Ads

Tuesday, June 21, 2016

Game Di Indonesia

Game Di Indonesia


Aplikasi Live-Streaming Game Mobile Mobcrush Telah Dirilis secara Global

Posted: 21 Jun 2016 08:00 PM PDT

Tak terasa hampir setahun sudah aplikasi live-streaming  game mobile Mobcrush menjalani periode beta di iOS dan Android. Setelah menjalani proses penyempurnaan, kini aplikasi buatan startup yang berasal dari Los Angeles, Amerika Serikat, tersebut resmi diluncurkan secara global dan bisa kamu unduh cuma-cuma di Apple App Store serta Google Play Store.

Mobcrush merupakan aplikasi penyiaran video yang digunakan untuk menayangkan permainan game pada smartphone maupun tablet lewat situs live-streaming Mobcrush. Berbeda dengan platform penyiaran video game mobile lainnya yang memerlukan periferal komputer serta aplikasi khusus tambahan, Mobcrush memungkinkan gamer untuk menyiarkan sendiri gameplay mereka secara langsung cukup dengan satu tombol saja.

Royce Disini selaku CEO juga Co-Founder Mobcrush dalam siaran pers menyatakan antusiasmenya atas peluncuran aplikasi Mobcrush secara global. “Kami memulai Mobcrush untuk memecahkan permasalahan live-streaming game di perangkat mobile dan kami lihat di luar sana memang ada kebutuhan solusi ringkas untuk aplikasi penyiaran built-in dari perangkat mobile,” ujar Disini.

Setahun geliat live-streaming game di platform mobile

Mobcrush | Screenshot 2

Lonniedos sebagai kreator konten game mobile di YouTube kini juga melirik Mobcrush

Fenomena live-streaming game lewat perangkat mobile bisa dibilang bukan sesuatu yang baru. Meskipun gaungnya kalah dibandingkan live-streaming game PC yang mudah kita jumpai di layanan Twitch maupun YouTube Gaming, namun kita tidak memungkiri bahwa di luar sana terdapat peminat video live-stream game mobile.

Geliat live-streaming game mobile di layanan Mobcrush sendiri muncul karena popularitas game dengan fitur multiplayer seperti Vainglory, Call of ChampionsHearthstone versi mobile, Clash of Clans, Clash Royale, dan juga Minecraft: Pocket Edition. Seperti yang bisa kita lihat di situs video Mobcrush, beberapa game tersebut mendominasi jumlah konten yang disaksikan pengunjung dengan jumlah rata-rata mencapai belasan ribu orang kreator.

Ranah live-streaming game mobile masih memiliki potensi besar

Mobcrush | Screenshot 3

Jumlah yang begitu besar tadi tak lepas dari pertumbuhan Mobcrush sejak memulai periode beta mereka di tahun 2015 silam. Mobcrush mengklaim sedikitnya puluhan ribu gamer mobile bergabung menjadi pengguna di setiap bulannya. Dari angka tersebut, lebih dari lima puluh persen pengguna menjadi kreator konten video di situs Mobcrush dengan durasi penayangan live-streaming rata-rata satu jam per hari.

Pengguna Android sebelumnya sudah bisa menyiarkan permainan mereka langsung dari perangkat mobile dengan aplikasi YouTube Gaming 

Angka yang cukup fantastis tadi merupakan fakta bahwa ranah live-streaming di platform mobile memiliki peluang audiens yang begitu besar, terutama dari segi penghasilan konten.

Meskipun saya pribadi cukup optimis dengan perkembangannya, namun di sisi lain saya juga penasaran dengan masa depan Mobcrush serta timbal balik apa yang bisa diberikan Mobcrush kepada penyedia konten terbaik (atau terbesar) di platform ini. Apakah suatu saat nanti mereka akan meniru model YouTube? Atau jangan-jangan Mobcrush akan diakuisisi oleh entitas besar seperti Amazon maupun Google? Well, saya kira hanya waktu yang bisa memberikan jawabannya.

App Info
Mobcrush
Mobcrush Inc. -  Jun 13, 2016
Genre:  Entertainment
Size:   8.8M
Installs:   50,000 - 100,000
Gratis
Download

(Diedit oleh Iqbal Kurniawan)

The post Aplikasi Live-Streaming Game Mobile Mobcrush Telah Dirilis secara Global appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Tak Ingin Kalah dari Facebook dan YouTube, Twitter Luncurkan Fitur Video Baru

Posted: 21 Jun 2016 07:00 PM PDT

Video sepertinya akan menjadi konten yang sangat populer dalam beberapa tahun ke depan. Sadar akan hal tersebut, YouTube, Facebook, hingga Tumblr pun berusaha untuk menghadirkan lebih banyak konten video, dan memberi kemudahan bagi para pengguna ketika menyaksikan video di platform mereka.

Twitter pun tak ingin ketinggalan dalam tren tersebut. Pada tanggal 21 Juni 2016 kemarin, mereka menghadirkan dua fitur baru untuk mendorong pengguna menonton lebih banyak video. Tak hanya itu, mereka juga menghadirkan sebuah aplikasi khusus bernama Twitter Engage.

Hadirkan video yang lebih panjang

Selama ini, Twitter membatasi panjang dari sebuah video yang diunggah lewat platform mereka maksimal 30 detik. Bahkan kamu hanya bisa mengunggah video berdurasi maksimal enam detik apabila kamu mengunggah lewat Vine. Kini Twitter menaikkan batas tersebut menjadi 140 detik.

Setiap video yang diunggah lewat Vine, awalnya tetap akan tampil sebagai preview selama enam detik yang akan terus diputar ulang. Apabila kamu ingin melihat keseluruhan video, kamu harus menekan tombol Watch More.

Simak ulasan tentang perubahan tampilan Twitter yang menyerupai Gmail dan Facebook Messenger di sini

Program monetisasi video milik Twitter, Amplify, kini sudah terbuka bagi para pengguna Vine. Para pembuat konten populer di Vine bisa mulai mendaftarkan diri di program tersebut, dan nantinya Twitter akan menambahkan sebuah video iklan di awal video yang mereka buat. Twitter hanya akan mengambil tiga puluh persen komisi dari setiap iklan yang ditayangkan.

Tampilkan video-video lain

Selain mendorong para pengguna untuk mengunggah video yang berdurasi lebih panjang, Twitter juga berharap agar mereka bisa menonton lebih banyak video. Itulah mengapa setiap kali kamu melihat video di Twitter dengan tampilan layar penuh, kini akan muncul video-video lain yang bisa kamu saksikan di bagian bawah. Fitur ini serupa dengan fitur Up Next yang ada di YouTube.

Aplikasi Twitter Engage

Tampilan Aplikasi Twitter Engage | Screenshot

Bagi para selebriti dan orang-orang terkenal yang ingin berhubungan langsung dengan fan mereka, Twitter pun menghadirkan sebuah aplikasi baru bernama Twitter Engage. Dengan aplikasi ini, mereka bisa melihat analisis real-time tentang video yang mereka unggah dan informasi tentang para fan mereka. Dengan begitu, tokoh tersebut bisa mengetahui konten seperti apa yang disukai oleh para fan.

Walau sebenarnya ditujukan untuk para tokoh terkenal, aplikasi Twitter Engage ini bisa diunduh oleh siapapun yang ingin mencoba menggunakannya. Saat ini, aplikasi Twitter Engage baru tersedia untuk pengguna iOS di Amerika Serikat.


Twitter sepertinya sudah tidak begitu memikirkan ciri khas mereka, seperti batas 140 karakter untuk sebuah tweet, dan batas enam detik untuk sebuah video Vine. Walau batas tersebut masih tetap ada, namun Twitter terlihat ingin “mengaburkan” aturan tersebut, dan menyamakan posisi mereka dengan media sosial lain seperti Facebook dan Instagram yang tidak mempunyai batas-batas tertentu.

Menarik untuk ditunggu apakah hal ini bisa menaikkan minat pengguna untuk lebih sering menggunakan Twitter, atau justru media sosial berlogo burung biru tersebut akan ditinggalkan oleh pengguna loyal mereka.

App Info
Twitter
Twitter, Inc. -  Apr 25, 2016
Genre:  Social
Size:   Varies with device
Installs:   500,000,000 - 1,000,000,000
Gratis
Download

(Diedit oleh Iqbal Kurniawan)

The post Tak Ingin Kalah dari Facebook dan YouTube, Twitter Luncurkan Fitur Video Baru appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Raih Investasi US$1 Juta dan Peluang ke Silicon Valley di Startup World Cup!

Posted: 21 Jun 2016 05:00 PM PDT

Fenox VC1 pada 21 Juni 2016 mengumumkan bahwa mereka akan menggelar kompetisi startup tingkat dunia yang bertajuk Startup World Cup.  Ada 11 negara yang siap bertarung dalam kompetisi Startup World Cup, yakni Indonesia, Jepang, India, Taiwan, China, Israel, Australia, Jerman, Chili, dan Amerika Serikat (Boston dan Silicon Valley).

Tujuan utama dari kompetisi yang akan diadakan pada 24 Maret 2017 adalah untuk menghubungkan ekosistem startup di dunia. Selain itu, hadiah yang ditawarkan untuk pemenang juga sangat menggiurkan, yakni investasi sebesar US$1 juta (sekitar Rp14 miliar) dan diundang ke Silicon Valley untuk mendapatkan akselerasi, mentoring, menghadiri konferensi internasional, serta pitching di hadapan juri internasional, seperti David Cohen, Founder dan Managing Partner dari Techstars.

Lebih lanjut, Anis Uzzaman, Chairman Startup World Cup sekaligus General Partner dan CEO Fenox Venture Capital dalam siaran pers mengungkapkan bahwa:

Seiring keaktifan Fenox VC berinvestasi pada startup global, kami merasa perlu untuk menghubungkan ekosistem startup di Asia, Eropa, Australia dan Amerika Serikat. Kompetisi Startup World Cup bisa menjadi tiket emas bagi startup untuk menjalin relasi dengan investor tingkat dunia.

Kompetisi ini telah membuka pendaftaran bagi startup Indonesia di laman ini. Selanjutnya seluruh startup yang telah mendaftar akan melalui proses seleksi yang akan menyaring satu startup untuk bersaing secara regional.

Startup yang memenangkan persaingan sepuluh startup terbaik akan diundang untuk pitching pada Startup World Cup Indonesia 2016 pada 23 Agustus 2016 di Djakarta Theater, Jakarta di hadapan para juri dan berkompetisi untuk mewakili Asia Tenggara pada Grand Final Startup World Cup 2017.

Indonesia ternyata dilirik para investor dari Tesla, Baidu, dan Twitch!

Para pemenang regional dari seleksi tersebut akan diundang ke Silicon Valley untuk mengikuti program akselerasi, menghadiri konferensi global, dan pitching di hadapan juri serta investor internasional untuk menentukan pemenang Startup World Cup 2017.


  1. Fenox VC menanamkan investasi di Tech in Asia. Baca halaman etika kami untuk informasi lebih lanjut.

(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto)

The post Raih Investasi US$1 Juta dan Peluang ke Silicon Valley di Startup World Cup! appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Info Lowongan Kerja Terbaru dari Lazada, Ice House, iflix, dan Lainnya

Posted: 21 Jun 2016 07:15 AM PDT

Lowongan kerja di ranah teknologi, semakin hari semakin melimpah. Dunia startup teknologi mulai muncul menjadi destinasi utama untuk bekerja. Peningkatan gaji yang pesat dari tahun ke tahun, suasana kerja yang menyenangkan, hingga tantangan kerja yang terus berkembang dari waktu ke waktu berhasil daya tarik tersendiri bagi pencari kerja.

Di bawah ini, Tech in Asia merangkum beberapa lowongan pekerjaan dari berbagai startup dan perusahaan besar di Indonesia yang membuka kesempatan karier di ranah teknologi. Mulai dari programmer, desain grafis, marketing, media sosial, sampai sales. Artikel ini akan terus diperbarui tiap minggunya khusus untuk para pembaca setia Tech in Asia.

