Ads

Thursday, June 23, 2016

Game Di Indonesia

Game Di Indonesia


Hindari Kejaran Mobil Polisi dalam Game Baru Touchten Crazy Cars Chase

Posted: 23 Jun 2016 07:00 PM PDT

Setelah bulan Mei kemarin Touchten Games sukses membawakan Warung Chain yang menembus lebih dari satu juta download di App Store dan Play Store, bulan ini developer game asal kota Jakarta tersebut kembali membawakan game menarik lainnya berjudul Crazy Cars Chase.

Game arcade ini mengangkat aksi pengejaran mobil dari sudut pandang isometrik di atas sudut kota Jakarta. Tanpa harus jauh-jauh dari kalimat “crazy” yang menempel pada bagian judulnya, dalam game ini kamu bermain sebagai pelarian rumah sakit jiwa yang berniat kabur setelah mencuri mobil yang terparkir di dekat rumah sakit tersebut

Crazy Cars Chase | Screenshot 1

Permainan Crazy Cars Chase sendiri sedikit banyak mengingatkan saya dengan Pako – Car Chase SimulatorDi sini kamu akan mengemudikan sebuah mobil tanpa rem yang bergerak serampangan dan menghindari gedung serta kendaraan lain di sekitarnya selama mungkin.

Tantangan game ini makin meningkat karena kendaraan musuh yang mengejarmu semakin lama jumlahnya semakin bertambah banyak. Jadi pastikan jarimu bergerak dengan penuh cekatan saat menggerakkan mobilmu ke kiri dan ke kanan.

Agar aksi pelarianmu di jalanan kota Jakarta terlihat semakin meriah, Touchten juga menghadirkan bermacam latar monumen kota Jakarta yang dibuat semirip mungkin dengan tampilan low poly yang unik dan berbeda. Di sini kamu akan mengumbar gas mobilmu mulai dari daerah Monas, Bundaran HI, hingga daerah sekeliling monumen Tugu Pancoran.

Kumpulkan koin dan koleksi semua kendaraannya

Crazy Cars Chase | Screenshot 2

Kepada Tech in Asia, Anton Soeharyo selaku CEO dan Founder dari Touchten menjelaskan bahwa pembuatan game Crazy Cars Chase terinspirasi dengan Grand Theft AutoInspirasi ini secara jelas bisa kita temukan pada bagian indikator kriminalitas yang diperlihatkan oleh deretan bintang di bagian atas layar permainan. Tak hanya sampai di situ saja, jika kita mati game ini bakal memperlihatkan kalimat “Wasted” layaknya tampilan permainan GTA.

Sepanjang aksi pengejaranmu di Crazy Cars Chase, kamu akan memungut beberapa koin yang berfungsi untuk membeli beragam jenis kendaraan baru seperti bajaj, angkot, kopaja, busway, taksi, dan banyak lagi lainnya. Semua kendaraan tersebut bisa kamu dapatkan lewat mesin pemutaran koin yang memberikan hasil acak dari waktu ke waktu.

Seperti dalam game keluaran Touchten sebelumnya, Crazy Cars Chase juga dilengkapi fitur KadoSaku yang berfungsi untuk menukarkan poin hasil permainanmu dengan berbagai hadiah seperti voucher belanja, smartphone, pulsa, dan lain-lain.

Bila kamu tertarik untuk mencoba seberapa jauh kamu bisa lolos menghindari kejaran para polisi yang mengincarmu dalam Crazy Cars Chase, kamu bisa mengunduh game ini segera lewat tautan berikut ini.

App Info
Crazy Cars Chase
Touchten -  Jun 21, 2016
Genre:  Action
Size:   41M
Installs:   1 - 5
Gratis
Download

(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto dan Mohammad Fahmi)

The post Hindari Kejaran Mobil Polisi dalam Game Baru Touchten Crazy Cars Chase appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Review Quran Companion – Menghafal Sendirian atau Bersama Teman

Posted: 23 Jun 2016 07:00 PM PDT

Saat ini hampir setiap orang memiliki gadget, mulai dari anak-anak hingga dewasa, perempuan maupun laki-laki. Alangkah bijaknya jika gadget yang kamu miliki tidak hanya digunakan untuk bermain media sosial, namun juga untuk hal-hal positif seperti membaca Alquran. Terutama bagi kaum muslim yang sekarang sedang menjalankan ibadah puasa.

Alquran yang tersedia saat ini tidak hanya dalam bentuk buku, tetapi juga dalam format digital. Ada berbagai aplikasi Alquran digital yang bisa kamu temukan di Google Play Store, salah satunya adalah Quran Companion.

Quran Companion dibuat oleh Bilal Memon, Founder Quran Academy. Ia memiliki misi untuk membuat aplikasi Alquran yang menyenangkan, mudah, serta bisa diakses dari mana saja. Aplikasi yang tersedia di Google Play Store sejak 5 Juni 2016 ini akan membantu kamu menghafal Alquran dengan teknik pembelajaran ilmiah dan permainan.

Apa saja fitur yang terdapat di dalamnya? Yuk kita lihat satu per satu.

Menghafal bersama teman-teman

Screenshot Tampilan Awal Quran Companion | Image

Fitur yang membedakan Quran Companion dengan Alquran digital lainnya adalah fitur Group Challenges. Fitur ini memungkinkan kamu untuk terhubung dan menghafal Alquran bersama-sama dengan teman.

Kamu bisa membuat grup yang berisikan teman-teman atau pun keluarga dengan jumlah maksimal 25 orang, lalu berlomba menyelesaikan tantangan yang disediakan di aplikasi ini. Pahala dapat, keseruan juga dapat!

Baca juga beberapa aplikasi yang bisa menambah keimanan anak

Selain itu, fitur Guided Lesson Plans membantu kamu merencanakan waktu untuk menyelesaikan surah. Sehingga kamu akan merasa seperti memiliki tugas harian yang bisa kamu sesuaikan dengan kemampuan kamu.

Fitur ini memungkinkan kamu membaca paling sedikit dua ayat per hari. Misalnya pada surah Al-Baqarah terdapat tiga pilihan rencana, yaitu rencana 60 hari, rencana 45 hari, dan rencana 30 hari. Setiap rencana dikategorikan menjadi pemula, sedang, dan mahir.

Menghitung pahala

Screenshot fitur-fitur pada Quran Companion | Image

Untuk memudahkan kamu dalam menghafal, aplikasi ini juga menyediakan fitur Swipe to Reveal. Cukup geser jari kamu untuk menyembunyikan atau memunculkan ayat yang dimaksud. Ini merupakan cara yang seru untuk belajar menghafal dan mengecek kesalahan.

Quran Companion juga menyediakan fitur penghitung pahala di setiap surah. Jadi kamu bisa mengetahui kira-kira berapa pahala yang kamu dapatkan ketika menyelesaikan surah tersebut. Kamu pun dapat melihat statistik perkembanganmu dalam membaca Alquran setiap harinya.

Aplikasi ini menyediakan 15 audio pelafalan Alquran dan 10 bahasa terjemahan yang bisa kamu pilih. Kamu juga bisa memilih jenis tampilan Alquran, baik itu Alquran Madinah atau Alquran Urdu.


Fitur dalam aplikasi ini tergolong lengkap, dan membantu kita untuk tetap dekat dengan Alquran. Konsep aplikasi ini juga sudah matang dan membuat kita lebih semangat lagi dalam berlomba-lomba meraih pahala. Namun untuk bisa merasakan fitur lengkapnya, kamu harus membeli versi penuhnya seharga Rp129 ribu.

So, tunggu apalagi? Segera unduh aplikasi Quran Companion dan rasakan metode baru dalam menghafal Alquran!

App Info
Quran Companion-Read/Memorize
Quran Academy Inc -  Jun 11, 2016
Genre:  Books & Reference
Size:   88M
Installs:   10,000 - 50,000
Gratis
Download

(Diedit oleh Fadly Yanuar Iriansyahsumber gambar: Beshr Abdulhadi)

The post Review Quran Companion – Menghafal Sendirian atau Bersama Teman appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Rangkuman Berita Game Hari Ini – 23 Juni 2016

Posted: 23 Jun 2016 05:29 AM PDT

Koei Tecmo merilis trailer perdana Berserk Musou

Ayyub Mustofa – Menyusul pengumuman yang diberikan saat E3 kemarin, Koei Tecmo telah merilis video trailer untuk Berserk Musou. Kamu bisa melihat aksi Guts sang tokoh utama dalam membasmi musuh menggunakan sebilah pedang raksasa. Karakter-karakter lain dari cerita asli Berserk juga akan muncul nantinya.

Sumber: Gematsu


Trailer baru Tales of Berseria tunjukkan sistem pertarungan serta beberapa mini-game

Ayyub Mustofa – Bandai Namco telah merilis video trailer baru yang berfokus pada cuplikan gameplay dalam Tales of Berseria. Kamu bisa mengintip berbagai jurus yang bisa digunakan dalam gaya bertarung “Liberation-Linear Motion Battle System”, dan demonstrasi combo dengan sistem Switch Blast. Beberapa mini-game juga dipamerkan, antara lain permainan kartu dan hoverboard.

