Ads

Friday, June 24, 2016

Game Di Indonesia

Game Di Indonesia


11 Game Android Terbaru Minggu Ini – Crazy Cars Chase, Never Alone, dan Lainnya

Posted: 24 Jun 2016 07:01 AM PDT

Platform Android minggu ini dimeriahkan sejumlah game menarik yang dipastikan bakal menambah keasyikanmu bermain di akhir pekan. Beberapa game yang sudah diantisipasi kemunculannya seperti Teeny Titans Go dan Raid HQ menjadi dua game wajib main saya dalam daftar ini.

Selain dua game tadi, minggu ini juga dimeriahkan deretan game unik seperti Viridi yang mengajak kita menumbuhkan sebuah tanaman, Crazy Cars Chase buatan Touchten, Redungeon sebuah game dungeon crawler baru dari Nitrome, Never Alone, dan lain-lain. Oke, tanpa perlu panjang lebar lagi, berikut adalah daftar game Android terbaru edisi 24 Juni 2016.


The Sandbox Evolution

Seri game The Sandbox kini kembali lagi lewat sebuah sekuel berjudul The Sandbox Evolution. Masih melanjutkan konsep dari game sebelumnya, dalam The Sandbox Revolution, kamu masih berperan sebagai asisten dari Tuhan yang bertugas membuat alam semesta baru dengan kekuatan piksel dari jari kamu.

Setelah dunia yang kamu buat dirasa cukup bagus, kamu bisa menggunakannya sebagai level game platformer dengan beragam karakter yang lucu dan menggemaskan, mulai dari ninja, manusia batu, dan lain-lain. Menariknya lagi, duniamu tadi bisa juga dibagikan kepada para pemain The Sandbox Evolution lainnya dan begitu pula sebaliknya, kamu bisa berkunjung memainkan game buatan mereka.

App Info
The Sandbox Evolution
PIXOWL INC. -  Jun 22, 2016
Genre:  Simulation
Size:   78M
Installs:   5,000 - 10,000
Gratis
Download

Rodeo Stampede

Iqbal Kurniawan – Setelah lama tidak terdengar kabarnya sejak merilis Skiing Yeti Mountain tahun lalu, Featherweight Games kini bekerja sama dengan penerbit Yodo1 Games untuk merilis karya terbaru mereka berjudul Rodeo Stampede. Kamu akan berperan sebagai koboi dengan tali lasonya yang berusaha menjerat sebanyak mungkin hewan liar untuk dimasukkan ke dalam koleksi kebun binatang.

Elemen endless runner dalam Rodeo Stampede terlihat menantang berkat mekanisme melompat dari satu hewan ke hewan lain. Sang koboi dapat menunggangi beragam jenis hewan yang masing-masing memiliki kemampuan unik, seperti burung unta yang dapat melesat dengan kencang atau gajah yang mampu menghancurkan beragam objek.

Rodeo Stampede Padukan Endless Runner dengan Simulasi Manajemen

App Info
Rodeo Stampede: Sky Zoo Safari
Yodo1 Games -  Jun 22, 2016
Genre:  Casual
Size:   63M
Installs:   10 - 50
Gratis
Download

Dash Masters

Butuh tantangan game arcade seru yang bakalan menguji kecepatan jari dan kecermatan matamu dalam bermain? Jika iya, maka Dash Masters merupakan salah satu game Android terbaru yang patut untuk kamu coba dalam daftar ini.

Dalam game ini kamu akan menghadapi rangkaian platform vertikal yang dipenuhi dengan beragam jebakan seperti ranjau, misil, dan robot yang mengingatkan saya dengan Mega Man. Untuk bisa meraih posisi tertinggi, kamu harus mengarungi platformer tersebut dengan manuver wall-jump, double jump, dan aksi dash bak seorang Mega Man KW super.

App Info
Dash Masters
Playmous -  Jun 22, 2016
Genre:  Arcade
Size:  N/A
Installs:   1 - 5
Gratis
Download

Crazy Car Chase

Crazy Cars Chase | Screenshot 1

Bulan ini Touchten kembali membawakan sebuah game menarik berjudul Crazy Cars Chase. Game arcade ini mengangkat aksi pengejaran mobil dari sudut pandang isometrik di atas sudut kota Jakarta. Permainan Crazy Cars Chase sendiri sedikit banyak mengingatkan saya dengan Pako – Car Chase Simulator. Di sini kamu akan mengemudikan sebuah mobil tanpa rem yang bergerak serampangan dan menghindari gedung serta kendaraan lain di sekitarnya selama mungkin.

Agar aksi pelarianmu di jalanan kota Jakarta terlihat semakin meriah, Touchten juga menghadirkan bermacam latar monumen kota Jakarta yang dibuat semirip mungkin dengan tampilan low poly yang unik dan berbeda. Di sini kamu akan mengumbar gas mobilmu mulai dari daerah Monas, Bundaran HI, hingga daerah sekeliling monumen Tugu Pancoran.

Hindari Kejaran Mobil Polisi dalam Game Baru Touchten Crazy Cars Chase

App Info
Crazy Cars Chase
Touchten -  Jun 21, 2016
Genre:  Action
Size:   41M
Installs:   1 - 5
Gratis
Download

Viridi

Dalam Viridi, kamu tidak akan banyak melakukan aktivitas selain mengamati tumbuh kembang biji tanaman dalam pot. Sesuai genre permainan idle yang diusungnya, kamu akan lebih sering memanfaatkan waktu untuk memandangi tanaman tersebut, menyiraminya, membeli bibit baru, memindahkan posisi tanaman, dan beranjak menghiasi pot lain dengan biji tanaman baru.

Perspektif kamera dalam Viridi bisa kamu atur sedemikian rupa untuk melihat detail setiap tanaman yang terdapat dalam pot kesayanganmu, mulai dari memperbesar gambar hingga memutar arah bergeraknya kamera. Sepanjang aktivitas observasi tadi berlangsung, game ini akan memutarkan lagu ambience yang memberikan nuansa ketenangan bagi para pemain.

ViridiGame Simulasi Memelihara Tanaman Virtual yang Menenangkan

App Info
Viridi
Ice Water Games -  Jun 20, 2016
Genre:  Simulation
Size:   93M
Installs:   50 - 100
Gratis
Download

NinjAwesome

Iqbal Kurniawan – Beraksi sebagai seorang ninja dalam game memang tidak pernah membosankan, apalagi bila karakter ninja yang kamu mainkan memiliki beragam kemampuan keren seperi menyusup, mengintai, hingga bertarung dengan shuriken maupun pedang. Segudang aksi keren itulah yang akan kamu lakukan dalam beragam misi di NinjAwesome.

Game yang dirilis oleh GameResort tersebut menggabungkan aksi runner dan action dengan tampilan grafis piksel 2D terpoles serta efek suara khas console 16-bit. Kamu dapat terjun ke dalam berbagai misi yang berbeda-beda, atau menguji setinggi apa kemampuanmu dalam mode endless. Berbagai kemampuan sang ninja juga bisa kamu tingkatkan melalui fitur upgrade di dalam game.

App Info
NinjAwesome
GameResort -  Jun 22, 2016
Genre:  Arcade
Size:   38M
Installs:   5,000 - 10,000
Gratis
Download

Memento Bay

Memento Bay | Screenshot

Apakah kamu ingat dengan game klasik seperti SkiFree yang begitu populer dimainkan di Windows 95 dulu? Jika pernah bermain game tersebut sebelumnya maka bisa dipastikan kamu akan sedikit familier dengan permainan Memento Bay.

Memento Bay sendiri merupakan game arcade minimalis yang menempatkan kamu sebagai seorang pengemudi perahu kecil di atas sebuah lautan luas. Sedikit mirip dengan SkiFree, di sini kamu akan menjalani aksi zig-zag dan berseluncur melewati beragam pos checkpoint di sekitar jalur bermain. Bedanya jika SkiFree membawamu menuruni gunung, maka di Memento Bay kamu justru berkendara di atas perahu dari pandang bawah menuju ke atas.

App Info
Memento Bay
Boomfruit -  May 27, 2016
Genre:  Racing
Size:   17M
Installs:   1,000 - 5,000
Gratis
Download

Redungeon

Minggu ini Nitrome mencuri perhatian saya lewat Redungeon yang layak disebut sebagai game dungeon crawling paling hardcore untuk perangkat mobile. Dalam Redungeon, kamu diminta untuk melintasi gelapnya labirin turn-based yang dipenuhi beragam jebakan maut dan monster mengerikan tipikal game bernuansa fantasi.

Sama seperti game dungeon crawling berbasis mekanisme turn-based semacam Pixel Dungeon dan lainnya, di sini kamu akan bergerak setapak demi setapak untuk melintasi labirin maut yang mengincar kelengahan kamu.

Bagi saya game ini adalah versi sulit dari The Quest KeeperTantangan Redungeon sendiri terletak susunan labirinnya yang begitu acak dan sulit untuk ditaklukkan begitu saja. Saya saja sejauh ini tidak sampai berjalan jauh melewati segala rintangan di dalamnya.

App Info
Redungeon
Nitrome -  Jun 22, 2016
Genre:  Action
Size:   25M
Installs:   1 - 5
Gratis
Download

Raid HQ

Setelah menjadi salah satu game yang mendapatkan spotlight featured di halaman Apple bulan Mei kemarin, Raid HQ akhirnya sekarang juga dirilis ke dalam versi Android. Game ini adalah salah satu rekomendasi terbaik saya untuk daftar bermain kamu minggu ini. Mengapa? Karena Raid HQ menyajikan inovasi seru yang belum pernah ada sebelumnya, yaitu gabungan antara vertical shooter dengan aksi base building layaknya permainan Clash of Clans.

Fokus permainan Raid HQ sendiri kurang lebih mirip dengan game strategi asynchronous ala Clash of Clans. Kamu diminta untuk merampok markas pemain lain tetapi dengan gaya vertical shooter ala game bullet hell yang seru dan gila-gilaan. Cobalah! Saya saja sampai kehabisan kata-kata untuk menggambarkan bagaiman wujud permainannya.

App Info
RAID HQ
Mobile Gaming Studios Ltd. -  Jun 21, 2016
Genre:  Action
Size:   55M
Installs:   10,000 - 50,000
Gratis
Download

Never Alone: Ki Edition

Kejutan! Kini game platformer PC Never Alone tersedia dalam versi mobile. Kabar buruknya, game ini memerlukan perangkat Android dengan dukungan GPU berkelas, minimal Adreno 330 seperti Samsung Galaxy S5 dan di atasnya.