Pasang lowongan kerja startup dan teknologi gratis


Lowongan kerja di Lazada Indonesia

lowongan kerja lazada | logo

Diluncurkan pada 2012, Lazada tumbuh menjadi salah satu tujuan utama belanja online dan berjualan di Asia Tenggara. Perusahaan ini memiliki sekitar 5.500 karyawan yang beroperasi di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam, dan Hong Kong. Lazada juga mengoperasikan sentral teknologi di Kota Ho Chi Minh dan Moskow. Lazada juga telah mendapat dukungan dari investor utama seperti Alibaba Group, Temasek Holdings, dan Rocket Internet.

Lokasi: Jakarta Selatan

Lowongan kerja:

Alibaba beli mayoritas saham Lazada demi kuasai Asia Tenggara


Lowongan kerja di Ice House

lowongan kerja icehouse | logo

Ice House, adalah perusahaan global pengembang aplikasi berbasis mobile yang berasal dari Silicon Valley, Amerika Serikat.

Lokasi: Jakarta Selatan

Lowongan kerja full time:

Ice House: Developer aplikasi di Indonesia memiliki banyak tantangan


Lowongan kerja di Fabelio

lowongan kerja fabelio | logo

Fabelio adalah portal web dalam bidang furnitur yang menghubungkan pembeli dan penjual dengan beragam produk furnitur berkualitas tinggi.

Lokasi: Jakarta Selatan

Lowongan kerja full time:

Usai peroleh investasi seri-A sebesar $2 juta, Fabelio berencana buka showroom


Lowongan kerja di Ruangguru

lowongan kerja ruangguru | logo

Ruangguru.com adalah sebuah situs yang menghubungkan calon murid untuk menemukan calon guru yang tepat untuk menambah pelajaran di luar sekolah dan kampus, atau demi mengembangkan keahlian tertentu.

Lokasi: Jakarta Selatan

Lowongan kerja full time:

Dengan investasi seri-A, Ruangguru berambisi menjadi pemimpin layanan pendidikan di Asia


Lowongan kerja di iflix

lowongan kerja iflix | logo

iflix adalah layanan Video On Demand yang menyediakan streaming film dan acara televisi melalui Internet . Awalnya iflix berasal dari Malaysia , namun kini layanannya bisa dinikmati di Filipina , Thailand , Vietnam , Srilangka, dan Indonesia.

Lokasi: Jakarta Pusat

Lowongan kerja full time:

Layanan streaming film iFlix siap bersaing dengan Netflix di Indonesia


Lowongan kerja di Batavianet

lowongan kerja batavianet | logo

Batavianet adalah perusahaan web agency dan IT provider yang berdiri sejak tahun 1996, telah mengerjakan lebih dari 400 klien di Indonesia. Berbagai sektor telah disentuh oleh Batavianet, mulai dari sektor trading, manufacturing, otomotif, hingga properti.

Lokasi: Jakarta Barat

Lowongan kerja full time:


Lowongan kerja di Chocoarts

lowongan kerja chocoarts | logo

Chocoarts merupakan salah satu studio game asal Jakarta. Perusahaan ini pertama kali dibentuk pada awal tahun 2012 oleh tiga orang mahasiswa jurusan Ilmu Komputer UI.

Lokasi: Jakarta Selatan

Lowongan kerja full time:

Cek juga review Almightree: The Last Dreamer, game besutan Chocoarts


Lowongan kerja di etobee

lowongan kerja etobee | logo

Etobee merupakan mobile-marketplace yang menghubungkan perusahaan logistik dengan pelanggan yang membutuhkan jasa pengiriman instan.

Lokasi: Jakarta Barat

Lowongan kerja: Senior Backend Developer

apply


Lowongan kerja di Garena

LOWONGAN KERJA GARENA | LOGO

Garena, didirikan pada 2009, perusahaan ini telah bermetamorfosis dari sebuah bisnis gaming menjadi perusahaan internet yang berkembang pesat dan berhasil meraup keuntungan yang sangat besar. Valuasinya kini mencapai US$3,75 miliar (sekitar Rp50 triliun rupiah), menjadikannya sebagai startup paling bernilai di Asia tenggara.

Lokasi: Jakarta Barat

Lowongan kerja full time:

Apa rahasia Garena yang menjadikannya startup paling bernilai di Asia Tenggara?


Lowongan kerja di Kudo

LOWONGAN KERJA KUDO | LOGO

Kudo adalah platform kios O2O (online to offline) yang memungkinkan konsumen membeli dan membayar secara offline untuk produk online yang mereka inginkan.

Lokasi: Jakarta Selatan

Lowongan kerja full time:

Simak tip lengkap bagaimana beralih dari perusahaan besar ke startup dari dua founder Kudo!


Lowongan kerja di Mediatrac

LOWONGAN KERJA MEDIATRAC | LOGO

Mediatrac adalah perusahaan analisis big data pertama di Indonesia. Layanan yang mereka hadirkan bertujuan membantu untuk menggali potensi pertumbuhan bisnis konsumen dan mengumpulkan data dalam jumlah sangat besar.

Semua data yang dimiliki Mediatrac akan digabungkan dengan data klien, untuk nantinya memberikan wawasan yang tepat melalui rangkaian produk teknologi dan jasa konsultasi strategis.

Lokasi: Jakarta Selatan

Lowongan kerja full time:

Selain ahli dalam analisis big data, tim Mediatrac sangat terobsesi dengan Star Wars


Lowongan kerja di Qlapa

LOWONGAN KERJA QLAPA | LOGO

Qlapa adalah marketplace khusus produk industri rumahan dan kerajinan tangan unik dari Indonesia. Qlapa didirikan untuk memberdayakan kreatifitas lokal dengan teknologi.

Lokasi: Jakarta Barat

Lowongan kerja intern:

  • Intern Digital Marketing
  • Intern Content Writer

Di awal tahun 2016, Qlapa berhasil meraih pendanaan dari tiga investor


Lowongan kerja di Qerja

LOWONGAN KERJA QERJA | LOGO

Qerja adalah sebuah komunitas untuk berbagi informasi mengenai tempat kerja dan gaji, khususnya untuk perusahaan yang berada di Indonesia.

Lokasi: Jakarta Barat

Lowongan kerja full time:

Bingung saat harus “curhat” soal pekerjaan? Qerja memberikan solusinya


 Lowongan kerja di Agate Studio

LOWONGAN KERJA AGATE | LOGO

Agate Studio adalah sebuah perusahaan pengembang game di Indonesia yang fokus dengan berbagai platform dan genre.

Lowongan kerja full time:

Mengapa Agate memutuskan membuat dua brand game baru usai mendapat pendanaan tahun ini?


Lowongan kerja di Uber

LOWONGAN KERJA UBER | LOGO

Uber, perusahaan internet asal Amerika yang menghubungkan pengemudi dengan pengendara, merupakan startup dengan pendanaan terbesar di dunia dan memiliki nilai valuasi US$40 miliar (Rp492 triliun).

Lowongan kerja full time:

Ingin mencoba layanan Uber? Coba simak lima fakta unik berikut


Lowongan kerja di Netzme

LOWONGAN KERJA NETZME | LOGO

Netzme adalah sebuah layanan yang memadukan messaging dan media sosial. Saat ini telah tersedia aplikasi Android dari Netzme di Google Play Store.

Lokasi: Jakarta Selatan

Lowongan kerja full time:


Lowongan kerja di SUPA SERIOUS STUDIO

LOWONGAN KERJA SUPA SERIOUS | LOGO

Supa Serious Studio merupakan developer game mobile indie (iOS dan Android) yang berdiri sejak 2014.

Lokasi: Jakarta Pusat

Lowongan kerja full time:


Apabila kamu tertarik mendapatkan informasi lowongan pekerjaan di dunia startup secara reguler, silakan klik tombol di bawah ini.

dapatkan info tech jobs

(Diedit oleh Mohammad Fahmi)

The post Info Lowongan Kerja Terbaru dari Lazada, Ice House, iflix, dan Lainnya appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Rangkuman Berita Game Hari Ini – 21 Juni 2016

Posted: 21 Jun 2016 06:30 AM PDT

Ada kemungkinan Star Ocean: Integrity and Faithlessness akan rilis di PC

Star Ocean Integrity and Faithlessness | Featured

Ayyub Mustofa – Dalam wawancara bersama Final Fantasy Dream, Shuichi Kobayashi yang merupakan produser Star Ocean: Integrity and Faithlessness mengutarakan kemungkinan adanya versi PC dari game tersebut. Star Ocean: Integrity and Faithlessness dikembangkan oleh tri-Ace dengan ASKA Engine yang memudahkan proses porting ke PC. Namun mereka perlu merancang dulu sistem kontrol yang nyaman dimainkan walau tanpa gamepad.

Sumber: Final Fantasy Dream via Gematsu


Karakter baru Dissidia Final Fantasy akan diumumkan pada tanggal 27 Juni

Dissidia Final Fantasy | Screenshot 1

Ayyub Mustofa – Square Enix berencana mengadakan event khusus Dissidia Final Fantasy pada tanggal 27 Juni nanti. Dalam event yang disiarkan langsung lewat NicoNico Douga tersebut, mereka akan mengumumkan karakter baru, isi update terbaru di arcade, serta turnamen yang akan diadakan pada musim panas nanti (sekitar Juli-September 2016).

Sumber: Famitsu via Siliconera


Kreator Final Fantasy mengaku berencana membangun sebuah studio game baru

Hironobu Sakaguchi Fist | Photo

Iqbal Kurniawan – Hironobu Sakaguchi yang dikenal sebagai kreator seri Final Fantasy menyebutkan bahwa dirinya berencana membangun sebuah studio game baru yang kemungkinan akan diberi nama Dawnwalker. Tidak banyak detail yang ia sampaikan saat tampil dalam sebuah siaran langsung studio Mistwalker miliknya selain lokasi Dawnwalker yang akan berada di daerah Roppongi, Tokyo, dan rencananya merekrut anggota tim dalam waktu dekat.

Hironobu Sakaguchi sebelumnya bekerja di Squaresoft hingga tahun 2003 sebelum ia mendirikan Mistwalker, studio game miliknya sendiri. Beberapa game yang telah ia hasilkan bersama Mistwalker antara lain Lost Odyssesy, Blue Dragon, dan game mobile Terra Battle.

Sumber: Siliconera


Aksesori Smartboy untuk mengubah smartphone menjadi Game Boy klasik akan dirilis Desember 2016

Iqbal Kurniawan – Setelah eksistensi Smartboy dikonfirmasi tahun lalu, HyperkinLab akhirnya memamerkan prototipe aksesori smartphone itu dalam ajang E3 2016. Prototipe yang masih berstatus alfa untuk Android tersebut kompatibel dengan game untuk Game Boy orisinal, Game Boy Color, dan Game Boy Advance.

HyperkinLab telah membuka kesempatan untuk melakukan pre-order mulai dari sekarang. Smartboy dibanderol US$59,99 (sekitar Rp795.000) dan rencananya akan dikirimkan ke pembeli Desember 2016.

Situs Resmi: HyperkinLab


Sega merayakan hari jadi Sonic yang ke-25 dengan merilis boneka Sonic the Hedgehog

Sonic Plushes |Photo

Risky Maulana – Minggu ini si maskot landak biru dari serial game Sonic the Hedgehog tengah merayakan hari jadinya yang ke-25. Dalam rangka memperingati usia Sonic ke seperempat abad, Sega telah menggandeng perusahaan mainan Tomy untuk meluncurkan lini boneka Sonic yang diangkat dari model karakter Sonic the Hedgheog klasik.

Mainan boneka jenis plush ini memiliki detail yang cukup menarik sehingga saya pikir layak untuk dikoleksi para penggemar game Sonic di luar sana. Saat tulisan ini dibuat, perusahaan Tomy mengungkap harga mainan tersebut sekitar $14.99 (jika dikurskan hari ini menjadi Rp198.550) dan dijual bersama dengan pernak-pernik ulang tahun Sonic lainnya di wilayah Amerika.


Titan Quest untuk Android akan dirilis bulan depan

Risky Maulana – Di bulan Mei kemarin saya sempat bertanya-tanya kenapa versi Android dari Titan Quest tidak dirilis berbarengan bersama versi iOS.  Beruntung harapan saya untuk bisa mencoba game ini sekarang terjawab oleh pengumuman DotEmu.