Sumber: Siliconera


Nintendo 64 berulang tahun ke-20 hari ini

Nintendo 64 | Featured

Iqbal Kurniawan – Tepat pada tanggal 23 Juni 1996, dua puluh tahun lalu, Nintendo merilis console Nintendo 64 untuk pertama kali di Jepang sebagai penerus dari SNES. Console yang memiliki desain controller bergagang tiga tersebut merupakan console terakhir yang mengandalkan cartridge sebagai media distribusi game. Tanpa kehadirannya, mungkin kita perlu menunggu waktu lebih lama untuk bisa bermain seri Mario dalam grafis full 3D.


Square Enix akan mengumumkan sebuah game mobile baru besok

Square Enix Logo | Featured

Iqbal Kurniawan – Square Enix mengunggah sebuah situs teaser untuk mengumumkan game mobile terbaru mereka yang rencananya akan diungkap besok tanggal 24 Juni 2016. Belum banyak hal yang disebutkan dalam situs tersebut, selain Rungun Cannonball yang akan menjadi judul game serta sebuah event YouTuber Cup yang akan mereka selenggarakan untuk memberi kesempatan mencoba game tersebut sebelum resmi dirilis nanti.

Sumber: Siliconera


EA umumkan gameplay dari NHL 17

Risky Maulana – Serial game hoki NHL yang rutin dirilis oleh EA di setiap tahunnya hari ini menampakkan gameplay dari iterasi terbarunya yang berjudul NHL 17. Meskipun tidak dilengkapi dengan fitur mode Story seperti FIFA 17, setidaknya NHL 17 masih mempertahankan beberapa peningkatan fitur seperti grafis yang lebih mendetail dan pilihan mode baru seperti Draft Champions, mode Franchise (semacam model permainan manajemen), dan kustomisasi yang lebih mendalam.

NHL 17 rencananya akan dirilis oleh EA Sports pada 13 September 2016 untuk Xbox One dan PS4. Model permainan beta untuk game ini akan dimulai pada 28 Juli hingga 4 Agustus.


Kenang kembali masa kejayaan Grand Theft Auto III dalam animasi Mashed Drunk Nostalgia berikut ini

Risky Maulana – Meskipun bagi saya Grand Theft Auto III bukanlah yang terbaik dari keseluruhan seri Grand Theft Auto, namun seri ini merupakan game yang membukakan mata pemain betapa menariknya konsep dunia game open-world jika digabungkan dengan aksi kriminalitas yang brutal.

Saya sendiri masih ingat pengalaman pertama bermain game ini di PC di belasan tahun silam. Meskipun tidak sebagus dan sekeren Grand Theft Auto IV dan Grand Theft Auto Vnamun game inilah yang dulu membuat saya menikmati betapa serunya aksi menabrak para pejalan kaki dan meledakkan taksi yang lewat di tengah jalan raya.

(Diedit oleh Mohammad Fahmi)

The post Rangkuman Berita Game Hari Ini – 23 Juni 2016 appeared first on Tech in Asia Indonesia.

9 Game iPhone dan iPad Terbaru Minggu Ini – Mighty Match, Hyperburner, dan Lainnya

Posted: 23 Jun 2016 04:55 AM PDT

Setelah geliat Apple App Store sempat meredup minggu lalu karena terbayang-bayangi oleh semarak E3 2016, maka tampaknya para developer game mobile sudah kembali tancap gas dengan merilis beragam karya berkualitas untuk iOS. Jumlah game yang masuk rekomendasi minggu ini pun menjadi lebih banyak daripada sebelumnya.

Terdapat beragam genre yang akan kamu temukan minggu ini, seperti game yang menghadirkan aksi berkecepatan tinggi, atau yang mengasah otak serta keterampilan. Kamu juga dapat menikmati karya anak bangsa yang tentunya memiliki kualitas setara dengan developer dari luar negeri. Penasaran apa saja game yang saya maksud? Langsung saja cek koleksi di bawah ini ya!


Hyperburner

Bila kamu sedang ingin memacu adrenalin dengan aksi berkecepatan tinggi, maka developer Bad Potion telah merilis Hyperburner yang akan memenuhi hasratmu. Dalam Hyperburner, kamu akan ditantang untuk mengendalikan sebuah pesawat antariksa bernavigasi di lintasan yang penuh dengan rintangan dalam kecepatan tinggi.

Bad Potion menghadirkan nuansa futuristis dalam Hyperburner yang sangat cocok dengan tema dalam game. Selain itu, mereka juga berhasil mendesain Hyperburner agar berjalan dengan performa grafis 60 FPS yang akan membuat tantangan bernavigasi di koridor sempit menjadi semakin seru.

App Info
Hyperburner
Patrick Cook -  Jun 22, 2016
Genre:  Games, Entertainment, Action, Racing
Size:  64.89 MB
Installs:  N/A
Rp. 45.000
Download

Rodeo Stampede

Setelah lama tidak terdengar kabarnya sejak merilis Skiing Yeti Mountain tahun lalu, Featherweight Games kini bekerja sama dengan penerbit Yodo1 Games untuk merilis karya terbaru mereka berjudul Rodeo Stampede. Kamu akan berperan sebagai koboi dengan tali lasonya yang berusaha menjerat sebanyak mungkin hewan liar untuk dimasukkan ke dalam koleksi kebun binatang.

Elemen endless runner dalam Rodeo Stampede terlihat menantang berkat mekanisme melompat dari satu hewan ke hewan lain. Sang koboi dapat menunggangi beragam jenis hewan yang masing-masing memiliki kemampuan unik, seperti burung unta yang dapat melesat dengan kencang atau gajah yang mampu menghancurkan beragam objek.

Rodeo Stampede Padukan Endless Runner dengan Simulasi Manajemen

App Info
Rodeo Stampede: Sky Zoo Safari
Yodo1 Games -  Jun 22, 2016
Genre:  Casual
Size:   63M
Installs:   10 - 50
Gratis
Download

The Sandbox Evolution

Merasa bosan memainkan game platformer yang seperti itu-itu saja? Bagaimana bila kamu diberi kesempatan untuk membuat sendiri game sesuai dengan seleramu? Lewat The Sandbox Evolution yang dirilis oleh PIXOWL, kamu bisa berkreasi membuat game bergenre platformer 2D sendiri dengan mudah.

PIXOWL telah menyediakan ratusan objek maupun aset lainnya dalam tampilan piksel 2D yang dapat kamu gunakan untuk mendesain level game platformer sendiri. Setelah selesai berkreasi, kamu bisa menantang para pemain The Sandbox Evolution lain di seluruh dunia untuk mencoba menaklukkannya. Konsep ini mirip dengan Super Mario Maker yang dirilis Nintendo di Wii U.

App Info
The Sandbox Evolution
PIXOWL INC. -  Jun 22, 2016
Genre:  Simulation
Size:   78M
Installs:   5,000 - 10,000
Gratis
Download

Viridi

Risky Maulana – Dalam Viridi, kamu tidak akan banyak melakukan aktivitas selain mengamati tumbuh kembang biji tanaman dalam pot. Sesuai genre permainan idle yang diusungnya, kamu akan lebih sering memanfaatkan waktu untuk memandangi tanaman tersebut, menyiraminya, membeli bibit baru, memindahkan posisi tanaman, dan beranjak menghiasi pot lain dengan biji tanaman baru.

Perspektif kamera dalam Viridi bisa kamu atur sedemikian rupa untuk melihat detail setiap tanaman yang terdapat dalam pot kesayanganmu, mulai dari memperbesar gambar hingga memutar arah bergeraknya kamera. Sepanjang aktivitas observasi tadi berlangsung, game ini akan memutarkan lagu ambience yang memberikan nuansa ketenangan bagi para pemain.

ViridiGame Simulasi Memelihara Tanaman Virtual yang Menenangkan

App Info
Viridi
Ice Water Games -  Jun 20, 2016
Genre:  Simulation
Size:   93M
Installs:   50 - 100
Gratis
Download

Mighty Match

Walau puzzle match-3 adalah salah satu desain game yang cukup sering ditemui dalam platform mobile, namun tampaknya para developer tidak pernah kehabisan ide untuk memodifikasi gameplay dasar yang dimilikinya dengan beragam ide seru. Hal itu juga yang dilakukan oleh developer Spinbot yang memadukan unsur RPG dengan puzzle match-3 dalam Mighty Match.

Kamu akan mengendalikan seekor ayam pemberani yang mengarungi dunia sendirian untuk membasmi monster layaknya sebuah RPG. Mekanisme game dalam Mighty Match mengandung unsur match-3 yang ditampilkan lewat beragam gambar objek dalam tile dunia tempat kamu bertualang. Dengan mencocokkan gambar yang ada, kamu dapat menikmati beragam power-up yang akan membantu petualanganmu.

App Info
Mighty Match - Puzzle Adventure
GIGATAUR CORPORATION -  Jun 22, 2016
Genre:  Games, Family, Adventure, Entertainment
Size:  94.25 MB
Installs:  N/A
Gratis
Download

Perchang

Kamu yang suka mengasah otak dengan bermain game di iOS kembali mendapatkan tantangan minggu ini dengan kehadiran Perchang yang memadukan unsur action dengan puzzle. Game yang tampil dengan grafis low-poly dan nuansa minimalis ini tampak begitu indah, namun juga tentunya menantang logika.