Dalam Never Alone kamu akan berperan sebagai seorang gadis kecil yang ditemani oleh peliharaannya. Game ini memadukan aksi puzzle platformer dengan sudut pandang side-scrolling bergrafis 3D yang tampak begitu indah untuk ukuran game mobile. Berhubung ini adalah versi mobile, jadi sebelum membeli Never Alone: Ki Edition saya harap kamu terbiasa dengan kontrolnya yang membuat ibu jarimu menutup sebagian kecil layar permainan.

Review Never Alone – Melestarikan Budaya

App Info
Never Alone: Ki Edition
E-Line Media -  Jun 22, 2016
Genre:  Adventure
Size:   274M
Installs:   10 - 50
75,000
Download

Teeny Titans – Teen Titans Go

Setelah merilis beberapa game yang diangkat dari serial dalam Cartoon Network, seperti Steven Universe: Attack the Light dan Powerpuff Girls Flipped Out!, kini Grumpyface Studios kembali dengan karya terbaru mereka yang masih dikembangkan dari serial animasi superhero Teen Titans.

Gameplay pada Teeny Titans didesain mirip dengan Pokémon, di mana kamu akan mengumpulkan beragam figur berbentuk para jagoan Teen Titans untuk berhadapan satu sama lain. Sama seperti Pokémon, setiap figur dalam Teeny Titans memiliki karakteristik unik dengan kekuatan spesial masing-masing.

Teeny Titans – Pendekatan ala Cartoon Network terhadap Pokémon

App Info
Teeny Titans - Teen Titans Go!
Cartoon Network -  Jun 22, 2016
Genre:  Strategy
Size:   206M
Installs:   10 - 50
53,000
Download

(Diedit oleh Mohammad Fahmi)

The post 11 Game Android Terbaru Minggu Ini – Crazy Cars Chase, Never Alone, dan Lainnya appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Daftar Harga 10 Smartphone Terpopuler Minggu Ini (24/6)

Posted: 24 Jun 2016 07:00 AM PDT

Menunggu THR cair sambil mencari smartphone baru, namun bingung menentukan pilihan? Jangan khawatir. Tim Tech in Asia Indonesia telah merangkum sepuluh smartphone paling populer di Indonesia, yang dapat menjadi referensi “berburu” kamu.

Duet smartphone Apple, iPhone 5s dan iPhone 6, untuk pertama kalinya merosot ke posisi enam dan tujuh, setelah beberapa minggu terakhir bertengger di tiga besar. Samsung Galaxy J5 menjadi raja pada daftar minggu ini, menggeser Asus Zenfone 2 yang kini berada di peringkat kelima.

Pelan tapi pasti Xiaomi Note 3 Pro memikat perhatian penggemar smartphone Android di Indonesia. Jika sebelumnya berada di posisi kedelapan, produk murah meriah  versi Snapdragon ini melesat ke peringkat dua. Mengekor di belakangnya adalah Oppo F1, yang naik satu peringkat dari minggu lalu.

Menjelang lebaran, fluktuasi harga smartphone sulit untuk diduga. Beberapa stabil, ada yang mengalami kenaikan sekaligus penurunan, ada juga yang harganya turun lumayan drastis. Seperti Samsung Galaxy S7 Edge, yang di beberapa e-commerce harganya turun hingga ratusan ribu rupiah.

Setiap smartphone dilengkapi harga dari sejumlah e-commerce, sehingga semakin memudahkan kamu untuk membelinya. Daftar ini kami perbarui setiap minggu. Kamu dapat mengecek daftar minggu lalu di sini. Kami juga memberi tanda () untuk harga yang mengalami kenaikan dan () untuk penurunan harga.

Tanpa buang-buang waktu lagi, langsung saja simak daftar lengkapnya berikut ini.

1. Samsung Galaxy J5

Samsung Galaxy J5 | Image

OS: Android Lollipop 5.1 | Layar: 5 inci | Resolusi: 720 x 1280p | Prosesor: Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 Quad-core 1,2 Ghz Cortex-A53 | RAM: 1,5 GB | Memori Internal: 8 GB | Baterai: 2600 mAh | Kamera depan: 5 MP | Kamera belakang: 13 MP

Seri Galaxy dengan kamera mumpuni lazimnya ditemukan pada kasta tertinggi, seperti Galaxy S7. Lewat Galaxy J5 yang diperkenalkan pada akhir April 2016 di negara asalnya, Samsung menyematkan kamera utama dengan resolusi 13 MP yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan para pencinta aktivitas fotografi dengan smartphone.

2. Xiaomi Note 3 Pro (Snapdragon Version)

Bentuk Xiaomi Redmi Note 3 Pro | Featured

OS: Android Lollipop 5.1.1| Layar: 5,5 inci | Resolusi:1080 x 1920p | Prosesor: Qualcomm MSM8956 Snapdragon 650, Quad-Core 1,4 GHz Cortex-A53 & Dual-Core 1,8 GHz Cortex-A72 | RAM: 2 GB | Memori Internal: 16 GB | Baterai: 4050 mAh | Kamera depan: 5 MP | Kamera belakang: 16 MP

Memasuki pertengahan Januari, Xiaomi memperkenalkan varian dengan prosesor Snapdragon 650, menggantikan MediaTek Helio X10 pada model sebelumnya. Perubahan lainnya adalah peningkatan resolusi kamera belakang, dari 13 MP menjadi 16 MP f.20 dengan otofokus phase detection. Sekadar informasi, varian dengan memori internal 32 GB belum masuk Indonesia secara resmi.

3. Oppo F1

Oppo F1 | Image

OS: Android Lollipop 5.1 | Layar: 5 inci | Resolusi: 720 x 1280p | Prosesor: Qualcomm Snapdragon 616 Cortex-A53 Quad-Core 1,7 GHz | RAM: 3 GB | Memori Internal: 16 GB | Baterai: 2500 mAh | Kamera depan: 8 MP | Kamera belakang: 13 MP

Smartphone ini dirancang untuk kamu yang suka selfie. Kamera depannya dibekali sensor 1,4 inci. Meski resolusinya hanya 8 MP, hasil fotonya mampu melampaui kamera belakangnya.

[Hands-On] Oppo F1, Satu Lagi Smartphone untuk Pencinta Selfie

4. Samsung Galaxy S7 Edge
galaxy-s7-edge

OS: Android Marshmallow 6.0 | Layar: 5,5 inci | Resolusi: 1440 x 2560p | Prosesor: Exynos 8890 Octa-Core (4 x 2,3 GHz + 4 x 1,6 GHz) | RAM: 4 GB | Memori Internal: 32 GB | Baterai: 3600 mAh | Kamera depan: 5 MP | Kamera belakang: 12 MP

Gimmick layar bersisi pada S7 Edge ternyata berhasil menyedot perhatian publik. Terlebih karena Samsung membekali aplikasi eksklusif untuk memanfaatkan sisi layar tersebut. Selain itu, pengguna juga bisa mencicipi konten masa depan lewat aksesori Gear VR.

[Hands-On] Samsung Galaxy S7 Edge: Calon Smartphone dengan Kamera Terbaik Tahun Ini?

5. Asus Zenfone 2 ZE550ML

Asus Zenfone 2 | Image

OS: Android Lollipop 5.0 | Layar: 5,5 inci | Resolusi: 720 x 1280p | Prosesor: Intel Atom Quad-Core Z3560 1,8 GHz | RAM: 2 GB | Memori Internal: 16 GB | Baterai: 3000 mAh | Kamera depan: 5 MP | Kamera belakang: 13 MP

Spesifikasi dengan RAM 2 GB ini sebenarnya sudah cukup mumpuni untuk pemakaian sehari-hari. Namun, jika kamu ingin performa yang lebih baik, Asus menawarkan model dengan RAM 4 GB dengan harga yang jauh lebih mahal.

Review Asus Zenfone 2 – Mesin Kencang yang Masih Perlu Optimalisasi

6. Apple iPhone 5s

iPhone 5s | Image

OS: iOS 9.3.1 | Layar: 4 inci | Resolusi: 1136 x 640p | Prosesor: Apple A7 Dual-Core 1,3 GHz | RAM: 1 GB | Memori Internal: 16 GB, 32 GB, 64 GB | Baterai: 1570 mAh | Kamera depan: 1,2 MP | Kamera belakang: 8 MP

iPhone 5s merupakan smartphone pertama Apple yang dibekali dengan sensor sidik jari Touch ID. Meski umurnya sudah lebih dari dua setengah tahun, smartphone ini masih diminati, terutama bagi mereka yang tidak suka dengan smartphone berukuran besar.

7. Apple iPhone 6

iPhone 6 | Image

OS: iOS 9.3.1 | Layar: 4,7 inci | Resolusi: 1334 x 750p | Prosesor: Apple A8 Dual-Core 1,4 GHz | RAM: 1 GB | Memori Internal: 16 GB, 64 GB, 128 GB | Baterai: 1810 mAh | Kamera depan: 1,2 MP | Kamera belakang: 8 MP

Ketimbang iPhone 6s yang harganya bisa menembus 10 jutaan, membeli iPhone 6 menjadi pilihan yang logis. Terlebih karena harganya telah mengalami penurunan yang signifikan.

iPhone 6 dan iPhone 6 Plus – Senjata Baru Apple dengan Layar Lebih Besar

8. Xiaomi Mi 4i

Xiaomi Mi 4i I Image

OS: Android Lollipop 5.0.2 | Layar: 5 inci | Resolusi: 1080 x 1920p  | Prosesor: Qualcomm MSM8939 Snapdragon 615 Octa-Core (Quad-Core 1,7 GHz Cortex-A53 & Quad-Core 1 GHz Cortex-A53 ) | RAM: 2 GB | Memori Internal: 16 GB | Baterai: 3120 mAh | Kamera depan: 5 MP | Kamera belakang: 13 MP

Mi 4i, yang resmi diluncurkan di Indonesia sejak Mei tahun lalu, sama seperti smartphone Xiaomi lainnya, yaitu mengusung fitur flagship namun dijual dengan harga relatif terjangkau.

