan lupa, kamu mesti menjadi manajer di FIFA Online 3 Indonesia dan mencapai level tiga terlebih dahulu untuk memenuhi syarat pendaftaran.

Situs Web: FIFA Online 3 Manchester City Club Promo

(Diedit oleh Iqbal Kurniawan)

The post Grand Final Premier Championship FIFA Online 3 Akan Digelar Akhir Juni appeared first on Tech in Asia Indonesia.

4 Fitur Baru Path demi Raih Lebih Banyak Pengguna

Posted: 19 Jun 2016 11:00 PM PDT

Sejak diakuisisi oleh Daum Kakao tahun lalu, aplikasi media sosial Path tak kunjung mengalami perkembangan yang signifikan di Indonesia. Dalam ranking media sosial teratas di Google Play, mereka masih kalah pamor dari aplikasi lain seperti Facebook, Instagram, hingga Snapchat.

Seperti berusaha menarik lebih banyak pengguna baru, pada tanggal 16 Juni 2016 yang lalu Path pun melakukan pembaruan terhadap aplikasi Android mereka. Pembaruan untuk aplikasi iOS pun menyusul pada hari ini, 20 Juni 2016. Dalam pembaruan tersebut, Path menawarkan empat fitur baru yang menarik bagi para pengguna mereka.

Visual Thought

Tampilan Aplikasi Path PathDaily | Screenshot

Cara membuat #PathDaily: Pilih tombol Quote berwarna hijau (kiri), tuliskan quote dengan hashtag #pathdaily (tengah), lalu lihat hasilnya (kanan)

Sebelumnya, kamu sudah bisa mengunggah banyak hal (Moment) di aplikasi Path, mulai dari teks, foto, video, buku yang sedang kamu baca, lagu yang sedang kamu dengarkan, bahkan membuat “pengumuman” ketika kamu baru bangun tidur. Tak cukup dengan fitur-fitur tersebut, dalam pembaruan terbarunya ini Path pun memungkinkan kamu untuk mengunggah perpaduan gambar dan teks seperti meme.

Untuk melakukan hal tersebut, kamu hanya perlu membuat sebuah quote dengan hashtag #PathDaily. Secara otomatis, Path akan memasukkan quote tersebut ke dalam sebuah gambar yang mereka pilih. Sayangnya, Path sepertinya memilih gambar tersebut secara acak, sehingga sering kali tidak ada hubungan antara gambar dan isi teks yang dibuat.


Edit Moment

Tampilan Aplikasi Path Edit Moments | Screenshot

Salah satu kekurangan Path selama ini adalah tidak adanya fitur edit untuk setiap Moment yang diunggah pengguna. Apabila ada yang perlu diubah, Path menyarankan para pengguna untuk menghapus Moment tersebut dan mengunggah ulang.

Dalam pembaruan kali ini, Path akhirnya menghadirkan fitur edit tersebut. Kamu hanya perlu menekan tanda berbentuk hati yang ada di setiap Moment, dan memilih tombol edit. Kamu kemudian bisa mengubah segala hal, mulai dari teks hingga menambahkan teman yang ingin kamu tag.


Location Photo

Tampilan Aplikasi Path Location Image | Screenshot

Apabila kamu menekan tag Location dari Moment yang diunggah oleh seorang pengguna Path, maka kamu akan melihat sebuah halaman yang berisi informasi terkait lokasi tersebut. Setelah pembaruan ini, kamu juga bisa melihat foto-foto dari teman kamu yang pernah berada di lokasi itu.


Profile URL

Tampilan Aplikasi Path Special URL | Screenshot

Fitur terakhir yang dihadirkan Path dalam pembaruan aplikasi kali ini adalah link atau URL khusus untuk akun Path kamu. Apabila kamu membuka tab Moment, kamu akan menemukan link tersebut di bagian atas. Kamu bisa membagikannya kepada teman-teman kamu agar mereka bisa lebih mudah menemukan akun Path kamu.


Fitur Visual Thought atau #PathDaily berhasil meramaikan kembali Path dalam beberapa hari terakhir ini. Menarik untuk ditunggu apakah fenomena ini nantinya akan membuat makin banyak orang tertarik untuk menggunakan Path yang berimbas pada naiknya jumlah pengguna mereka kelak, atau tidak.

App Info
Path
Path Mobile, Inc. -  Mar 22, 2016
Genre:  Social
Size:   Varies with device
Installs:   10,000,000 - 50,000,000
Gratis
Download

(Diedit oleh Iqbal Kurniawan)

The post 4 Fitur Baru Path demi Raih Lebih Banyak Pengguna appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Tip untuk Mahasiswa yang Ingin Membangun Startup dari Bangku Kuliah

Posted: 19 Jun 2016 10:05 PM PDT

Beberapa waktu lalu, Young On Top (YOT), wadah pengembangan diri untuk para anak muda, mengadakan sebuah seminar bernama YOT Business Talk. Mengangkat tema bisnis, pembicara seminar diisi oleh orang-orang yang sudah lama berkecimpung dan ahli di dunia tersebut. Ada perwakilan dari PricewaterhouseCoopers (PwC) Indonesia, Twitter, YesBoss, dan Skystar Capital.