Misi dalam Perchang cukup sederhana. Kamu hanya perlu membimbing bola-bola kecil di setiap level untuk masuk ke lubang yang tersedia. Namun, agar bola-bola tersebut bisa sampai dengan sukses ke tujuan, kamu harus memahami dan mengoperasikan beragam peralatan berbeda di setiap level dengan tepat.

App Info
Perchang
Perchang -  Jun 22, 2016
Genre:  Games, Puzzle, Arcade, Entertainment
Size:  101.62 MB
Installs:  N/A
Rp. 29.000
Download

Crazy Cars Chase

Crazy Car Chase | Featured

Developer game mobile asal Jakarta, Touchten Games, kembali merilis karya terbaru mereka yang berjudul Crazy Cars Chase. Sesuai dengan judulnya, kamu akan mengendalikan beragam kendaraan bermotor, mulai dari bajaj hingga mobil sedan, dalam aksi kejar-kejaran yang seru dan gila-gilaan.

Selain menghadirkan aksi meloloskan diri dari kejaran polisi yang seru, Crazy Cars Chase juga diwarnai dengan beragam bangunan landmark yang menjadi ciri khas Jakarta. Kamu akan berkendara melewati patung Pancoran, berkeliling Monumen Nasional, dan masih banyak lagi lainnya.

App Info
Crazy Cars Chase
Touchten -  Jun 21, 2016
Genre:  Action
Size:   41M
Installs:   1 - 5
Gratis
Download

Into Mirror

Nuansa futuristis dan misterius menyelimuti game Into Mirror yang dikembangkan oleh developer Lemon Jam dan Unknown Studio. Dengan latar di dunia masa depan, kamu akan berperan sebagai seorang pria yang berkelana di sebuah dunia virtual untuk mencari jati dirinya.

Tema dalam Into Mirror mirip dengan game platformer klasik Flashback yang sama-sama berlatar di masa depan. Dengan puluhan level dan segudang rahasia yang bisa ditemukan selama perjalanan, Into Mirror merupakan game yang sayang bila dilewatkan oleh para penggemar genre platformer.

App Info
Into Mirror
ZHIPENG WANG -  Jun 22, 2016
Genre:  Games, Entertainment, Action, Arcade
Size:  58.76 MB
Installs:  N/A
Rp. 29.000
Download

NinjAwesome

Beraksi sebagai seorang ninja dalam game memang tidak pernah membosankan, apalagi bila karakter ninja yang kamu mainkan memiliki beragam kemampuan keren seperi menyusup, mengintai, hingga bertarung dengan shuriken maupun pedang. Segudang aksi keren itulah yang akan kamu lakukan dalam beragam misi di NinjAwesome.

Game yang dirilis oleh GameResort tersebut menggabungkan aksi runner dan action dengan tampilan grafis piksel 2D terpoles serta efek suara khas console 16-bit. Kamu dapat terjun ke dalam berbagai misi yang berbeda-beda, atau menguji setinggi apa kemampuanmu dalam mode endless. Berbagai kemampuan sang ninja juga bisa kamu tingkatkan melalui fitur upgrade di dalam game.

App Info
NinjAwesome
GameResort -  Jun 22, 2016
Genre:  Arcade
Size:   38M
Installs:   5,000 - 10,000
Gratis
Download

(Diedit oleh Mohammad Fahmi)

The post 9 Game iPhone dan iPad Terbaru Minggu Ini – Mighty Match, Hyperburner, dan Lainnya appeared first on Tech in Asia Indonesia.

iBox Hadirkan Toko Online untuk Beli Produk Apple dengan Garansi Resmi

Posted: 23 Jun 2016 04:00 AM PDT

Peminat produk bergaransi resmi dari Apple di dalam negeri masih tinggi. Sayangnya, dari sekian banyak penyedia produk berlogo apel tergigit tersebut, mayoritas tidak menjamin keaslian dan layanan purna jual kepada pengguna. Alasan itulah yang membuat Erajaya Group meluncurkan e-commerce terbaru khusus untuk produk Apple, yakni iBox.co.id.

“Bahayanya, mayoritas produk Apple yang dijual secara online adalah produk refurbished. Sedangkan iBox menawarkan kualitas yang sama dengan membeli secara offline,” ujar CEO Retail Group Erajaya Group of Companies, Jeremy Sim, saat acara peluncuran iBox.co.id di Jakarta, Selasa 21 Juni 2016.

Di samping itu, Jeremy mengatakan bahwa tujuan utama perusahaan meluncurkan platform belanja online ini adalah untuk menjangkau daerah di mana ritel offline iBox belum tersedia. Demi menjaga kualitas produk Apple yang dibeli secara online, iBox telah menunjuk mitra distribusi profesional sehingga keamanan pesanan pelanggan terjaga.

“Setiap produk yang dibeli telah dilengkapi dengan garansi dalam proses distribusi. Ini dilakukan agar pengguna tidak kecewa,” tambahnya.

Produk yang tersedia dalam e-commerce ini mencakup semua produk Apple, yaitu MacBook, iPhone, iPod, Apple Watch, Apple TV, dan aksesori pendukungnya.

Proses panjang dan berbelit dapatkan izin resmi Apple

Launching Ecommerce iBox Indonesia | Image

Kiri ke kanan: Djatmiko Wardoyo (Director Marketing and Communications Erajaya) dan Jeremy Sim (CEO Retail Group Erajaya)

Dalam mengoperasikan bisnis e-commerce terbarunya, Jeremy mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan pendekatan dengan pihak Apple sejak 2015. Menurutnya, Apple juga sangat selektif dalam memilih mitra di berbagai negara.

“Apple menilai kinerja Erajaya Group dalam memasarkan produk Apple mengungguli nama lainnya di Indonesia, sehingga izin untuk e-commerce iBox resmi digulirkan kepada perusahaan,” tuturnya.

Bagi kamu yang belum tahu, Apple menjual produknya secara resmi lewat Apple Authorized Reseller (AAR)yang ada di seluruh dunia. Untuk Indonesia, pemilik lisensi AAR lainnya adalah Infinite dan EMAX.

Terkait dengan hal ini, Jeremy mengatakan bahwa tidak tertutup kemungkinan AAR lainnya melakukan hal serupa. Namun Erajaya merasa beruntung menjadi ritel pertama yang membuka e-commerce produk Apple di Indonesia. Sekadar informasi, iBox di Indonesia menjadi e-commerce produk Apple resmi ketiga di Asia setelah Singapura dan Malaysia.

Berlakukan waktu operasional layaknya perkantoran

Berbeda dengan e-commerce lainnya yang memproses pesanan pelanggan dalam 24 jam, iBox di awal peluncurannya hanya memberlakukan waktu operasional hingga pukul 17.00 WIB. Selepas dari waktu tersebut, pemesanan akan dialihkan pada hari berikutnya.

Jeremy mengatakan bahwa hal tersebut dikarenakan proses untuk memenuhi pesanan pelanggan masih perlu banyak pengembangan. “iBox saat ini masih terus belajar untuk meneliti kebutuhan pelanggan saat membeli produk secara online,” tambahnya.

Sehingga tidak menutup kemungkinan kalau ke depannya iBox.co.id akan beroperasi 24 jam seperti e-commerce lainnya.

Tidak targetkan angka spesifik

Ecommerce iBox Indonesia | Image

Saat disinggung target penjualan dari iBox.co.id, Jeremy berkilah bahwa fokus utama saat ini adalah memberi kemudahan bagi daerah lainnya di Indonesia untuk memesan produk Apple. “Belum ada target. Dalam melakukan penjualan, perusahaan akan mendukung kedua gerai online dan offline,” katanya.

Sedangkan untuk investasi, besarnya angka yang dibutuhkan dalam membangun e-commerce iBox berkisar di angka ratusan juta rupiah. Ia enggan menyebut besarnya nilai investasi, karena proses pembangunan situs dari awal berbarengan dengan Erafone.com.

Mengenai tim, Erajaya memiliki tim berbeda untuk menangani ritel offline dan online. “Secara keseluruhan, perusahaan telah memiliki sekitar 300 orang karyawan. Sedangkan khusus untuk iBox.co.id hanya berjumlah 20 orang,” tambah Jeremy.

Simak 6 hal penting yang diumumkan Apple di WWDC 2016!

Jeremy mengungkapkan ada beberapa rencana untuk mengoptimalkan ritel online dan offline iBox. Ia mengaku kalau perusahaan melihat peluang layaknya sinergi antara Alfacart dengan waralaba Alfamart. Namun langkah tersebut masih dilakukan di akhir 2016 hingga awal 2017.

“Inovasi membuat perusahaan terus produktif dan bersaing di pasaran. Karenanya hasil pembelajaran dari operasional iBox secara online akan menjadi penentu penting arah yang akan diambil,” tutup Jeremy.

(Diedit oleh Fadly Yanuar Iriansyah)

The post iBox Hadirkan Toko Online untuk Beli Produk Apple dengan Garansi Resmi appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Running Man: Race Start – Endless Runner Alternatif untuk Penyuka Game yang Sulit

Posted: 23 Jun 2016 03:45 AM PDT

Kalau kamu penggemar game bergenre endless runner, mungkin kamu pernah mencicipi Running Man yang merupakan salah satu endless runner dengan rilisan berbahasa Indonesia. Kali ini, Running Man kembali hadir dalam versi alternatif yang sebetulnya tidak jauh berbeda. Dirilis oleh perusahaan Les Bleus, Running Man: Race Start akan membawamu berlari di jalanan kota-kota dari benua Asia.