[Hands-On] Andalkan Kamera, Xiaomi Mi 4i Siap Bersaing di Pasar Smartphone Rp2 Jutaan

9. Lenovo A7000

Lenovo A7000 | Image

OS: Android Lollipop 5.0.2 | Layar: 5,5 inci | Resolusi: 720 x 1280p | Prosesor: MediaTek MT6752m Octa-Core 1,5 GHz | RAM: 2 GB | Memori Internal: 8 GB | Baterai: 2900 mAh | Kamera depan: 5 MP | Kamera belakang: 8 MP

Jika kamu mencari smartphone Android octa-core dengan harga terjangkau, Lenovo A7000 adalah salah satu kandidat yang layak dipertimbangkan. Tentunya kamu harus cukup puas dengan RAM berkapasitas 2 GB.

Review Lenovo A7000 – Pilihan Smartphone Bertenaga untuk Kamu yang Tidak Mengutamakan Kamera

10. LG G5 SE

LG G5 di Indonesia | Image

OS: Android 6.0 Marsmallow | Layar: 5,3 inci | Resolusi: 1440 x 2560p | Prosesor: Qualcomm Snapdragon 820 Quad-Core 1,8 GHz Cortex-A72 & Quad-Core 1,2 GHz Cortex-A53 | RAM: 3 GB | Memori Internal: 32 GB | Baterai: 2800 mAh | Kamera depan: 8 MP | Kamera belakang: 16 MP

G5 SE merupakan seri "ekonomis" dari produk flagship G5 yang diunggulkan LG. Salah satu daya tarik G5 SE (dan tentunya G5) adalah aksesori pendukung Cartridge Modular Type. Sebua alat tambahan untuk memotret dengan lebih nyaman, audio yang lebih mantap, kamera 360 derajat, dan sebagainya.

Catatan editor: Harga telah dibulatkan dan dapat berubah sewaktu-waktu. Untuk harga dari marketplace, harga diambil yang paling murah.

(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto)

The post Daftar Harga 10 Smartphone Terpopuler Minggu Ini (24/6) appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Potensi Pasar Game Cina Lebih Besar Ketimbang Amerika Serikat dan Jepang

Posted: 24 Jun 2016 06:00 AM PDT

Perusahaan analisis pasar game dan esport dunia, Newzoo, merilis sebuah laporan yang memberikan gambaran tentang demografi serta potensi pasar game global untuk 2016. Berbagai insight menarik diungkap dalam laporan tersebut, salah satunya adalah bagaimana Cina diprediksi akan menyalip Amerika Serikat sebagai pasar game terbesar dunia tahun ini.

Dengan jumlah penduduk mencapai miliaran orang, Cina merupakan negara berpopulasi terbesar di dunia. Tidak mengherankan bila potensi pasar game di Cina diperkirakan akan mencapai US$24,4 miliar (sekitar Rp327 triliun) pada 2016.

Asia sebagai pasar utama industri game

Newzoo Report Top 20 Countries Game Revenue | Screenshot

Melesatnya Cina sebagai negara dengan pasar game terbesar di dunia mengukuhkan posisi region Asia Pasifik sebagai pendorong utama perkembangan industri game secara keseluruhan. Perkembangan region ini sangat pesat hingga menyumbang 58 persen dari total pertumbuhan industri game dunia. Bahkan, tiga dari lima negara dengan nilai pasar game terbesar di dunia berasal dari Asia, yaitu Cina, Jepang, dan Korea Selatan.

Laporan ini sejalan dengan data yang dibagikan App Annie tentang pasar game mobile Asia tahun 2015

Indonesia sendiri menempati urutan ke-17 dengan nilai pasar diperkirakan mencapai US$704,4 juta (sekitar Rp9,5 triliun). Nilai pasar ini lebih besar dibandingkan negara tetangga Malaysia dan Thailand yang masing-masing menempati urutan ke-18 dan 20. Tidak heran bila semakin banyak perusahaan game global yang mulai melirik Asia Tenggara sebagai pasar yang potensial.

Platform mobile diperkirakan menjadi yang terbesar

Newzoo Report Game Revenue per Platform | Screenshot

Selain berbagi insight tentang pasar game per region, Newzoo juga memberikan informasi mengenai segmentasi pangsa pasar game berdasarkan platform. Dari berbagai platform yang ada untuk bermain game, platform mobile diprediksi menghasilkan penghasilan terbesar mencapai US$36,9 miliar (sekitar Rp495 triliun) atau setara dengan 37 persen dari total pasar game global 2016. Potensi yang dimiliki platform ini lebih besar dibanding platform console dan PC yang masing-masing menempati urutan kedua dan ketiga setelah mobile.

Pertumbuhan segmen game kompetitif pada platform mobile juga menjadi salah satu highlight yang disebutkan dalam laporan Newzoo. Langkah Super Evil Megacorp yang menggandeng ESL untuk menyelenggarakan kompetisi esport Vainglory, atau Supercell yang pada April lalu mengadakan kompetisi Clash Royale, dianggap sebagai titik tolak pertumbuhan esport di platform mobile.

Kemudahan akses lewat perangkat mobile masing-masing serta kemunculan beragam platform untuk menyiarkan permainan pada perangkat mobile seperti pada YouTube, Kamcord, serta Mobcrush merupakan beberapa alasan yang turut mendorong berkembangnya mobile esport.

Sumber: Newzoo

(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto; Sumber gambar: Mark Farrel)

The post Potensi Pasar Game Cina Lebih Besar Ketimbang Amerika Serikat dan Jepang appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Rangkuman Berita Game Hari Ini – 24 Juni 2016

Posted: 24 Jun 2016 05:00 AM PDT

Sambut kedatangan Steam Summer Sale 2016 lewat video berikut ini

Risky Maulana – Diedit dari salah satu adegan perang paling epik dalam serial TV Game of Thrones, video di atas ini menggambarkan hype dari Steam Sale yang baru dimulai hari ini serta dampaknya terhadap kondisi keuanganmu di penghujung bulan Juni 2016. Berbelanjalah game PC secara bijak kawan. Jangan sampai tabunganmu ludes terbakar Steam Summer Sale selama sepekan ke depan.


Simak atraksi live-streaming Battlefield 4 sambil tiarap dari StoneMountain64

Risky Maulana – Melakukan live-streaming game sambil tiarap? Kenapa tidak? David StoneMountain64 melakukan hal itu selama satu jam untuk menemukan sensasi bermain sebagai sniper yang realistis di Battlefield 4. Meskipun terlihat cukup menarik, namun saya sarankan kamu untuk menghindari hal semacam ini selama satu jam karena kamu bisa nyeri punggung dibuatnya.


Square Enix akan menyiarkan tayangan live-streaming terkait Final Fantasy Brave Exvius minggu depan

Final Fantasy Brave Exvius Countdown | Screenshot

Iqbal Kurniawan – Square Enix mengunggah sebuah situs untuk event terkait game mobile mereka, Final Fantasy Brave Exvius. Situs tersebut menampilkan hitungan waktu yang berjalan mundur dan akan berakhir Senin 27 Juni 2016 pukul 19.00 WIB.

Pada jam yang telah ditentukan itu, Square Enix akan menyiarkan acara live-streaming lewat situs Nico Nico Douga untuk mengungkap hal baru yang dimaksud. Final Fantasy Brave Exvius dalam bahasa Inggris rencananya akan dirilis dalam waktu dekat, dan sudah tersedia di beberapa negara terpilih melalui soft launch.

Sumber: Gematsu


FIFA 17 akan dilengkapi belasan tim dari liga sepak bola Jepang

Iqbal Kurniawan – Delapan belas tim sepak bola yang tengah berlaga dalam Meiji Yasuda J1 League dan J.League Cup Tournament akan tampil dalam FIFA 17. Semua tim tersebut dapat dimainkan dalam beragam mode yang ada dalam game.

Selain menghadirkan seluruh tim yang membentuk liga nomor satu di Jepang tersebut. EA juga akan menghadirkan markas tim Gamba Osaka, Suita City Football Stadium, sebagai salah satu stadion baru yang dapat diakses pemain. FIFA 17 rencananya akan dirilis bulan September nanti.

FIFA 17 untuk PS4, Xbox One, dan PC Miliki Mode Cerita Berlatar Liga Inggris


Bandai Namco merilis video berisi cuplikan aksi Super Robot Wars OG: The Moon Dwellers

Ayyub Mustofa – Bandai Namco telah merilis video berdurasi tiga belas menit yang menunjukkan cuplikan gameplay dari Super Robot Wars OG: The Moon Dwellers. Dalam video tersebut kamu bisa melihat bagaimana dialog disajikan, serta salah satu pertarungan Calvina Coulange yang penuh adegan sinematik.

Super Robot Wars OG: The Moon Dwellers akan rilis tahun ini sebagai bagian dari perayaan ulang tahun Super Robot Wars ke-25. Bandai Namco juga akan merilisnya dalam bahasa Inggris untuk PS4.


Video ini mengajak kita mengenang sejarah Sonic selama 25 tahun

Ayyub Mustofa – Tak terasa 25 tahun sudah berlalu sejak Sonic the Hedgehog pertama rilis pada tanggal 23 Juni 1991 lalu. Bertepatan dengan ulang tahun Sonic tersebut, SEGA mengunggah video singkat yang menggambarkan perjalanan Sonic dari dulu hingga sekarang.

Jangan lupa, SEGA juga bekerja sama dengan Humble Bundle untuk menyajikan paket francis Sonic murah meriah di Steam. Ini kesempatan emas untuk mengoleksi game Sonic milikmu.

(Diedit oleh Mohammad Fahmi)

The post Rangkuman Berita Game Hari Ini – 24 Juni 2016 appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Xiaomi Mi Qicycle – Sepeda Listrik yang Terkoneksi dengan Smartphone

Posted: 24 Jun 2016 05:00 AM PDT

Beberapa waktu belakangan ini Xiaomi aktif mengenalkan jajaran produk di luar smartphone. Setelah Mi Drone yang mampu merekam video 4K, perusahaan asal Cina tersebut kini mengenalkan sepeda pintar Mi Qicycle.

Dalam blog resminya, Xiaomi menekankan bahwa perusahaan bukan hanya memproduksi smartphone, tetapi juga jajaran produk berbasis teknologi lainnya. Seperti yang dihadirkan Xiaomi dalam Mi Qicycle, sepeda ini terkoneksi dengan aplikasi untuk melacak keberadaan, mencatat jarak tempuh, kecepatan, GPS, dan kalori yang terbakar.