Seperti yang bisa kamu lihat di atas, versi Android dari Titan Quest dijadwalkan rilis pada 7 Juli 2016, jadi siapkan uang yang cukup kawan untuk membeli game hack and slash premium ini di Play Store bulan depan.

(Diedit oleh Mohammad Fahmi)

The post Rangkuman Berita Game Hari Ini – 21 Juni 2016 appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Apple Akan Hapus Aplikasi Game Center dari iOS 10 dan Ambil Pendekatan Mirip Google

Posted: 21 Jun 2016 06:03 AM PDT

Salah satu pembaruan yang akan Apple hadirkan dalam iOS 10 di musim gugur (sekitar September – November) mendatang adalah menyingkirkan aplikasi Game Center dari iPhone dan iPad. Penjelasan ini disampaikan oleh Apple dalam sebuah presentasi di ajang Worldwide Developer Conference (WWDC) 2016 baru-baru ini.

Game Center adalah sebuah aplikasi bawaan iOS yang didesain sebagai platform sosial untuk para gamer di perangkat portabel buatan Apple. Lewat Game Center, kamu dapat mengajak pengguna iOS lain untuk memainkan suatu game tertentu, beradu pencapaian skor dengan sesama teman maupun pemain dari seluruh dunia, serta memajang beragam achievement yang diperoleh dari bermain game.

Sering bermasalah

Walaupun memiliki ragam kegunaan yang cukup fungsional, namun tampaknya tidak banyak orang yang memanfaatkan fitur-fitur dalam aplikasi Game Center secara maksimal. Setidaknya saya dan sesama pengguna iOS di sekitar mengaku hampir tidak pernah membuka aplikasi tersebut di perangkat masing-masing.

Selain itu, cukup sering juga terdapat laporan kesulitan yang dialami oleh pengguna saat berusaha menggunakan fitur-fitur Game Center. Aplikasi Game Center di iOS 9 bahkan disebut-sebut memiliki bug yang menjengkelkan, hingga membuat Apple merilis update iOS guna memperbaiki masalah tersebut.

Tidak heran bila kemudian banyak developer yang menyediakan alternatif selain Game Center untuk menghadirkan fitur sosial dalam karya masing-masing. Salah satu alternatif paling populer yang diberikan developer adalah menghadirkan opsi menghubungkan game dengan akun Facebook.

Tidak sepenuhnya mati

Apple Game Center Messages Based Invite | Screenshot

Sumber foto: Apple Insider

Walau aplikasi Game Center akan dihilangkan dalam iOS 10, bukan berarti Apple menghentikan fitur sosial berbasis iCloud tersebut sepenuhnya. Mereka mengubah pendekatan manajemen fitur sosial berbasis iCloud yang selama ini dipusatkan dalam Game Center dengan melakukan desentralisasi ke aplikasi game masing-masing.

Dengan demikian, kamu yang masih ingin melakukan log in dalam suatu game dengan akun Apple ID akan tetap dapat menggunakannya seperti sedia kala. Namun, bila ingin mengundang teman untuk bermain game yang sama, melihat posisi di leaderboard, hingga mengecek achievement apa saja yang sudah diterima, kamu bisa langsung melakukannya dari dalam game tanpa perlu menuju aplikasi Game Center seperti saat ini.

Notifikasi pesan yang selama ini muncul di aplikasi Game Center akan diganti dengan teks lewat aplikasi Messages bawaan iOS. Developer yang terlanjur menggunakan Invitation API di Game Center tidak perlu khawatir dengan perubahan ini, sebab Apple mengklaim undangan yang selama ini disampaikan lewat Game Center akan secara otomatis diganti dengan teks dalam Messages.

Makin menyerupai Android

Google Play Games Services | Photo

Sumber foto: PC World

Keputusan untuk meniadakan aplikasi Game Center ini menurut saya membawa iOS makin mirip dengan Android. Google selama ini menawarkan fitur serupa lewat layanan Google Play miliknya yang berbasis Google ID. Para pengguna Android dapat melakukan log in dan menikmati fitur sosial maupun cloud dengan menggunakan Google ID masing-masing.

Ada suatu masa di mana Google berusaha “meniru” Apple dengan mendesain sistem operasi Android miliknya agar menyerupai iOS. Layanan Google Play Games dengan fitur cloud maupun leaderboard yang kini hadir di Android pun dibuat setelah Apple mengumumkan Game Center. Namun, dengan perkembangan yang disampaikan oleh Apple akhir-akhir ini, apakah tren tersebut telah berbalik arah?

Sumber: Apple Insider, Pocket Gamer

(Diedit oleh Mohammad Fahmi; Sumber gambar: TechCrunch)

The post Apple Akan Hapus Aplikasi Game Center dari iOS 10 dan Ambil Pendekatan Mirip Google appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Tembus 100 Juta Pengguna, Spotify Masih Merugi

Posted: 21 Jun 2016 03:00 AM PDT

Spotify mengumumkan bahwa mereka mencapai rekor baru. Angka pengguna di seluruh dunia layanan streaming musik ini capai 100 juta orang. Angka tersebut merupakan kenaikan sebesar 33 persen dari 75 juta pengguna di periode sebelumnya.

Peningkatan pengguna dinilai sebagai bukti keberhasilan Spotify dalam mempertahankan eksistensinya di bisnis streaming musik yang masih berkembang, terlebih dengan kehadiran Apple Music yang menjadi salah satu pesaing terberatnya.

Daya tarik Spotify adalah adanya periode uji coba gratis selama 30 hari bagi pengguna. Dengan fitur tersebut, jumlah pengguna premium berbayar naik 30 juta orang dalam kurun waktu beberapa bulan.

Apa saja perbedaan Spotify dengan layanan streaming musik lainnya? Simak ulasannya di sini!

Selain itu, biaya berlangganan yang ditawarkan Spotify juga lebih rendah ketimbang Apple Music, yakni sebesar Rp50.000 per bulan. Sedangkan Apple Music mengenakan biaya Rp69.000 per bulan dan Rp109.000 per bulan untuk paket keluarga.

Namun sayangnya layanan yang beroperasi sejak 2006 ini masih terus mengalami kerugian. Hal ini dikarenakan 80 persen dari keuntungan Spotify harus dibayarkan untuk royalti kepada label, artis, dan produser.

Spotify juga melaporkan kerugian operasional sebesar US$209 juta (sekitar Rp2,7 triliun) di 2015. Sementara di 2014, perusahaan melaporkan kerugian sebesar US$186,8 juta (sekitar Rp2,4 triliun).

Kerugian yang terus dialami membuktikan bahwa persaingan antar layanan streaming musik semakin ketat dan memanas. Untuk memenangkan persaingan di Indonesia, Spotify menggandeng Indosat Ooredoo untuk memuluskan jalur ekspansinya ke dalam negeri sejak Maret 2016 silam.

(Diedit oleh Fadly Yanuar Iriansyah)

The post Tembus 100 Juta Pengguna, Spotify Masih Merugi appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Final League of Legends Garuda Series Musim Ini Akan Lebih Mewah dan Bergengsi

Posted: 21 Jun 2016 02:48 AM PDT

Setelah sukses dengan acara final League of Legends Garuda Series (LGS) Season 6 bulan Maret lalu, Garena Indonesia kembali akan menyajikan acara serupa untuk final LGS musim ini. Berbeda dengan ajang LGS yang sudah-sudah, kali ini Garena menyajikan LGS yang sedikit berbeda dengan perubahan nama serta acara final yang lebih mewah dan bergengsi.

Mengikuti standar esport internasional, LGS kini disajikan mengikuti perubahan musim di bumi belahan utara. Kalau musim lalu LGS masih menggunakan angka, selanjutnya LGS akan dibagi ke dalam musim panas, musim gugur, musim dingin, serta musim semi. LGS musim ini yang sudah berjalan sejak bulan Mei lalu digelar dengan nama “2016 Garena League of Legends Garuda Series Summer Split,” atau disingkat LGS Summer 2016.

League of Legends Garuda Series | Screenshot 1

Perubahan nama juga diiringi dengan perubahan format pertandingan. Bila musim lalu ada sepuluh tim yang bertanding, kali ini hanya delapan tim saja yang akan saling berebut gelar. Kedelapan tim harus bertanding dalam babak liga (round robin) selama tujuh minggu, kemudian empat tim teratas akan masuk ke babak play-off di bulan Juli nanti. Delapan tim tersebut adalah:

  • Kanaya Gaming (juara bertahan)
  • Revival Esports
  • PWN Esports (dahulu Zero Latitude)
  • Fortius (dahulu Jakarta Juggernauts)
  • Terserah
  • Phoenix K-Squad (dahulu Ang Kimotti)
  • Kaliantusa
  • INFL.GG

Dua tim pemenang play-off akan maju ke acara final akbar yang berlangsung pada tanggal 30 Juli di Balai Sarbini, Jakarta. Balai Sarbini dipilih dengan pertimbangan kapasitas pengunjung yang lebih besar, lokasi lebih strategis, serta reputasi yang lebih prestise.

"Balai Sarbini merupakan salah satu tempat prestisius yang telah menggelar berbagai macam acara hiburan, dan kami yakin esport memiliki tempat di sana," ujar Tribekti Nasima, Esports Associate dari Garena Indonesia.

League of Legends | Screenshot 1

Kamu dapat menyaksikan pertandingan LGS Summer 2016 lewat channel YouTube League of Legends Indonesia. Di channel tersebut, Garena juga menyediakan live streaming kompetisi League of Legends Champions Korea, dan akan menambah siaran kompetisi dari negara-negara lain nantinya. Bila kamu berminat menghadiri acara final akbar LGS Summer 2016, kamu bisa mendaftar lewat situs resmi LGS di tautan di bawah.

Melalui League of Legends, Garena Indonesia berkomitmen meningkatkan kualitas esport di Indonesia dari segala aspek. Mulai pengembangan komunitas, manajemen kompetisi, serta kualitas produksi acara. Harapannya ke depan esport Indonesia bisa lebih baik lagi, dan tidak kalah dengan dunia esport luar negeri. Sekarang pertanyaannya, game sebelah kapan menyusul, nih?

Situs Web: 2016 Garena LGS Summer – The Finals

(Diedit oleh Fadly Yanuar Iriansyah)

The post Final League of Legends Garuda Series Musim Ini Akan Lebih Mewah dan Bergengsi appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Tiketbusku Bantu Warga Makassar Pesan Tiket Mudik Secara Online

Posted: 21 Jun 2016 02:12 AM PDT

Menjelang hari raya Idulfitri, ada tradisi yang rutin dilakukan oleh masyarakat Indonesia, yaitu pulang ke kampung halaman alias mudik. Karena begitu banyaknya orang yang akan melakukan perjalanan, biasanya akan sulit mendapatkan tiket transportasi pada saat tersebut.

Untuk mengatasi hal itu, di kota Makassar kini telah hadir sebuah startup penjualan tiket bus yang bernama Tiketbusku. Dengan situs yang mereka siapkan, kamu bisa memesan tiket bus secara online untuk mudik dari kota Makassar ke kota-kota lain di Sulawesi seperti Palopo, Bone-Bone, Mamuju, Topoyo, Toraja, Palu, dan Manado.

Setelah memilih bus sesuai kota tujuan dan tanggal yang kamu inginkan, kamu juga bisa menentukan tempat duduk pilihan kamu di bus tersebut. Setelah melakukan pembayaran lewat transfer ATM, kamu akan mendapat e-ticket yang harus ditunjukkan saat kamu akan naik ke dalam bus.

Berawal dari bangku kuliah

Tampilan Situs Tiketbusku | Screenshot

Kasman Suherman, CEO dari Tiketbusku, menceritakan kalau sewaktu kuliah di jurusan Teknik Informatika UIN Alauddin Makassar, ia sempat aktif mengikuti kompetisi di bidang hardware dan software. “Beberapa kali saya berhasil menjadi juara. Namun saya merasa risih karena belum bisa membuat sesuatu yang bermanfaat bagi orang banyak,” ujar Kasman kepada Tech in Asia.

Sejak itulah, Kasman mempunyai ide untuk membuat situs pemesanan tiket bus demi memudahkan masyarakat di kota Makassar yang ingin bepergian ke luar kota. Ia pun menggandeng Maghfirah Suyuti (CTO) dan Lukman (COO), untuk mulai serius menggarap Tiketbusku.