Running Man: Race Start menyajikan 15 karakter dengan kemampuan yang berbeda-beda. Sayangnya game ini tidak menggunakan karakter Running Man sungguhan, melainkan karakter orisinal dengan nama aneh seperti Uncle, Tiny Tot, Giraffe, dan lain-lain. Dari 15 karakter tersebut hanya satu yang bisa kamu gunakan di awal, dan dia tidak memiliki kemampuan apa pun. Kamu harus membuka karakter lain satu-persatu dengan mata uang Blue Chip.

Running Man: Race Start | Screenshot 1

Terdapat empat stage yang tersedia di Running Man: Race Start, yaitu jalanan kota Seoul, Tembok Besar Cina, jalanan perkotaan Beijing, dan makam Kaisar Qin (kaisar pertama Cina). Nantinya pilihan stage akan ditambah dengan kota-kota dari wilayah Asia Tenggara, Amerika, serta Eropa.

Kegiatanmu dalam Running Man: Race Start tidak terbatas pada berlari saja. Terdapat beberapa mini-game yang bisa kamu temui, antara lain name tag battle dan ttakji-chigi. Dalam name tag battle, kamu harus menyentuh layar demi melepas stiker nama milik lawan. Sementara ttakji-chigi adalah permainan tradisional Korea di mana kamu mengadu kertas lipat dengan cara dilempar.

Running Man: Race Start | Screenshot 2

Dengan berlari maupun menjalankan mini-game, kamu akan mendapat koin yang bisa digunakan untuk level up. Koin juga bisa kamu pakai untuk membeli item maupun upgrade, misalnya meningkatkan jumlah experience yang kamu dapat. Khas game free-to-play, untuk mendapat koin dengan cepat kamu bisa menukarkan Blue Chip yang bisa dibeli dengan uang sungguhan alias in-app purchase.

Running Man: Race Start bisa kamu dapatkan lewat Google Play Store, atau di iTunes untuk versi iOS dengan judul Running Man Edition. Saya sendiri sudah mencobanya sebentar, dan rasanya ini game endless runner tersulit yang pernah saya mainkan. Tantangannya begitu susah sampai-sampai saya sering mati padahal baru bermain selama sepuluh detik saja. Tapi siapa tahu, mungkin game yang susah begini malah cocok buatmu.

App Info
Running Man Race Start
Les Bleus -  May 26, 2016
Genre:  Casual
Size:   85M
Installs:   10,000 - 50,000
Gratis
Download

(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto)

The post Running Man: Race StartEndless Runner Alternatif untuk Penyuka Game yang Sulit appeared first on Tech in Asia Indonesia.

4 Situs Online untuk Tunaikan Kewajiban Zakat dengan Mudah

Posted: 23 Jun 2016 03:00 AM PDT

Ramadan telah memasuki paruh waktu kedua. Hal ini berarti umat muslim harus melakukan persiapan untuk melakukan ibadah wajib lainnya setelah berpuasa di bulan Ramadan, yakni menyalurkan zakat bagi mereka yang berhak.

Dalam prakteknya, pemberi zakat kadang mengalami kesulitan menemukan lokasi untuk menunaikan kewajiban tersebut. Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, urusan memberikan zakat kini juga dapat dilakukan secara online. 

Beberapa penyalur zakat resmi di dalam negeri telah menambahkan opsi untuk berzakat secara online. Untuk mengetahui beberapa badan zakat yang mendukung platform online, kamu bisa melihatnya di bawah ini.


Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa | Image

Organisasi nirlaba Dompet Dhuafa yang telah berdiri sejak 1993 ini awalnya merupakan usaha pribadi dari pengumpulan zakat, infak, dan sedekah yang dilakukan karyawan media Republika. Dengan banyaknya peminat di luar Republika, akhirnya Dompet Dhuafa dikembangkan lebih lanjut dan menjadi organisasi yang aktif melakukan aksi sosial.

Dompet Dhuafa telah menyediakan situs terpisah untuk memberikan donasi, yakni di situs Zakat.or.id. Pembayaran yang dapat kamu pilih cukup beragam, mulai dari kartu kredit, transfer rekening bank, mobile banking, hingga potong pulsa ponsel.

Untuk memberikan zakat dan donasi lainnya, kamu tinggal mengisi pilihan donasi, besarnya dana yang ingin disalurkan, dan informasi data diri. Selanjutnya tim dari Dompet Dhuafa akan mengumpulkan, memberi total dana donasi, dan menginformasikan penyaluran donasi kepada kamu.


Rumah Zakat

Rumah Zakat | Image

Organisasi Rumah Zakat beroperasi sejak tahun 2010. Konsep yang ditawarkan Rumah Zakat lebih pada berdonasi secara “jemput bola” dengan mendatangi banyak lokasi keramaian seperti pusat perbelanjaan. Meski bertitel Rumah Zakat, tim di dalamnya juga mengelola donasi lainnya, seperti infak dan sedekah.

Untuk memberikan zakat, kamu diberikan perhitungan yang harus dibayarkan lewat fitur Kalkulator Zakat di situs Rumah Zakat. Bila ada pertanyaan lebih lanjut, kamu bisa langsung menanyakannya lewat layanan chat di dalam situs.

Langkah selanjutnya adalah konfirmasi besarnya nilai yang diberikan dengan mengisi informasi di situs tersebut. Kamu juga diberikan informasi jumlah dana yang terkumpul dan sumbangan yang dituju. Semuanya tersedia dalam situs Rumah Zakat.


Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS)

Baznas | Image

Organisasi BAZNAS menjadi satu-satunya yang resmi didirikan oleh pemerintah Indonesia sejak 2001. Pengesahan UU Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat semakin mengukuhkan peran BAZNAS sebagai lembaga yang berwenang melakukan pengelolaan zakat secara nasional. Dalam UU tersebut, BAZNAS dinyatakan sebagai lembaga pemerintah nonstruktural yang bersifat mandiri dan bertanggung jawab kepada presiden melalui menteri agama.

Intip strategi startup di tanah air untuk meraih kesuksesan selama Ramadan 2016!

BAZNAS menggunakan metode offline dan online untuk melakukan tugasnya dalam pengumpulan zakat, infak, dan sedekah. Layaknya organisasi donasi lainnya, tak jarang BAZNAS membuka stand di beberapa pusat perbelanjaan.

Dukungan layanan online yang dimiliki BAZNAS cukup beragam. Kamu bisa memilih untuk membayar zakat melalui payroll system, mobile banking, dan transfer rekening bank via ATM. BAZNAS juga telah meluncurkan aplikasi untuk Android guna membantumu membayar zakat dengan mudah.

App Info
Muzaki Corner
BAZNAS -  Jun 18, 2016
Genre:  Social
Size:   21M
Installs:   100 - 500
Gratis
Download


Kitabisa

Zakat KitaBisa | Image

Situs crowdfunding Kitabisa bekerja sama dengan tiga layanan penyalur donasi, yaitu BAZNAS, Rumah Zakat, dan Dompet Dhuafa untuk meluncurkan fitur pembayaran zakat.

Kamu tidak perlu melakukan konfirmasi jika mengikuti prosedur di Kitabisa yang menggunakan sistem kode unik. Sistem tersebut sama seperti yang diterapkan dalam beberapa marketplace, di mana kamu akan diberikan kode yang langsung tertera di nominal transfer. Sehingga setelah melakukan transfer, sistem akan langsung mengonfirmasi transaksi yang dilakukan.


Dari keempat pilihan platform di atas, mana yang telah atau akan kamu gunakan untuk membayar zakat? Ataukah kamu masih akan menggunakan cara konvensional dengan membayar zakat di masjid terdekat?

(Diedit oleh Iqbal Kurniawan)

The post 4 Situs Online untuk Tunaikan Kewajiban Zakat dengan Mudah appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Opera Apps Club – Toko Aplikasi Android dengan Konsep Berlangganan

Posted: 23 Jun 2016 02:00 AM PDT

Jika kamu menggunakan Spotify atau Netflix, mungkin kamu menyadari bahwa tren menikmati musik dan film saat ini mulai bergeser dari beli dan miliki menjadi berlangganan. Dengan membayar biaya tertentu, kamu dapat menikmati semua konten yang disediakan oleh sebuah layanan secara tak terbatas. Kini, tren serupa mulai diterapkan di dunia game mobile oleh Opera lewat Opera Apps Club.

Opera Apps Club bisa dikatakan sebagai Spotify untuk aplikasi Android. Dengan membayar biaya berlangganan sebesar Rp5.500 per minggu, yang dipotong dari pulsa prabayar atau dimasukkan ke tagihan pascabayar, kamu dapat mengakses lebih dari 400 aplikasi dan game premium. Kamu juga tidak perlu khawatir dengan IAP maupun iklan yang mengganggu.