Berbasis tenaga listrik, sepeda dengan nama lengkap Mi Qicycle Electric Folding Bike ini diklaim mampu dibawa berkendara hingga 45 km dalam satu kali pengisian daya. Xiaomi membenamkan 20 baterai Panasonic 18650 bertenaga 2.900 mAh dengan jenis material seperti yang digunakan pada mobil listrik Tesla.

Xiaomi juga telah memiliki penanak nasi pintar bernama MIJIA

Namun bila tenaga baterai habis di tengah perjalanan, Xiaomi telah melengkapi sepeda ini dengan opsi gear manual dari Shimano. Gear tersebut dilengkapi dengan tiga kecepatan. Ini akan memudahkan pengguna untuk melibas jalan aspal mulus di perkotaan, hingga melakukan pendakian dengan kondisi cuaca berangin.

Bagian depan dan belakang sepeda dilengkapi dengan lampu yang terpasang pada kerangka sepedanya. Selain itu, sepeda dengan bobot 14,5 kg ini dapat dilipat, sehingga bentuknya lebih ringkas.

Produk ini baru dipasarkan di Cina dengan harga di kisaran US$455 (sekitar Rp6,1 juta). Harga tersebut lebih rendah dibandingkan dengan produk pendahulunya, yakni QiCycle R1. Sepeda listrik model sebelumnya tidak bisa dilipat, namun memiliki fungsi konektivitas serupa sepeda baru ini. Qicycle R1 ditawarkan dengan harga lebih mahal, sekitar US$3.000 (sekitar Rp39 juta).

(Diedit oleh Fadly Yanuar Iriansyah)

The post Xiaomi Mi Qicycle – Sepeda Listrik yang Terkoneksi dengan Smartphone appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Jongla Berikan Fitur Layaknya Tinder untuk Temukan Teman Baru di Posisi Terdekat

Posted: 24 Jun 2016 03:51 AM PDT

Aplikasi chatting asal Finlandia, Jongla mengumumkan pembaruan aplikasi menjadi generasi ketiga. Dengan nama Jongla 3.0, aplikasi ini mengikuti kesuksesan dari aplikasi chatting Tinder untuk menemukan teman baru.

Pembaruan yang dilakukan adalah penambahan dua fitur terbaru, yakni People dan Interactions. Riku Salminen, CEO Jongla mengatakan bahwa timnya berusaha untuk memberikan aplikasi yang kian memudahkan penggunanya untuk berinteraksi sosial.

Untuk fitur People, fungsinya sama seperti yang ditawarkan aplikasi Tinder. Pengguna bisa menemukan pengguna Jongla lainnya dalam radius hingga 1500 km. Namun, perbedaan yang mencolok dari Tinder adalah informasi yang diberikan hanya perkiraan jarak dari pengguna lainnya.

Salminen lebih lanjut mengatakan bahwa hal ini dilakukan agar keamanan dari pengguna bisa terjamin. “Pengguna juga diberi pilihan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur People di dalam aplikasinya,” tambah Salminen.

Fitur kedua yang diperkenalkan adalah Reactions. Sesuai dengan namanya, fitur ini dapat digunakan untuk memberi emoticon pada profil baru pengguna yang ditambahkan sebagai teman. Pilihan yang tersedia adalah ikon senyum, jempol, dan hati.

Ditambahkannya, kedua fitur terbaru yang diluncurkan dalam generasi ketiga Jongla dapat melengkapi fitur-fitur yang ada sebelumnya, seperti Push to Talk dan kumpulan stiker interaktif. “Persaingan antar aplikasi chatting yang ada membuat Jongla coba menghadirkan fitur-fitur yang disukai pengguna.”

Asia tetap jadi andalan Jongla

Aplikasi Jongla | Screenshot

Sayangnya, Salminen enggan menyebut jumlah pengguna aplikasi Jongla miliknya. Ia hanya memaparkan data bahwa pengguna terbesar berada di Brazil sebesar lima belas persen. Sedangkan Indonesia menempati posisi keenam dengan porsi lima persen di bawah Mexico dan Thailand.

Besarnya persentasi pengguna tersebut bergeser dari paparan Jongla pada Oktober 2015 silam. Tahun lalu Turki menempati posisi pertama dengan jumlah pengguna terbesar, namun kini negara tersebut tergeser ke posisi ketiga.

Cek aplikasi chatting lainnya untuk temukan teman baru di sini!

Ia menyebut bahwa pengguna di Asia tetap menjadi pasar yang menjanjikan bagi Jongla. Setelah Asia, Jongla memiliki basis pengguna cukup besar di Amerika Serikat dan Amerika Latin.

Sebagai tambahan informasi, Jongla telah beroperasi sejak 2009 di Finlandia. Dan masuk ke pasar Indonesia sejak 2014 dengan menggandeng operator telekomunikasi XL.

Walaupun aplikasi Jongla telah memiliki pengguna di berbagai dunia, popularitas yang dimiliki tidak begitu dominan gaungnya. Apakah fitur untuk menemukan teman baru berdasarkan radius jarak mampu membawa Jongla mendongkrak jumlah penggunanya?

App Info
Jongla - Instant Messenger
Jongla Ltd. -  Sep 21, 2015
Genre:  Communication
Size:   1.8M
Installs:   1,000,000 - 5,000,000
Gratis
Download

(Diedit oleh Mohammad Fahmi)

The post Jongla Berikan Fitur Layaknya Tinder untuk Temukan Teman Baru di Posisi Terdekat appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Cara Dapatkan Promosi Terbaik Saat Steam Summer Sale

Posted: 24 Jun 2016 02:15 AM PDT

Update – 24 Juni 2016

Steam Summer Sale akhirnya dimulai hari ini! Jangan sampai kamu salah strategi dalam berbelanja. Ikuti panduan di bawah untuk memaksimalkan momen yang selalu dinantikan tiap tahunnya.


Artikel Asli – 20 Juni 2016

Beberapa hari belakangan ini, isu seputar tanggal pelaksanaan Steam Summer Sale sedang ramai diperbincangkan di berbagai media. Beberapa berita tersebut rata-rata mencantumkan sumber dari bocoran Twitter Paypal dan ada juga yang merupakan prediksi dari situs When is the Steam Sale.

Keduanya sama-sama menunjukkan tanggal 23 atau 24 Juni sebagai tanggal dimulainya Steam Summer Sale. Jadi, minggu ini kita perlu mempersiapkan diri dan dompet tebal untuk memperoleh promosi diskon terbaik di Steam.

Dalam rangka menunggu promosi Steam Summer Sale yang akan dimulai sebentar lagi, berikut saya berikan beberapa cara untuk memaksimalkan efisiensi belanja game kamu dalam waktu dekat.


Rencanakan pembelanjaan dengan referensi game alternatif dari genre yang disukai

Steam Summer Sale | Ilustration 1

Tip ini sebagai jaga-jaga andai game yang kamu harapkan tidak kunjung mendapatkan diskon (sumber gambar: player2pressstart)

Tip berikut mungkin bukanlah sebuah rahasia publik, karena sebetulnya inilah hal mendasar yang perlu kamu lakukan guna mengetahui game apa saja yang memang bagus dan sedang mendapat diskon di Steam. Cara paling mudah untuk memperkaya referensimu adalah dengan mengikuti perkembangan berita game, membaca review, dan menonton video yang bertebaran di YouTube.

Perencanaan game alternatif bisa dibilang semacam cadangan game incaranmu yang memiliki genre sama. Bayangkan contoh kasus semacam ini: kamu sedang mengincar game shooter militer modern seperti ARMA III di Steam. Namun karena harganya masih kurang terjangkau, kamu tetap bisa bersenang-senang dengan game shooter lain yang bisa menjadi alternatif seperti Insurgency atau Operation Flashpoint.

Memiliki referensi soal game alternatif bisa dibilang adalah hal yang cukup penting karena secara tidak langsung kamu mempunyai opsi kedua dalam berbelanja game. Jika game utama yang kamu inginkan rupanya tidak mendapatkan potongan harga yang signifikan, janganlah ragu untuk membeli game alternatif pilihanmu yang bisa jadi lebih terjangkau.


Daya gunakan fitur wishlist sebagai pengingat diskon

Steam Summer Sale | Ilustration 2

Yep, selain sebagai pengingat diskon, tahukah kamu bahwa fitur wishlist dalam Steam juga berfungsi sebagai “kode” bagi kawanmu supaya mereka tahu game apa yang memang kamu inginkan? Hehehe … ini memang bukan sesuatu yang baru, namun sebetulnya itulah esensi utama dari kegunaan wishlist bukan?

Fitur satu ini akan memberimu notifikasi di saat game yang kamu mau sedang mendapatkan potongan harga. Caranya mengaktifkannya cukup mudah. Kamu tinggal mengeklik tombol “add to your wishlist” dan begitu ada perubahan harga terbaru, kamu tinggal mengeceknya dalam inbox.

Di hari normal selain Steam Summer Sale, notifikasi wishlist yang masuk ke dalam inbox milikmu biasanya adalah game yang sedang mendapatkan diskon seperti Daily Deal, Midweek Madness, dan Weekend Deal. Jadi kamu tak perlu ragu-ragu untuk memasukkan game yang kamu inginkan ke dalam daftar ini.


Isi saldo Steam dan pasang aplikasi mobile Steam di smartphone

Steam Summer Sale | Ilustration 3

Pantau informasi diskon Steam terkini, kapan pun dan di mana pun kamu berada (sumber gambar: Kotaku)

Tip ketiga ini merupakan tindak lanjut dari dua hal yang telah saya jelaskan sebelumnya. Mengingat saat ini sudah ada banyak sekali metode pengisian saldo Steam Wallet, saya sarankan agar kamu memilih jalur pembelian Steam Wallet yang terjamin aman dibandingkan yang menawarkan harga murah. Membeli saldo lewat penjual yang menawarkan harga murah terkadang tidak bisa menjamin keamanan transaksi dan akun kamu, jadi berhati-hatilah.

Isi Saldo Steam Wallet juga bisa dengan pulsa ponsel atau lewat gerai Alfamart terdekat lo!

Langkah berikutnya adalah mengunduh aplikasi mobile Steam sebagai jendela akses kedua saat tidak sedang berada di dekat komputer. Dengan ini, kamu jadi bisa memantau promosi game apa saja yang sedang bertebaran di Steam dan langsung membelinya dengan sisa saldo Steam Wallet kamu.