“jika mereka tidak menerima teknologi dari kami, maka akan ada pihak asing yang datang dan menguasai bisnis ini”

Kasman pun mulai menjalin kerja sama dengan beberapa perusahaan bus (PO), hingga saat ini telah ada tujuh PO yang tiketnya bisa dipesan secara online di Tiketbusku. Mereka adalah Piposs, Bintang Marwah, Kharisma, Mega Mas, Garuda, Litha, dan Cahaya Bone. “Kami berusaha memberi edukasi kepada para perusahaan bus tersebut, jika mereka tidak menerima teknologi dari kami, maka akan ada pihak asing yang datang dan menguasai bisnis ini,” ujar Kasman.

Demi memuluskan operasional mereka, Tiketbusku pun menjalin kerja sama dengan Perusahaan Daerah (PD) Terminal Makassar. Hal ini mungkin merupakan alasan mengapa Tiketbusku bisa tetap aman dari gangguan pihak-pihak lain. “Sejauh ini, belum ada hambatan yang datang dari para calo atau semacamnya,” jelas Maghfirah.

Puluhan tiket terjual setiap minggu

Tampilan Tiketbusku | Ilustrasi

Kasman mengakui kalau sampai saat ini ia masih menjalankan Tiketbusku secara bootstrap. “Kami belum mempunyai investor, semua biaya yang kami keluarkan berasal dari dana pribadi,” ujar Kasman.

Terkait dengan model bisnis Tiketbusku, Kasman menyatakan kalau ia belum menarik komisi untuk setiap tiket yang terjual. “Sejak awal Tiketbusku memang kami buat sebagai kontribusi kami untuk kota Makassar. Namun tidak menutup kemungkinan kalau kami akan menarik komisi untuk pembiayaan sistem kami di kemudian hari,” jelas Kasman.

Simak ulasan tentang berbagai startup di Indonesia yang menjual tiket bus secara online di sini

Setiap minggunya, Tiketbusku bisa menjual sekitar 25 hingga 50 tiket bus. “Angka tersebut naik sekitar 30 persen selama bulan Ramadan,” jelas Maghfirah.


Di Indonesia sendiri sebenarnya sudah ada beberapa situs yang menyediakan pembelian tiket bus secara online seperti BosBis, AyoBis, dan EasyBook. Namun sejauh ini baru BosBis yang telah mengembangkan bisnis ke kota Makassar.

Dengan menjalin kerja sama dengan otoritas terkait dan hanya fokus di kota Makassar, Tiketbusku punya peluang untuk mengembangkan bisnis mereka di kota asal mereka tersebut. Sayangnya, dengan hanya beroperasi di kota Makassar, Tiketbusku jadi tidak bisa menjual tiket bus dari kota lain menuju Makassar.

(Diedit oleh Mohammad Fahmi; Sumber gambar: Ciptonesia)

The post Tiketbusku Bantu Warga Makassar Pesan Tiket Mudik Secara Online appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Raih Pendanaan Seri A, Loket Siap Dominasi Pasar Pertunjukan di Indonesia

Posted: 21 Jun 2016 01:00 AM PDT

Ranah hiburan tampaknya masih menjadi lini bisnis yang menjanjikan di tanah air. Perusahaan teknologi manajemen, tiket, dan analitis acara Loket, pada tanggal 21 Juni 2016 mengumumkan perolehan pendanaan Seri A dari Sovereign’s Capital, yang juga diikuti oleh East Ventures.

Besaran pendanaan yang diperoleh tidak disebutkan, namun CEO Loket Edy Sulistio mengatakan kepada Tech in Asia kalau pihaknya menargetkan untuk mendominasi pasar Indonesia dengan perolehan pendanaan ini. “Kami ingin bisa meraih pasar yang selama ini belum berhasil kami jangkau,” jelasnya.

Sampai saat ini, Loket mengklaim telah menguasai delapan puluh persen pangsa pasar dari seluruh konser musik live kelas atas di Indonesia. Di antara acara-acara besar yang telah bekerja sama dengan Loket adalah konser Katy Perry dan One Direction di Indonesia, Djakarta Warehouse Project, dan Dreamfields Festival.

Memasyarakatkan gelang RFID

Loket Gelang RFID | Foto

Bila kamu belakangan ini cukup sering datang ke berbagai event, seperti konser atau konferensi bertaraf internasional, gelang RFID (radio-frequency identification) cukup sering digunakan. Beberapa manfaat dari gelang ini adalah untuk mengontrol akses masuk, aktivasi brand, sistem pembayaran tanpa uang tunai, hingga analisis big data.

“Kami ingin membuat orang bisa lebih menikmati event melalui teknologi. Demi mewujudkan hal tersebut, kami harus memantau kepuasan konsumen secara menyeluruh. Salah satunya adalah melalui RFID,” jelas Edy.

Pertunjukan musik ternyata menyimpan potensi yang besar untuk startup teknologi. Simak ulasannya di sini

Hingga pertengahan tahun 2016, Loket mengklaim telah berhasil mendistribusikan lebih dari 500.000 gelang RFID di seluruh Indonesia. Rencananya, akan ada lebih dari 500.000 gelang RFID berikutnya yang akan didistribusikan hingga akhir tahun ini.

Setelah berjalan sekitar tiga tahun, Loket mengaku telah memiliki aliran dana yang positif di Indonesia. “Saat ini, Loket sudah digunakan di berbagai kota, seperti Jakarta, Bali, Bandung, Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Balikpapan, dan Samarinda,” ujar Edy.

Proses pendanaan yang cepat

Loket Penggunaan RFID | Foto

Cara penggunaan gelang RFID

Berbagai hal positif tersebut menjadi alasan kuat bagi Sovereign’s Capital untuk kemudian berinvestasi di Loket. “Kami yakin sistem pengelolaan acara dan tiket bisa menjadi inovasi mutakhir untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan menghindari penipuan. Loket telah menampilkan traksi dan kepemimpinan yang kuat di area ini,” ujar Luke Roush, Managing Principal dari Sovereign’s Capital.

Edy menyatakan bahwa proses investasi ini berjalan cukup singkat. Hal tersebut disebabkan hubungan yang telah lama terjalin di antara mereka. “Visi dan misi mereka ternyata cocok dengan kita, dan mereka bisa membawa banyak strategic value. The rest is history,” jelas Edy.

(Diedit oleh Iqbal Kurniawan)

The post Raih Pendanaan Seri A, Loket Siap Dominasi Pasar Pertunjukan di Indonesia appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Game Rhythm Bertemakan Cinta dan Kanker Ini Meluncur ke Steam Greenlight

Posted: 21 Jun 2016 12:04 AM PDT

Ada kabar gembira untuk para pemain Lost in Harmony. Dalam rangka menyambut Hari Musik Internasional yang jatuh pada tanggal 21 Juni, Digixart merilis sebuah fitur baru untuk Lost in Harmony bernama Automatic Generator. Fitur ini merupakan pembaharuan dari editor level yang selama ini sudah ada di game rhythm naratif tersebut.

Sesuai namanya, dengan Automatic Generator kita bisa membuat level sendiri secara otomatis dengan satu tombol saja. Algoritma khusus yang dibuat Digixart akan menganalisa file lagu milikmu kemudian merancang level sesuai karakteristik lagu tersebut. Nantinya level baru ini juga bisa kamu edit secara manual menggunakan editor yang sudah ada.

Lost in Harmony | Screenshot 1

Lost in Harmony | Screenshot 2

Selain menambah fitur baru, Digixart juga sedang mengusahakan Lost in Harmony supaya bisa rilis di platform lain. Sebelumnya game ini sudah dirilis untuk Amazon, dan sekarang mereka telah memulai kampanye Steam Greenlight untuk merilis Lost in Harmony di Steam. Kamu bisa ikut melakukan voting lewat tautan di akhir artikel ini.

Beda dengan versi smartphone yang menggunakan kontrol layar sentuh, versi PC memiliki skema kontrol khusus yang dirancang untuk gamepad serta mouse/keyboard. Tak lupa kualitas visual dan audio juga ditingkatkan. Kamu bisa menikmati petualangan Kaito dalam usaha menyembuhkan penyakit adiknya dalam resolusi HD.

Lost in Harmony memiliki lagu-lagu yang digubah komponis pemenang Grammy Award lo!

Lost in Harmony versi Steam akan dirilis dengan dukungan lokalisasi empat belas bahasa, mulai dari bahasa Inggris, Jepang, Rusia, sampai Turki. Bila kamu pengguna PC atau Mac yang suka game rhythm dan endless runner, namun juga ingin game yang mengandung cerita menarik, jangan lupa voting agar Lost in Harmony bisa kita nikmati di Steam.

Steam Greenlight: Lost in Harmony

App Info
Lost in Harmony
Digixart Entertainment -  Jan 20, 2016
Genre:  Games, Adventure, Music, Entertainment
Size:  382.32 MB
Installs:  N/A
Rp. 59.000
Download

(Diedit oleh Mohammad Fahmi)

The post Game Rhythm Bertemakan Cinta dan Kanker Ini Meluncur ke Steam Greenlight appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Asosiasi Modal Ventura Indonesia Luncurkan Pusat Pengembangan Startup di Jakarta

Posted: 21 Jun 2016 12:00 AM PDT

Tidak bisa dimungkiri kalau selama beberapa tahun terakhir ekosistem startup Indonesia sedang tumbuh dan berkembang dengan pesat. Untuk terus menjaga pertumbuhan tersebut, tentunya diperlukan dukungan dari berbagai pihak. Atas dasar itulah Asosiasi Modal Ventura Indonesia (AMVI) berinisiatif membentuk Startup Development Center (SDC).

SDC, yang digarap bersama Asosiasi Perusahaan Penjamin Indonesia (ASIPPINDO), KADIN (Kamar Dagang dan Industri) Indonesia Bidang Modal Ventura, dan Asosiasi Digital Enterprise Indonesia (ADEI), dibentuk untuk membantu pelaku startup bisnis, baik yang baru berdiri maupun yang sudah berjalan. Selain sebagai tempat pembelajaran dan pelatihan, pelaku startup juga berkesempatan untuk mendapatkan akses kepada berbagai sumber daya pendukung lainnya.

"Inisiatif ini perlu dukungan berbagai pihak. Karena kalau ingin mencapai tujuan yang sama, perlu waktu yang lebih lama dan effort yang lebih besar jika kita berjalan sendiri-sendiri," ujar Ketua Umum AMVI Andi Buchari, saat soft launching SDC di Jakarta belum lama ini.

Jaminan untuk startup yang mencari pendanaan

Peluncuran Startup Development Center oleh AMVI di Jakarta | Image

Suasana soft launching SDC. Sumber gambar: Bisnis Wisata

Digandengnya ASIPPINDO dalam inisiatif ini bukan tanpa alasan. Menurut Andi, AMVI akan memfasilitasi agar pendanaan yang diberikan oleh VC ke startup dijamin oleh lembaga penjamin. Tujuan penjaminan ini adalah untuk meminimalkan risiko kegagalan startup.

Andi mengatakan, AMVI juga sedang mengajukan usulan ke pemerintah untuk membangun venture fund dengan two-tier scheme. Artinya dana bisa dialirkan langsung ke startup, atau bisa juga diberikan kepada lembaga-lembaga keuangan.

Menurut Harjono, dana tersebut dari lembaga keuangan disalurkan ke startup, baik dalam bentuk ekuitas atau pinjaman produktif. Kemudian pinjaman ini akan dijamin oleh Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo).

Pembinaan yang dilakukan oleh SDC

Ilustrasi mentoring startup | Image

Sumber gambar: Selular.id

Dalam prakteknya, SDC memiliki tiga fungsi. Pertama adalah sebagai startup education center. Di sini startup akan diberikan pelatihan, mentoring, dan monitoring kinerja bisnisnya. Kedua adalah sebagai inkubator, yaitu memberikan pembinaan kepada startup yang masih pemula untuk dapat tumbuh dengan fondasi bisnis yang mantap.