Didukung 150 penerbit dan developer game

Sejumlah aplikasi premium yang bisa diunduh dari Opera Apps Club | Screenshot

Sejumlah aplikasi premium yang bisa diunduh dari Opera Apps Club

Opera mengklaim telah menjalin kerja sama dengan lebih dari 150 penerbit dan developer terkemuka di dunia. Beberapa game populer yang dapat diunduh seperti Angry Birds Rio Premium, Cut the Rope, Talking Tom, dan banyak lagi.

Menurut Kooswardini Wulandari, Communications Manager Opera Indonesia, semua game dilindungi dengan proteksi DRM. Jadi jika pengguna berhenti berlangganan, atau tidak memperpanjang langganannya, maka aplikasi yg telah diunduh tidak bisa digunakan lagi meskipun file game masih ada di perangkat mereka.

“Meskipun begitu, semua data masih disimpan hingga kurun waktu tertentu. Sehingga level permainan, misalnya, tetap masih bisa dipertahankan. Nanti setelah user memperpanjang langganan, baru (permainan) bisa dilanjutkan,” jelas Dini.

Saat ini Opera Apps Club baru menyediakan aplikasi dan game global. Namun Opera mengaku sangat terbuka dengan kehadiran aplikasi lokal di layanan ini. Salah satu syaratnya adalah aplikasi tersebut punya rating di atas empat bintang dan populer.

Co-branding dengan operator seluler

Tampilan Opera Apps Club di Tri dan XL | Screenshot

Opera Apps Club di Tri dan XL memiliki brand yang berbeda di tiap operator tersebut

Saat ini, Opera Apps Club baru bisa dinikmati oleh pengguna operator seluler XL dan Tri. Dini mengatakankerja sama dengan operator lainnya masih dalam proses. Kita bisa mengharapkan Opera Apps Club hadir juga untuk pengguna operator lain, misalnya Telkomsel, Indosat Ooredoo, dan lainnya.

Dini memaparkan, Opera melakukan co-brand dengan operator, sehingga masing-masing operator dapat memakai brand mereka sendiri. Seperti misalnya 3Shop di Tri dan Toko Kece di XL.

Opera Apps Club Collection | Screenshot

Mengacu pada data yang dirilis Newzoo, tercatat ada 42,8 juta gamer di Indonesia, dan lebih dari setengahnya bersedia mengeluarkan uang untuk membeli game. Namun, rata-rata gamer di Indonesia hanya menghabiskan kurang dari Rp15.000 per bulan untuk belanja game.

"Pengguna ponsel di Indonesia tidak keberatan mengeluarkan uang untuk membeli aplikasi dan game premium, namun kebanyakan dari mereka khawatir tentang jumlah tagihan pulsa dan tidak memiliki kartu kredit," ujar Sunil Kamath, Vice President for South Asia & Southeast Asia Opera, dalam keterangan tertulis yang diterima Tech in Asia.

Sunil mengatakan, dengan berlangganan Opera Apps Club, pengguna mendapatkan akses untuk membuka aplikasi dan game popular dengan tarif rendah tetap per minggu. Tanpa Opera Apps Club, pengguna harus membayar hingga Rp26,5 juta untuk mendapatkan semua game dan aplikasi yang ditawarkan.

(Diedit oleh Iqbal Kurniawan)

The post Opera Apps Club – Toko Aplikasi Android dengan Konsep Berlangganan appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Memanfaatkan Clickbait untuk Membuat Konten yang Optimal

Posted: 23 Jun 2016 01:00 AM PDT

Semakin ramainya persaingan konten di ranah digital menjadikan beberapa pembuat konten mengambil jalan pintas demi meraup traffic dan page view dari situs yang mereka miliki. Salah satu upaya mereka adalah membuat artikel dengan judul yang bernuansa clickbait.

Seringkali, yang sangat membuat kesal adalah judul clickbait yang tidak sesuai dengan informasi yang terjadi. Tetapi apakah jadinya bila kita berusaha menyulap clickbait ini menjadi sebuah upaya untuk mengoptimalkan artikel yang kita tulis?

Fakta (atau asumsi) yang (tidak selalu) mencengangkan

Ketika internet menjadi semakin padat dengan konten berkualitas, membuat sebuah konten menarik menjadi semakin sulit. Permasalahan ini bukanlah sebuah hal yang baru. Para marketer tahu bahwa mereka harus beradaptasi dengan strategi content marketing baru untuk menyikapi jumlah pengunjung situs mereka yang semakin hari semakin menurun. 

Permasalahannya adalah, kini semakin banyak perusahaan yang menggunakan strategi content marketing mereka untuk memancing — bukan menarik — pembaca mengeklik tautan mereka yang kami sebut istilah ini dengan clickbait

Beberapa contoh dari artikel yang kami sebut clickbait antara lain:

Bagaimana Menghilangkan Komedo dalam Waktu Semalam

Clickbait|Screenshot Likes.com

Sumber: Likes

Siapa yang tidak akan jatuh ke dalam perangkap ini? Tidak ada. Sebagian besar remaja dan dewasa awal pasti pernah mengalami masalah dengan komedo (blackheads), karenanya tip semacam ini pasti menjadi perhatian. Yang sangat disayangkan adalah judul artikel yang ditulis ternyata tidak sesuai dengan apa yang ada  di dalam artikel. 

Tidak ada tip menghilangkan komedo dalam waktu semalam, yang ada hanyalah sebuah listicle tentang bahan-bahan alami yang baik untuk kulit. Artikel ini juga tidak menjelaskan secara detail tentang metode penggunaan bahan-bahan tersebut dan waktu yang tepat untuk menggunakannya. 

Reaksi Anjing Ini di Kolam Renang Akan Membuatmu Tertawa Terpingkal-pingkal

Clickbait|Screenshot ViralNova

Sumber: ViralNova

Melihat tingkah polah anjing memang tidak pernah membosankan. Tetapi apabila seseorang membuat pernyataan bahwa kamu akan tertawa terpingkal-pingkal setelah melihat perilaku seekor anjing yang sedang terdiam di dalam kolam, mungkin jenis humor ini hanya mampu untuk membuat kami tersenyum singkat saja.

Atau bisa jadi hal tersebut menjadi sebuah indikasi bahwa anjing tersebut memiliki trauma tersendiri terhadap air dan kolam — yang sama sekali bukan hal yang patut untuk ditertawakan. 

Justin Bieber Mengungkapkan bahwa Ia Telah Memiliki Anak di Luar Pernikahan! Dan Ibunya Adalah…

Jenis clickbait seperti inilah yang walaupun pembaca sudah mengetahui kebenaran sebenarnya (bahwa Justin Bieber adalah seorang lajang yang belum menikah — apalagi memiliki seorang anak), tetapi sangat menggoda pembaca untuk dapat mengetahui cerita di balik judul yang sangat kontroversial ini.

Setelah mengeklik tautan artikel tersebut, ternyata pembaca hanya disajikan sebuah konten sampah, di mana dalam foto Instagram pribadinya Justin Bieber bergurau dengan pernyataannya bahwa ia telah memiliki anak. Pembaca tidak mendapatkan informasi apa pun dari artikel ini – selain meneruskan pesan ini kepada teman-teman mereka sebagai sebuah bentuk lelucon semata.

Beberapa contoh artikel di atas adalah contoh klasik dari clickbait, dan judul-judul tersebut dirancang untuk "menipu" pembaca untuk mengunjungi tautan tertentu, yang meningkatkan traffic dari sebuah situs serta membagikannya dalam media sosial mereka. 

Clickbait|Image 1

Sumber: Stock-Clip

Sekilas, praktik semacam ini sepertinya aman — dengan ambiguitas yang digunakan pada judul artikel yang seakan memanggil pembaca untuk mengeklik artikel tersebut. Namun masalah sebenarnya justru terletak pada judul artikel yang seringkali tidak relevan dengan konten yang ada pada artikel.

Dalam sebuah artikel di The Daily Beast, Jake Beckman, seseorang dibalik akun @SavedYouAClick, sebuah akun Twitter yang berdedikasi untuk "menyelamatkan pembaca dari clickbait," berusaha untuk menyimpulkan bahwa clickbait adalah upaya penulisan judul yang akan memancing keingintahuan seseorang. Walau beberapa ada yang menarik, tetapi clickbait tetap dianggap sebagai upaya untuk memanipulasi pembaca. 

Dengan jumlah artikel jujur dan bermutu yang terus meningkat setiap harinya, apakah clickbait dapat disebut sebagai upaya yang licik? Jawabannya bergantung kepada konten yang tersaji untuk pembaca.

Dapat dipahami bahwa tujuan utama sebuah artikel dibuat adalah untuk menghasilkan traffic, dengan menggunakan judul yang "ambigu” untuk memancing keingintahuan pembaca. Tetapi apabila judul tersebut ternyata tidak relevan dengan isi artikel dan tidak seperti yang diharapkan pembaca, kredibilitas serta integritas sebuah perusahaan atau media akan menjadi pertaruhan di sini.

Jake membandingkan upaya ini sama dengan ketika koran masih diedarkan oleh para loper. "Ayo ayo, Pak. Korannya koran", seru para loper koran tersebut kepada orang-orang yang lalu lalang saat sedang mempromosikan barang jualan mereka.