Fitur wishlist yang saya jelaskan sebelumnya akan semakin terasa bermanfaat apabila kamu juga mengunduh aplikasi Steam ke dalam perangkat Android maupun iOS yang kamu punya. Bila game dari bagian wishlist kamu ikut memeriahkan promosi harga di Steam, kamu akan menerima pemberitahuan itu secara langsung di smartphone dan bisa membelinya kapanpun dan di manapun kamu berada.

App Info
Steam
Valve Corporation -  May 27, 2016
Genre:  Entertainment
Size:   2.5M
Installs:   10,000,000 - 50,000,000
Gratis
Download

Ingat untuk selalu terkontrol dan tidak gelap mata ketika Steam Sale tiba

Steam Summer Sale | Ilustration 4

Tak perlu mencemaskan ketinggalan diskon di hari itu juga, masih ada promosi berikutnya (sumber gambar: Sidoxia)

Yep, inilah penyakit yang rata-rata menyerang para gamer PC ketika Steam Sale tiba. Disadari ataupun tidak, kita terkadang bersikap impulsif saat melihat sebuah game dijual dengan harga yang sangat murah meriah. Hal ini berlaku di semua promosi diskon game dan tidak hanya di Steam Summer Sale saja.

Ketika kamu membeli game, pastikan juga untuk menyesuaikan dengan kondisi keuanganmu. Seharusnya membeli game tidak perlu berlebihan karena akan berdampak pada arus kasmu selama beberapa pekan ke depan. Tentunya kamu tak mau berminggu-minggu menikmati santapan nasi hangat dan kecap saja bukan?

Steam Summer Sale | Ilustration 5

Simpan selalu foto ini di dompet kalian, Kawan (sumber foto: Ms.Tjiang)


Menimbun game yang kamu tahu bakal sama sekali tidak pernah dimainkan sama saja dengan menghambur-hamburkan uang untuk hal yang tak perlu. Meskipun murah, namun dengan pengeluaran yang sama kamu sebetulnya bisa menggunakan uang tersebut untuk hal lain seperti menabung, mencicil rumah, biaya asuransi kesehatan, mas kawin, dan banyak lagi lainnya. (eh … kenapa pembicaraannya jadi serius begini?).

Lewat tulisan ini, saya harap kamu bisa lebih efisien dan terencana dalam menghadapi gelombang diskon Steam Sale yang akan datang. Meminjam kalimat penutup Fahmi dari artikel Steam Sale dua tahun lalu, jadilah seorang pembeli yang cerdas dan cermat. Jangan mau tergoda oleh angka besar yang ditemani dengan lambang persen. Maksimalkan koleksi game Steam kamu, minimalkan pengeluaranmu, dan selamat berbelanja.

(Diedit oleh Iqbal Kurniawan)

The post Cara Dapatkan Promosi Terbaik Saat Steam Summer Sale appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Jack Ma: Lebih Baik Gulung Tikar Ketimbang Melakukan Hal yang Tak Benar

Posted: 24 Jun 2016 02:05 AM PDT

Ketika era gelembung dot-com kolaps pada 2002, Alibaba dihadapkan pada pilihan yang sulit. Mereka menargetkan profit sebesar US$1 (kala itu sekitar Rp9.000 – Rp10.000). Ya, kamu tak salah baca, US$1. Itu pun sudah dihitung dengan kerugian bersih. Mereka bisa bangkrut jika target tersebut tidak tercapai. Saat itu, untuk memperoleh pemasukan, Alibaba menawarkan layanan desain web kepada klien. Dan untuk memperoleh klien, mereka harus menyelipkan "uang pelicin."

Alibaba menggelar rapat satu hari penuh untuk mendiskusikan hal ini. "Kami sadar, apabila kami menawarkan sogokan, kami dapat bertahan. Namun, apabila kami tak melakukannya, perusahaan kami bisa bangkrut," ungkap Jack Ma dalam pidato yang direkam pada acara Honour International Symposium di Singapura.

"Rapat berlangsung hingga jam empat sore dan keputusan telah disepakati: Kami tak akan pernah melakukan hal kotor seperti itu. Kami lebih baik menutup perusahaan, ketimbang menjalankan perusahaan tanpa integritas."

Pada akhirnya mereka berhasil bertahan dan mampu meraih profit tahun itu. Akan tetapi, pada penghujung 2002, mereka kembali diterpa masalah besar.

Ketika menganalisis laporan akhir tahun perusahaan, mereka menemukan ada dua orang pegawai yang telah berjasa menghasilkan lebih dari 60 persen penjualan. Sulit dipercaya memang. Namun, ternyata prestasi tersebut mereka peroleh dengan bantuan sogokan.

Jack Ma menghadapi dilema. "Jika kami memecat mereka, perusahaan tak akan berhasil mencapai target profit. Jika kami tidak memecat mereka, maka apa pengaruhnya terhadap Alibaba? Hal itu dapat mengubah janji kami menjadi pepesan kosong belaka," katanya.

"Pada akhirnya, kami memilih untuk memecat mereka."

Jack Ma | Screenshot

Integritas berbuah kesuksesan

Integritas melekat kuat pada kultur Alibaba dan nilai ini telah dipraktikkan sejak mereka berdiri. Bahkan, Jack Ma berpendapat bahwa integritas merupakan kunci dari kesuksesan Alibaba.

"Ketika Alibaba didirikan, situasi kami saat itu sungguh sulit untuk dibayangkan. Kami tak punya apa-apa. Tak seorangpun percaya pada apa yang kami kerjakan. Mereka bilang kalau kami kumpulan orang sinting ataupun culas," kenang Jack Ma.

Sesuatu yang telah membesarkan perusahaan bukanlah uang maupun talenta, namun nilai-nilai yang dianutnya: Utamakan konsumen, semangat tim, dan integritas. Dengan bersikap jujur, konsumen dapat menjelma menjadi pelanggan setia.

Alibaba mulai mengenakan biaya tahunan kepada perusahaan Cina untuk layanan pengiriman lintas negara. Namun, setelah setahun, nilai transaksi perusahaan-perusahaan tersebut lebih kecil dari biaya tersebut.

"Staf kami sangat sedih dan merasa bahwa mereka telah mengecewakan para klien. Selama kunjungan akhir tahun, staf kami berterus terang pada klien: 'Masa depan e-commerce akan sangat menjanjikan, namun hasilnya tak akan instan. Kami akan mengembalikan uang kalian, dan kalian tak perlu bergabung tahun depan,'" ujar Jack Ma.

Mau tahu kumpulan ucapan dari CEO eksentrik yang satu ini? Simak dalam artikel berikut!

Reaksi klien positif. Mereka mengerti bahwa dibutuhkan waktu bagi orang-orang untuk menerima kehadiran e-commerce. Banyak dari mereka yang kini masih menjadi klien Alibaba.

Menjaga integritas

alibaba-investments-2015-jack-ma-yuan-720x405

Sejak saat itu, aturan "tak ada uang suap" telah terpatri pada kode etik Alibababa. Tak ada kata kompromi. Berani melanggar aturan berarti berani menghadapi pemecatan. Seiring kesuksesan Alibaba, isu penyogokan pun mulai berlalu. Perusahaan tersebut membuat aturan baru yang melarang stafnya untuk menerima komisi.

Perusahaan ini juga secara tersirat menuliskan dalam kontrak terhadap kliennya bahwa pegawai Alibaba dilarang meminta maupun memberi sogokan dalam bentuk apapun.

Pegawai Alibaba tak diperkenankan menerima tumpangan kendaraan atau makan gratis. Bingkisan kecil, bahkan sebutir permen pun, harus dikembalikan. Jika melanggar, skor pegawai dapat menjadi sangat rendah, dan pegawai yang bersangkutan bisa dikenakan penalti.

Jack Ma bahkan tercatat pernah mengusir seorang pembicara pada sesi latihan kepegawaian karena telah menyampaikan nilai-nilai yang bertentangan dengan Alibaba.

"Pembicara tersebut sedang membahas tentang cara menjual sisir rambut kepada biksu. Setelah lima menit, saya naik pitam dan mengusir pembicara tersebut. Saya pikir ia sudah bertindak licik karena sudah pasti para biksu tak memerlukan sisir rambut," ucapnya.

Ma menambahkan bahwa pemimpin yang baik tidak akan mendasari keputusannya karena uang, namun nilai-nilai. Sebab, keputusan yang didasarkan karena uang seringkali tak berakhir strategis bagi perusahaan.

"Saya senantiasa percaya bahwa seorang CFO yang bagus tak akan mampu menjadi pemimpin perusahaan yang baik, sebab mereka selalu berpikir soal uang dan uang. Mereka yang pikirannya dipenuhi dengan mengejar materi, akan kesulitan melakukan hal yang baik dan menjadi teman yang baik," katanya.

Seperti apa nilai global Alibaba?

Seiring perjalanan Alibaba yang mulai menapaki pasar di luar Cina, nilai-nilai yang telah mereka bangun semakin menjadi sorotan. Alibaba dikritik karena dianggap tak mengerahkan usaha penuh untuk menghalau produk-produk palsu yang berkeliaran di platform mereka.

Jack Ma secara kontroversial merespons:

Masalahnya, saat ini banyak produk palsu yang, baik kualitas maupun banderol harganya, lebih baik dibandingkan brand aslinya. Kedua produk tersebut (asli dan palsu) dibuat di pabrik yang sama, menggunakan material yang sama, hanya saja nama brand mereka tak sama.

Beberapa pihak menganggap pernyataan Jack Ma sebagai upaya untuk menghindar dari tanggung jawab karena telah membiarkan masuknya produk palsu.

Sektor lain yang jadi perdebatan: Kebebasan pers. Alibaba membeli surat kabar asal Hong Kong, South China Morning Post, sehingga memantik tuduhan bahwa Alibaba mulai ikut campur dalam percaturan politik yang berpotensi membelenggu kebebasan pers koran tersebut.

Namun, Jack Ma telah menegaskan bahwa hal seperti itu tak akan terjadi.

Lalu ada isu terbaru saat pihak berwenang AS menginvestigasi laporan keuangan Alibaba, setelah laporan pertumbuhannya dipertanyakan serta ada kemungkinan terjadinya konflik kepentingan.

Kendati Jack Ma telah sukses membangun integritas di Alibaba, usaha mereka untuk terjun ke pasar global tak semudah yang mereka bayangkan, di mana nilai-nilai yang mereka yakini belum tentu sesuai dengan standar global yang ada.

Jack Ma mungkin berjaya di negerinya sendiri, namun hal itu belum tentu berlaku di negeri yang lain.