Lalu terakhir adalah fungsinya sebagai akselerator. SDC akan memberikan pembinaan kepada startup yang sudah berjalan, sehingga mereka dapat tumbuh lebih sehat dan mendapatkan dukungan dari ekosistem yang diperlukan. "Siapa saja bisa bergabung. Asalkan punya ide bagus, startup akan dibina di sini," ujar Riawan Paramarta, salah satu dewan pengurus AMVI.

Sedang mencari akselerator dan inkubator untuk startup yang sedang kamu bangun? Kamu bisa cek daftar lengkapnya di sini

Menurut AMVI, mentor yang akan memberikan materi berasal dari praktisi yang berkecimpung di startup teknologi Indonesia. Beberapa di antaranya adalah Diajeng Lestari (CEO HijUp), Shinta Wardoyo (Founder Bubu), serta tim dari KADIN Indonesia, ADEI, dan AMVI sendiri.


Lokasi SDC saat ini terletak di Escape Coffee, Dharmawangsa, Jakarta Selatan. Ke depannya, SDC juga akan dibuka di kota-kota lainnya di Indonesia, termasuk di institusi pendidikan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai SDC, kamu dapat menghubungi AMVI lewat tautan ini.

(Diedit oleh Iqbal Kurniawan)

The post Asosiasi Modal Ventura Indonesia Luncurkan Pusat Pengembangan Startup di Jakarta appeared first on Tech in Asia Indonesia.

10 Game Android Terbaik Buatan Developer Indonesia versi Tech in Asia

Posted: 20 Jun 2016 11:00 PM PDT

Seiring berjalannya waktu, perkembangan industri game tanah air semakin dimeriahkan dengan berbagai judul game baru yang memberikan warna tersendiri bagi belantika game Indonesia. Guna merangkum geliat developer lokal di platform Android sejauh ini, kami hadirkan daftar sepuluh game terbaik karya anak bangsa versi Tech in Asia Indonesia.

Memilih sepuluh dari sekian banyak game lokal bagus jelas bukanlah perkara mudah. Jika kamu merasa ada kandidat game favoritmu yang perlu masuk ke dalam daftar terbaik ini, silakan manfaatkan kolom komentar di bawah. Selamat membaca!

An Octave Higher

An Octave Higher adalah visual novel buatan developer Kidalang dengan penggambaran cerita begitu mendalam dan kualitas yang tak kalah dibandingkan game serupa buatan developer luar negeri. Game ini mengisahkan sebuah dunia di mana sihir telah mengubah industri dan memaksa tatanan masyarakat baru yang dibedakan dengan akses mereka terhadap sihir. Kaum majikan yang mempunyai akses ke ramuan sihir cenderung menindas kaum lemah yang hanya dijadikan buruh di zaman “revolusi industri sihir”.

Meski penyampaian cerita dari tiga perspektif karakter bukanlah sebuah konsep game visual novel yang terbilang baru, namun Kidalang berhasil menyajikannya dengan nyaris sempurna. Setiap konflik batin yang dialami tiga karakter mencerminkan cerita yang menarik untuk diikuti. Jika kamu menyukai game bergenre visual novel, maka An Octave Higher jelas menjadi karya anak bangsa yang wajib kamu mainkan di Android.

Review An Octave Higher – Revolusi Sosial Penuh Sihir

App Info
An Octave Higher
Active Gaming Media Inc. -  Apr 30, 2015
Genre:  Role Playing
Size:   219M
Installs:   50 - 100
92,262
Download

Seri Chain

Chain Series | Screenshot

Ramen Chain adalah salah satu game yang ikut melambungkan nama Touchten tahun 2013 silam hingga kini dikenal sebagai developer asal Indonesia yang bersaing di kancah internasional. Game tersebut merupakan sekuel dari Sushi Chain yang dirilis di iOS tahun 2009.

Seolah tak puas dengan keberhasilan Sushi Chain dan Ramen Chain saja, Touchten tahun lalu juga kembali meremajakan game tersebut lewat Ramen Celebrity yang merupakan hasil kerja samanya dengan situs media sosial bernuansa humor yaitu 9GAG.

Kemunculan Warung Chain meneruskan keberhasilan Ramen Chain sebagai salah satu game time management terbaik yang kali ini digarap khusus untuk audiens lokal. Touchten tak hanya mempertahankan kualitas mereka sebagai pembuat game time management menarik yang bisa bersaing global, tapi juga cermat dalam menangkap keunikan cita rasa makanan daerah dan menampilkannya dengan visual yang menggugah selera.

App Info
Ramen Chain
Touchten -  Dec 18, 2013
Genre:  Action
Size:   40M
Installs:   1,000,000 - 5,000,000
Gratis
Download
App Info
9GAG Ramen Celebrity
9GAG -  Jul 28, 2015
Genre:  Simulation
Size:   42M
Installs:   500,000 - 1,000,000
Gratis
Download
App Info
Warung Chain: Go Food Express
Touchten -  Jun 05, 2016
Genre:  Arcade
Size:   39M
Installs:   1,000,000 - 5,000,000
Gratis
Download

Target Acquired

Setelah melalui masa penggalangan dana yang cukup mendebarkan di Kickstarter, akhirnya Target Acquired buatan Touchten benar-benar memenuhi misinya menjadi alternatif game run-and-gun ala Mega Man yang seru untuk dimainkan lewat perangkat mobile.

Kamu berperan sebagai Yura Anders, seorang polisi wanita, yang ditugaskan menangkap sosok penjahat genius bernama Cammy Iyuka. Berbekal senjata blaster yang menempel di tangannya, kamu akan berlari sambil menembaki kawanan robot jahat yang diperintah Cammy untuk menghalangi pengejaranmu.

Lewat permainannya yang menggabungkan runner dengan aksi baku tembak ala Mega Man, Target Acquired menguji seberapa bagus refleks jari kamu dalam rangkaian misi yang begitu menantang. Lantas apakah dari segi tingkat kesulitan game, Target Acquired bisa menandingi susahnya permainan Mega Man? Coba saja kamu baca ulasan lengkapnya di tautan berikut ini.

Review Target Acquired – Mega Man Akan Bangga dengan Tingkat Kesulitan Game Ini

App Info
Target Acquired
Touchten -  Mar 15, 2016
Genre:  Action
Size:   57M
Installs:   100,000 - 500,000
Gratis
Download

Tebak Gambar

Tebak Gambar adalah game lokal yang wajib dicoba para penggemar permainan trivia dan asah otak ringan. Sesuai judulnya, di sini kamu ditantang untuk menebak sebuah rangkaian kalimat berdasarkan komposisi gambar yang diperlihatkan pada bagian layar.

Walau kelihatannya cukup mudah, namun kita benar-benar dituntut jeli dalam menebak komposisi gambar yang ada. Bahkan terkadang karena saking sulitnya, game Tebak Gambar memancing rasa penasaran kita hingga akhirnya terus terbayang lalu mendiskusikan pertanyaan tersebut dengan teman-teman. Faktor inilah yang membuat game Tebak Gambar kemudian sukses dan berhasil menembus posisi empat besar dalam Google Play Store untuk kategori game gratis terlaris di Indonesia.

App Info
Tebak Gambar
Tebak Gambar -  Jan 25, 2016
Genre:  Puzzle
Size:   13M
Installs:   5,000,000 - 10,000,000
Gratis
Download

BIllionaire

Ada yang kurang dalam daftar ini jika belum memasukkan nama Alegrium saat membicarakan game terbaik buatan developer Indonesia. Developer yang dikenal lewat game Icon Pop Quiz ini selalu menghasilkan karya yang menarik dari segi kemasan serta presentasi gameplay, dan kualitas itu pun terus berlanjut hingga ke game terbaru mereka Billionaire.

Billionaire pada dasarnya adalah game sederhana dengan satu tujuan utama, yaitu menjadi orang paling kaya yang merajai beberapa sektor bisnis sekaligus. Game manajemen ini mengajarkan kita untuk belajar melipatgandakan peluang keuntungan bisnis dengan berekspansi ke beberapa jenis perniagaan, mulai dari berjualan lemon, tukang bungkus kado, biro perjalanan, hingga menjadi juragan minyak.

Bagian menarik yang membuat Billionaire begitu membekas adalah visualisasi bisnisnya yang terlihat indah, dan juga kesederhanaan desain antarmuka yang minimalis. Tampilan Billionaire yang mirip dengan model desain material ini kemudian sukses membawanya sebagai salah satu game terbaik versi Tech in Asia.

Review Billionaire – Siapkan Power Bank/Charger Sebelum Mulai Memainkannya!

App Info
Billionaire.
Alegrium -  Mar 30, 2016
Genre:  Strategy
Size:   31M
Installs:   1,000,000 - 5,000,000
Gratis
Download

Seri Icon Pop

Alegrium merilis Icon Pop Quiz tahun 2012 lalu yang menghadirkan keseruan bermain game trivia. Menebak deretan ikon simpel yang jawabannya membuat kita berpikir panjang sambil ditemani celoteh tawa teman-teman adalah efek permainan yang membuat game ini sangat menyenangkan.

Walaupun pengembangan konten Icon Pop Quiz sudah tidak dilanjutkan lagi oleh Alegrium, namun developer asal kota Jakarta ini tetap melanjutkan keunikan gameplay Icon Pop Quiz lewat iterasi berikutnya seperti Icon Pop BrandLetter Pop Mania, dan Icon Pop Song.

Icon Pop Song sendiri layak disebut sebagai penerus spiritual Icon Pop Quiz yang hadir dengan pendekatan berbeda. Meskipun mengusung trivia musik, namun kesederhanaan tampilannya yang minimalis akan mampu membangkitkan kenangan bermain Icon Pop Quiz bertahun-tahun lalu.

App Info
Icon Pop Quiz
Alegrium -  Jul 11, 2013
Genre:  Casual
Size:   17M
Installs:   1,000,000 - 5,000,000
Gratis
Download
App Info
Icon Pop Brand
Alegrium -  Jul 11, 2013
Genre:  Casual
Size:   6.5M
Installs:   500,000 - 1,000,000
Gratis
Download
App Info
Icon Pop Song
Alegrium -  Feb 23, 2016
Genre:  Trivia
Size:   39M
Installs:   500,000 - 1,000,000
Gratis
Download

Seri Armor Academy

Tahun 2015 kemarin, industri game Indonesia diwarnai kolaborasi menarik dari beberapa studio game tanah air yang tergabung di bawah nama Koalisi Kemakmuran. Kerja sama yang diinisiasi Toge Productions dan melibatkan sederet studio lokal seperti Amagine Interactive, Creacle Studio, Mojiken, dan lainnya ini lalu menghasilkan tiga game puzzle menarik dalam seri Armor Academy.

Sesuai judulnya, trilogi game Armor Academy seolah menjadi akademi untuk melatih fokus otakmu melalui serangkaian mini game arcade yang mengandalkan logika sederhana, mulai dari menyusun bentuk, menghitung objek, dan menebak berat suatu benda.

Selain mode single player, Armor Academy juga memungkinkan kamu untuk bermain melawan pemain lain dalam mode multiplayer melalui layanan Nextpeer. Gameplay yang mereka sajikan tidak berubah, namun kamu sekarang diajak untuk mengadu skor bersama pemain lainnya guna membandingkan siapa yang mempunyai otak paling encer.

App Info
Armor Academy Shape It Up!
Armor Games -  Mar 30, 2016
Genre:  Puzzle
Size:  N/A
Installs:   100,000 - 500,000
Gratis
Download
App Info
Armor Academy Sum It Up!
Armor Games -  Nov 17, 2015
Genre:  Puzzle
Size:   23M
Installs:   1,000 - 5,000
Gratis
Download
App Info
Armor Academy Weight It Up!
Armor Games -  Dec 16, 2015
Genre:  Puzzle
Size:   28M
Installs:   1,000 - 5,000
Gratis
Download

Shaman Showdown

Langkah Sinergi Studio menggabungkan permainan line defense dengan puzzle yang seru membuat Shaman Showdown layak mengisi kategori puzzle match-three dalam daftar terbaik ini. Dengan penggabungan gameplay ini, Shaman Showdown tak hanya memodifikasi sisi permainan line defense agar semakin terasa taktis, tapi juga dipenuhi kejutan acak yang membuatnya berbeda dengan game sejenis di luar sana.