Dalam metafor ini, si loper koran adalah media sosial — yang dengan kemampuan komunikasi mereka berusaha untuk menjual lebih banyak koran. Sang loper koran tidak dapat bertanggung jawab atas konten dari koran yang mereka jual. Sebaliknya, manajer media sosial dari sebuah brand yang harus bertanggung jawab atas apa yang mereka publikasikan.

Clickbait, perlu atau tidak?

Walaupun godaan traffic yang membludak setelah menggunakan clickbait sangatlah menggiurkan, tetapi kita sebagai pembuat konten berkualitas sebaiknya memanfaatkan clickbait tersebut sebagai sebuah hal yang akan mendukung suksesnya sebuah artikel di mata audiens.

Kamu dapat mencoba untuk membuat konten yang berkualitas dan pada bagian judulnya kamu dapat membuat sebuah judul yang bersifat provokatif atau persuasif, sehingga pembaca akan tertarik untuk mengunjungi tautan artikelmu.

Beberapa contoh artikel yang menggunakan judul bernuansa clickbait akan tetapi memiliki konten yang masih relevan dengan judulnya:

Hacktiv8 Buka Kursus Pemrograman JavaScript dengan Jaminan Kerja

Clickbait|Screenshot Tech in Asia Indonesia

Siapa yang tidak tergiur dengan gaji Rp10 juta per bulan hanya dengan mengikuti training selama 120 hari?

Dengan judul artikel yang menarik dan janji dari Hacktiv8 untuk menjaminkan uang kembali apabila peserta tidak mendapatkan gaji Rp10 juta per bulan, siapa yang tidak tergiur untuk langsung melihat informasi ini. 

Tetapi tidak seperti artikel clickbait pada umumnya, artikel ini benar-benar menjelaskan tentang apa dan bagaimana program Hacktiv8 ini dapat diikuti oleh siapa saja yang berminat untuk mengikuti kursus pemrograman ini. 

Tragedi Penembakan Terburuk Sepanjang Sejarah Amerika Bukan di Orlando

Clickbait|Screenshot Big Think

Sumber: Big Think

Banyak pihak yang menyangka bahwa tragedi penembakan yang belum lama terjadi di Orlando adalah yang terburuk di sepanjang sejarah Amerika. Padahal fakta sejarah mengatakan bahwa tragedi penembakan terburuk justru terjadi pada tahun 1890 yang menewaskan 150 hingga 200 orang asli Amerika, Indian. 

Walau judul artikelnya yang cukup provokatif – yang membuat masyarakat berpikir bahwa Big Think mengambil “keuntungan” di tengah kedukaan – mereka berhasil menyajikan sebuah informasi yang memperbaiki opini keliru tentang penembakan Orlando yang beredar di masyarakat. 


Bak pisau bermata dua, clickbait dapat menjadi sebuah wahana dalam membantu brand dan perusahaan untuk menarik lebih banyak audiens dan memberikan mereka konten terbaik. Sebaliknya, apabila clickbait dilakukan tanpa didukung oleh adanya konten yang menarik, audiens akan merasa dibohongi karena mereka tidak mendapatkan apa yang mereka lihat pada judul artikel.

Ingin tahu lebih banyak?

Jika kamu ingin tahu lebih banyak tentang content marketing, silakan isi formulir di bawah ini. Kami akan memberi tahu kamu apabila ada konten dan insight terbaru tentang content marketing. Jangan sungkan juga untuk beri tahu kami tentang apa yang ingin kamu pelajari pada kolom komentar di bawah!


Brand Pulse adalah cara Tech in Asia Indonesia untuk menyajikan konten bersponsor. Tim Brand Pulse kami bekerjasama dengan berbagai brand terkemuka untuk menciptakan konten yang mendidik, informatif, serta kredibel untuk audiens kami. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut, silakan kunjungi halaman brandpulse.techinasia.com atau kirimkan pertanyaan kamu ke bdid@techinasia.com.

(Diedit oleh Mohammad Fahmi)

The post Memanfaatkan Clickbait untuk Membuat Konten yang Optimal appeared first on Tech in Asia Indonesia.

25 Inovasi yang Lolos ke Tahap Bootcamp Solusi Desa Broadband Terpadu

Posted: 23 Jun 2016 12:00 AM PDT

Pada tanggal 15 April 2016 yang lalu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) telah meluncurkan sebuah program yang bernama Solusi Desa Broadband Terpadu. Dengan program tersebut, Kemkominfo berusaha mencari inovasi terbaik karya anak negeri yang bisa membantu memecahkan masalah di daerah pedesaan.

Setelah menyeleksi sekitar 238 inovasi yang didaftarkan, Kemkominfo akhirnya mengumumkan 25 peserta yang lolos ke tahap berikutnya. Mereka akan menjalani bootcamp dan diberikan penjelasan tentang karakter penduduk di daerah pedesaan. Kemudian mereka juga akan diberi waktu untuk menyempurnakan ide inovasi mereka.

Simak ulasan kami tentang aplikasi-aplikasi dari Hackathon Indonesia Android Kejar yang ingin mengatasi masalah pendidikan

Berikut ini adalah daftar peserta yang berhasil lolos ke tahap bootcamp dari program Solusi Desa Broadband Terpadu:


Hukaku (Solusi untuk desa pedalaman)

Hukaku, yang merupakan singkatan dari Hutanku Kantorku, adalah aplikasi yang menyediakan fungsi pelaporan dan tombol darurat (panic button) ketika terjadi penebangan liar atau situasi darurat lainnya. Dengan aplikasi ini, kamu juga bisa mendapatkan informasi kesehatan, hingga lokasi puskesmas di sekitar kamu.


Nusantara Beta Studio (Solusi untuk desa pedalaman)

Tim Nusantara Beta Studio menghadirkan sebuah aplikasi yang bernama Desa Pintar. Aplikasi ini menyediakan layanan booking antrian Puskesmas lewat SMS, serta fitur konsultasi kesehatan. Selain itu, tim ini juga membuat aplikasi yang bisa membantu warga desa membuat situs e-commerce, memantau harga barang di pasar, serta mengingatkan jadwal Siskamling.


SOS Desaku (Solusi untuk desa pedalaman)

Aplikasi SOS Desaku adalah sebuah aplikasi mobile untuk kepala desa yang bisa memberikan peringatan apabila terjadi keadaan darurat. Seorang kepala desa juga bisa mengetahui aspirasi rakyatnya dengan menggunakan aplikasi ini.


X-Igent (Solusi untuk desa pedalaman)

Tampilan Situs X-Igent | Screenshot

X-Igent adalah sebuah aplikasi tombol darurat (panic button) yang bisa mengirimkan sinyal bahaya ke pihak-pihak terkait ketika kamu sedang berada dalam situasi berbahaya. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk memonitor pergerakan orang tertentu, seperti ketika aktivitas haji dan umrah.


Petani (Solusi untuk desa pertanian)

Tampilan Aplikasi Petani | Screenshot

Petani adalah aplikasi mobile yang bisa digunakan oleh para petani untuk berbagi informasi pertanian. Di aplikasi tersebut, mereka juga bisa bertanya tentang masalah-masalah yang biasa dihadapi saat bercocok tanam.


Lelanik (Solusi untuk desa pertanian)

Lelanik adalah sebuah platform yang memungkinkan para petani untuk bisa mengetahui kabar pasar lewat aplikasi mobile maupun SMS. Dengan aplikasi ini, petani bisa mendapatkan uang yang lebih banyak karena hasil bumi yang ia hasilkan akan dijual dengan sistem lelang.


MyAgri (Solusi untuk desa pertanian)

Tampilan Aplikasi MyAgri | Screenshot

MyAgri adalah aplikasi mobile yang bisa membantu para petani dalam mendapat pengetahuan yang penting untuk mereka. Lewat aplikasi ini, kamu bisa mempelajari tentang cara menghitung jumlah pupuk yang sesuai, bagaimana cara mengenali hama, hingga informasi tentang mesin pertanian.


Panen.id (Solusi untuk desa pertanian)

Tampilan Aplikasi Panen | Screenshot

Panen.id adalah sebuah aplikasi yang bisa membantu kamu menemukan petani yang menjual hasil panen di sekitar kamu. Kamu juga bisa membeli langsung hasil panen mereka lewat aplikasi tersebut.


Silat Medan IT (Solusi untuk desa pertanian)

Silat adalah singkatan dari Sistem Lelang Hasil Tani, yang merupakan sebuah platform jual beli barang hasil bumi secara lelang. Dengan begitu, diharapkan para petani akan mendapat harga jual yang lebih tinggi dibanding biasanya.


Nelayan (Solusi untuk desa nelayan)

Tampilan Aplikasi Nelayan | Screenshot

Nelayan adalah aplikasi mobile yang bisa membantu para nelayan untuk mengetahui berbagai informasi terkait kegiatan mencari ikan. Dengan aplikasi tersebut, para nelayan bisa bertanya tentang masalah apa pun yang mereka hadapi.


Angsu (Solusi untuk desa nelayan)

Angsu adalah aplikasi pelelangan ikan yang bisa diakses dari perangkat desktop maupun mobile. Dengan aplikasi ini, kamu bisa membeli ikan yang berkualitas dengan harga yang terjangkau.