Simak pidato lengkapnya dalam bahasa mandarin disertai subtitle bahasa Inggris:

(Artikel ini pertama kali dipublikasikan dalam bahasa Inggris oleh Terence Lee. Isi di dalamnya telah diterjemahkan dan dimodifikasi. Diedit oleh Fadly Yanuar Iriansyah; Sumber gambar: Lifehack)

The post Jack Ma: Lebih Baik Gulung Tikar Ketimbang Melakukan Hal yang Tak Benar appeared first on Tech in Asia Indonesia.

10 Game Third-Person Shooter Terbaik untuk Android dan iOS Versi Tech in Asia Indonesia

Posted: 24 Jun 2016 01:00 AM PDT

Third-person shooter merupakan sebuah genre game yang tidak kalah populer dengan genre shooter lainnya seperti first-person shooter. Genre ini sudah cukup menjamur di berbagai platform, mulai dari console, PC, sampai mobile.

Lalu, kira-kira apa saja game third-person shooter terbaik yang bisa kamu mainkan di perangkat Android dan iOS milikmu? Tim Tech in Asia Indonesia telah mengumpulkan sejumlah game third-person shooter pilihan yang pastinya menarik untuk kamu mainkan. Tidak perlu panjang lebar, kamu bisa lihat daftarnya di bawah.


Overkill 3

Craneballs selaku developer mengubah gameplay Overkill 3 dari yang sebelumnya merupakan seri on-rail shooter menjadi sebuah game-third person shooter. Meskipun demikian, gameplay tembak menembak yang dihadirkan tidak akan berbeda jauh dari seri sebelumnya. Variasi senjata maupun musuh serta grafis yang jauh lebih baik membuat iterasi ketiga dari Overkill cukup menyenangkan sebagai hiburan singkat.

Review Overkill 3 – Dar, Der, Dor Ala Overkill Dengan Perspektif Baru Yang Lumayan Seru

App Info
Overkill 3
Craneballs -  Sep 22, 2015
Genre:  Action
Size:  N/A
Installs:   1,000,000 - 5,000,000
Gratis
Download


Shadowgun: DeadZone

Kabar tidak sedap tentang minimnya dukungan dari developer memang pernah terdengar dari Shadowgun: Deadzone, tapi hal itu tidak membuat game garapan Madfinger Games tersebut menjadi tidak menyenangkan untuk dimainkan.

Shadowgun: Deadzone menghadirkan permainan third person shooter multiplayer yang kompetitif. Dengan objective based gameplay, kamu dituntut bekerja sama dengan baik bersama rekan satu timmu untuk bisa menang. Di luar semua itu, adanya GM Kit yang dirilis oleh Madfinger membuat siapapun bisa melakukan kustomisasi di dalam game ini.

Review Shadowgun: DeadZone – Game TPS Gratis Terbaik Tahun Ini

App Info
SHADOWGUN: DeadZone
MADFINGER Games -  Jun 09, 2016
Genre:  Arcade
Size:  N/A
Installs:   10,000,000 - 50,000,000
Gratis
Download


Brother in Arms 3

Brother in Arms yang dahulu cukup terkenal di PC, sekarang bisa kamu mainkan di perangkat mobile. Brother in Arms 3 masih membawakan formula gameplay third person shooter seru yang dibalut tema perang dunia II.

Misi yang dihadirkan juga memiliki objektif tersendiri yang menghadirkan variasi dalam permainan. Untuk urusan visual, Brother in Arms 3 membawakan grafis 3D yang cukup baik meski memang tidak sehebat game lainnya yang rilis pada tahun ini.

Preview Brothers in Arms 3: Sons of War – Versi Kasual Dari Modern Combat 5

App Info
Brothers in Arms® 3
Gameloft -  May 12, 2016
Genre:  Arcade
Size:   49M
Installs:   10,000,000 - 50,000,000
Gratis
Download


Epoch 2

Cover shooter dengan kualitas visual yang mantap? Epoch 2 adalah pillihan yang tepat. Sekuel Epoch dari Uppercut Games ini menghadirkan sistem baru di mana robot yang kamu kendalikan bisa berakrobat sambil menghindari serangan musuh.

Kustomisasi robot juga bisa kamu lakukan untuk membuat karaktermu menjadi lebih kuat. Dengan dukungan Unreal Engine, rasanya kamu tidak perlu lagi menanyakan kualitas grafis yang ditawarkan game ini.

App Info
EPOCH.2
Uppercut Games Pty Ltd -  Sep 16, 2014
Genre:  Action
Size:   1.4G
Installs:   10,000 - 50,000
9,826
Download


Respawnables

Game bergenre shooter dengan tema yang ringan dan kocak ini mungkin mengingatkanmu dengan game konyol lainnya seperti Team Fortress. Respawnables menghadirkan gameplay multiplayer third-person shooter yang cukup mudah dimainkan dan mudah dipelajari.

Map yang dihadirkan juga cukup kecil sehingga permainan akan berlangsung cukup cepat. Cocok untuk kamu yang sibuk. Selain itu, grafisnya yang simpel dan menarik menjadi nilai plus tersendiri.

Review RespawnablesShooter Terbaru Dari Zynga

App Info
Respawnables
DIGITAL LEGENDS ENTERTAINMENT SL -  Jun 08, 2016
Genre:  Action
Size:  N/A
Installs:   10,000,000 - 50,000,000
Gratis
Download


Star Warfare 2: Payback

Star Warfare 2 Payback | Screenshot

Star Warfare 2: Payback menghadirkan game third-person shooter bertema futuristis di luar angkasa. Kamu akan menghadapi berbagai musuh alien ganas yang berusaha membunuhmu di setiap kesempatan.

Kamu juga dituntut untuk bergerak cepat karena musuh akan menyerangmu baik dari darat maupun udara. Tapi kalau kamu sudah merasa bosan berhadapan dengan alien menjijikan, kamu juga bisa coba untuk berhadapan dengan pemain lain dalam multiplayer.

Review Star Warfare 2: PaybackGame Survival Penuh Aksi!

App Info
Star Warfare2:Payback
Freyr Games -  May 24, 2016
Genre:  Arcade
Size:   321M
Installs:   1,000,000 - 5,000,000
Gratis
Download


Six-Guns: Gang Showdown

Selain menghadirkan gameplay open world yang cukup bebas, Six-Guns: Gang Showdown merupakan sebuah game third person shooter yang solid di mobile. Aksi tembak-tembakan bisa kamu lakukan dengan mudah dan musuh yang kamu hadapi juga cukup beragam, mulai dari bandit biasa hingga mahkluk supernatural. Dengan tema wild west yang menarik, Six Guns layak menjadi game wajib main.

App Info
Six-Guns: Gang Showdown
Gameloft -  Mar 27, 2015
Genre:  Action
Size:   741M
Installs:   10,000,000 - 50,000,000
Gratis
Download


Gangster Granny 3

Ingin sesuatu yang berbeda? Maka kamu bisa coba Gangster Granny 3. Berbeda dengan game shooter lainnya yang menghadirkan jagoan penuh armor, Gangster Granny 3 menghadirkan seorang nenek-nenek yang membawa senjata mematikan.

Kesan yang dihadirkan memang terasa konyol, tapi soal permainan, game ini menghadirkan gameplay third-person shooter seru yang memiliki kedalaman tersendiri.

App Info
Gangster Granny 3
Heisenberg Ent -  May 31, 2016
Genre:  Adventure
Size:   346M
Installs:   100 - 500
13,000
Download


Afterpulse

Afterpulse memang baru tersedia di iOS saja, tapi kalau kamu memiliki perangkat iOS, maka kamu wajib untuk mencoba game yang satu ini. Dengan tampilan visual yang memukau serta kendali yang sangat intuitif, Afterpulse dijamin mampu memberikan pengalaman third-person shooter yang sangat memuaskan.

Meski memang sedikit dikotori dengan skema IAP yang cenderung pay-to-win, Afterpulse setidaknya menghadirkan pertempuran tempo cepat yang mungkin kamu dambakan hadirnya dalam layar kecil.

Review AfterpulseShooter Multiplayer Keren yang Tenggelam oleh IAP dan Pay-to-Win

App Info
Afterpulse
GAMEVIL USA, Inc. -  Oct 22, 2015
Genre:  Games, Action, Adventure
Size:  375.35 MB
Installs:  N/A
Gratis
Download

Max Payne

Max Payne | Screenshot

Game legendaris PC ini sudah bisa kamu nikmati lewat perangkat mobile milikmu. Max Payne tidak hanya sekadar game third-person shooter biasa saja karena menghadirkan jalur cerita noire modern kelam yang sangat menarik untuk diikuti.

Mekanisme bullet time yang sangat khas akan menjadi sajian utama dalam Max Payne. Meski memiliki gameplay yang solid, tingkat kesulitan yang sangat tinggi mungkin akan membuatmu sedikit frustasi ketika memainkannya.

App Info
Max Payne Mobile
Rockstar Games -  Jul 30, 2013
Genre:  Arcade
Size:   Varies with device
Installs:   100,000 - 500,000
23,000
Download


Demikianlah beberapa game third person shooter yang bisa kami rekomendasikan untuk kamu. Punya rekomendasi game lain? Jangan ragu untuk menyampaikannya lewat kolom komentar.

Oh iya, kalau kamu tidak mau ketinggalan video terbaru dari kami, kamu bisa langsung subscribe ke channel Tech in Asia Games. Jangan lupa juga untuk klik like dan bagikan videonya dengan teman-temanmu. Sampai jumpa di rekomendasi game selanjutnya!

(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto)

The post 10 Game Third-Person Shooter Terbaik untuk Android dan iOS Versi Tech in Asia Indonesia appeared first on Tech in Asia Indonesia.

10 Peretas Topi Putih Paling Berpengaruh di Dunia

Posted: 24 Jun 2016 01:00 AM PDT

Tidak bisa dimungkiri, teknologi telah menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Namun, ketika keamanan suatu sistem teknologi lemah, maka akibatnya akan sangat merugikan. Seperti yang dialami oleh situs KPAI belum lama ini. Situs tersebut dibobol oleh sekelompok peretas bernama Skeptix, sebagai bentuk protes terhadap wacana KPAI untuk memblokir sejumlah game.

Peretas topi hitam seperti Skeptix, memang melakukan peretasan dengan tujuan merusak bahkan mencuri data. Mereka menerobos masuk suatu sistem dengan mencari celah keamanan yang ada. Meskipun demikian, tidak bisa dipandang sebelah mata bahwa peretas juga memiliki kontribusi dalam sejarah perkembangan teknologi.