Tak hanya sampai di situ saja. Sinergi Studio juga menghadirkan aneka monster “arwah”, mulai dari hantu lokal seperti kuntilanak, jenglot, hingga monster bertaraf internasional seperti zombi, lich, dan banyak lagi.

Dengan mengandalkan kelebihan dan kekurangan arwah tersebut, kamu diajak berstrategi dengan kuantitas monster yang diterjunkan ke medan perang. Kamu bisa mengeroyok musuhmu dengan monster lemah yang banyak, atau justru menyerangnya dengan monster tangguh yang jumlahnya sedikit tapi efektif.

Review Shaman Showdown – Menjadi Pengendali Arwah Terkuat di Negeri Astral

App Info
Shaman Showdown-StrategyPuzzle
Sinergi Studio -  May 02, 2016
Genre:  Strategy
Size:   78M
Installs:   500 - 1,000
Gratis
Download

Mini Racing Adventures

Mini Racing Adventures adalah game balap mobil satu jalur ala Trials yang sukses diunduh jutaan pemain di seluruh dunia. Game buatan developer lokal bernama Minimo ini tak hanya menyajikan aksi drag race yang solid tapi juga aksi mengarungi halang rintang yang begitu menantang, lengkap dengan berbagai variasi mode menarik di dalamnya.

Dalam game ini kamu bermain sebagai Martin Nitro Minimo atau yang disingkat dengan panggilan MnM. Sepanjang game kamu akan menghadapi sosok Omini Speedario yang bertindak sebagai musuh bebuyutanmu dalam Mini Racing Adventures.

Beberapa detail kecil dalam game ini menghadirkan kesan mewah yang membuat Mini Racing Adventures terkesan seperti dikerjakan oleh tim developer besar. Hal-hal minor seperti tampilan pohon dari kertas karton, animasi melambaikan tangan, serta ejekan kepada lawan yang tersalip saat balapan berlangsung membuat tampilan Mini Racing Adventures begitu semarak.

App Info
Mini Racing Adventures
Minimo -  May 14, 2016
Genre:  Racing
Size:   52M
Installs:   5,000,000 - 10,000,000
Gratis
Download

Inheritage: Boundary of Existence

Rasanya saya tak perlu panjang lebar untuk menjelaskan game lokal yang satu ini. Bagi kamu yang belum pernah mendengar INheritage: Boundary of Existence, ini adalah permainan shoot’em up jenis bullet hell buatan Tinker Games yang cukup kaya dengan nuansa lokal, baik itu dari segi latar lokasi permainan, cerita, dan lain-lain.

INheritage merupakan contoh menarik dari pengemasan game yang disajikan secara apik dengan pendekatan gambar anime buatan komikus lokal, Mukhlis Nur. Agar semakin kaya dengan nuansa lokal, Tinker Games turut menyertakan beberapa monumen kota Indonesia sebagai bagian latar belakang permainan, sehingga menambah wawasan kita ketika memainkan INheritage: Boundary of Existence.

Review INheritage: Boundary of Existence – Game Perdana Tinker Games yang Sangat Solid

App Info
INheritage: BoE
Tinker Games -  Jan 12, 2015
Genre:  Arcade
Size:   247M
Installs:   10,000 - 50,000
Gratis
Download

Itulah sepuluh karya developer Indonesia yang kami hadirkan dalam daftar pilihan game Android terbaik versi Tech in Asia Indonesia. Selain sepuluh yang telah disebutkan di atas, masih banyak lagi game Indonesia yang sangat menarik seperti Teka Teki Saku, Kuis Tegar, Number Rumble, Cumaceban, Must-a-MinePixel Superheroes Wannabe, dan beragam judul game lainnya.

Jangan lupa untuk terus mendukung game buatan Indonesia dengan cara memainkannya dan memberikan rating bagus di Play Store. Sampai bertemu lagi dalam daftar game terbaik berikutnya.

(Diedit oleh Iqbal Kurniawan)

The post 10 Game Android Terbaik Buatan Developer Indonesia versi Tech in Asia appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Ensogo Menutup Semua Lini Marketplace Miliknya di Asia Tenggara

Posted: 20 Jun 2016 10:51 PM PDT

Akibat terus merugi, Ensogo pada 21 Juni 2016 akhirnya mengumumkan penutupan semua marketplace miliknya di Asia Tenggara. Hal ini juga berdampak pada pemecatan karyawan.

Lebih lanjut, dalam keterangan resmi yang diterima Tech in Asia pihak Ensogo mengatakan bahwa:

Ensogo Australia tidak lagi menyediakan dana operasional untuk unit bisnis flash sale dan marketplace. Semua karyawan telah menerima informasi ini dan pihak Ensogo akan memberi pernyataan resmi kepada konsumen dalam beberapa waktu mendatang.

Pernyataan tersebut juga didukung oleh keputusan dari Co-Founder Kris Marszalek yang mengundurkan diri dari posisi CEO. “Keputusan ini diambil untuk menyelamatkan aset Ensogo untuk investasi di waktu mendatang.

Ensogo yang terdaftar di Bursa Efek Australia juga membuat pernyataan serupa di bursa saham. Perusahaan tengah bernegosiasi agar mereka tidak mengalami kerugian yang lebih besar lagi. 

Penjualan saham yang biasa terjadi pada tanggal 17 Juni harus ditunda terlebih dahulu sambil menunggu pengumuman lebih lanjut dari perusahaan.

Sebelum berganti nama menjadi Ensogo, dahulu mereka bernama iBuy. Unit bisnis mereka telah berekspansi ke Hong Kong, Singapura, Malaysia, Filipina, Indonesia, dan Thailand. Ensogo didirikan oleh Patrick Grove dari Catcha Group yang juga terlibat dalam pendirian iProperty dan iCar.

Pengumuman dari Ensogo ini merupakan lanjutan dari kabar buruk bagi perusahaan yang terus mengalami kemunduran dalam beberapa waktu. Bisnis Ensogo dimulai pada tahun 2013 dengan lini daily deals. Lalu pada akhir 2015, bisnisnya berubah menjadi mobile marketplace.

CEO Catcha Group Patrick Grove | Image

CEO Catcha Group Patrick Grove di Tech in Asia Singapore 2016

Daily Deals merupakan lini bisnis yang dipopulerkan oleh Groupon namun sayangnya tidak berhasil mencapai kesuksesan. Peluncuran ulang lini bisnis baru Ensogo menjadi upaya untuk memperkuat mereka sebagai  marketplace ritel di Asia Tenggara.

Dalam menjalankan bisnisnya di Asia Tenggara, Ensogo berkompetisi dengan Lazada, yang kini dimiliki oleh Alibaba. Salah satu penyebab terpuruknya Ensogo adalah kesulitan memberi kepercayaan kepada konsumen dan penjual dalam memasarkan produk di marketplace miliknya karena kepopuleran Lazada jauh mengungguli Ensogo.

Persaingan e-commerce di Asia Tenggara dikabarkan akan semakin memanas

Pihak Ensogo menyesali keputusan terlambatnya perusahaan mengambil langkah memusatkan bisnis di Singapura dan mengurangi karyawan lebih awal. Hal ini dianggap dapat memotong besarnya pengeluaran.

Pada bulan April 2016 lalu perusahaan dilaporkan baru mengambil langkah untuk mengurangi jumlah karyawan dari total 600 orang menjadi kurang dari 300 orang di awal tahun 2016.

Sebelumnya perusahaan telah mengantongi US$16,8 juta (Rp223 miliar) dari transaksi penjualan di marketplace miliknya. Sayangnya angka tersebut masih mengalami pengurangan dari pengeluaran perusahaan dan menyisakan hanya US$13,2 juta (sekitar Rp175 miliar). Kerugian yang semakin besar berpotensi membuat perusahaan kehabisan uang sebelum akhir tahun.

Ensogo melakukan ekspansi ke Indonesia pada November 2014 dengan menggandeng LivingSocial — sebelum akhirnya berganti nama. Sayangnya perkembangan bisnis mereka di tanah air juga mulai tidak terdengar kabarnya sejak 2015.

(Artikel ini pertama kali dipublikasikan oleh Judith Balea dalam bahasa Inggris. Isi di dalamnya telah diterjemahkan dan dimodifikasi. Diedit oleh Pradipta Nugrahanto)

The post Ensogo Menutup Semua Lini Marketplace Miliknya di Asia Tenggara appeared first on Tech in Asia Indonesia.

[Update] Kingdom of War – RPG dengan Elemen Taktis ala Dragon Age dari Gamevil

Posted: 20 Jun 2016 10:30 PM PDT

Update – 21 Juni 2016

Setelah soft launch di beberapa negara Asia, Gamevil rupanya juga telah membuka pintu akses Kingdom of War bagi gamer Android di wilayah Indonesia. Action RPG dengan elemen taktis yang dikemas dengan grafis menawan ini memerlukan ruang memori sebesar 848 MB, jadi pastikan kamu telah menyisakan ruang lebih untuk menikmati permainan Kingdom of War.

App Info
Kingdom of War
GAMEVIL -  Jun 14, 2016
Genre:  Role Playing
Size:   52M
Installs:   10,000 - 50,000
Gratis
Download

Artikel Asli – 8 Juni 2016

Petualangan fantasi bernuansa medieval atau abad pertengahan jelas bukanlah tema permainan yang baru lagi bagi sebuah game bergenre RPG, baik itu di console maupun platform mobile. Walau jumlah game semacam ini sudah cukup banyak, namun hal itu tidak menyurutkan langkah Gamevil untuk menerbitkan game action-RPG terbaru mereka yang berjudul Kingdom of War.

Kingdom of War sendiri merupakan game yang dikembangkan oleh Play Earth Studios dan kini sedang memasuki proses soft launch di beberapa negara seperti Kanada, Selandia Baru, dan Malaysia. Dengan mengangkat konflik di sebuah dunia yang selalu dilanda perang antar kerajaan, kamu akan bertualang untuk menghentikan sosok Lilith yang menjadi biang keributan di seluruh wilayah Kingdom of War.

Gameplay RPG Taktis yang cukup menjanjikan

Kingdom of War | Screenshot

Salah satu fitur utama yang membedakan permainan Kingdom of War dengan RPG mobile lainnya adalah elemen strategi ala Baldur’s Gate  yang disebut Tactical Mode. Dengan memanfaatkan empat ruang hero yang diberikan, kamu dituntut untuk bisa berpikir secara taktis menggunakan skema Tactical Mode ini demi meraih kemenangan di setiap level.

Mengaktifkan Fitur ini secara otomatis akan menghentikan waktu dan memberimu kesempatan untuk memosisikan sang hero agar terhindar dari zona serangan. Lewat mode ini juga, kamu bisa membidik monster yang lebih lemah terlebih dahulu seperti healer musuh atau pasukan penyihir mereka supaya kelompok pasukanmu terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

Keberadaan mode ini sedikit mengingatkan saya dengan permainan RPG yang dihadirkan Baldur’s Gate (juga penerus spiritualnya: Dragon Age). Walaupun lingkup areanya terbilang linear dan aksi yang dihadirkan tidaklah seekstensif game yang saya maksud, setidaknya Kingdom of War cukup memberikan saya gambaran bagaimana bila ada game mobile yang mengadopsi model permainan taktis dari dua serial RPG populer tersebut.

Kingdom of War | Screenshot 2

Selain keberadaan fitur Tactical Mode yang sudah dijelaskan tadi, Kingdom of War juga dibekali dengan kualitas grafis 3D yang cukup menarik, lengkap dengan penggambaran kesatria berbaju zirah besi yang tangguh serta tampilan monster yang terlihat cukup mengintimidasi lawan.

Sayangnya sejauh ini kita masih belum tahu kapan pastinya Kingdom of War akan diluncurkan secara global dan apakah nantinya game ini juga akan masuk ke wilayah Indonesia atau tidak. Apa pun itu yang jelas kehadiran Kingdom of War nanti patut kita perhitungkan juga ke dalam daftar game Android terbaru di setiap minggunya.