JukuTech (Solusi untuk desa nelayan)

Demi membantu banyak nelayan, JukuTech menghadirkan beberapa solusi, seperti aplikasi untuk membantu nelayan menangkap ikan, situs untuk jual beli hasil perikanan, dan pusat informasi dunia perikanan.


Singa Laut (Solusi untuk desa nelayan)

Sistem Informasi Daya Guna Hasil Laut (Singa Laut) adalah sebuah platform yang bisa memberikan informasi lokasi tempat ikan berkumpul lewat aplikasi mobile kepada para nelayan. Informasi tersebut didapat dari perahu patroli milik pemerintah dan TNI yang telah dilengkapi dengan GPS Fish Finder.


Smart Fisherman (Solusi untuk desa nelayan)

Smart Fisherman adalah aplikasi mobile yang bisa menyediakan informasi terkait dunia perikanan, mulai dari harga ikan di pasar, informasi cuaca, hingga info puskesmas dan koperasi terdekat. Dengan aplikasi ini, nelayan juga bisa melakukan check-in di lokasi yang banyak ikan, serta mengirimkan sinyal darurat apabila terjadi keadaan bahaya.


Selain itu, ada juga aplikasi-aplikasi lain yang lolos ke tahap Bootcamp dari program Solusi Desa Broadband Terpadu, namun belum mempunyai keterangan yang jelas. Mereka adalah Postmo-Care dan SES untuk kategori desa pedalaman; BISO, E-Tani Pintar, Jejaringnet, KulDesaK, Layer Farm, Second Vision Corp, dan Situbondo Smart untuk kategori desa pertanian, serta Senusa ID, dan Nelayan Digital Service untuk kategori desa nelayan.

(Diedit oleh Mohammad Fahmi, Sumber gambar: Ekosaint)

The post 25 Inovasi yang Lolos ke Tahap Bootcamp Solusi Desa Broadband Terpadu appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Pendaftaran Sekolah Esport Pertama di Indonesia Resmi Dibuka

Posted: 23 Jun 2016 12:00 AM PDT

Edukasi game esport pertama di Indonesia bulan ini resmi merambah salah satu sekolah di daerah Jakarta Pusat. Program dari sekolah SMA 1 PSKD yang di awal 2016 lalu sempat menghiasi berbagai pemberitaan media di Indonesia ini akhirnya dibuka untuk umum dalam penerimaan murid baru tahun ajaran 2016/2017.

Program esport SMA 1 PSKD merupakan sebuah inisiatif kurikulum yang dibangun untuk mengembangkan minat dan bakat siswa-siswi baru. Harapannya, setelah lulus, mereka bisa mengejar karier di bidang esport di masa depan.

Beberapa game kompetitif yang bakal siswa pelajari dalam program ini antara lain Dota 2, League of Legends, Hearthstone, dan Vainglory. Keempat game tersebut akan dibagi dalam dua paket fokus permainan, yaitu cabang utama (fokus di Dota 2 atau League of Legends) dan cabang sekunder (Hearthstone atau Vainglory).

Peserta program esport SMA 1 PSKD nantinya tidak hanya dibekali dengan kemampuan bermain saja, tetapi juga pelajaran kurikulum dasar pendidikan dan tambahan materi lain seperti skill teknologi, manajemen waktu, kerja sama tim, dan lain-lain.

Yohannes P. Siagian selaku kepala sekolah SMA 1 PSKD menjelaskan kepada Tech in Asia bahwa program esport ini sesuai dengan visi sekolah dalam menyiapkan murid-murid mereka untuk dunia yang akan datang. Pihak sekolah SMA 1 PSKD menganggap esport merupakan salah satu potensi karier olahraga modern dalam ekonomi dunia di masa depan.

“Penting diingat bahwa karier di bidang esport bukan hanya berarti sebagai atlet atau pemain saja. Berkaca dari perkembangan olahraga di masa lalu, kita bisa melihat adanya pelaku dan profesi industri di sekeliling olahraga itu yang memerlukan orang-orang berkompeten dan memahami seluk beluk bidang tersebut,” jelas Yohannes.

Baca juga lima hal yang bisa kamu lakukan sendiri untuk mulai berkecimpung di ranah esport Dota 2

Yang menarik, program dari sekolah SMA 1 PSKD ini juga mendapatkan dukungan sponsor dari beberapa perusahaan dan produsen periferal komputer terkemuka di Indonesia. Nama-nama seperti MSI dan SteelSeries bakal menjadi penyedia alat gaming bagi para siswa yang mengikuti program ini.

Menuju perkembangan esport yang tak lagi dilihat sebelah mata

Female Fighters Bertanding | Photo

Perkembangan industri esport di negeri ini sejak dua tahun lalu sudah diakui oleh negara dan telah memiliki badan khusus yang menaunginya. Lewat perhelatan acara di Gedung Serba Guna KONI Senayan pada Juni 2014 lalu, pemerintah mengukuhkan IeSPA (Indonesia e-Sports Association) sebagai organisasi yang mempunyai akses ke Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Berbagai liga esport berhadiah total hingga miliaran rupiah kini dapat kita temui setiap tahun. Hal tersebut memberikan ruang gerak bagi pengembangan tim olahraga esport yang belakangan ini mulai bermunculan, baik di kota-kota besar maupun di daerah kecil yang memiliki pemain dengan semangat tinggi.

Dengan kemunculan kurikulum esport ini, ke depannya masyarakat Indonesia serta lembaga akademisi diharapkan bisa ikut melangkah maju meraih potensi video game, dan mengikuti inisiatif pendidikan yang diambil oleh SMA 1 PSKD.

Hal ini diperlukan karena industri esport masih akan tumbuh besar dan membutuhkan proses regenerasi, baik itu talenta pemain baru, announcer, organizer, dan juga sumber daya manusia lainnya yang bakal meningkatkan mutu esport Indonesia agar selevel dengan kualitas kompetisi di luar negeri.

Situs Resmi: SMA 1 PSKD

(Diedit oleh Iqbal Kurniawan)

The post Pendaftaran Sekolah Esport Pertama di Indonesia Resmi Dibuka appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Anvitha Vijay, Developer Perempuan Termuda yang Mendapat Beasiswa Apple

Posted: 22 Jun 2016 11:00 PM PDT

Pada acara WWDC (Worldwide Developers Conference) 2016 yang diadakan pada 13 – 17 Juni di San Francisco, AS, Apple menghadirkan lebih dari 5.000 developer aplikasi yang berasal dari berbagai negara di dunia. WWDC 2016 sendiri merupakan acara tahunan yang diadakan Apple untuk menunjukkan perkembangan OS X, iOS, watchOS, dan tvOS selama setahun ke depan.

Sama seperti tahun sebelumnya, tahun ini Apple membagikan 350 beasiswa untuk developer muda.120 di antaranya berusia di bawah delapan belas tahun dan 22 persen penerima beasiswa adalah perempuan. Di antara 350 penerima beasiswa dari seluruh dunia, Anvitha Vijay adalah yang termuda.

Simak juga hal-hal menarik yang diumumkan Apple dalam WWDC 2016

Anvitha adalah seorang anak perempuan keturunan India yang masih berumur sembilan tahun. Anvitha, yang berasal dari Melbourne, Australia, terpilih menjadi salah satu penerima beasiswa yang diundang hadir WWDC 2016. Anvitha mendaftar beasiswa melalui seleksi online.

Saat Tim Cook membuka WWDC 2016, CEO Apple tersebut langsung memberikan sambutan kepada Anvitha di antara kerumunan peserta. "Rasanya seperti mimpi bisa hadir di sini dan bertemu banyak orang," tutur Anvitha.

Vijay dan Tim Cook | Image

Anvitha Vijay dan CEO Apple Tim Cook. Sumber gambar: The Australian

Melihat adiknya yang sedang belajar mengenal hewan, membuat Anvitha ingin menciptakan sebuah aplikasi mobile yang bisa membantu adiknya belajar. Awalnya Anvitha berpikir kalau membangun sebuah aplikasi mobile hanyalah mimpi belaka. Dengan uang sebesar US$130 dalam celengannya, ia menyadari bahwa dirinya tidak memiliki uang yang cukup untuk membayar seorang developer yang dapat membangun aplikasi pertamanya.

Sejak saat itu, Anvitha mulai memasuki dunia coding di usia tujuh tahun. Ia belajar melalui video tutorial di YouTube tanpa melalui pendidikan formal ataupun pelatihan.

"Coding sangat menantang, namun saya sangat bersyukur karena suka dengan hal ini," tutur Anvitha.

Aplikasi mobile pertama yang dibuat Anvitha adalah Smartkins Animals. Menggunakan Xcode, tool yang diciptakan oleh Apple untuk membangun aplikasi Mac dan iOS, Anvitha berhasil membuat aplikasi untuk membantu anak-anak mengenal nama dan suara hewan. Untuk mengunggah aplikasinya ke App Store, Anvitha menggunakan iPhone dan akun iTunes milik ibunya—karena umurnya yang masih di bawah tiga belas tahun.

Saat ini Anvitha sedang mengerjakan aplikasi barunya, yaitu GoalsHi. Aplikasi ini bertujuan untuk membantu pelajar lebih nyaman saat berada di kelas. Kali ini Anvitha menggunakan bahasa pemrograman Swift untuk membuatnya. Swift adalah bahasa pemrograman baru yang diciptakan Apple untuk membangun aplikasi iOS dan Mac.