Peretas yang memiliki kontribusi positif biasa dikenal dengan istilah peretas topi putih. Tujuan aksi peretasan mereka bukan untuk merusak, melainkan untuk menguji ketahanan sistem dan mempelajari keamanannya. Tak jarang juga mereka menjadi konsultan keamanan sistem.

Lalu, siapa saja peretas topi putih yang dinilai memiliki kontribusi untuk kemajuan dan perkembangan teknologi? Berikut adalah beberapa di antaranya:


Konrad Zuse

Sumber gambar: wikipedia

Sumber gambar: Wikipedia

Dikenal sebagai salah satu penamu komputer, Konrad Zuse juga terkenal sebagai peretas komputer pertama. Tanpa dirinya, mustahil akan ada peretas modern saat ini. Ia berhasil merancang bahasa pemrograman tingkat tinggi pertama yang menjadi awal mula terciptanya komputer. Kontribusi terbesarnya adalah komputer turing fungsional pertama yang dikendalikan oleh program Z3 pada tahun 1941.

Lewat penemuannya tersebut, ia menerima penghargaan Werner Von Siemens Ring pada tahun 1964. Tak hanya itu saja, pada tahun 1946 Zuse mendirikan perusahaan pertama yang bergerak di bisnis komputer dengan menjual Z4, yaitu komputer komersial kedua yang disewa oleh ETH Zeurich pada tahun 1950.


John Draper

John Draper | Image

Sumber gambar: Wikipedia

Peretas yang berpengaruh selanjutnya adalah John Thomas Draper. Tokoh legendaris dalam dunia pemrograman komputer ini dikenal dengan nama Captain Crunch. Aksinya yang paling dikenal adalah pembobolan jaringan telepon yang sasarannya adalah presiden Amerika Serikat, Richard Nixon, dengan menelepon langsung ke Gedung Putih.


Steve Wozniak

Steve Wozniak | Image

Sumber gambar: Techno Buffalo

Steve Wozniak merupakan peretas topi putih sekaligus Co-Founder Apple yang pertama. Ia adalah orang di balik lahirnya komputer Apple generasi pertama. Di Apple, ia berperan di sisi pemrograman, sedangkan Steve Jobs berperan sebagai seorang marketing.

Ia memulai aksinya sebagai peretas topi putih dengan melakukan penjebolan sistem telepon. Selain itu kontribusinya yang lain adalah sebagai pelopor masuknya komputer pribadi ke dalam rumah.


Robert Tappan Morris

Robert Tappan Morris | Screenshot

Sumber gambar: Wikipedia

Peretas yang satu ini mulai dikenal semenjak membuat virus yang mampu menginfeksi sekitar 6.000 mesin UNIX hingga menimbulkan kerugian jutaan dolar AS. Virus tersebut merupakan virus worm komputer pertama yang berhasil ia ciptakan.

Meskipun demikian, Robert Tappan Morris membantah  jika virus worm yang diciptakannya ditujukan untuk merusak. Motifnya adalah untuk menemukan celah pada keamanan jaringan komputer, sebagai upaya langkah pengamanannya. Namun karena aksinya tersebut ia harus rela mendekam di penjara selama 3 tahun.


Mark Abene

Mark Abene | Screenshot

Sumber gambar: Wikipedia

Mark Abene, atau lebih dikenal dengan nama Phiber Optik, adalah anggota kelompok peretas Legion of Doom dan Masters of Deception. Phiber Optik menargetkan sistem telepon Amerika Serikat, termasuk sistem komputer milik operator AT&T, sebagai objek peretasannya. Grup tersebut akhirnya bubar di tahun 1992.

Dua tahun setelahnya, Mark Abene dihukum penjara selama satu tahun atas konspirasi dan akses tidak sahnya saat meretas komputer dan sistem telepon. Setelah bebas  ia aktif sebagai pembicara tentang masalah keamanan komputer di beberapa media publikasi dan berbagai universitas di dunia.


Kevin Poulsen

Kevin Poulsen | Screenshot

Sumber gambar: Wikipedia

Pemilik nama asli Dark Dante ini pertama kali masuk ke dunia hacking melalui saluran telepon di stasiun radio KIIS-FM di kota Los Angeles, AS. Aksinya yang paling fenomenal yaitu ketika ia berhasil melakukan pengambilalihan semua saluran telepon agar ia berhasil memenangkan hadiah berupa Porsche 944.

Selain itu ia juga berhasil meretas database FBI dan sebanyak 1.800 saluran telepon, hingga membuatnya dipenjara selama tiga tahun. Setelah dipenjara ia memutuskan untuk menjadi seorang wartawan yang bertugas di perusahaan riset keamanan SecurityFocus.


Kevin David Mitnick

Kevin Mitnick | Screenshot

Sumber gambar: Google Plus

Namanya dikenal sebagai salah satu peretas paling berbahaya sepanjang sejarah. Ia adalah peretas pertama yang namanya masuk dalam daftar FBI. Beberapa aksinya yang mencuri perhatian publik adalah ketika ia berhasil membobol berbagai rahasia Gedung Putih dan Pentagon.

Sebelum itu, ia berhasil menyusup ke sejumlah sistem komputer milik perusahaan teknologi dan telekomunikasi terkenal dunia, termasuk Nokia, Fujitsu, dan Motorola. Setelah namanya dipublikasikan besar-besaran oleh FBI, Mitnick akhirnya ditahan pada tahun 1995. Setelah dibebaskan pada tahun 2000, kini ia membuka konsultan keamanan komputer. Kisahnya diabadikan dalam film Take Down.


Tsutomu Shimomura

Tsutomu Shimomura | Image

Sumber gambar: Geekwire

Tsutomu Shimomura adalah seorang ahli keamanan komputer kelahiran Jepang yang kemudian menjadi warga negara AS. Namanya mulai dikenal  setelah  ia berhasil menangkap Kevin David Mitnick ketika melakukan aksinya.

Ini bermula dari aksi  Mitnick yang melakukan pembobolan di sebuah supermarket di San Diego, AS, yang ternyata tempat Tsutomu bekerja. Akhirnya, dengan bantuan FBI dan beberapa wartawan, ia melakukan beberapa penyelidikan. Mitnick kemudian berhasil ditangkap pada 15 Februari 1995.


Richard Matthew Stallman

Richard Matthew Stallman | Image

Sumber gambar: Wikipedia

Pendiri gerakan perangkat lunak berbasis open source bernama General Public License ini adalah salah satu peretas yang bekerja di laboratorium Artificial Intelligence MIT. Salah satu kontribusinya yang populer yaitu konsep copyleft di tahun 1985. Lalu pada tahun 1989 ia merilis General Public License, yang juga disebut sebagai GNU. Sebagian GNU yang telah selesai pada saat itu, yaitu editor, compiler, dan debugger, memiliki kontribusi yang sangat besar dalam pengembangan kernel Linux pada tahun 1991.


Linus Torvalds      

Linus Torvalds | Image

Sumber gambar: Softpedia

Bersama rekannya sesama peretas bernama Richard Stallman, Linus Torvalds berhasil mengembangkan sistem operasi berbasis open source yang sekarang dikenal sebagai Linux. Ia berhasil membangun Linux versi awal, dan kemudian bekerja sama dengan pemrogram, pengembang, dan peretas seluruh dunia untuk mengembangkan kernel Linux. Maka tak heran jika ia masuk daftar peretas paling berpengaruh di dunia. Kini sistem operasi Linux telah menjadi sistem operasi standar para peretas.


Nah, itu tadi beberapa nama peretas yang dinilai punya kontribusi positif dalam pengembangan teknologi. Jika kamu berniat menjadi peretas topi putih, daftar nama tersebut bisa menjadi inspirasimu untuk belajar menjadi seorang peretas.

(Diedit oleh Fadly Yanuar Iriansyah dan Pradipta Nugrahanto sumber gambar: Newsweek)

The post 10 Peretas Topi Putih Paling Berpengaruh di Dunia appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Detail Baru Final Fantasy XV Tunjukkan Alur Permainan dan Variasi Senjata Milik Noctis

Posted: 24 Jun 2016 12:00 AM PDT

Square Enix telah merilis informasi mendetail serta sekumpulan screenshot baru yang menunjukkan alur permainan Final Fantasy XV. Sebagaimana pernah diutarakan oleh Hajime Tabata, Final Fantasy XV bukanlah game yang sepenuhnya open-world. Meski dunia yang bisa kamu jelajahi sangat luas, Final Fantasy XV masih memiliki alur linier layaknya seri Final Fantasy sebelumnya.

Permainanmu dalam Final Fantasy XV dimulai dengan datang ke suatu area, kemudian mengambil quest yang tersedia di area tersebut. Dengan menyelesaikan quest utama, cerita akan berjalan maju, namun kamu juga bisa mengambil beragam quest sampingan seperti membunuh monster tertentu atau mengumpulkan suatu item.

Final Fantasy XV | Screenshot 1

Final Fantasy XV | Screenshot 2

Final Fantasy XV memiliki dunia dengan perubahan waktu siang dan malam yang berjalan real-time. Bila malam tiba, musuh yang kamu temui akan jadi lebih berbahaya. Kamu bisa berkemah untuk menghindari bahaya tersebut, mengklaim poin experience yang sudah kamu dapat untuk melakukan level up, sekaligus makan untuk mendapat peningkatan kekuatan esok harinya.

Kalau kamu sudah main Final Fantasy XV: Episode Duscae, kamu pasti familier dengan alur permainan di atas. Nantinya saat semua urusanmu di suatu area sudah selesai, saatnya melanjutkan perjalanan ke area lain. Final Fantasy XV memiliki metode transportasi yang beraneka ragam. Mulai dari berjalan kaki, menunggang Chocobo, mengendarai kapal, mobil terbang, dan lain-lain.

Final Fantasy XV Flying Car | Screenshot

Mobil terbang dalam Final Fantasy XV

Sistem pertarungan diperbarui

Kontrol dasar pertarungan di Final Fantasy XV sebetulnya cukup sederhana. Kamu cukup menahan satu tombol untuk menyerang, atau menahan satu tombol untuk bertahan. Namun pada prakteknya, terdapat banyak variasi serangan yang bisa kamu lakukan tergantung dari jenis senjatamu.