Google Play Store link: Kingdom of War, Gratis (soft launch Singapura)

(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto)

The post [Update] Kingdom of War – RPG dengan Elemen Taktis ala Dragon Age dari Gamevil appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Tumblr Siap Hadirkan Layanan Video Siaran Langsung demi Saingi Twitter dan Facebook

Posted: 20 Jun 2016 10:00 PM PDT

Hampir semua perusahaan teknologi besar saat ini telah menyediakan layanan video siaran langsung. Twitter telah memiliki Periscope, Google telah menyediakan fitur tersebut di YouTube, dan Facebook pun telah begitu serius dengan Facebook Live.

Kali ini, giliran platform blogging Tumblr yang ikut meluncurkan layanan serupa. Hal ini terungkap setelah mereka membuat sebuah halaman khusus dengan judul Live Video on Tumblr. Dalam halaman tersebut, disebutkan kalau mereka akan mulai menyiarkan video siaran langsung pada tanggal 21 Juni 2016.

Halaman itu menampilkan beberapa jadwal siaran langsung dengan judul-judul yang unik, seperti “Siaran Langsung dari Mars” dan “Mempelajari Kebenaran Metafisika tentang Akun Tumblr Kamu.” Selain itu, ada juga sesi siaran langsung dengan tokoh terkenal, seperti blogger Adam J. Kurtz dan tim basket komedi Harlem Globetrotters.

Pada bulan Januari 2016, Tumblr telah memiliki 555 juta pengunjung bulanan dan mempunyai 300 juta blog di dalamnya. Meski belum ada pengumuman resmi dari Tumblr tentang halaman khusus tersebut, namun situs TechCrunch telah memastikan kalau halaman tersebut memang dibuat oleh Tumblr, bukan oleh pihak ketiga.

YouTube bahkan sudah menyediakan layanan siaran langsung untuk video 360 derajat, lo! Simak ulasannya di sini

Kehadiran layanan siaran langsung ini tentu diharapkan bisa meningkatkan popularitas platform blogging yang sempat akan diblokir oleh Menkominfo tersebut. Menarik untuk diikuti apakah penyedia layanan internet lainnya juga akan ikut membuat layanan siaran langsung seperti ini.

(Diedit oleh Fadly Yanuar Iriansyah)

The post Tumblr Siap Hadirkan Layanan Video Siaran Langsung demi Saingi Twitter dan Facebook appeared first on Tech in Asia Indonesia.

[Update] 13 Situs Lowongan Kerja Terpopuler di Indonesia

Posted: 20 Jun 2016 09:25 PM PDT

(Update 21 Juni 2016: Kami menambahkan Glints ke dalam daftar dan menghapus Karejo dari daftar karena per 1 Juli 2016 layanan ini akan bergabung dengan Urbanhire.)

Mendapat pekerjaan di zaman yang terbilang sangat kompetitif di abad 21 ini memang tidak mudah. Badan Pusat Statistik (BPS) per Februari 2016 mengungkap jumlah pengangguran di Indonesia mencapai tujuh juta orang. Salah satu alasannya, kemungkinan mereka tidak mengetahui informasi seputar lowongan pekerjaan (loker) yang tersedia.

Pada edisi kali ini, Tech in Asia merilis daftar situs di Indonesia yang menyediakan informasi loker. Apa saja? Simak selengkapnya berikut ini.

1. Glints

Tampilan situs layanan pencari kerja Glints | Image

Glints hadir di tanah air di awal tahun 2016 untuk membantu anak muda dalam menemukan passion mereka. Startup pencarian kerja asal Singapura ini mengklaim telah memiliki lebih dari 20.000 nama terdaftar yang kebanyakan dari kalangan muda, serta ada sedikitnya 2.000 perusahaan yang memberi listing lowongan pekerjaan di dalamnya.

Layanan yang menjamin penggunanya mendapatkan pekerjaan dalam waktu 14 hari, juga menyediakan lowongan magang dengan dua fitur unggulan. Pertama adalah Live Career Consultations yang menyediakan jasa konseling dan rekomendasi pengembangan karier melalui live chat. Kedua adalah Dynamic Career and Skills Path Explorer, yang membantu kandidat untuk menjelajah berbagai bidang karier lainnya, serta memberikan pelatihan keahlian khusus untuk berkarier di bidang yang diinginkan.

2. Qerja

Halaman muka Qerja | Screenshot

Qerja memungkinkan penggunanya membagikan informasi seputar tempat kerja, gaji, dan review peran mereka di sebuah perusahaan. Selain itu, kamu juga dapat menemukan informasi lowongan pekerjaan. Informasi tersebut bisa difilter berdasarkan lokasi, bidang pekerjaan, industri, dan gaji. Terdapat juga opsi Fresh Graduate yang hanya akan menampilkan lowongan untuk mereka yang baru lulus.

3. Urbanhire

Tampilan situs layanan pencari kerja Urbanhire | Image

Urbanhire tadinya hanya menampilkan lowongan pekerjaan dari perusahaan yang menjadi partner mereka. Belum lama ini, Urbanhire meluncurkan layanan baru yang bernama Urbanhire Search, yaitu agregator yang bisa menampilkan lowongan pekerjaan dari berbagai situs—bukan hanya lowongan yang mereka sediakan saja. Dengan penyatuan informasi yang dilakukan Urbanhire, kini kamu tidak perlu lagi membuka situs-situs lowongan kerja satu per satu.

4. Jora

Halaman muka Jora | Screenshot

Startup asal Australia ini justru hadir sebagai agregator dari situs-situs loker yang sudah ada. Artinya, cukup dengan membuka Jora, kamu bisa mencari lowongan kerja dari berbagai portal loker di Indonesia. Jora, yang memiliki tampilan pencarian sesimpel Google, sudah memiliki hak eksklusif untuk menampilkan lowongan kerja dari situs JobStreet dan JobsDB Indonesia. Selain itu, Jora juga menampilkan loker dari perusahaan dan agen rekrutmen yang mencari kandidat untuk berbagai posisi.

5. Indeed

Halaman muka Indeed | Screenshot

Indeed merupakan situs pencarian loker global yang telah beroperasi di enam puluh negara, termasuk Indonesia. Selain meyediakan lowongan yang dipasang oleh partnernya, Indeed juga memiliki fitur agregator yang memungkinkan pencarian dari situs loker lain, surat kabar, laman karier di situs perusahaan, dan sebagainya. Sama seperti Jora, Indeed juga mengadopsi tampilan yang simpel ala Google.

6. JobStreet

Halaman muka JobStreet | Screenshot

Berdiri sejak tahun 1995, JobStreet mengklaim sebagai salah satu situs rekrutmen online terkemuka—bahkan di tingkat Asia Pasifik. Sekalipun berasal dari Malaysia, JobStreet juga menyediakan informasi lowongan pekerjaan di beberapa negara lainnya yaitu Singapura, Filipina, Jepang, Vietnam, dan tentu saja Indonesia.

7. JobsDB

Halaman muka JobsDB | Screenshot

Tiga tahun setelah JobStreet berdiri, lahirlah JobsDB di Hongkong pada tahun 1998. JobsDB mengklaim sebagai portal lowongan kerja terfavorit di Asia bagi pencari kerja di Cina, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan tentu saja Indonesia. Menariknya, bagi kamu pengguna asal Indonesia yang mendambakan pekerjaan sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), secara khusus JobsDB menyediakan berbagai informasi lowongan pekerjaan terkait PNS.

8. Loker

3-Loker-thumb

Loker mengklaim sebagai pionir lokal dalam ranah ini sejak berdiri pada 20 Maret 2007 di bawah naungan CV. Jemari. Loker juga menjamin keabsahan dan keakuratannya, karena setiap informasi lowongan pekerjaan yang masuk ke meja redaksi selalu diperiksa secara manual sebelum dipublikasikan secara online.

9. Jobscdc

Halaman muka Jobscdc | Screenshot

Sekalipun tampilan situsnya kurang meyakinkan, namun Jobscdc (jobs and career development center) populer di kalangan para pencari kerja karena kategori khusus mengenai loker CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) yang mereka sediakan. Profesi PNS masih dianggap prestisius karena menjamin keamanan finansial di masa tua kelak.

10. Job-Like

Halaman muka Job-Like | Screenshot

Kami tidak menemukan informasi banyak mengenai Job-Like selain bahwa ini merupakan situs penyedia informasi loker buatan Indonesia. Dilihat dari pemilihan bahasa, tagline, dan cara Job-Like menjadikan menu "lokasi" pada kolom pertama yang secara detail menyebutkan 33 provinsi, memperjelas bahwa situs ini memang buatan lokal. Job-Like menyediakan lowongan pekerjaan kerah putih/ white collar (baca: pekerja kantoran). Selain itu, Job-Like juga menyediakan informasi lowongan CPNS.

11. Karir

Halaman muka Karir | Screenshot

Tampaknya klaim Loker sebagai pionir lokal dalam penyedia informasi lowongan pekerjaan sejak 20 Maret 2007 terpatahkan oleh Karir yang sudah berdiri sejak tahun 1999. Berlokasi di Jakarta di bawah naungan PT. Trinet Pacific International, Karir tampak digarap profesional melihat kerja samanya dengan berbagai perusahaan besar dan universitas ternama dalam menyediakan informasi loker.

12. Jobindo

Halaman muka Jobindo | Screenshot

Berdiri sejak tahun 2005 di Jakarta, Jobindo menambah deretan situs penyedia lowongan pekerjaan buatan lokal. Sejak mulai beroperasi sembilan tahun silam, Jobindo, yang beroperasi di bawah PT. Jobindo Indonesia, memudahkan pencari kerja dengan menyediakan menu lowongan teratas, lowongan terbaru, perusahaan teratas, perusahaan terbaru, lowongan populer, dan lokasi kerja populer.

13. Jobfinder

Halaman muka jobfinder | Screenshot

Berbeda dengan situs sebelumnya yang telah dibahas, Jobfinder merupakan mesin pencari yang khusus menyediakan jutaan informasi lowongan pekerjaan dari ribuan industri dan kategori.

Dilihat dari pemilihan domain, kami belum menemukan banyak informasi mengapa Jobfinder yang berbasis di Jerman ini menargetkan pencari kerja asal Indonesia. Jobfinder sendiri menempatkan diri sebagai agregator.


Bagi kamu yang ingin mencari pekerjaan di industri teknologi tanah air, Tech in Asia telah merangkum sederet lowongan pekerjaan dari berbagai startup dan perusahaan besar di Indonesia yang membuka kesempatan karier di ranah teknologi. Kamu bisa melihatnya melalui tautan di bawah ini:

Info lowongan kerja terbaru di startup dan perusahaan teknologi

Akan terdapat beragam posisi yang tersedia, mulai dari programmer, desain grafis, marketing, media sosial, hingga sales. Artikel tersebut akan terus diperbarui tiap minggunya khusus untuk para pembaca setia Tech in Asia.

Mari berbagi pengalaman dalam mencari dan melamar pekerjaan secara online pada kolom komentar di bawah.

(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto; sumber gambar: Digital Health Careers)

The post [Update] 13 Situs Lowongan Kerja Terpopuler di Indonesia appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Viridi – Game Simulasi Memelihara Tanaman Virtual yang Menenangkan

Posted: 20 Jun 2016 08:30 PM PDT

Tahun lalu, kami pernah memberitakan sebuah pengumuman game dengan konsep eksperimental unik yang jarang diangkat oleh game lain di luar sana. Game berjudul Viridi buatan Ice Water Games ini merupakan game jenis idle dengan tema perkembangan tumbuhan yang ditanam dalam sebuah pot. Setelah hampir setahun game tersebut dirilis di Steam, kini Ice Water Games merilis Viridi dengan skema free-to-play untuk iOS dan Android.

Dalam Viridi, kamu tidak akan banyak melakukan aktivitas selain mengamati tumbuh kembang biji tanaman dalam pot. Sesuai genre permainan idle yang diusungnya, kamu akan lebih sering memanfaatkan waktu untuk memandangi tanaman tersebut, menyiraminya, membeli bibit baru, memindahkan posisi tanaman, dan beranjak menghiasi pot lain dengan biji tanaman baru.

Viridi | Screenshot 1

Perspektif kamera Viridi bisa kamu atur sedemikian rupa untuk melihat detail setiap tanaman yang terdapat dalam pot kesayanganmu, mulai dari memperbesar gambar hingga memutar arah bergeraknya kamera. Sepanjang aktivitas observasi tadi berlangsung, game ini akan memutarkan lagu ambience yang memberikan nuansa ketenangan bagi para pemain.