Menurut Anvitha, membangun sebuah ide untuk aplikasi melibatkan banyak kerja keras. Ada begitu banyak komponen untuk membangun aplikasi, termasuk prototipe, desain dan wireframing, desain user interface, serta kemudian coding dan pengujian. Namun, itu tidak membuat perempuan yang memiliki cita-cita sebagai inovator ini menyerah. Malah, ia punya sebuah moto inspiratif:

Saya ingin membuat perubahan pada orang-orang yang hidup dengan teknologi.

Sungguh kalimat yang menunjukkan bahwa ia adalah seorang pro, meskipun masih anak-anak!

(Diedit oleh Fadly Yanuar Iriansyah; sumber gambar: Techly)

The post Anvitha Vijay, Developer Perempuan Termuda yang Mendapat Beasiswa Apple appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Shovel Knight Mendapat Karakter Baru Specter Knight dan Edisi Fisik untuk PS Vita

Posted: 22 Jun 2016 10:22 PM PDT

Yacht Club Games mengumumkan rencana beberapa update baru untuk game side-scrolling action mereka, Shovel Knight. Salah satu update yang akan rilis pertama adalah tambahan karakter baru, yaitu Specter Knight. Specter Knight merupakan salah satu stretch goal yang dijanjikan saat kampanye Kickstarter Shovel Knight masih berjalan tiga tahun lalu.

Sama dengan DLC Plague of Shadows yang sudah rilis sebelumnya, Specter Knight akan memiliki cerita tersendiri serta gaya main yang berbeda dari Shovel Knight sang tokoh utama. Specter Knight punya gerakan melompat yang pendek, namun serangan lebih cepat, kemampuan memanjat dinding, serta jurus khusus bernama Dash Slash.

Shovel Knight | Specter Knight 1

Shovel Knight | Screenshot 1

Dash Slash adalah unsur terpenting dari Specter Knight yang membuat gaya mainnya begitu unik. Bila kamu berada di bawah musuh, Dash Slash akan menghasilkan gerakan uppercut ke atas. Sementara bila kamu ada di atas musuh, Dash Slash berubah jadi gerakan menukik di bawah. Bagi Specter Knight, posisi strategis untuk melakukan Dash Slash adalah kunci utama pertarungan maupun eksplorasi.

Selain Specter Knight, Yacht Club Games juga tengah mengembangkan satu lagi karakter playable, yaitu King Knight. Kamu bisa mengintip sekilas aksi King Knight melalui tweet dari Yacht Club Games berikut ini:

Beberapa fitur baru juga direncanakan, antara lain Body Swap dan Battle Mode. Semua update tersebut, termasuk Specter Knight dan King Knight, nantinya akan dirilis gratis di semua platform!

Bingkisan khusus untuk pengguna PS Vita

Satu pengumuman lagi dari Yacht Club Games adalah akan dirilisnya Shovel Knight versi fisik untuk PS Vita. Versi ini dijual terbatas dengan sistem pre-order. Jadi kalau berminat, sebaiknya cepat-cepat pesan agar tidak kehabisan. Yacht Club Games berhasil mewujudkan versi fisik PS Vita berkat kerja sama dengan Fangamer yang juga pembuat kaus eksklusif di Humble Sonic 25th Anniversary Bundle.

Shovel Knight | Physical Edition

Shovel Knight versi fisik ini memiliki konten yang sama dengan versi digital PS Vita, termasuk DLC Plague Knight dan bos rahasia Kratos dari God of War. Kamu juga akan mendapat buku manual berwarna setebal 42 halaman. Dengan harga hanya US$24,99 (sekitar Rp331.000), paket ini sangat pas bagi para fan PS Vita maupun kolektor game fisik.

Shovel Knight termasuk dalam salah satu game side-scrolling action terbaik sepanjang masa versi Tech in Asia, lo!

Shovel Knight versi fisik PS Vita rencananya akan dirilis pada bulan Oktober mendatang. Selain itu, Yacht Club Games juga akan merilis game tersebut dalam bahasa Jepang untuk Wii U dan 3DS di akhir Juni nanti.

Hingga kini Shovel Knight telah terjual lebih dari 1,2 juta kopi di seluruh dunia. Melihat dedikasi Yacht Club Games dalam menjaga kualitas game mereka, sepertinya angka tersebut masih akan terus meningkat.

Sumber: Situs Resmi Yacht Club Games

(Diedit oleh Fadly Yanuar Iriansyah)

The post Shovel Knight Mendapat Karakter Baru Specter Knight dan Edisi Fisik untuk PS Vita appeared first on Tech in Asia Indonesia.

5 Fitur Terbaru Dropbox yang Semakin Memudahkan Pekerjaan Kamu

Posted: 22 Jun 2016 08:21 PM PDT

Setelah mengumumkan kalau mereka telah mempunyai 500 juta pengguna pada bulan Maret 2016 yang lalu, layanan cloud storage Dropbox terus berusaha untuk membenahi layanan mereka. Pada tanggal 23 Juni 2016 ini, mereka meluncurkan lima fitur baru yang bisa membantu para pengguna mereka untuk bekerja, baik sendiri maupun dalam tim.

Memindai dokumen

Fitur ini mungkin adalah fitur yang paling dinanti oleh para pengguna Dropbox. Kini kamu bisa memotret tulisan yang ada di papan tulis atau kertas, dan Dropbox akan langsung mengubahnya menjadi teks digital lewat teknologi Optical Character Recognition (OCR). Apabila kamu menggunakan Dropbox Business, kamu bahkan bisa mencari kata-kata tertentu di dalam foto tersebut.

Untuk menggunakan fitur ini, kamu harus menekan tombol bertanda “+” (plus) dan memilih “Scan Document.” Sayangnya, fitur ini baru tersedia untuk para pengguna aplikasi mobile Dropbox di platform iOS.

Mengapa harus memakai layanan cloud storage? Simak ulasannya di sini

Fitur seperti ini sebenarnya sudah diterapkan oleh layanan cloud storage lain, seperti Google Drive dan Microsoft OneDrive. Khusus untuk OneDrive, mereka juga telah menyediakan fitur pencarian teks untuk foto-foto yang tersimpan di dalam platform mereka.

Lebih mudah membuat file Microsoft Office

Microsoft Office Logo | Ilustrasi

Selain bisa melakukan document scanning, kini kamu juga bisa membuat file Microsoft Word, Excel, dan PowerPoint baru lewat tombol “+.” Kamu hanya perlu memilih “Create or Upload File,” kemudian menentukan jenis file apa yang ingin kamu buat.

Setiap file yang kamu buat akan langsung tersimpan secara otomatis di platform Dropbox. Sayangnya, kamu tetap harus mengunduh aplikasi Microsoft Office terkait untuk manambah atau mengubah isi dari file tersebut. Kemampuan seperti ini sebelumnya juga telah disediakan oleh layanan cloud storage lainnya, Box.

Berbagi file lebih mudah

Demi memudahkan para pengguna mereka yang bekerja secara tim, Dropbox pun mempermudah proses berbagi file di platform mereka. Kini kamu bisa membagi file langsung dari desktop dengan melakukan right-click pada file tersebut. Dengan fitur ini, kamu tidak perlu lagi mengirimkan link Dropbox lewat email untuk membagikannya.

Apabila kamu membagikan sebuah file ke seorang pengguna, kamu juga punya pilihan untuk mengizinkan pengguna tersebut agar bisa mengubah isi file, atau hanya membolehkan dia untuk melihat saja.

Tambahkan komentar dalam teks atau bagian foto tertentu

Memberi komentar terhadap sebuah file mungkin merupakan sebuah hal yang mudah. Namun hal tersebut akan jadi menyulitkan apabila kamu ingin memberi komentar terhadap sebuah teks atau bagian gambar tertentu di Dropbox. Oleh karena itu, Dropbox pun berusaha mengatasi masalah tersebut dengan fitur komentar terbarunya ini.

Kini kamu bisa memberi komentar dengan membuat blok terhadap sebuah teks. Untuk file yang berupa gambar, kamu pun bisa membuat blok berbentuk kotak di bagian gambar yang ingin kamu beri komentar.

Version History

Tampilan Version History di Dropbox | Screenshot

Ketika menulis sesuatu, terkadang versi tulisan yang telah kita buat sebelumnya terasa lebih baik daripada versi yang kita buat saat ini. Itulah mengapa Dropbox kemudian meluncurkan fitur Version History.

Dengan fitur ini, kamu bisa melihat kembali versi-versi tulisan yang telah kamu buat sebelumnya, dan memilih mana versi yang terbaik menurut kamu. Untuk mengakses fitur ini, kamu hanya perlu melakukan right-click di salah satu file, lalu memilih “Previous Versions.”

(Diedit oleh Fadly Yanuar Iriansyah; sumber gambar: VentureBeat)

The post 5 Fitur Terbaru Dropbox yang Semakin Memudahkan Pekerjaan Kamu appeared first on Tech in Asia Indonesia.

No comments:

Post a Comment

Sponsor

Latest Game News

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sponsor

pasang iklan baris gratis