Salah satu pembicara, yaitu William Eka, mengangkat materi yang ditunjukan untuk mahasiswa. Associate Director di SkyStar Capital ini menjelaskan bahwa mahasiswa bisa membuat sebuah startup dengan berhasil, meskipun masih kuliah. William mencontohkan Mark Zuckerberg yang bisa membuat Facebook saat berumur 19 tahun. Yang mana ketika itu ia masih duduk di bangku kuliah.

Untuk itu, William memberikan dua tip untuk mahasiswa yang ingin mendirikan startup.

Membangun startup sukses selama kuliah

Kelas Bisnis | Image

Ilustrasi suasana kelas bisnis. Sumber gambar: BangDemul

William menjelaskan bahwa entrepreneurship itu bukan sebuah karakter, melainkan mindset. Mahasiswa dapat mengikuti kelas entrepreneur untuk melatih mindset mereka menjadi orang yang punya inisiatif tinggi dan mampu menghadirkan solusi atas sebuah masalah. Selain itu, mahasiswa sebaiknya bergabung dengan komunitas entrepreneur agar memperluas jaringan pertemanannya.

William juga menyarankan agar mahasiswa memanfaatkan waktu luang saat liburan untuk belajar mendapatkan ilmu baru, bukan sekadar jalan-jalan. Misalnya dengan magang menjadi asisten dosen atau profesor di kampus, atau membantu menyelesaikan proyek mereka.

Cara lainnya adalah dengan mengikuti kompetisi bisnis. Tujuannya untuk mengetes diri sendiri, agar kita tahu apakah orang-orang menyukai ide kita.

Kiat menggalang pendanaan

Inkubator | Image

Sharing di sebuah inkubator kampus

William mengatakan agar mahasiswa jangan terlalu berharap mendapat pendanaan dari investor. Mahasiswa bisa menggunakan uang sakunya untuk mendanai operasional startup yang didirikannya. Lalu, sebagai ganti uang saku yang terpakai itu, manfaatkanlah beasiswa yang ada di kampus untuk membiayai kuliah. Sumber dana lainnya yang dapat digunakan adalah uang hadiah dari kompetisi bisnis atau startup yang diikuti.

William menambahkan, beberapa universitas saat ini memiliki inkubator startup. Mahasiswa dapat ikut bergabung untuk mengasah model bisnis model yang dimiliki. Ia menyarankan agar mencari ide bisnis yang dapat menghasilkan uang, bukan sekadar menuangkan ide-ide yang kamu miliki saja.

Barang Bekas | Image

Menjual barang bekas. Sumber gambar: BicaraSurabaya

William menyarankan agar mahasiswa berpikir dengan kreatif saat menggalang pendanaan. Seperti misalnya menjual barang-barang bekas yang sudah tidak terpakai. Ketika kamar kamu bersih dan rapi dari barang tak terpakai, kamu akan lebih mudah untuk menemukan ide-ide baru.

Pekerjaan sampingan apa saja yang dapat dilakukan oleh mahasiswa?

Cara terakhir adalah dengan bekerja untuk mendapatkan uang tambahan. Namun, mahasiswa perlu menyeimbangkan waktu kuliah dengan bekerja, sehingga tidak saling mengganggu.


Sebelum menutup sesinya, William memberikan empat poin penting yang dapat diperhatikan oleh mahasiswa yang sedang membangun startup:

  • Harus fokus dan buat dirimu kaya sejak muda, baik kaya dalam pengalaman maupun kaya akan pertemanan.
  • Dalam membuat bisnis saat duduk di bangku kuliah, jangan punya ekspektasi yang terlalu tinggi, terutama dalam hal mendapatkan pendanaan.
  • Bangunlah bisnis yang mampu menghasilkan pendapatan, sekaligus menyelesaikan masalah yang besar.
  • Bangkitlah dengan cepat dari sebuah kegagalan.

Demikian tip dari William Eka. Apakah ada di antara kamu yang saat ini sedang membangun startup? Bagikan pengalamanmu di kolom komentar, ya!

(Diedit oleh Fadly Yanuar Iriansyahsumber gambar: Digital Lotus)

The post Tip untuk Mahasiswa yang Ingin Membangun Startup dari Bangku Kuliah appeared first on Tech in Asia Indonesia.

1 comment:

Sponsor

Latest Game News

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sponsor

pasang iklan baris gratis