Sejauh ini terdapat sekitar lima variasi pilihan lagu yang tertangkap di telinga saya. Deretan musik ambience yang menenangkan ini membuat saya merasa rileks hingga saya pun memainkannya sambil beranjak menutup mata hingga tertidur sejenak.

Serasa betul-betul berkebun dan mengantongi pot ke dalam saku

Viridi | Screenshot 2

Lewat game bercocok tanam ini, Ice Water Games menghadirkan varietas tanaman kering yang biasa ditemukan dalam hiasan pot rumah dan taman seperti lidah buaya, daun siklok, kaktus anggur, dan banyak lainnya. Untuk mendapatkan varietas tanaman yang lebih bagus, Ice Water Games menyediakan toko pembelian biji tanaman dengan harga belasan ribu rupiah saja, serta membagikan biji tanaman gratis di setiap minggunya.

Tanaman-tanaman tersebut tidak akan serta-merta langsung tumbuh besar menjadi indah dalam satu hari. Layaknya memelihara sebuah pot virtual, kamu tetap harus menyirami setiap tanaman satu demi satu dan mengawasi mereka setiap beberapa jam sekali agar tidak mati kekurangan air. Jika pot tanamanmu sudah berkembang indah, berikutnya kamu bisa memotret pot tersebut untuk memamerkan keindahannya kepada teman-teman.

Kemunculan Viridi bisa menjadi semacam hiburan alternatif bagi mereka yang jenuh dengan game pengumbar kekerasan dan aksi grinding tiada henti. Dengan jenis permainan simulasinya yang tidak biasa, saya pikir tidak ada salahnya bagimu untuk mencoba Viridi sekarang juga. Toh game simulasi ini bisa diunduh dan dimainkan tanpa perlu membayar sepeser pun. Siapa tahu lewat game ini kamu tertarik untuk menekuni bisnis budidaya tanaman hias di dunia nyata.

App Info
Viridi
Ice Water Games -  Jun 20, 2016
Genre:  Simulation
Size:   93M
Installs:   50 - 100
Gratis
Download

(Diedit oleh Iqbal Kurniawan)

The post Viridi – Game Simulasi Memelihara Tanaman Virtual yang Menenangkan appeared first on Tech in Asia Indonesia.

10 comments:

  1. Halo Dear nilai pelanggan,

    APAKAH ANDA MEMBUTUHKAN KREDIT JIKA YA KEMBALI KE KAMI SEKARANG, EMAIL AS di (bishopelijahloanfirm002@hotmail.com) Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk membiayai bisnis Anda atau di tujuan apapun? kami bersertifikat dan sah dan berlisensi internasional pemberi pinjaman kredit Kami menawarkan pinjaman kepada perusahaan Bisnis, perusahaan dan individu pada tingkat bunga yang terjangkau dari 2%, Mungkin pinjaman jangka pendek atau panjang atau bahkan jika Anda memiliki kredit yang buruk, Kami akan memproses Anda pinjaman segera setelah kami menerima aplikasi Anda.

    kami adalah lembaga keuangan independen. Kami telah membangun reputasi yang sangat baik selama bertahun-tahun dalam menyediakan berbagai jenis pinjaman kepada ribuan pelanggan kami. Kami Tawarkan jasa pinjaman dijamin jumlah apapun untuk warga negara dan non-warga negara kami menawarkan pinjaman pribadi yang mudah, pinjaman / bisnis komersial, kredit mobil, pembiayaan sewa guna usaha / peralatan, pinjaman konsolidasi utang, pinjaman rumah, untuk semua warga negara dan non-warga negara dengan baik baik atau buruk sejarah kredit. Jika Anda tertarik dengan tawaran pinjaman di atas kami Anda saran untuk mengisi informasi di bawah ini dan kembali ke kami untuk lebih jelasnya, Anda dapat menghubungi kami dengan email ini :( bishopelijahloanfirm002@hotmail.com) Kami akan menanggapi Anda segera setelah kami menerima Anda rincian aplikasi pinjaman.

    Kembali ke saya sekarang

    Salam
    Bishop Elia

    ReplyDelete
  2. Halo Dear nilai pelanggan,

    APAKAH ANDA MEMBUTUHKAN KREDIT JIKA YA KEMBALI KE KAMI SEKARANG, EMAIL AS di (bishopelijahloanfirm002@hotmail.com) Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk membiayai bisnis Anda atau di tujuan apapun? kami bersertifikat dan sah dan berlisensi internasional pemberi pinjaman kredit Kami menawarkan pinjaman kepada perusahaan Bisnis, perusahaan dan individu pada tingkat bunga yang terjangkau dari 2%, Mungkin pinjaman jangka pendek atau panjang atau bahkan jika Anda memiliki kredit yang buruk, Kami akan memproses Anda pinjaman segera setelah kami menerima aplikasi Anda.

    kami adalah lembaga keuangan independen. Kami telah membangun reputasi yang sangat baik selama bertahun-tahun dalam menyediakan berbagai jenis pinjaman kepada ribuan pelanggan kami. Kami Tawarkan jasa pinjaman dijamin jumlah apapun untuk warga negara dan non-warga negara kami menawarkan pinjaman pribadi yang mudah, pinjaman / bisnis komersial, kredit mobil, pembiayaan sewa guna usaha / peralatan, pinjaman konsolidasi utang, pinjaman rumah, untuk semua warga negara dan non-warga negara dengan baik baik atau buruk sejarah kredit. Jika Anda tertarik dengan tawaran pinjaman di atas kami Anda saran untuk mengisi informasi di bawah ini dan kembali ke kami untuk lebih jelasnya, Anda dapat menghubungi kami dengan email ini :( bishopelijahloanfirm002@hotmail.com) Kami akan menanggapi Anda segera setelah kami menerima Anda rincian aplikasi pinjaman.

    Kembali ke saya sekarang

    Salam
    Bishop Elia

    ReplyDelete
  3. Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    ReplyDelete
  4. Halo semuanya,

    Apakah Anda secara finansial diperas?
    Apakah Anda mencari dana untuk melunasi kredit dan utang?
    Apakah Anda mencari pembiayaan untuk menyiapkan Bisnis Anda sendiri?
    Apakah Anda membutuhkan pribadi atau Kredit Usaha untuk berbagai keperluan?
    Apakah Anda mencari pinjaman untuk melaksanakan Proyek Besar?
    Mengamankan pinjaman dari perusahaan nomor satu pinjaman menyediakan benar ini hari ini dan mulai dengan sesuatu yang bermanfaat.
    transaksi mereka 100% dijamin karena mereka juga memastikan hubungan baik dengan semua klien.
    Mereka menawarkan Kredit tanpa Cek kredit, ada jaminan, langkah mudah, dana cepat dan tingkat bunga rendah dari 2%.
    Mengapa tetap dalam rincian keuangan?
    Membebaskan diri dari kemiskinan saat ini, KATHLEEN FOSTER LOAN FIRM adalah satu-satunya perusahaan yang mampu untuk membantu saya mendapatkan pinjaman dan sekarang saya telah berhasil memulai bisnis dari sendiri untuk membantu mengurus keluarga saya.

    Mendapatkan pinjaman pelanggan Anda hari ini melalui email: kathleenfosterloanfirm@gmail.com

    Di sini juga adalah email pribadi saya hanya dalam kasus Anda perlu beberapa pedoman: amaliafauzi73@gmail.com

    Saya akan mengharapkan balasan mendesak Anda.
    Terima kasih!
    Ibu AMALIA FAUZI

    ReplyDelete
  5. Halo semuanya,

    Apakah Anda secara finansial diperas?
    Apakah Anda mencari dana untuk melunasi kredit dan utang?
    Apakah Anda mencari pembiayaan untuk menyiapkan Bisnis Anda sendiri?
    Apakah Anda membutuhkan pribadi atau Kredit Usaha untuk berbagai keperluan?
    Apakah Anda mencari pinjaman untuk melaksanakan Proyek Besar?
    Mengamankan pinjaman dari perusahaan nomor satu pinjaman menyediakan benar ini hari ini dan mulai dengan sesuatu yang bermanfaat.
    transaksi mereka 100% dijamin karena mereka juga memastikan hubungan baik dengan semua klien.
    Mereka menawarkan Kredit tanpa Cek kredit, ada jaminan, langkah mudah, dana cepat dan tingkat bunga rendah dari 2%.
    Mengapa tetap dalam rincian keuangan?
    Membebaskan diri dari kemiskinan saat ini, KATHLEEN FOSTER LOAN FIRM adalah satu-satunya perusahaan yang mampu untuk membantu saya mendapatkan pinjaman dan sekarang saya telah berhasil memulai bisnis dari sendiri untuk membantu mengurus keluarga saya.

    Mendapatkan pinjaman pelanggan Anda hari ini melalui email: kathleenfosterloanfirm@gmail.com

    Di sini juga adalah email pribadi saya hanya dalam kasus Anda perlu beberapa pedoman: amaliafauzi73@gmail.com

    Saya akan mengharapkan balasan mendesak Anda.
    Terima kasih!
    Ibu AMALIA FAUZI

    ReplyDelete
  6. AKHIR TAHUN PINJAMAN DI RATE SANGAT RENDAH.
    Halo, aku Mrs. Sandra Ovia, pemberi pinjaman uang pribadi, yang Anda dalam utang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? pinjaman untuk mendirikan sebuah bisnis baru, untuk bertemu dengan tagihan Anda, memperluas bisnis Anda di tahun ini dan juga untuk renovasi rumah Anda. Aku memberikan pinjaman untuk lokal, internasional dan juga perusahaan pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda dipersilakan untuk perusahaan pinjaman kami dan kami akan memberikan yang terbaik dari layanan kami.

    ReplyDelete
  7. Halo,
    Saya Nurliana Novi saya ingin berbagi karya Allah yang baik dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi buruk di beberapa negara.
     Saat ini saya tinggal di jakarta di Indonesia. Saya seorang Janda dengan empat anak dan aku terjebak dalam situasi keuangan pada bulan Juli 2016 dan saya perlu untuk membiayai dan membayar tagihan saya
    Saya adalah korban dari penipuan pemberi pinjaman 4-kredit, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan bahwa teman-teman saya menjelaskan situasi saya dan kemudian memperkenalkan saya ke sebuah perusahaan pinjaman yang ELINA JOHNSON PINJAMAN PERUSAHAAN reliabl.
    Bagi orang-orang yang mencari pinjaman? Jadi Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan internet di sini, tapi mereka masih sangat nyata di perusahaan pinjaman palsu.
     Saya mendapat pinjaman saya dari ELINA JOHNSON PINJAMAN PERUSAHAAN Rp500.000.000 sangat mudah dalam waktu 24 jam yang saya diterapkan, jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui ELINA JOHNSON PINJAMAN FIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda, silakan hubungi ELINA JOHNSON PINJAMAN PERUSAHAAN. menghubungi mereka melalui email:. (elinajohnson22@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (nurliananovi96@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    ReplyDelete
  8. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah penipuan oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 Juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah dia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan kehilangan Sety saya diperkenalkan dan diberitahu tentang Ibu Cynthia Dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan.

    ReplyDelete
  9. halo,
    Apakah Anda membutuhkan bantuan keuangan mendesak untuk tujuan pribadi atau untuk kebutuhan bisnis Anda? Berikut adalah beberapa kabar baik untuk Anda. Kami menawarkan pinjaman kepada individu atau perusahaan perusahaan pada tingkat persentase tahunan terendah.
    Hubungi kami hari ini untuk mendapatkan: -
    * Hard Pinjaman Uang
    * Kredit Usaha
    * Hutang Konsolidasi Pinjaman
    * Personal Loan
    * Ekspansi Kredit Usaha
    * Student Loan
    * Pinjaman Pembangunan Pertanian
    ... Dan Banyak lagi

    Email: kathleenfosterloanfirm@gmail.com
    Anda juga dapat menghubungi kami melalui KANTOR PUSAT:
    kathleenfosterloanfirmUS@gmail.com

    Nama dari kreditur: Ibu Kathleen

    ReplyDelete

Sponsor

Latest Game News

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sponsor

pasang iklan baris gratis