Sejauh ini sudah ada tujuh jenis senjata yang diumumkan, yaitu pedang, pedang besar, pisau, tombak, shuriken, tameng, dan magic. Tameng secara khusus bisa digunakan bersamaan dengan pedang. Bila kamu menangkis serangan dengan tameng, kamu bisa membuat musuh pusing sesaat sehingga mudah diserang balik.

Final Fantasy XV | Screenshot 3

Final Fantasy XV | Screenshot 4

Seperti sistem yang sudah ditunjukkan di Platinum Demo: Final Fantasy XV, kamu bisa berganti senjata secara cepat di pertarungan dengan menggunakan tombol arah di joystick. Bila kamu berhasil menyerang titik kelemahan atau mengonter serangan musuh, kamu bisa mengaktifkan serangan kombinasi (Link Attack) untuk menghasilkan damage yang besar.

Fitur baru pertarungan yang tidak ada di Episode Duscae maupun Platinum Demo adalah Wait Mode yang diungkap Square Enix dalam E3 kemarin. Dengan fitur ini, kamu bisa menghentikan alur permainan, kemudian memilih aksi menggunakan menu agar hasilnya lebih akurat. Mirip dengan fitur V.A.T.S. di Fallout 3 dulu.

Bila kamu belum penasaran tapi belum coba Platinum Demo: Final Fantasy XV, kamu bisa cek impresi kami di sini.

Masih ada fitur-fitur lain yang belum sepenuhnya diungkap oleh Square Enix, termasuk jenis senjata serta sistem summon yang belum jelas. Namun dari apa yang terlihat sejauh ini, serta hasil mencoba dua demo yang sudah ada, Final Fantasy XV tampak akan memiliki gameplay yang seru dan cukup kompleks. Untuk pengalaman lengkapnya, kita tunggu saja tanggal 30 September nanti.

Sumber: Gematsu

(Diedit oleh Iqbal Kurniawan)

The post Detail Baru Final Fantasy XV Tunjukkan Alur Permainan dan Variasi Senjata Milik Noctis appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Raih Pendanaan, Startup Pertanian iGrow Siap Masuk Pasar Turki dan Jepang

Posted: 24 Jun 2016 12:00 AM PDT

Sebuah startup pertanian asal Indonesia, iGrow, pada 23 Juni 2016 mengumumkan telah mendapat pendanaan tahap awal (seed funding) dengan jumlah yang tidak disebutkan. Pendanaan tersebut mereka terima dari East Ventures dan 500 Startups.

Sebelum menerima pendanaan ini, iGrow sempat mengikuti akselerator startup yang diselenggarakan oleh 500 Startups di San Fransisco. Berkat mengikuti program akselerator tersebut, mereka mendapatkan investasi sebesar US$100 ribu (sekitar Rp1,3 miliar) yang ditukar dengan lima persen kepemilikan saham iGrow untuk 500 Startups.

Andreas Senjaya iGrow 1 | Foto

Andreas Senjaya, CEO iGrow

iGrow adalah sebuah platform yang memungkinkan kamu untuk berinvestasi di bidang pertanian dan memantaunya secara online. “Kami menghubungkan tiga hal penting di industri pertanian, yaitu pasar, keahlian untuk bercocok tanam, dan modal. Dengan begitu, kami bisa memanfaatkan lahan yang tidak terpakai untuk ditanami dengan tanaman organik. Dan di waktu yang sama, kami pun bisa membantu para petani untuk meningkatkan pendapatan,” ujar Andreas Senjaya, CEO iGrow.

Menurut Jim Oklahoma, Chief of Business Development iGrow, saat ini mereka telah berhasil memanfaatkan lebih dari seribu hektar lahan yang tidak terpakai untuk bercocok tanam. “Masih ada sekitar 16 juta hektar lahan yang tidak terpakai di Indonesia. Karena itu, kami berpendapat kalau kesempatan untuk iGrow masih sangat besar,” ujar Jim.

Simak pesan Andreas “Jay” Senjaya, CEO iGrow, untuk para founder startup tanah air di sini

Dana segar yang baru diterima oleh iGrow ini akan mereka gunakan untuk berekspansi ke negara-negara lain. “Saat ini kami tengah berkonsentrasi ke Turki, karena negara tersebut cocok dengan tanaman zaitun yang merupakan salah satu produk kami. Jepang juga merupakan pilihan yang menarik, dan kami tengah berdiskusi dengan organisasi lokal di sana,” jelas Jim.

Masa depan iGrow sepertinya akan sangat cerah. Selain karena tidak ada pesaing yang punya bisnis serupa dengan mereka di tanah air, kebutuhan akan makanan dan minuman organik pun telah cukup tinggi. Menurut data dari Organic Monitor, kebutuhan akan makanan dan minuman organik telah mencapai angka US$80 juta (sekitar Rp1 triliun) pada tahun 2014.

(Diedit oleh Iqbal Kurniawan)

The post Raih Pendanaan, Startup Pertanian iGrow Siap Masuk Pasar Turki dan Jepang appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Membuat Video Siaran Langsung di YouTube Kini Bisa Dilakukan Lewat Smartphone

Posted: 23 Jun 2016 11:00 PM PDT

Seperti ingin memanfaatkan gaung konferensi video online VidCon yang sedang berlangsung di Amerika Serikat, para perusahaan teknologi akhir-akhir ini bergantian meluncurkan fitur baru yang berkaitan dengan video. Diawali dengan Tumblr yang menghadirkan layanan video siaran langsung, Twitter pun ikut mengumumkan kalau mereka telah memperpanjang maksimal durasi video di platform mereka.

Pada tanggal 23 Juni 2016, giliran YouTube yang menghadirkan fitur untuk membuat video siaran langsung di aplikasi mobile. Saat ini, hanya ada beberapa pengguna yang bisa menggunakannya, namun YouTube memastikan kalau mereka juga akan menghadirkan fitur tersebut untuk para pengguna lain dalam waktu dekat.

Tampilan Aplikasi YouTube Live | Screenshot

Untuk menyiarkan sebuah video, kamu harus menekan tombol yang ada di pojok layar, kemudian memasang sebuah foto untuk thumbnail. Kamu pun bisa mengirimkan notifikasi kepada seluruh subscriber kamu ketika akan mulai merekam video.

YouTube sebenarnya telah menghadirkan fitur siaran langsung ini sejak tahun 2011. Namun para pengguna YouTube hanya bisa menggunakan fitur tersebut lewat Creator Studio di perangkat desktop.

Beberapa contoh video siaran langsung terkenal yang pernah diunggah ke YouTube adalah pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton yang dikenal dengan nama Royal Wedding, serta video Felix Baumgartner yang melakukan terjun payung dari luar angkasa.

Mau tahu apa saja layanan siaran langsung yang bisa kamu gunakan untuk tetap eksis? Simak ulasannya di sini

Fitur baru ini akan membuat YouTube kembali bisa bersaing lebih maksimal dengan Periscope dan Facebook Live yang telah terlebih dahulu menghadirkan fitur siaran langsung di perangkat mobile.

App Info
YouTube
Google Inc. -  Jun 22, 2016
Genre:  Media & Video
Size:   Varies with device
Installs:   1,000,000,000 - 5,000,000,000
Gratis
Download

(Diedit oleh Mohammad Fahmi; Sumber gambar: VentureBeat)

The post Membuat Video Siaran Langsung di YouTube Kini Bisa Dilakukan Lewat Smartphone appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Steam Summer Sale Berikan Diskon Besar untuk DOOM, Dark Souls III, hingga Fallout 4

Posted: 23 Jun 2016 09:30 PM PDT

Ketahananmu menjaga nafsu di bulan puasa kali ini akan diuji lewat aneka ragam diskon game seru yang menanti dalam Steam Summer Picnic Sale. Yep, sesuai tanggal yang telah diprediksi oleh situs When is the Steam Sale dan bocoran Twitter Paypal sebelumnya, hari ini Steam akhirnya mengadakan Steam Summer Sale selama lebih dari seminggu yang akan berakhir pada 5 Juli 2016 mendatang.

Untuk Steam Summer Sale kali ini, Valve tidak menyajikan gimmick seperti penawaran Steam Winter Sale tahun lalu yang menampilkan komik detektif noir bernama Gingerbread Jake. Untuk Summer Sale tahun ini, Valve hanya menghiasi tampilan etalase Steam dengan beberapa kategori menarik, seperti penawaran diskon bundel game free-to-play dan kategori diskon game VR.

Steam Summer Sale | Meme

Jangan sampai Steam sale mempengaruhi kualitas santap sahur dan buka puasamu teman

Pesta belanja Steam kali ini menghadirkan beragam diskon menggiurkan yang bakal menggoda naluri berbelanja game kamu. Beberapa game yang ditawarkan memiliki harga yang begitu menarik, di antaranya This War of Mine, serial ARMA, Darkest Dungeon, Enter the GungeonStardew Valley, dan banyak lagi lainnya.

Steam Summer Sale juga menjadi kesempatanmu untuk mendapatkan kopi game AAA terkini yang baru saja dirilis dengan harga miring. Harga sejumlah game baru seperti DOOM, Battleborn, Homefront Revolution, The Witcher 3: Wild Hunt, Dark Souls III, dan Fallout 4 sedang dipangkas dengan besaran yang bervariasi, mulai dari 25 hingga 50 persen.

Game lokal pun juga tak mau kalah memeriahkan parade diskon Summer Sale minggu ini. Game karya anak bangsa seperti An Octave Higher, Celestian Tales: Old North, Nusakana, Dreadout, dan lain-lain bisa kamu beli dengan kisaran harga di bawah Rp50.000.

Baca juga tip dari kami tentang cara untuk memantau dan mendapatkan promosi game terbaik saat Summer Steam Sale

Silakan sampaikan kepada kami game apa yang sedang ingin kamu beli lewat kolom komentar, dan jangan lupa juga untuk membaca tip panduan hidup dari kami tentang cara agar bertahan ketika Steam Sale tiba. Tentunya kamu tak mau THR langsung habis untuk melibas seluruh diskon game di Steam saja bukan?

Steam Link: Steam Summer Picnic Sale

(Diedit oleh Iqbal Kurniawan)

The post Steam Summer Sale Berikan Diskon Besar untuk DOOM, Dark Souls III, hingga Fallout 4 appeared first on Tech in Asia Indonesia.

No comments:

Post a Comment

Sponsor

Latest Game News

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sponsor

pasang iklan baris gratis